• 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Cream foundation merupakan salah satu base makeup yang memiliki banyak keunggulan. Tekstur krimnya membuatnya mudah diaplikasikan dan mampu memberi tampilan full coverage. Di pasaran sendiri, Anda dapat menemukan cream foundation dengan berbagai coverage dan shade. Namun, produk seperti apa yang harus dipilih?


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih cream foundation yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cream foundation terbaik. Mulai dari merek cream foundation Wardah, MAKE OVER, Viva, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dini Indriyani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani
Dini Indriyani
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013.


Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Apa itu cream foundation?

Apa itu cream foundation?

Cream foundation adalah jenis makeup base dengan formulasi krim untuk memberi coverage yang bagus pada wajah. Produk ini menawarkan hasil akhir makeup yang lebih merata, mulus, dan tampilan lebih flawless dibandingkan tekstur liquid atau powder. Dengan kemampuan coverage yang bagus, wajah Anda pun tampak flawless tanpa ada bintik hitam. 


Jika Anda memiliki masalah warna kulit tidak merata, noda gelap, keriput, dan bekas jerawat, cream foundation dapat dipilih. Produk ini mampu menyamarkan masalah kulit tersebut dengan baik hingga hasil riasan tampak lebih sempurna. Dengan tekstur krim, Anda dapat memulaskan foundation ke seluruh bagian wajah untuk menciptakan warna kulit lebih merata. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cream foundation

Berikut ini akan kami ulas beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih cream foundation. Mulai dari kemampuan coverage, penyesuaian warna produk dan warna kulit, tingkat SPF, dan hasil finishing. Dengan demikian, Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Ketahui kemampuan coverage cream foundation

Ketahui kemampuan coverage cream foundation

Memilih cream foundation yang bagus dan cocok untuk dipakai jangka panjang tidaklah mudah. Sementara itu, cream foundation yang tersedia di pasaran dijual dalam beragam coverage. Kali ini, kami akan menjelaskan kemampuan coverage produk cream foundation yang dapat dipilih sesuai keperluan.


  • Light coverage. Tipe light coverage mampu meratakan warna kulit secara halus tanpa menutupi seluruh wajah. Umumnya, tampilan coverage yang sheer ini hanya memerlukan sedikit foundation. Saat Anda mengaplikasikan cream foundation, bintik gelap pada wajah dapat tersamarkan secara tipis dan pori-pori pada wajah pun tidak tersumbat. Memilih cream foundation dengan kemampuan light coverage cocok untuk Anda yang tidak menyukai makeup tebal. Light coverage terlihat flawless jika kulit wajah tidak berpori pori besar.

  • Medium coverage. Cream foundation dengan medium coverage dapat menciptakan tampilan kulit wajah alami dan merata. Kemampuan coverage medium paling banyak dicari karena buildable. Jadi, tiap lapisan yang ditambahkan memengaruhi hasil finishing, baik finishing lebih sheer maupun full coverage. Anda dapat menambah selapis demi selapis cream foundation untuk mendapatkan coverage sesuai keinginan.

  • Full coverage. Untuk menciptakan kulit wajah benar-benar flawless. Untuk menyamarkan kekurangan wajah Anda membutuhkan produk semacam ini. Tak jarang, produk full coverage juga buildable sehingga Anda dapat mengatur coverage-nya untuk tampilan lebih natural.

Pilihlah produk yang tahan sepanjang hari

Pilihlah produk yang tahan sepanjang hari

Cream foundation umumnya memiliki kandungan air dan minyak. Dipercaya, dengan mengurangi kadar airnya, foundation akan lebih long lasting. Untuk itulah, banyak MUA membakar atau memanaskan foundation dalam sendok atau palette sebelum dipakai.


Kandungan minyak pada foundation juga dapat memberi tampilan wajah glossy dan cenderung tidak tahan lama. Selain karena kandungan minyak, kilau pada wajah juga dapat bergantung pada bagaimana Anda mengaplikasikan foundation. Bila Anda mengaplikasikan cream foundation tipis-tipis, hasil akhirnya pun lebih natural.


Untuk mendapatkan hasil riasan tahan lama, pilihlah produk dengan klaim long lasting coverage. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering melakukan touch-up. Selain itu, Anda dapat memilih produk dengan hasil finishing matte.


Namun, Anda tidak akan pernah tahu ketahanan suatu produk sampai Anda mencobanya sendiri. Jadi, bacalah review dari pemakai yang ada di internet. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat untuk dipakai sehari-hari.

Gunakan warna yang sesuai dengan kulit Anda

Gunakan warna yang sesuai dengan kulit Anda

Memilih shade foundation sama pentingnya dengan memilih hasil akhir yang diinginkan. Jika warna foundation terlalu terang, hasil makeup tidak akan terlihat alami. Warna yang terlalu terang juga menimbulkan ilusi wajah yang tampak lebih besar. Sebaliknya, bila warna foundation lebih gelap dari tone wajah Anda, makeup akan tampak kusam.


Karena shade foundation sangat menentukan hasil makeup, kami menyarankan Anda untuk mencobanya terlebih dulu sebelum membeli. Cara menentukan warna yang tepat bukan pada punggung tangan atau lengan, tetapi di area leher dekat rahang. Jadi, aplikasikan beberapa warna dan pilihlah yang paling menyerupai warna kulit leher dan rahang.


Untuk pemakaian makeup dalam waktu yang lama, kami sarankan untuk memilih warna foundation dengan shade satu tingkat dari tone kulit Anda. Hal ini untuk menyiasati proses oksidasi pada foundation.

Pertimbangkan cream foundation yang mengandung SPF

Pertimbangkan cream foundation yang mengandung SPF

Ketika Anda memilih cream foundation, periksalah kandungan tabir surya di dalamnya. Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan noda gelap dan keriput pada wajah. Oleh karena itu, pilihlah foundation dengan tambahan Sun Protection Factor (SPF) dan Protection Grade of UVA (PA).


Besaran SPF dan PA yang diperlukan bergantung dengan aktivitas Anda. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, Anda tidak perlu kandungan SPF dan PA yang besar. Sebaliknya, bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah produk yang mengandung SPF dan PA tinggi.


Anda juga bisa menambahkan tabir surya secara terpisah sebelum mengaplikasikan cream foundationHal yang terpenting dalam menggunakan sunscreen ini adalah jangan lupa untuk sering reapply selama beraktivitas.


Sebagai alternatif, Anda dapat memakai base makeup yang juga mengandung SPF. Ingatlah bahwa perawatan kulit yang Anda lakukan saat ini akan memengaruhi kondisi kulit Anda di masa depan.

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Ada beberapa hasil akhir setelah Anda menggunakan cream foundation, yaitu dewy, glowy, dan matte. Anda dapat memilih finishing tersebut sesuai dengan jenis kulit dan tampilan yang ingin ditonjolkan pada riasan Anda. Untuk lebih jelasnya, kami akan paparkan satu per satu.

Dewy, mampu menampilkan kulit muda bercahaya

Dewy, mampu menampilkan kulit muda bercahaya

Cream foundation dengan finishing dewy dapat memantulkan kilau sehingga wajah tampak cemerlang. Tampilan dewy juga sering digambarkan sebagai wajah yang bercahaya dan bersinar.


Bila ingin mendapatkan riasan wajah segar dan sehat, Anda disarankan memilih cream foundation dengan finishing dewy. Dengan riasan dewy, kulit akan tampak bercahaya alami.

Glowy, wajah tampak lebih lembap dan bersinar

Glowy, wajah tampak lebih lembap dan bersinar

Pada dasarnya, hasil akhir glowy mirip dengan finishing dewy. Namun, hasil finishing glowy memberikan tampilan lebih bersinar, lembap, dan berkilau pada wajah. Jika Anda memiliki kulit oily, sebaiknya Anda menghindari tipe foundation ini.


Selain itu, cream foundation dengan finishing glowy mampu menciptakan kulit wajah yang kenyal. Hasil riasan ini pun cocok dipilih bila Anda akan pergi ke pesta. Namun, produk dengan hasil finishing glowy masih sulit ditemukan di marketplace di Indonesia.

Matte, menciptakan kulit wajah yang halus bebas minyak

Matte, menciptakan kulit wajah yang halus bebas minyak

Cream foundation dengan finishing matte mampu menciptakan kulit wajah halus dan bebas minyak. Selain itu, finishing matte juga nonreflektif dan sering kali bertekstur powder. Produk seperti ini tidak menggunakan minyak sehingga dapat menghasilkan tampilan bersih dan mulus. Jika kulir Anda tergolong berminyak, cream foundation dengan finishing matte cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi cream foundation terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cream foundation terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dini Indriyani.

10
Berat30 ml
FinishDewy
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna6 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageMedium coverage
9

Bourjois ParisHealthy Mix Anti-Fatigue Foundations

Mulai dari Rp 321.000,00

Berat30 ml
FinishSemimatte
Ketahanan16 jam
Variasi warna15 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageMedium coverage
8
Berat28 gram
FinishMatte
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna3 warna
Kandungan SPFUV filter
Kemampuan coverageFull coverage
7

The Body Shop®Matte Clay Foundation

Mulai dari Rp 189.000,00

Berat30 ml
FinishMatte
Ketahanan24 jam
Variasi warna8 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageFull coverage
6
Berat50 ml
FinishMatte
Ketahanan18 jam
Variasi warna5 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageFull coverage
5

Revlon Powdery Foundation SPF 15 PA++

Mulai dari Rp 125.000,00

Berat14 gram
FinishMatte
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna6 warna
Kandungan SPFSPF 15 PA++
Kemampuan coverageMedium hingga full coverage
4

Mustika RatuBQ High Coverage Foundation Dewy Finish

Mulai dari Rp 119.000,00

Berat30 ml
FinishDewy
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna3 warna
Kandungan SPFSPF 30
Kemampuan coverageMedium hingga full coverage
3

WardahEveryday Luminous Creamy Foundation

Mulai dari Rp 37.000,00

Berat11 gram
FinishNatural, matte
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna4 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageLight coverage
2

MAKE OVERPowerstay Total Cover Matte Cream Foundation

Mulai dari Rp 145.000,00

Berat12 gram
FinishMatte
Ketahanan12 jam
Variasi warna8 warna
Kandungan SPFSPF 30 PA++++
Kemampuan coverageFull coverage, blendable
1

LT PROSmooth Corrector Cream Foundation

Mulai dari Rp 135.000,00

Berat15 gram
FinishNatural
KetahananTidak disebutkan
Variasi warna4 warna
Kandungan SPFx
Kemampuan coverageFull coverage

Tabel perbandingan produk rekomendasi cream foundation terbaik

Gambar produk
1
LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation 1

LT PRO

2
MAKE OVER Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 1

MAKE OVER

3
Wardah Everyday Luminous Creamy Foundation 1

Wardah

4
Mustika Ratu BQ High Coverage Foundation Dewy Finish 1

Mustika Ratu

5
Revlon  Powdery Foundation SPF 15 PA++ 1

Revlon

6
Ultima II Wonderwear Cream Make Up 1

Ultima II

7
The Body Shop® Matte Clay Foundation 1

The Body Shop®

8
Claresta  Foundation Cream 1

Claresta

9
Bourjois Paris Healthy Mix Anti-Fatigue Foundations 1

Bourjois Paris

10
INGLOT Cosmetics AMC Cream Foundation 1

INGLOT Cosmetics

Nama produk

Smooth Corrector Cream Foundation

Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation

Everyday Luminous Creamy Foundation

BQ High Coverage Foundation Dewy Finish

Powdery Foundation SPF 15 PA++

Wonderwear Cream Make Up

Matte Clay Foundation

Foundation Cream

Healthy Mix Anti-Fatigue Foundations

AMC Cream Foundation

Keunggulan

Waterproof foundation dengan skincare yang menutrisi kulit

Dengan UV filter, mampu melindungi kulit wajah saat beraktivitas sepanjang hari

Mampu menyamarkan bekas jerawat dengan sempurna

Diperkaya hyaluronic acid untuk menghidrasi dan melembapkan kulit

Cream foundation dengan hasil akhir sehalus bedak

Foundation tahan lama hingga 18 jam!

Full coverage hingga 24 jam, wajah pun tidak terasa berat

Cream foundation yang tahan lama dan cocok untuk makeup pengantin

Menghilangkan kesan wajah tampak lelah dengan seketika

Tampil dewy dengan formulasi berbahan dasar air

Harga mulai dariRp 135.000,00Rp 145.000,00Rp 37.000,00Rp 119.000,00Rp 125.000,00Rp 325.000,00Rp 189.000,00Rp 55.000,00Rp 321.000,00Rp 550.000,00
Berat15 gram12 gram11 gram30 ml14 gram50 ml30 ml28 gram30 ml30 ml
FinishNaturalMatteNatural, matteDewyMatteMatteMatteMatteSemimatteDewy
KetahananTidak disebutkan12 jamTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan18 jam24 jamTidak disebutkan16 jamTidak disebutkan
Variasi warna4 warna8 warna4 warna3 warna6 warna5 warna8 warna3 warna15 warna6 warna
Kandungan SPFxSPF 30 PA++++xSPF 30SPF 15 PA++xxUV filterxx
Kemampuan coverageFull coverageFull coverage, blendableLight coverageMedium hingga full coverageMedium hingga full coverageFull coverageFull coverageFull coverageMedium coverageMedium coverage
Tautan produk

Tips menggunakan cream foundation yang efektif

Tips menggunakan cream foundation yang efektif

Setelah Anda mendapatkan produk yang cocok, selanjutnya Anda perlu tahu cara menggunakan cream foundation agar hasilnya efektif. Simaklah cara memakai cream foundation yang tepat agar hasilnya sempurna dan tahan lama.


  • Oleskan sedikit cream foundation pada dahi, pipi, hidung, dan dagu. Kemudian, ratakan secara perlahan dari bagian luar wajah ke arah dalam. Gunakan foundation sebanyak ujung jari. Pada tahap ini, pastikan Anda tidak mengaplikasikan cream foundation terlalu banyak karena dapat merusak hasil makeup. Jangan lupa juga untuk mengoleskannya pada pusat wajah, seperti pada pipi bawah mata dan hidung. Aplikasikan juga di area rahang untuk menegaskan kontur wajah.

  • Menyembunyikan pori-pori agar tidak mencolok. Untuk meminimalkan pori besar, pulaskan foundation menggunakan brush atau puff dengan gerakan memutar di daerah pori-pori yang terlihat. Namun, jangan menambahkan produk ketika sudah dibaurkan di wajah. Hal tersebut hanya akan membuat hasil menjadi tidak merata. Usahakan mengoleskan cream foundation dalam jumlah yang pas sejak awal.

  • Bila Anda menggunakan puff, kami sarankan Anda mengaplikasikan metode tepuk-padat secara bertahap agar foundation meng-cover dengan sempurna.

Baca juga rekomendasi produk foundation di sini!

Pada artikel ini, kami telah membahas cara memilih dan merekomendasikan cream foundation untuk Anda. Bila Anda membutuhkan produk foundation lain, kami juga memiliki artikel yang bagus untuk Anda. Untuk itu, silakan baca artikel foundation lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk cream foundation terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang akan dibeli?


Sebelum membeli, pastikan Anda mempertimbangkan jenis kulit, hasil finishing, dan kandungan SPF sesuai kebutuhan. Dengan demikian, tampilan wajah Anda akan tampak halus dan merata. Dengan menggunakan produk yang tepat, semua masalah kulit Anda pun dapat disamarkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Kosmetik Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kosmetik Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Wajah mungkin saja menjadi lebih kusam selama masa kehamilan. Tentunya Anda ingin wajah Anda tetap cantik dengan menggunakan kosmetik. Namun, pastikan Anda memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil, ya. Kini ada berbagai produk makeup lokal ataupun makeup Korea yang aman bagi ibu hamil.Kami akan membahas beberapa tips memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Tidak lupa kami juga akan merekomendasikan foundation, BB cream, cushion, serta bedak yang aman dan bagus untuk ibu hamil. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly.
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori