• 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Face Scrub Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)

Tumpukan sel kulit mati menyebabkan berbagai masalah kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda butuh eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati secara mendalam. Kini Anda bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan bantuan exfoliating scrub. Namun, apa manfaat face scrub dan bagaimana cara menggunakannya? 


Kali ini kami akan mengulas tips memilih face scrub terbaik sesuai jenis kulit Anda, termasuk untuk kulit berminyak. Temukan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merk, seperti Saturday Looks, Emina, St. Ives, dan Wardah. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Ifa Musyrifah
Erny Kurnia
Seftina Qurnia
  • Pembaharuan terakhir: 26 Juni 2021
  • 173.076 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Apa manfaat eksfoliasi wajah?

Apa manfaat eksfoliasi wajah?

Kulit Anda dapat melakukan regenerasi secara alami setiap 21–28 hari. Ketika hal tersebut terjadi, diperlukan eksfoliasi untuk membantu membuang sel kulit mati Anda. Sel kulit mati yang menumpuk di atas kulit dapat menyebabkan beragam masalah serius. Penumpukan sel kulit mati menyebabkan kulit kusam, tidak glowing, tekstur kulit yang kasar, komedo, hingga jerawat. 


Rutin melakukan eksfoliasi membawa dampak positif untuk kulit Anda, di antaranya mencerahkan dan membantu regenerasi kulit. Eksfoliasi juga akan membantu membersihkan pori-pori tersumbat sehingga mencegah timbulnya jerawat. 


Dengan kulit yang bersih, skincare yang Anda gunakan akan terserap dan bekerja lebih optimal. Hasilnya, kulit Anda akan terasa sehat dan glowing alami. Makeup yang Anda gunakan nantinya juga akan menempel dengan sempurna, lho.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kulit manusia secara alami mengalami regenerasi teratur, idealnya dalam rentang 21–28 hari. Sel kulit pada akhirnya akan terlepas dalam bentuk lembaran yang halus (flakes). Proses pelepasan sel kulit mati yang teratur dan berkala diperlukan untuk mendapatkan regenerasi kulit yang sehat


Namun, proses pelepasan sel kulit mati ini sering kali mengalami gangguan akibat polusi, paparan sinar ultraviolet, dan penggunaan jenis kosmetik tertentu. Hal ini juga tergantung dengan jenis kulit yang berminyak serta pertambahan usia.


Exfoliating adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang bertujuan untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati yang berlebih. Dengan melakukan proses ini, Anda bisa mendapatkan regenerasi kulit yang lebih baik dan sehat.


Terdapat dua macam cara untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Pertama adalah dengan chemical exfoliator seperti exfoliating toner dengan bahan aktif AHA, BHA, ataupun poly HA. Cara yang kedua adalah dengan melakukan facial scrubbing.

Cara memilih face scrub untuk wanita

Meski banyak beredar di pasaran, tidak semua face scrub bisa digunakan dengan bebas. Anda harus menyesuaikan face scrub dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda. Berikut ini adalah panduan memilih face scrub yang tepat.

Kenali lebih jauh tipe-tipe face scrub

Kenali lebih jauh tipe-tipe face scrub

Sebenarnya, ada dua jenis eksfoliasi yang bisa Anda pilih, yaitu physical exfoliator dan chemical exfoliator. Kali ini, kami akan membahas khusus tentang physical exfoliator saja, ya.


Physical exfoliator merupakan produk yang lebih dahulu populer jika dibandingkan dengan chemical exfoliator. Eksfoliator ini memiliki bentuk fisik yang biasa muncul dalam bentuk masker atau peeling berbentuk scrub halus.


Face scrub mudah ditemukan, punya beragam varian sesuai dengan jenis kulit, dan memiliki rentang harga yang beragam. Kebanyakan face scrub dibuat dari bahan natural, seperti oats, biji-bijian, maupun ekstrak tanaman. 


Pemakaian face scrub bisa sedikit tricky karena butirannya yang dapat memicu iritasi, khususnya untuk kulit sensitif dan berjerawat. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab brand ternama saat ini sudah berinovasi untuk memenuhi beragam kebutuhan jenis kulit. Dengan pemakaian yang tepat, face scrub pasti aman digunakan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pada prinsipnya, facial scrubbing bertujuan untuk mengangkat kulit mati dari permukaan kulit. Sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit akan menyebabkan kulit tampak kusam, kering, kasar, dan lebih gelap. Saat Anda melakukan pembersihan sel kulit mati, kulit akan terasa menjadi lebih lembut, tidak kering, cerah, dan glowing.


Facial scrubbing adalah metode eksfoliasi yang dilakukan secara mekanis dengan cara menggosokan butiran halus di permukaan kulit. Butiran ini bisa terbuat dari bahan alami seperti oats dan berbagai jenis biji-bijian alami. Selain itu, ada juga butiran microbeads buatan dari bahan yang aman.


Terdapat berbagai tipe scrub yang ada di pasaran yang semuanya tergantung dengan kegunaannya. Makin kecil ukuran butiran yang digunakan, makin lembut dan aman scrub tersebut. Produk seperti ini biasanya diperuntukan untuk area kulit yang lembut, seperti wajah, ketiak, dan lengan bagian dalam.

Gunakan face scrub sesuai jenis kulit

Face scrub saat ini hadir dengan beragam bahan utama dan bahan tambahan. Oleh karena itu, sangat penting menemukan face scrub yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Untuk kulit normal, scrub lembut yang tidak mengiritasi

Untuk kulit normal, scrub lembut yang tidak mengiritasi

Beruntung bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang normal. Anda bisa lebih leluasa memilih face scrub sesuai dengan concern Anda. Anda hanya perlu memastikan produk yang Anda pilih memiliki butiran scrub yang halus. 


Carilah produk yang bisa mengangkat sel kulit mati dengan maksimal, tetapi tetap memiliki bahan aktif yang seimbang. Misalnya, scrub dengan kandungan pencerah untuk mengatasi kulit kusam atau ekstrak buah yang kaya antioksidan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk jenis kulit normal, pilihlah face scrub yang mengandung pelembap dengan butiran yang halus. Tambahan kandungan pelembap dapat bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah iritasi. Selain itu, bentuk butiran face scrub yang homogen dan bulat sempurna tanpa sudut akan lebih aman dan lembut. Dengan demikian, kulit Anda tidak akan lecet ataupun iritasi. 

Untuk kulit kering, seimbangkan dengan kandungan yang menghidrasi

Untuk kulit kering, seimbangkan dengan kandungan yang menghidrasi

Tidak ada halangan bagi pemiliki kulit kering untuk mencoba face scrub. Bila kulit Anda tergolong kering, temukan face scrub yang menambahkan kandungan pelembap dan kemampuan menghidrasi kulit.


Pilihlah face scrub yang terbuat dari bahan-bahan ringan, seperti madu, alpukat, Aloe vera, glycerin, jojoba oil, dan bahan lainnya. Kemudian, cermati pula kandungan nutrisi seperti vitamin B5 yang dapat menghidrasi kulit.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jenis kulit yang kering membutuhkan pelembap ekstra untuk meningkatkan hidrasinya. Face scrub yang dilengkapi dengan pelembap sangat cocok untuk jenis kulit ini. Pilihlah face scrub yang berbentuk krim karena dapat memberikan efek melembapkan lebih optimal. 


Tipe krim biasanya memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk berbentuk gel. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah facial scrubbing dan mencuci muka untuk mengembalikan hidrasi kulit.

Untuk kulit berminyak, pilih face scrub dengan tea tree oil

Untuk kulit berminyak, pilih face scrub dengan tea tree oil

Produksi minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Eksfoliasi sangat penting untuk kulit berminyak agar pori-pori tetap bersih. Bahan scrub terbaik untuk kulit berminyak adalah yang mengandung mint atau tea tree. Kedua bahan tersebut dapat mengangkat minyak pada kulit tanpa membuat kulit jadi kering.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Bagi pemilik kulit berminyak, Anda perlu melakukan facial scrubbing secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati. Ekstra sebum pada jenis kulit berminyak sering kali menjadi penyebab gangguan pada proses pelepasan sel kulit mati. 


Akibatnya, sel kulit mati melekat di permukaan dan menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya komedo dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. 


Kandungan zat aktif yang membantu mengurangi produksi sebum, seperti tea tree oil, salicylic acid, dan niacinamide cocok digunakan pada kulit berminyak. Face scrub dalam bentuk gel juga cocok untuk jenis kulit berminyak karena sifatnya lebih ringan di kulit dan tidak greasy.

Untuk kulit berjerawat, salicylic acid bantu kurangi jerawat dan wajah beruntusan

Untuk kulit berjerawat, salicylic acid bantu kurangi jerawat dan wajah beruntusan

Salah satu pemicu timbulnya jerawat adalah sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori. Penumpukan kotoran ini juga berakibat pada munculnya whitehead, blackhead, dan pimple. Untuk mencegah dan mengurangi jerawat, Anda dapat memilih face scrub dengan kandungan salicylic acid. Bahan ini dapat membersihkan kulit secara mendalam hingga ke pori-pori.


Namun, apabila jerawat Anda sedang meradang, ada baiknya Anda menunda scrubbing. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi pada jerawat Anda. Tunggulah hingga jerawat kering dan kempis dahulu, ya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jerawat biasanya diawali dari munculnya komedo, baik komedo putih (whitehead comedones) maupun komedo hitam (blackhead comedones). Komedo sendiri muncul akibat adanya sumbatan sebum pada kulit. Pada fase komedo ini, facial scrubbing dapat dilakukan untuk membantu mengurangi dan membuka sumbatan sehingga dapat mengurangi komedo. 


Face scrub yang mengandung tea tree oil, salicylic acid, dan niacinamide dapat membantu mengurangi produksi sebum serta mengurangi inflamasi. Soothing agent lainnya, seperti Aloe vera, chamomile, dan witch hazel juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit. 


Untuk kulit yang sedang berjerawat, terutama jerawat yang meradang, hindari penggunaan scrub yang kasar. Jangan menggosok face scrub terlalu keras supaya tidak menimbulkan iritasi. Pada kulit yang teriritasi, komedo dapat mengalami inflamasi yang mengakibatkan timbulnya jerawat merah dan bengkak. Pilihlah jenis scrub yang lembut dengan ukuran butiran yang kecil dan memiliki bentuk bulat sempurna.

Untuk kulit sensitif, gunakan face scrub dengan oat yang lembut

Untuk kulit sensitif, gunakan face scrub dengan oat yang lembut

Memilih perawatan untuk kulit sensitif memang sedikit tricky. Namun, Anda tetap bisa menggunakan face scrub asalkan butiran scrub-nya berbahan lembut, ya. Anda bisa menggunakan face scrub berbahan oatmeal atau yang biasa disebut oat. Pilih oat yang lembut agar Anda dapat membersihkan wajah tanpa merusak kulit.


Supaya lebih aman, sebelum menggunakan scrub secara keseluruhan, kami sarankan Anda untuk mencobanya sedikit dahulu. Gunakan pada salah satu bagian wajah, lalu cek apakah kulit Anda memberikan reaksi iritasi.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat melakukan facial scrubbing karena kulit relatif mudah mengalami iritasi. Berhati-hatilah saat melakukan scrubbing, baik dengan efek mekanis gosokan maupun akibat kandungan zat aktifnya. 


Pastikan butiran face scrub berukuran halus dan bulat sempurna. Pilihlah face scrub yang berbentuk krim dengan kandungan zat aktif yang meningkatkan kelembapan kulit. Facial scrubbing harus dilakukan dengan lembut, perlahan, dan tidak terlalu lama. Frekuensi facial scrubbing tidak perlu terlalu sering, cukup 1–2 minggu sekali. 

Hindari bahan yang memicu iritasi

Hindari bahan yang memicu iritasi

Sama halnya saat memilih produk perawatan kulit lainnya, Anda harus mencermati kandungan dalam face scrub pilihan Anda. Hindarilah bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan iritasi pada wajah Anda.


Bahan-bahan yang perlu Anda hindari, di antaranya pewarna dan pewangi buatan, paraben, serta alkohol. Bahan semacam ini tidak hanya memberi reaksi secara langsung, tetapi berisiko memberi efek dalam jangka panjang. Jadi, mari cermati komposisi face scrub agar Anda mendapat hasil yang maksimal, ya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Saat memilih skincare, Anda perlu mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Setiap jenis kulit memerlukan jenis zat aktif yang berbeda dengan khasiat yang berbeda. Karena itu, Anda perlu memperhatikan konsentrasi zat yang terkandung di dalamnya. 


Beberapa zat aktif dapat digunakan pada berbagai tipe kulit, tetapi dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Hindarilah penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

UnileverSt. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Mulai dari Rp 51.100,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi face scrub terbaik untuk wanita

Siap menemukan face scrub untuk melengkapi perawatan Anda? Di bawah ini, kami telah menyediakan sepuluh face scrub yang bagus untuk Anda. Semua produk di bawah merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. Ayo temukan produk terbaik yang sesuai dengan kulit Anda!

10
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran60 ml
KlaimMengeksfoliasi secara natural dan melembapkan
Kandungan utamaApricot seed, olive oil, dan vitamin E
9
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran50 ml
KlaimPembersih wajah pH balance dan bantu kulit cerah
Kandungan utamaAdvanced niacinamide
8

UnileverPond's Exfoliating Kiwi Facial Scrub

Mulai dari Rp 21.500,00

Jenis kulitSemua jenis kulit cenderung normal
Ukuran 100 g
KlaimMembersihkan secara menyeluruh dengan natural scrub
Kandungan utamaGlycerin, niacinamide, avocado seed powder
7
Jenis kulitBerminyak dan cenderung berjerawat
Ukuran100 ml
KlaimMenghaluskan, mencerahkan, mengencangkan pori-pori, dan noncomedogenic
Kandungan utamaSalicyclic acid
6

UnileverSt.Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

Mulai dari Rp 69.000,00

Jenis kulitKulit sensitif
Ukuran170 g
KlaimBerfungsi sebagai masker, 100% natural exfoliant & extract, hypoallergenic, paraben free, dan noncomedogenic
Kandungan utamaOatmeal & honey extract
5

UnileverLove Beauty & Planet Murumuru Butter & Rose Face Scrub

Mulai dari Rp 75.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran190 ml
KlaimMencerahkan, melembutkan, tanpa pewarna, tanpa paraben, tanpa silikon, dan vegan
Kandungan utamaVegetable oil, ekstrak kelapa, dan ekstrak beras
4

FreemanPOLISHING Charcoal & Black sugar Gel Mask

Mulai dari Rp 96.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran175 ml
KlaimMenyerap minyak tanpa membuat kuit kering, menghaluskan, dan mengatasi kulit kusam
Kandungan utamaActivated charcoal, black sugar, fruit extract, coconut extract, ginger, lavender oil
3

Sensatia BotanicalsCoconut & Vanilla Facial Scrub

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis kulitKering
Ukuran60 ml
KlaimMemperbaiki sel kulit lama, menutrisi, melembapkan, dan antioksidan
kandungan utamaSari lidah buaya, ekstrak biji cokelat, kulit kacangg kenari, minyak kelapa, dan bengkoang
2
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran60 ml & 100 ml
KlaimAman untuk ibu menyusui, antiaging, antiacne, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mengencangkan, mencegah jerawat dan komedo, serta merangsang produksi kolagen
Kandungan utamaGlycolic acid
1

Saturday LooksMinty Gentle Scrub Face Mask

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis kulitBerminyak dan berjerawat meradang
Ukuran125 g
KlaimMempercepat penyembuhan jerawat, meredakan sakit pada jerawat yang meradang, mengecilkan pori-pori, membersihkan komedo, dan menyerap kelebihan minyak
Kandungan utamaBentonite dan kaolin clay

Tabel perbandingan produk face scrub terbaik untuk wanita

Gambar produk
1
Saturday Looks Minty Gentle Scrub Face Mask 1

Saturday Looks

2
Jarkeen Peeling Glow 1

Jarkeen

3
Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub 1

Sensatia Botanicals

4
 Freeman POLISHING Charcoal & Black sugar Gel Mask 1

Freeman

5
Unilever Love Beauty & Planet Murumuru Butter & Rose Face Scrub 1

Unilever

6
Unilever St.Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask 1

Unilever

7
Bioderma  Sebium Gel Gommant 1

Bioderma

8
Unilever Pond's Exfoliating Kiwi Facial Scrub 1

Unilever

9
Wardah Lightening Gentle Exfoliator 1

Wardah

10
Emina Apricot Jam Face Scrub 1

Emina

Nama produk

Minty Gentle Scrub Face Mask

Peeling Glow

Coconut & Vanilla Facial Scrub

POLISHING Charcoal & Black sugar Gel Mask

Love Beauty & Planet Murumuru Butter & Rose Face Scrub

St.Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

Sebium Gel Gommant

Pond's Exfoliating Kiwi Facial Scrub

Lightening Gentle Exfoliator

Apricot Jam Face Scrub

Keunggulan

Sensasi dingin untuk kempiskan jerawat dalam semalam!

Face scrub yang aman untuk ibu menyusui

Bahan eksfoliasi alami yang aman untuk bumil dan busui

Serap minyak berlebih dan atasi kulit kusam

Terbuat dari bahan dan kemasan yang ramah lingkungan

Masker dan scrub dalam satu produk

Atasi masalah kulit berminyak dan cegah jerawat

Harga bersahabat bagi para remaja

Bantu cerahkan kulit yang kusam

Eksfoliasi lembut untuk kulit para remaja

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 124.000,00Rp 120.000,00Rp 96.000,00Rp 75.000,00Rp 69.000,00Rp 258.500,00Rp 21.500,00Rp 16.000,00Rp 26.000,00
Jenis kulitBerminyak dan berjerawat meradangSemua jenis kulitKering Semua jenis kulitSemua jenis kulitKulit sensitifBerminyak dan cenderung berjerawatSemua jenis kulit cenderung normalSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran125 g60 ml & 100 ml60 ml175 ml190 ml170 g100 ml100 g50 ml60 ml
KlaimMempercepat penyembuhan jerawat, meredakan sakit pada jerawat yang meradang, mengecilkan pori-pori, membersihkan komedo, dan menyerap kelebihan minyakAman untuk ibu menyusui, antiaging, antiacne, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mengencangkan, mencegah jerawat dan komedo, serta merangsang produksi kolagen Memperbaiki sel kulit lama, menutrisi, melembapkan, dan antioksidanMenyerap minyak tanpa membuat kuit kering, menghaluskan, dan mengatasi kulit kusamMencerahkan, melembutkan, tanpa pewarna, tanpa paraben, tanpa silikon, dan veganBerfungsi sebagai masker, 100% natural exfoliant & extract, hypoallergenic, paraben free, dan noncomedogenicMenghaluskan, mencerahkan, mengencangkan pori-pori, dan noncomedogenicMembersihkan secara menyeluruh dengan natural scrubPembersih wajah pH balance dan bantu kulit cerahMengeksfoliasi secara natural dan melembapkan
Kandungan utamaBentonite dan kaolin clayGlycolic acidSari lidah buaya, ekstrak biji cokelat, kulit kacangg kenari, minyak kelapa, dan bengkoangActivated charcoal, black sugar, fruit extract, coconut extract, ginger, lavender oilVegetable oil, ekstrak kelapa, dan ekstrak berasOatmeal & honey extractSalicyclic acidGlycerin, niacinamide, avocado seed powderAdvanced niacinamideApricot seed, olive oil, dan vitamin E
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan saat memakai face scrub

Hal yang perlu diperhatikan saat memakai face scrub

Setelah menemukan produk face scrub yang bagus, bagaimana cara menggunakan face scrub yang tepat? Yuk, ikuti tips dari kami.


  1. Sebelum menggunakan face scrub, pastikan wajah Anda telah bersih dari makeup. Lalu, basahi kulit Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan face scrub, disusul dengan face wash atau sebaliknya. Jangan lupa untuk menggunakan face scrub hingga bagian leher Anda, ya.
  2. Saat menggunakan face scrub, gosok face scrub dengan perlahan selama 10–20 detik saja. Kemudian, bilas face scrub dengan bersih dan lembut. 
  3. Usai memakai face scrub, jangan lupa gunakan skincare yang tidak mengandung bahan eksfoliasi. Anda bisa mengawalinya dengan toner, lalu essence, serum, dan yang terakhir adalah moisturizer. Skincare ini akan membantu merawat dan menyeimbangkan kadar kelembapan kulit Anda.

Penting untuk diingat, bahwa sebaiknya Anda menghindari face scrub bila kulit mengalami iritasi tertentu. Iritasi yang dimaksud, misalnya sunburn, jerawat meradang, atau kulit mengelupas. Kami juga menyarankan Anda menunda scrubbing bisa Anda baru saja melakukan treatment khusus di klinik kecantikan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Ingatlah tips berikut ini saat akan menggunakan face scrub


  • Selalu lakukan facial scrubbing ketika kulit dalam keadaan bersih. 
  • Cuci muka dengan pembersih yang lembut terlebih dahulu, baru lakukan facial scrubbing tanpa perlu mengeringkan wajah. 
  • Gunakan face scrub secukupnya yang sesuai dengan jenis kulit dan lakukan gerakan menggosok secara perlahan dengan tekanan lembut. 
  • Jika diperlukan, kembali basahkan kulit dengan air untuk mempermudah gerakan menggosok. 
  • Hindari menggosok kulit terlalu lama, apalagi jika mulai terasa sensasi pedih atau perih pada kulit. 
  • Setelah selesai melakukan facial scrubbing, basuh dan bilas wajah menggunakan air. 
  • Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang lembut. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer setelahnya.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Banyak sekali jenis pembersih wajah yang juga mengandung scrub. Jenis pembersih ini biasanya mengandung butiran scrub yang sangat halus sehingga dapat digunakan sebagai pembersih wajah sehari-hari. 


Pembersih wajah dengan scrub dapat menjadi pilihan bagi kulit yang berminyak ataupun acne-prone skin. Hal ini karena jenis kulit ini memerlukan deep cleansing untuk mengangkat lapisan sel kulit mati secara teratur untuk mencegah sumbatan sebum. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Tak cuma face scrub, kami juga punya rekomendasi produk perawatan wajah lainnya, lho. Klik link di bawah ini untuk melengkapi produk perawatan Anda.

Kesimpulan

Kulit yang sehat adalah dambaan banyak orang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, perawatannya juga harus optimal. Lengkapi produk cleansing Anda dengan face scrub. Saat memilih face scrub, sesuaikan dengan kondisi kulit Anda dan cermati setiap komposisinya.


Untuk menemukan pilihan produk terbaik, jangan lupa gunakan tips dan panduan dari kami, ya. Semoga artikel kami membantu Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    543.537 Views
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    962.198 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    732.568 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, facial scrub, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    91.985 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    173.525 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    441.648 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit berminyak rentan terhadap beragam masalah kulit. Untuk itu diperlukan serum untuk merawatnya. Ada banyak brand skincare, seperti Everwhite, TRUEVE, Avoskin, dan Nivea yang menyediakan serum wajah untuk kulit berminyak. Kira-kira, serum mana yang cocok untuk Anda?Anda tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips dan rekomendasi serum untuk kulit berminyak yang bagus. Beragam produk dengan kandungan serum yang cocok untuk kulit berminyak akan kami hadirkan. Simak juga informasi perawatan kulit berminyak dari dr. Andina Bulan Sari. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    213.444 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori