1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Cat & perlengkapan
  6. >
  7. 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2023)

Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.


Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!

Diperbaharui 08-05-2022
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cat tembok

Ada beragam merek cat yang bisa Anda beli dengan mudah di marketplace. Merek apakah yang pas dengan kebutuhan rumah Anda? Mari simak poin-poin cara memilihnya terlebih dahulu sebelum membeli!

① Tentukan warna cat tembok berdasarkan kesan rumah yang ingin ditonjolkan

Hal pertama yang harus dipikirkan saat hendak mengecat tembok adalah soal pemilihan warna. Warna putih memang sering menjadi pilihan sebagai cat tembok interior ataupun eksterior. Namun, masih ada banyak pilihan warna lainnya yang bisa Anda gunakan.

Anda sebaiknya tidak asal-asalan dalam menentukan warna sebab warna tembok bisa memengaruhi mood penghuninya. Di sisi lain, pemilik rumah juga bisa menunjukkan karakter pribadinya berdasarkan pemilihan warna cat. Berikut penjelasan mengenai psikologi warna.

Warna lembut yang elegan, untuk mendapatkan suasana tenang

Warna lembut yang elegan, untuk mendapatkan suasana tenang
Warna-warna dinding yang lembut merupakan warna yang memiliki karakter tenang. Contoh warna tersebut di antaranya hijau muda, hijau pupus, biru laut, biru muda, hijau tosca, serta ungu. Selain itu, cat warna putih pun tak luput digunakan untuk memberikan kesan ruangan yang lebih terang.

Warna-warna cat tembok ini memberikan suasana yang sejuk, menenangkan, membantu menghilangkan stres, dan menyeimbangkan emosi. Rumah dengan dominasi warna ini juga akan terkesan luas dan modern. Anda yang berkepribadian introvert, pendiam, serius, dan tenang akan cocok menggunakan cat warna ini.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Anda dapat membuat warna yang lembut dengan pemilihan warna pastel yang kini sedang naik daun untuk menghiasi dinding interior ruangan. Saat ini, produk cat umumnya memiliki moodboard sehingga Anda bisa dengan mudah memilih warna sesuai keinginan Anda. Jangan lupa sesuaikan warna catnya dengan konsep rumah serta warna furnitur ruangan Anda.

Warna natural, untuk hadirkan suasana hangat

Warna natural, untuk hadirkan suasana hangat

Untuk Anda yang memiliki kepribadian hangat, bersemangat, simpel, serta bersahabat, warna-warna natural bisa menjadi pilihan. Warna seperti merah, cokelat, kuning, oranye, dan terakota adalah warna yang cocok untuk Anda. Warna tersebut mampu merefleksikan kepribadian Anda. Rumah dengan warna natural juga akan terkesan hangat, nyaman, harmonis, dan akrab.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Warna natural merupakan pilihan yang umum digunakan pada ruangan. Jika Anda menginginkan nuansa ruangan yang tidak cepat ketinggalan zaman, pilih cat dengan warna natural. Warna natural dapat memberikan efek ketenangan.


Cat ini juga cocok digunakan pada ruangan yang berfungsi menambahkan suasana relaksasi dan pemulihan bagi yang menempatinya. Suasana tersebut sangat cocok dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Warna ceria, untuk menciptakan suasana yang fresh dan penuh vitalitas

Warna ceria, untuk menciptakan suasana yang fresh dan penuh vitalitas
Anda ingin menciptakan rumah dengan karakter fresh, hidup, dan penuh vitalitas? Anda bisa mencoba cat dengan warna-warna ceria. Pilihlah warna putih kebiru-biruan, kuning muda, kuning lemon, hijau limau, hijau apel, biru laut, atau pink. Warna yang banyak mengambil inspirasi dari alam ini cocok bagi Anda yang terbuka, senang berinteraksi dengan alam, serta gemar mencoba hal-hal baru.
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Jika Anda senang mengeksplorasi dan berekspresi dengan warna, pilihlah warna bersaturasi tinggi yang dapat meningkatkan suasana keceriaan dalam ruangan. Pemilihan warna ceria juga cocok untuk Anda yang memiliki buah hati.


Anda bisa menerapkan warna ceria pada ruangan anak maupun ruang keluarga. Warna cerah dan ceria juga mampu meningkatkan mood agar kita bisa lebih semangat dalam beraktivitas.

Warna cerah dan tegas, untuk tonjolkan karakter berani

Warna cerah dan tegas, untuk tonjolkan karakter berani
Deretan warna cerah dan tegas akan menciptakan karakter rumah yang berani. Cobalah pilih warna hijau tua, biru tua, kuning menyala, merah menyala, pink tua, orange, dan biru dongker. 

Warna-warna tersebut mampu menimbulkan perasaan bebas, penuh percaya diri, ekspresif, serta meningkatkan daya konsentrasi. Karakter warna ini juga cocok untuk pribadi yang dinamis, semarak, senang bergaul, dan berjiwa muda.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Warna yang cerah dan tegas bisa menjadi aksen atau titik fokus pada ruangan karena memiliki kontras yang tinggi untuk mata kita. Warna memiliki efek psikologis kepada manusia. Oleh karena itu, ketahui jenis warna cerah yang sesuai dengan mood ruangan yang ingin Anda capai.


Jangan sampai Anda memilih warna yang menimbulkan efek psikologis yang salah. Hal tersebut dapat merusak kenyamanan dan estetika ruangan Anda.

② Guna mendapatkan hasil akhir yang sesuai, pilih cat berdasarkan karakteristiknya

Setelah mengetahui soal psikologi warna, sebaiknya Anda juga memahami tentang jenis-jenis cat berdasarkan karakteristik hasil akhirnya. Ada cat yang menghasilkan efek glossy, doff, eggshell, serta satin. Berikut penjelasannya!

Cat glossy: Tampilan berkilau dan bisa dibersihkan

Cat glossy: Tampilan berkilau dan bisa dibersihkan
Cat glossy terbagi menjadi dua jenis, yakni high gloss dan semi gloss. Saat terkena cahaya, tembok yang menggunakan cat high gloss akan terlihat lebih berkilau. Cat ini cocok untuk tembok luar atau tembok eksterior rumah yang sering terpapar sinar matahari.

Sementara itu, cat semi gloss lebih cocok untuk tembok dapur atau kamar mandi. Jika dibandingkan high gloss, tingkat kilaunya memang lebih rendah, tetapi tidak mudah mengelupas. Keunggulan lain dari cat glossy adalah mudah dilap saat ada noda menempel alias bersifat antinoda. Noda tersebut dapat dengan cepat dilap dengan kain saja.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Cat glossy dapat menjadi aksen yang kuat untuk ruangan Anda. Oleh karena itu, cermatlah dalam penggunaan jenis cat glossy untuk ruangan Anda. Pastikan juga permukaan bidang yang akan dicat sudah rata. Efek glossy dari cat ini akan memantulkan cahaya sehingga defect pada bidang dapat mudah terlihat.

Cat doff atau matte: Sangat berkarakter dan tampak menyatu dengan dinding

Cat doff atau matte: Sangat berkarakter dan tampak menyatu dengan dinding
Cat jenis doff atau yang juga disebut dengan nama cat matte tidak memantulkan cahaya. Cat ini tidak berkilau seperti cat glossy. Karakter cat ini lembut dan terlihat menyatu pada dinding, serta menawarkan kesan yang kalem dan sederhana. Oleh karena itu, cat ini lebih banyak digunakan sebagai cat interior.

Kelebihan dari cat doff adalah mampu menutupi kecacatan warna atau tekstur permukaan tembok. Di sisi lain, kekurangan cat ini adalah lebih mudah mengapur dibandingkan cat glossy. Lalu, jika ada noda yang menempel, akan lebih sulit dibersihkan.

Cat eggshell: Hasil akhir tembok bertekstur dan mudah dibersihkan

Cat eggshell: Hasil akhir tembok bertekstur dan mudah dibersihkan
Eggshell alias kulit telur merupakan jenis cat dengan hasil akhir yang bertekstur, tetapi halus. Cat jenis ini adalah cat yang mudah dilap dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. 

Anda bisa mengaplikasikan cat ini untuk dinding interior, seperti ruang keluarga, ruang kerja, atau ruang tamu. Dengan cat eggshell, tembok Anda akan terlihat cukup artsy. Hanya saja, cat tembok dengan hasil akhir eggshell agak sulit ditemukan di Indonesia.

Cat satin, untuk tampilan mewah

Cat satin, untuk tampilan mewah
Ingin menghadirkan kesan mewah pada hunian Anda? Gunakanlah cat satin. Anda akan mendapatkan hasil yang terlihat mewah, tetapi tidak terlalu mengilat seperti jenis glossy atau menempel seperti jenis doff. Saat disentuh, dinding akan terasa lembut di tangan.

Cat yang dapat dibersihkan ini bisa diaplikasikan untuk dinding kamar atau ruang tamu. Bagi Anda yang mempunyai restoran dan galeri, cat jenis ini adalah pilihan terbaik.

③ Sesuaikan cat dengan lokasi tembok, di bagian dalam atau luar rumah?

Sesuaikan cat dengan lokasi tembok, di bagian dalam atau luar rumah?
Tembok bagian manakah yang hendak Anda cat? Tembok bagian dalam atau bagian luar rumah? Aspek tersebut harus diperhatikan sebab tiap-tiap tembok memiliki kebutuhan jenis cat yang berbeda.

  • Untuk tembok bagian dalam rumah, Anda bisa menggunakan cat khusus interior. Cat jenis ini biasanya berbahan dasar air (water-based) dan merupakan jenis cat tembok yang mudah dilap saat ada noda yang menempel.

  • Untuk tembok bagian luar rumah, carilah cat khusus tembok eksterior yang fleksibel atau berbahan latex acrylic. Alasannya adalah tembok luar rumah akan sering terkena sinar matahari, air hujan, serta polusi asap kendaraan. Karena itu, Anda membutuhkan cat yang elastis, mampu menghadapi perubahan cuaca, dan tidak mudah mengelupas.

Di sisi lain, Anda juga bisa memilih cat waterproofCat tembok waterproof melindungi tembok Anda dari rembesan atau retak yang menyebabkan kebocoran. Biasanya cat tembok waterproof digunakan di tembok bagian luar.

④ Perhatikan kualitas dan pilih cat yang tahan lama

Perhatikan kualitas dan pilih cat yang tahan lama
Setiap orang pasti berharap cat rumahnya awet sehingga tidak perlu sering-sering mengecat rumah. Untuk itu, Anda harus benar-benar mencari cat tahan lama yang berkualitas.

Pastikan cat dinding yang Anda pilih bisa tahan terhadap segala terpaan cuaca, tidak mudah terkelupas, serta tidak mudah jamuran. Tak hanya itu, cat rumah sebaiknya juga mudah dibersihkan dan dilap ketika ada noda yang menempel.


Cat berkualitas tinggi dan awet biasanya memilih harga yang jauh lebih mahal. Sangat disayangkan jika memilih cat yang murah, tetapi mudah rusak. Sebab, pada akhirnya malah menjadi lebih boros. Anda jadi harus sering mengecat rumah dan mengeluarkan dana jauh lebih banyak. Jadi, pertimbangkanlah hal tersebut.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Saat ini banyak produsen cat yang menawarkan garansi pada produk mereka dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


Sebelum mengeklaim garansi, pastikan Anda sudah melakukan pengecatan sesuai dengan standar, arahan, dan rekomendasi dari produknya. Hal ini membantu kita sebagai pengguna produk untuk mencapai hasil terbaik. Dengan demikian, ruangan kita dapat berfungsi dan memiliki performa tampilan sesuai yang kita inginkan.

10 Rekomendasi cat tembok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cat tembok terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Avian Brands

No Drop

Avian Brands No Drop 1枚目

Diklaim sebagai cat pelapis antibocor nomor 1 di Indonesia

2

Dulux

Catylac Interior

Dulux Catylac Interior 1枚目

Warna dinding lebih cerah dan memukau berkat Chroma Brite

3

Adhi Cakra Utama Mulia

Aquaproof

Adhi Cakra Utama Mulia Aquaproof 1枚目

Antibocor! Pelapis dinding kedap air dan dekoratif

4

Puffin Paint

Nucolour Exterior

Puffin Paint Nucolour Exterior 1枚目

Cat tembok eksterior antijamur, tahan cuaca hingga 3 tahun lamanya

5

Mowilex

Emulsion

Mowilex Emulsion 1枚目

Hadirkan warna mewah dan tahan lama pada dinding rumah Anda

6

Warna Agung

Decolith

Warna Agung Decolith 1枚目

Satu-satunya cat tembok berbahan dasar full acrylic, bisa untuk plafon juga!

7

Jotun

Jotaplast

Jotun Jotaplast 1枚目

Sudah tersertifikasi aman, 100% bebas bahan kimia berbahaya

8

Nippon Paint

Vinilex Gloss

Nippon Paint Vinilex Gloss 1枚目

Pas untuk penggunaan interior dan exterior, tampak glossy dan antibakteri

9

Danapait

Danabrite

Danapait Danabrite 1枚目

Hasil akhirnya matte, tetapi mudah dibersihkan!

10

Kansai Paint

Anti-Mosquito

Kansai Paint Anti-Mosquito 1枚目

Rumah bebas nyamuk sampai 2 tahun!

Perincian produk
Close
No.1

Diklaim sebagai cat pelapis antibocor nomor 1 di Indonesia

Siapa yang tak kenal No Drop? Produk dari Avian Brand ini diklaim sebagai cat pelapis antibocor nomor 1 di Indonesia. Keunggulan yang dimiliki cat ini adalah sifatnya yang elastis. Cat ini mampu menempel dengan baik dan menutup dinding dengan sempurna dari rembesan air.


No Drop juga tidak mudah retak karena sifatnya yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem. Selain itu, warna cat ini juga lebih variatif. Harganya pun bisa dibilang cukup terjangkau. Apabila Anda mencari cat pelapis antibocor berkualitas dengan harga ekonomis, produk satu ini bisa dipertimbangkan.

No.2

DuluxCatylac Interior

Mulai dari Rp125.000,00

Warna dinding lebih cerah dan memukau berkat Chroma Brite

Anda sedang mencari cat dengan hasil akhir yang cerah dan tersedia dalam beragam pilihan warna? Dulux Catylac Interior adalah produk yang bisa Anda coba! Karena memiliki teknologi Chroma Brite, cat ini mampu menghadirkan warna-warni yang memukau pada dinding rumah. Soal keamanan juga tak perlu diragukan. Pewarna dalam cat ini tidak mengandung tambahan timbal ataupun merkuri.

No.3

Adhi Cakra Utama MuliaAquaproof

Mulai dari Rp65.000,00

Antibocor! Pelapis dinding kedap air dan dekoratif

Rembesan serta rumah yang bocor memang sangat merepotkan, terutama saat musim hujan. Untuk melindungi rumah Anda dari bocor, gunakanlah Aquaproof. Aquaproof merupakan cat pelapis dinding yang memiliki daya lekat kuat serta kedap air.


Aquaproof bersifat thixotropic atau tidak menetes saat diaplikasikan. Tentu saja pengaplikasiannya jadi lebih mudah. Selain melindungi tembok rumah Anda dari bocor, Aquaproof menyediakan pilihan warna-warni yang juga menarik.

No.4

Puffin PaintNucolour Exterior

Mulai dari Rp108.000,00

Cat tembok eksterior antijamur, tahan cuaca hingga 3 tahun lamanya

Puffin Paint hadir untuk menawarkan cat dengan daya tahan yang bagus. Dari beberapa produk Puffin Paint, kami merekomendasikan cat tembok eksterior dengan hasil akhir matte ini. Cat ini tahan cuaca sampai tiga tahun lamanya. Di samping itu, cat ini cepat kering, antijamur, serta ramah lingkungan. Daya tutup dan lekatnya pun tergolong sangat baik.

No.5

Hadirkan warna mewah dan tahan lama pada dinding rumah Anda

Maksimalkan tampilan interior rumah Anda dengan memilih cat dinding yang tepat. Jika menginginkan tampilan mewah pada bagian dalam rumah Anda, cobalah untuk menggunakan cat tembok interior premium satu ini. Mowilex Emulsion menghadirkan warna-warna elegan dengan hasil akhir matte yang halus dan modern.


Warna cat Mowilex dijamin tahan lama dan tidak cepat luntur. Anda juga tidak perlu khawatir dinding berlumut atau berjamur, sebab cat ini sudah dilengkapi formula antilumut dan antijamur. Selain itu, noda pada permukaan dinding juga lebih mudah dibersihkan.

No.6

Satu-satunya cat tembok berbahan dasar full acrylic, bisa untuk plafon juga!

Apabila Anda mencari cat tembok sekaligus plafon yang ramah lingkungan, Decolith bisa menjadi jawaban. Cat ini merupakan satu-satunya cat tembok berbahan full acrylic di kelasnya. Produk cat satu ini dijamin aman karena bebas dari timbal dan juga merkuri.


Cat ini memberikan hasil akhir matte dengan warna cemerlang pada dinding Anda. Produk ini juga memiliki daya sebar yang luas sehingga bisa Anda pakai untuk mengecat ruangan berukuran besar. Per 1 kg bisa Anda gunakan untuk mengecat ruangan berukuran 12 meter persegi. Selain awet, cat ini juga tidak mudah mengapur.

No.7

Sudah tersertifikasi aman, 100% bebas bahan kimia berbahaya

Anda mungkin bertanya-tanya apakah cat rumah yang hendak dibeli 100% bebas bahan kimia berbahaya? Jika memakai Jotun Jotaplast, jawabannya adalah iya. Cat emulsi interior bersertifikat Singapore Green Label ini tentu saja ramah lingkungan.

Cat ini mampu menutup dinding rumah dengan sempurna. Hasil akhirnya terasa halus dan cakupannya pun luas sehingga pemakaian cat dinding bisa lebih efisien. Di samping itu, Jotun Jotaplast juga mudah diaplikasikan pada dinding rumah. Mengecat pun menjadi lebih menyenangkan!
No.8

Pas untuk penggunaan interior dan exterior, tampak glossy dan antibakteri

Apabila Anda menginginkan cat dengan hasil akhir glossy, Anda bisa memilih Vinilex Gloss. Cat tembok ini bisa Anda gunakan sebagai cat tembok interior ataupun tembok eksterior. Sebagai cat eksterior, cat ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca. 


Vinilex Gloss menggunakan teknologi silver ion untuk melindungi tembok dari bakteri. Lalu, hasil akhir yang halus membuat tembok lebih mudah dibersihkan. Lebih spesial lagi, Nippon Paint memiliki warna Spring Vigor alias hijau bolu pandan, lho! Warna ini jarang Anda temukan pada merek cat lain.

No.9

Hasil akhirnya matte, tetapi mudah dibersihkan!

Danabrite dari Danapaint adalah cat tembok dengan hasil akhir matte. Meski memiliki hasil akhir matte, tembok tetap mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkan noda menggunakan air sabun. Untuk ruangan yang natural dan mudah dibersihkan ketika ada noda, pilihlah cat ini.


Cat Danabrite bisa diaplikasikan pada berbagai permukaan, lho. Anda bisa mengaplikasikannya pada beton, plesteran, bata, gypsum, asbes, sampai papan kayu atau tripleks. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk dinding sekaligus plafon ruangan.

No.10

Rumah bebas nyamuk sampai 2 tahun!

Salah satu risiko tinggal di negara tropis adalah banyaknya nyamuk. Namun, jangan khawatir soal itu. Kansai Paint memiliki cat Anti-Mosquito yang diklaim ampuh mengusir nyamuk, bahkan nyamuk malaria dan Aedes aegypti.


Meski ampuh mengatasi nyamuk, teknologi MosQick yang digunakan terbukti aman untuk manusia dan hewan peliharaan. Teknologi ini ampuh bekerja selama dua tahun dan telah diuji oleh tim dari Institut Pertanian Bogor.

Baca juga rekomendasi cat lainnya di sini

Tak hanya untuk dinding saja, tetapi ada juga cat untuk kebutuhan lainnya. Anda bisa memilih cat berdasarkan permukaan yang akan Anda warnai, seperti besi, kayu, atau genteng. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai jenis cat lainnya.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih cat tembok sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda beli. Kami juga telah memberikan informasi seputar cat tembok interior (indoor) dan tembok exterior (outdoor). Perhatikan kebutuhan Anda dengan keunggulan masing-masing cat, ya!

Pastikan Anda benar-benar teliti dalam memilih cat tembok supaya tidak menyesal sesudahnya. Cat tembok yang indah akan membuat rumah makin semarak dan penghuninya makin betah. Semoga Anda menemukan cat tembok yang diidam-idamkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer