mybest
Kemeja

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Kemeja Kuliah Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Kemeja merupakan fashion item yang bisa dikenakan dalam segala acara, termasuk untuk dikenakan ke kampus. Biasanya, kemeja yang dipakai untuk kuliah memiliki bahan yang nyaman, adem, dan menyerap keringat. Kali ini, kami akan menjelaskan berbagai macam model, bahan, dan juga tips padu padan kemeja kuliah.

Anda akan menemukan macam-macam kemeja wanita, baik model crop yang kekinian, oversized, maupun timeless. Colorbox, Novel Mice, Shopatvelvet adalah contoh merek yang kami rekomendasikan. Sebelum melihat rekomendasi lainnya, jangan lewatkan tips memilih kemeja wanita yang bagus berikut ini, ya!
Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Cara memilih kemeja kuliah untuk wanita

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kemeja wanita untuk ke kampus? Berikut kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap.

① Ketahui jenis kain atau bahan kemeja

Ketahui jenis kain atau bahan kemeja
Jenis kain untuk kemeja wanita terdiri dari beragam bahan. Bahan yang umum digunakan adalah katun, denim, flanel, rayon, dan sebagainya. Masing-masing kain memiliki ciri khas tersendiri. Berikut beberapa jenis kain yang biasa dijadikan bahan kemeja wanita.

  • Katun: Kain yang cocok dipakai saat cuaca panas ataupun dingin. Bahannya halus dan sejuk di kulit, serta mudah menyerap keringat. Bahan ini terasa ringan, tetapi kuat.

  • Flanel: Terbuat dari serat wol yang tidak ditenun. Tekstur kainnya tebal, lembut, dan lentur.

  • Denim: Tekstur kain ini cenderung kasar, tebal, kuat, dan tidak mudah kusut. Awet dan tahan lama juga merupakan salah satu keunggulannya.

  • Rayon: Ringan, sejuk, dan punya bahan yang jatuh. Kain ini sangat cocok dipakai saat cuaca panas. Daya serapnya juga tinggi. Sayangnya, kain jenis ini mudah terbakar.

  • Crepe: Kain ini memiliki tekstur berpasir atau seperti kulit jeruk. Selain itu, bahan crepe lentur, ringan, dan jatuh.

  • Oxford: Bahannya cenderung tipis, tetapi tidak transparan dan menerawang. Tekstur kainnya rata dan terlihat rapi. Akan tetapi, bahan oxford cenderung mudah kusut.

② Sesuaikan model dan macam-macam kemeja dengan kebutuhan

Setelah menentukan bahan kemeja, Anda bisa menyesuaikan model dan jenis kemeja sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih kemeja berdasarkan panjang lengan, model baju, atau motifnya. 

Tentukan berdasarkan panjang lengan kemeja

Tentukan berdasarkan panjang lengan kemeja
Kemeja wanita memiliki ukuran lengan yang beragam, mulai dari lengan pendek hingga lengan panjang. Perbedaan panjang lengan ini akan menciptakan look dan style yang berbeda. Kemeja lengan panjang akan menciptakan look formal. Kemeja jenis ini juga cocok dikenakan saat musim hujan atau saat kuliah malam karena membuat Anda lebih hangat.

Di sisi lain, jika Anda tipe orang yang mudah merasa gerah, Anda bisa memilih kemeja lengan pendek. Ada beberapa kampus yang tidak menyediakan AC di ruang kuliahnya sehingga udara pun jadi terasa panas. Dengan kemeja lengan pendek, Anda akan terlihat lebih santai, tetapi tetap sopan dan sesuai dengan aturan kampus.

Pilih berdasarkan bentuk tubuh Anda

Pilih berdasarkan bentuk tubuh Anda
Supaya kemeja yang Anda kenakan terlihat bagus, sebaiknya sesuaikan kemeja dengan postur tubuh Anda. Jangan sampai gara-gara salah memilih kemeja, penampilan Anda malah terlihat kurang menarik. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kemeja berdasarkan bentuk tubuh.

  • Bagi Anda yang bertubuh mungil, hindari baju dengan model loose atau kebesaran. Model ini hanya akan membuat Anda tampak tenggelam dan makin terlihat pendek. Anda bisa memakai kemeja dengan potongan crop atau pendek. Bila ingin memilih potongan reguler, cari yang ukurannya pas di badan. 

  • Bagi Anda yang bertubuh tinggi, sebaiknya hindari kemeja bermotif garis vertikal sebab akan membuat Anda makin menjulang. Jika postur Anda tinggi dan kurus, gunakan baju oversize atau motif kotak-kotak supaya menciptakan kesan berisi. Baju dengan warna-warna terang juga bisa menjadi pilihan. 

  • Bagi Anda yang tubuhnya berisi, baju berwarna gelap bisa menyamarkan bentuk tubuh dan membuat Anda terlihat lebih ramping. Sebisa mungkin, hindari baju bergaris horizontal supaya tidak terlihat makin lebar. Pilih juga kemeja dengan bahan yang jatuh atau punya aksen di bagian pinggang untuk membentuk lekuk tubuh. 

Pertimbangkan antara kemeja motif atau polos

Pertimbangkan antara kemeja motif atau polos
Setiap orang wajib memiliki kemeja polos dalam koleksi pakaiannya. Kemeja ini lebih mudah dipadukan dengan outfit lain, serta bersifat timeless dan tidak akan pernah ketinggalan zaman. Kemeja polos juga akan memberi kesan simpel, elegan, dan bersih. Anda bebas memilih antara warna basic seperti putih, hitam, atau krem dengan warna lain yang Anda sukai. 

Di sisi lain, memakai kemeja polos saja mungkin akan terlihat membosankan. Jadi, Anda juga bisa memilih beberapa pasang kemeja motif untuk Anda miliki. Bila Anda tipe wanita yang simpel, Anda bisa memilih motif-motif yang umum, seperti polkadot, stripe, atau kotak-kotak. Namun, jika ingin terlihat lebih eye-catching, motif floral atau abstrak bisa dijadikan pilihan. 

③ Perhatikan aksen pada kemeja yang menarik

Perhatikan aksen pada kemeja yang menarik

Detail hiasan pada kemeja mampu menciptakan kesan yang berbeda dibanding kemeja polos. Fungsi adanya aksen pada kemeja adalah memperelok penampilan dan juga dapat membuat bentuk tubuh tampak seimbang. Berikut contoh aksen tambahan yang umum dijumpai di kemeja.


  • Lengan balon: Bagian lengan berbentuk gembung seperti balon. Biasanya, bahan kemeja yang digunakan untuk aksen ini cenderung kaku. Lengan balon dapat membuat tubuh mungil Anda tampak berisi. 

  • Kerah pita: Detail hiasan kerah pita merupakan kain panjang yang dijahit di bagian leher dan diikat berbentuk pita. Kemeja dengan kerah pita cocok digunakan untuk acara formal. 

  • Tali pinggang: Aksen tali pada kemeja memberikan kesan makin atraktif dan modis. Selain itu, aksen tali juga dapat menyamarkan atau menunjukkan bentuk tubuh.

  • Ruffle: Salah satu aksen pada busana yang membuat penampilan makin manis dan feminin adalah ruffle. Aksen ini dapat ditemukan di bagian dada, lengan, atau bagian bawah kemeja. Detail ini berbentuk lipatan yang bertumpuk atau menyerupai renda.

④ Sesuaikan jenis kemeja wanita dengan kegiatan yang diikuti

Sesuaikan jenis kemeja wanita dengan kegiatan yang diikuti
Ada banyak alasan mahasiswi datang ke kampus setiap harinya. Ada yang mengikuti perkuliahan, ikut acara seminar, nongkrong di sekretariat himpunan, atau sekadar diskusi bersama teman. Supaya tidak salah kostum, sebaiknya Anda menyesuaikan jenis kemeja dengan acara yang hendak diikuti.

Untuk menghadiri kuliah harian atau mengikuti kegiatan di himpunan, Anda bisa memakai kemeja kasual atau semiformal. Sementara itu, jika Anda hendak mengikuti seminar, konferensi, atau sidang ujian akhir, gunakanlah kemeja berdesain formal.

10 Rekomendasi kemeja kuliah terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kemeja kuliah terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Monellina

BALBI Kemeja Oversize Wanita Batwing

Monellina BALBI Kemeja Oversize Wanita Batwing 1枚目

Ala street style, hadirkan gaya yang fashionable

2

OCLO

Asher Shirt

OCLO Asher Shirt 1枚目

Kecantikan Anda jadi makin terlihat dengan busana hijab ini

3

Novel Mice

LeRosetz Round Neck Shirt

Novel Mice LeRosetz Round Neck Shirt 1枚目

Tubuh tampak tegap dan percaya diri

4

May Outfit

Nuvala Shirt

May Outfit Nuvala Shirt 1枚目

Mengusung kemeja model Korea, makin terlihat cute dan manis

5

Loony

Tartan Shirt

Loony Tartan Shirt 1枚目

Tampilkan sisi maskulin, tetapi tetap terlihat girly

6

This Is April

Marisa Top

This Is April Marisa Top 1枚目

Cocok bagi pemilik tubuh gemuk ataupun mungil

7

Then Blank

Basic Shirt

Then Blank Basic Shirt 1枚目

Model simpel dengan beragam warna polos, anak kuliahan wajib punya!

8

Colorbox

Printed Short Sleeve Shirt

Colorbox Printed Short Sleeve Shirt 1枚目

Motif floralnya bikin penampilan makin cerah dan segar

9

Shopatvelvet

Stitched Shirt White

Shopatvelvet Stitched Shirt White 1枚目

Fashion item minimalis, satu kemeja untuk banyak style!

10

Cottonink

Kemeja Oversize Boxy Black Garneet

Cottonink Kemeja Oversize Boxy Black Garneet 1枚目

Tampil modis di segala acara dengan kemeja oversized

Perincian produk
Close
No.1

MonellinaBALBI Kemeja Oversize Wanita Batwing

Mulai dari Rp300.000,00

Ala street style, hadirkan gaya yang fashionable

Kemeja basic yang satu ini mampu menciptakan penampilan lebih bergaya dengan model batwing-nya. Ukuran kemejanya cukup besar sehingga dapat menutupi bentuk tubuh dan juga nyaman untuk Anda pakai beraktivitas.


Model seperti ini bisa digunakan untuk acara semiformal ataupun kasual. Terbuat dari bahan moscrepe yang ringan dan jatuh, produk ini cocok untuk Anda yang aktif berkegiatan di kampus. 

No.2

OCLOAsher Shirt

Mulai dari Rp88.000,00

Kecantikan Anda jadi makin terlihat dengan busana hijab ini

Kemeja lengan panjang untuk Anda yang berhijab tentu jadi makin beragam dengan model yang menarik dan kekinian. Untuk menambah koleksi, Anda bisa memilih produk dari brand OCLO ini. Ada tiga warna yang ditawarkan, yaitu khaki, broken white, dan hitam.  Aksen kerutan pada bagian pinggang membuat penampilan Anda makin cantik dan feminin.
No.3

Novel MiceLeRosetz Round Neck Shirt

Mulai dari Rp429.900,00

Tubuh tampak tegap dan percaya diri

Beberapa bentuk cutting dan aksen dari pakaian dapat memberikan pengaruh pada bentuk tubuh. Detail aksen pada produk ini terdapat pada kerah bulat dan bagian lengan membentuk lengan bishop. Dengan begitu, kemeja ini menciptakan bentuk tubuh tampak lebih tegap, tetapi tidak kaku. Anda dapat menggunakan kemeja ini untuk menampilkan kesan formal.

No.4

Mengusung kemeja model Korea, makin terlihat cute dan manis

Saat ini fashion ala Korea menjadi kiblat fashion yang terus diikuti. Ciri-ciri dari busana model Korea adalah berwarna pastel dan memiliki detail hiasan yang cute. Jika Anda mencari kemeja untuk kuliah ala Korea, pilih saja produk ini!


Perpaduan warna kerah yang polos dengan motif stripe di bagian badan membuatnya terlihat manis. Selain itu, terdapat aksen pita di bagian samping yang menambah penampilan makin cute.

No.5

Tampilkan sisi maskulin, tetapi tetap terlihat girly

Kemeja flanel sering diidentikkan dengan pakaian untuk kegiatan outdoor. Tak heran jika kemeja berbahan tebal dan bisa menghangatkan ini kerap dipakai para petualang. Namun, Anda juga bisa memakainya untuk pergi ke kampus, lho!


Padukan kemeja flanel ini dengan jeans atau celana cargo. Setelahnya, tambahkan sepatu boots atau sepatu Converse. Kemeja ini layak dimiliki oleh Anda yang ingin menampilkan sisi maskulin sekaligus tetap terlihat manis.

No.6

This Is AprilMarisa Top

Mulai dari Rp239.000,00

Cocok bagi pemilik tubuh gemuk ataupun mungil

Kemeja dari This Is April ini memiliki aksen kancing di samping yang membuatnya unik. Jika Anda memiliki tubuh mungil, Anda dapat menggunakan kemeja ini tanpa mengancingkannya ke samping. Pasalnya, hal ini akan membuat bentuk tubuh makin terlihat kecil.


Sementara untuk pemilik tubuh berisi, kancing ke samping ini dapat menyamarkan dan membuat tubuh tampak ramping. Namun, Anda dapat styling dan padu padan dengan fashion item lain sesuai gaya yang ingin ditampilkan. 

No.7

Then BlankBasic Shirt

Mulai dari Rp179.000,00

Model simpel dengan beragam warna polos, anak kuliahan wajib punya!

Sesuai namanya, Basic Shirt dari brand fashion lokal ini memiliki model yang simpel dengan pilihan warna-warna polos. Kemeja ini cocok untuk Anda yang menyukai busana simpel. Namun, desain kerah mandarin pada produk ini tetap membuat penampilan lebih bergaya. Miliki koleksi semua warnanya untuk dipakai bergantian ke kampus.

No.8

ColorboxPrinted Short Sleeve Shirt

Mulai dari Rp149.900,00

Motif floralnya bikin penampilan makin cerah dan segar

Pernahkah Anda merasa tidak mood karena salah memilih pakaian? Tentu hal ini perlu dihindari terlebih saat ke kampus.Anda bisa mendapatkan solusinya dengan menggunakan kemeja floral dari Colorbox ini. Bahannya terbuat dari katun yang jatuh dan adem, beraktivitas seharian di kampus pun tetap nyaman. Motif floral dengan dasar berwarna biru tampak cerah untuk digunakan semua warna kulit.
No.9

Fashion item minimalis, satu kemeja untuk banyak style!

Minimalis tidak hanya sekadar dari model atau bentuk busananya saja. Anda dapat menggunakan satu kemeja untuk beberapa gaya termasuk gaya minimalis, lho! Jika Anda ingin mencobanya, produk ini tepat dijadikan pilihan. Stitched shirt berwarna putih dari Shopatvelvet ini memiliki model straight cut dengan jahitan kontras di kerah. 

Anda bisa memadukan kemeja ini dengan midi skirt, straight pants, atau jeans. Anda juga dapat memasukkan bagian bawah kemeja ke celana untuk mendapatkan gaya yang chic. Tidak hanya itu, dijadikan luaran juga oke!

No.10

CottoninkKemeja Oversize Boxy Black Garneet

Mulai dari Rp289.000,00

Tampil modis di segala acara dengan kemeja oversized

Apakah Anda suka kebingungan saat memilih baju untuk kuliah? Pilih saja kemeja oversized  sebagai solusinya! Produk dari Cottonink ini terbuat dari 100% katun yang nyaman dan adem dipakai seharian. 

Kemeja oversized dapat menyamarkan bentuk tubuh, ditambah dengan kerah V yang membuat tubuh tampak lebih ramping. Produk ini bisa dipakai untuk acara formal ataupun santai. Anda bisa memadukannya dengan celana kulot atau rok sepan agar lebih keren.

Tips padu padan kemeja kuliah untuk wanita

Tips padu padan kemeja kuliah untuk wanita

Selain tips memilih produk kemeja wanita untuk kuliah, simak juga tips memadukan kemeja dengan fashion item lainnya. Pasalnya, padu padan yang match akan membuat penampilan makin optimal dan meningkatkan kepercayaan diri.


  • Kemeja polos dengan celana jeans: Gaya timeless ini bisa digunakan untuk acara semiformal di kampus. Anda dapat menggunakan semua model kemeja untuk dipasangkan dengan jeans. Untuk tampilan makin modis, masukkan kemeja ke celana jeans.

 

  • Kemeja sebagai outer: Penggunaan outer menghadirkan kesan yang cheerful dan easy going. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan kemeja sebagai outer ke kampus. Untuk lapisan dalamnya, gunakan kaos berbahan adem dan menyerap keringat.

  • Kemeja crop dengan celana highwaist: Untuk tampil nyentrik, cobalah gunakan kemeja crop Anda dengan celana highwaist.

  • Kemeja dengan rok plisket: Jika menyukai gaya yang feminin, kemeja dengan bahan crepe atau katun bisa dipasangkan dengan rok plisket. Perpaduan keduanya menciptakan tampilan yang manis dan feminin.

  • Kemeja dengan tali ikat atau belt: Pada kemeja basic berwarna polos, tambahkan tali yang diikat di pinggang atau belt. Anda dapat menggunakan bawahan apa pun sesuai selera.

  • Padukan kemeja dengan knit vest: Perpaduan keduanya menciptakan gaya yang kasual dan stylish. Anda dapat menggunakan kemeja berlengan pendek atau panjang dan bawahan apa saja.

Baca juga rekomendasi kemeja wanita lainnya di sini

Selain artikel ini, kami masih punya banyak sekali rekomendasi kemeja wanita untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca dengan mengeklik link yang ada di bawah ini. Jika ingin mencari rekomendasi lainnya, silakan kunjungi website kami! 

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memperkenalkan sepuluh kemeja wanita terbaik yang bisa Anda kenakan saat pergi kuliah. Bagaimana tanggapan Anda? Apakah ada kemeja yang menarik hati dan membuat Anda tertarik untuk membelinya?


Sebelum Anda membeli kemeja, pastikan dahulu bahwa kemeja yang akan Anda beli benar-benar cocok dan nyaman untuk dipakai. Anda bisa mempertimbangkan dari desain, panjang lengan, dan bentuk tubuh Anda. Akhir kata, selamat berburu kemeja!

5 Rekomendasi Kemeja Kuliah untuk Wanita terbaik

No. 1MonellinaBALBI Kemeja Oversize Wanita Batwing

No. 2OCLOAsher Shirt

No. 3Novel MiceLeRosetz Round Neck Shirt

No. 4May OutfitNuvala Shirt

No. 5LoonyTartan Shirt

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer