• 10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Wajah Penghilang Komedo Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Meski telah mencuci wajah setiap hari, terkadang masih ada saja pori-pori yang tersumbat sehingga menimbulkan komedo. Salah satu bagian wajah yang kerap dipenuhi komedo adalah hidung. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan sabun wajah yang tepat.

Banyaknya face wash yang beredar seperti merek Wardah, Pond's, dan Innisfree mungkin membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini, kami akan memperkenalkan tips memilih serta merekomendasikan sabun wajah penghilang komedo yang bagus. Simak juga opini dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV, tentang cara memilih produk yang tepat!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Rahma Evasari
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Dokter Rahma Evasari menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis kulit dan kelamin di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi.


Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kemang, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Mengapa pori-pori menjadi gelap?

Sebelum memilih sabun pembersih wajah untuk menghilangkan komedo, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya komedo hitam. Jadi, mari pahami terlebih dahulu faktor yang memicu pori-pori menjadi gelap.

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih

Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau sebum berlebih
Beberapa penyebab munculnya komedo pada pori-pori adalah sekresi sebum yang berlebihan, sisa makeup yang tidak tercuci bersih, dan lainnya. Kotoran yang menyumbat pori-pori ini kemudian teroksidasi sehingga menghasilkan bintik-bintik hitam. 

Selain itu, arus pergantian kulit yang tidak lancar bisa menimbulkan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kulit mati ini dapat mengalami oksidasi dan menyebabkan komedo.


Hidung penuh komedo yang muncul ke permukaan merupakan kondisi di mana pori-pori tersumbat oleh sebum ataupun kotoran. Hal itu disebut dengan strawberry nose. Permukaan kulit akan terasa kasar ketika disentuh. Selain itu, saat pori-pori ditekan, akan muncul kotoran berwarna putih atau kuning. Jika terus dibiarkan, permukaan kulit akan teroksidasi dan menghitam.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Pori-pori adalah istilah umum yang digunakan untuk menyatakan saluran keluar dari kelenjar minyak atau keringat pada kulit. Setiap orang pasti memiliki pori-pori. Namun, tampilan pori yang besar dan tersumbat karena komedo akan sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda.


Komedo merupakan salah satu bentuk jerawat yang terjadi akibat hiperkeratinisasi folikula. Hal ini adalah menumpuknya sel-sel kulit mati, produksi sebum yang berlebih, serta inflamasi atau peradangan yang berkelanjutan.


Warna gelap yang terlihat pada komedo terbuka terjadi karena adanya pigmen melanin yang bereaksi dengan oksigen di udara. Sebaliknya, komedo yang tertutup memiliki warna putih, kekuningan, atau sewarna kulit. Makin banyak minyak yang menumpuk, makin besar kemungkinan bakteri akan bertambah sehingga menyebabkan jerawat meradang.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun wajah penghilang komedo

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo? Berikut ini, kami akan membahas lima poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk. Mari cari tahu lebih lanjut dan dapatkan kulit bersih tanpa komedo.

Untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum, pilih produk dengan formula clay dan enzim

Untuk mengatasi penyumbatan pori akibat sebum, pilih produk dengan formula clay dan enzim

Komedo terjadi karena penyumbatan pori akibat sebum, kotoran sisa makeup, atau sel kulit mati akan mengeras. Jenis komedo ini sulit dihilangkan dengan sabun wajah biasa.


Berbagai macam komposisi dikembangkan oleh para produsen sabun wajah. Akan tetapi, kami sarankan untuk memilih sabun wajah dengan efek pembersihan yang kuat seperti enzim dan clay. Kandungan tersebut memiliki efek untuk melembutkan keratin. 


Akan tetapi, efek pembersihan yang terlalu kuat dapat mengiritasi kulit Anda dan memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, sesuaikanlah dengan kondisi kulit Anda, serta gunakan pelembap setelah mencuci wajah.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Carilah pembersih wajah yang mengandung bahan aktif AHA/BHA, asam salisilat, benzoil peroksida, zink, atau tea tree oil. Bahan-bahan tersebut akan membantu membersihkan wajah, mengangkat minyak berlebih, serta mencegah menumpuknya kulit mati penyebab komedo.

Pilih produk yang mengandung pelembap seperti Aloe vera dan hyaluronic acid

Pilih produk yang mengandung pelembap seperti Aloe vera dan hyaluronic acid

Saat kondisi kulit kering, wajah Anda akan lebih kusam dan menua. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih sabun wajah yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya.


Terdapat berbagai macam jenis pelembap, seperti Aloe vera, hyaluronic acid, vitamin C, ceramide, dan lain-lain. Jadi, ingatlah untuk selalu memilih sabun wajah yang memiliki kandungan pelembap seperti di atas.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kulit sering kali terasa kencang, tertarik, dan kering jika prosedur membersihkan wajah terlalu keras dan sering. Hal ini mungkin akan makin terasa jika kulit Anda cenderung sensitif. 


Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah produk pembersih wajah yang memiliki kandungan yang lembut dan melembapkan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Anda coba.

  • Asam hialuronat
  • Gliserin
  • Chamomile
  • Green tea

Perhatikan aspek keamanan produk

Perhatikan aspek keamanan produk
Karena sabun wajah akan bersentuhan langsung dengan kulit, pastikan bahwa produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang aman. Perhatikan kandungan bahan-bahan aditif seperti pengawet (contohnya paraben), pewangi, atau bahan lainnya. 

Setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, produk yang tidak menggunakan bahan aditif sama sekali belum tentu dijamin aman untuk kulit Anda.


Jika kandungan dalam suatu produk tidak berpengaruh buruk terhadap kulit Anda, artinya tidak masalah untuk tetap memakainya. Jadi, penting untuk memeriksa dengan teliti bahan-bahan seperti pengawet dan pewangi yang terdapat dalam sabun wajah Anda. Periksa juga kecocokan kandungan bahan-bahannya dengan kulit Anda.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Ingatlah untuk selalu memperhatikan bahan aktif pada pembersih wajah Anda. Selain itu, pastikan pula produk pembersih wajah Anda terbebas atau hanya mengandung sedikit zat-zat yang berisiko mengiritasi kulit. Beberapa bahan yang harus Anda waspadai di antaranya adalah parfum, pewarna, sulfat, dan alkohol.


Bila saat menggunakan produk pembersih terjadi rasa tidak nyaman seperti terbakar, kering, atau tertarik, sebaiknya hentikan pemakaian produk. Jika diperlukan, segeralah minta bantuan dokter.

Sebisa mungkin, pilihlah yang mengandung sedikit surfaktan

Sebisa mungkin, pilihlah yang mengandung sedikit surfaktan
Perbedaan antara sabun wajah batangan dan facial foam ada pada jenis surfaktan yang digunakan. Surfaktan sendiri merupakan zat yang dapat menyatukan air dan minyak. Akan tetapi, surfaktan juga dinilai dapat menyerap kelembapan kulit. Karena itu, jika Anda memiliki kulit yang kering atau sensitif, pilihlah sabun wajah yang formulanya lembut.

Namun, sabun wajah yang lembut biasanya tidak dapat membersihkan kotoran dengan sempurna. Akibatnya, produk tersebut juga sulit untuk mengatasi masalah komedo yang muncul akibat penyumbatan kotoran di pori-pori. Jadi, demi mendapat hasil terbaik, pilihlah sabun wajah yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Sabun merupakan salah satu produk pembersih wajah yang umum digunakan. Sabun merupakan produk kimia yang dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak atau minyak oleh basa kuat. Sabun mampu mengangkat minyak dan kotoran di permukaan kulit karena adanya aktivitas surfaktan di dalamnya. 


Surfaktan dalam jumlah banyak dapat mengangkat minyak dan kotoran dari wajah. Namun, proses tersebut juga berisiko menghilangkan sebum yang merupakan pelembap alami kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit terasa kering. Selain itu, kecenderungan sifat alkali pada sabun juga dapat merusak mantel asam di permukaan kulit, membuatnya rentan infeksi.


Sebagai tambahan, sabun biasanya memiliki pH cenderung basa (8–10) yang akan cenderung mengiritasi kulit Anda. Produk pembersih wajah bebas sabun yang memiliki pH mendekati pH kulit (5,5) akan lebih sesuai bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berkomedo.

Pertimbangkan kinerja dan harga produk

Pertimbangkan kinerja dan harga produk
Sabun wajah merupakan produk skincare yang digunakan setiap hari. Oleh sebab itu, harga dari suatu produk menjadi poin penting yang perlu dipertimbangkan. Meski kandungannya ampuh untuk menghilangkan komedo, Anda akan berpikir dua kali untuk membelinya lagi jika harganya terlalu mahal. 

Sabun pembersih wajah biasanya diformulasikan untuk menghasilkan busa yang banyak agar tidak mudah mengiritasi kulit. Oleh karena itu, perhitungkanlah kinerja dan harga suatu produk. Untuk pemakaian rutin setiap hari, mari pilih produk dengan harga yang wajar agar Anda dapat terus menggunakannya!

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Pembersih wajah merupakan tahapan perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Pembersih wajah sering kali dianggap sebelah mata karena hanya bertahan sebentar sebelum dibilas dengan air. Hal ini sangat berbeda dengan pelembap atau tabir surya yang akan menetap di kulit dalam jangka waktu panjang. 


Padahal, kunci bekerjanya produk perawatan kulit yang optimal adalah kebersihan dan kondisi kulit yang prima. Hal ini tentunya bisa didapatkan dari proses pembersihan kulit wajah yang benar. Karena itulah, kecocokan produk dan pertimbangan harga menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum memilih produk pembersih wajah.

10 Rekomendasi sabun wajah penghilang komedo terbaik

Di bawah ini merupakan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan cermat untuk mengatasi komedo di wajah Anda. Rekomendasi ini sepenuhnya merupakan pilihan tim mybest dan tidak berhubungan dengan opini pakar yang berkolaborasi pada artikel ini. Mari pilih produk facial wash penghilang komedo yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10

RohtoAcnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash

Mulai dari Rp 24.500,00

Jenis masalah kulitKomedo dan jerawat
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, europea husk oil, jojoba esters, glycol distearate, dan cocamidopropyl betaine
Aspek keamananTidak disebutkan
Isi100 gr
9

UnileverPond's Pure Bright Deep Cleansing Facial Foam

Mulai dari Rp 28.000,00

Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapGlycerin, glycol distearate, niacinamide
Aspek keamananTidak disebutkan
Isi100 gr
8
Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapPropylene glycol, guar hydroxypropyltrimonium chloride, salicylic acid, vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange fruit oxtract
Aspek keamananBebas alergi, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon
Isi100 ml
7

ROHTOHada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash

Mulai dari Rp 43.000,00

Jenis masalah kulitKomedo dan pori-pori besar
Bahan pelembapButylene glycol, salicylic acid
Aspek keamananTanpa alkohol, pewangi, pewarna, dan mineral oil
Isi100 gr
6

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Deep Pore Cleansing Foam Scrub

Mulai dari Rp 100.000,00

Jenis masalah kulitKomedo dan sebum berlebih
Bahan pelembapGlycerin, grapefruit peel oil, lavender oil, rosemary leaf oil, sasa quelpaertensis extract, akebia quinata extract, hizikia fusiforme extract
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
5

Innisfree Volcanic Pore Cleansing Foam EX

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis masalah kulitKomedo dan sebum berlebih
Bahan pelembapGlycerin, camellia sinensis leaf extract, butylene glycol
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
4

Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Mulai dari Rp 150.000,00

Jenis masalah kulitMasalah pori-pori
Bahan pelembapGlycerin, albumen extract, egg yolk extract, licorice root extract, centella asiatica extract, camellia sinensis leaf extract, argania spinosa kernel oil, sesame seed oil, serenoa serrulata fruit extract, vitamin E, soybean seed extract, chamomilla recutita flower extract
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
3

Himalaya HerbalsGentle Exfoliating Daily Face Wash

Mulai dari Rp 30.667,00

Jenis masalah kulitKomedo dan sel kulit mati
Bahan pelembapCocamidopropyl betaines, lens culinaris fruit extract, niembe tree leaf extract, aloe vera leaf extract, glycerin, apricot seed powder
Aspek keamananTidak berbusa
Isi100 ml
2

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Mulai dari Rp 140.000,00

Jenis masalah kulitKomedo dan kulit sensitif
Bahan pelembapButylene glycol, nelumbo nucifera leaf extract, ulmus davidiana root extract, caprylyl glycol, ethylhexylglycerin
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml
1

LaneigeMini-Pore Double Clearing Cleansing Foam

Mulai dari Rp 198.000,00

Jenis masalah kulitKomedo
Bahan pelembapGlycerin, phyllostachis bambusoides juice, nelumbo nucifera germ extract, hydrogenated lecithin, butylene glycol, pentylene glycol
Aspek keamananTanpa paraben
Isi150 ml

Tabel perbandingan produk sabun wajah penghilang komedo terbaik

Gambar produk
1
Laneige Mini-Pore Double Clearing Cleansing Foam 1

Laneige

2
COSRX  Low pH Good Morning Gel Cleanser 1

COSRX

3
Himalaya Herbals Gentle Exfoliating Daily Face Wash 1

Himalaya Herbals

4
Skinfood  Egg White Perfect Pore Cleansing Foam 1

Skinfood

5
Innisfree  Volcanic Pore Cleansing Foam EX 1

Innisfree

6
The Face Shop  Jeju Volcanic Lava Deep Pore Cleansing Foam Scrub 1

The Face Shop

7
ROHTO Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash 1

ROHTO

8
Wardah White Secret Facial Wash with AHA 1

Wardah

9
Unilever Pond's Pure Bright  Deep Cleansing Facial Foam 1

Unilever

10
Rohto Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash 1

Rohto

Nama produk

Mini-Pore Double Clearing Cleansing Foam

Low pH Good Morning Gel Cleanser

Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Egg White Perfect Pore Cleansing Foam

Volcanic Pore Cleansing Foam EX

Jeju Volcanic Lava Deep Pore Cleansing Foam Scrub

Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash

White Secret Facial Wash with AHA

Pond's Pure Bright Deep Cleansing Facial Foam

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Face Wash

Keunggulan

Mengangkat kotoran tanpa menimbulkan rasa kencang di wajah

Kulit sensitif bukan halangan untuk bebas komedo

Sabun wajah tanpa busa. Lebih aman!

Diperkaya dengan telur yang kaya akan asam amino dan vitamin

Wajah mengilap karena minyak? Tidak lagi!

Kulit wajah lebih bersih dengan scrub mikropartikel

Formulanya lembut, tidak khawatir akan mengiritasi kulit

Mengangkat komedo sekaligus mencerahkan kulit

Wajah bersih walau terkena polusi

Dengan microbeads scrub yang optimal membersihkan pori-pori

Harga mulai dariRp 198.000,00Rp 140.000,00Rp 30.667,00Rp 150.000,00Rp 120.000,00Rp 100.000,00Rp 43.000,00Rp 25.500,00Rp 28.000,00Rp 24.500,00
Jenis masalah kulitKomedoKomedo dan kulit sensitifKomedo dan sel kulit matiMasalah pori-poriKomedo dan sebum berlebihKomedo dan sebum berlebihKomedo dan pori-pori besarKomedoKomedoKomedo dan jerawat
Bahan pelembapGlycerin, phyllostachis bambusoides juice, nelumbo nucifera germ extract, hydrogenated lecithin, butylene glycol, pentylene glycolButylene glycol, nelumbo nucifera leaf extract, ulmus davidiana root extract, caprylyl glycol, ethylhexylglycerinCocamidopropyl betaines, lens culinaris fruit extract, niembe tree leaf extract, aloe vera leaf extract, glycerin, apricot seed powderGlycerin, albumen extract, egg yolk extract, licorice root extract, centella asiatica extract, camellia sinensis leaf extract, argania spinosa kernel oil, sesame seed oil, serenoa serrulata fruit extract, vitamin E, soybean seed extract, chamomilla recutita flower extractGlycerin, camellia sinensis leaf extract, butylene glycolGlycerin, grapefruit peel oil, lavender oil, rosemary leaf oil, sasa quelpaertensis extract, akebia quinata extract, hizikia fusiforme extractButylene glycol, salicylic acidPropylene glycol, guar hydroxypropyltrimonium chloride, salicylic acid, vaccinium myrtillus fruit extract, sugar cane extract, orange fruit oxtractGlycerin, glycol distearate, niacinamideGlycerin, butylene glycol, europea husk oil, jojoba esters, glycol distearate, dan cocamidopropyl betaine
Aspek keamananTanpa parabenTanpa parabenTidak berbusaTanpa parabenTanpa parabenTanpa parabenTanpa alkohol, pewangi, pewarna, dan mineral oilBebas alergi, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikonTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi150 ml150 ml100 ml150 ml150 ml150 ml100 gr100 ml100 gr100 gr
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV

Pembersih wajah yang mengandung antibakteri memang berguna, tetapi berisiko mengiritasi kulit yang sensitif. Selain itu, mencuci wajah terlalu sering juga tidak akan membuat tampilan komedo lebih baik. Hal ini justru akan membuat kulit kering dan membuatnya iritasi. 


Produk berbahan dasar minyak atau berbentuk krim sering kali menyumbat pori lebih jauh. Karena itu, pilihlah produk berbentuk emulsi minyak dalam air atau moisturizing gel (hidrogel). Kedua jenis produk ini relatif ringan dan berguna untuk kulit yang berkomedo.

Baca juga rekomendasi produk lainnya yang ampuh melawan komedo di sini

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda membutuhkan produk perawatan wajah lainnya, misalnya penyedot dan pengangkat komedo. Apabila Anda tertarik ingin mengenal produk lain untuk menghapus komedo, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Komedo dapat muncul di wajah karena bermacam-macam faktor. Untuk itu, diperlukan pemilihan sabun wajah yang tepat agar komedo yang muncul ke permukaan tidak makin banyak.


Dalam artikel kali ini, kami telah membahas cara memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo. Kami juga telah merekomendasikan produk-produk terbaik sesuai dengan penyebab munculnya komedo. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Face mist adalah produk perawatan wajah yang mempunyai berbagai manfaat seperti untuk melembapkan wajah atau mengatasi kulit berjerawat. Khususnya Anda yang mempunyai masalah dengan kulit kering, face mist merupakan produk yang wajib ada di dalam tas Anda.Seiring dengan tumbuhnya kepopuleran face mist, banyak merk lokal hingga high-end yang mengeluarkan produk face mist. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi produknya beserta tips memilih face mist yang bagus. Merk terbaik, seperti Mineral Botanica, Evian, Avene, Wardah, hingga SK-II dapat Anda jadikan pilihan!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori