10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Meski telah mencuci wajah setiap hari, terkadang masih ada pori-pori yang tersumbat sehingga menimbulkan komedo, misalnya pada bagian hidung yang bisa memengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan pembersih wajah yang tepat.

Namun, banyaknya produk yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan dalam memilih. Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu Anda periksa sebelum membeli pembersih wajah penghilang komedo dan memperkenalkan produk yang direkomendasikan. Mari dapatkan kembali kulit indah yang bebas dari komedo!

Daftar isi

Mengapa pori-pori menjadi gelap?

Sebelum memilih sabun pembersih wajah untuk mengatasi komedo, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya komedo hitam. Jadi, pertama mari kita pahami terlebih dahulu faktor yang memicu pori-pori menjadi gelap.

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih

Salah satu penyebab munculnya komedo pada pori-pori adalah adanya sekresi sebum yang berlebihan, sisa makeup yang tidak tercuci bersih, dan lainnya. Kotoran yang menyumbat pori-pori ini kemudian teroksidasi sehingga menghasilkan bintik-bintik hitam. Selain itu, kulit mati yang menyumbat pori-pori karena arus pergantian kulit yang tidak lancar juga bisa mengalami oksidasi dan menyebabkan munculnya komedo.

Hidung yang penuh dengan komedo yang muncul ke permukaan merupakan kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat oleh sebum maupun kotoran, yang disebut penyumbatan keratin. Permukaan kulit akan terasa kasar ketika disentuh, dan saat pori-pori ditekan akan muncul kotoran berwarna putih atau kuning. Jika dibiarkan seperti ini, bagian permukaan akan teroksidasi dan menghitam.

Bayangan hitam akibat pori-pori yang terbuka

Bayangan hitam akibat pori-pori yang terbuka

Pori-pori dapat terbuka karena kondisi kulit yang kering atau akibat faktor penuaan. Rongga pori yang terbuka bisa mengakibatkan munculnya bayangan sehingga bagian tersebut terlihat menggelap. Produksi sebum yang berlebih sering dianggap sebagai penyebab masalah pori. Namun, sebenarnya kulit yang kering juga dapat merangsang produksi sebum berlebih. Oleh karena itu, jangan memilih produk yang hanya dapat mengurangi sekresi minyak, tetapi tidak memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit Anda.

Pengaruh paparan sinar ultraviolet

Pengaruh paparan sinar ultraviolet

Pigmen melanin dapat diproduksi secara berlebihan jika terjadi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal ini kemudian bisa mengakibatkan pori-pori menggelap. Oleh karena itu, jika Anda tidak menggunakan perawatan wajah yang tepat untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet sepanjang tahun, pori-pori Anda akan menggelap akibat kerja pigmen melanin ini.

Cara memilih sabun wajah penghilang komedo

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo? Berikut ini kami akan membahas lima poin yang harus Anda perhatikan agar bisa menemukan produk yang ampuh untuk menghilangkan komedo dan mendapatkan kulit yang indah.

Pilih berdasarkan penyebab munculnya komedo

Jenis sabun wajah yang efektif untuk menghilangkan komedo berbeda satu sama lain tergantung pada penyebabnya. Formula sabun wajah yang dipilih harus sesuai dengan penyebab munculnya komedo yang telah dijelaskan sebelumnya. Mari kita bahas satu per satu jenis produk yang direkomendasikan untuk masing-masing penyebab komedo tersebut.

Pilih produk dengan formula clay dan enzim untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum

Pilih produk dengan formula clay dan enzim untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum

Jika komedo Anda muncul karena penyumbatan pori akibat sebum, kotoran sisa makeup, atau sel kulit mati, pilihlah produk pembersih wajah yang mengandung enzim dan clay. Penyebab komedo seperti ini memiliki karakteristik akan mengeras setelah teroksidasi dan menggelap sehingga sulit dibersihkan dengan sabun wajah biasa. Untuk itu, kami sarankan untuk memilih produk yang mengandung enzim guna memudahkan meluruhkan kotoran penyumbat pori-pori semacam ini.

Enzim memiliki fungsi untuk menguraikan protein dan lipid, dan sekitar 70% penyumbatan pada pori merupakan keratin yang terbentuk dari protein. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan sabun wajah yang diperkaya dengan enzim, penyumbatan keratin dapat diurai dengan kekuatan enzim sehingga akan lebih mudah luruh dari pori-pori.

Umumnya, enzim yang terdapat pada sabun wajah adalah enzim papain, bromelain, dan protease. Jika Anda memiliki masalah komedo akibat terdapatnya penyumbatan sebum atau kotoran keratin, pastikan apakah bahan-bahan tersebut disertakan dalam sabun yang Anda pilih.

Selain itu, berbagai unsur lainnya, seperti lumpur (clay), asam salisilat, asam buah, arang (charcoal), asam glikolat, dan asam laktat juga dapat meluruhkan sel kulit mati secara efektif. Jika bahan-bahan tersebut ada dalam satu produk, bisa dikatakan produk tersebut akan semakin efektif untuk mengatasi masalah komedo.

Pilih yang mengandung unsur pelembap untuk mengatasi pori-pori terbuka

Pilih yang mengandung unsur pelembap untuk mengatasi pori-pori terbuka

Bila komedo muncul akibat pori-pori yang kendur atau terbuka, sebaiknya Anda memilih sabun wajah yang dapat mengatasi penyebab kulit kendur. Kulit kering bisa dikatakan merupakan penyebab utama terbukanya pori-pori wajah. Sementara pori-pori yang mengendur biasanya disebabkan oleh penuaan pada kulit, atau banyak juga yang dipicu oleh kondisi kulit yang kering.

Untuk mengatasi masalah komedo semacam ini, dahulukanlah perawatan untuk melembapkan kulit agar terhindar dari kondisi kering. Oleh karena itu, pilihlah sabun pencuci wajah yang memiliki bahan pelembap, seperti aloe vera, royal jelly, hyaluronic acid, squalane, ceramide, glycerin, dan lainnya.

Pilih yang mengandung bahan antioksidan untuk mengatasi paparan sinar ultraviolet

Pilih yang mengandung bahan antioksidan untuk mengatasi paparan sinar ultraviolet

Jika komedo yang ada di wajah Anda terjadi akibat paparan sinar ultraviolet, produk yang tepat untuk mengatasinya adalah yang mengandung bahan antioksidan, seperti vitamin C dan E. Selain itu, kandungan mineral, seperti zinc dan zat besi juga efektif untuk merangsang pergantian kulit.

Perhatikan kandungan bahan lainnya

Perhatikan kandungan bahan lainnya

Di antara bermacam kandungan yang terdapat dalam suatu produk sabun wajah, perhatikanlah dengan saksama bahan pelembap yang digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide adalah bahan yang sebaiknya terkandung dalam suatu produk agar tidak melukai kulit setelah mencuci wajah.

Selain itu, sabun wajah biasanya diformulasikan mengandung bahan-bahan yang dianggap baik untuk kulit. Untuk mengurangi risiko gangguan pada kulit akibat mencuci wajah, pastikan juga untuk mengecek bahan kandungan lainnya dalam produk yang Anda pilih.

Perhatikan sisi keamanan produk

Perhatikan sisi keamanan produk

Karena produk skincare akan bersentuhan langsung dengan kulit, pastikan bahwa produk yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit. Perhatikan kandungan bahan-bahan aditif seperti pengawet (contohnya paraben), pewangi, atau bahan lainnya. Setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, produk yang tidak menggunakan bahan aditif sama sekali belum tentu dijamin aman untuk kulit Anda.

Jika kandungan dalam suatu produk tidak berpengaruh buruk terhadap kondisi kulit Anda, artinya tidak masalah untuk tetap memakainya. Jadi, penting bagi Anda untuk memeriksa dengan teliti bahan-bahan seperti pengawet dan pewangi yang terdapat dalam sabun wajah yang Anda pilih dan periksa kecocokannya dengan kulit Anda.

Sebisa mungkin pilihlah yang tidak menggunakan surfaktan

Sebisa mungkin pilihlah yang tidak menggunakan surfaktan

Perbedaan antara sabun wajah batangan dan facial foam ada pada jenis surfaktan yang digunakan. Surfaktan sendiri merupakan zat yang dapat menyatukan air dan minyak, tetapi pemakaiannya masih menjadi perdebatan karena disebut-sebut bisa memberikan rangsangan pada kulit.

Meskipun dikatakan tidak begitu baik untuk kulit, surfaktan memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran di wajah dan dapat membantu mengatasi masalah komedo akibat penyumbatan kotoran pada pori-pori sehingga zat ini tidak dapat dianggap sepenuhnya buruk. Akan tetapi, bukan berarti Anda diharuskan untuk hanya menggunakan produk yang bebas dari surfaktan. Poin yang lebih penting adalah memilih sabun wajah yang cocok dengan permasalahan dan kondisi kulit Anda.

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Sabun wajah merupakan produk skincare yang digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, harga dari suatu produk menjadi poin penting yang perlu dipertimbangkan. Meski kandungannya ampuh untuk menghilangkan komedo, Anda pasti akan berpikir dua kali untuk kembali membeli produk yang sama jika harganya terlalu mahal.

Sabun pembersih wajah biasanya diformulasikan untuk menghasilkan busa yang banyak agar tidak mudah mengiritasi kulit. Oleh karena itu, perhitungkanlah juga kinerja dan harga suatu produk untuk tiap satu kali mencuci wajah. Untuk pemakaian rutin setiap hari, mari pilih produk dengan harga yang wajar agar Anda dapat terus menggunakannya!

10 Rekomendasi sabun wajah penghilang komedo terbaik

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan cermat untuk mengatasi komedo di wajah Anda. Pilihlah sesuai dengan tipe komedo Anda!

10. Biore Pore & Oil Clear Facial Foam

10. Biore Pore & Oil Clear Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Tuntas bersihkan minyak berlebih dan kotoran pada pori!

Biore Pore & Oil Clear Facial Foam merupakan sabun pembersih wajah yang diperkaya dengan natural micro scrub yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menumpuk di pori-pori. Sedangkan kandungan witch hazel-nya mampu membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit wajah akan terlihat lebih mulus.

Sabun wajah yang dianjurkan untuk kulit berminyak ini memiliki formula khusus untuk membersihkan pori-pori secara maksimal sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah komedo akibat penyumbatan sebum dan kotoran. Dapatkan wajah yang lebih cerah, bersih, lembut, dan bebas minyak dengan produk ini!

9. Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash

9. Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.800

Dengan micro beads scrub yang optimal membersihkan pori-pori

Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash mampu membersihkan kotoran di pori-pori hingga ke bagian dalam, serta efektif untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Double microbeads scrub dengan tekstur yang halus pada produk ini membantu membersihkan kulit dengan lebih sempurna dan menjadikannya aman untuk digunakan secara rutin.

Selain mengandung formula antibakteri agar komedo tidak datang kembali, produk ini juga diperkaya dengan glycerin yang mampu melembapkan kulit agar terasa lebih halus dan lembut. Jadi, Anda dapat menggunakan produk ini setiap hari tanpa khawatir kelembapan kulit wajah akan berkurang.

8. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam

8. Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Dapatkan wajah 3x lebih cerah dengan menggunakan produk ini

Diperkaya dengan 3x purify power, Pond’s Deep Cleansing Facial Foam tidak hanya membersihkan, tetapi juga mampu membuat kulit wajah 3x lebih cerah! Jadi, bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat di wajah sekaligus mendapatkan kulit yang lebih putih dan bersih, produk ini layak untuk dicoba.

Penggunaan vitamin B3 yang berfungsi untuk menutrisi kulit, dan formula activated carbon yang ampuh menyerap minyak dan kotoran yang menutup pori-pori, menjadikan produk ini ampuh mengangkat kotoran hingga bagian terdalam. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah pori-pori gelap dan komedo akibat paparan sinar matahari.

7. Clean and Clear Daily Pore Cleanser

7. Clean and Clear Daily Pore Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.900

Menghilangkan komedo sekaligus mengecilkan pori-pori

Bagi Anda yang memiliki komedo akibat pori-pori besar dan kulit berminyak, maka penggunaan Clean and Clear Daily Pore Cleanser adalah solusinya! Diperkaya dengan bahan-bahan, seperti asam salisilat, ekstrak buah apel, micro beads, dan pure rice, produk ini tidak hanya ampuh menyerap minyak, tetapi juga efektif untuk mengecilkan pori-pori.

Sabun wajah dengan formula bebas minyak ini juga mampu mengontrol produksi sebum pada kulit sehingga efektif untuk mengusir komedo dan mengurangi munculnya komedo baru. Dengan menggunakan produk ini secara teratur, wajah Anda akan terlihat lebih halus dan lembut.

6. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Scrub Foam

6. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Scrub Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Efektif mengangkat sel kulit mati dan melindungi kulit dari polusi lingkungan

Penggunaan scrub halus dan tanah vulkanis dari gunung berapi di Pulau Jeju pada sabun wajah ini menjadikannya efektif mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang tersembunyi di pori-pori kulit. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang senantiasa halus, bersih, dan terawat, silakan coba The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam!

Kandungan abu dari lava vulkanis yang terdapat dalam sabun wajah ini juga ampuh mengendalikan produksi sebum yang berlebih sehingga dapat membantu mencegah munculnya komedo. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan kombinasi ekstrak sasa, akebia, dan fusiforme yang mampu menjaga agar kulit tetap bersih dan terlindung dari polusi lingkungan.

5. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

5. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 105.000

Kadar pH yang serupa dengan pH alami kulit

Kandungan volcanic clay (Jeju volcanic scoria) pada Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam efektif untuk menyerap sebum dan kotoran, menjadikannya cocok untuk Anda yang memiliki masalah komedo akibat penyumbatan sebum di pori. Selain itu, kadar pH pada Jeju volcanic scoria sendiri juga mirip dengan pH kulit sehingga mengurangi risiko timbulnya iritasi.

Sabun wajah ini juga diperkaya dengan glycerin yang mampu melembapkan kulit sehingga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki permasalahan komedo karena pori-pori yang terbuka akibat kulit kering. Penggunaan produk ini secara teratur akan menjadikan kulit terlihat lebih bersih, cerah, lembut, dan tidak berminyak.

4. Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

4. Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Diperkaya ekstrak putih telur yang ampuh mengangkat komedo

Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam memanfaatkan ekstrak putih telur yang kaya akan amino acids dan dikenal ampuh mengangkat kotoran serta minyak berlebih pada wajah sehingga kulit tampak lebih halus tanpa komedo. Jika Anda memiliki komedo karena penumpukan kotoran, penggunaan produk ini adalah pilihan yang tepat!

Selain itu, formula produk ini juga diperkaya dengan konsentrasi tinggi ekstrak kuning telur, albumin, dan hot spring water untuk mendapatkan pori-pori yang tampak sehat dan bersih. Ditambahkan dengan glycerin dan olive oil, sabun wajah ini akan membersihkan kulit wajah secara maksimal sekaligus melembapkannya.

3. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

3. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Sabun wajah tanpa busa untuk Anda pemilik kulit sensitif

Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash merupakan pembersih wajah yang bebas sabun sehingga aman untuk penggunaan harian dan cocok bagi semua jenis kulit, termasuk untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Produk ini memanfaatkan aloe vera untuk menenangkan dan melembapkan kulit, menjadikannya ampuh mengatasi komedo akibat pengeringan kulit.

Sabun wajah ini juga diperkaya dengan neem dan lemon yang mampu membersihkan kotoran pada kulit secara mendalam dan efektif untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih. Selain itu, produk ini juga mengandung butiran aprikot sebagai bahan exfoliate untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah terbentuknya komedo.

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Menjaga kelembapan kulit sepanjang hari

Bila kulit Anda tergolong mudah iritasi, terkelupas, kering, atau bahkan tidak cocok dengan pembersih yang digunakan saat ini, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser bisa menjadi solusinya! Produk ini memiliki pH sedikit asam yang sesuai dengan pH alami kulit sehingga mampu menciptakan lingkungan yang ideal bagi kulit.

Sabun wajah ini diperkaya dengan tea tree oil yang mampu mengontrol minyak pada kulit dan mengecilkan pori-pori, menjadikannya ampuh mengatasi dan mencegah munculnya komedo. Dengan kandungan BHA alami dan tekstur gel yang lembut, produk ini juga efektif menghaluskan kulit dan mempertahankan kelembapannya sepanjang hari.

1. Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam

1. Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 198.000

Busa lembut tanpa meninggalkan sensasi kencang pada kulit

Laneige Mini Pore Double Clearing Cleansing Foam memanfaatkan khasiat mint water untuk membersihkan pori-pori tanpa meninggalkan rasa kencang pada kulit setelah mencuci wajah. Busa yang lembut dan padat yang dihasilkan juga efektif untuk mengangkat kotoran secara efektif sehingga wajah akan tampak lebih bersih.

Selain itu, produk yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit ini juga diperkaya dengan glycerin serta memanfaatkan teknologi moisture capsules dengan ekstrak bunga teratai, getah bambu, dan green tea water di dalamnya sehingga mampu melembapkan kulit dengan maksimal. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah komedo akibat kulit kering, produk ini layak untuk dicoba!

Kesimpulan

Komedo dapat muncul di wajah karena bermacam-macam faktor. Untuk itu, diperlukan pemilihan sabun wajah yang tepat agar komedo yang muncul ke permukaan tidak semakin banyak.

Dalam artikel ini kali ini kami telah membahas cara memilih sabun wajah penghilang komedo dan merekomendasikan produk-produk terbaik sesuai dengan penyebab munculnya komedo. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah berkomedo Anda, ya!