1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Teropong Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Teropong binokular merupakan alat untuk melihat objek yang jauh dengan lebih jelas. Teropong ini juga dikenal dengan teropong jarak jauh. Banyak kegiatan yang cocok untuk dilakukan dengan teropong ini, seperti safari, birdwatching, hingga stargazing. Karena itu, pilihlah teropong dengan fitur yang mencukupi.


Kali ini kami mengulas tentang cara memilih teropong jarak jauh terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Bushnell dan Nikon. Ada teropong dengan standar militer dan ada juga teropong yang bisa digunakan siang-malam. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Diperbaharui 12-27-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa beda teropong binocular dan teropong monocular?

Apa beda teropong binocular dan teropong monocular?

Meski sama-sama digunakan untuk melihat objek yang jauh, ada perbedaan antara teropong binocular dan monocular. Teropong binocular memiliki dua eyecup sehingga Anda dapat merasakan efek tiga dimensi. Sementara itu, monocular adalah jenis teropong dengan satu eyecup. Saat melihat objek yang jauh, Anda hanya bisa menggunakan satu mata.


Teropong binocular memiliki field of view yang lebih besar dari teropong monocular. Hal ini memungkinkan frame yang masuk ke teropong lebih besar. Hasilnya Anda tidak cepat lelah saat melihat pergerakan objek yang cepat. Maka dari itu, jenis teropong binocular cocok digunakan untuk melakukan birdwatching, menonton pertandingan olahraga, berburu, dan lainnya.


Sesuai dengan bentuknya, teropong binocular tentunya lebih besar dan berat daripada teropong monocular. Untuk kegiatan outdoor, teropong monocular mungkin lebih praktis untuk dibawa, mengingat penggunaannya yang juga tidak setiap saat.


Namun, dalam kegiatan outdoor, teropong binocular lebih berguna untuk kegiatan yang memerlukan intensitas lama. Contoh aktivitas yang cocok menggunakan teropong ini adalah pemantauan rekan yang sedang mendaki di gunung terbuka (bukan hutan rimba).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teropong jarak jauh

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong jarak jauh, seperti magnifikasi, diameter lensa, dan bidang pandangnya. Bacalah dengan teliti poin-poin cara memilihnya berikut dan temukan produk yang sesuai dengan keinginan Anda.

① Sesuaikan magnifikasi lensa teropong dengan aktivitas Anda

Sesuaikan magnifikasi lensa teropong dengan aktivitas Anda

Magnifikasi yang tinggi pada lensa teropong binokular tidak menjamin objek bisa dilihat dengan jelas. Hal ini karena makin tinggi magnifikasi teropong, makin sempit bidang pandangnya. Objek yang Anda lihat dari teropong jadi makin tidak stabil. Magnifikasi pada teropong binokular perlu disesuaikan dengan tujuan, jenis aktivitas, dan lokasi Anda. Berikut kami jelaskan rinciannya.


  • Safari: Magnifikasi 7x, 8x, 10x (8x42, 10x50)
  • Jelajah rimba: Magnifikasi 8x, 10x (8x42, 10x42, 10x50)
  • Berburu: Magnifikasi 8x, 10x (8x42, 10x42, 10x50, 12x50)
  • Birdwatching: Magnifikasi 7x, 8x, 10x (8x32, 8x42, 10x42)
  • Pertandingan olahraga: Magnifikasi 6x, 7x, 8x, 10x (7x28, 8x32, 8x42, 10x25)
  • Whale Watching: Magnifikasi 7x, 8x, 18x, 20x (7x50, 8x32, 20x60)
  • Stargazing: Magnifikasi 10x, 12x, 20x, 25x (10x50, 12x50, 20x60, 25x70)

Harap diperhatikan bahwa angka pertama adalah nilai pembesaran, dan angka kedua adalah diameter (dalam milimeter) dari lensa yang digunakan.

② Cek besaran diameter lensa objektif dan exit pupil

Kondisi cahaya tempat Anda memakai teropong jarak jauh tentu berbeda-beda. Lensa objektif dan exit pupil berhubungan dengan cahaya yang ditangkap teropong sehingga Anda dapat melakukan pengamatan dengan jelas.

Lensa objektif, menangkap cahaya untuk hasil resolusi tinggi

Lensa objektif, menangkap cahaya untuk hasil resolusi tinggi

Agar bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas, dibutuhkan teropong binokular dengan ketajaman lensa yang baik. Anda perlu memeriksa besaran diameter efektif lensa objektif (aperture) yang berada di sisi luar teropong. Makin besar diameter lensanya, kemampuan menangkap cahaya pun makin tinggi. Resolusi gambar dari teropong juga makin tinggi.


Kami menyarankan teropong dengan diameter lensa objektif sekitar 20 mm. Hal ini karena makin besar diameter lensa, ukuran teropong juga makin besar. Bobotnya pun menjadi lebih berat. Anda harus memilih antara teropong yang ringan dan praktis atau teropong yang memiliki tingkat ketajaman tinggi, tetapi berat.


Diameter lensa objektif yang besar disarankan untuk melakukan pengamatan objek yang sangat jauh. Salah satunya adalah melakukan pengamatan bintang. Untuk jenis teropong ini, kami merekomendasikan produk dengan diameter lensa objektif 40–50 mm dan magnifikasi 6–10 kali.


Namun, selain aspek dimensi dan berat, sesuaikan juga kebutuhan penggunaan teropong dengan kegiatan outdoor yang akan Anda lakukan.

Exit pupil, mengatur ketajaman dengan kondisi cahaya di sekitar

Exit pupil, mengatur ketajaman dengan kondisi cahaya di sekitar

Selain diameter efektif lensa objektif, Anda perlu memeriksa exit pupil yang merupakan lingkaran di bagian tengah lensa. Exit pupil mengatur tingkat ketajaman teropong dengan cahaya di sekitarnya. Makin besar angka exit pupil, makin besar pula kemampuannya dalam menerima cahaya.


Jika Anda sering menggunakan teropong di tempat yang terang, teropong dengan exit pupil sebesar 2–3 mm sudah cukup. Sebaliknya, dibutuhkan ukuran exit pupil yang lebih besar bila Anda memakai teropong dalam kondisi cahaya yang redup. Jika Anda menggunakan teropong untuk mengamati burung atau melihat objek pada sore hari, pilih ukuran 4–7 mm.


Di gunung bersalju, pantulan cahaya putih menjadi sangat dominan. Karena itu, Anda harus memakai kacamata hitam saat melakukan pengamatan rekan pendakian di gunung bersalju. Hal ini dilakukan untuk melindungi mata dari kemungkinan snow blindness (buta salju).

③ Ketahui bidang pandang (field of view/FOV) teropong

Ketahui bidang pandang (field of view/FOV) teropong
Jangan lupa juga untuk memeriksa bidang pandang (field of view/FOV) yang ada pada teropong. Bidang pandang adalah luas atau lebar dari pandangan yang dapat dilihat oleh teropong. Makin kuat pembesaran, makin sempit bidang pandang yang didapat. Begitu juga sebaliknya, makin kecil pembesaran, makin luas pula bidang pandang yang dihasilkan.

Ukuran bidang pandang ini dapat dihitung dengan rumus yang hasilnya adalah jarak (dalam satuan meter) atau derajat. Banyak produk teropong yang mencantumkan bidang pandang di dalam deskripsinya. Jika tertulis 'bidang pandang 120 m/1.000 m', berarti teropong memiliki bidang pandang 120 m pada jarak pengamatan 1.000 m.


Bidang pandang terbagi menjadi dua, yakni bidang pandang sebenarnya (real FOV) dan bidang pandang jelas (apparent FOV). Berikut perbedaan dari keduanya.


  • Real FOV 
Real FOV adalah area yang terlihat saat Anda menggunakan teropong tanpa menggerakkan/memperbesar lensanya. Umumnya teropong jarak jauh memiliki lensa dengan real FOV 5° hingga 8°. Untuk melihat objek yang bergerak dengan lebih akurat, pilihlah real FOV sebesar 7° atau lebih.

  • Apparent FOV
Apparent FOV adalah sudut area yang diperbesar saat Anda melihat melalui teropong binokular. Makin besar apparent FOV, bidang pandang yang terlihat akan tetap luas meskipun Anda menaikkan magnifikasi lensa. Apparent FOV dihitung dari real FOV dikalikan dengan magnifikasi lensa. Misalnya, teropong Anda memiliki real FOV 7°. Jika Anda melakukan pembesaran 8 kali, hasilnya adalah apparent FOV 56°.

④ Bagi pengguna berkacamata, periksa eye relief yang terpasang

Bagi pengguna berkacamata, periksa eye relief yang terpasang

Apakah Anda menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan sehari-hari? Tentunya Anda ingin menggunakan teropong binokular dengan nyaman, bukan? Maka dari itu, Anda perlu memeriksa eye relief pada teropong. Eye relief adalah jarak antara eyepiece teropong dan mata Anda.


Jika Anda berkacamata, kami menyarankan teropong dengan eye relief 20 mm. Eye relief tersebut memungkinkan Anda melihat bidang pandang secara jelas dengan tetap memakai kacamata. Jika kurang dari jarak tersebut, Anda tidak akan bisa melihat bidang pandang sepenuhnya.


Makin besar angka eye relief, teropong akan makin nyaman digunakan bagi para pengguna kacamata. Sebaliknya, pilih teropong jarak jauh dengan eye relief yang lebih pendek apabila Anda tidak berkacamata.

10 Rekomendasi teropong jarak jauh terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teropong jarak jauh terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

MaiFeng

Binocular 80x80 Long Range

MaiFeng  Binocular 80x80 Long Range 1枚目

Teropong budget-friendly dengan daya jangkau hingga 90 km

2

Celestron

UpClose G2 10–30x50 mm Zoom Porro Binoculars

Celestron  UpClose G2 10–30x50 mm Zoom Porro Binoculars 1枚目

Terbuat dari bahan premium yang nyaman digunakan sehari-hari

3

Nikon

Aculon A211 16x50

Nikon Aculon A211 16x50 1枚目

Eco-friendly, bahannya bebas arsenik yang berbahaya!

4

Bushnell

Powerview 2 12x50 Binoculars

Bushnell  Powerview 2 12x50 Binoculars 1枚目

Material kukuh untuk menghadapi kondisi ekstrem

5

Apexel

10-30x50 High Power HD Waterproof Zoom Telescope

Apexel  10-30x50 High Power HD Waterproof Zoom Telescope 1枚目

Mengamati objek tetap jelas dalam kondisi minim cahaya!

6

Celestron

SkyMaster 18-40x80mm Zoom Porro Binoculars

Celestron SkyMaster 18-40x80mm Zoom Porro Binoculars 1枚目

Didesain khusus untuk para pencinta stargazing

7

Svbony

SV206 Porro Binocular

Svbony SV206 Porro Binocular 1枚目

Mengatur fokus makin nyaman dengan kenop besar

8

Vortex Optics

Crossfire 12x50

Vortex Optics Crossfire 12x50 1枚目

Compact dan minimalis, tetapi tampak elegan!

9

Bushnell

Marine 7x50 Binoculars

Bushnell Marine 7x50 Binoculars 1枚目

Mengamati dan navigasi makin mudah dengan kompasnya

10

Decathlon

Quechua Adult's Hiking Focus-Free Binoculars MH B140

Decathlon Quechua Adult's Hiking Focus-Free Binoculars MH B140 1枚目

Bobotnya ringan, dibawa bepergian tidak menjadi beban

Perincian produk
Close
No.1

MaiFeng Binocular 80x80 Long Range

Mulai dari Rp268.800,00

Teropong budget-friendly dengan daya jangkau hingga 90 km

Kelebihan:

  • Magnifikasi besar sehingga bisa memantau objek yang sangat jauh
  • Compact dan ringan, praktis dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup mini, kurang cocok untuk Anda yang bertangan besar

Inilah salah satu teropong jarak jauh terbaik untuk Anda yang dananya terbatas. Harga produk ini sangat terjangkau. Anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar untuk mendapatkannya. Performa teropong binokular ini pun mumpuni untuk harga yang budget-friendly.


Kemampuan produk ini dalam memperbesar objek tidak perlu diragukan. Dengan magnifikasi hingga 80 kali, jangkauannya bisa mencapai objek berjarak 90 km. Tidak hanya itu, produk ini menawarkan multi-coated lens dengan diameter 36 mm. Proyeksi gambar yang Anda lihat darinya akan lebih jelas dengan warna yang detail.

No.2

Celestron UpClose G2 10–30x50 mm Zoom Porro Binoculars71260

Mulai dari Rp1.259.000,00

Terbuat dari bahan premium yang nyaman digunakan sehari-hari

Kelebihan:

  • Konstruksi kukuh dan kedap air, bisa digunakan dalam kondisi apa pun
  • Ukuran lensa besar, tampilan lebih jelas

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa lem di handel dapat terlihat dan susah dibersihkan

Bisa dibilang produk ini merupakan salah satu teropong binocular terbaik untuk Anda yang menghabiskan hari-hari dengan bertualang. Alasannya karena bahan produk Celestron ini tergolong premium dan berkualitas sehingga menawarkan kenyamanan untuk dipakai setiap hari. Bodinya terbuat dari aluminium berlapis karet yang kukuh dan kedap air.


Ada juga pegangan karet di ujung jarinya sehingga tidak licin. Melakukan pembesaran objek menggunakan teropong jarak jauh ini jadi lebih mudah. Selain itu, produk ini mempunyai lensa objektif yang besar sehingga mampu mengumpulkan cahaya dengan baik. Tampilan yang ditunjukkannya akan makin terlihat jelas.

No.3

NikonAculon A211 16x50

Mulai dari Rp3.150.000,00

Eco-friendly, bahannya bebas arsenik yang berbahaya!

Kelebihan:

  • Multi-coating lens, menghasilkan tampilan yang cerah
  • Teropong sudah waterproof sehingga aman digunakan saat hujan

Kekurangan:

  • Bobot cukup berat, bisa membuat tangan pegal jika digunakan terlalu lama

Jika Anda mencari teropong jarak jauh yang aman untuk kesehatan, Nikon Aculon A211 16x50 layak untuk dipertimbangkan. Produk ini diklaim terbuat dari bahan-bahan yang bebas arsenik sehingga penggunaannya lebih aman.


Teropong binokular ini memiliki kenop yang halus sehingga Anda dapat mengubah magnifikasi sesuai kebutuhan dengan lebih smooth. Produk ini juga sudah waterproof sehingga digunakan saat hujan pun bukan masalah.

No.4

Bushnell Powerview 2 12x50 BinocularsPWV1250

Mulai dari Rp2.100.000,00

Material kukuh untuk menghadapi kondisi ekstrem

Kelebihan:

  • Diameter lensa objektif besar, mampu mengumpulkan banyak cahaya
  • Teropong dapat berfungsi dengan baik di berbagai jenis kondisi


Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi, kurang cocok untuk penggunaan sesekali

Kami merekomendasikan Powerview 2 12x50 Binoculars apabila Anda mencari teropong binocular terbaik dari segi build quality. Sasisnya terbuat dari logam yang tahan dengan beragam kondisi cuaca. Bagian tersebut diklaim tidak akan retak meski berada di suhu dingin dan panas yang ekstrem. Jika Anda sering menjelajah alam di dalam ataupun luar negeri, bawalah serta teropong Bushnell ini.

No.5

Apexel 10-30x50 High Power HD Waterproof Zoom Telescope

Mulai dari Rp375.000,00

Mengamati objek tetap jelas dalam kondisi minim cahaya!

Kelebihan:

  • Antiselip, nyaman digenggam di berbagai situasi
  • Teropong sudah waterproof, aman digunakan saat hujan


Kekurangan:

  • Handelnya cukup besar, bisa melelahkan dipegang berlama-lama

Pilih produk ini jika Anda butuh rekomendasi teropong jarak jauh siang-malam. Salah satu keunggulannya adalah mempunyai efek low-light di mode night vision. Fitur tersebut memungkinkan Anda dapat mengamati objek dengan jelas meski dalam kondisi minim cahaya. Performa yang mumpuni dalam kondisi cahaya apa pun membuat produk ini bisa digunakan untuk beragam aktivitas.


Menonton pertandingan, melihat lomba balap mobil, berburu, birdwatching, boating, hingga menonton konser bisa didukung produk ini. Teropong binokular ini juga sudah waterproof sehingga aman digunakan di luar ruangan. Kenop antiselipnya pun memungkinkan Anda menggunakannya dengan baik saat hujan.

No.6

CelestronSkyMaster 18-40x80mm Zoom Porro Binoculars

Mulai dari Rp6.413.000,00

Didesain khusus untuk para pencinta stargazing

Kelebihan:

  • Diameter lensa objektif besar sehingga cahaya yang masuk lebih besar
  • Eye relief besar, nyaman untuk pengguna berkacamata dan tidak

Kekurangan:

  • Bobot teropong berat, sulit saat dibawa trekking

Produk Celestron ini merupakan salah satu teropong jarak jauh terbaik untuk Anda yang suka stargazing. Teropong ini menawarkan magnifikasi yang lebih rendah sehingga Anda lebih mudah menemukan objek yang dicari. Setelah itu, Anda bisa memperbesar tampilannya menjadi close-up.


Teropong binokular ini menggunakan prisma BaK-4 berkualitas tinggi yang memberikan transmisi cahaya lebih banyak. Tampilan objek langit akan lebih jelas meski minim cahaya. Selain itu, multi-coated optics produk ini meningkatkan ketajaman detail warnanya. Tersedia juga adaptor tripod sehingga teropong bisa lebih stabil saat digunakan untuk mengamati benda langit.

No.7

SvbonySV206 Porro BinocularF9364A

Mulai dari Rp1.575.000,00

Mengatur fokus makin nyaman dengan kenop besar

Kelebihan:

  • Bisa dipasangkan dengan tripod
  • Teropong sudah waterproof, aman digunakan saat hujan

Kekurangan:

  • Magnifikasi lensa tidak terlalu besar untuk harganya

Svbony SV206 Porro Binocular mempunyai kenop fokus yang besar serta bergerigi. Hal ini memungkinkan Anda mengatur fokus dengan cepat dalam kondisi apa pun. Baik saat hujan maupun saat tangan berkeringat, Anda tidak akan kesulitan memfokuskan objek pengamatan. Teropong jarak jauh ini cocok untuk Anda yang tangannya mudah berkeringat atau sering bepergian saat musim hujan.

No.8

Vortex OpticsCrossfire 12x50CF-4304

Mulai dari Rp4.450.000,00

Compact dan minimalis, tetapi tampak elegan!

Kelebihan:

  • Adjustable eyecups, bisa digunakan untuk yang berkacamata dan tidak
  • Waterproof dan fogproof

Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi, kurang cocok untuk penggunaan sesekali

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda tidak hanya mengutamakan fungsi, tetapi juga tampilan dan kemudahannya dibawa. Dari sisi bentuk dan desainnya, teropong binokular ini terlihat compact, minimalis, dan tidak banyak pengaturan. Produk ini didesain solid dengan standar militer dan nyaman saat digenggam. Tampilan teropong jarak jauh militer ini pun bersih dan clear berkat multi-coated lens.

No.9

BushnellMarine 7x50 Binoculars

Mulai dari Rp3.200.000,00

Mengamati dan navigasi makin mudah dengan kompasnya

Kelebihan:

  • Desain kukuh, tahan terhadap korosi air laut
  • Ada kompas untuk menunjukkan arah yang diinginkan

Kekurangan:

  • Magnifikasi lensa tidak sebesar produk sekelas lainnya

Jika Anda mencari rekomendasi teropong jarak jauh untuk kebutuhan pelayaran dan menjelajahi rimba, pilih produk ini. Bushnell Marine 7x50 Binoculars sudah dilengkapi kompas sehingga Anda bisa mengetahui arah objek yang diamati dengan pasti.


Bodi produk ini diberi lapisan karet antiselip agar Anda bisa menggenggamnya meskipun dengan tangan basah. Ada juga O-ring seal dan nitrogen yang mencegah udara, debu, dan air masuk ke kompartemen dalamnya. Teropong binokular ini pun tahan terhadap korosi akibat air laut.

No.10

DecathlonQuechua Adult's Hiking Focus-Free Binoculars MH B1408734315

Mulai dari Rp580.000,00

Bobotnya ringan, dibawa bepergian tidak menjadi beban

Kelebihan:

  • Compact dan ringan, tangan tidak lekas pegal
  • Komponen silikon membuat teropong tahan terhadap guncangan

Kekurangan:

  • Diameter lensa kecil, gambar yang ditawarkan saat memantau objek yang jauh tidak terlalu jernih

Produk ini merupakan teropong jarak jauh dengan magnifikasi 10 kali yang memiliki bobot ringan. Ukurannya juga tidak terlalu besar. Anda dapat membawa produk ini tanpa merasa ada beban yang berarti. Teropong binokular ini cocok untuk Anda yang sering melakukan short trekking atau one day trip tanpa membawa banyak barang.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Ada dua jenis bahan lensa teropong, yaitu plastik dan kaca. Bahan plastik tidak mudah pecah dan ringan, harganya pun ekonomis. Di sisi lain, bahan kaca rentan pecah, berbobot lebih berat, dan harganya lebih mahal.


Untuk kegiatan outdoor, teropong berlensa plastik lebih cocok untuk dibawa. Anda pun tidak perlu khawatir lensa teropong akan pecah saat terjatuh. Sayangnya, kualitas tampilan objek yang diberikan lensa plastik tidak sebaik lensa kaca.


Selain itu, lensa teropong biasanya telah diberikan pelapis untuk meredam pantulan cahaya (antireflection coating). Terdapat beragam jenis lapisan, mulai dari satu lapis, beberapa lapis, pelapisan penuh (semua lensa), hingga pelapisan multi. Pelapisan multi dapat melindungi lensa dari air, kelembapan (misalnya embun saat suhu dingin), antigores, antidebu, bahkan antipecah. Anda bisa memilih jenis pelapisan sesuai kebutuhan.


Anda juga dapat menambahkan aksesori pada teropong Anda. Sekarang sudah banyak tersedia tripod dan monopod untuk teropong yang dapat digunakan langsung dengan smartphone. Dengan begitu, tangan Anda tidak akan cepat lelah saat melakukan pengamatan yang memerlukan waktu lama.

Baca juga rekomendasi teropong lainnya di sini

Kami juga memiliki ulasan mengenai alat-alat lainnya yang digunakan untuk melihat objek jarak jauh. Ada teropong binocular untuk menonton konser, teropong monocular, serta teleskop bintang. Jika Anda tertarik untuk membacanya, buka saja tautan berikut!

Kesimpulan

Ada banyak jenis teropong jarak jauh dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah produk yang tepat untuk menunjang aktivitas Anda. Ada teropong untuk birdwatching, melihat pertandingan, hingga untuk stargazing.

 

Kami telah mengulas tips memilih serta memberikan rekomendasi teropong jarak jauh terbaik. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan dalam memilih produk. Dengan begitu, proses menemukan produk yang tepat jadi lebih mudah!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer