• 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tepung Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tepung roti merupakan bahan pelapis yang digunakan untuk membuat aneka gorengan agar menjadi lebih renyah. Ada banyak jenis tepung roti yang dapat Anda pilih, seperti tepung roti bebas bahan aditif, instan, maupun yang cocok bagi penderita alergi gandum.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi tepung roti terbaik untuk Anda, mulai dari merek Finna, Mama Suka, Fiesta, dan masih banyak lagi. Menggunakan tepung roti yang pas dengan resep masakan Anda, tentu akan membuat hidangan semakin lezat. Nah, mari temukan tepung roti yang cocok dengan kebutuhan dapur Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.115 Views
Daftar isi

Cara memilih tepung roti

Tepung roti adalah bahan utama untuk membuat gorengan yang renyah. Berbagai produsen menjual produk tepung roti mereka di pasaran, pernahkah Anda memikirkan perbedaannya? Tepung roti terlihat sederhana, walaupun sebenarnya bahan baku pembuatnya beraneka ragam.
Pada artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih tepung roti.

Pilih berdasarkan bahan baku utamanya

Pilih berdasarkan bahan baku utamanya
Umumnya, bahan baku pembuat tepung roti adalah roti. Namun, kini beras dan ampas tahu pun mulai banyak digunakan sebagai bahan baku. Hal tersebut karena kandungan gula di dalam bahan-bahan tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan bahan baku roti. Konsumen yang membatasi asupan gula pun dapat menikmati olahan tepung ini tanpa khawatir. Bahan-bahan itu juga lebih aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap gandum. Orang-orang dengan masalah kesehatan tersebut dapat tetap menikmati aneka masakan olahan tepung roti yang berbahan baku beras dan ampas tahu.

Bila memungkinkan, pilih yang bebas zat aditif

Bila memungkinkan, pilih yang bebas zat aditif
Meskipun Anda tidak menderita penyakit gula maupun alergi terhadap gandum, keberadaan bahan aditif pada tepung roti pilihan Anda penting untuk diperhatikan. Tepung roti umumnya terbuat dari terigu, biang ragi, garam, dan lain sebagainya. Ada pula produsen yang menambahkan pengemulsi, ragi instan, vitamin C, dan sebagainya ke dalam produknya.
Tepung roti yang mengandung bahan aditif biasanya berharga lebih terjangkau dan tahan lama. Bila Anda ingin memilih tepung roti yang bebas bahan aditif, produk yang terbuat dari terigu, biang ragi, dan garam bisa menjadi opsi.

Pilih yang praktis untuk diolah dan disimpan

Pilih yang praktis untuk diolah dan disimpan
Menggunakan tepung roti memang cukup mudah. Apalagi sekarang ini hadir produk yang tak lagi memerlukan tambahan tepung terigu atau telur dalam pengolahannya, meskipun masih jarang di Indonesia. Cukup balurkan bahan makanan pada tepung roti saja sebelum digoreng. Produk praktis seperti itu memang harganya cenderung lebih mahal daripada tepung roti biasa. Namun, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam memasak. Ada pula jenis tepung roti yang sudah dilengkapi dengan bumbu. Anda yang tidak biasa meracik bumbu sendiri pun dapat menikmati olahan tepung roti dengan lezat.
Selain memperhatikan isi, perhatikanlah pula kemasannya. Tepung roti yang dijual dalam plastik ritsleting atau zipper lock akan lebih memudahkan Anda dalam penyimpanan. Anda juga dapat memilih produk berkemasan kecil agar bisa langsung habis digunakan.

Perhatikan perbedaan tekstur setiap jenis tepung roti

Perhatikan perbedaan tekstur setiap jenis tepung roti
Berdasarkan teksturnya, tepung roti sering kali dibagi menjadi dua jenis, yaitu tepung panir dan tepung panko. Tepung panir merupakan jenis yang sering digunakan untuk kebutuhan memasak rumahan. Meski begitu, menggunakan tepung panko sebenarnya akan membuat gorengan terlihat lebih besar dan renyah. Anda pun dapat menikmati kerenyahannya, seperti gorengan yang Anda beli di restoran. Selain itu, sifat tepung panko yang mudah menyerap air menjadikannya ideal sebagai bahan campuran daging cincang. Tepung panko akan membuat gorengan daging lebih juicy.
Tepung panir memiliki tekstur renyah dan dapat awet disimpan dalam waktu lama. Sementara itu, tepung panko bertekstur crispy sekaligus lembut, tetapi daya simpannya lebih pendek. Perhatikan masing-masing karakteristiknya agar Anda dapat memilih tepung roti sesuai kebutuhan.

Pilih tekstur berdasarkan bahan makanan yang akan dimasak

Tahukah Anda bahwa pemilihan tekstur tepung roti yang tepat bergantung pada bahan makanan yang hendak Anda olah? Dengan berbekal pengetahuan tersebut, gorengan dan olahan tepung roti lainnya tentu bisa lebih lezat.

Tekstur kasar untuk ukuran tampak lebih besar

Tekstur kasar untuk ukuran tampak lebih besar
Untuk memasak gorengan berbahan ayam atau udang, tepung roti dengan tekstur kasar bisa menjadi pilihan. Hasil gorengan akan tampak lebih besar dan teksturnya lebih crispy. Panas api akan mematangkan masakan Anda secara perlahan sehingga tekstur bagian dalamnya dapat lebih lunak. Bahan makanan berbalut tepung roti bertekstur kasar pas dijadikan sebagai hidangan utama yang akan memuaskan penikmatnya.

Tekstur sedang untuk hasil yang tak tampak berlebihan

Tekstur sedang untuk hasil yang tak tampak berlebihan
Tepung roti bertekstur sedang cocok digunakan untuk mengolah hidangan pendamping, seperti udang goreng. Bila tepung roti bertekstur kasar membuat hidangan tampak lebih besar, tepung roti bertekstur sedang menghasilkan visual yang tak berlebihan. Memasak kroket menggunakan tepung roti bertekstur sedang pun merupakan pilihan tepat.

Tekstur halus untuk balutan yang lebih merata

Tekstur halus untuk balutan yang lebih merata
Tepung roti dengan tekstur halus cocok untuk melapisi hidangan berukuran kecil atau gorengan yang ditusuk sebelum digoreng. Tepung bertekstur ini akan memudahkan Anda membalurkan tepung secara merata hingga ke permukaan terkecil bahan makanan. Selain terkesan lebih ringan secara visual, masakan pun menjadi cepat matang karena panas api lebih mudah menembus ke dalam. Ideal untuk mengolah daging yang mudah matang atau ikan.

10 Rekomendasi tepung roti terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan tepung roti terbaik untuk Anda. Selain tepung roti yang terbuat dari roti, kami juga memberikan alternatif tepung roti yang terbuat dari bahan lainnya. Mari temukan tepung roti yang tepat untuk Anda!
Berat bersih200 gr
KemasanPlastik
KomposisiTepung terigu, maizena, minyak nabati, tepung tapioka, gula, garam, pengembang, pengemulsi ragi
Berat bersih200 gr
KemasanPlastik
KomposisiTepung roti putih

8. Fiesta Crispy Crumbs Tepung Roti

Rp 100.000,00

Berat bersih10 x 200 gr
KemasanPlastik
KomposisiTepung terigu, air, tepung tapioka, lemak nabati, ragi, garam, gula, pengawet kalsium propionat, pewarna makanan
Berat bersih1 kg
KemasanPlastik
KomposisiTepung gandum, lemak nabati, ragi, pengembang roti, gula, garam
Berat bersih500 gr
KemasanPlastik
KomposisiTidak disebutkan
Berat bersih500 gr
KemasanPlastik
KomposisiTepung terigu, mentega, gula, garam, ragi, telur ayam
Berat bersih300 gr
KemasanDus
Komposisi100% Tepung beras merah
Berat bersih10 kg
KemasanPlastik
KomposisiTerigu, ragi, garam, pengembang roti, margarin, air, pewarna
Berat bersih200 gr
KemasanPlastik
KomposisiTepung terigu, garam, gula
Berat bersih100 gr
KemasanPlastik dengan zipper lock
KomposisiTerigu, ragi, garam, lemak nabati, dextrosa

Baca juga rekomendasi tepung-tepung lainnya di sini!

Bila Anda doyan memasak, tentu tidak hanya tepung roti yang akan Anda butuhkan. Jangan lewatkan artikel-artikel menarik mengenai jenis tepung lainnya di tautan ini. Memasak menggunakan tepung pilihan terbaik tentu menghasilkan hidangan yang lebih lezat!

Kesimpulan

Wah, ternyata ada berbagai macam tepung roti yang bisa Anda pilih tergantung pada jenis bahan makanan yang akan Anda olah. Berdasarkan rekomendasi kami, sudahkah Anda menemukan yang tepat dengan kebutuhan dapur Anda?
Bagi Anda yang alergi terhadap gandum dan harus mengurangi konsumsi gula, kini pun tetap dapat menikmati hidangan gorengan yang lezat. Tentu saja bila Anda memilih produk yang tepat. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    43.813 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    95.047 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    66.330 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    27.823 Views
  • 10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biskuit Terbaik untuk Diet (Terbaru Tahun 2020)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil kok, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit khusus diet. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit khusus diet yang mudah dijumpai seperti WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan mengupas tentang biskuit untuk diet, cara memilihnya, hingga memberikan rekomendasi produk favorit. Simak artikel ini dan temukan biskuit diet terenak yang bisa Anda coba.
    Makanan & minuman
    13.633 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    66.459 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak wijen merupakan minyak serbaguna yang sering digunakan pada masakan Asia, seperti menggoreng tempura, menumis, dan lainnya. Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah penggunanya semakin meningkat karena minyak wijen dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan dan diet.Saat ini tersedia berbagai jenis minyak wijen dengan harga bervariasi di pasaran, seperti Kadoya, Chee Seng, Now Foods, dan lainnya. Akan tetapi, tahukah Anda mana yang harus dipilih? Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih minyak wijen yang paling tepat dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    44.590 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori