• 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Makeup yang flawless dan tahan lama adalah dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkannya, Anda dapat menyemprotkan setting spray yang berfungsi mengunci riasan. Makeup menjadi lebih awet dan tak mudah luntur meski terkena keringat. Bahkan, ada pula produk yang mencegah makeup menempel di masker.

 
Tak perlu bingung memilih setting spray. Kami akan memberikan tips memilih setting spray terbaik yang sudah ditinjau oleh beauty content creator, Citta Farenty. Anda juga dapat menemukan rekomendasi setting spray dari berbagai merek yang bagus, seperti Studio Tropik, Luxcrime, dan Wardah. Yuk, temukan setting spray terbaik di sini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Citta Farenty
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya.


Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Apa manfaat setting spray?

Apa manfaat setting spray?

Setting spray adalah cairan yang disemprotkan pada wajah untuk untuk membuat riasan tahan lebih lama. Riasan tak mudah luntur ataupun cakey saat terkena keringat. Menariknya lagi, setting spray juga dapat mencegah riasan menempel pada masker karena mampu membuat riasan melekat dan membaur sempurna.

 
Selain mengunci riasan, setting spray juga dapat membuat riasan terlihat lebih pigmented dan warnanya terlihat lebih nyata. Menyemprotkan setting spray pada kuas eyeshadow, misalnya, akan membantu membuat warnanya lebih pigmented. Untuk produk concealer, setting spray juga dapat menjadikan warnanya lebih nyata dan menutup kantong mata dengan lebih baik.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Setting spray merupakan produk makeup yang dapat mengunci hasil akhir riasan. Produk ini digunakan agar hasil riasan menjadi lebih tahan lama. Anda juga dapat menggunakan setting spray untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan, contohnya hasil akhir matte ataupun dewy.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih setting spray

Saat memilih setting spray, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ini. Berikut tips dari kami dalam memilih setting spray terbaik.

Sesuaikan kandungan bahan dengan jenis kulit Anda

Jenis kulit dapat memengaruhi ketahanan makeup pada wajah. Untuk mendapatkan hasil terbaik saat menggunakan setting spray, sesuaikan kandungannya dengan jenis kulit Anda. 

Kulit berminyak, oil control untuk wajah bebas kilap

Kulit berminyak, oil control untuk wajah bebas kilap

Formula utama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih setting spray untuk wajah berminyak adalah oil control. Formulasi seperti ini akan membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Produksi minyak berlebih tak hanya membuat wajah terlihat mengilap, tetapi juga membuat makeup lekas luntur. Selain itu, pertimbangkan pula setting spray berbahan water based yang tidak menambah minyak pada wajah.

Formulasi lain yang pas untuk wajah berminyak adalah antisebum dan non-comedogenic. Formulasi antisebum membantu Anda mengendalikan produksi sebum pada wajah. Dengan formulasi non-comedogenic, komedo tak mudah muncul di wajah. Jika wajah Anda berminyak dan mudah berjerawat, pertimbangkan pula formulasi setting spray yang dapat mencegah jerawat.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berminyak, setting spray dengan matte finish bisa menjadi pilihan. Biasanya, setting spray dengan matte finish dapat mengunci minyak pada wajah. Karena itu, tipe ini dapat menghasilkan efek riasan yang lebih tahan lama pada kulit. Jangan lupa juga untuk mengecek kandungan setting spray agar Anda bisa mendapatkan produk yang cocok di kulit.

Kulit kering, kandungan pelembap agar wajah bebas kusam

Kulit kering, kandungan pelembap agar wajah bebas kusam

Kulit kering terlebih yang mengalami dehidrasi, memiliki tampilan yang kusam, berkurang kekenyalannya, bahkan memiliki tekstur kasar. Kondisi kulit yang kering juga bisa membuat makeup tidak dapat menempel dengan baik. Untuk itulah pemilik kulit kering membutuhkan setting spray agar makeup menempel sempurna. Tak hanya itu, setting spray juga dapat memberikan tampilan makeup yang lebih glowing.

 
Untuk pemilik kulit kering, kandungan setting spray yang menghidrasi harus menjadi perhatian utama saat memilihnya. Glycerin, ekstrak Centella asiatica, juga allantoin merupakan contoh bahan yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan produk yang bebas alkohol karena beberapa jenis alkohol dapat membuat kulit makin kering.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit kering, gunakanlah setting spray yang bisa sekaligus membantu Anda untuk melembapkan kulit. Dengan begitu, makeup Anda bisa terlihat fresh sepanjang hari. Untuk melembapkan kulit, setting spray dengan kandungan hyaluronic acid dapat menjadi pilihan tepat untuk kulit kering.

Pilihlah tampilan hasil akhir yang Anda sukai

Pilihlah tampilan hasil akhir yang Anda sukai

Ada beragam jenis tampilan akhir yang bisa Anda dapatkan dengan setting spray. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kesan yang ingin Anda tampilkan. Setting spray dengan matte finish, misalnya, akan memberikan tampilan halus dan bebas kilap. Tampilan ini sangat cocok untuk pemilik jenis kulit berminyak.

 
Selain matte finish ada pula dewy, satin, dan glowy finish. Jenis tampilan dewy finish yang memberi efek lembap dan segar. Lain lagi dengan satin finish yang merupakan tampilan di antara dewy dan matte finish. Satin finish pas untuk tampilan sehari-hari. Terakhir, glowy finish yang memberi efek berkilau dan bercahaya. 

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Pemilihan setting spray juga dapat disesuaikan dengan hasil akhir yang diinginkan. Anda bisa memilih hasil akhir yang matte atau glowing. Selain itu, setting spray juga dapat Anda gunakan untuk mengoreksi riasan.


Misalnya, ketika sudah selesai makeup, Anda mungkin merasa bahwa riasan terlalu kering, matte, dan flat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan setting spray dengan dewy finish yang sedikit melembapkan dan menambah efek glowing. Sebaliknya, Anda juga bisa mengurangi hasil riasan yang terlalu glowing menggunakan setting spray dengan hasil akhir matte.

Perhatikan faktor lainnya, seperti aroma, ukuran produk, dan ukuran aerosolnya

Selain bahan dan tampilan akhirnya, ada beberapa faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih setting spray. Kami mengulas beberapa di antaranya secara singkat di bawah ini. 

Aroma, tingkatkan mood saat merias dengan aroma kesukaan

Aroma, tingkatkan mood saat merias dengan aroma kesukaan

Aroma setting spray dapat meningkatkan mood selama Anda merias diri. Aroma bunga yang segar misalnya, akan membuat mood makin menyenangkan. Selain membaca label untuk mengetahui jenis aroma setting spray, Anda juga dapat membacanya dari review pengguna. Namun, jika Anda takut salah pilih atau memiliki kulit sensitif, Anda dapat memilih setting spray yang fragrance free.

Sensasi menyegarkan dan menyejukkan, pilihan tepat saat cuaca panas

Sensasi menyegarkan dan menyejukkan, pilihan tepat saat cuaca panas

Cuaca yang panas dan terik tidak hanya membuat kulit gerah, tetapi juga bisa membuat makeup luntur. Untuk mendapatkan kesegaran dan kesejukan ekstra saat cuaca panas, Anda dapat menyemprotkan setting spray. Sensasi menyegarkan dan menyejukkan dari setting spray berasal dari kandungan mentol, citral, juga Aloe vera. Anda dapat memilih produk seperti ini jika menemukannya di pasaran. 

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk sensasi menyegarkan, setting spray dengan kandungan menthol atau citrus memang bisa menjadi pilihan tepat. Setting spray dengan sensasi menyegarkan seperti ini dapat digunakan berulang kali sepanjang hari untuk memberi efek fresh pada riasan wajah. Namun, pastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap kandungan ini. 

Ukuran kemasan, makin kecil makin mudah dibawa

Ukuran kemasan, makin kecil makin mudah dibawa

Setting spray merupakan salah satu bagian makeup yang penting Anda gunakan di mana saja agar makeup selalu on. Apalagi jika Anda harus menghadiri acara khusus seharian. Untuk itulah, Anda memerlukan setting spray dengan kemasan yang ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Ukuran setting spray yang travel friendly biasanya berkisar antara 45 ml sampai 60 ml.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Biasanya, setting spray dapat digunakan berulang kali sepanjang hari. Karena itu, Anda paling tidak harus siap sedia setting spray di dalam tas. Sebaiknya, pilihlah setting spray dengan kemasan yang kecil agar praktis dibawa ke mana saja untuk touch up.

Ukuran butiran cairan, butiran kecil lebih nyaman di wajah

Ukuran butiran cairan, butiran kecil lebih nyaman di wajah

Faktor penting lain yang tak boleh luput Anda periksa saat memilih setting spray adalah ukuran butirannya. Tak hanya lebih nyaman di wajah, butiran setting spray yang halus lebih merata saat disemprotkan, juga lebih cepat kering.

 
Ada banyak produk setting spray dengn klaim butiran yang halus dan lembut. Namun, Anda perlu memastikannya dengan mencobanya sendiri jika bisa. Jika Anda membeli lewat marketplace, membaca review dari pembeli sebelumnya akan sangat membantu memastikan hal ini.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Tipe mist adalah salah satu tipe semprotan setting spray yang semprotan partikelnya lebih banyak dan terfokus pada satu area. Selain itu, ada juga tipe aerosol dengan partikel semprotan yang lebih halus dan menyebar. 


Silakan pilih tipe semprotan yang butiran cairannya paling nyaman digunakan untuk kulit Anda. Namun, untuk tipe kulit berminyak, sebaiknya pilihlah setting spray dengan tipe mist. Hal ini dilakukan agar wajah tidak terlalu basah dan menyebabkan makeup luntur pada saat pengaplikasian setting spray.

Kandungan SPF, tampil cantik dengan perlindungan ekstra

Kandungan SPF, tampil cantik dengan perlindungan ekstra

Kandungan SPF pada produk setting spray juga bisa Anda pertimbangkan saat memilihnya. Pasalnya, kandungan ini penting untuk melindungi kulit wajah, terlebih jika nilai SPF alas bedak Anda rendah. Sayangnya, produk setting spray dengan SPF masih jarang di pasaran. Jadi, jika Anda menemukan produk setting spray dengan SPF, Anda layak mempertimbangkannya demi perlindungan ekstra.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Jika memakai riasan untuk keluar rumah, setting spray dengan kandungan UV dapat membantu melindungi kulit. Dengan begitu, setiap kali Anda mengaplikasikan ulang setting spray, kulit akan kembali mendapat proteksi sinar UV. Dengan produk ini, makeup Anda bisa lebih awet dan wajah pun terlindungi.

10 Rekomendasi setting spray terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk setting spray terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 13 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Morphe Continuous Setting Mist menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa PIXY Aqua Beauty Protecting Mist memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Citta Farenty.

Gambar produk
1
PIXY Aqua Beauty Protecting Mist 1

PIXY

2
Wardah Lightening Face Mist 1

Wardah

3
Luxcrime Ulti-Matte Oil Control Setting Spray 1

Luxcrime

4
Studio Tropik DreamSetter Make-up Setting Spray 1

Studio Tropik

5
Y.O.U NoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist 1

Y.O.U

6
SOMETHINC SRSLY Balancer Make Up Setting Spray 1

SOMETHINC

7
Hanasui Fix & Glow Setting Spray 1

Hanasui

8
Maybelline Fit Me Setting Spray 1

Maybelline

9
BIOAQUA Soft Focus Mist 1

BIOAQUA

10
BLP Beauty Makeup Fixer 1

BLP Beauty

Nama produk

Aqua Beauty Protecting Mist

Lightening Face Mist

Ulti-Matte Oil Control Setting Spray

DreamSetter Make-up Setting Spray

NoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist

SRSLY Balancer Make Up Setting Spray

Fix & Glow Setting Spray

Fit Me Setting Spray

Soft Focus Mist

Makeup Fixer

Keunggulan

Mengandung antioksidan sekaligus menyejukkan kulit

Produk 3-in-1 yang juga mencerahkan dan melindungi kulit dari blue light

Makeup bebas kilap, wajah lembap ternutrisi

Dengan ekstrak Marrubium vulgare untuk melindungi kulit dari polusi dan debu

Menutrisi kulit dengan kandungan anti-aging dan hidrasi

Pilihan setting spray untuk wajah rentan berjerawat

Maskproof, makeup tidak bergeser dan menempel pada masker

Dengan formula non-acnegenic, bebaskan Anda dari maskne

Semprotan sangat halus dan cepat kering

Makeup awet, wajah tetap segar dan lembap

Harga mulai dariRp 32.000,00Rp 28.500,00Rp 149.000,00Rp 175.000,00Rp 58.000,00Rp 69.000,00Rp 30.000,00Rp 119.900,00Rp 69.999,00Rp 109.000,00
Isi60 ml60 ml50 ml, 150 ml30 ml, 130 ml55 ml45 ml60 ml60 ml100 ml100 ml
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit berminyakSemua jenis kulitKulit keringSemua jenis kulitTidak disebutkanSemua jenis kulitKulit berminyakKulit kering
Tampilan hasil akhirTidak disebutkanTidak disebutkanMatteTranslucentTidak disebutkanSatinGlowyMatteMatteDewy
Kandungan skincareVitamin E, green tea extract, Aloe veraAdvanced NiacinamidePanthenol (provitamin B5), allantoin, citric acid, lavender waterMarrubium vulgareImmortelle C-lock Essence, sodium hyaluronate, Centella asiaticaInositolPhytessenceTM Peach Flower Witch hazelTidak disebutkanGlycerin, sugarcane extract, red algae, allantoin
Tautan produk
10
Isi100 ml
Jenis kulitKulit kering
Tampilan hasil akhirDewy
Kandungan skincareGlycerin, sugarcane extract, red algae, allantoin
9
Isi100 ml
Jenis kulitKulit berminyak
Tampilan hasil akhirMatte
Kandungan skincareTidak disebutkan
8
Isi60 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirMatte
Kandungan skincareWitch hazel
7
Isi60 ml
Jenis kulitTidak disebutkan
Tampilan hasil akhirGlowy
Kandungan skincarePhytessenceTM Peach Flower
6

SOMETHINCSRSLY Balancer Make Up Setting Spray

Mulai dari Rp 69.000,00

Isi45 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirSatin
Kandungan skincareInositol
5
Isi55 ml
Jenis kulitKulit kering
Tampilan hasil akhirTidak disebutkan
Kandungan skincareImmortelle C-lock Essence, sodium hyaluronate, Centella asiatica
4

Studio TropikDreamSetter Make-up Setting Spray

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi30 ml, 130 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirTranslucent
Kandungan skincareMarrubium vulgare
3

LuxcrimeUlti-Matte Oil Control Setting Spray

Mulai dari Rp 149.000,00

Isi50 ml, 150 ml
Jenis kulitKulit berminyak
Tampilan hasil akhirMatte
Kandungan skincarePanthenol (provitamin B5), allantoin, citric acid, lavender water
2
Isi60 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirTidak disebutkan
Kandungan skincareAdvanced Niacinamide
1
Isi60 ml
Jenis kulitSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirTidak disebutkan
Kandungan skincareVitamin E, green tea extract, Aloe vera

Tips menggunakan setting spray dengan efektif

Penggunaan setting spray yang benar akan memberikan manfaat maksimal. Untuk itu, simaklah tiga poin cara penggunaan setting spray yang efektif di sini. 

Alih-alih menyemprotkan langsung ke wajah, semprotkan pada jarak tertentu ke udara

Alih-alih menyemprotkan langsung ke wajah, semprotkan pada jarak tertentu ke udara

Menyemprotkan setting spray langsung ke wajah ternyata tidaklah efektif karena akan menbuat wajah terlalu basah. Makeup juga rentan luntur jika Anda menggunakan setting spray seperti ini. Oleh karena itu, semprotkan setting spray ke atas, lalu dekatkan wajah ke bawahnya agar butiran setting spray menempel pada wajah. Tetesan setting spray pun meresap lebih merata sekaligus lebih cepat kering.

Semprotkan setting spray sebelum Anda menggunakan bedak tabur

Semprotkan setting spray sebelum Anda menggunakan bedak tabur

Selain disemprotkan setelah semua makeup diaplikasikan, sebaiknya Anda juga menyemprotkannya sebelum memakai bedak tabur. Cara ini akan membuat makeup menempel dengan lebih baik. Hasil riasan pun tampak lebih merata dan tahan lama. 

Untuk pengaplikasian ulang, tempelkan tisu terlebih dahulu di wajah

Untuk pengaplikasian ulang, tempelkan tisu terlebih dahulu di wajah

Jika Anda ingin menyemprotkan ulang setting spray, jangan langsung menyemprotnya begitu saja. Angkatlah terlebih dahulu makeup yang luntur jika ada. Langsung menyemprotkan setting spray justru membuat makeup makin luntur atau terlihat tidak merata


Anda dapat menggunakan tisu untuk mengangkat makeup yang luntur sebelumnya. Setelah itu, perbaiki riasan dan baru selanjutnya semprotkan setting spray.

Baca juga rekomendasi produk primer lainnya di sini

Selain setting spray, produk lain yang dapat membuat makeup lebih awet adalah primer. Kami telah menyiapkan beberapa artikel mengenai beragam jenis primer. Baca artikelnya dalam tautan di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih dan rekomendasi produknya.

Kesimpulan

Setting spray adalah salah satu produk yang dapat diandalkan untuk membuat makeup awet, bahkan tak menempel pada masker. Untuk memilihnya, Anda perlu memperhatikan jenis kulit juga tampilan hasil akhirnya. Selain itu, Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti aroma dan ukuran.

 
Sudahkah Anda menemukan produk setting spray yang paling pas untuk Anda di antara rekomendasi kami? Selamat memilih dan tampil cantik dengan setting spray pilihan Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Concealer Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Concealer Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Noda hitam bekas jerawat dan mata panda tentu membuat riasan Anda tampak kurang sempurna. Anda dapat menyamarkannya dengan concealer supaya wajah terlihat flawless. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan produk concealer lokal dengan harga terjangkau, tetapi dengan kualitas yang juara.Jika Anda masih ragu dalam memilih concealer lokal yang bagus, simaklah tips dari kami ini. Kami juga memberi rekomendasi produk terbaik, baik untuk kulit berminyak, untuk menutupi bekas jerawat, maupun yang full coverage. Berbagai merk best concealer lokal ternama, seperti Wardah, Mizzu, Make Over, Mineral Botanica, dan Pixy ada dalam rekomendasi kami. 
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori