1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Wafer Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Wafer adalah camilan berupa biskuit yang tipis, renyah, dan ringan. Selain rasanya yang variatif, jenis-jenis wafer juga cukup beragam. Ada wafer stick rasa krim vanila, wafer bersalut coklat, hingga wafer honeycomb klasik kegemaran banyak orang.


Kami akan menjabarkan tips memilih wafer paling enak untuk Anda. Merek wafer enak, seperti wafer Loacker, Tango, Nissin, Nabati, Astor, dan Twister ada dalam rekomendasi kami. Bila Anda adalah penggemar wafer, silakan simak review wafer terbaik berikut ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat menemukan wafer terenak untuk Anda dan keluarga!

Diperbaharui 02-03-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu wafer?

Apa itu wafer?

Wafer adalah makanan ringan yang renyah dan ringan dikunyah. Wafer umumnya terbuat dari tepung terigu, gula, telur, mentega dan isian selai. Makanan ini nikmat disajikan begitu saja sebagai kudapan maupun dijadikan teman pendamping teh atau kopi. Snack yang berasal dari Benua Eropa ini juga kerap dijadikan pemanis atau hiasan pada hidangan penutup, seperti es krim.


Wafer dan wafel sering disangka sama karena memiliki nama yang mirip. Akan tetapi, keduanya merupakan dua kudapan yang berbeda. Wafer terkenal dengan teksturnya yang kering dan renyah. Sementara itu, wafel punya tekstur yang lebih berat dan cocok disantap sebagai menu sarapan. Wafel juga nikmat disajikan sebagai dessert dengan berbagai topping, seperti es krim, madu, dan potongan buah.

Cara memilih wafer

Apakah Anda bingung memilih wafer yang enak? Nah, berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Silakan disimak!

① Ketahui jenis-jenis wafer yang populer di pasaran

Ketahui jenis-jenis wafer yang populer di pasaran
Ada beberapa bentuk wafer yang umum ditemui di pasaran, seperti honeycomb, stick, dan wafer salut. Seperti apa bentuknya?

  • Wafer honeycomb

Wafer berbentuk honeycomb adalah wafer dengan pola lekukan-lekukan kecil pada permukaannya. Bentuk honeycomb dapat berupa persegi panjang maupun persegi yang berlapis-lapis. Wafer ini praktis disantap untuk menunda lapar.


  • Wafer stick atau wafer roll

Wafer stick atau wafer roll memiliki bentuk tabung memanjang. Ukurannya yang lebih ramping dibandingkan jenis wafer lainnya membuat wafer ini mudah dikonsumsi. Tergantung produsennya, biasanya wafer ini punya tekstur yang cenderung ringan dan lebih lembut dibandingkan bentuk honeycomb. Tentu keduanya memiliki rasa yang nikmat disantap di sela-sela kegiatan.


  • Wafer salut

Wafer salut adalah wafer honeycomb yang bagian luarnya disalut atau dilapisi lagi dengan krim atau cokelat. Jika Anda senang dengan rasa manis, tentu wafer salut ini bisa menjadi pilihan yang menggiurkan bagi Anda.


Di bawah ini, kami memiliki artikel terpisah yang membahas tentang wafer stick. Silakan klik tautannya untuk membacanya lebih lanjut.

② Temukan rasa wafer yang menarik untuk dicoba

Temukan rasa wafer yang menarik untuk dicoba
Wafer hadir dalam berbagai rasa menarik. Namun, biasanya rasa wafer cenderung manis, seperti vanila, cokelat, dan stroberi. Ketiga rasa tersebut adalah varian rasa yang paling mudah dijumpai pada setiap merek wafer.

Di samping itu, para produsen juga terus mengembangkan varian rasa lainnya. Oleh karena itu, jika Anda berjalan-jalan di antara rak makanan ringan, Anda akan menjumpai varian wafer dengan rasa baru.


Ada wafer rasa kopi, keju, kelapa, hazelnut, sampai varian rasa tak biasa, seperti matcha, karamel, yoghurt, dan tiramisu. Jika Anda bosan dengan rasa wafer yang itu-itu saja, Anda bisa memilih wafer dengan varian rasa yang baru.


Wafer cokelat merupakan varian rasa wafer yang klasik dan tak pernah salah. Silakan baca artikel mengenai wafer cokelat terenak di bawah ini untuk menemukan review lengkapnya!

③ Pilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Selain rasa yang variatif, wafer juga hadir dalam kemasan yang berbeda-beda. Untuk itu, silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kaleng, cocok untuk dikonsumsi bersama keluarga di rumah

Kaleng, cocok untuk dikonsumsi bersama keluarga di rumah
Sumber: ot.id

Wafer yang dikemas dalam kemasan kaleng memiliki beberapa keunggulan. Pertama, wafer tidak mudah hancur jika tidak sengaja tertindih barang lain. Kedua, kemasan kaleng terbilang lebih kedap udara. Jadi, dari segi packaging kemasan kaleng adalah yang paling kukuh dan dapat membuat wafer tidak mudah melempem.


Selain itu, wafer kemasan kaleng cocok disajikan untuk banyak orang. Anda bisa menyajikannya untuk konsumsi seluruh keluarga atau untuk tamu yang datang ke rumah. Anda cukup menaruh wafer kaleng tersebut di meja ruang keluarga atau meja tamu.

Kemasan tray, porsi pas untuk sekali mencamil

Kemasan tray, porsi pas untuk sekali mencamil

Kemasan wafer ini banyak digunakan untuk memuat wafer stick. Hal ini bertujuan agar wafer stick bisa tersusun dengan rapi dan tidak mudah hancur. Produk wafer yang dikemas dalam wadah tray juga sangat pas untuk porsi sekali ngemil.


Kemasan produk ini biasanya terdiri dari beberapa lapisan. Kemasan luarnya biasanya terdiri dari boks kardus atau plastik aluminium. Sementara itu, di bagian dalamnya ada wafer yang tertata di dalam tray.

Plastik aluminium, praktis untuk menemani perjalanan

Plastik aluminium, praktis untuk menemani perjalanan

Wafer dalam kemasan plastik sangat cocok untuk dibawa dalam perjalanan. Kemasan ini terdiri dari beragam ukuran, baik yang kecil untuk dinikmati sendirian maupun yang besar untuk dinikmati bersama teman.


Tipe kemasan wafer ini biasanya memiliki ujung bergerigi untuk memudahkan membuka kemasan. Selain itu, kemasan ini juga merupakan kemasan satu lapisan. Jadi, begitu Anda membuka plastiknya, Anda langsung bisa mengonsumsi wafernya. Tipe kemasan ini praktis sekali untuk menemani Anda saat sedang dalam perjalanan.

④ Cek kandungan kalori dan gulanya jika Anda sedang diet

Cek kandungan kalori dan gulanya jika Anda sedang diet

Layaknya makanan ringan lainnya, wafer mengandung gula dan perasa manis lainnya, seperti krim vanila, cokelat, dan lainnya. Jika Anda sedang diet mengurangi asupan kalori atau mengurangi konsumsi gula, silakan perhatikan saran penyajian yang tertera di bagian belakang kemasan.


Saran penyajian tersebut berkaitan dengan seberapa banyak kalori (calorie intake) yang masuk ke dalam tubuh per saji atau per kemasanBiasanya, jumlah kalori yang tertera pada informasi nilai gizi adalah jumlah kalori untuk satu kali saji. Apabila Anda mengonsumsi lebih dari satu porsi saji, jangan lupa untuk mengkalikannya dengan jumlah yang terkonsumsi. 


Selain kalori, jangan lupa juga untuk melihat kandungan gulanya. Kebanyakan wafer memang memiliki kandungan gula di dalam produknya. Meski begitu, saat ini tersedia produk wafer yang rendah gula, bahkan tidak mengandung gula, alias sugar-free.


Untuk pembelian online, Anda dapat mengecek info tersebut pada website produk atau bertanya pada seller. Anda juga bisa cek mandiri di laman penghitungan kalori, seperti FatSecret.

⑤ Periksa info alergen pada kemasan produk

Periksa info alergen pada kemasan produk

Wafer bukanlah makanan yang berbahaya. Namun, tak jarang ada kandungan bahannya yang bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Kandungan bahan tersebut misalnya telur, kacang-kacangan, gluten, dan susu. Jika Anda memiliki alergi akan kedua kandungan tersebut, sebaiknya cermati komposisi produk yang Anda pilih.


Pada kemasan produk, biasanya bahan-bahan yang mengandung alergen ditulis dengan huruf cetak tebal. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menemukan komposisi yang sebaiknya Anda hindari.

10 Rekomendasi wafer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wafer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nissin

Wafer Chocolate

Nissin Wafer Chocolate 1枚目

Wafer cokelat klasik, camilan favorit sepanjang masa

2

Delfi

Twister Wafer Roll Black Vanilla

Delfi Twister Wafer Roll Black Vanilla 1枚目

Krim vanila lembut yang lumer di mulut

3

Storck

Knoppers

Storck Knoppers 1枚目

Snack rasa hazelnut untuk memulai hari

4

Mayora

Astor Wafer Double Coklat

Mayora Astor Wafer Double Coklat 1枚目

Wafer stick favorit segala usia

5

Garuda Food

Gery Saluut Wafer Tabur Kelapa

Garuda Food Gery Saluut Wafer Tabur Kelapa 1枚目

Kelezatan ganda perpaduan coklat dan kelapa

6

OT

Tango Wafer Susu Vanilla

OT Tango Wafer Susu Vanilla 1枚目

Nikmati sensasi wafer krim vanila yang lembut dan menggoda

7

Mayora

Roma Wafello Butter Caramel

Mayora Roma Wafello Butter Caramel 1枚目

Krimnya lebih banyak dan berlimpah

8

Kalbe

Diabetasol Wafer Chocolate

Kalbe Diabetasol Wafer Chocolate 1枚目

Sugar-free, enak dan aman untuk program diet Anda!

9

Nabati

Richeese Nabati - Cheese Wafer (Pouch)

Nabati Richeese Nabati - Cheese Wafer (Pouch) 1枚目

Dilengkapi vitamin, wafer keju yang enak dan bergizi!

10

Loacker

Quadratini Dark chocolate

Loacker Quadratini Dark chocolate 1枚目

Wafer small bite dengan kemasan party size

Perincian produk
Close
No.1

Wafer cokelat klasik, camilan favorit sepanjang masa

Nissin merupakan salah satu brand camilan di Indonesia yang sudah lama berdiri. Bermula dari biskuit, Nissin mulai mengeluarkan produk wafer. Produk wafer dari Nissin ini tidak kalah lezatnya dibandingkan dengan produk biskuitnya. Wafer krim rasa cokelat dengan cita tasa klasik ini hadir dalam bentuk honeycomb yang renyah.

Ketika membuka bungkusnya, aroma cokelat akan langsung menyeruak keluar menggoda Anda. Perpaduan manis dan sedikit pahit dari krim cokelatnya merupakan rasa klasik yang tidak dapat Anda tolak. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan biasa maupun dijadikan pelengkap di atas es krim atau dessert.
No.2

DelfiTwister Wafer Roll Black Vanilla

Mulai dari Rp5.400,00

Krim vanila lembut yang lumer di mulut

Wafer roll yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar krim susu vanila. Krim vanila dengan cita rasa yang manis dan lembut akan meleleh di mulut Anda.

Perpaduan rasa biskuit cokelat dan krim vanila lembut akan menggoyang lidah Anda. Meskipun bentuk wafer stick ini terlihat ramping, balutan wafernya cukup tebal sehingga tidak mudah patah atau meninggalkan remah-remah.

No.3

Snack rasa hazelnut untuk memulai hari

Terlalu sibuk hingga lupa sarapan? Bawa saja wafer yang satu ini bersama Anda. Kandungan susu, cokelat, serta hazelnut dalam wafer ini akan membuat Anda lebih berenergi untuk memulai hari.

Rasa renyahnya bukan hanya didapatkan dari wafer, tetapi juga dari potongan kacang hazelnut pada krimnya. Potongan kacang hazelnut juga memberikan tekstur tersendiri saat menyantapnya. Meskipun hanya tiga lapis, tebalnya wafer ini pasti membuat Anda puas!
No.4

MayoraAstor Wafer Double Coklat

Mulai dari Rp35.000,00

Wafer stick favorit segala usia

Ini dia wafer stick favorit semua kalangan usia, Astor. Produk wafer stick yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yang berwarna belang-belang. Teksturnya renyah dan di dalamnya berisi krim cokelat yang melimpah.


Anda bisa memakannya langsung sebagai camilan maupun dikreasikan sebagai dekorasi untuk dessert Anda. Banyak sekali kreasi makanan dan minuman yang bisa Anda kombinasikan dengan Astor Wafer Double Coklat.

No.5

Garuda FoodGery Saluut Wafer Tabur Kelapa

Mulai dari Rp22.000,00

Kelezatan ganda perpaduan coklat dan kelapa

Coated wafer atau wafer lapis dari Gery ini akan memberikan kelezatan yang ekstra. Tidak hanya krimnya, bagian luar wafer ini juga dilapisi cokelat putih dengan taburan kelapa. Sebelum menyantapnya, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas agar teksturnya lebih padat.

Anda dapat memberikan wafer lapis ini sebagai bekal camilan untuk si kecil. Lapisan white chocolate di luarnya yang lumer dan tebal, membuat wafer yang satu ini mudah disukai oleh anak-anak.
No.6

OTTango Wafer Susu Vanilla

Mulai dari Rp4.900,00

Nikmati sensasi wafer krim vanila yang lembut dan menggoda

"Berapa lapis?" "Ratusan!" "Lebih!" Mungkin Anda sudah sangat familier dengan tagline iklan tersebut. Merek wafer Tango memang sangat terkenal sebagai camilan kesukaan keluarga Indonesia. Selain mudah ditemukan di mana-mana, snack ini memiliki cita rasa yang enak dan tidak membuat eneg.

 

Dari sekian banyak varian rasa wafer Tango, rasa susu vanila (Vanilla Delight) merupakan favorit banyak orang. Tekstur wafer yang renyah berpadu sempurna dengan krim vanila yang lembut. Wafer vanila ini cocok dijadikan teman ngeteh, nonton, maupun sajian piknik bersama keluarga.

No.7

MayoraRoma Wafello Butter Caramel

Mulai dari Rp2.100,00

Krimnya lebih banyak dan berlimpah

Untuk pencinta wafer dengan krim berlimpah, jatuhkan pilihan Anda pada Roma Wafello! Makanan ringan yang berada di bawah naungan Mayora ini mengunggulkan rasa krim yang enak, berlimpah, dan lumer di mulut.


Roma Wafello memiliki dua varian rasa, yakni Butter Caramel dan Choco Blast. Untuk Anda yang bosan dengan wafer rasa cokelat, silakan coba rasa Butter Caramel yang creamy ini.

No.8

KalbeDiabetasol Wafer Chocolate

Mulai dari Rp19.300,00

Sugar-free, enak dan aman untuk program diet Anda!

Siapa bilang penderita diabetes tidak dapat mengonsumsi wafer? Wafer dari Diabetasol ini dirancang untuk penderita diabetes. Wafer ini bebas gula, rendah kalori, tetapi tetap enak dikonsumsi.


Wafer sehat ini mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan Anda. Kandungannya tidak hanya aman untuk penderita diabetes, tetapi juga cocok untuk orang yang sedang diet. Dengan wafer ini, Anda tetap dapat mengontrol asupan kalori harian Anda!

No.9

NabatiRicheese Nabati - Cheese Wafer (Pouch)

Mulai dari Rp7.943,00

Dilengkapi vitamin, wafer keju yang enak dan bergizi!

Wafer keju Richeese dilengkapi dengan vitamin A, B1, B2, B6, dan B12. Tambahan vitamin tersebut membuat wafer ini cukup bergizi untuk dikonsumsi anak-anak. Harganya yang ekonomis serta isinya yang banyak juga membuat wafer ini menjadi camilan favorit banyak orang.


Selain itu, produk ini dikemas dalam pouch aluminium dengan ziplock. Kemasan semacam ini sangat praktis dan aman untuk menjaga wafer agar tidak mudah melempem. Jika masih ada sisa wafer yang belum dimakan, simpan saja dengan mengatupkan bagian ziplock-nya!

No.10

LoackerQuadratini Dark chocolate

Mulai dari Rp50.500,00

Wafer small bite dengan kemasan party size

Anda perlu snack yang asyik untuk meramaikan suasana kumpul bersama teman? Coba saja wafer Loacker Quadratini ini! Snack enak ini dikemas dalam kemasan besar (party size) sehingga ideal untuk disantap ramai-ramai. Ukuran wafernya pun small bite sehingga pas sekali untuk porsi sekali lahap.


Varian Dark Chocolate kami rekomendasikan untuk Anda pencinta wafer cokelat, tetapi tak ingin rasa yang terlalu manis. Istimewanya lagi, wafer ini tidak menggunakan pewarna, perasa, serta pengawet sintetik, lho. Tentunya produk ini lebih aman dikonsumsi!

Kreasi makanan menggunakan wafer

Kreasi makanan menggunakan wafer
Wafer memang sangat nikmat dikonsumsi saat sedang senggang maupun saat berbincang dengan keluarga atau rekan. Anda dapat menyantap wafer dengan teh atau kopi.

Namun, apakah Anda bosan mengonsumsi wafer dengan cara yang biasa saja? Anda dapat menjadikan wafer sebagai topping pada dessert kesukaan Anda. Tampilan dessert Anda akan terlihat lebih cantik dan menggugah selera dengan tambahan wafer.


Selain itu, Anda juga dapat menjadikan wafer sebagai hiasan kue ulang tahun. Anda dapat menempelkan wafer berbentuk honeycomb maupun roll di sekeliling kue tart. Pilihlah wafer dengan warna ceria ketika Anda ingin menghias kue untuk anak-anak.

Baca juga rekomendasi camilan enak lainnya di sini

Menikmati camilan sambil menonton televisi atau berkumpul dengan teman tentu sangat menyenangkan. Jika Anda ingin mengetahui rekomendasi camilan lainnya, silakan baca artikel mengenai camilan-camilan lezat di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan wafer favorit Anda? Pastikan Anda memilih rasa dan jenis wafer yang Anda sukai. Selain itu, jika Anda memiliki alergi, pastikan untuk membaca info alergen pada kemasan produk, ya.


Selain mengonsumsi wafer sebagai camilan, Anda juga dapat menikmati wafer dengan cara lainnya. Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan pada dessert atau kue tart. Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer