• 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pengangkatan sel-sel kulit mati atau eksfoliasi sangat penting untuk kesehatan kulit. Anda dapat menggunakan face scrub untuk eksfoliasi kulit wajah Anda. Berbagai merek face scrub dapat Anda temui di pasaran, seperti Pond’s, The Body Shop, dan Nivea. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing untuk kulit Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih face scrub, seperti kandungannya. Kami akan membahas tentang cara memilih face scrub yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai produk face scrub untuk Anda. Simak terus artikel ini agar Anda tidak salah memilih face scrub.
  • Pembaharuan terakhir: 27 November 2019
  • 13.597 Views
Daftar isi

Cara memilih face scrub

Produk face scrub memiliki kandungan bahan-bahan untuk berbagai jenis kulit. Namun, bahan apa yang cocok untuk kulit Anda? Berikut ini ulasan kami tentang cara memilih face scrub.

Pilih ukuran scrub yang sesuai

Pilih ukuran scrub yang sesuai
Ada 2 jenis eksfoliator yang dapat Anda temui di pasaran, yaitu fisik dan kimia. Face scrub merupakan salah satu bentuk eksfoliator fisik. Ukuran scrub pada face scrub sangat berpengaruh pada kulit Anda. Ukuran scrub yang terlalu besar dapat mengiritasi dan membekas di kulit Anda. Pilihlah ukuran scrub yang tidak terlalu besar agar manfaatnya dapat Anda rasakan tanpa membuat kulit iritasi.

Pilih kandungan bahan sesuai dengan jenis kulit

Face scrub memiliki berbagai kandungan yang beragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan jenis kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda.

Untuk kulit normal, pilih bahan sesuai tujuan penggunaan face scrub

Untuk kulit normal, pilih bahan sesuai tujuan penggunaan face scrub
Anda yang memiliki kulit normal akan lebih leluasa untuk memilih face scrub. Jika Anda memiliki masalah komedo atau ingin mencerahkan kulit, pilihlah face scrub dengan kandungan mineral yang tinggi. Face scrub dengan kandungan mineral tinggi dapat membersihkan pori dengan lebih mendalam dan mencerahkan. Selain itu, ekstrak buah-buahan yang kaya antioksidan juga dapat melindungi kulit Anda dan mencegah timbulnya kerutan. Gunakan face scrub dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Untuk kulit kering, pilih bahan yang melembapkan

Untuk kulit kering, pilih bahan yang melembapkan
Menggunakan face scrub sering kali membuat kulit Anda kering. Anda yang memiliki jenis kulit kering harus lebih berhati-hati dalam memilih face scrub agar tidak semakin kering. Pilihlah face scrub dengan bahan-bahan yang melembapkan. Anda dapat memilih bahan-bahan seperti madu, alpukat, Aloe vera, jojoba oil, serta bahan lainnya. Anda cukup menggunakan scrub seminggu sekali agar kulit tidak menjadi semakin kering.

Untuk kulit berminyak, pilih face scrub dengan tea tree oil

Untuk kulit berminyak, pilih face scrub dengan tea tree oil
Produksi minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori dan kemudian menimbulkan jerawat. Eksfoliasi sangat penting untuk kulit berminyak agar pori-pori tetap bersih. Gunakan face scrub yang mengandung asam salisilat untuk membersihkan pori-pori. Selain itu, produksi minyak serta kelembapan pada kulit Anda juga harus dijaga. Kandungan tea tree oil dan mint dapat menjaga produksi minyak tanpa membuat kulit Anda menjadi kering.

Untuk kulit berjerawat, pilih yang mengandung asam salisilat

Untuk kulit berjerawat, pilih yang mengandung asam salisilat
Sebaiknya face scrub tidak diaplikasikan pada wajah yang berjerawat. Terutama ketika jerawat Anda sedang meradang. Tunggu sampai jerawat Anda mengempis, baru setelahnya Anda dapat menggunakan face scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat memilih face scrub dengan kandungan asam salisilat untuk membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat datang kembali.

Untuk kulit kombinasi, pilih kandungan yang melembutkan tanpa membuat kering

Untuk kulit kombinasi, pilih kandungan yang melembutkan tanpa membuat kering
T-zone yang berminyak, tetapi area pipi kering adalah permasalahan kulit kombinasi. Anda membutuhkan face scrub yang dapat mengurangi produksi minyak, melembapkan, serta meratakan tekstur kulit. Gunakan face scrub yang mengandung gliserin dan hyaluronic acid untuk melembutkan tekstur kulit Anda. Face scrub yang mengandung enzim dari buah juga sangat baik untuk meratakan tekstur kulit Anda.

Untuk kulit sensitif, pilih oat sebagai bahan face scrub

Untuk kulit sensitif, pilih oat sebagai bahan face scrub
Kulit sensitif memang membutuhkan perhatian ekstra, tetapi bukan berarti kulit sensitif tidak perlu scrub. Anda dapat memilih scrub yang lebih halus untuk face scrub. Pilihlah bahan oat dan witch hazel yang baik untuk meredakan iritasi pada kulit sensitif. Bahan yang meredakan iritasi dapat menjaga agar kulit Anda tidak kemerahan setelah melakukan face scrub.

Pilih face scrub tanpa bahan berbahaya

Pilih face scrub tanpa bahan berbahaya
Saat menggunakan face scrub tentunya Anda menginginkan kulit yang sehat. Anda harus memperhatikan bahan-bahan tambahan yang terkandung di dalamnya. Hindari bahan-bahan yang tidak baik untuk kulit Anda, seperti pengawet, pewarna, atau pewangi buatan. Anda dapat mengalami dampak negatif ketika bahan-bahan tersebut Anda gunakan dalam jangka waktu panjang. Perhatikan kembali kandungan bahan-bahan masker pilihan Anda agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.

10 Rekomendasi face scrub terbaik

Tidak sulit untuk memilih face scrub, bukan? Berikut ini adalah rekomendasi face scrub terbaik untuk berbagai jenis kulit. Perhatikan bahan-bahan dan manfaat lainnya, ya!

10. Sariayu Econature Face Scrub

Rp 55.500,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifEkstrak pomegranate, kolagen

9. Nivea Men White Oil Clear Pore Minimizing Scrub

Rp 22.500,00

Jenis kulitBerminyak
Bahan aktifCarnitine, ginseng

8. Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Scrub

Rp 100.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan aktifMinyak kelapa, ekstrak vanila, ekstrak biji cokelat, Aloe vera

7. The Body Shop Seaweed Pore Cleansing Exfoliator

Rp 199.000,00

Jenis kulitBerminyak, kombinasi
Bahan aktifSeaweed mineral, jojoba oil

6. Sukin Detoxifying Facial Scrub Super Greens

Rp 120.000,00

Jenis kulitNormal sampai kering
Bahan aktifKale, spirulina, parsley

5. Pond’s Men Energy Charge Icy Gel Scrub

Rp 26.500,00

Jenis kulitBerminyak
Bahan aktifAsam salisilat, ekstrak biji kopi

4. The Face Shop Smart Peeling Honey Black Sugar Scrub

Rp 139.000,00

Jenis kulitBerminyak
Bahan aktifBlack sugar, madu

3. Emina Apricot Jam Face Scrub

Rp 19.000,00

Jenis kulitBerminyak, berjerawat
Bahan aktifBiji aprikot, minyak zaitun

2. St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

Rp 50.000,00

Jenis kulitSensitif
Bahan aktifEkstrak oatmeal, madu

1. Himalaya Purifying Neem Scrub

Rp 33.100,00

Jenis kulitNormal, berminyak, berjerawat
Bahan aktifNeem, aprikot

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan face scrub

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan face scrub
Sel-sel kulit mati dapat membuat wajah Anda terlihat kusam, berisisik, serta menyebabkan masalah kulit lainnya. Eksfoliasi dengan scrub sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Namun, tidak semua keadaan kulit dapat dieksfoliasi. Scrub dapat memperparah kondisi kulit yang sedang iritasi maupun meradang akibat jerawat. Sebaikya eksfoliasi dilakukan saat kondisi kulit lebih baik.
Agar eksfoliasi Anda maksimal, pertama-tama pastikan tidak ada rambut yang menghalangi wajah Anda. Bilas wajah Anda dengan air terlebih dahulu sebelum eksfoliasi. Kemudian, tuangkan scrub pada telapak tangan Anda dan percikan sedikit air. Air akan mempermudah Anda mengaplikasikan scrub pada wajah Anda. Pijat scrub pada wajah Anda dengan gerakan memutar dari tulang pipi, dagu, dan dahi selama 1 menit. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya juga pada bagian leher Anda.
Setelah selesai, bilas wajah Anda sambil melakukan gerakan memijat. Pastikan tidak ada scrub yang tertinggal pada wajah Anda. Keringkan wajah Anda dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk. Terakhir, jangan lupa gunakan pelembap setelah selesai.
Anda dapat melakukan eksfoliasi pada pagi maupun malam hari. Jika Anda memiliki kulit berminyak, lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Kulit yang kering cukup satu kali saja dalam seminggu.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini!

Selain face scrub, ada berbagai rentetan perawatan wajah lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Produk-produk tersebut berupa face wash, lotion, face mist, dan banyak produk lainnya. Kami sudah pernah membahas beberapa produk perawatan wajah yang tentunya berkualitas. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel-artikelnya di sini.

Kesimpulan

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang face scrub. Perhatikan jenis kulit Anda dan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk yang akan Anda beli. Jangan lupa untuk menyesuaikan budget Anda dengan produk incaran Anda.
Semoga Anda mendapatkan produk face scrub yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mendapatkan kulit sehat dan bersinar!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    58.140 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    70.776 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    56.497 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    37.948 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    58.182 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    47.075 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Mencoba berbagai kosmetik dan perawatan kulit saat masih muda ternyata bisa menyebabkan kulit bermasalah pada usia 40-an. Untuk mengembalikan kesehatan kulit, Anda membutuhkan produk perawatan kulit seperti sabun pembersih muka yang sesuai.Menemukan sabun muka yang cocok dengan untuk usia dan jenis kulit adalah langkah pertama penunda penuaan. Jadi, kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih sabun muka batangan, juga merekomendasikan produk terbaiknya untuk usia 40-an. Temukanlah sabun muka batangan yang sesuai kebutuhan supaya Anda dapat mengurangi pemakaian cream dan serum wajah!
    Kosmetik & kesehatan
    1.168 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori