10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Komedo merupakan masalah wajah yang dihadapi oleh hampir semua wanita di dunia. Cara merawatnya pun tidak boleh sembarangan. Jika kita tidak menggunakan produk khusus perawatan wajah berkomedo, kondisi komedo malah bisa jadi lebih parah. Untuk itu, diperlukan sabun wajah khusus untuk menghilangkan komedo agar komedo tidak bertambah banyak.

Anda juga perlu tahu penyebab munculnya komedo di wajah agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat. Kami juga akan memberikan informasi tentang bagaimana cara memilih produk penghilang komedo dan beberapa produk sabun penghilang komedo yang tepat untuk tipe kulit Anda.

Daftar isi

Mengapa pori-pori menjadi gelap?

Sebelum Anda memilih sabun pembersih wajah untuk mengatasi komedo, Anda perlu tahu penyebab komedo Anda terlebih dahulu. Untuk itu, kami akan memberikan informasi tentang faktor pemicu yang menyebabkan komedo muncul ke permukaan.

Terdapat sebum dan kotoran di pori-pori

Terdapat sebum dan kotoran di pori-pori

Jika Anda memiliki tipe wajah yang berminyak, sebum atau minyak di sekitar hidung pasti menjadi masalah tersendiri untuk Anda. Namun, apakah Anda menyadari bahwa sebum tersebut juga merupakan penyebab munculnya komedo di hidung Anda?

Komedo dapat muncul ke permukaan ketika produksi minyak pada kulit berlebihan. Minyak tersebut akan menyumbat pori-pori Anda, lalu teroksidasi. Dari proses tersebut, munculah bintik-bintik hitam yang biasa disebut komedo. Selain itu, sisa-sisa makeup lama yang tidak terangkat dari pori-pori kulit juga turut berperan dalam pembentukan komedo.

Pori-pori yang terbuka

Pori-pori yang terbuka

Pori-pori dapat terbuka karena kondisi kulit kering dan penuaan kulit. Biasanya, rongga pori yang terbuka tersebut menampilkan warna gelap seperti bayangan. Daerah pori yang terbuka tersebut dapat memicu produksi sebum yang berlebihan, bahkan dalam kondisi kulit kering sekalipun. Untuk itu, hati-hatilah dengan produk yang dapat mengurangi minyak tapi tidak memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit Anda.

Pengaruh paparan sinar ultraviolet

Pengaruh paparan sinar ultraviolet

Melanin yang terdapat pada kulit akan diproduksi secara berlebihan jika kulit terpapar sinar ultraviolet. Akibatnya pori-pori menjadi berwarna gelap. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menggunakan produk perawatan wajah lain yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Cara memilih sabun wajah penghilang komedo

Untuk membersihkan komedo yang ada di wajah, kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu agar komedo dapat teratasi dengan tepat. Berikut adalah beberapa penyebab komedo dan formula tepat untuk mengatasinya.

Pilih berdasarkan penyebab munculnya komedo

Anda perlu tahu kandungan yang tepat pada produk pembersih untuk mengatasi komedo di wajah. Berikut ini kami berikan informasi tentang bahan-bahan yang ampuh untuk menghilangkan komedo Anda berdasarkan penyebabnya.

Penyumbatan akibat sebum di wajah: pilih produk dengan formula clay dan enzim

Penyumbatan akibat sebum di wajah: pilih produk dengan formula clay dan enzim

Jika komedo Anda muncul karena adanya sumbatan sebum dan sisa makeup yang masuk ke pori-pori, produk yang mengandung enzim dan clay tepat untuk Anda. Dengan menggunakan produk berkandungan enzim, sumbatan tersebut akan lebih mudah luruh dari pori-pori. Hal tersebut dikarenakan enzim memiliki sifat dapat menguraikan protein dan lipid yang berarti dapat pula menguraikan sumbatan-sumbatan pada pori.

Biasanya, enzim yang terdapat pada sabun pencuci muka adalah enzimpapain, bromelain, and protease. Jika Anda memiliki masalah komedo akibat terdapatnya penyumbatan sebum, Anda dapat memeriksa apakah kandungan tersebut ada di dalam sabun yang Anda pilih.

Clay atau lumpur juga dapat meluruhkan secara efektif. Selain itu kandungan-kandungan seperti asam salisilat, asam buah, arang (charcoal), asam glikolat, asam laktat juga dapat membantu meluruhkan kotoran tersebut. Jika bahan-bahan tersebut ada dalam satu produk, produk tersebut akan sangat efektif membersihkan komedo.

Akibat pori-pori terbuka: pilih produk dengan aloe vera atau hyaluronic acid

Akibat pori-pori terbuka: pilih produk dengan aloe vera atau hyaluronic acid

Pori-pori terbuka dapat disebabkan oleh keringnya kulit. Untuk itu kulit membutuhkan pelembab lebih agar pori-pori dapat mengecil sehingga komedo tidak lagi muncul. Bahan yang baik untuk membantu permasalahan tersebut adalah aloe vera dan hyaluronic acid. Pilihlah produk pencuci muka yang mengandung bahan yang dapat melembapkan. Bahan-bahan seperti gliserin, squalane, dan ceramide juga bagus untuk melembabkan kulit. Lebih baik lagi jika produk pembersih muka tersebut mengandung busa sehingga dapat lebih efektif dalam membersihkan kulit dari kotoran.

Akibat paparan sinar ultraviolet: pilih yang mengandung bahan antioksidan

Akibat paparan sinar ultraviolet: pilih yang mengandung bahan antioksidan

Jika komedo yang ada di wajah Anda terjadi karena paparan sinar ultraviolet, produk yang tepat untuk mengatasinya adalah yang mengandung antioksidan. Antioksidan dapat berupa vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan yang baik untuk kulit. Selain itu, zinc dan zat besi juga terbukti efektif untuk membantu menghilangkan komedo akibat sinar ultraviolet.

Perhatikan kandungan bahan lainnya

Perhatikan kandungan bahan lainnya

Selalu perhatikan bahan dari produk yang akan Anda beli untuk menghilangkan komedo di wajah. Jika Anda tidak memperhatikan kandungan dari produk tersebut, bisa jadi komedo Anda malah akan menjadi lebih banyak. Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan pelembab seperti hyaluronic acid dan ceramide merupakan kandungan yang baik untuk kulit Anda.

Sebagai tambahan, face wash memang mengandung bahan-bahan yang dianggap baik untuk kulit. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati dan tetap memeriksa kandungan produk agar wajah Anda tetap terlindungi dari kerusakan.

Perhatikan keamanan produk

Perhatikan keamanan produk

Karena produk skincare langsung bersentuhan dengan kulit, pastikan bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit Anda. Perhatikan kandungan bahan-bahan aditif seperti pengawet (contohnya paraben), pewangi, atau bahan lainnya. Setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan kimia tertentu. Jika kandungan tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap kondisi kulit Anda, tidak masalah untuk tetap memakainya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang tidak cocok di kulit Anda.

Pilih produk dengan sedikit kandungan surfaktan

Pilih produk dengan sedikit kandungan surfaktan

Perbedaan antara sabun wajah batangan dan facial foam adalah kandungan surfaktannya. Surfaktan merupakan zat yang dapat menyatukan air dan minyak. Akan tetapi, zat ini seringkali menjadi penyebab utama masalah kulit terasa kaku dan tidak nyaman.

Meskipun tidak begitu baik untuk kulit, surfaktan memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran di wajah. Surfaktan juga sangat berperan dalam menghilangkan komedo di wajah Anda. Meskipun begitu, tetap batasi penggunaan surfaktan dengan memilih  face wash berkandungan surfaktan yang tidak banyak.

Perlu diingat bahwa memang baik jika Anda menggunakan face wash yang tidak mengandung surfaktan sama sekali, namun tidak ada salahnya Anda tetap menggunakan face wash yang mengandung surfaktan. Terutama jika produk tersebut tidak membuat wajah Anda semakin bermasalah.

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Sabun muka merupakan produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, harga juga perlu dipertimbangkan. Meskipun produk tersebut memiliki kandungan yang baik dalam menghilangkan komedo, Anda pasti akan berpikir dua kali untuk membelinya jika harganya terlalu mahal. Agar kantong Anda tidak kempis hanya karena membeli produk sabun wajah, pilihlah produk dengan harga yang wajar dan sesuai budget, ya!

10 Rekomendasi sabun wajah penghilang komedo terbaik

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan cermat untuk mengatasi komedo di wajah Anda. Pilihlah sesuai dengan tipe komedo Anda!

10. Biore Pore & Oil Clear Facial Foam

10. Biore Pore & Oil Clear Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 28.000

Tuntas bersihkan minyak berlebih dan kotoran hingga ke pori

Mengandung natural microscrub yang dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang ada di pori. Diperkaya juga dengan witch hazel yang dapat mengecilkan pori-pori sehingga wajah lebih terasa lembut. Wajah Anda pun terasa lebih segar dan tampak cerah terawat.

Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Facial foam ini juga tidak meninggalkan rasa kulit tertarik dan kaku karena terlalu kesat. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah komedo karena penyumbatan sebum dan kotoran. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki pori terbuka.

9. Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash

9. Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 18.900

Dengan microbeads scrub yang optimal membersihkan pori-pori

Produk face wash dari Acnes Natural Care ini membersihkan pori-pori dengan lebih optimal dan membantu mencegah komedo datang kembali. Formula microbeads scrub halusnya dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan lembab. Produk ini aman untuk digunakan sehari-hari dan cocok untuk kulit dengan masalah pori tersumbat karena sebum dan kotoran.

Produk ini juga mengandung bearberry extract, mitracarpus scaber extract, dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Face wash ini juga dapat melawan bakteri yang mengakibatkan jerawat. Untuk hasil yang sempurna, Anda dapat menggunakan produk ini 2 sampai 3 kali sehari.

8. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam

8. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 23.000

Bersihkan pori-pori dan cerahkan kulit

Pond’s Deep Cleansing Facial Foam tidak hanya membersihkan tapi membuat wajah menjadi lebih cerah. Diperkaya dengan vitamin B3 yang dapat menutrisi kulit dan formula activated carbon yang dapat menyerap minyak dan kotoran yang menutup pori-pori.

Produk ini juga diperkaya dengan kandungan purity power 3 kali lebih banyak. Tidak hanya membersihkan pori-pori, produk ini juga dapat membuat wajah 3 kali lebih bersih dan bercahaya. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki pori-pori gelap karena terlalu banyak terpapar sinar matahari.

7. Clean and Clear Daily Pore Cleanser

7. Clean and Clear Daily Pore Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.900

Mampu menghilangkan komedo sekaligus mengecilkan pori-pori.

Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki komedo dengan kulit berpori-pori besar dan berminyak. Diperkaya dengan bahan-bahan seperti asam salisilat, ekstrak buah apel, micro beads, dan purice yang tidak hanya mengusir komedo, tapi juga mengecilkan pori-pori.

Setelah menggunakan face wash ini, wajah akan terasa lebih halus dan lembut. Kandungannya juga mampu mengontrol produksi sebum pada kulit sehingga mengurangi munculnya komedo baru. Namun, Anda perlu hati-hati karena produk ini dapat membuat wajah Anda menjadi kering. Disarankan untuk menggunakan produk moisturizer setelahnya.

6. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

6. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.900

Melindungi kulit dari polusi

Produk ini mengandung abu vulkanik dari pulau Jeju atau yang lebih dikenal sebagai Jeju volcanic lava. Kandungan ini berperan sebagai pertahanan kulit agar terhindar dari polusi dan debu, sehingga kulit pun tetap bersih. Terdapat butiran scrub halus yang juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kotoran di wajah.

Kandungan abu volkaniknya juga efektif meluruhkan secara tuntas kotoran dan minyak pada pori-pori. Wajah pun jadi bersih, sehat, dan terawat. Selain itu, produk ini juga dapat mengontrol minyak berlebih. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah penyumbatan pori karena sebum dan kotoran lainnya.

5. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

5. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 155.000

Kadar pH yang serupa dengan pH alami kulit

Kandungan Jeju volcanic scoria dalam produk ini dapat dengan ampuh menyerap sebum dan membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran. Cocok untuk Anda yang bermasalah dengan komedo yang disebabkan oleh tersumbatnya pori oleh kotoran dan sebum.

Jeju volcanic scoria tidak hanya dapat menyerap sebum, tetapi juga membuat wajah lebih lembab, bersih, dan sehat. Jeju volcanic scoria dapat dengan lembut mengangkat kotoran yang ada di wajah, sehingga wajah tidak lagi tampak kusam. Busanya pun melimpah meskipun Anda menggunakan produknya hanya sebesar biji jagung setiap kali pemakaian.

4. Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

4. Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 165.000

Ekstrak putih telur yang ampuh mengangkat komedo

Produk ini mengandung ekstrak putih telur yang dikenal ampuh mengangkat kotoran dan minyak di wajah. Wajah pun menjadi lembut, bersih, dan pori pun mengecil. Selain itu, produk ini juga telah di upgrade dan diperkaya dengan ekstrak kuning telur, albumin, dan hot spring water untuk pori-pori yang tampak sehat dan bersih.

Face wash dari Korea ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki pori-pori terbuka dan juga pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Produk ini juga dapat mengontrol minyak berlebih di wajah. Kandungan gliserin yang ada di dalamnya pun mampu melembabkan kulit.

3. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

3. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.500

Face wash tanpa busa dengan agen exfoliate yang lembut

Pembersih wajah tanpa busa ini memiliki manfaat mengangkat sel kulit mati di wajah. Diperkaya dengan butiran aprikot lembut yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi sel. Terdapat juga ekstrak daun neem dan lemon yang dapat menghilangkan minyak yang berlebih di wajah.

Face wash ini juga mengandung aloe vera yang dapat menenangkan dan melembabkan kulit. Formulanya yang tanpa sabun tidak akan menyumbat pori dan tidak menimbulkan komedo. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kotoran dan minyak yang tersumbat di pori. Selain itu, face wash ini juga dapat mengembalikan kilau pada kulit Anda.

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 169.900

Agen eksfoliasi ringan dengan BHA alami dan pH rendah

Dengan pH yang telah disesuaikan dengan pH alami tubuh, produk ini mampu memberikan lingkungan yang ideal untuk kulit. Produk ini juga mengandung beta hydroxy acid (BHA) alami yang dapat memperbaiki tekstur kulit dan sekaligus mengeksfoliasinya. Kandungan tea tree oil-nya mampu mengontrol minyak di wajah dan mengecilkan pori.

Selain itu, produk bertekstur gel ini ampuh membersihkan seluruh wajah hingga ke pori dan tidak akan menyumbatnya. Cocok untuk semua jenis kulit dan direkomendasikan oleh Anda yang memiliki masalah pori-pori yang terbuka. Produk ini tidak akan membuat kulit Anda kering.

1. Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam

1. Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Pembersih wajah dengan busa yang halus

Produk dari Laneige ini memiliki tiga kelebihan dalam produknya. Pertama, memberikan kelembapan pada kulit dengan kandungan mint, sehingga kulit terasa nyaman setelah dibersihkan. Kedua, efektif membersihkan pori dengan gelembung halusnya. Ketiga, melembapkan kulit dengan moisture capsule-nya.

Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam ini juga dapat mengendalikan jumlah sebum di wajah tanpa menghilangkan kelembapannya. Produk ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki pori-pori tersumbat oleh kotoran. Komedo akan terangkat dan pori-pori, sehingga wajah akan terasa lebih bersih.

Kesimpulan

Komedo dapat muncul di wajah karena bermacam-macam faktor. Untuk itu, pemilihan sabun wajah yang tepat memang perlu agar komedo yang muncul ke permukaan tidak semakin banyak.

Di dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan produk-produk yang baik untuk menghilangkan komedo yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah berkomedo Anda!