• 10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Meski telah mencuci wajah setiap hari, terkadang masih ada pori-pori yang tersumbat sehingga menimbulkan komedo. Salah satu bagian wajah yang kerap dipenuhi komedo adalah hidung. Hal ini bisa memengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan sabun wajah yang tepat.

Namun, banyaknya produk yang dijual, seperti Wardah, Pond's, dan Innisfree mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda periksa sebelum membeli sabun wajah penghilang komedo. Kami juga akan memperkenalkan produk yang direkomendasikan. Mari dapatkan kembali kulit indah yang bebas dari komedo!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Maret 2020
  • 90.451 Views
Daftar isi

Mengapa pori-pori menjadi gelap?

Sebelum memilih sabun pembersih wajah untuk menghilangkan komedo, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya komedo hitam. Jadi, mari pahami terlebih dahulu faktor yang memicu pori-pori menjadi gelap.

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih
Salah satu penyebab munculnya komedo pada pori-pori adalah adanya sekresi sebum yang berlebihan, sisa makeup yang tidak tercuci bersih, dan lainnya. Kotoran yang menyumbat pori-pori ini kemudian teroksidasi sehingga menghasilkan bintik-bintik hitam. Selain itu, arus pergantian kulit yang tidak lancar bisa menimbulkan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kulit mati ini dapat mengalami oksidasi dan menyebabkan komedo.

Hidung penuh komedo yang muncul ke permukaan merupakan kondisi di mana pori-pori tersumbat oleh sebum ataupun kotoran. Hal itu disebut dengan strawberry nose. Permukaan kulit akan terasa kasar ketika disentuh. Selain itu, saat pori-pori ditekan, akan muncul kotoran berwarna putih atau kuning. Jika dibiarkan seperti ini, bagian permukaan akan teroksidasi dan menghitam.

Cara memilih sabun wajah penghilang komedo

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo? Berikut ini, kami akan membahas lima poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk. Mari cari tahu lebih lanjut dan dapatkan kulit bersih tanpa komedo.

Untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum, pilih produk dengan formula clay dan enzim

Untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum, pilih produk dengan formula clay dan enzim

Komedo yang terjadi karena penyumbatan pori akibat sebum, kotoran sisa makeup, atau sel kulit mati akan mengeras. Jenis komedo ini sulit dihilangkan dengan sabun wajah biasa.


Berbagai macam komposisi dikembangkan oleh para produsen sabun wajah. Akan tetapi, kami sarankan untuk memilih sabun wajah dengan efek pembersihan yang kuat seperti enzim dan clay. Kandungan tersebut memiliki efek untuk melembutkan keratin. Namun, jika efek pembersihannya terlalu kuat, dapat mengiritasi kulit Anda dan memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, sesuaikanlah dengan kondisi kulit Anda, serta gunakan pelembap setelah mencuci wajah.

Pilih produk yang mengandung pelembap seperti aloe vera dan hyaluronic acid

Pilih produk yang mengandung pelembap seperti aloe vera dan hyaluronic acid

Saat kondisi kulit kering, wajah Anda akan lebih kusam dan menua. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih sabun wajah yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya.


Terdapat berbagai macam jenis pelembap, seperti aloe vera, hyaluronic acid, vitamin C, ceramide, dan lain-lain. Jadi, ingatlah untuk selalu memilih sabun wajah yang memiliki kandungan pelembap seperti di atas.

Perhatikan aspek keamanan produk

Perhatikan aspek keamanan produk
Karena sabun wajah akan bersentuhan langsung dengan kulit, pastikan bahwa produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang aman. Perhatikan kandungan bahan-bahan aditif seperti pengawet (contohnya paraben), pewangi, atau bahan lainnya. Setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, produk yang tidak menggunakan bahan aditif sama sekali belum tentu dijamin aman untuk kulit Anda.

Jika kandungan dalam suatu produk tidak berpengaruh buruk terhadap kulit Anda, artinya tidak masalah untuk tetap memakainya. Jadi, penting untuk memeriksa dengan teliti bahan-bahan seperti pengawet dan pewangi yang terdapat dalam sabun wajah Anda. Periksa juga kecocokan kandungan bahan-bahannya dengan kulit Anda.

Sebisa mungkin, pilihlah yang mengandung sedikit surfaktan

Sebisa mungkin, pilihlah yang mengandung sedikit surfaktan
Perbedaan antara sabun wajah batangan dan facial foam ada pada jenis surfaktan yang digunakan. Surfaktan sendiri merupakan zat yang dapat menyatukan air dan minyak. Akan tetapi, surfaktan juga dinilai dapat menyerap kelembapan kulit. Karena itu, jika Anda memiliki kulit yang kering atau sensitif, pilihlah sabun wajah yang formulanya lembut.

Namun, sabun wajah yang lembut biasanya tidak dapat membersihkan kotoran dengan sempurna. Akibatnya, produk tersebut juga sulit untuk mengatasi masalah komedo yang muncul akibat penyumbatan kotoran di pori-pori. Jadi, demi mendapat hasil terbaik, pilihlah sabun wajah yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Pertimbangkan kinerja dan harga produk
Sabun wajah merupakan produk skincare yang digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, harga dari suatu produk menjadi poin penting yang perlu dipertimbangkan. Meski kandungannya ampuh untuk menghilangkan komedo, Anda akan berpikir dua kali untuk membelinya lagi jika harganya terlalu mahal. 

Sabun pembersih wajah biasanya diformulasikan untuk menghasilkan busa yang banyak agar tidak mudah mengiritasi kulit. Oleh karena itu, perhitungkanlah kinerja dan harga suatu produk. Untuk pemakaian rutin setiap hari, mari pilih produk dengan harga yang wajar agar Anda dapat terus menggunakannya!

10 Rekomendasi sabun wajah penghilang komedo terbaik

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan cermat untuk mengatasi komedo di wajah Anda. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

10

RohtoAcnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash

Rp 24.500,00

Jenis masalah kulitKomedo dan jerawat
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, europea husk oil, jojoba esters, glycol distearate, dan cocamidopropyl betaine
Aspek keamananTidak disebutkan
Isi100 gr
9
Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapGlycerin, glycol distearate, niacinamide
Aspek keamananTidak disebutkan
Isi100 gr
8
Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapPropylene glycol, guar hydroxypropyltrimonium chloride, salicylic acid, vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange fruit oxtract
Aspek keamananBebas alergi, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon
Isi100 ml
7

ROHTOHada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash

Rp 43.000,00

Jenis masalah kulitKomedo dan pori-pori besar
Bahan pelembapButylene glycol, salicylic acid
Aspek keamananTanpa alkohol, pewangi, pewarna, dan mineral oil
Isi100 gr
6
Jenis masalah kulitKomedo dan sebum berlebih
Bahan pelembapGlycerin, grapefruit peel oil, lavender oil, rosemary leaf oil, sasa quelpaertensis extract, akebia quinata extract, hizikia fusiforme extract
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
5
Jenis masalah kulitKomedo dan sebum berlebih
Bahan pelembapGlycerin, camellia sinensis leaf extract, butylene glycol
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
4
Jenis masalah kulitMasalah pori-pori
Bahan pelembapGlycerin, albumen extract, egg yolk extract, licorice root extract, centella asiatica extract, camellia sinensis leaf extract, argania spinosa kernel oil, sesame seed oil, serenoa serrulata fruit extract, vitamin E, soybean seed extract, chamomilla recutita flower extract
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
3
Jenis masalah kulitKomedo dan sel kulit mati
Bahan pelembapCocamidopropyl betaines, lens culinaris fruit extract, niembe tree leaf extract, aloe vera leaf extract, glycerin, apricot seed powder
Aspek keamananTidak berbusa
Isi100 ml
2
Jenis masalah kulitKomedo dan kulit sensitif
Bahan pelembapButylene glycol, nelumbo nucifera leaf extract, ulmus davidiana root extract, caprylyl glycol, ethylhexylglycerin
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
1
Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapGlycerin, phyllostachis bambusoides juice, nelumbo nucifera germ extract, hydrogenated lecithin, butylene glycol, pentylene glycol
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml

Tabel perbandingan produk sabun wajah penghilang komedo terbaik

Gambar produk
1
Laneige Mini-Pore Double Clearing Cleansing Foam 1

Laneige

2
COSRX  Low pH Good Morning Gel Cleanser 1

COSRX

3
Himalaya Herbals Gentle Exfoliating Daily Face Wash 1

Himalaya Herbals

4
Skinfood  Egg White Perfect Pore Cleansing Foam 1

Skinfood

5
Innisfree  Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam 1

Innisfree

6
The Face Shop  Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam 1

The Face Shop

7
ROHTO Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash 1

ROHTO

8
Wardah White Secret Facial Wash with AHA 1

Wardah

9
Pond's Pure White  Deep Cleansing Facial Foam 1

Pond's

10
Rohto Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash 1

Rohto

Nama produk

Mini-Pore Double Clearing Cleansing Foam

Low pH Good Morning Gel Cleanser

Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash

White Secret Facial Wash with AHA

Pure White Deep Cleansing Facial Foam

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash

KeunggulanMengangkat kotoran tanpa me...Kulit sensitif bukan halang...Sabun wajah tanpa busa. Leb...Diperkaya dengan telur yang...Wajah mengilap karena minya...Kulit wajah lebih bersih de...Formulanya lembut, tidak kh...Mengangkat komedo sekaligus...Wajah bersih walau terkena ...Dengan microbeads scrub yan...
HargaRp 198.000,00Rp 140.000,00Rp 30.667,00Rp 150.000,00Rp 120.000,00Rp 100.000,00Rp 43.000,00Rp 25.500,00Rp 28.000,00Rp 24.500,00
Jenis masalah kulitKomedoKomedo dan kulit sensitifKomedo dan sel kulit matiMasalah pori-poriKomedo dan sebum berlebihKomedo dan sebum berlebihKomedo dan pori-pori besarKomedoKomedoKomedo dan jerawat
Bahan pelembapGlycerin, phyllostachis bambusoides juice, nelumbo nucifera germ extract, hydrogenated lecithin, butylene glycol, pentylene glycolButylene glycol, nelumbo nucifera leaf extract, ulmus davidiana root extract, caprylyl glycol, ethylhexylglycerinCocamidopropyl betaines, lens culinaris fruit extract, niembe tree leaf extract, aloe vera leaf extract, glycerin, apricot seed powderGlycerin, albumen extract, egg yolk extract, licorice root extract, centella asiatica extract, camellia sinensis leaf extract, argania spinosa kernel oil, sesame seed oil, serenoa serrulata fruit extract, vitamin E, soybean seed extract, chamomilla recutita flower extractGlycerin, camellia sinensis leaf extract, butylene glycolGlycerin, grapefruit peel oil, lavender oil, rosemary leaf oil, sasa quelpaertensis extract, akebia quinata extract, hizikia fusiforme extractButylene glycol, salicylic acidPropylene glycol, guar hydroxypropyltrimonium chloride, salicylic acid, vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange fruit oxtractGlycerin, glycol distearate, niacinamideGlycerin, butylene glycol, europea husk oil, jojoba esters, glycol distearate, dan cocamidopropyl betaine
Aspek keamananTanpa parabenTanpa parabenTidak berbusaTanpa parabenTanpa parabenTanpa parabenTanpa alkohol, pewangi, pewarna, dan mineral oilBebas alergi, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikonTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi150 ml150 ml100 ml150 ml150 ml150 ml100 gr100 ml100 gr100 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya yang ampuh melawan komedo di sini

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda membutuhkan produk perawatan wajah lainnya, misalnya penyedot dan pengangkat komedo. Apabila Anda tertarik ingin mengenal produk lain untuk menghapus komedo, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Komedo dapat muncul di wajah karena bermacam-macam faktor. Untuk itu, diperlukan pemilihan sabun wajah yang tepat agar komedo yang muncul ke permukaan tidak makin banyak.


Dalam artikel kali ini, kami telah membahas cara memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo. Kami juga telah merekomendasikan produk-produk terbaik sesuai dengan penyebab munculnya komedo. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    215.406 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    287.436 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    129.594 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    232.816 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    217.462 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    174.309 Views
  • 10 Rekomendasi Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bercukur adalah satu satu bentuk perawatan wajah untuk pria. Sebagai pelumas untuk mencukur, saat ini shaving gel atau gel cukur semakin diminati baik di antara pengguna pisau cukur maupun alat cukur elektrik. Anda akan menemukan berbagai merek gel cukur yang nyaman di kulit, seperti Aveeno, Gilette, atau Sukin beredar di pasaran.Setiap produk mengusung kelebihan masing-masing, jadi Anda harus jeli untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gel cukur terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    2.211 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori