• 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Setting Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.


Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Citta Farenty
Elisabeth Gultom
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 161.934 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan beauty content creator, Citta Farenty

Berkolaborasi dengan beauty content creator, Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya.


Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Apa manfaat setting spray?

Apa manfaat setting spray?

Setting spray, seperti namanya, produk ini digunakan untuk men-setting makeup agar tidak luntur. Akhir-akhir ini, penggunaan masker diwajibkan saat keluar rumah. Jadi, banyak wanita khawatir riasan wajah rusak karena masker. 


Setting spray tahan terhadap keringat dan sebum, serta bisa mencegah makeup menempel pada masker. Untuk itu, setting spray sangat cocok digunakan pada masa seperti sekarang ini. Beberapa setting spray juga mengandung bahan pelembap dan UV protection


Kandungan yang terdapat pada setting spray tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikan makeup kapan saja. Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan setting spray saat cuaca panas untuk memberikan rasa sejuk dan nyaman. Nah, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail mengenai setting spray, selamat menyimak!

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Setting spray merupakan produk makeup yang dapat mengunci hasil akhir riasan. Produk ini digunakan agar hasil riasan menjadi lebih tahan lama. Anda juga dapat menggunakan setting spray untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan, contohnya hasil akhir matte ataupun dewy.

Cara memilih setting spray

Ada beberapa hal yang harus diingat ketika ingin memilih setting spray. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara memilihnya untuk Anda.

Sesuaikan kandungan bahan dengan jenis kulit Anda

Lunturnya makeup bisa diakibatkan oleh berbagai hal, salah satunya dipengaruhi oleh jenis kulit Anda. Nah, agar penggunaan setting spray lebih efektif, mari kenali formula setting spray dan tipe kulit Anda. 

Kulit berminyak, carilah produk yang menyerap minyak dan keringat

Kulit berminyak, carilah produk yang menyerap minyak dan keringat

Jika Anda khawatir tentang sebum dan keringat, pilihlah setting spray yang dapat memberikan hasil akhir matte. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat melihat keterangan yang tertera pada produk. Pastikan Anda menemukan formulasi produk yang dapat mengontrol minyak atau tahan air. 


Selain itu, banyak juga produk yang menuliskan keterangan, seperti "fresh setting spray" dan "matte finish". Keterangan tersebut dapat Anda jadikan acuan untuk menemukan produk yang tepat untuk jenis kulit berminyak.


Produk dengan kandungan minyak memang memiliki keunggulan melembapkan. Namun, bagi pemilik kulit berminyak, produk seperti itu memiliki kekurangan, yakni membuat makeup mudah luntur. Jadi, jika Anda ingin hasil akhir yang matte, sebaiknya pilih yang tidak mengandung komponen minyak.


Sebum sendiri biasanya disebabkan oleh naiknya suhu kulit atau dehidrasi pada kulit. Setting spray dengan kandungan mentol dapat menekan kenaikan suhu kulit. Sementara itu, setting spray yang mengandung bahan pelembap dapat menekan sekresi sebum yang berlebihan akibat kekeringan kulit. Untuk itu, silakan pertimbangkan untuk memilih setting spray dengan dua kandungan tersebut. 


Selain itu, bagi Anda yang fokus akan masalah pori-pori, pilihlah produk dengan kandungan ekstrak teh hijau. Kandungan tersebut efektif sebagai bahan pengencang pori.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berminyak, setting spray dengan matte finish bisa menjadi pilihan. Biasanya, setting spray dengan matte finish dapat mengunci minyak pada wajah. Karena itu, tipe ini dapat menghasilkan efek riasan yang lebih tahan lama pada kulit. Jangan lupa juga untuk mengecek kandungan setting spray agar Anda bisa mendapatkan produk yang cocok di kulit.

Kulit kering, gunakan produk yang mengandung pelembap

Kulit kering, gunakan produk yang mengandung pelembap

Setting spray dengan bahan pelembap disarankan untuk Anda yang memiliki kulit kering atau yang sering berada di ruangan ber-AC. Jika terlalu kering, kulit akan memproduksi sebum berlebih. Jika kulit memproduksi sebum berlebih, tetapi kulit terasa kering atau kaku, Anda mungkin memiliki kulit bagian dalam yang kering. Jadi, Anda perlu memperhatikan baik-baik bagaimana kondisi kulit Anda. 


Setting spray yang mampu melembapkan, biasanya mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid, gliserin, ekstrak bunga, herba, dan kolagen. Gampangnya, Anda dapat memilih produk dengan keterangan, seperti "melembapkan kulit", "moisturizing ingredient", atau "untuk kulit kering".


Setting spray untuk kulit kering biasa mengandung minyak yang dapat membuat riasan mudah luntur saat cuaca panas. Jadi, pilihlah produk yang tidak mengandung minyak atau sesuaikan dengan kondisi pemakaian.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit kering, gunakanlah setting spray yang bisa sekaligus membantu Anda untuk melembapkan kulit. Dengan begitu, makeup Anda bisa terlihat fresh sepanjang hari. Untuk melembapkan kulit, setting spray dengan kandungan hyaluronic acid dapat menjadi pilihan tepat untuk kulit kering.

Pilihlah tampilan hasil akhir yang Anda sukai

Pilihlah tampilan hasil akhir yang Anda sukai

Ada dua hasil akhir penggunaan setting spray, yaitu dewy finish dan matte finish. Umumnya, produk dengan hasil akhir dewy mengandung bahan pelembap atau mutiara. Sementara itu, produk matte finish biasanya mengandung bahan yang menekan produksi sebum atau oil control yang efektif. Sesuaikanlah hasil akhir riasanya berdasarkan tema makeup yang sedang Anda pakai.


Anda dapat mengetahui finish look setting spray dari keterangan yang tertulis pada kemasan produk. Jadi, pastikan Anda memeriksa keterangan tersebut, ya. Jika tidak ada keterangan, kemungkinan produk tersebut memiliki hasil akhir natural. Jika Anda tidak masalah dengan finish look tertentu, Anda dapat memilih produk tersebut.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Pemilihan setting spray juga dapat disesuaikan dengan hasil akhir yang diinginkan. Anda bisa memilih hasil akhir yang matte atau glowing. Selain itu, setting spray juga dapat Anda gunakan untuk mengoreksi riasan.


Misalnya, ketika sudah selesai makeup, Anda mungkin merasa bahwa riasan terlalu kering, matte, dan flat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan setting spray dengan dewy finish yang sedikit melembapkan dan menambah efek glowing. Sebaliknya, Anda juga bisa mengurangi hasil riasan yang terlalu glowing menggunakan setting spray dengan hasil akhir matte.

Perhatikan faktor lainnya, seperti aroma, ukuran produk, dan ukuran aerosolnya

Kandungan bahan dan finish look dari sebuah produk memang penting. Namun, ada faktor-faktor lainnya yang juga tak kalah penting. Mari simak ulasannya berikut ini. 

Aroma, pilih wangi yang Anda suka

Aroma, pilih wangi yang Anda suka

Sebagian orang mungkin suka menyemprotkan setting spray yang memiliki aroma tertentu! Untuk itu, kami merekomendasikan setting spray yang beraroma. Ada berbagai jenis wewangian, mulai dari fruity hingga floral. Jadi, silakan pilih aroma favorit Anda. 


Untuk mengetahui aroma suatu produk, Anda bisa mengeceknya pada bagian depan atau belakang kemasan. Jika hanya disebutkan "fragrance" atau "parfum", mungkin Anda akan sulit untuk menebak aromanya. Untuk menghindari salah pilih aroma, Anda dapat memilih setting spray yang tidak beraroma (fragrance-free)

Sensasi menyegarkan, pilih yang mengandung menthol atau citral

Sensasi menyegarkan, pilih yang mengandung menthol atau citral

Setting spray yang menyegarkan dan sejuk di kulit sangat cocok dipakai saat cuaca panas atau terik. Menurunkan suhu kulit juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah lunturnya makeup. 


Untuk kondisi demikian, pilihlah setting spray yang memiliki fungsi ganda, yaitu menyegarkan wajah sekaligus mencegah sebum. Setting spray yang mengandung mentol dan citral cocok untuk Anda bawa ke mana-mana dan digunakan kapan saja. 


Anda bisa mengetahui ada tidaknya bahan citral atau mentol dengan melihat daftar bahan yang tertulis di kemasan. Selain itu, produk yang bertuliskan "cool" atau "fresh" juga menandakan adanya kandungan bahan tersebut. 

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk sensasi menyegarkan, setting spray dengan kandungan menthol atau citrus memang bisa menjadi pilihan tepat. Setting spray dengan sensasi menyegarkan seperti ini dapat digunakan berulang kali sepanjang hari untuk memberi efek fresh pada riasan wajah. Namun, pastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap kandungan ini. 

Ukuran kemasan, makin kecil makin mudah dibawa

Ukuran kemasan, makin kecil makin mudah dibawa

Setting spray sering digunakan sebelum keluar rumah. Namun, pada cuaca yang terik, Anda mungkin perlu menyemprotkan ulang setting spray. Untuk itu, pilihlah ukuran setting spray yang compact agar lebih mudah dibawa-bawa.


Memeriksa ukuran setting spray memang lebih mudah dengan melihatnya secara langsung. Namun, jika Anda membelinya secara online, Anda bisa memeriksa keterangan ukuran yang dicantumkan. 

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Biasanya, setting spray dapat digunakan berulang kali sepanjang hari. Karena itu, Anda paling tidak harus siap sedia setting spray di dalam tas. Sebaiknya, pilihlah setting spray dengan kemasan yang kecil agar praktis dibawa ke mana saja untuk touch up.

Ukuran butiran cairan, pilih yang lembut dan nyaman disemprotkan ke wajah

Ukuran butiran cairan, pilih yang lembut dan nyaman disemprotkan ke wajah

Pernahkah Anda merasa wajah terasa sangat basah setelah mengaplikasikan setting spray? Wajah yang basah tersebut diyakini karena jarak penyemprotan yang terlalu dekat. Namun, ukuran butiran produk juga memengaruhi hal itu. Setting spray dengan butiran air yang halus tidak akan membuat wajah terlalu basah. Dengan demikian, efek dari setting spray untuk mencegah riasan luntur akan lebih maksimal. 


Selain itu, ada dua jenis setting spray. Pertama, jenis mist yang dapat disemprotkan tipis seperti kabut. Kedua, jenis aerosol yang dapat dengan mudah disemprotkan ke area yang luas dengan kemasan tabung aerosol. Silakan Anda pilih jenis setting spray yang nyaman untuk Anda gunakan.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Tipe mist adalah salah satu tipe semprotan setting spray yang semprotan partikelnya lebih banyak dan terfokus pada satu area. Selain itu, ada juga tipe aerosol dengan partikel semprotan yang lebih halus dan menyebar. 


Silakan pilih tipe semprotan yang butiran cairannya paling nyaman digunakan untuk kulit Anda. Namun, untuk tipe kulit berminyak, sebaiknya pilihlah setting spray dengan tipe mist. Hal ini dilakukan agar wajah tidak terlalu basah dan menyebabkan makeup luntur pada saat pengaplikasian setting spray.

Kandungan UV, cocok digunakan saat cuaca panas

Kandungan UV, cocok digunakan saat cuaca panas

Setting spray dengan kandungan SPF bisa menghalau sinar UV sekaligus menjaga makeup tetap awet. Sama halnya seperti sunblock dan sunscreen, Anda dapat mengaplikasikan setting spray berkali-kali, terutama saat hari sedang terik.


Jika nilai SPF dari alas bedak atau makeup base Anda rendah, pilihlah setting spray dengan SPF yang lebih tinggi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan besaran SPF dari makeup base yang biasa Anda gunakan.


Mengenai frekuensi pengaplikasian kembali, rumusnya adalah 1 SPF bekerja sekitar 20 menit. SPF ini berfungsi mencegah sengatan matahari dan kerusakan pada kulit akibat sinar ultraviolet. Jadi, mohon gunakan kembali sesuai dengan nilai SPF yang tertera.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Jika memakai riasan untuk keluar rumah, setting spray dengan kandungan UV dapat membantu melindungi kulit. Dengan begitu, setiap kali Anda mengaplikasikan ulang setting spray, kulit akan kembali mendapat proteksi sinar UV. Dengan produk ini, makeup Anda bisa lebih awet dan wajah pun terlindungi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Studio TropikBalance Priming Water

Mulai dari Rp 99.000,00

10 Rekomendasi setting spray terbaik

Di bawah ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk setting spray terbaik. Semoga rekomendasi ini dapat memudahkan Anda dalam menentukan produk pilihan, ya!
10

L’Oreal Infallible Pro-Spray & Set Makeup Extender Setting Spray

Mulai dari Rp 204.000,00

Isi100 ml
PeruntukanKulit berminyak
Tampilan hasil akhirMatte
Aroma✓ Kimia (chemical-smell)
Jenis Mist
9
Isi110 ml
PeruntukanKulit kering
Tampilan hasil akhirDewy
Aroma✓ Citrus
Jenis Mist
8

NYXMakeup Setting Spray – Matte

Mulai dari Rp 99.000,00

Isi60 ml
PeruntukanSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirMatte
Aromax
Jenis Mist
7

Studio TropikDreamSetter Make-Up Setting Spray

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi130 ml
PeruntukanSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirTranslucent (natural)
Aroma
Jenis Mist
6
Isi60 ml
PeruntukanSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirDewy
AromaTidak ada keterangan
Jenis Mist
5
Isi60 ml
PeruntukanKulit kering
Tampilan hasil akhirDewy
Aroma
Jenis Mist
4

MAKE UP FOR EVERMist & Fix Make-up Setting Spray

Mulai dari Rp 220.000,00

Isi30 ml, 100 ml
PeruntukanSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirDewy
Aroma✓ Floral
Jenis Mist
3

Urban DecayAll Nighter Setting Spray

Mulai dari Rp 464.000,00

Isi118 ml
PeruntukanSemua jenis kulit
Tampilan hasil akhirMatte
Aroma
Jenis Mist
2
Isi100 ml
PeruntukanKulit kering
Tampilan hasil akhirNatural
Aroma✓ Floral (rose, lavender, dan creamy coconut)
Jenis Mist
1
Isi82,8 ml
PeruntukanNormal dan kulit kombinasi
Tampilan hasil akhirDewy
Aroma
Jenis Aerosol

Tabel perbandingan produk setting spray terbaik

Gambar produk
1
Morphe Continuous Setting Mist 1

Morphe

2
MAC Prep + Prime Fix+ 1

MAC

3
Urban Decay All Nighter Setting Spray 1

Urban Decay

4
MAKE UP FOR EVER Mist & Fix Make-up Setting Spray 1

MAKE UP FOR EVER

5
PIXY Aqua Beauty Protecting Mist 1

PIXY

6
Wardah Lightening Face Mist  1

Wardah

7
Studio Tropik DreamSetter Make-Up Setting Spray 1

Studio Tropik

8
NYX Makeup Setting Spray – Matte 1

NYX

9
Etude House Fix and Fix Mist Fixer 1

Etude House

10
L’Oreal  Infallible Pro-Spray & Set Makeup Extender Setting Spray 1

L’Oreal

Nama produk

Continuous Setting Mist

Prep + Prime Fix+

All Nighter Setting Spray

Mist & Fix Make-up Setting Spray

Aqua Beauty Protecting Mist

Lightening Face Mist

DreamSetter Make-Up Setting Spray

Makeup Setting Spray – Matte

Fix and Fix Mist Fixer

Infallible Pro-Spray & Set Makeup Extender Setting Spray

Keunggulan

Sprayer mist yang nyaman dan mudah digunakan

Sempurna sebagai base hingga finishing makeup!

Mampu menahan makeup hingga 16 jam!

Setting spray alcohol-free yang mampu menahan makeup selama 12 jam

Tidak ada lagi rasa lengket, adanya rasa sejuk karena kandungan Aloe vera

Jadikan wajah cerah dengan penggunaan teratur

Kandungan Marrubium Plant Cell Technology yang dapat melindungi kulit dari polusi

Memberi hasil matte finish yang melembapkan!

Makeup selalu on dan kulit tetap lembap

Mampu mempertahankan makeup agar senantiasa terlihat fresh

Harga mulai dariRp 250.000,00Rp 450.000,00Rp 464.000,00Rp 220.000,00Rp 31.000,00Rp 28.000,00Rp 175.000,00Rp 99.000,00Rp 152.000,00Rp 204.000,00
Isi82,8 ml100 ml118 ml30 ml, 100 ml60 ml60 ml130 ml60 ml110 ml100 ml
PeruntukanNormal dan kulit kombinasiKulit keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit keringKulit berminyak
Tampilan hasil akhirDewyNaturalMatteDewyDewyDewyTranslucent (natural)MatteDewy Matte
Aroma✓ Floral (rose, lavender, dan creamy coconut)✓ FloralTidak ada keteranganx✓ Citrus✓ Kimia (chemical-smell)
Jenis AerosolMistMistMistMistMistMistMistMistMist
Tautan produk

Tips menggunakan setting spray dengan efektif

Penggunaan setting spray yang benar akan memberikan manfaat maksimal. Untuk itu, simaklah tiga poin cara penggunaan setting spray yang efektif di sini. 

Alih-alih menyemprotkan langsung ke wajah, semprotkan pada jarak tertentu ke udara

Alih-alih menyemprotkan langsung ke wajah, semprotkan pada jarak tertentu ke udara

Banyak orang yang menyemprotkan setting spray jenis mist langsung ke wajah. Jika demikian, bagian wajah yang terkena akan langsung basah oleh semprotan air. Hal ini justru dapat menyebabkan riasan luntur. 


Cara paling efektif untuk menyemprotkan setting spray adalah dengan menyemprotkan ke arah atas. Kemudian Anda mendekat ke bawahnya agar tetesan air yang terlepas ke udara mendarat ke wajah Anda. Tetesan air tersebut akan menempel merata ke wajah Anda tanpa terkesan terlalu basah. Intinya, untuk penggunaan setting spray adalah semprotkan produk dari jarak jauh. 

Semprotkan setting spray sebelum Anda menggunakan bedak tabur

Semprotkan setting spray sebelum Anda menggunakan bedak tabur

Apakah setting spray disemprotkan setelah bedak tabur? Sebaiknya, setting spray disemprotkan setelah Anda mengaplikasikan foundation atau sebelum Anda mengenakan bedak tabur. Namun, beberapa produk memiliki formulasi dan cara penggunaannya masing-masing. Jadi, baca kembali aturan pemakaiannya, ya. 

Untuk pengaplikasian ulang, tempelkan tisu terlebih dahulu di wajah

Untuk pengaplikasian ulang, tempelkan tisu terlebih dahulu di wajah

Untuk mengangkat makeup dasar yang luntur, Anda bisa menempelkan tisu di wajah Anda. Seperti halnya kertas penyerap minyak yang menyerap kelebihan sebum, tisu bisa membantu mengangkat makeup yang luntur. 


Jika Anda menambahkan makeup di atas makeup yang luntur, itu akan sia-sia. Makeup yang Anda tambahkan pun akan segera luntur. Jadi, pastikan Anda menggunakan tisu terlebih dahulu. 


Setelah itu, Anda bisa memperbaiki riasan dengan liquid makeup seperti concelar. Selanjutnya, Anda bisa menyemprotkan setting spray dan diakhiri dengan bedak tabur.

Baca juga rekomendasi produk makeup terbaik lainnya di sini

Selain setting spray, tentu Anda akan membutuhkan makeup pendukung lainnya yang dapat mempercantik penampilan. Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa artikel terkait produk makeup pendukung lainnya yang dapat Anda coba. Silakan baca artikel rekomendasi produk makeup terbaik lainnya di sini. 

Kesimpulan

Nah, kami telah menjabarkan cara memilih serta rekomendasi produk setting spray terbaik pilihan kami. Kini, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi makeup cepat luntur karena kondisi kulit kering ataupun berminyak.

Oleh karena itu, pilihlah setting spray yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar makeup lebih tahan lama. Mengaplikasikan makeup juga akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, bukan? Semoga Anda menemukan setting spray favorit Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merk, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, hingga Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
    71.213 Views
  • 10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda juga dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merk, seperti Benefit, Make Over, dan Tarte. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
    114.494 Views
  • 10 Rekomendasi Concealer Murah dan Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Concealer Murah dan Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Concealer bisa menjadi solusi instan untuk menyembunyikan masalah kulit, seperti bercak hitam, bekas jerawat, atau kantong mata. Cukup pulaskan concealer di bagian yang ingin disamarkan, wajah Anda pun menjadi mulus seketika. Masalahnya, jika Anda salah memilih concealer, bercak bukannya menjadi samar justru tampilan bisa terlihat aneh.Pada artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai concealer murah dan bagus. Selain membagikan tips memilih, kami juga akan merekomendasikan produk berkualitas tinggi, seperti concealer Maybelline, Wardah, L.A Girl, dan sebagainya. Yuk, gunakan concealer berkualitas agar Anda bisa tampil cantik setiap hari!
    Makeup wajah
    182.415 Views
  • 10 Rekomendasi BB Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi BB Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu produk kecantikan Korea yang booming di seluruh dunia adalah blemish balm atau beauty balm cream yang disingkat BB cream. Banyak orang menggunakannya sebagai pengganti foundation. Di pasaran, Anda bisa menemukan banyak brand yang menjual BB cream, seperti Etude House, Missha, dan Wardah.Anda mungkin bertanya-tanya produk mana yang paling tepat untuk Anda. Untuk itu, artikel ini akan membagi tips memilih dan merekomendasikan sepuluh produk BB cream terbaik. Bookmark artikel ini dan dapatkan BB cream yang sesuai dengan keinginan!
    Makeup wajah
    83.030 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai merek kosmetik lokal yang sangat populer di Indonesia, Wardah telah mengeluarkan berbagai produk berkualitas. Salah satu produk yang digandrungi adalah bedak. Bedak Wardah memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar negeri. Dengan kualitas yang baik, bedak Wardah dijual dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya satu jenis, Wardah sudah mengeluarkan beberapa jenis bedak yang memiliki kegunaan masing-masing. Tidak sedikit orang yang salah pilih bedak sehingga hasilnya tidak maksimal pada wajah. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bedak Wardah yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Makeup wajah
    63.805 Views
  • 10 Rekomendasi ESQA Blush Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi ESQA Blush Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tren makeup Indonesia yang dinamis makin dimeriahkan oleh banyaknya brand lokal yang bermunculan dengan kualitas internasional. Salah satu brand lokal yang bagus dan sedang hype saat ini adalah ESQA. Brand yang sering disangka merk luar ini menghadirkan pilihan face makeup, lips makeup, dan eyes makeup.Kali ini, kami akan mengulas salah satu produk face makeup terbaik ESQA yaitu blush on. Blush ESQA yang terdiri dari blush on padat, cushion blush, dan Cheek Palette, akan kami hadirkan di sini. Penasaran dengan review blush on ESQA? Simak ulasan kami berikut ini!
    Makeup wajah
    370 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori