10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teropong binokular terdiri dari sepasang teropong identik yang membantu mata melihat benda di kejauhan dan memberi tampilan tiga dimensi dari objek tersebut. Kegunaannya antara lain untuk travel, pengamatan laut, pengamatan burung, pengamatan astronomi, menonton teater, konser atau mengamati benda-benda di museum.

Jika Anda sedang mencari alat bantu untuk melihat objek jarak jauh,  maka alat yang paling tepat adalah teropong binokular. Dalam artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih teropong binokular dan memberikan 10 rekomendasi sehingga Anda akan lebih mudah untuk memilihnya.

Daftar isi

Cara memilih teropong binokular

Jika Anda seorang pemula dalam hal teropong binokular, tidak heran kalau Anda bingung dengan fitur-fitur penting yang harus ada pada teropong binokular yang bagus. Ada berbagai hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat ingin membeli teropong, di antaranya adalah perbesaran, diameter efektif dari lensa objektif, bidang pandang, dan lain-lain. Mari pelajari apa saja yang perlu diketahui tentang teropong binokular.

Memilih perbesaran lensa

Memilih perbesaran lensa

Perbesaran yang tinggi pada lensa teropong  binokular tidak menjamin objek jarak jauh bisa dilihat dengan jelas. Semakin tinggi perbesaran, maka semakin sempit bidang pandang dan semakin tidak stabil objek yang kita lihat. Jika Anda memegangnya dengan tangan, kami sarankan Anda untuk memilih teropong yang perbesaran lensanya kurang dari 10x. Untuk perbesaran lebih dari 11x, Anda akan membutuhkan bantuan tripod untuk membuatnya stabil.

Tergantung dari penggunaannya, kami akan berbagi informasi tentang perbesaran optimal pada teropong binokular. Silahkan baca dan sesuaikan perbesaran yang Anda butuhkan untuk kegiatan Anda.

  • Penggunaan di museum yang tidak terlalu luas : perbesaran 2-4x
  • Menonton opera dan konser kecil : perbesaran 3-6x
  • Menonton pertunjukan teater, mengamati benda pada museum luas : perbesaran 4-6x
  • Menonton pertunjukan atau konser besar, kegiatan luar ruangan, pengamatan burung: perbesaran 6-10x

Memilih besaran diameter lensa objektif

Memilih besaran diameter lensa objektif

Agar bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas, maka dibutuhkan teropong binokular dengan ketajaman lensa yang baik. Ketajaman lensa dipengaruhi oleh perbandingan terbalik antara diameter efektif dari lensa objektif (aperture) dengan perbesarannya. Diameter lensa objektif yang besar dan perbesaran yang rendah akan menghasilkan ketajaman lensa yang tinggi.

Ukuran diameter efektif dari lensa objektif yang kami sarankan adalah sekitar 20 mm, karena semakin besar diameter lensa objektif , maka teropong akan semakin berat, sehingga lebih sulit digunakan. Jika Anda ingin melakukan pengamatan bintang, gunakan teropong binokular dengan diameter lensa objektif 40-50 mm dengan perbesaran 6-10x.

Memilih bidang pandang (Field of View/FOV)

Memilih bidang pandang (Field of View/FOV)

Bidang pandang sebenarnya (real FOV) adalah area yang terlihat saat menggunakan teropong binokular tanpa menggerakkannya. Bidang pandang yang jelas (apparent FOV) adalah sudut area yang diperbesar saat Anda melihat melalui teropong binokular. Apabila Anda menggunakan teropong binokular di konser atau pertandingan sepak bola, maka Anda akan menginginkan apparent FOV yang lebar.

Semakin besar apparent FOV, maka semakin luas real FOV yang bisa Anda lihat. Real FOV biasanya dicantumkan dengan menuliskan lebar (m) yang dapat dilihat dari jarak sejauh 1000 m, sedangkan apparent FOV dicantumkan dengan satuan derajat. Apabila tidak dicantumkan, kita bisa menghitungnya dengan rumus konvensional: “Real FOV x perbesaran”. Jika hasilnya lebih dari 65°, maka apparent FOV-nya termasuk lebar.

Kini rumus apparent FOV mengalami revisi, yaitu “tan ω’ = τ x tan ω” dengan 2ω’ = apparent FOV; 2ω = real FOV; dan τ = perbesaran. Hasil rumus baru tersebut menyatakan bahwa sudut apparent FOV 60° termasuk lebar dan sudut 75° termasuk super lebar.

Ringan saat digunakan

Ringan saat digunakan

Sangat penting untuk memilih teropong binokular yang tidak melelahkan tangan Anda saat digunakan. Pilihlah teropong binokular yang ringan dan pas digenggam dengan tangan Anda. Pastikan benda ini nyaman untuk Anda bawa, terutama untuk waktu yang lama. Memiliki tali pengikat adalah sebuah nilai tambah untuk teropong binokular pilihan Anda.

Eye relief untuk pengguna berkacamata

Eye relief untuk pengguna berkacamata

Jika Anda sehari-harinya memakai kacamata, maka tentunya Anda ingin menggunakan teropong binokular dengan nyaman, tanpa mengganggu penglihatan Anda. Eye relief menunjukkan jarak antara objek jarak jauh yang diproyeksikan dari lensa ke titik fokus mata Anda.

Jarak eye relief yang optimal untuk Anda yang berkacamata adalah sekitar 15 mm, kurang dari itu Anda tidak akan bisa melihat bidang pandang dengan sepenuhnya. Hal ini akan mempengaruhi gambar objek jarak jauh yang Anda lihat pada teropong binokular. Untuk Anda yang tidak berkacamata, pilihlah teropong binokular dengan jarak eye relief yang lebih pendek.

10 Rekomendasi teropong binokular terbaik

Berikut kami berikan 10 rekomendasi teropong binokular terbaik, berdasarkan spesifikasi, fungsi, dan juga harga. Temukanlah teropong binokular yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda!

10. Bushnell Binocular 8×21

10. Bushnell Binocular 8x21

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 173.000

Harga ekonomis, desain mungil dengan fungsi maksimal

Teropong binokular Bushnell 8×21 ini memiliki kejernihan dan ketahanan tinggi. Dengan harga yang ekonomis, Anda mendapatkan sepasang lensa identik dengan perbesaran 8x berdiameter lensa objektif sebesar 21 mm, dengan eye relief sepanjang 9 mm. Teropong binokular ini memiliki fitur tahan air karena dilapisi bahan karet yang awet dan kuat.

Bushnell 8×21 ini berukuran kecil, sekitar 115 x 85 x 50 mm, kedua lensanya bisa dilipat ke arah tengah dalam sehingga kompak dan mudah dibawa kemana-mana, cukup dimasukkan ke dalam kantung baju. Memiliki FOV dengan lebar 126 m, Bushnell binokular 8×21 cocok untuk digunakan untuk kegiatan menonton pertandingan, konser, teater atau travelling.

9. Universal Night Scope 4×30

9. Universal Night Scope 4x30

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 355.500

Penglihatan malam sejelas burung hantu

Jika Anda ingin menggunakan teropong binokular di malam hari, mungkin teropong binokular Universal Night Scope ini sesuai untuk Anda. Memiliki perbesaran 4x dan diameter aperture 30 mm, Anda akan bisa melihat dengan jelas dengan fitur night vision-nya. Teropong Night Scope ini juga dilengkapi dengan lampu pop-up yang memancarkan cahaya sejauh 7 meter.

Meskipun mudah dibawa-bawa, binokular ini cukup berat, yaitu sekitar 500 gram. Hal ini karena penggunaannya membutuhkan 2 buah baterai AAA. Selain untuk bertualang di alam bebas pada malam hari, teropong ini juga cocok digunakan untuk menonton konser di malam hari.

8. OEM Opera Glass Binocular 3×25

8. OEM Opera Glass Binocular 3x25

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.045.000

Pertunjukan yang ditonton menjadi lebih hidup

OEM Opera Glass ini memiliki perbesaran 3x, yang cocok untuk digunakan pada pertunjukan opera dan juga untuk mengamati objek di museum. Diameter lensa objektifnya sebesar 25 mm, sehingga gambar yang Anda lihat akan cukup jernih. Dengan FOV selebar 105 meter, Anda akan dapat mengamati panggung pertunjukan dengan leluasa saat menonton, namun juga bisa melihat dengan detail.

Teropong binokular ini tampak anggun dengan warna hitam berpinggiran perak, disertai dengan gagang yang dapat diatur panjangnya. Alat ini memiliki berat sekitar 183 gram, sangat ringan sehingga tidak membuat tangan Anda lelah saat memakainya. Setelah selesai, teropong ini dapat dengan mudah dilipat dan disimpan. Amatilah artis favorit Anda dengan jelas, walau Anda duduk/ berdiri agak jauh sekalipun!

7. Barska Blueline 3×25 Opera Glass

7. Barska Blueline 3x25 Opera Glass

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.333.000

Seakan berdiri di dekat panggung

Teropong binokular dari Barska ini akan membuat Anda merasa dekat dengan panggung pertunjukan, meskipun Anda duduk di barisan belakang. Anda bisa dengan nyaman menonton opera, balet, konser, atau pertunjukan lainnya dengan perbesaran 3x dan FOV sekitar 112 m. Dilengkapi lampu baca, Anda dengan mudah membaca buku pertunjukan.

Namun, eye relief teropong binokular ini cukup pendek bagi Anda yang berkacamata, yaitu 8.33 mm. Lensa Barska Blueline ini fully multi-coated sehingga bersifat anti-reflektif, menampilkan gambar jernih di tempat dengan pencahayaan rendah. Setelah selesai menonton pertunjukan, Anda bisa menyimpannya dalam kantung kulit yang disertakan dalam penjualannya. Mantap kan?!

6. Leupold BX-1 Yosemite 6×30

6. Leupold BX-1 Yosemite 6x30

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.044.000

Sempurna untuk setiap kegiatan Anda

Teropong binokular Leupold BX-1 Yosemite adalah teropong yang bisa Anda gunakan untuk menonton teater, konser di ruang tertutup, konser besar di luar ruangan, petualangan, travelling, sampai pengamatan burung. Ukurannya cukup kecil dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Jarak antar lensanya bisa disesuaikan sehingga bisa digunakan anak-anak maupun dewasa.

Perbesaran lensanya 6×30 mm, dan lensanya fully multi-coated. Teropong ini memiliki FOV dengan lebar 140 m dan teropong binokular ini memiliki fitur 100% anti air dan anti kabut. Leupold BX-1 Yosemite memiliki lensa Porro, dengan bidang pandang luas serta lensa objektif yang berjauhan sehingga menghasilkan kedalaman persepsi yang baik. Patut Anda coba!

5. Pentax UP 8×21

5. Pentax UP 8x21

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.370.000

Gambar terlihat cerah, tajam dari ujung ke ujung!

Teropong binokular ini memiliki perbesaran 8x dengan diameter lensa objektif 21 mm, dan eye relief sepanjang 13 mm. Lensa fully multi-coated menghasilkan gambar yang cerah dan jelas. Elemen lensa aspherical-nya memberikan ketajaman gambar dari ujung lensa ke ujung lensa lainnya, serta meminimalisir distorsi pada gambar yang dihasilkan. Inilah teropong untuk Anda yang mementingkan hasil penglihatan yang jelas dan tajam!

Pentax seri UP memiliki desain kompak single body sehingga mudah dibawa dan digunakan. Selain itu, bentuk unik ini melindungi lensa dengan mencegah partikel-partikel kotoran udara dan kelembapan menempel pada lensa. Teropong ini sangat sesuai untuk berbagai kegiatan, mulai menonton konser dan pertandingan olah raga, hiking, hingga travelling.

4. Nikon Aculon T11 Zoom 8-24×25

4. Nikon Aculon T11 Zoom 8-24x25

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.817.000

Melihat seperti dari jarak dekat

Perbesaran produk ini 8-24x, sehingga Anda bisa melihat suatu objek jarak jauh dengan fitur zoom in dan zoom out. Tidak diragukan lagi, lensa optik Nikon memiliki kualitas tinggi dengan teknologi full multi coating yang mengoptimalkan hasil gambar tajam, penuh warna, dan cerah bahkan dengan sumber cahaya yang minim.

Bidang pandang teropong ini adalah selebar 80 m. Aculon T11 Zoom berguna dalam berbagai kegiatan, mulai dari travelling, pengamatan burung, sampai menonton konser di luar ruangan. Teropong ini ringan, sekitar 305 gram dan memiliki eye relief 13 mm, memberi ruang yang masih cukup nyaman untuk pengguna kacamata. Anda berkacamata dan doyan kegiatan outdoor? Coba Anda punya teropong ini dari dulu-dulu!

3. Bushnell Powerview 7-15×25

3. Bushnell Powerview 7-15x25

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.093.000

Putar tombol zoom ke perbesaran yang diinginkan

Teropong binokular Bushnell Powerview 7-15×25 merupakan binokular prisma Porro dengan perbesaran yang bisa diatur, mulai 7x hingga 15x. Pengaturan perbesarannya sangat mudah dan mampu menghasilkan gambar yang jernih. Dalam kondisi mendung pun alat ini tetap menghasilkan gambar yang jelas. Cocok untuk Anda yang mendambakan kepraktisan dalam pengaturan teropong.

Sasis yang tangguh dilapisi karet non-slip membuat teropong ini nyaman digenggam, dan juga menyerap guncangan saat digunakan. Tidak sulit membawanya karena cukup ringan, sekitar 315 gram. Eye relief 12 mm masih cukup nyaman untuk pengguna yang berkacamata.

2. Nikon Aculon T01 10×21

2. Nikon Aculon T01 10x21

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.491.204

Teropong yang ramping dan menawan

Nikon Aculon T01 memiliki desain yang sangat stylish, ramping, ringan, dan kompak yang membuatnya enak digenggam. Dengan lensa multi-layer coated, gambar yang dihasilkan sangat jelas, kaya warna, dan detail. Tombol fokus yang besar dan ergonomis memudahkan Anda saat melakukan pengaturan. Aculon T01 memiliki FOV selebar 87 m  dan eye relief sepanjang 8.3 mm.

Perbesaran teropong ini 10x, diameter lensa objektif 21 mm, perbesaran yang cukup besar untuk jenis teropong kecil. Eye cup teropong ini terbuat dari karet, digerakkan dengan sistem putar-geser, pengaturan posisi mata jadi mudah dan nyaman. Karenanya, teropong ini cocok untuk Anda yang perlu bergantian menggunakan teropong bersama teman atau rekan Anda. Namun, sayangnya teropong ini tidak disertai kantung dan tali pengikat sehingga agak sulit untuk membawanya dalam perjalanan.

1. Olympus Tracker ZOOM PC I 8-16×25

1. Olympus Tracker Zoom PC I 8-16x25

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.675.000

Teropong bagi Anda yang suka bertualang di alam dan di kota

Teropong ini diproduksi untuk para pelancong, petualang, dan penikmat konser. Olympus menekankan fungsi optik berkualitas tinggi, bentuk kompak, dan ringan, serta perbesaran yang kuat. Dengan harga terjangkau, Anda mendapatkan teropong dengan perbesaran 8x-16x untuk menikmati pemandangan indah, dengan FOV selebar 56 meter.

Teropong ini akan nyaman bagi orang berkacamata karena memiliki eye relief yang relatif panjang yaitu 12-15 mm dan eyepiece yang bisa diatur sesuai dengan kondisi mata Anda. Lensa teropong binokular ini seluruhnya multi coated, memiliki pelindung terhadap sinar UV. Dengan bobot 315 gram, teropong Olympus Tracker Zoom PC I ini memiliki kualitas yang lebih tahan lama. Pilihan yang tepat untuk Anda yang aktif dan berjiwa muda!

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan 10 rekomendasi teropong binokular dari kami? Apakah Anda sudah bisa menentukan teropong yang akan Anda pilih?

Ingat, perhatikan fitur-fitur penting teropong binokular seperti perbesaran, bidang pandang, dan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah memilih yang sesuai, Anda akan menemukan pengalaman baru dalam setiap kegiatan menyenangkan Anda, dengan bantuan teropong binokular, baik itu di dalam maupun di luar ruangan.