10 Rekomendasi Wedding Shoes/ Sepatu Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Wedding Shoes/ Sepatu Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Pernikahan adalah salah satu momen yang sangat penting bagi setiap wanita. Oleh karena itu, tidak hanya gaun pengantin saja yang harus diperhatikan, tetapi juga sepatu. Desain sepatu sangat bervariasi, mulai dari low heels hingga high heels yang memberi kesan stylish.

Kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara memilih dan juga rekomendasi sepatu pengantin terbaik. Beberapa brand sepatu terkenal seperti Andre Valentino, Missguided, dan prettyFit juga ada dalam rekomendasi produk, lho! Yuk, langsung simak artikel berikut ini!

Daftar isi

Manfaat membeli sepatu pengantin

Manfaat membeli sepatu pengantin

Sepatu merupakan salah satu aksesori yang sangat penting untuk pengantin wanita. Apabila ingin memakai sepatu yang sudah ada, pastikan sepatu tersebut cocok dengan gaun pengantin yang Anda miliki. Meski Anda menggunakan gaun, sepatu tetap akan terlihat dan memengaruhi tampilan Anda, lho.

Anda mungkin bisa mengenakan sepatu lama atau menyewa. Namun, sepatu yang tidak pas dengan kaki dapat menyebabkan rasa sakit selama acara berlangsung. Akan terasa lebih nyaman jika Anda menggunakan sepatu yang pas dengan ukuran kaki sendiri.

Meskipun Anda memutuskan untuk menyewa gaun pengantin, alangkah baiknya apabila tetap membeli sepatu khusus. Selain dapat menyesuaikan dengan gaun, Anda juga dapat menyimpannya sebagai kenangan pernikahan.

Cara memilih sepatu pengantin

Sebelum masuk ke rekomendasi sepatu pengantin terbaik, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara memilihnya untuk Anda. Anda dapat mempertimbangkan beberapa poin berikut ketika akan membelinya.

Pilih tipe ujung sepatu yang sesuai dengan gaun

Kesan yang ingin ditampilkan bergantung pada bentuk ujung sepatu yang Anda pilih. Ada tiga tipe ujung sepatu yang biasanya digunakan untuk hari pernikahan, yaitu round toe, pointed toe, dan open toe. Pilihlah yang sesuai dengan gaun pilihan Anda.

Round toe untuk gaun bervolume yang menampilkan kesan cute

Round toe untuk gaun bervolume yang menampilkan kesan cute

Sepatu tipe round toe cocok digunakan untuk gaun yang bermodel princess line, A-line, atau midi-length. Apalagi jika Anda memilih sepatu dengan desain yang cute. Niscaya Anda akan terlihat lebih muda!

Ujung sepatunya yang bulat dengan sol tebal tidak akan membuat kaki Anda cepat pegal saat dipakai berjalan. Sepatu ini juga direkomendasikan untuk dipakai pada acara pernikahan outdoor berdurasi panjang seperti garden party.

Pointed toe untuk gaun mermaid dan empire line yang memberi kesan seksi

Pointed toe untuk gaun mermaid dan empire line yang memberi kesan seksi

Gaun yang memiliki model mermaid dan empire line lebih menonjolkan sisi vertikal dan membuat tubuh terlihat lebih panjang. Model ini cocok untuk Anda yang ingin tampil elegan. Jika Anda menambahkan sepatu pointed toe dengan hak stiletto yang lebih tinggi, penampilan Anda akan makin sempurna!

Desain sepatu ini dapat digunakan oleh wanita segala usia sehingga Anda tidak perlu khawatir terlihat tua. Apabila Anda tidak ingin penampilan menjadi terlalu mewah, pilihlah model yang berkilau tanpa banyak ornamen.

Open toe yang cantik dan glamor untuk gaun mini-length

Open toe yang cantik dan glamor untuk gaun mini-length

Mungkin masih jarang wanita yang memakai sepatu open toe di hari pernikahannya karena kesannya yang kurang formal. Namun, gaun pernikahan mini-length saat ini juga sudah populer sehingga cocok dengan tipe sepatu ini. Anda dapat menambahkan kuteks apabila memakai sepatu open toe, tentunya agar terlihat lebih fashionable.

Memakai sepatu dengan model yang terbuka di bagian belakang (mules shoes) juga tidak masalah. Desain ini tentunya lebih nyaman dan cocok untuk acara pernikahan yang berkonsep homey. Jika ingin menggunakan sepatu mules, pilihlah yang berhiaskan renda dengan tampilan natural untuk kesan cantik.

Pilih berdasarkan tinggi hak sepatu

Pilih berdasarkan tinggi hak sepatu

Tinggi hak sepatu akan menentukan gaya keseluruhan Anda. Hal ini juga bergantung pada tipe gaun yang Anda kenakan. Apabila tipe gaun yang dikenakan adalah princess line, maka Anda cukup memilih hak bertinggi 2-3 cm. Hal ini akan memberi keleluasaan saat dipakai berjalan dan membuat Anda terlihat lebih rapi.

Penampilan akan lebih ideal apabila pengantin pria tampak lebih tinggi sekitar 10-15 cm. Dengan perbedaan tinggi tersebut, kedua mempelai akan terlihat lebih ideal ketika bersanding. Penampilan pengantin pria dan wanita sama pentingnya. Oleh karena itu, tinggi hak sepatu sangat penting agar kedua mempelai terlihat seimbang.

Pilih warna dan bahan yang sesuai kesan yang ingin ditampilkan

Sepatu yang indah dan sesuai konsep tentunya akan meninggalkan kesan pada pengantin wanita. Oleh karena itu, pilihlah bahan dan warna sesuai dengan atmosfer pernikahan yang ingin Anda buat!

Warna selain putih bisa dijadikan pilihan

Warna selain putih bisa dijadikan pilihan

Warna gaun dan sepatu pengantin yang senada tentu akan membuatnya terlihat cantik. Oleh karena itu, pemilihan warna merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya, warna putih adalah yang paling lazim dipilih karena sesuai dengan gaun.

Namun, sepatu dengan warna pucat seperti silver, beige, atau pink pastel tidak akan merusak penampilan Anda. Bahkan, Anda bisa mempertimbangkan sepatu warna biru tosca atau merah jika menggunakan gaun mini atau midi-length. Anda juga bisa menyamakan warna sepatu pengantin wanita dengan sepatu atau kaus kaki sang pengantin pria. Dengan cara tersebut, pernikahan Anda akan terkesan stylish dan juga lebih modern.

Pemilihan bahan dan ornamen menentukan kesan yang ditampilkan

Pemilihan bahan dan ornamen menentukan kesan yang ditampilkan

Ada berbagai macam bahan sepatu pengantin, tetapi yang paling terkenal adalah yang terbuat dari sutra dan satin. Bahan tersebut terkenal karena cocok dengan gaun pernikahan serta memberi kesan cute dan romantis.

Sepatu dengan ornamen seperti renda, organza, glitter, atau rhinestone akan membuat sepatu Anda lebih menarik. Namun, Anda juga perlu berhati-hati, ornamen yang terlalu besar akan membuat kesan penampilan terlalu mencolok. Hal ini harus kembali disesuaikan dengan gaun Anda.

Apabila Anda kurang menyukai tampilan yang mencolok, Anda bisa memilih sepatu enamel yang simpel. Selain untuk acara pernikahan, sepatu enamel juga bisa dikenakan di acara pesta lainnya, lho.

Pilih berdasarkan kenyamanan pemakaian

Pilih berdasarkan kenyamanan pemakaian

Sebagai pengantin wanita, Anda akan banyak berdiri dan berjalan saat acara pernikahan. Tentu saja Anda ingin berjalan dengan postur tubuh yang terlihat indah dan cantik. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih ukuran yang pas dan nyaman untuk kaki Anda. Bila kaki Anda mudah bengkak akibat berdiri terlalu lama, pilihlah sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Menambahkan insole atau shoe straps juga bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan jenis sol sepatu Anda dengan lantai venue. Untuk lantai karpet, akan lebih mudah apabila Anda memilih sol jenis flat. Untuk lantai yang licin seperti marmer, Anda dapat menggunakan sol jenis antiselip supaya tidak tergelincir. Sedangkan, jika venue acara pernikahan Anda di taman atau resort, hindari sepatu dengan hak stiletto. Alih-alih stiletto, gunakan sepatu dengan hak yang lebih tebal agar lebih aman.

Pertimbangkan brand sepatu pengantin terkenal

Pertimbangkan brand sepatu pengantin terkenal

Apabila Anda memiliki konsep pernikahan yang mewah, maka sepatu dari desainer terkenal tidak boleh terlewatkan. Selain kualitasnya yang terjamin, Anda dapat memilih desain sepatu sesuai gaun dan konsep dengan mudah.

Misalnya, Anda ingin konsep yang elegan dan seksi, Christian Louboutin atau Jimmy Choo dapat menjadi pilihan. Apabila ingin konsep yang melankolis dan manis, Miu Miu dapat dicoba. Namun, sebaiknya Anda langsung membeli di official store-nya. Membelinya melalui toko online tidak dapat menjamin keaslian produk.

Jangan khawatir, saat ini sudah banyak brand sepatu lokal yang kualitasnya bersaing, contohnya seperti brand AliveLoveArts. Tidak hanya populer, tetapi juga nyaman dan memiliki desain yang memukau.

10 Rekomendasi wedding shoes/ sepatu pengantin terbaik

Nah, sekarang Anda telah mengetahui cara memilih sepatu pengantin yang baik. Di bawah ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Jangan lupa untuk memilih sepatu pengantin yang sesuai kebutuhan Anda, ya!

10. prettyFit White Mesh Heel

10. prettyFit White Mesh Heel

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 809.910

Desain sederhana dan klasik, tetapi tetap menawan

Apabila Anda termasuk wanita yang menyukai desain sepatu pernikahan klasik, maka produk ini layak dicoba. Desain pointed toe dengan hak tinggi yang medium selalu tak lekang oleh zaman. Maka tidak salah kalau desain seperti ini masih menjadi favorit wanita masa kini.

Namun, sepatu ini dilengkapi dengan insole kulit sintetis sehingga Anda harus berhati-hati ketika memakainya. Bahan kulit sintetis cenderung membuat lecet apabila Anda tidak terbiasa. Untuk mencegahnya, Anda bisa memakaikan losion pada jari kaki atau menambah insole yang lebih nyaman untuk mencegah lecet.

Tipe Pointed toe
Tinggi hak 8 cm
Warna Champagne
Bahan Mesh, kulit sintetis
Ukuran 35 – 40

9. Andre Valentino Wilona – Silver

9. Andre Valentino Wilona - Silver

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 1.299.000

Platform shoes fashionable yang akan membuat Anda terlihat stylish

Apakah Anda termasuk wanita yang stylish? Apabila demikian, tentunya Anda ingin tetap terlihat keren di hari pernikahan. Sepatu fashionable dari brand Andre Valentino ini adalah untuk Anda yang selalu ingin tampil stylish. Outer-nya dibuat dengan bahan lace yang akan semakin menunjang kecantikan Anda.

Selain itu, keunikan dari model platform shoes sendiri adalah kenyamanannya meskipun berhak tinggi. Karena insole-nya yang tebal, model platform shoes akan nyaman dipakai meski dalam waktu lama. Anda pun tidak perlu khawatir ketika harus berdiri lama di pesta pernikahan. Kaki Anda akan tetap aman!

Tipe Open toe
Tinggi hak 10 cm
Warna Silver
Bahan Kulit sintetis, tekstil, rubber
Ukuran 35-40

8. La Vita è Bella Ankle Strap Heel Blossom

8. La Vita è Bella Ankle Strap Heel Blossom

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Pilihan warnanya membuat penampilan Anda cute sekaligus feminin

Apabila Anda gemar berpenampilan feminin, sepatu ini dapat dicoba. Brand dalam negeri yang satu ini telah memproduksi banyak sepatu berkualitas tinggi. Desainnya sederhana, tetapi menimbulkan kesan yang sangat feminin dan juga awet muda.

Namun, sepatu ini kurang cocok untuk dipadankan dengan gaun mermaid line. Pasalnya, penampilan Anda akan terkesan monoton dan terlalu simpel. Anda dapat mencoba memadankannya dengan gaun bermodel lurus yang sesuai lekuk tubuh ataupun kain tradisional.

Tipe Open toe
Tinggi hak 5 cm
Warna Pink, cream, blue
Bahan Faux leather, brokat
Ukuran 36-42

7. Pineapple Outfitter Pump Heels

7. Pineapple Outfitter Pump Heels

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 1.333.900

Desain simpel yang tetap memberi kesan high-fashion

Bagi para pencinta sepatu berbahan genuine leather, produk ini mungkin cocok untuk Anda coba. Sepatu ini terbuat dari kulit sapi di bagian luar dan kulit domba di bagian dalam. Karena menggunakan kulit asli, maka bahannya pun sangat halus dan dipastikan tidak akan melukai kaki Anda.

Selain itu, aksesori rhinestone di bagian depan juga menambah kesan mewah pada sepatu. Namun sayangnya, bagi Anda yang sensitif terhadap kulit binatang tidak disarankan memakai sepatu ini.

Tipe Pointed toe
Tinggi hak 11 cm
Warna Pink
Bahan Genuine leather
Ukuran 35-38

6. Missguided Rose Gold Patent Pointed Barely There Heels

6. Missguided Rose Gold Patent Pointed Barely There Heels

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 459.000

Modelnya yang terbuka membuat jenjang kaki semakin terlihat indah

Sepatu dengan hak stiletto ini tidak hanya fashionable, tetapi juga akan membuat Anda terlihat seksi. Karena bermodel ankle strap, tentunya akan memperindah lekuk kaki Anda. Terbuat dari bahan kulit yang mengilap dan licin (patent leather), sepatu ini sangat mudah dibersihkan.

Dengan warna pink-rose yang bercampur gold, sepatu ini cocok apabila dipadankan dengan gaun berwarna pastel. Brand ini juga sudah terkenal di Eropa karena produknya yang fashionable, tetapi tetap affordable. Apabila ingin menonjolkan keindahan kaki, Anda dapat mencoba sepatu ini.

Tipe Open toe
Tinggi hak 11,5 cm
Warna Rose gold
Bahan Patent leather
Ukuran 36-41

5. La Vita è Bella Slingback Heel Twinkle

5. La Vita è Bella Slingback Heel Twinkle

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Tidak hanya pas untuk pernikahan, tetapi juga berbagai momen!

Sekilas sepatu ini terlihat sederhana, tetapi tetap cantik dan memikat. Selain pernikahan, sepatu ini juga cocok digunakan saat acara lamaran atau pertunangan karena warnanya yang tidak berlebihan. Setelahnya pun Anda dapat terus memakainya.

Bagi Anda yang mencari sepatu pengantin yang dapat dipakai terus menerus, sepatu ini layak dicoba. Namun, Anda harus berhati-hati apabila ingin membersihkannya. Gunakan lap untuk mengusap perlahan dan jangan merendam ataupun mencuci sepatu.

Tipe Open toe
Tinggi hak 5 cm
Warna White, pink, black, gold, blue
Bahan Mesh glitter, sparkling glitter
Ukuran 36-42

4. prettyFit Peep Toe Heel Crystal

4. prettyFit Peep Toe Heel Crystal

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 899.900

Sepatu bergaya vintage yang tetap mewah

Sepatu dari prettyFit ini memiliki gaya yang vintage dan sangat simpel. Dengan dihiasi kristal kecil pada sekelilingnya, sepatu ini mampu memberi kesan mewah dan sederhana di saat yang bersamaan. Desain ini juga menawarkan kemewahan yang tidak berlebihan.

Selain itu, warna sepatunya pun tidak terlalu mencolok. Akan cocok apabila dipadankan dengan gaun berwarna putih atau beige. Bagi Anda yang ingin tampil mewah, tetapi tidak ingin terlalu mencolok, sepatu ini dapat dicoba.

Tipe Open toe
Tinggi hak 9 cm
Warna Almond
Bahan Mesh
Ukuran 35-40

3. New Rhinestone High Heels Cinderella Shoes

3. New Rhinestone High Heels Cinderella Shoes

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 857.000

Desain mewah bak sepatu Cinderella

Siapa yang tidak ingin tampil spesial di hari pernikahan? Dengan sepatu ini, semua perhatian pasti akan tertuju pada Anda. Desainnya yang mewah dengan batu permata imitasi berkualitas ini tentunya akan membuat penampilan Anda semakin cantik.

Selain itu, model pointed toe juga lebih mudah untuk dipadankan dengan jenis gaun yang beragam. Warna silvernya juga akan cocok dengan gaun berwarna putih murni ataupun broken white. Apabila Anda ingin memberi kesan seksi dan mewah, sepatu ini dapat dicoba.

Tipe Pointed toe
Tinggi hak 5-8 cm
Warna Silver
Bahan Microfiber
Ukuran Tidak tercantum

2. Polla Polly Louis Heels Grey

2. Polla Polly Louis Heels Grey

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 829.000

Tidak mudah kusam dan tahan terhadap goresan!

Brand satu ini juga merupakan asli Indonesia, lho. Dibuat dengan tangan-tangan pengrajin lokal yang terampil, sepatu ini juga berkualitas tinggi. Sepatu ini terbuat dari polyurethane (PU) glitter yang memberi efek tahan lama serta mudah dibersihkan.

PU glitter memang berbahan dasar kulit sintetis, tetapi berbau lebih kuat dibanding kulit lainnya sehingga mudah dibedakan. Apabila terkena noda, Anda cukup membersihkannya dengan kain kering saja. Untuk Anda yang mencari sepatu yang tahan lama dan antigores, produk ini bisa dipertimbangkan.

Tipe Pointed toe
Tinggi hak 8 cm
Warna Grey
Bahan Polyurethane glitter
Ukuran 36-40

1. AliveLoveArts® Lucy White Heels

1. AliveLoveArts® Lucy White Heels

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 249.000

Desain klasik dengan harga terjangkau

Bagi Anda yang masih menyukai classic wedding style, sepatu putih berbahan brokat ini cocok untuk Anda. Desainnya sangat stylish dengan adanya brokat bermotif bunga di setiap sisi. Selain itu, Anda yang tidak terlalu suka menggunakan hak tinggi pun dapat dengan nyaman memakainya.

Karena warnanya putih, tentu dapat dipadupadankan dengan warna gaun apa pun. Sepatu ini cocok dipakai dengan kebaya dan juga gaun bermodel lurus yang pas dengan tubuh. Kualitas produk terjamin dan harganya pun terjangkau!

Tipe Pointed toe
Tinggi hak 8,5 cm
Warna White, black
Bahan Brokat
Ukuran 36-41

Kapan sebaiknya membeli sepatu pengantin?

Kapan sebaiknya membeli sepatu pengantin?

Setiap orang selalu sibuk ketika menjelang hari pernikahan sehingga tidak sedikit pula yang kesulitan mendapatkan sepatu idealnya. Maka dari itu, waktu terbaik untuk menentukan gaun dan sepatu pengantin adalah tiga bulan sebelum pernikahan.

Memilihnya lebih awal akan semakin bagus karena Anda akan memiliki waktu lebih untuk menentukan detailnya. Acara pernikahan biasanya berlangsung sepanjang hari, maka akan semakin baik apabila Anda mempersiapkannya dengan matang.

Menyewa sepatu pengantin juga dapat menjadi solusi

Menyewa sepatu pengantin juga dapat menjadi solusi

Apabila ingin memakai brand sepatu favorit, tetapi khawatir harganya terlalu mahal, Anda dapat menyewanya. Banyak pengantin wanita yang lebih memilih menyewa sepatu agar lebih mudah dan hemat.

Namun, tentunya sulit mencari brand sepatu tertentu di rental sepatu biasa, terutama untuk brand terkenal. Oleh karena itu, kami merekomendasikan untuk menyewanya melalui bridal shop. Jika Anda memutuskan untuk menyewa, sewalah 1-2 minggu sebelum hari pernikahan tiba. Anda pasti perlu membiasakan diri dengan sepatu tersebut supaya tidak terlihat kaku ketika berjalan di pelaminan.

Baca juga rekomendasi produk untuk pernikahan lainnya disini!

Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang acara pernikahan. Tidak hanya sepatu, Anda pasti juga membutuhkan hal-hal penting lainnya. Kami telah merangkum beberapa artikel pilihan yang berisi rekomendasi produk untuk acara pernikahan. Anda dapat membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan sepuluh pilihan sepatu pengantin terbaik. Apakah Anda sudah menemukan sepatu favorit? Pengantin wanita pada hari pernikahannya selalu ingin tampil bak seorang putri.

Oleh karena itu, pilihlah sepatu yang tidak akan merusak hari bahagia Anda. Tidak hanya sekadar cantik, tetapi sesuai kebutuhan. Dengan sepatu yang tepat, hari pernikahan Anda akan menjadi sebuah momen yang tak terlupakan!