• 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)

Kulit sensitif tidak hanya dialami pada bagian wajah, tetapi juga dapat terjadi pada bagian ketiak. Kulit ketiak yang sensitif mudah sekali iritasi oleh produk deodorant dan menyebabkan ketiak hitam. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan deodorant khusus untuk ketiak sensitif.


Kali ini, kami telah menyediakan beragam merk deodorant terbaik dan cara memilih deodorant yang bagus untuk kulit sensitif. Beberapa merk deodorant yang aman untuk kulit sensitif, seperti Dove, Dayou, Sensatia Botanicals, dan Sukin akan turut kami review di sini.  Untuk Anda yang sedang mencari deodorant, jangan lewatkan ulasan kami, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Taufan Gio
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2021
  • 38.458 Views
Daftar isi

Ciri-ciri kulit ketiak sensitif

Ciri-ciri kulit ketiak sensitif
Untuk mengetahui apakah kulit ketiak Anda termasuk sensitif, ada beberapa ciri-ciri yang bisa Anda cermati. Ketiak sensitif biasanya ditandai dengan warna ketiak yang mudah menghitam, sering gatal, berjerawat, iritasi, hingga rasa perih.

Iritasi pada kulit yang sensitif sering kali diawali dengan kemerahan pada ketiak. Bila iritasi ini dibiarkan, jaringan kulit akan rusak hingga timbul luka. Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman saat bergerak.


Beberapa kondisi ketiak yang sensitif juga ditandai dengan kulit ketiak yang kering, kasar, bahkan bisa sampai mengelupas.

Penyebab kulit ketiak sensitif

Penyebab kulit ketiak sensitif
Penyebab kulit ketiak sensitif ada dua, yaitu faktor genetik dan eksternal. Faktor genetik merupakan faktor bawaan sejak lahir. Orang dengan kulit sensitif biasanya memiliki jaringan kulit yang tipis dan produksi kelenjar minyak yang lebih sedikit. Oleh karena itu, jaringan kulit lebih mudah rusak dan timbul iritasi.

Sementara itu, faktor eksternal penyebab kulit ketiak sensitif, di antaranya sering menggunakan pakaian ketat dan kebiasaan mandi dengan air hangat. Pemakaian sabun yang berlebihan, suhu udara ekstrem, serta kebiasaan mencukur rambut ketiak juga bisa memicu kulit ketiak menjadi sensitif.


Pemilihan produk perawatan tubuh dengan bahan yang kurang tepat juga berpotensi merusak kulit Anda. Hal ini karena bahan kimia yang keras dapat merusak pH alami kulit sehingga ketiak menjadi sensitif.

Cara memilih deodorant untuk kulit sensitif

Menemukan produk perawatan untuk kulit sensitif tidaklah mudah. Untuk itu, kami telah merangkum tips memilih deodorant untuk kulit sensitif di bawah ini. Simak, yuk!

Cermati kandungan yang dapat memicu iritasi

Beberapa bahan kimia yang keras dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit sensitif. Baiknya, Anda memilih deodorant berbahan ringan dan menghindari bahan-bahan berikut ini, ya.

Alkohol, penyebab kulit menjadi kering

Alkohol, penyebab kulit menjadi kering
Alkohol merupakan salah satu bahan aktif pada deodorant yang berfungsi membunuh kuman dan bakteri penyebab bau. Penggunaan alkohol pada deodorant ini juga berfungsi untuk memberikan efek kering saat pemakaian. Saat dipakai, ketiak menjadi lebih cepat kering dan tidak lembap.

Namun, alkohol memiliki sifat yang mendukung pelepasan kadar air pada kulit. Hal ini tentu memicu kekeringan pada kulit sehingga berpotensi mengiritasi, terlebih saat ketiak bergesekan dengan pakaian. Pada kulit sensitif, alkohol juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit ketiak lebih gelap dari kulit lainnya. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk memprioritaskan deodorant non alkohol. 


Meski begitu, tidak semua alkohol berakibat buruk pada kulit. Alkohol seperti stearyl alcohol dan cetyl alcohol justru memiliki sifat melembapkan dan cenderung aman untuk kulit.

Paraben, memicu reaksi alergi

Paraben, memicu reaksi alergi
Paraben memiliki fungsi utama sebagai pengawet untuk memperpanjang masa pakai produk perawatan Anda. Paraben dapat mencegah timbulnya jamur dan bakteri pada produk tersebut. 

Meski memiliki manfaat yang baik, paraben sering kali menimbulkan reaksi pada kulit sensitif. Reaksi tersebut, di antaranya gatal, ruam, kering, bengkak, hingga melepuh. Paraben juga sering kali dikatakan sebagai zat pemicu kanker payudara meskipun belum terbukti secara pasti.


BPOM di Indonesia sendiri memperbolehkan penggunaan paraben dalam batas aman. Jadi, bila produk Anda telah berizin BPOM, maka kadar paraben di dalamnya sudah aman. Namun, untuk menghindari risiko pada kulit sensitif, sebaiknya Anda mengutamakan produk yang paraben-free, ya.

Phthalates, zat karsinogen pemicu ruam pada kulit

Phthalates, zat karsinogen pemicu ruam pada kulit

Kandungan phthalates pada produk perawatan, khususnya deodorant, berfungsi untuk mempertahankan warna dan aroma. Phtalates pada ketiak yang sensitif dapat menimbulkan ruam dan eksim.


Parahnya lagi, phthalates juga teruji dapat menyebabkan masalah hormonal, reproduksi, hingga memicu kanker. Maka dari itu, hindri deodorant yang mengandung phthalates, ya.

Parfum yang kuat, dapat menimbulkan iritasi

Parfum yang kuat, dapat menimbulkan iritasi
Deodorant merupakan produk perawatan untuk menghalau bau tidak sedap dari ketiak Anda. Tak heran, banyak orang yang memilih dodorant dengan wangi yang kuat. Namun, deodorant dengan wangi yang kuat justru tidak selalu baik untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. 

Kandungan wewangian yang kuat berpotensi memicu iritasi pada ketiak yang sensitif. Terlebih, deodorant diaplikasikan langsung pada kulit sehingga risiko iritasinya juga besar. Maka dari itu, pemilik kulit ketiak sensitif sebaiknya menghindari deodorant yang aroma parfumnya terlalu kuat. Jika memungkinkan, kami menyarankan deodorant tanpa parfum karena lebih aman untuk Anda.

Gunakan deodorant yang mengandung pencerah

Gunakan deodorant yang mengandung pencerah
Kulit ketiak yang sensitif rentan mengalami iritasi yang menyebabkan kulit ketiak gelap atau menghitam. Perbedaan warna tubuh ini tentu dapat mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasinya, kami menyarankan deodorant yang mengandung pencerah. Manfaat mencerahkan kulit ketiak hitam ini dapat Anda peroleh dari deodorant yang mengandung sunflower seed oil dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat mengembalikan warna alami kulit ketiak Anda.

Utamakan deodorant dengan tambahan bahan pelembap

Utamakan deodorant dengan tambahan bahan pelembap
Kulit yang kering hingga dehidrasi sering dialami kulit ketiak yang sensitif. Maka dari itu, penting untuk memilih deodorant yang memberikan kandungan pelembap ekstra untuk ketiak Anda.

Anda bisa mencermati kandungan pelembap, seperti glycerin atau moisturizing cream. Selain bermanfaat menjaga kelembapan, kandungan tersebut juga dapat menghaluskan kulit ketiak Anda.

Pakai deodorant yang memberikan efek sejuk

Pakai deodorant yang memberikan efek sejuk

Gesekan pada kulit ketiak kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan perih yang menyiksa. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa memilih deodorant dengan efek menyejukkan dan menenangkan kulit.


Efek menenangkan dan menyejukkan kulit ini bisa Anda dapatkan pada Aloe vera. Selain itu, Aloe vera juga dapat mempercepat pemulihan luka akibat iritasi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Colgate-PalmoliveSpeed Stick Power Unscented

Mulai dari Rp 113.600,00

10 Rekomendasi deodorant terbaik untuk kulit sensitif

Sudah tahu deodorant apa yang harus Anda pilih? Di bawah ini, kami punya beragam rekomendasi deodorant untuk kulit sensitif. Cek satu per satu, yuk!

10
Kandungan pelembap-
Kandungan pencerah-
9
Kandungan pelembapVirgin coconut oil, beeswax, shea butter, cornstratch
Kandungan pencerah-
8
Kandungan pelembapCera alba, cocos nucifera oil, mangifera indica seed butter, coco glyceride, eucalyptus globulus oil, malaleuca alternifolia oil, citrus medica oil
Kandungan pencerah-
7

Utama SpiceHis Deodorant/Hers Deodorant

Mulai dari Rp 190.000,00

Kandungan pelembapEssential oils (grape seed, lemon, rosemary, fennel, lavender), beeswax
Kandungan pencerah-
6
Kandungan pelembapAloe vera, burdock, nettle extracts
Kandungan pencerah-
5

DayouDayou Sensitif #1 Natural Anti Odor

Mulai dari Rp 210.000,00

Kandungan pelembapShea butter, coconut oil, essential oil
Kandungan pencerah-
4

UnileverDove Sensitive Antiperspirant Roll-on

Mulai dari Rp 22.300,00

Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan pencerahSunflower seed oil
3

Good Virtues Co.Lightening & Anti Perspirant Underarm Deodorant

Mulai dari Rp 56.300,00

Kandungan pelembapOrganic black seed oil, glycerin
Kandungan pencerahEkstrak Himalaya
2

Tératu BeautyMiracle Deo Spray Deodorant

Mulai dari Rp 50.000,00

Kandungan pelembapAloe vera extract
Kandungan pencerahRose extract, niacinamide, mineral alami tawas
1

Sensatia Botanicals Natural Deodorant

Mulai dari Rp 125.000,00

Kandungan pelembapMinyak jojoba, daun pandan, clary sage, natural oil lainnya
Kandungan pencerahNiacinamide, ekstrak teh hijau, bengkuang

Tabel perbandingan produk deodorant terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals  Natural Deodorant 1

Sensatia Botanicals

2
Tératu Beauty Miracle Deo Spray Deodorant 1

Tératu Beauty

3
Good Virtues Co. Lightening & Anti Perspirant Underarm Deodorant  1

Good Virtues Co.

4
Unilever Dove Sensitive Antiperspirant Roll-on 1

Unilever

5
Dayou Dayou Sensitif #1 Natural Anti Odor 1

Dayou

6
Sukin Natural Deodorant 1

Sukin

7
Utama Spice His Deodorant/Hers Deodorant 1

Utama Spice

8
GoodVibes Natural Deodorant 1

GoodVibes

9
Avero Solid Deodoran 1

Avero

10
La Natura Deodorant Stick 1

La Natura

Nama produk

Natural Deodorant

Miracle Deo Spray Deodorant

Lightening & Anti Perspirant Underarm Deodorant

Dove Sensitive Antiperspirant Roll-on

Dayou Sensitif #1 Natural Anti Odor

Natural Deodorant

His Deodorant/Hers Deodorant

Natural Deodorant

Solid Deodoran

Deodorant Stick

Keunggulan

Menetralkan bau badan sekaligus menutrisi kulit

Multipurpose deodorant dengan kandungan niacinamide

Bantu cerahkan ketiak sensitif yang gelap

Solusi terjangkau untuk kulit ketiak sensitif

Menghlangkan bau tak sedap sekaligus mengobati iritasi

Natural deodorant dengan bahan super aman

Deodoran dengan bahan alami yang aman digunakan ibu hamil

Tidak meninggalkan noda kuning di baju Anda

Bebas pilih dua belas varian aroma yang berbeda

Aman bahannya, ramah lingkungan kemasannya

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 50.000,00Rp 56.300,00Rp 22.300,00Rp 210.000,00Rp 99.000,00Rp 190.000,00Rp 85.000,00Rp 69.000,00Rp 58.000,00
Kandungan pelembapMinyak jojoba, daun pandan, clary sage, natural oil lainnyaAloe vera extractOrganic black seed oil, glycerinGlycerinShea butter, coconut oil, essential oilAloe vera, burdock, nettle extractsEssential oils (grape seed, lemon, rosemary, fennel, lavender), beeswaxCera alba, cocos nucifera oil, mangifera indica seed butter, coco glyceride, eucalyptus globulus oil, malaleuca alternifolia oil, citrus medica oilVirgin coconut oil, beeswax, shea butter, cornstratch-
Kandungan pencerahNiacinamide, ekstrak teh hijau, bengkuangRose extract, niacinamide, mineral alami tawasEkstrak Himalaya Sunflower seed oil------
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pencegah bau ketiak lainnya di sini

Selain deodorant untuk kulit sensitif, kami juga masih punya ulasan produk perawatan tubuh menarik lainnya. Silakan klik link di bawah ini untuk menemukan produk terbaik lainnya, ya!

Kesimpulan

Memiliki kulit ketiak sensitif memang merepotkan. Risiko iritasi selalu menghantui para pemilik kulit sensitif. Belum lagi, risiko tidak dapat memilih sembarang produk perawatan. Namun, jangan khawatir karena saat ini telah tersedia banyak produk natural yang aman untuk kulit sensitif Anda.


Kami telah menyediakan cara memilih dan merekomendasikan deodorant untuk ketiak sensitif Anda. Gunakan tips dari kami dan temukan produk terbaik untuk Anda, ya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    129.497 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    240.245 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    208.723 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    392.173 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    213.212 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Innisfree, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    38.483 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Susu Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Susu Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sabun susu sapi telah digunakan oleh masyarakat selama bertahun-tahun karena manfaatnya dalam melembutkan kulit. Anda bahkan boleh mengaplikasikannya setiap hari. Tak hanya untuk wajah, sabun dari susu sapi juga baik digunakan pada tubuh. Kini sabun susu sapi sering dipadukan dengan bahan bermanfaat lain, contohnya madu dan minyak sereh.Kali ini kami akan membahas cara memilih sabun susu sapi yang bagus, serta memberi sepuluh rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan merek sabun susu sapi terbaik, seperti Cow Brand, Tazakka, Tnine, hingga As'shyfa. Selain bentuk sabunnya bermacam-macam, harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Perawatan badan
    18.748 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori