10 Rekomendasi Mug Terbaik yang Awet Menyimpan Panas (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mug Terbaik yang Awet Menyimpan Panas (Terbaru Tahun 2018)

Heat preserving mug merupakan wadah minuman yang dapat menjaga suhu dengan baik. Sifat mug ini hampir sama dengan termos, wadah minum berbentuk tabung penjaga suhu panas yang biasa kita temukan di dapur atau kios makanan.

Dalam artikel berikut, kami akan memperkenalkan kepada Anda beberapa produk mug yang mampu menjaga suhu minuman. Sebelum itu, akan dijelaskan bagaimana cara memilih produk heat preserving mug yang baik. Simak ulasan berikut ini ya!

Daftar isi

Cara memilih mug yang awet menyimpan panas

Meskipun memiliki sifat yang sama, yakni sama-sama menjaga suhu minuman, kita tidak dapat menyamakan cara memilih mug yang awet menyimpan panas dengan termos. Agar dapat menggunakan mug penjaga suhu minuman dengan optimal, mari kita simak beberapa poin berikut.

Seperti apa kekuatan isolasi untuk menjaga suhu minuman yang Anda butuhkan?

Ketika memilih mug yang awet menyimpan panas, kita perlu memperhatikan material serta struktur dari produk tersebut. Yang paling baik dapat menjaga suhu adalah, produk yang memiliki desain double structure vacuum stainless steel.

Desain mug tersebut memiliki pemisah di antara bagian luar dan dalam mug. Hal ini membuat  temperatur sulit untuk bergerak, sehingga suhu minuman yang kita simpan dapat bertahan. Selain itu, desain berikut membuat permukaan luar mug tidak akan panas walau terisi minuman bersuhu tinggi. Begitu juga saat meletakkan minuman dingin, mug ini dapat menjaga suhunya dengan baik.

Mug berkapasitas besar sulit membuat suhu minuman untuk turun

Mug berkapasitas besar sulit membuat suhu minuman untuk turun

Banyak orang yang menginginkan mug dengan daya tampung besar, daripada memilih mug yang ringkas untuk dibawa. Sebagai petunjuk, kami sarankan Anda memilih mug dengan kapasitas 300 ml atau lebih. Mug dengan daya tampung besar dapat menjaga panas lebih baik.

Meskipun mug yang Anda punya tidak memiliki kekuatan isolasi, Anda tetap dapat menjaga suhu minuman lebih lama dengan mug berkapasitas besar. Hal tersebut disebabkan oleh asas makin banyak air yang tertampung dengan suhu yang sama, makin bertahan lama pula suhu air tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah, semakin besar mug yang Anda pakai, semakin sulit untuk menurunkan suhu minuman yang ada di dalamnya. Jadi, Anda butuh waktu yang lebih untuk meminumnya, apalagi saat minuman tersebut dituang dalam keadaan mendidih.

Bagi para pemilik lidah sensitif, pilihlah mug dengan low thermal insulation

Bagi para pemilik lidah sensitif, pilihlah mug dengan low thermal insulation

Pada dasarnya, mug preserving heat dibutuhkan oleh orang-orang yang suka minum minuman panas. Namun, untuk Anda yang memiliki lidah sensitif, harus lebih selektif dalam memilih produk. Jika Anda memilih mug high thermal insulation, Anda harus membuka tutupnya terus sampai minuman sedikit dingin, dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mudahnya, para pemilik lidah sensitif lebih baik memilih mug dengan low thermal insulation. Low thermal insulation membuat suhu minuman lebih cepat dingin, sehingga Anda tidak akan meminum minuman yang dapat membakar lidah Anda.

Pilihlah mug yang memiliki tutup

Pilihlah mug yang memiliki tutup

Mug yang awet menyimpan panas biasanya memiliki tutup. Adanya tutup bukan sekedar hiasan, ia memiliki fungsi agar panas minuman tetap berada di dalam wadah. Namun, ada beberapa mug yang awet menyimpan panas, namun tidak memiliki tutup.

Banyak kelebihan dari mug yang memiliki tutup. Selain bermanfaat untuk menjaga suhu, tutup mug juga dapat mengurangi resiko minuman panas tumpah, dan mengenai kulit Anda. Selain itu, minuman yang Anda simpan juga dapat terhindar dari debu dan kotoran. Sebagai saran, pilihlah tutup yang mudah untuk dibuka dengan satu tangan, karena hal tersebut akan memudahkan penggunaannya.

Mug yang tidak mudah tumpah/jatuh itu penting

Mug yang tidak mudah tumpah/jatuh itu penting

Sangat dianjurkan untuk memilih mug yang tidak mudah tumpah/jatuh. Biasanya produk tersebut memiliki bobot yang berat pada bagian utamanya (mug). Bagian bawahnya didesain lebar, sehingga mampu menapak dengan baik dan antiselip.

Seperti yang telah dipaparkan bagian sebelumnya, kehadiran tutup sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tumpah atau jatuhnya mug. Namun, kita juga tidak butuh mug dengan tutup seketat termos atau tumbler.

Mug yang tidak mudah tumpah atau jatuh ini sangat penting untuk diperhatikan bagi Anda yang sering beraktivitas di depan meja. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kejadian yang tidak diinginkan seperti tumpahnya mug di atas keyboard, ataupun dokumen-dokumen yang Anda letakkan di meja.

Pilihlah produk yang mudah dicuci

Produk yang mudah dicuci akan memudahkan Anda

Mug tentu akan Anda gunakan berkali-kali, jadi memilih produk yang mudah dibersihkan akan menguntungkan Anda untuk penggunaan ke depannya. Mug yang mudah dicuci biasanya memiliki badan utama yang lebar. Bagian atasnya juga tidak sempit. Kami anjurkan Anda memilih produk yang memiliki struktur mudah dilepas, dan tidak memiliki bagian yang membuat kotoran mudah menempel.

10 Rekomendasi mug terbaik yang awet menyimpan panas

Pada bagian berikut, kami akan mengenalkan pada Anda beberapa produk mug yang awet menyimpan panas. Seleksilah produk yang baik untuk Anda berdasarkan kebutuhan, serta budget yang Anda sisihkan tentunya.

10. Stainless Steel Double Wall Mug

10. Stainless Steel Double Wall Mug

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.000

Mug minimalis yang ringan dan tidak menguras isi kantong

Produk yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel yang ringan dan mudah dibawa ke manapun. Struktur double wall yang diterapkan pada produk ini membuat suhu panas minuman Anda terjaga dengan baik.

Kapasitas dari mug ini memang hanya 220 ml, tapi produk ini pas untuk menjadi barang pendamping Anda saat camping atau mendaki gunung karena dimensinya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Mug ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari produk dengan harga yang terjangkau. Namun, tentu saja rumus ada harga ada rupa tetap berlaku.

9. Dos Stainless Steel Mug

9. Dos Stainless Steel Mug

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 30.900

Bersahabat dengan kantong, desain elegan lengkap dengan tutup

Bagi Anda yang menginginkan mug untuk menjaga suhu panas dengan harga terjangkau, ada baiknya melihat produk yang satu ini. DOS Mug Stainless sangat cocok sebagai wadah minuman panas seperti kopi, teh, ataupun susu. Produk ini dapat menampung air hingga 500 ml, dengan diameter 8 cm dan tinggi 13 cm.

Seperti namanya, bahan produk ini terbuat dari stainless steel. Mug ini juga dilengkapi tutup yang mampu menahan suhu agar tetap di dalam wadah. Namun, hal yang perlu Anda ingat ketika memilih produk ini adalah, kemampuan menjaga panasnya yang mungkin tidak dapat terlalu lama.

8. Shuma Vacuum Mug

8. Shuma Vacuum Mug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 163.800

Mampu menjaga suhu minuman 8 sampai 12 jam

Produk berikut terbuat dari stainless steel yang mampu menahan minuman bersuhu 60 derajat Celsius selama 8 jam. Untuk minuman bersuhu 42 derajat Celcius, produk ini mengklaim mampu menjaga suhu panas hingga 12 jam lamanya.

Desainnya simpel, ringan, namun tetap trendi. Sangat cocok untuk keperluan outdoor maupun indoor. Shuma juga menjamin mug ini bebas Bisphenol A (BPA), bahan kimia kontroversial yang ditemukan pada lapisan kaleng makanan wadah air tertentu.

7. Tupperware X-Treme Cafe Mug

7. Tupperware X-Treme Cafe Mug

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.008

Mug tahan panas yang punya tampilan elegan

Bagi Anda yang mencari mug yang dapat menyimpan minuman dingin atau panas lebih lama, dengan desain elegan dan sporty, Anda tidak boleh melewatkan produk yang satu ini. Dengan fitur double wall heat saver, suhu minuman yang Anda simpan dijamin akan tahan selama 4 jam. Sangat cocok untuk dibawa naik gunung atau keperluan outdoor lainnya, tanpa khawatir tumpah karena bagian tutupnya menggunakan teknologi screw cap locked yang anti tumpah.

Tupperware X-Treme Cafe Mug didesain dengan bentuk ergonomis, sehingga membuatnya nyaman dan pas digenggam. Suhu pada permukaan mug ini tidak akan berubah meski dimasukkan minuman panas atau dingin, sehingga aman untuk Anda. Meskipun bagian bawahnya terbilang kecil, produk berikut dilengkapi karet khusus pada bagian bawah base, yang berfungsi untuk melekatkan mug dengan permukaan tempat mug tersebut diletakkan.

6. Elephant Thermal Suction Mug

6. Elephant Thermal Suction Mug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Mug pintar, tahan panas, dan anti tumpah

Untuk Anda yang bekerja di kantor, kami merekomendasikan mug pintar ini untuk Anda. Didesain dengan grip-pad khusus, mug ini tidak mudah jatuh saat Anda tidak sengaja menyenggolnya. Dengan menggunakan mug ini, Anda tidak perlu khawatir lagi barang-barang penting seperti dokumen dan laptop, akan terkena tumpahan kopi atau teh.

Produk ini dapat menampung air hingga 400 ml, dengan kemampuan menjaga minuman tetap panas selama 6 jam, jika minuman yang Anda simpan bersuhu di atas 56 derajat celcius. Mug ini juga mampu menjaga minuman tetap dingin selama 6 jam, jika minuman yang Anda simpan di dalamnya bersuhu 12 derajat ke bawah. Mug ini bebas BPA, sehingga aman sebagai wadah minuman Anda.

5. Stanley Classic Vacuum Camp Mug

5. Stanley Classic Vacuum Camp Mug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Tahan minuman panas hingga 2,5 jam, dan minuman dingin hingga 4,5 jam

Mug berikut mempunyai teknologi vacuum insulation yang mampu menahan suhu minuman panas hingga 2,5 jam dan minuman dingin hingga 4,5 jam. Material utama dari produk ini adalah stainless steel bebas BPA.

Kelebihan lain dari produk ini adalah adanya gagang berbentuk D yang memudahkan Anda untuk menjepit dengan jari. Mug ini juga dilengkapi tutup lengkap dengan flip di atasnya yang dapat berfungsi sebagai lubang untuk minum maupun untuk penurunan suhu minuman.

4. Ikea Eftersokt

4. Ikea Eftersokt

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 235.800

Mug tanpa gagang, anti bocor dan siap dibawa ke mana saja

Ikea Eftersokt merupakan mug tanpa gagang yang sangat pas untuk Anda bawa traveling. Selain minuman panas, Anda dapat menjaga suhu minuman dingin dalam wadah ini. Ia juga dilengkapi dengan filter yang mampu menyaring ampas minuman seperti kopi maupun teh.

Kelebihan lain yang dimiliki produk berikut adalah tutupnya yang mudah untuk dibuka walau dengan satu tangan. Dapat dilepas menjadi tiga bagian, membuat produk ini mudah untuk dibersihkan.

3. Thermos TCMF-500

3. Thermos TCMF-500

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 722.200

Mug penahan suhu yang lengkap dengan saringan

Bagi Anda pecinta kopi atau teh, kami sarankan untuk menyimak baik-baik produk berikut. Thermos TCMF-500 dibuat untuk memanjakan para penikmat kopi dan teh. Selain mampu untuk menjaga suhu minuman yang Anda simpan, produk berikut juga dilengkapi bagian khusus yang mirip dengan saringan.

Saringan tersebut akan memisahkan ampas kopi atau teh Anda, membuat Anda dapat meminumnya langsung. Mug berikut punya kelebihan lain, yakni mampu menahan suhu minuman panas (53 derajat selama 6 jam) serta minuman dingin (13 derajat selama 6 jam). Ia juga memiliki tambahan karet pada gagang pegangannya yang pastinya antiselip.

2. Tiger Desk Mug

2. Tiger Desk Mug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 565.000

Mug lucu dengan struktur vakum ganda

Mug penjaga suhu panas yang satu ini memiliki desain yang lucu dan menarik. Sangat cocok untuk Anda yang mendambakan heat preserving mug dapat menambah estetika ruangan. Bentuk bagian bawahnya yang besar dipastikan akan membuat mug ini stabil, dan tidak mudah tumpah ketika diletakkan. Produk ini termasuk barang yang ringkas dan siap diletakkan di mana saja.

Tiger Desk Mug memiliki struktur vakum ganda dengan penutup khusus yang tidak membiarkan suhu panas hilang begitu saja. Sangat cocok untuk Anda yang sering berkutat di depan meja maupun keperluan indoor lainnya.

1. Thermos JMF-500

1. Thermos JMF-500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 268.000

Simpan minuman dingin atau panas hingga 6 jam

Bagi Anda yang hobi melakukan aktivitas outdoor dan membutuhkan mug untuk wadah minuman hangat, Anda tak boleh melewatkan produk yang satu ini. Thermos JMF-500 dibuat khusus untuk keperluan outdoor. Produk berikut memiliki teknologi vacuum insulation (teknologi yang dapat menjaga minuman dingin atau panas lebih lama), mudah dibersihkan, dan memiliki dimensi yang kecil dan ringkas.

Desainnya kokoh dan elegan. Bagian bawahnya juga lebar, jadi tidak akan mudah untuk tumpah. Mug ini mampu menjaga suhu panas (68 dejarat Celcius atau lebih) hingga 6 jam lamanya. Ia juga mampu menjaga dingin minuman (10 derajat celcius atau kurang) hingga 6 jam lamanya. Thermos JMF-500 juga memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 500 ml.

Kesimpulan

Dari produk-produk di atas dapat disimpulkan bahwa mug yang awet untuk menyimpan panas dapat dibagi menjadi dua tipe yakni tipe indoor dan outdoor. Pada dasarnya tidaklah masalah untuk menggunakan mug outdoor untuk keperluan di dalam ruangan, karena hal utama yang kita butuhkan hanya kemampuan mug tersebut menjaga panas dari minuman kita. Namun, jika Anda ingin menambah estetika ruangan, pilihlah mug indoor yang tampilannya lebih catchy!