1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Sepatu wanita
  6. >
  7. 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Wedding Shoes / Sepatu Pengantin Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Pernikahan adalah salah satu momen yang sangat penting bagi setiap wanita. Karena itu, tidak hanya gaun pengantin saja yang harus diperhatikan, tetapi juga sepatu. Desain wedding shoes sangat bervariasi, mulai dari low heels yang nyaman hingga high heels yang memberi kesan stylish.

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih dan merekomendasikan sepatu pengantin yang bagus. Beberapa di antaranya merupakan produk dari brand lokal, seperti merek Andre Valentino, SLIGHT, dan VAIA. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 04-22-2022
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Pentingnya memakai sepatu pengantin yang sesuai

Pentingnya memakai sepatu pengantin yang sesuai
Sepatu merupakan salah satu aksesori yang sangat penting untuk pengantin wanita. Apabila ingin memakai sepatu yang sudah ada, pastikan sepatu tersebut cocok dengan gaun pengantin yang Anda miliki. Meski Anda menggunakan gaun, sepatu tetap akan terlihat dan memengaruhi tampilan Anda.


Anda mungkin bisa mengenakan sepatu lama atau menyewa. Namun, sepatu yang tidak pas dengan kaki dapat menyebabkan rasa sakit selama acara berlangsung. Akan terasa lebih nyaman jika Anda menggunakan sepatu yang pas dengan ukuran kaki sendiri.


Meskipun Anda memutuskan untuk menyewa gaun pengantin, alangkah baiknya apabila tetap membeli sepatu khusus. Selain dapat menyesuaikan dengan gaun, Anda juga dapat menyimpannya sebagai kenangan pernikahan.


Perlu Anda ketahui bahwa desain sepatu untuk pernikahan bermacam-macam jenisnya. Jenis tersebut mulai dari hak pendek yang nyaman digunakan hingga hak tinggi yang terkesan menawan dan elegan.


Variasi sepatu tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan di acara pernikahan. Karena itu, pilihlah sepatu yang yang terlihat fantastis, cocok dengan gaun, dan nyaman dipakai sepanjang hari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wedding shoes / sepatu pengantin

Sebelum masuk ke rekomendasi sepatu pengantin terbaik, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara memilihnya. Anda dapat mempertimbangkan beberapa poin berikut ketika akan membelinya.

① Pilih tipe ujung sepatu yang sesuai dengan gaun

Kesan yang ingin ditampilkan bergantung pada bentuk ujung sepatu yang Anda pilih. Ada tiga tipe ujung sepatu yang biasanya digunakan untuk pernikahan, yaitu round toe, pointed toe, dan open toe. Pilihlah yang sesuai dengan gaun pilihan Anda.

Round toe, untuk gaun bervolume yang menampilkan kesan cute

Round toe, untuk gaun bervolume yang menampilkan kesan cute

Sepatu tipe round toe cocok digunakan untuk gaun yang bermodel princess line, A-line, atau midi-length. Apalagi jika Anda memilih sepatu dengan desain yang cute, niscaya Anda akan terlihat lebih muda!


Ujung sepatu yang bulat dengan sol tebal tidak akan membuat kaki Anda cepat pegal saat dipakai berjalan. Sepatu ini juga direkomendasikan untuk dipakai pada acara pernikahan outdoor berdurasi panjang seperti garden party.

Pointed toe, untuk gaun mermaid dan empire line yang memberi kesan seksi

Pointed toe, untuk gaun mermaid dan empire line yang memberi kesan seksi
Gaun yang memiliki model mermaid dan empire line lebih menonjolkan sisi vertikal dan membuat tubuh terlihat lebih panjang. Model ini cocok untuk Anda yang ingin tampil elegan. Jika Anda menambahkan sepatu pointed toe dengan hak stiletto yang lebih tinggi, penampilan Anda menjadi sempurna!

Desain sepatu ini dapat digunakan oleh wanita segala usia sehingga Anda tidak perlu khawatir terlihat tua. Apabila Anda tidak ingin penampilan menjadi terlalu mewah, pilihlah model yang berkilau tanpa banyak ornamen.

Open toe, cantik dan glamor untuk gaun mini-length

Open toe, cantik dan glamor untuk gaun mini-length
Mungkin masih jarang wanita yang memakai sepatu open toe di hari pernikahannya karena terkesan kurang formal. Namun, gaun pernikahan mini-length saat ini juga sudah populer sehingga cocok dengan tipe sepatu ini. Anda dapat menambahkan kuteks apabila memakai sepatu open toe, tentunya agar terlihat lebih fashionable.

Memakai sepatu dengan model yang terbuka di bagian belakang (mules shoes) juga tidak masalah. Desain ini tentunya lebih nyaman dan cocok untuk acara pernikahan yang berkonsep homey. Jika ingin menggunakan sepatu mules, pilihlah yang berhiaskan renda dengan tampilan natural untuk kesan cantik.

② Perhatikan tinggi hak sepatu

Perhatikan tinggi hak sepatu
Tinggi hak sepatu sangat penting dan akan menentukan gaya keseluruhan Anda. Hal ini juga bergantung pada tipe gaun yang Anda kenakan. Berikut beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk menentukan tinggi hak wedding shoes:

  • Tema acara: Jika pernikahan diselenggarakan secara outdoor, di pantai misalnya, sandal bertali tidak ada salahnya untuk dipilih. Namun, Anda harus berhati-hati ketika memilih sandal bertali dengan hak. Hak yang ujungnya runcing bisa membuat sandal lebih mudah menancap ke tanah atau pasir.
  • Tinggi pasangan: Hak yang cukup tinggi memang bisa membuat Anda terlihat lebih langsing. Namun, tentu tidak ideal apabila pasangan Anda malah jadi tampak lebih pendek. Untuk menunjang penampilan pria agar lebih ideal, sebaiknya pengantin pria tampak lebih tinggi sekitar 10–15 cm. Dengan perbedaan tinggi tersebut, kedua mempelai akan terlihat lebih serasi ketika bersanding.
  • Panjang gaun: Untuk gaun bertipe princess line, Anda cukup memilih hak bertinggi 2–3 cm. Selain lebih leluasa saat dipakai berjalan, Anda juga akan terlihat lebih rapi. Untuk kebaya atau gaun pengantin yang tidak terlalu panjang, sepatu yang dikenakan akan terlihat jelas. Anda dapat memilih ankle straps shoes yang bisa membuat kaki tampak lebih tinggi. Apabila Anda mengenakan kebaya yang lebih panjang, sebaiknya pilih sepatu berhak rendah dan nyaman di kaki. Sepatu model tersebut tidak akan terlalu terlihat karena tertutup oleh gaun atau kebaya.

Menurut para ahli, mencoba sepatu sebaiknya dilakukan pada sore hari. Hal ini disebabkan oleh kaki yang cenderung akan membesar di waktu tersebut. Cara ini bisa mencegah sepatu mendadak kesempitan saat acara pesta pernikahan yang berlangsung hingga malam hari.


Apa pun pilihannya, lebih baik Anda mencobanya sebelum hari pernikahan. Pakai sepatu tersebut untuk berkeliling rumah, berjalan, dan berdiri. Hal tersebut dapat mengurangi risiko kaki Anda lecet pada saat acara pernikahan.

③ Sesuaikan warna dan bahan sepatu dengan kesan yang ingin disampaikan

Sepatu yang indah dan sesuai konsep tentunya akan meninggalkan kesan pada pengantin wanita. Terutama saat Anda menikah dengan adat tradisional, warna dan bahan sepatu yang sesuai penting sekali untuk keseluruhan penampilan. Jadi, pilihlah bahan dan warna sepatu sesuai dengan atmosfer pernikahan yang ingin Anda tunjukkan!

Warna selain putih bisa dijadikan pilihan

Warna selain putih bisa dijadikan pilihan
Warna gaun dan sepatu pengantin yang senada tentu akan membuatnya terlihat cantik. Karena itu, pemilihan warna merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya, warna putih adalah yang paling lazim dipilih oleh pengantin.

Namun, sepatu dengan warna pucat atau pastel seperti silver, beige, atau pink salmon tidak akan merusak penampilan Anda. Bahkan, Anda bisa mempertimbangkan sepatu warna biru tosca atau merah jika menggunakan gaun mini atau midi-length.


Anda juga bisa menyamakan warna sepatu pengantin wanita dengan sepatu atau kaus kaki sang pengantin pria. Dengan cara tersebut, pernikahan Anda akan terkesan stylish dan lebih modern.

Pemilihan bahan dan ornamen menentukan kesan yang ditampilkan

Pemilihan bahan dan ornamen menentukan kesan yang ditampilkan
Ada berbagai macam bahan sepatu pengantin. Berikut ini beberapa bahan sepatu pengantin dan ornamen yang perlu Anda tahu.

  • Sutra dan satin, kedua bahan ini terkenal karena cocok dengan gaun pernikahan serta memberi kesan cute dan romantis.
  • Sepatu dengan ornamen seperti renda, organza, glitter, atau rhinestone akan membuat sepatu Anda lebih menarik. Namun, Anda juga perlu berhati-hati, ornamen yang terlalu besar akan membuat kesan penampilan terlalu mencolok. Hal ini harus kembali disesuaikan dengan gaun Anda.
  • Apabila Anda kurang menyukai tampilan yang mencolok, Anda bisa memilih sepatu enamel yang simpel. Selain untuk acara pernikahan, sepatu enamel juga bisa dikenakan di acara pesta lainnya.

Pemilihan sepatu yang sesuai konsep, bahan, serta warna adalah hal yang sangat penting untuk penampilan Anda secara keseluruhan. Karena itu, pilihlah bahan dan aksesori sepatu yang memang sesuai dengan suasana pernikahan. Sepatu yang sesuai dengan konsep dan indah tentu akan berkesan bagi mempelai.

④ Pastikan sepatu nyaman dipakai

Pastikan sepatu nyaman dipakai
Sebagai pengantin wanita, Anda akan banyak berdiri dan berjalan saat acara pernikahan. Tentu saja Anda ingin berjalan dengan postur tubuh yang terlihat indah dan cantik. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih ukuran yang pas dan nyaman untuk kaki Anda.

Anda pasti ingin berjalan dengan postur tubuh yang ideal dan cantik saat acara pernikahan. Karena itu, memilih model dan ukuran sepatu yang pas adalah hal yang penting. Apabila kaki Anda mudah bengkak akibat berdiri terlalu lama, pilihlah sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Menambahkan insole atau shoe straps juga bisa menjadi salah satu alternatifnya.

⑤ Sesuaikan sepatu dengan konsep acara pernikahan

Sesuaikan sepatu dengan konsep acara pernikahan

Dengan beragam budaya dan adat, Indonesia memiliki konsep pernikahan yang beragam. Ditambah lagi, belakangan ini banyak juga pasangan yang memilih untuk menikah secara outdoor. Banyaknya pilihan konsep pernikahan membuat Anda harus pandai memilih wedding shoes yang cocok.


Karena itu, hal utama lain yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan jenis sol sepatu dengan konsep pernikahan Anda. Lebih spesifik lagi, sesuaikanlah sepatu Anda dengan lantai wedding venue.


  • Untuk indoor wedding dengan lantai karpet, akan lebih mudah apabila Anda memilih sol jenis flat.
  • Jika lantai termasuk licin, sepatu dengan sol yang glossy akan berisiko membuat Anda terjatuh. Untuk ballroom wedding dengan lantai marmer yang licin, Anda dapat menggunakan sol jenis antiselip supaya tidak tergelincir.
  • Jika venue acara pernikahan Anda di taman atau resort, hindari sepatu dengan hak stiletto. Alih-alih stiletto, gunakan sepatu dengan hak yang lebih tebal agar lebih aman.

10 Rekomendasi wedding shoes / sepatu pengantin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wedding shoes / sepatu pengantin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

FAYT

FAYT X CHATIME ATEALIER Artemis

FAYT FAYT X CHATIME ATEALIER Artemis 1枚目

Desain simple untuk konsep pernikahan minimalis

2

EMYE

Slop Brukat Payet Wanita Hak Kaca

EMYE Slop Brukat Payet Wanita Hak Kaca 1枚目

Pas untuk pernikahan dan berbagai momen, harganya pun murah!

3

Purple

Flat Shoes Wedding Valerina Series

Purple Flat Shoes Wedding Valerina Series 1枚目

Model selop estetik untuk tradisi upacara adat di pernikahan

4

SLIGHT

Sepatu Ankle Strap Adeline

SLIGHT Sepatu Ankle Strap Adeline 1枚目

Cantik bertabur mutiara, senada dengan gaun atau kebaya putih

5

Nicholas Edison

High Heels Cindy Rose Gold

Nicholas Edison High Heels Cindy Rose Gold 1枚目

Detail glitter-nya berikan kesan mewah

6

FRANI

Sepatu High Heels Scania

FRANI Sepatu High Heels Scania 1枚目

Tampak elegan dengan hak tinggi dan sentuhan warna gold

7

SLIGHT

Sepatu Chunky Pompom Brukat

SLIGHT Sepatu Chunky Pompom Brukat 1枚目

Desain eksklusif dengan tambahan bunga untuk keanggunan yang maksimal

8

VAIA

Bintari 90 MM

VAIA Bintari 90 MM 1枚目

Perpaduan batik Kawung dan flora dalam high heels

9

Buccheri

Ivory

Buccheri Ivory 1枚目

Detail renda berikan kesan klasik saat hari bahagia Anda

10

Andre Valentino

Cinta

Andre Valentino Cinta 1枚目

Modelnya yang terbuka membuat kaki makin terlihat indah

Perincian produk
Close
No.1

FAYTFAYT X CHATIME ATEALIER Artemis

Mulai dari Rp309.000,00

Desain simple untuk konsep pernikahan minimalis

Memilih sepatu pernikahan untuk konsep minimalis memang cukup tricky. Anda harus memilih sepatu yang simpel dan nyaman dipakai untuk berjalan. Nah, apabila Anda sedang mencari simple wedding shoes yang nyaman dikenakan, sepatu dari FAYT ini bisa menjadi pilihan.


Sepatu ini dilengkapi pearl strap untuk mempercantik tampilan Anda. Selain itu, adanya back strap dan heels medium akan mempermudah langkah Anda. Menariknya lagi, warna-warna sepatu ini terinspirasi dari minuman Chatime Atealier, lho.

No.2

EMYESlop Brukat Payet Wanita Hak Kaca

Mulai dari Rp159.800,00

Pas untuk pernikahan dan berbagai momen, harganya pun murah!

Jika dilihat sekilas, selop ini memang terlihat sederhana, tetapi tetap cantik dan memikat. Selain untuk pernikahan, sepatu ini juga cocok digunakan saat acara lamaran atau pertunangan karena pilihan warnanya yang elegan. Setelahnya pun Anda dapat terus memakainya.


Bagi Anda yang mencari sepatu wedding yang dapat dipakai terus menerus, sepatu ini bisa dipilih. Sepatu pengantin ini juga dihiasi dengan hak kaca yang akan membuat tampilan Anda makin memukau. Harganya pun cukup murah.

No.3

PurpleFlat Shoes Wedding Valerina Series

Mulai dari Rp160.000,00

Model selop estetik untuk tradisi upacara adat di pernikahan

Apabila Anda gemar berpenampilan feminin, selop flat ini dapat dicoba. Purple memiliki sepatu pengantin yang cantik serta desain yang estetik. Sepatu pengantin ini menonjolkan kesan feminin yang awet muda.


Mules ini sangat pas dikenakan saat menjalankan upacara tradisional adat pernikahan, misalnya upacara sungkeman. Saat sungkeman, mempelai wanita diharuskan untuk duduk bersimpuh demi meminta doa restu pernikahan pada kedua orang tuanya. Karena itu, selop dengan hak flat akan menjadi pilihan yang tepat.

No.4

SLIGHTSepatu Ankle Strap Adeline

Mulai dari Rp578.000,00

Cantik bertabur mutiara, senada dengan gaun atau kebaya putih

Baik di pernikahan western style maupun tradisional adat Jawa, warna putih hampir selalu mendominasi. Apabila Anda akan memilih putih sebagai warna dominan untuk gaun atau kebaya pernikahan, pertimbangkanlah sepatu ini sebagai pasangannya.


Taburan mutiara yang menjadi ciri khas utama sepatu ini akan melengkapi penampilan menawan Anda pada hari pernikahan. Selain warna putih yang menjadi unggulan, sepatu ini juga tersedia dalam warna netral lainnya.

No.5

Nicholas EdisonHigh Heels Cindy Rose Gold

Mulai dari Rp499.900,00

Detail glitter-nya berikan kesan mewah

Sepatu pengantin dari Nicholas Edison ini didesain dengan tali di atas kaki. Dengan begitu, kaki Anda akan tampak lebih jenjang saat hari pernikahan! Dihiasi dengan glitter lembut, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan sepatu wedding wanita mewah.


Sepatu pengantin ini dibalut dalam warna rose gold yang memikat. Anda bisa memadukannya dengan gaun pengantin berwarna putih, gold, maupun pink. Bersiaplah untuk tampil berkelas pada hari bahagia Anda!

No.6

FRANISepatu High Heels Scania

Mulai dari Rp299.000,00

Tampak elegan dengan hak tinggi dan sentuhan warna gold

Anda tentunya ingin terlihat elegan pada hari pernikahan, bukan? Wedding heels dari FRANI ini pas untuk Anda yang selalu ingin tampil trendi dan elegan. Hal ini karena bagian outsole dan haknya dihiasi aksen berwarna gold. Sepatu pengantin ini cocok dipadukan dengan gaun mini-length.


Platform shoes seperti ini memang unggul dalam kenyamanannya. Berkat sol yang tebal, model sepatu ini nyaman dipakai meski dalam waktu lama. Anda pun tidak perlu khawatir ketika harus berdiri lama di pesta pernikahan!

No.7

SLIGHTSepatu Chunky Pompom Brukat

Mulai dari Rp745.000,00

Desain eksklusif dengan tambahan bunga untuk keanggunan yang maksimal

Apabila Anda mencari sepatu pernikahan wanita yang menawarkan tampilan anggun dan lembut, produk ini layak dipilih. Adanya detail brokat dan hiasan bunga di bagian belakang sepatu membuatnya terlihat lebih feminin. Bagian dalam dan telapak sepatu didesain dengan busa tambahan agar sepatu nyaman digunakan.


Desain round toe with ankle strap dengan hak tinggi 10 cm selalu tak lekang oleh zaman. Maka dari itu, tidak salah kalau desain seperti ini masih menjadi favorit wanita masa kini. Wedding shoes ini tidak diproduksi secara massal sehingga menjadi salah satu produk yang eksklusif.

No.8

Perpaduan batik Kawung dan flora dalam high heels

VAIA, salah satu brand lokal ternama, menghadirkan sepatu wedding yang mengombinasikan batik Kawung dan batik flora. Perpaduan batik Kawung dan motif rose guava flower membuat sepatu ini tampak cantik dan tidak terlihat monoton. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang sedang mencari sepatu pengantin untuk kebaya.

No.9

Detail renda berikan kesan klasik saat hari bahagia Anda

Bagi Anda yang masih menyukai classic wedding style, sepatu model D'Orsay pumps ini cocok untuk Anda. Desainnya sangat stylish dengan adanya renda di setiap sisi. Selain itu, Anda yang tidak terlalu suka menggunakan hak tinggi pun dapat dengan nyaman memakainya. Ivory dari Buccheri cocok dipasangkan dengan gaun bermodel lurus yang pas dengan tubuh.

No.10

Andre ValentinoCinta

Mulai dari Rp1.299.000,00

Modelnya yang terbuka membuat kaki makin terlihat indah

Dengan heels yang tinggi, sepatu ini tidak hanya tampak fashionable, tetapi juga akan membuat Anda terlihat seksi. Model ankle strap tentunya akan memperindah lekuk kaki Anda. Pilihan warnanya membuatnya cocok dipadukan dengan gaun berwarna pastel. Nah, untuk menyempurnakan tampilan pada hari spesial, Anda bisa menambahkan kuteks di kuku kaki Anda.

Kapan sebaiknya membeli sepatu pengantin?

Kapan sebaiknya membeli sepatu pengantin?
Setiap orang selalu sibuk ketika menjelang hari pernikahan sehingga tidak sedikit pula yang kesulitan mendapatkan sepatu idealnya. Maka dari itu, waktu terbaik untuk menentukan gaun dan sepatu pengantin adalah tiga bulan sebelum pernikahan.

Memilih sepatu pengantin lebih awal akan makin bagus karena Anda akan memiliki waktu lebih untuk menentukan detailnya. Acara pernikahan biasanya berlangsung sepanjang hari, maka akan makin baik apabila Anda mempersiapkannya dengan matang.

Menyewa sepatu pengantin juga dapat menjadi solusi

Menyewa sepatu pengantin juga dapat menjadi solusi
Apabila ingin memakai brand sepatu favorit, tetapi khawatir harganya terlalu mahal, Anda dapat menyewanya. Banyak pengantin wanita yang lebih memilih menyewa sepatu agar lebih mudah dan hemat.

Namun, tentunya sulit mencari brand sepatu tertentu di rental sepatu biasa, terutama untuk brand terkenal. Karena itu, kami merekomendasikan untuk menyewanya melalui bridal shop. Jika Anda memutuskan untuk menyewa, sewalah 1–2 minggu sebelum hari pernikahan tiba. Anda pasti perlu membiasakan diri dengan sepatu tersebut supaya tidak terlihat kaku ketika berjalan di pelaminan.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Selain memilih desain yang sesuai dengan busana, faktor kenyamanan juga menjadi kunci penting saat akan membeli sepatu pengantin. Selain busana pengantin, aksesori pendukung pun harus dipersiapkan dengan maksimal.


Jika Anda mengenakan kebaya pengantin, sepatu dengan bagian depan tertutup, seperti selop, mules, atau pump shoes, menjadi pilihan tepat. Sebaliknya, pilih sepatu dengan desain terbuka untuk padanan gaun pengantin. Peep-toe hingga T-straps sandals dapat menjadi alternatif yang sesuai untuk dipadukan dengan gaun pengantin.


Anda bisa memilih sepatu tipe peep-toe dan T-straps dengan warna netral supaya dapat dipakai di kemudian hari. Sepatu dengan warna netral, seperti warna nude, silver, atau gold, bisa Anda jadikan sebagai investasi di masa depan.


Pilihlah sepatu yang benar-benar memberi kelebihan bagi penampilan Anda. Apabila Anda ingin terlihat lebih tinggi, pastikan tinggi haknya sesuai dengan yang diinginkan. Jika Anda akan berdiri cukup lama di pelaminan, sebaiknya pilih sepatu pengantin yang nyaman dan sesuai dengan bentuk kaki.


Mungkin beberapa dari Anda ingin mendesain sepatu pengantin yang original. Jika iya, jadikan kesempatan tersebut untuk mencari inspirasi sambil menentukan desain sepatu pernikahan impian Anda. Sisakan waktu yang cukup untuk memesan sepatu yang sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya, sepatu dapat dipesan 3–6 bulan menjelang hari pernikahan atau bersamaan dengan pembuatan busana pengantin.


Lokasi pernikahan atau venue juga sangat berpengaruh dalam menentukan jenis sepatu. Untuk pernikahan di tepi pantai, pilih sepatu dengan hak yang tepat. Anda bisa memilih wedges, sepatu datar, atau strappy sandal yang cantik agar mempermudah Anda untuk melangkah. Jika lokasinya di luar ruangan, sepatu dengan hak tebal akan menopang tubuh Anda dengan lebih stabil.

Baca juga rekomendasi produk untuk pernikahan lainnya di sini

Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang acara pernikahan. Tidak hanya sepatu wedding wanita, Anda pasti juga membutuhkan hal-hal penting lainnya. Kami telah merangkum beberapa artikel pilihan yang berisi rekomendasi produk untuk acara pernikahan. Anda dapat membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan sepuluh pilihan wedding shoes wanita terbaik. Apakah Anda sudah menemukan sepatu favorit? Pengantin wanita pada hari pernikahannya selalu ingin tampil bak seorang putri.

Karena itu, pilihlah sepatu yang tidak akan merusak hari bahagia Anda. Pilih sepatu yang tidak hanya sekadar cantik, tetapi juga sesuai kebutuhan. Dengan sepatu yang tepat, hari pernikahan Anda akan menjadi sebuah momen yang tak terlupakan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer