• 10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kursi Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Bermain game bisa cepat terasa melelahkan bila tidak menggunakan kursi gaming. Produknya memang didesain untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan Anda saat bermain game berlama-lama. Namun, kursi gaming atau gaming chair yang nyaman sangat bergantung pada postur Anda.

Kami akan menjelaskan cara memilih kursi gaming terbaik. Rekomendasi produknya pun tersedia, lengkap dengan ulasannya. Ada berbagai produk dari merek kursi gaming yang bagus, seperti Rexus, STracing, Secretlab, dan lainnya. Tidak hanya hitam, produk yang warnanya pink juga tersedia, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faynilla
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla
Faynilla
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020.


Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Tabel perbandingan produk kursi gaming terbaik

Gambar produk
1
Secretlab TITAN 2020 Series 1

Secretlab

2
Rexus Dark Thrones 1

Rexus

3
Cougar Armor S 1

Cougar

4
Corsair T1 Race Gaming Chair 1

Corsair

5
DXRacer Pink Kitty Gaming Chair 1

DXRacer

6
Thermaltake U Fit Black-Red Gaming Chair 1

Thermaltake

7
BraZen Pride 2.1 Bluetooth Surround Sound Gaming Chair 1

BraZen

8
STracing Superior Series Gaming Chair 1

STracing

9
E-Blue Cobra Gaming Chair 1

E-Blue

10
Marvo Scorpion Gaming Chair 1

Marvo

Nama produk

TITAN 2020 Series

Dark Thrones

Armor S

T1 Race Gaming Chair

Pink Kitty Gaming Chair

U Fit Black-Red Gaming Chair

Pride 2.1 Bluetooth Surround Sound Gaming Chair

Superior Series Gaming Chair

Cobra Gaming Chair

Scorpion Gaming Chair

Keunggulan

Paduan tekstur halus dengan kelembutan memory foam

Tampil elegan, pas untuk berbagai situasi

Diamond pattern memberikan kesan mewah

Seperti kursi mobil balap, pas untuk game racing

Desainnya lucu. Tampil makin cute saat streaming!

Didesain untuk menjamin kenyamanan Anda

Dilengkapi speaker pada sandarannya

Beragam pilihan warna untuk kustomisasi dengan konsol pribadi

Sirkulasi udara tinggi dengan sandaran model jaring

Kursi gaming dengan fitur mumpuni, tetapi tidak menguras kantong

Harga mulai dariRp 10.000.000,00Rp 3.699.000,00Rp 4.159.000,00Rp 3.600.000,00Rp 5.300.000,00Rp 3.490.000,00Rp 3.235.000,00Rp 3.000.000,00Rp 3.500.000,00Rp 1.599.000,00
DimensiSandaran: 55 cm x 84 cm・Alas duduk: 52 cm x 50 cmSandaran: 51 cm x 83 cm・Alas duduk: 51 cm x 52 cmSandaran: 50,5 cm x 83 cm・Alas duduk: 53 cm x 50 cmSandaran: 56 cm x 95 cm・Alas duduk: 56 cm x 58 cmSandaran: 53 cm x 89 cm・Alas duduk: 51 cm x 46 cmSandaran: 56 cm x 84 cm・Alas duduk: 36 cm x 48 cmSandaran: 42 cm x 57 cm・Alas duduk: 54 cm x 46 cmTidak tercantum66,5 cm x 68,2 cm x 118,5 cm (keseluruhan)Sandaran: 57 cm x 85 cm・Alas duduk: 53 cm x 50 cm
Bahan lapisanSoftWeave®PVC leatherPVC leatherPU leatherPU leatherPVC leatherTidak tercantumPU LeatherPU leatherPU leather, PVC leather
Pengaturan sudut165 derajat150 derajat180 derajat180 derajat135 derajat135 derajatTidak tercantum180 derajatTidak tercantum180 derajat
BantalanLeher dan pinggangLeher dan pinggangLeher dan pinggangLeher dan pinggangLeherLeher dan pinggangLeherLeher dan pinggangXLeher dan pinggang
MaterialKerangka: Baja・Kaki: AluminiumKaki: bajaKerangka: Baja・Kaki: aluminiumKerangka: bajaKerangka: logam・Kaki: logamKerangka: baja・Kaki: logamTidak tercantumKaki: aluminiumKerangka: fiber・Kaki: fiberTidak tercantum
Pilihan warnaHitam, cookies and cream, charcoal blueMerah, kuningOranye, goldHitam, biru, merah, kuning, putihPinkMerahBiru, merah, putihBiru, hijau, merah, cyan, neon green, oranye, royal blue, green army, lemon, saddle, burgundy, flamboyant, gold, rhapsody, pink, hitam, abu-abu, putihOranyeHitam, merah, biru, hijau
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kursi gaming

Saat bermain game, Anda perlu duduk pada kursi yang benar-benar nyaman. Jika Anda salah memilih kursi, tubuh Anda akan mengalami masalah kesehatan. Sebelum mulai memilih kursi gaming, terdapat beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Disimak, ya!

Sesuaikan ukurannya dengan tubuh Anda

Sesuaikan ukurannya dengan tubuh Anda
Ketika Anda menggunakan kursi yang tidak pas, tentu saja Anda tidak akan merasa nyaman. Jika ketidaknyamanan terus dibiarkan, akibatnya bisa buruk. Terhambatnya pertumbuhan tulang, badan pegal, bengkoknya tulang, dan risiko lain mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperbaiki cara duduk atau mengganti kursi yang sesuai postur tubuh.

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli kursi gaming adalah ukurannya. Jika Anda memilih ukuran yang salah, Anda bisa merasa tak nyaman saat menggunakannya. Tiap-tiap brand biasanya menyediakan informasi dimensi sandaran dan alas duduk produknya.


Ukuran sandaran adalah panjang x tinggi. Sementara itu, ukuran alas duduk adalah panjang x lebar. Sebelum membeli, Anda bisa memperkirakan lebih dahulu apakah postur tubuh Anda akan sesuai dengan produknya atau tidak.

Ketahui bahan pelapis kursi gaming

Terdapat dua bahan yang biasa digunakan untuk melapisi kursi gaming yakni kulit PU leather dan PVC leather. Keduanya merupakan jenis kulit imitasi atau sintetis yang terbuat dari senyawa plastik. Kedua bahan ini cukup digemari gamer karena harganya lebih terjangkau dibandingkan kulit asli. Yuk, simak penjelasan masing-masing bahannya.

PU leather: Membuat sirkulasi udara lebih lancar

PU leather: Membuat sirkulasi udara lebih lancar
PU leather merupakan bahan yang terbuat dari campuran sisa kulit hewan asli dengan olahan plastik. Meski kandungan plastik memiliki porsi yang lebih besar, PU leather diklaim memiliki sifat seperti kulit asli. Kursi gaming dengan bahan PU leather memiliki pori-pori untuk membantu sirkulasi udara sehingga Anda akan merasa nyaman.

PVC leather: Memiliki pori yang lebih halus

PVC leather: Memiliki pori yang lebih halus
PVC leather merupakan bahan yang sepenuhnya diolah dari material plastik. Dibanding dengan PU leather, bahan PVC leather memiliki pori-pori yang lebih halus dan beraturan. Tekstur permukaannya memang sengaja dibuat sedemikian rupa. Selain itu, PVC leather juga tahan terhadap noda dan air. Oleh karena itu, kursi gaming dengan bahan ini cocok untuk Anda yang suka ngemil saat bermain game.

Saat menggunakan kursi gaming berbahan PVC leather, Anda akan merasa lebih mudah gerah. Namun, PVC leather relatif lebih murah dibandingkan PU leather sehingga banyak peminatnya. Dari segi perawatan, baik PU leather maupun PVC leather sangat mudah untuk dibersihkan.

Cek pengaturan sudut sandaran kursi gaming

Posisi duduk yang nyaman dapat ditentukan dari pengaturan sudut sandaran kursi gaming. Anda bisa memilih produk dengan besaran pengaturan sudut yang sesuai dengan preferensi. Bila Anda tidak biasa tiduran pada kursi gaming, pengaturan sudut hingga 135 derajat tentu sudah cukup.

Sementara itu, pengaturan sudut hingga 180 derajat direkomendasikan bagi Anda yang ingin bisa beristirahat pada kursi gaming. Sandaran produknya dapat disejajarkan dengan alas duduk. Anda pun dapat bersantai tanpa harus berpindah tempat.

Periksa bantalan kursi gaming

Periksa bantalan kursi gaming
Bayangkan jika Anda berada lama-lama di depan layar komputer, sedangkan kursi yang Anda gunakan tidak nyaman. Material yang keras akan membuat badan Anda cepat terasa pegal. Selain itu, pemakaian dalam jangka panjang bisa menimbulkan dampak yang buruk untuk Anda. 

Bagian pada kursi gaming yang cukup penting adalah headrest dan sandarannya. Produsen biasanya menambahkan bantalan pada kedua bagian tersebut. Tujuannya untuk menyangga leher, kepala, dan pinggang agar tidak mudah pegal atau salah urat. Oleh sebab itu, pastikan produknya dilengkapi bantalan bila Anda akan lama menggunakannya.

Pastikan material kerangkanya kuat

Pastikan material kerangkanya kuat
Kursi gaming terbaik tentunya memiliki struktur yang kukuh. Umurnya pun relatif awet. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas kursi gaming yang Anda pilih, lihatlah kerangka yang digunakan. Usahakan untuk memilih kursi gaming dengan kerangka besi.

Namun, kekuatan kursi gaming bukan hanya terletak pada kerangkanya saja. Material kaki-kakinya pun perlu Anda cek. Pasalnya, bagian tersebut menopang seluruh bobot penggunanya. Jadi, pastikan produknya memiliki material kuat agar aman digunakan.

Pilih warna yang sesuai pemakainya, misalnya hitam atau pink

Warna hitam umum digunakan sebagai warna dasar kursi gaming. Akan tetapi, beberapa brand juga memberikan perpaduan warna agar kesan e-sports terasa lebih hidup. Perpaduan warna tersebut bisa Anda sesuaikan dengan tone ruangan atau preferensi pribadi.


Meskipun kursi gaming dengan warna dasar hitam lebih mendominasi, produk berwarna cerah juga tersedia. Sudah banyak dijual produk yang menggunakan warna terang seperti pink. Produknya cocok untuk anak perempuan Anda atau untuk menunjang kegiatan streaming.

Pertimbangkan untuk memilih merk kursi gaming terkenal, misalnya Rexus, STracing, dan Secretlab

Produk yang beredar di pasaran tidak hanya berasal dari merek-merek luar negeri saja, lho. Saat ini sudah banyak brand lokal yang memproduksi kursi gaming. Brand seperti Rexus dan STracing yang berasal dari Indonesia sudah sering diandalkan oleh para gamer.


Bila Anda mencari produk dari brand yang khusus bergerak dalam bidang kursi gaming, pilihlah Secretlab. Brand tersebut berbasis di Singapura dan produknya sudah tersebar di berbagai penjuru dunia. Kualitas produknya pun diakui di kalangan gamer.

Produk rekomendasi pakar

ONEXPremium Quality Gaming Chair

GX3

Mulai dari Rp 2.700.000,00

DimensiSandaran: 56 cm x 84 cm・Alas duduk: 53 cm x 54 cm
Bahan lapisanPVC leather
Pengaturan sudut90–135 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKerangka: metal
Pilihan warnaHitam, biru, hijau, biru dongker, merah, putih, dan pink

10 Rekomendasi kursi gaming terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi gaming terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi dari mybest dan bukan dari Faynilla.

10

MarvoScorpion Gaming Chair

CH-106

Mulai dari Rp 1.599.000,00

DimensiSandaran: 57 cm x 85 cm・Alas duduk: 53 cm x 50 cm
Bahan lapisanPU leather, PVC leather
Pengaturan sudut180 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialTidak tercantum
Pilihan warnaHitam, merah, biru, hijau
9
Dimensi66,5 cm x 68,2 cm x 118,5 cm (keseluruhan)
Bahan lapisanPU leather
Pengaturan sudutTidak tercantum
BantalanX
MaterialKerangka: fiber・Kaki: fiber
Pilihan warnaOranye
8

STracingSuperior Series Gaming Chair

Mulai dari Rp 3.000.000,00

DimensiTidak tercantum
Bahan lapisanPU Leather
Pengaturan sudut180 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKaki: aluminium
Pilihan warnaBiru, hijau, merah, cyan, neon green, oranye, royal blue, green army, lemon, saddle, burgundy, flamboyant, gold, rhapsody, pink, hitam, abu-abu, putih
7

BraZenPride 2.1 Bluetooth Surround Sound Gaming Chair

Mulai dari Rp 3.235.000,00

DimensiSandaran: 42 cm x 57 cm・Alas duduk: 54 cm x 46 cm
Bahan lapisanTidak tercantum
Pengaturan sudutTidak tercantum
BantalanLeher
MaterialTidak tercantum
Pilihan warnaBiru, merah, putih
6

ThermaltakeU Fit Black-Red Gaming Chair

GGC-UFT-BRMWDS-01

Mulai dari Rp 3.490.000,00

DimensiSandaran: 56 cm x 84 cm・Alas duduk: 36 cm x 48 cm
Bahan lapisanPVC leather
Pengaturan sudut135 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKerangka: baja・Kaki: logam
Pilihan warnaMerah
5

DXRacerPink Kitty Gaming Chair

DC/JK001/PW

Mulai dari Rp 5.300.000,00

DimensiSandaran: 53 cm x 89 cm・Alas duduk: 51 cm x 46 cm
Bahan lapisanPU leather
Pengaturan sudut135 derajat
BantalanLeher
MaterialKerangka: logam・Kaki: logam
Pilihan warnaPink
4
DimensiSandaran: 56 cm x 95 cm・Alas duduk: 56 cm x 58 cm
Bahan lapisanPU leather
Pengaturan sudut180 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKerangka: baja
Pilihan warnaHitam, biru, merah, kuning, putih
3
DimensiSandaran: 50,5 cm x 83 cm・Alas duduk: 53 cm x 50 cm
Bahan lapisanPVC leather
Pengaturan sudut180 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKerangka: Baja・Kaki: aluminium
Pilihan warnaOranye, gold
2
DimensiSandaran: 51 cm x 83 cm・Alas duduk: 51 cm x 52 cm
Bahan lapisanPVC leather
Pengaturan sudut150 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKaki: baja
Pilihan warnaMerah, kuning
1
DimensiSandaran: 55 cm x 84 cm・Alas duduk: 52 cm x 50 cm
Bahan lapisanSoftWeave®
Pengaturan sudut165 derajat
BantalanLeher dan pinggang
MaterialKerangka: Baja・Kaki: Aluminium
Pilihan warnaHitam, cookies and cream, charcoal blue

Baca juga rekomendasi produk periferal gaming lainnya di sini

Selain kursi gaming, periferal lainnya bisa Anda pertimbangkan. Mouse dan headset yang tepat juga akan meningkatkan kenyamanan saat bermain game. Berikut ini, kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Jangan lewatkan artikel di bawah ini, ya. Produknya pun sudah kami lengkapi dengan ulasan khusus untuk Anda.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan kursi gaming yang sesuai kebutuhan? Dari sisi fitur, Anda bisa menyaringnya berdasarkan pengaturan sudut hingga bantalannya. Sementara itu, bahan pelapis dan kerangka material akan menentukan kualitasnya.


Anda juga bisa memilih produk berdasarkan warna dan mereknya, lho. Brand andalan gamer tentu sudah teruji mutunya. Anda pun dapat turut merasakan kualitasnya. Jadi, pilihlah kursi gaming terbaik agar kenyamanan dan kesehatan Anda selalu terjaga.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wireless mouse banyak dipilih karena praktis. Produknya adalah pilihan tepat bagi Anda yang sering terbatasi oleh kabel mouse. Namun, spesifikasi produknya beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merek populer seperti Logitech, ROBOT, dan lainnya. Yang untuk bekerja ada, yang untuk gaming juga ada. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Headset Stand Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Headset Stand Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika ingin menyimpan headset Anda dengan rapi, gunakanlah headset stand. Beragam headset stand ada di pasaran, salah satunya adalah produk headset stand dengan lampu RGB yang trendi. Namun, Anda pasti masih bingung memilih di antara banyaknya varian headphone stand, bukan?Kali ini, kami akan membagikan berbagai tips dalam memilih headset stand. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai merek terkenal seperti Rexus, Fantech, dan Benks. Simak baik-baik untuk temukan headset stand yang bagus dan terbaik. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori