mybest
Tepung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik [Ditinjau oleh Professional Baker]
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti  Terbaik  [Ditinjau oleh Professional Baker] 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti  Terbaik  [Ditinjau oleh Professional Baker] 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti  Terbaik  [Ditinjau oleh Professional Baker] 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti  Terbaik  [Ditinjau oleh Professional Baker] 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti  Terbaik  [Ditinjau oleh Professional Baker] 5

10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik [Ditinjau oleh Professional Baker]

Tepung roti merupakan pelapis untuk membuat aneka gorengan seperti nugget agar menjadi renyah. Ada banyak jenis tepung roti yang dapat Anda pilih. Jenis tepung roti yang banyak dicari adalah tepung roti bebas gluten dan tepung panir untuk membuat risoles. Ada juga tepung panko untuk membuat makanan Jepang.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi merek tepung roti yang bagus untuk Anda. Ada tepung roti merek ORGRAN, Kobe, dan MamaSuka. Artikel ini dibuat bersama dengan pakar kami, Tata Violeta, seorang professional baker. Nah, mari temukan tepung roti yang cocok dengan kebutuhan Anda!

Diperbaharui 31/10/2023
Tata Violeta
Pakar
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Profil Tata Violeta
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa perbedaan tepung roti, tepung panir, dan tepung panko?

Apa perbedaan tepung roti, tepung panir, dan tepung panko?

Tepung roti, tepung panir, dan tepung panko sering disangka sama saja. Padahal, ketiganya memiliki perbedaan dari segi tekstur, bahan baku, dan warna tepung. Berikut ini penjelasan singkat jenis-jenis tepung roti.


  • Tepung roti terbuat dari roti segar tanpa kulit yang dikeringkan, lalu digiling kasar. Dengan demikian, warna tepung roti lebih putih. Tepung roti sering digunakan untuk melapisi nugget dan pisang goreng.

  • Tepung panir terbuat dari roti yang dikeringkan bersama pinggirannya, lalu ditumbuk halus. Jadi, tepung panir berwarna kuning kecokelatan dan bertekstur lebih halus. Tepung panir sering digunakan untuk membaluri risoles dan kroket.

  • Tepung panko dibuat dari roti tawar yang dikeringkan, lalu digiling kasar hingga menjadi serpihan besar. Roti tawar tanpa pinggiran menghasilkan tepung panko berwarna putih. Sementara itu, olahan roti tawar dengan pinggirannya menghasilkan tepung berwarna keemasan. Tepung panko sering digunakan untuk masakan Jepang, seperti ebi furai, chicken katsu, atau chicken karaage.

Dengan melihat uraian di atas, terlihat jelas perbedaan antara ketiga jenis tepung pelapis gorengan tersebut. Meski berbeda karakteristik, ketiga jenis tepung ini secara umum lebih dikenal sebagai tepung roti.

Cara memilih Tepung Roti

Tepung roti adalah bahan pelapis untuk menghasilkan gorengan yang renyah. Supaya masakan lebih crunchy dan nikmat, Anda harus memakai tepung roti yang tepat. Pada artikel ini kami akan menjelaskan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih tepung roti. 

1

Cek bahan baku utama tepung roti

Cek bahan baku utama tepung roti
Umumnya, bahan baku tepung roti adalah roti. Namun, kini beras dan ampas tahu pun mulai digunakan sebagai bahan baku. Hal tersebut karena kandungan gula di dalam bahan-bahan tersebut lebih sedikit dibandingkan bahan baku roti. Konsumen yang sedang membatasi asupan gula pun dapat menikmati olahan tepung ini tanpa khawatir. 

Bahan-bahan itu juga lebih aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap gandum. Orang-orang dengan masalah kesehatan tersebut dapat tetap menikmati menu olahan tepung roti berbahan baku beras dan ampas tahu. Meski begitu, tepung roti berbahan ampas tahu masih sangat jarang ditemukan di pasaran.

2

Perhatikan warna tepung dan sesuaikan dengan masakan

Saat mencari tepung roti, Anda akan menemukan dua macam warna tepung, yaitu putih dan kuning kecokelatan atau keemasan. Secara kegunaan, keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Putih, sesuai untuk membuat nugget dan aneka frozen food

Putih, sesuai untuk membuat nugget dan aneka frozen food

Tepung roti putih umumnya memiliki tekstur yang sedikit kasar dan ukuran potongan sedang. Ketika dibaluri tepung ini, gorengan akan menghasilkan tekstur yang lebih crunchy.


Dengan demikian, tepung roti putih cocok untuk membuat nugget atau aneka frozen food. Membaluri makanan berbahan dasar daging dengan tepung ini akan menghasilkan gorengan yang renyah di luar, tetapi lembut di dalam.

Kuning kecokelatan, andalan untuk membuat kroket dan risoles

Kuning kecokelatan, andalan untuk membuat kroket dan risoles

Tepung roti kuning kecokelatan biasanya bertekstur lebih lembut dan berpotongan lebih halus. Tepung ini cocok untuk membaluri bahan makanan yang lunak, seperti kroket atau risoles.


Ketika camilan digoreng menggunakan tepung ini, camilan akan menghasilkan warna keemasan yang cantik dan mengundang selera. Cukup goreng sebentar saja, kroket dan risoles akan cepat mengilap dan siap disantap.

3

Pilih tekstur berdasarkan bahan makanan yang akan dimasak

Tahukah Anda bahwa pemilihan tekstur tepung roti yang tepat bergantung pada bahan makanan yang hendak Anda olah? Dengan berbekal pengetahuan tersebut, gorengan dan olahan tepung roti lainnya tentu bisa lebih lezat.

Tekstur kasar, menjadikan makanan tampak lebih besar

Tekstur kasar, menjadikan makanan tampak lebih besar
Untuk memasak gorengan berbahan ayam atau udang, tepung roti bertekstur kasar bisa menjadi pilihan. Hasil gorengan akan tampak lebih besar dan teksturnya lebih crispy. Panas api akan mematangkan masakan Anda secara perlahan sehingga tekstur bagian dalamnya dapat lebih lunak.

Bahan makanan berbalut tepung roti bertekstur kasar pas dijadikan sebagai hidangan utama yang akan memuaskan penikmatnya. Selain itu, tekstur kasar dalam tepung roti juga dapat membuat makanan lebih renyah.

Tekstur sedang, hasil tak tampak berlebihan

Tekstur sedang, hasil tak tampak berlebihan
Tepung roti bertekstur sedang cocok digunakan untuk mengolah hidangan pendamping seperti udang goreng. Bila tepung roti bertekstur kasar membuat hidangan tampak lebih besar, tepung roti bertekstur sedang menghasilkan visual yang tak berlebihan. Memasak kroket menggunakan tepung roti bertekstur sedang pun merupakan pilihan tepat.

Tekstur halus, balutan jadi lebih merata

Tekstur halus, balutan jadi lebih merata

Tepung roti dengan tekstur halus cocok untuk melapisi bahan makanan yang dibentuk atau dipotong berukuran kecil. Tepung bertekstur ini akan memudahkan Anda membalurkan tepung secara merata hingga ke permukaan terkecil bahan makanan


Selain terkesan lebih ringan secara visual, masakan pun menjadi cepat matang karena panas api lebih mudah menembus ke dalam. Tekstur tepung roti ini ideal untuk mengolah daging yang mudah matang atau ikan.

4

Prioritaskan yang bebas zat aditif

Prioritaskan yang bebas zat aditif
Meskipun Anda tidak menderita penyakit gula maupun alergi gandum, keberadaan bahan aditif pada tepung roti perlu diperhatikan. Tepung roti umumnya terbuat dari terigu, biang ragi, garam, dan lain sebagainya

Ada pula produsen yang menambahkan pengemulsi, ragi instan, vitamin C, dan sebagainya ke dalam produk. Tepung roti yang mengandung bahan aditif biasanya berharga lebih terjangkau dan tahan lama. Bila Anda ingin memilih tepung roti yang bebas bahan aditif, produk yang terbuat dari terigu, biang ragi, dan garam bisa menjadi opsi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tepung Roti Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tepung Roti terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 31 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Kobe Boga Utama

Kobe Breadcrumbs Tepung Roti

Kobe Boga Utama Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 1

Rp10.550

Menengah

Sajikan gorengan bervisual cantik, bagai hidangan di restoran

Tidak diketahui

Saset

200 g

2

Daesang Agung Indonesia

MamaSuka Tepung Roti White

Daesang Agung Indonesia MamaSuka Tepung Roti White 1

Rp7.999

Agak Murah

Gorengan tetap garing, meski sudah dingin

Tepung roti tawar, tepung terigu

Saset, pouch

100 g, 200 g, 500 g, 1 kg, 8 kg

3

Kumala

Bread Crumb's Tepung Roti

Kumala  Bread Crumb's Tepung Roti 1

Rp10.000

Menengah

Tak hanya untuk gorengan, campurkan juga pada bumbu kacang!

Tepung terigu, mentega, gula, garam, ragi, telur ayam

Plastik

500 g

4

Sekar Laut

Finna Tepung Roti Panko

Sekar Laut Finna Tepung Roti Panko 1

Rp12.989

Menengah

Tekstur kasar seperti flakes, bikin gorengan lebih bervolume!

Tepung terigu, pati jagung, minyak kelapa sawit terhidrogenasi (mengandung pengawet sulfit), garam, gula, ragi

Saset

200 g

5

Primera Panca Dwima

Tepung Roti White Breadcrumbs

Primera Panca Dwima Tepung Roti White Breadcrumbs 1

Rp5.999

Agak Murah

Dengan kemasan ziplock, penyimpanan lebih praktis

Tepung terigu, ragi, lemak nabati, gula, garam

Saset, repack

250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg

6

Tiara Indo Pangan

Sari Tepung - Tepung Roti Serbaguna

Tiara Indo Pangan Sari Tepung - Tepung Roti Serbaguna 1

Rp10.700

Menengah

Jadikan chicken katsu buatan Anda lebih renyah

Tidak diketahui

Saset

500 g

7

Muria Food

Merbabu Tepung Roti

Muria Food Merbabu Tepung Roti 1

Rp5.000

Lebih Murah

Sehat dan higienis untuk masakan Anda sekeluarga

Tidak diketahui

Saset

200 g

8

Dongwon F&B

Tepung Roti

Dongwon F&B Tepung Roti  1

Rp14.500

Agak Mahal

Renyah, cocok untuk semua jenis hidangan, dari nugget hingga tempura

Tepung terigu, garam, ragi, sirup, mentega

Saset

210 g

9

Wilmond

Bread Crumb Tepung Roti

Wilmond  Bread Crumb Tepung Roti 1

Rp13.000

Menengah

Tekstur lebih chewy, gorengan lebih cepat matang

Tepung gandum, lemak reroti, ragi, gula, garam

Saset

210 g, 1 kg

10

Roma Foods

ORGRAN All Purpose Rice Crispi Breadcrumbs

Roma Foods ORGRAN All Purpose Rice Crispi Breadcrumbs 1

Rp68.000

Lebih Mahal

Memulai hidup sehat dengan tepung bebas gluten

Brown rice

Saset

300 g

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kobe Boga UtamaKobe Breadcrumbs Tepung Roti

Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 1
Sumber: dapurkobe.co.id
Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 2
Sumber: shopee.co.id
Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 3
Sumber: shopee.co.id
Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 4
Sumber: shopee.co.id
Kobe Breadcrumbs Tepung Roti 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.550
Menengah
Harga referensi
Rp10.550
Menengah

Sajikan gorengan bervisual cantik, bagai hidangan di restoran

Salah satu masalah menggoreng menggunakan tepung roti adalah hasil yang kurang rapi karena tepung kurang menempel sempurna. Anda akan terbantu mengatasi masalah tersebut dengan memilih produk bertekstur halus ini.

Apa pun gorengannya, Anda akan mendapatkan lapisan yang kentara dengan produk ini. Baik ayam, ikan, udang, maupun sayuran, Anda bisa mendapatkan tingkat kerenyahan gorengan terbaik. Selain itu, renyahnya pun lebih lama! Sajikan gorengan lezat dan bervisual cantik untuk keluarga dengan produk ini, ya.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanSaset
Berat bersih200 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Daesang Agung IndonesiaMamaSuka Tepung Roti White

Harga referensi
Rp7.999
Agak Murah

Gorengan tetap garing, meski sudah dingin

Salah satu merek tepung roti yang bagus adalah MamaSuka. Visualnya yang berwarna putih membuat gorengan tampak menggugah selera setelah matang. 


Selain itu, hasilnya terasa renyah dan garing di mulut. Anda pun tak perlu khawatir renyah dan garingnya mudah hilang ketika gorengan sudah dingin. Bagi Anda yang memasak gorengan bertepung roti untuk bekal makan saat bepergian, produk ini bisa jadi pilihan.

Komposisi utamaTepung roti tawar, tepung terigu
KemasanSaset, pouch
Berat bersih100 g, 200 g, 500 g, 1 kg, 8 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.3

Kumala Bread Crumb's Tepung Roti

Harga referensi
Rp10.000
Menengah

Tak hanya untuk gorengan, campurkan juga pada bumbu kacang!

Tepung roti biasanya hanya digunakan untuk gorengan, tetapi tidak dengan produk ini! Selain menjadi pelapis gorengan favorit Anda, tepung roti ini juga ideal menjadi campuran bumbu kacang. Anda yang berjualan makanan, seperti siomai, sate, gado-gado, dan sebagainya, bisa menggunakannya untuk menghemat modal. Tentu saja rasanya tetap enak, ya.

Komposisi utamaTepung terigu, mentega, gula, garam, ragi, telur ayam
KemasanPlastik
Berat bersih500 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.4

Sekar LautFinna Tepung Roti Panko

Harga referensi
Rp12.989
Menengah

Tekstur kasar seperti flakes, bikin gorengan lebih bervolume!

Tepung roti berwarna putih yang satu ini memiliki tekstur kasar. Tekstur kasarnya menyerupai flakes atau kepingan sehingga membuat aneka gorengan tampak lebih bervolume. Selain itu, hasilnya lebih lezat dan renyah! Bila Anda hendak menggoreng bahan makanan berukuran kecil, seperti udang dan cumi-cumi, pakai saja tepung ini. Alhasil, gorengan Anda pun tampak lebih besar.
Komposisi utamaTepung terigu, pati jagung, minyak kelapa sawit terhidrogenasi (mengandung pengawet sulfit), garam, gula, ragi
KemasanSaset
Berat bersih200 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.5

Primera Panca DwimaTepung Roti White Breadcrumbs

Harga referensi
Rp5.999
Agak Murah

Dengan kemasan ziplock, penyimpanan lebih praktis

Tepung roti harus disimpan di wadah tertutup supaya tidak mudah terkontaminasi dengan udara dan cepat melempem. Kalau Anda merasa repot memindahkan tepung ke stoples, gunakan saja tepung roti yang satu ini. Sekalipun dikemas dalam wadah plastik, tepung ini tetap aman karena dilengkapi dengan segel ziplock. Jadi, Anda bisa lebih ringkas dan praktis dalam menyimpannya!

Komposisi utamaTepung terigu, ragi, lemak nabati, gula, garam
KemasanSaset, repack
Berat bersih250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.6

Tiara Indo PanganSari Tepung - Tepung Roti Serbaguna

Harga referensi
Rp10.700
Menengah

Jadikan chicken katsu buatan Anda lebih renyah

Sekarang Anda bisa membuat menu chicken katsu yang renyah dan lezat dari rumah dengan memilih produk ini. Anda pun bisa menghemat budget jika mengolahnya sendiri dibandingkan membeli di luar. 


Ayam fillet yang Anda baluri dengan tepung roti ini akan menghasilkan chicken katsu yang gurih dan terlihat menggoda. Seluruh anggota keluarga pasti jadi tidak sabar untuk segera menyantap hidangan buatan Anda.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanSaset
Berat bersih500 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.7

Muria FoodMerbabu Tepung Roti

Harga referensi
Rp5.000
Lebih Murah

Sehat dan higienis untuk masakan Anda sekeluarga

Merek lokal yang satu ini barangkali masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, brand ini menghadirkan tepung roti yang diklaim aman, sehat, dan higienis untuk masakan Anda sekeluarga. Teksturnya yang halus dan berwarna kekuningan akan menghadirkan risoles, ebi furai, dan kroket yang menggugah selera di meja makan. Ada ide resep lainnya? Yuk, dicoba!
Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanSaset
Berat bersih200 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.8

Dongwon F&BTepung Roti

Harga referensi
Rp14.500
Agak Mahal

Renyah, cocok untuk semua jenis hidangan, dari nugget hingga tempura

Tepung Roti ini adalah pilihan tepung roti berkualitas tinggi yang memberikan tekstur renyah dan rasa lezat pada setiap hidangan. Dengan butiran halus dan warna yang menarik, tepung ini dapat mengubah hidangan biasa menjadi luar biasa. 


Produk ini direkomendasikan untuk para koki rumahan atau profesional yang ingin menambahkan sentuhan istimewa pada hidangan mereka. Jika Anda ingin membuat nugget ayam atau tempura, produk ini akan membuat setiap gigitan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Komposisi utamaTepung terigu, garam, ragi, sirup, mentega
KemasanSaset
Berat bersih210 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.9

Wilmond Bread Crumb Tepung Roti

Harga referensi
Rp13.000
Menengah

Tekstur lebih chewy, gorengan lebih cepat matang

Jika produk lain menawarkan hasil gorengan yang garing dan renyah, produk ini sedikit berbeda. Tepung roti yang satu ini lebih mengunggulkan tekstur chewy atau kenyal. Bila Anda lebih menyukai tekstur gorengan yang mantap dikunyah, produk ini pantas menjadi pilihan. Selain itu, gorengan pun akan lebih cepat matang karena produk lebih mudah panas dalam minyak.

Komposisi utamaTepung gandum, lemak reroti, ragi, gula, garam
KemasanSaset
Berat bersih210 g, 1 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.10

Roma FoodsORGRAN All Purpose Rice Crispi Breadcrumbs

Harga referensi
Rp68.000
Lebih Mahal

Memulai hidup sehat dengan tepung bebas gluten

Gaya hidup sehat makin populer pada zaman modern ini. Namun, salah satu halangan terbesarnya adalah para penganut hidup sehat yang tidak kuasa meninggalkan gorengan favorit mereka. Nah, ORGRAN menghadirkan alternatif yang sama enaknya, tetapi lebih sehat.

Produk yang satu ini diklaim vegan dan gluten free, tentunya sehat serta cocok bagi Anda yang alergi gandum. Cara mengolahnya pun sama seperti mengolah gorengan pada umumnya. Bila memungkinkan, Anda bisa menggunakan air fryer agar lebih sehat.
Komposisi utamaBrown rice
KemasanSaset
Berat bersih300 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all

Tepung roti yang sudah menggumpal apakah harus dibuang?

Tepung roti yang sudah berubah tekstur, bau, atau bentuknya lebih baik tidak Anda gunakan kembali.

Tepung roti tahan berapa lama?

Tepung roti tahan selama 1 tahun asalkan disimpan di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Akan tetapi, beberapa hal dapat menyebabkan kualitas tepung roti menurun. Faktor utama menurunnya tepung roti adalah kualitas bahan baku tepung rendah dan proses produksinya tidak sesuai standar keamanan.


Kualitas tepung roti yang menurun dapat memengaruhi cita rasa masakan Anda. Karena itu, simpanlah tepung roti secara baik. Berikut ini cara menyimpan tepung roti agar tidak mudah rusak.


  • Simpan di wadah bersih dan kering.
  • Simpan dalam suhu ruangan yang kelembapannya pas, dengan suhu 24–30 ℃.
  • Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Jauhkan dari bahan lain yang beraroma tajam, seperti cuka, kecap, sabun, dan sebagainya.

Apa perbedaan tepung roti dan tepung terigu?

Tepung terigu berbeda dengan tepung roti. Tepung terigu adalah biji gandum yang digiling atau ditumbuk hingga menjadi bubuk halus berwarna putih. Kandungan protein dari biji gandum tersebut beragam, mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi.

 
Itulah sebabnya di pasaran Anda akan menemukan tepung terigu protein rendah, sedang, dan tinggi dengan kegunaannya masing-masing. Tepung terigu sering menjadi bahan dasar pembuatan aneka roti, yang nantinya menjadi bahan tepung roti.


Sementara itu, tepung roti adalah tepung yang terbuat dari roti yang dikeringkan, lalu digiling hingga menjadi remah-remah. Dari penampakan luar, Anda sudah bisa langsung mengenali perbedaan tepung terigu dan tepung roti. Tepung roti bertekstur halus dan berwarna putih. Sementara itu, tepung roti bertekstur kasar dan memiliki dua macam warna, putih serta kuning kecokelatan atau keemasan.

5 Rekomendasi Tepung Roti terbaik

No. 1: Kobe Boga UtamaKobe Breadcrumbs Tepung Roti

No. 2: Daesang Agung IndonesiaMamaSuka Tepung Roti White

No. 3: Kumala Bread Crumb's Tepung Roti

No. 4: Sekar LautFinna Tepung Roti Panko

No. 5: Primera Panca DwimaTepung Roti White Breadcrumbs

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik [Ditinjau oleh Professional Baker]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.