1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2023)

Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.

Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!

Diperbaharui 11-28-2022
Pakar
Biotechnologist
Marceline Noviani

Marceline merupakan seorang lulusan Bioteknologi yang aktif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat. Pemahamannya tentang gizi dan kesehatan memotivasinya untuk mendirikan jasa katering sehat, Brocoonpo Food, pada 2018. Selain itu, wanita yang akrab disapa Celine ini juga sering membagikan tentang bahayanya diet ekstrem melalui media sosial. Marceline juga pernah melakukan penelitian di Korea Selatan terkait hubungan antara sel kanker payudara dengan kandungan lemak pada manusia.

Profil Marceline Noviani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengapa susu baik untuk diet?

Mengapa susu baik untuk diet?

Susu memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Baik susu sapi maupun susu berbahan kacang-kacangan, keduanya sangat baik untuk mendukung penurunan berat badan Anda. Beberapa manfaat susu sapi, yaitu:

  • Membantu mengembalikan stamina setelah berolahraga serta membentuk otot berkat kandungan proteinnya.
  • Membantu proses pembakaran lemak pada tubuh dengan adanya kandungan kalsium.

Kandungan kalori pada susu sapi cukup tinggi. Namun, mengonsumsi satu gelas sehari tidak berpengaruh pada penambahan berat badan, apalagi jika susunya rendah lemak atau susu skim. Susu sapi biasa mengandung 150–160 kalori, sedangkan susu skim hanya sekitar 90 kalori per 240 ml. 


Selain susu sapi, Anda bisa mengonsumsi susu berbahan kacang-kacangan karena kandungan nutrisinya tidak kalah dengan susu sapi. Menariknya, kandungan kalori pada susu berbahan kacang-kacangan lebih rendah daripada susu sapi. 


Sekarang ini, Anda bisa menemukan susu untuk menurunkan berat badan. Susu diet membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak. Memilih susu diet sangat tepat untuk menggantikan susu biasa yang Anda konsumsi sehari-hari.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik untuk menurunkan berat badan yang ideal. Protein adalah bahan penyusun tubuh yang memiliki banyak fungsi, salah satunya mengatur hormon rasa lapar. 


Susu mengandung banyak protein seperti kasein, albumin, dan globulin. Kandungan protein ini akan membuat Anda merasa kenyang dengan meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan. Kandungan ini juga akan membantu mengurangi kadar hormon pemicu lapar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu diet untuk mengurangi berat badan

Agar penurunan berat badan Anda maksimal, berikut kami berikan tips memilih susu yang baik untuk diet. Simak poin-poin berikut ini, ya!

① Perhatikan kandungan nutrisinya

Perhatikan kandungan nutrisinya

Saat menjalani program diet, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi harian. Susu penurun berat badan biasanya berfungsi sebagai meal replacement atau pengganti makan berat Anda. Maka dari itu, pastikan susu diet memenuhi kebutuhan kalori, lemak, karbohidrat, dan protein harian Anda.


Konsumsi protein yang tinggi juga dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Namun, tingkat asupan protein ini juga harus disesuaikan dengan aktivitas. Bila Anda rutin berolahraga tiga kali dalam seminggu, pilihlah susu tinggi protein dan rendah lemak.


Kami merekomendasikan susu protein untuk diet yang mengandung 10–15 gram protein. Sementara itu, susu rendah lemak untuk diet biasanya hanya mengandung 3 gram lemak per sajiannya.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Selain membangun tulang dan gigi, kandungan kalsium pada susu membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dan vitamin D-nya membantu membakar kalori dalam tubuh dengan cara meningkatkan metabolisme. Selain itu, susu juga mengandung vitamin B3 (niacin) yang tinggi. Niacin sendiri dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang stabil dan meningkatkan pengeluaran energi.

② Periksa asal bahan susu

Periksa asal bahan susu
Saat memilih susu yang bagus untuk diet, cermati asal susu tersebut. Hal ini sangat penting untuk Anda yang memiliki alergi susu sapi atau menjalankan gaya hidup vegan.

Kebanyakan susu diet menggunakan susu skim dari sapi sebagai bahan utama. Namun, jika Anda menghindari susu sapi, sebaiknya pilihlah alternatif susu diet dari kacang-kacangan atau protein whey. 


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai minuman protein, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini. 

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Alergi merupakan reaksi penolakan oleh tubuh. Salah satu alergi yang sering kita temui adalah alergi terhadap susu sapi. Alergen (kandungan yang menyebabkan alergi) pada susu sapi ialah laktosa. Bila Anda memiliki alergi susu sapi (lactose intolerant), bahan dasar susu dari tumbuhan atau nabati dapat menjadi pilihan. 


Perlu diketahui, umumnya komposisi protein pada susu sapi lebih tinggi dibandingkan pada susu nabati. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat yang setara seperti susu sapi, Anda perlu meningkatkan porsi susu nabati yang dikonsumsi.

③ Cek varian rasa yang tersedia

Cek varian rasa yang tersedia
Susu untuk diet menurunkan berat badan haruslah dikonsumsi secara rutin. Oleh karena itu, memilih rasa susu yang Anda suka juga tak kalah penting. Beruntungnya, susu diet saat ini hadir dalam banyak pilihan rasa. 

Sebagai contoh, susu diet keluaran WRP menawarkan lima varian rasa. Dengan banyaknya varian rasa susu diet tersebut, program diet Anda pasti akan lebih menyenangkan.

10 Rekomendasi susu diet terbaik untuk mengurangi berat badan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu diet terbaik untuk mengurangi berat badan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Flimty

Flimeal Meal Replacement

Flimty Flimeal Meal Replacement  1枚目

Pengganti sarapan yang tinggi nutrisi, kenyang lebih lama!

2

Herwell

Herslim Meal Replacement

Herwell  Herslim Meal Replacement 1枚目

Membantu menurunkan berat sekaligus meningkatkan imunitas

3

Sinarfood Healthindo

Phaseo

Sinarfood Healthindo Phaseo 1枚目

Diet jadi lebih mudah dengan susu diet ini!

4

Greenfields

Skimmed Milk

Greenfields Skimmed Milk 1枚目

Susu murni dengan kandungan lemak sangat rendah!

5

WRP

Meal Replacement

WRP Meal Replacement  1枚目

Susu diet antibosan dengan lima varian rasa yang enak

6

V-SOY

Multi Grain Soy Milk

V-SOY Multi Grain Soy Milk 1枚目

Alternatif susu diet untuk yang intoleran laktosa

7

Nutrifood

L-Men Lose Weight

Nutrifood L-Men Lose Weight 1枚目

Nutrisi tinggi protein untuk Anda yang aktif berolahraga

8

Nutrifood

Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Original

Nutrifood Tropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Original 1枚目

Menjaga berat badan sekaligus kesehatan jantung Anda

9

Kalbe

Peptisol

Kalbe Peptisol 1枚目

Tinggi protein dengan sumber lemak nabati dan bebas laktosa

10

Mirota

Lactona Skim Low Fat

Mirota Lactona Skim Low Fat 1枚目

Susu skim untuk diet yang bebas lemak dan kolesterol

Perincian produk
Close
No.1

FlimtyFlimeal Meal Replacement

Mulai dari Rp25.000,00

Pengganti sarapan yang tinggi nutrisi, kenyang lebih lama!

Kelebihan:

  • Tinggi protein dan serat, membantu pembentukan massa otot dan memperlancar pencernaan
  • Rasanya tidak bikin enek


Kekurangan:

  • Tidak memiliki pilihan rasa lainnya


Anda ingin diet yang bebas lapar? Coba dulu meal replacement dari Flimty. Protein shake untuk diet ini mengandung kedelai, beras cokelat, chia seeds, dan flax seeds oil yang baik untuk diet.


Perpaduan antara kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara itu, asupan nutrisi harian Anda akan tetap terjaga. Kandungan proteinnya juga tinggi, yaitu mencapai 18 g, lho!

No.2

Herwell Herslim Meal Replacement

Mulai dari Rp15.400,00

Membantu menurunkan berat sekaligus meningkatkan imunitas

Kelebihan:

  • Bisa beli per sachet
  • Terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan rasa

Diet yang kurang tepat akan berpengaruh pada kesehatan Anda, mulai dari rambut rontok hingga masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah susu diet ini. Selagi membantu program diet Anda, susu pelangsing ini juga meningkatkan imunitas tubuh. 


Rahasianya ada pada susu kolostrum yang mengandung immunoglobulin G (IgG) yang bermanfaat dalam memelihara daya tahan tubuh. Susu diet ini juga diperkaya dengan protein, asam amino, dan multigrain yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

No.3

Sinarfood HealthindoPhaseo

Mulai dari Rp50.000,00

Diet jadi lebih mudah dengan susu diet ini!

Kelebihan:

  • Bisa disajikan hangat ataupun dingin
  • Dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk anak-anak, serta ibu hamil dan menyusui

Susu ini dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali sehari sebelum makan agar Anda tidak makan secara berlebihan. Bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, susu diet yang satu ini akan membuat proses diet Anda terasa lebih mudah.


Selain itu, nutrisinya akan melengkapi kebutuhan harian Anda dengan adanya berbagai kandungan vitamin. Dengan rasa yang enak, kalori tubuh Anda akan terkontrol dengan cara yang menyenangkan.

No.4

GreenfieldsSkimmed Milk

Mulai dari Rp22.900,00

Susu murni dengan kandungan lemak sangat rendah!

Kelebihan:

  • Mudah ditemukan di swalayan atau minimarket

Kekurangan:

  • Perlu segera dihabiskan dalam waktu beberapa hari setelah segel dibuka

Ingin mempertahankan bentuk tubuh yang ideal? Kami punya rekomendasi susu untuk diet dari Greenfields. Susu UHT ini punya kandungan lemak yang sangat rendah, yaitu hanya 0,1%! Dengan rasa yang tetap nikmat, diet jadi menyenangkan. 


Kandungan protein per sajiannya juga cukup tinggi, yakni mencapai 10 g per sajiannya. Bila Anda menemukan kandungan gula dalam tabel nilai gizinya, jangan khawatir. Gula tersebut merupakan gula alami yang sudah terkandung dari susu itu sendiri. Susu diet ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di minimarket terdekat.

No.5

Susu diet antibosan dengan lima varian rasa yang enak

Kelebihan:

  • Enak disajikan hangat ataupun dingin
  • Tinggi kandungan vitamin dan mineral, dapat menjaga daya tahan tubuh 

Kekurangan:

  • Harga agak pricey untuk ukuran kemasan 324 gram

Singkirkan rasa jenuh Anda dan buat diet jadi lebih menyenangkan dengan susu WRP. Susu diet yang sudah terkenal ini tersedia dalam lima pilihan rasa yang enak. Diet Anda dijamin tidak membosankan! Anda dapat mengonsumsinya pada pagi dan malam sebagai pengganti makan besar.


Formula susu diet ini juga tinggi serat dan protein. Alhasil, perut akan merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi, susu ini mengandung omega-6 yang dapat meningkatkan konsentrasi serta menjaga kesehatan jantung, lho.

No.6

V-SOYMulti Grain Soy Milk

Mulai dari Rp7.500,00

Alternatif susu diet untuk yang intoleran laktosa

Kelebihan:

  • Rendah lemak, aman dikonsumsi setiap hari

Kekurangan:

  • Hanya tersedia ukuran 200 ml

Jangan khawatir bila Anda punya masalah intoleran laktosa. Susu rendah kalori untuk diet yang satu ini terbuat dari kedelai. Tak cuma kedelai, susu ini juga mengandung multigrain, di antaranya wijen hitam, beras merah, dan gandum. Perpaduan tersebut menciptakan cita rasa baru yang khas. Selain itu, komposisi susu V-Soy ini bebas kolesterol dan sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

No.7

NutrifoodL-Men Lose Weight

Mulai dari Rp138.500,00

Nutrisi tinggi protein untuk Anda yang aktif berolahraga

Kelebihan:

  • Diperkaya dengan multivitamin dan mineral, membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan ukuran kemasan

Sudah rajin berolahraga, tetapi penurunan berat badan belum maksimal? Anda harus mencoba L-Men. Susu diet khusus pria ini terbukti efektif menurunkan berat badan sampai dengan 1,5 kg dalam 1 minggu. Meski begitu, massa otot Anda dijamin tetap terjaga.


Kandungan protein whey dalam susu diet ini juga tinggi, yakni mencapai 15 g. Dengan dilengkapi sereal, susu diet ini cocok dijadikan meal replacement yang praktis Anda bawa ke mana saja. Anda bisa melakukan aktivitas harian dengan lebih berenergi dan terbebas dari rasa lapar yang menyiksa.

No.8

NutrifoodTropicana Slim Skim Milk Fiber Pro Original

Mulai dari Rp117.700,00

Menjaga berat badan sekaligus kesehatan jantung Anda

Kelebihan:

  • Diperkaya dengan sepuluh jenis vitamin, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian
  • Tinggi kandungan serat, membantu memperlancar pencernaan

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan rasa lainnya

Susu untuk diet yang bagus memang banyak. Namun, susu diet berikut ini sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja, terutama oleh penderita diabetes. Alasannya, susu Tropicana Slim untuk diet ini mampu menjaga kadar gula darah tetap normal.


Susu ini juga bebas lemak, bebas gula, dan tinggi kalsium. Ditambah dengan kandungan omega-3 dan serat yang baik, berat badan terjaga, jantung pun makin sehat!

No.9

Tinggi protein dengan sumber lemak nabati dan bebas laktosa

Kelebihan:

  • Diklaim bisa meningkatkan berat janin bagi wanita hamil
  • Baik dikonsumsi oleh pasien pascaoperasi

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan ukuran lainnya

Susu diet khusus yang satu ini menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan. Beberapa manfaat utama dari susu ini adalah untuk mengontrol berat badan dan membentuk massa otot. Susu ini juga dianjurkan untuk Anda yang memiliki kondisi kesehatan lain yang membutuhkan asupan protein tinggi.


Pasalnya, protein dalam susu Peptisol berasal dari whey yang mudah diserap tubuh. Sementara itu, sumber lemak Peptisol berasal dari sumber nabati yang bebas lemak jenuh. Susu diet ini juga bebas laktosa dan gluten, lho. Jadi, Anda yang memiliki pencernaan cenderung sensitif bisa tenang mengonsumsinya.

No.10

MirotaLactona Skim Low Fat

Mulai dari Rp39.500,00

Susu skim untuk diet yang bebas lemak dan kolesterol

Kelebihan:

  • Rasa enak dan gurih meski variannya plain

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan rasa dan ukuran kemasan

Risau dengan masalah berat badan dan kolesterol yang tinggi? Lakukan olahraga teratur dan konsumsilah susu skim untuk diet dari Lactona. Susu diet ini bebas lemak trans dan kolesterol, tetapi tinggi protein dan kalsium.


Selain itu, susu diet ini juga bebas gula. Itulah mengapa susu ini tidak memiliki rasa atau plain. Susu yang cocok untuk diet ini juga banyak dianjurkan untuk membantu masa pemulihan badan setelah sakit.

Pertanyaan seputar susu diet

Pertanyaan seputar susu diet

Konsumsi diet masih sering diragukan banyak orang. Padahal, susu yang tepat justru mendukung proses diet Anda. Berikut adalah pertanyaan seputar susu diet.

Susu diet sebaiknya diminum kapan?

Selain efek samping, satu pertanyaan yang sering muncul adalah waktu minum susu yang tepat. Waktu minum susu diet ada beragam tergantung dari saran penyajian yang tertera pada kemasannya.


Namun, secara umum Anda dapat meminum susu setelah makan dan setelah berolahraga. Pasalnya, kandungan protein pada susu bermanfaat memperbaiki metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, protein juga berperan dalam pembentukan massa otot sehingga baik dikonsumsi setelah berolahraga.

Beberapa tips seputar diet

Selain menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan susu yang bagus untuk diet, kami juga punya beberapa tips untuk Anda. Simak pemaparan selengkapnya di bawah ini, ya!

Lakukan hal berikut jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal!

Lakukan hal berikut jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal!

Selain mengonsumsi susu diet, Anda perlu melakukan hal berikut jika ingin mendapatkan badan ideal. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk program diet yang optimal? Berikut tipsnya.


  • Pilihlah aktivitas olahraga yang meningkatkan pembakaran kalori. Lakukan kardio dan olahraga angkat beban secara teratur serta bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

  • Perhatikan asupan makanan Anda. Hindari diet yang terlalu ketat yang membuat Anda kekurangan kalori selama berolahraga. Pilih asupan makanan yang tinggi protein serta rendah lemak dan karbohidrat.

  • Cukupi kebutuhan istirahat Anda dengan pola tidur yang teratur, yaitu 6–8 jam per hari. Kurang tidur meningkatkan hormon ghrelin yang memicu nafsu makan makin meningkat.

  • Jaga asupan air dalam tubuh Anda. Minumlah air putih secara teratur sebanyak 2 liter setiap harinya.

Ingatlah bahwa penurunan berat badan yang ideal adalah 2–3 kg per bulannya. Penurunan berat badan yang berlebih dalam waktu singkat sangat tidak baik untuk tubuh Anda. Jadi, lakukan diet dengan sabar dan konsisten, ya.

Marceline Noviani
Biotechnologist
Marceline Noviani

Tracking is a key. Cobalah untuk mengetahui berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda. Selain itu, pantau juga berapa komposisi protein, karbohidrat, dan lemak agar Anda bisa mendapatkan badan yang ideal. 


Ketahuilah bahwa body mass index (BMI) bukanlah segalanya. Bila Anda melakukan latihan beban, otot Anda tentunya akan lebih besar dan Anda akan memiliki berat badan yang lebih. Makin banyak otot di tubuh Anda, makin muda umur metabolisme yang dimiliki. 


Bila umur metabolisme Anda lebih muda, tubuh tentunya juga lebih mudah mengolah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan cara seperti ini, berat Anda tidak akan cepat bertambah.

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Tips dari biotechnologist kami, Marceline Noviani

Beberapa orang senang menikmati susu bersama sereal. Saat memutuskan untuk mengonsumsi sereal demi menurunkan berat badan, perhatikanlah kandungan serealnya dengan saksama. Periksalah kandungan gula, serat, vitamin, mineral, dan daftar bahan lengkapnya.


Sebaiknya, dalam 100 gram sereal, maksimal kandungan gulanya adalah 6 gram dan kandungan seratnya minimal 5 gram. Pilihlah sereal yang mengandung vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin D, asam folat, zat besi, dan vitamin B.


Sebisa mungkin, pilihlah sereal yang memiliki bahan dasar biji-bijian utuh seperti gandum utuh dan gandum hitam. Hal ini penting karena kandungan ini merupakan komposisi utama dari sereal yang Anda makan.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk menurunkan berat badan di sini

Selain susu diet, kami juga masih punya rekomendasi produk menarik lainnya untuk mendukung diet Anda. Mulai dari susu rendah lemak hingga sereal untuk diet, semua ada di sini. Yuk, langsung klik link-nya!

Kesimpulan

Berat badan ideal adalah dambaan banyak orang. Namun, banyak orang sering kali menghindari susu saat diet. Padahal, susu diet saat ini sudah banyak pilihannya. Untuk memilih susu diet yang tepat, Anda hanya perlu mengikuti tips dari kami.

Perlu diingat, saat menjalani diet, tetap perhatikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Imbangi diet Anda dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Semoga info kami bermanfaat dan selamat menemukan susu diet terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer