10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bermain games dalam waktu yang lama dapat mengganggu kesehatan. Selain mata yang mudah lelah, efek seperti badan pegal sering kali dialami oleh para gamers. Untuk mengurangi risiko tersebut, kami menyarankan Anda untuk menggunakan kursi gaming yang nyaman.

Beberapa kursi gaming pun hadir dengan bentuk dan desain yang mewah. Melalui artikel ini, kami telah menyiapkan tips memilih kursi gaming terbaik untuk Anda. Beberapa produk seperti Rexus RGC 103, DX Racer, dan Cougar Armor juga masuk ke dalam rekomendasi produk pilihan kami. Silakan disimak, ya!

Daftar isi

Cara memilih kursi gaming

Saat bermain games, tubuh Anda perlu ditempatkan pada kursi yang benar-benar nyaman. Jika Anda salah memilih kursi, tubuh Anda akan mengalami masalah kesehatan. Sebelum mulai memilih kursi gaming, terdapat beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya!

Sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda

Sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda

Ketika Anda menggunakan kursi yang tidak pas, tentu saja Anda tidak akan merasa nyaman. Jika ketidaknyamanan terus dibiarkan, tentunya akan berakibat buruk. Misalnya seperti terhambatnya pertumbuhan tulang, badan pegal, bengkoknya tulang, dan risiko lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperbaiki cara duduk atau mengganti kursi yang pas sesuai postur tubuh.

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli kursi gaming adalah ukurannya. Jika Anda salah membeli, bisa jadi Anda tidak akan merasa nyaman saat menggunakannya. Misal terlalu sempit, terlalu tinggi, dan sebagainya. Untuk itu, sangat disarankan Anda mencoba kursi gaming sebelum benar-benar membeli.

Perhatikan desainnya

Biasanya, seorang gamer profesional akan memilih kursi gaming yang sewarna dengan perangkat konsol game-nya. Oleh karena itu, jangan hanya terpaku karena merek dan harga saja. Sebaiknya Anda mempertimbangkan desain yang sesuai dengan tema permainan dan lingkungan Anda.

Untuk para gamers MOBA, pilih kursi gaming dengan desain yang gagah

Untuk para gamers MOBA, pilih kursi gaming dengan desain yang gagah

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) merupakan game yang cukup populer di kalangan anak muda. Game ini menguji Anda untuk menjalani pertandingan melawan pemain lain secara online dalam satu arena. Game jenis ini juga kerap digunakan sebagai ajang pamer senjata maupun properti dari masing-masing karakter yang dimainkan. Tak jarang, peralatan gamers seperti keyboard, headset, dan kursi gaming ikut ditonjolkan.

Bagi para gamers, kursi gaming bukan saja menjadi properti untuk mendukung kenyamanan saat bermain games. Namun, banyak gamers yang menjadikan kursi gaming sebagai aksesori untuk menunjang penampilan agar lebih profesional. Dengan desain kursi gaming yang gagah, Anda akan terlihat lebih profesional dan keren. Beberapa contoh kursi gaming yang cocok untuk Anda yang menyukai MOBA di antaranya adalah Rexes dan E-Blue Cobra.

Untuk gamers racing, pilihlah kursi gaming dengan sentuhan gaya mobil balap

Untuk gamers racing, pilihlah kursi gaming dengan sentuhan gaya mobil balap

Semakin tingginya peminat gamers racing membuat banyak produsen mendesain kursi gaming layaknya jok mobil balap. Desain kursi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai games bertemakan balap mobil. Selain desainnya yang fungsional, kursi gaming racing ini memiliki sentuhan warna yang keren. Beberapa contoh produk kursi gaming tipe racing yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah Rexus Raceline dan DX Racer.

Pilih kursi gaming dengan bantalan leher dan punggung yang empuk

Pilih kursi gaming dengan bantalan leher dan punggung yang empuk

Bayangkan saja jika Anda berada delapan jam di depan layar komputer, sementara kursi yang Anda gunakan tidak nyaman. Misalnya terbuat dari material yang keras sehingga membuat badan Anda cepat pegal.

Bagian pada kursi gaming yang cukup penting adalah bagian kepala dan punggungnya. Biasanya, para produsen menyiasatinya dengan memberi bantal tambahan di bagian yang rawan menyebabkan sakit. Tujuannya tak lain adalah untuk menyangga leher, kepala, dan pinggang agar tidak mudah pegal atau salah urat.

Pilih kursi gaming dengan sandaran yang bisa disesuaikan

Pilih kursi gaming dengan sandaran yang bisa disesuaikan

Setelah menemukan kursi gaming dengan bantalan yang tidak keras, selanjutnya pilihlah kursi gaming dengan sandaran yang dapat disesuaikan. Pengaturan sandaran pada kursi tentunya bertujuan untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan sempurna. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kenyamanan bermain games secara maksimal, pilihlah kursi gaming yang dapat disandarkan minimal 150 derajat.

Ukuran tubuh seseorang berbeda-beda. Untuk itu, dibutuhkan kursi gaming yang memiliki arm-rest yang dapat diatur posisinya. Untuk kenyamanan maksimal, disarankan kursi bisa diputar hingga 180 derajat. Anda pun dapat bersantai beberapa waktu tanpa harus berpindah tempat.

Pilih berdasarkan bahan lapisannya

Secara umum, terdapat dua bahan material yang biasa digunakan untuk melapisi kursi gaming, yakni kulit PU leather dan PVC leather. Keduanya merupakan jenis kulit imitasi atau sintetis yang sering digunakan para produsen untuk membuat kursi. Terbuat dari senyawa material plastik, kedua bahan ini cukup digemari para gamers karena harganya lebih terjangkau dibanding kulit asli. Berikut penjelasannya!

Bahan PU leather membuat sirkulasi udara lebih lancar

Bahan PU leather membuat sirkulasi udara lebih lancar

PU leather merupakan bahan yang terbuat dari campuran sisa kulit hewan asli dengan olahan plastik. Meski kandungan plastik memiliki porsi yang lebih besar, PU leather diklaim memiliki sifat seperti kulit asli. Pada kursi gaming dengan bahan PU leather, pori-pori di permukaannya membantu sirkulasi udara sehingga gamers akan lebih nyaman.

Bahan PVC leather memiliki pori yang lebih halus

Bahan PVC leather memiliki pori yang lebih halus

Sementara PVC leather merupakan bahan yang sepenuhnya diolah dari material plastik. Jika dibandingkan dengan PU leather, jenis PVC leather memiliki pori yang lebih halus dan beraturan karena adanya unsur kesengajaan dalam pembuatannya.

Saat menggunakan kursi gaming berbahan PVC leather, Anda akan merasa lebih mudah gerah. Namun, PVC leather relatif lebih murah dibandingkan PU leather sehingga lebih banyak peminatnya. Dari segi kemudahan dibersihkannya, baik PU leather maupun PVC leather sangat mudah untuk dirawat dan dibersihkan.

Pilih kursi gaming yang kerangkanya kuat

Pilih kursi gaming yang kerangkanya kuat

Terakhir, kursi gaming terbaik tentunya memiliki kualitas yang awet dan kokoh. Bayangkan jika kursi gaming yang Anda gunakan terbuat dari kerangka berbahan plastik. Selain mudah patah, kursi gaming tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk melihat seberapa bagus kualitas kursi gaming yang Anda pilih, lihatlah kerangka yang digunakan.

Untuk itu, usahakan untuk memilih kursi gaming dengan kerangka besi. Kerangka kursi gaming yang kuat bukan hanya terletak pada kerangkanya saja. Kerangka lain yang harus Anda lihat adalah bagian roda, sandaran tangan, dan material tuasnya. Pastikan semuanya kuat, ya!

10 Rekomendasi kursi gaming terbaik

Setelah Anda membaca penjelasan di atas, selanjutnya kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi gaming terbaik dengan bahan berkualitas. Silakan dipilih sesuai dengan anggaran yang Anda miliki, ya!

10. Thermaltake X Comfort

10. Thermaltake X Comfort

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 5.700.000

Desain kursi premium dengan bantalan lengan yang mudah disesuaikan

Dengan desain warna hitam berlapis kulit sintetis, kursi gaming ini terlihat fungsional dan mewah. Material yang digunakannya pun tak perlu diragukan. Rangka kursi berupa logam sudah cukup kuat untuk menopang beban sekitar 150 kg. Untuk Anda yang berkarakter kuat dan elegan, kursi ini bisa jadi pilihan.

Menariknya lagi, kursi gaming ini dilengkapi dengan sandaran tangan yang dapat disesuaikan. Hal ini tentunya dapat mengurangi tekaanan pada pergelangan tangan dan ketegangan otot saat Anda bermain. Ingin meninggikan, menurunkan, maupun membuat serong ke kiri dan kanan, cukup dengan memutar tuasnya.

Jenis bahan PVC leather
Pengaturan sandaran 160 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Hitam, biru, merah, dan hijau

9. Brazen Stag 2.1 Bluetooth Surround Sound Gaming Chair

9. Brazen Stag 2.1 Bluetooth Surround Sound Gaming Chair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.950.000

Dilengkapi pengeras suara yang ada pada sandarannya

Selain cukup nyaman digunakan, salah satu keunggulan dari kursi gaming ini adalah adanya speaker pada bagian sandarannya. Kabel audionya bisa tersambung di hampir seluruh perangkat, seperti televisi atau pemutar musik. Kursi ini bisa Anda gunakan untuk game yang membutuhkan audio bagus, seperti Audition AyoDance.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suara langsung dari konsol game, pasangkan kabel audio melalui televisi yang Anda gunakan. Dengan kursi ini suasana bermain games terasa lebih nyata karena dilengkapi dengan suara yang berkualitas. Apalagi harganya cukup terjangkau!

Jenis bahan Tidak disebutkan
Pengaturan sandaran Tidak disebutkan
Bantalan X
Pilihan warna Putih, merah, dan hitam

8. Cougar Armor S

8. Cougar Armor S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.299.000

Istirahat lebih mudah tanpa harus berpindah tempat

Kursi gaming ini diciptakan untuk membuat Anda nyaman saaat bermain games dalam waktu lama. Kursi merek Eropa ini juga memiliki desain yang mewah dengan balutan PVC leather yang tebal. Tinggi kursinya pun mudah disesuaikan sehingga pas untuk Anda yang suka bermain games secara bergantian.

Kursi ini juga memiliki dua buah bantal dengan material yang empuk. Bantal yang terletak di bagian leher dan pinggang ini berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal saat duduk terlalu lama. Saat Anda lelah, cukup menarik tuas pada bagian kanan kursi. Istirahat pun lebih mudah tanpa harus repot berpindah tempat.

Jenis bahan PVC leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Oranye dan hitam

7. Rexus Dark Thrones DT1

7. Rexus Dark Thrones DT1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.200.000

Mewah dan elegan, dapat digunakan dalam kondisi apapun

Kursi gaming ini didesain menggunakan kulit sintesis berpori dengan lubang-lubang ventilasi. Sementara untuk kualitasnya, kaki kursi ini terbuat dari besi baja. Anda pun akan mendapatkan keseimbangan maksimal meski dalam posisi berbaring. Pegangan tangannya pun dapat disesuaikan dengan mudah.

Dari segi desain dan warna, bukan berarti kursi ini hanya untuk seorang gamers. Desainnya yang mewah, elegan, dengan garis jahitan yang gagah, membuat kursi ini bisa digunakan untuk kantoran. Bagi Anda yang ingin menciptakan suasana kerja di rumah menjadi hangat, kursi ini adalah pilihan yang tepat.

Jenis bahan PVC leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Hitam

6. Rexus Raceline

6. Rexus Raceline

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.950.000

Sentuhan desain mobil balap yang memberikan kebebasan bergerak

Kursi gaming ini didesain dengan sentuhan warna yang terinspirasi dari kursi mobil balap. Perpaduan desain jok mobil balap yang sporty dan dinamis sangat terlihat pada kursi gaming ini. Sandaran pada tangannya juga dapat dinaik-turunkan, maju mundur, maupun diputar ke kanan dan kiri.

Dimensi yang cukup luas dengan beban maksimal 150 kg akan membuat Anda bebas dalam bergerak tanpa khawatir kursi patah. Busa yang digunakannya pun tidak mudah kempes sehingga dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama. Kursi gaming ini sangat direkomendasikan untuk bermain games racing.

Jenis bahan Perpaduan PU leather dan PVC leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Oranye dan biru

5. Marvo Gaming Chair CH-106

5. Marvo Gaming Chair CH-106

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.990.000

Desain kursi ergonomis dengan pilihan warna beragam

Kursi gaming Marvo seri CH-106 ini terbuat dari rangka besi yang dikombinasikan dengan busa yang empuk dan nyaman. Marvo CH-106 dibalut dengan sentuhan material kulit sintetis yang cukup mudah dibersihkan. Kursi gaming ini juga dirancang dengan desain yang ergonomis dan memberikan posisi duduk yang nyaman.

Dari segi kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Adanya dua bantalan di leher dan sekitar pinggang membuat tubuh Anda tetap nyaman bermain games dalam waktu yang lama. Selain itu, pilihan warnanya cukup beragam dan menarik! Untuk gamers profesional yang harus main game dalam waktu lama, kursi ini bisa jadi pilihan.

Jenis bahan PVC leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Merah, biru, hijau, oranye, hitam

4. DX Racer Office Chair OH/CE120/NR

4. DX Racer Office Chair OH/CE120/NR

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.000.000

Lebih tinggi dan besar, membuat Anda layaknya seorang atasan

Dilihat dari harganya, kursi gaming ini direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan gaya. Bentuk yang ditonjolkan dari kursi gaming ini adalah lebih lebar, besar, dan tinggi. Desainnya yang ergonomis juga dapat digunakan hampir semua tipe tubuh.

Saat Anda duduk menggunakan kursi gaming ini, Anda akan tampak gagah dan berwibawa layaknya seorang atasan. Meski memang diperuntukan untuk gamers, kursi ini juga pas jika ditempatkan di dalam ruangan kerja Anda.

Jenis bahan Vinyl bergaya kulit
Pengaturan sandaran 135 derajat
Bantalan X
Pilihan warna Cokelat, hitam, dan merah

3. E-Blue Cobra Ergo

3. E-Blue Cobra Ergo 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 4.783.000

Kursi berbahan nilon yang dapat mengurangi suara gerakan

E-Blue Cobra Ergo adalah kursi gaming yang didesain khusus untuk memenuhi kegiatan Anda yang hobi bermain games. Desainnya yang ergonomis membuat kursi gaming ini cukup nyaman digunakan sehingga mencegah penyakit punggung. Materialnya pun berbeda dengan kursi gaming lainnya.

Menggunakan perpaduan bahan PU leather dan nilon pada sandarannya, kursi gaming ini dapat meredam suara gerakan pada tubuh Anda. Sandaran punggungnya pun memiliki pori yang cukup lega sehingga sirkulasi udara dapat berjalan lancar.

Jenis bahan PU leather
Pengaturan sandaran Tidak disebutkan
Bantalan X
Pilihan warna Oranye

2. Corsair T1 Race

2. Corsair T1 Race

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 3.450.000

Kontruksinya kuat, lantai rumah aman dari goresan 

Kursi gaming Corsair T1 Race menghadirkan desain yang terinspirasi dari mobil balap. Selain memiliki warna dan pola jahitan yang cantik, kursi gaming ini dibuat menggunakan material yang berkualitas. Hal ini terlihat pada konstruksi rangka kursi yang menggunakan baja. Pastinya kursi ini awet untuk jangka panjang.

Bagi Anda yang gemar bermain games adrenalin seperti racing, kursi ini adalah pilihan yang tepat. Dibekali dengan lima roda yang terbuat dari bahan nilon, gesekan roda pada lantai tidak akan meninggalkan goresan. Dengan gesekan yang halus, lantai rumah Anda tetap aman.

Jenis bahan PU leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Hitam, biru, merah, kuning, dan putih

1. Rexus RGC 103

1. Rexus RGC 103

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.842.000

Kursi gaming dengan desain mewah dan teknologi yang ramah pengguna

Rexus RGC 103 dirancang untuk kenyamanan yang menyesuaikan postur tubuh penggunanya. Terbuat dari kulit sintetis berkualitas tinggi, kursi ini dilengkapi dengan busa yang tidak mudah kempes. Dengan beban yang bertumpu pada lima titik, dapatkan juga keseimbangan maksimal tanpa harus khawatir kursi patah.

Kursi ini juga didukung teknologi multifungsi frog mechanical dan 4D handle yang membuat Anda mudah mengatur posisinya. Tanpa harus membongkar maupun menggunakan alat khusus, Anda dapat menyesuaikan kemiringan kursi mengikuti postur tubuh Anda. Tidak hanya orang dewasa, kursi ini juga aman untuk anak-anak.

Jenis bahan PVC leather
Pengaturan sandaran 180 derajat
Bantalan Leher dan pinggang
Pilihan warna Biru dan merah

Baca juga rekomendasi produk kursi lainnya

Selain kursi gaming, kami telah menyiapkan beberapa produk rekomendasi kursi untuk kebutuhan lainnya. Produk-produk yang telah kami siapkan ini dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk melengkapi perabotan rumah tangga Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Ada banyak tipe kursi gaming yang dapat Anda jumpai di pasaran. Namun, kursi gaming yang baik adalah kursi dengan bahan material berkualitas dan memiliki fitur yang dapat memberikan kenyamanan.

Bermain games akan lebih seru dan menyenangkan ketika Anda berada di atas kursi yang nyaman dan keren. Apakah sepuluh rekomendasi produk di atas masuk ke dalam daftar pilihan Anda? Selamat bermain games dengan kursi gaming pilihan Anda!