mybest
Foundation

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist]
  • 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist] 1
  • 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist] 2
  • 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist] 3
  • 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist] 4
  • 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist] 5

10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist]

Cream foundation merupakan salah satu base makeup yang memiliki banyak keunggulan. Aplikasinya mudah dan mampu memberi tampilan full coverage. Di pasaran sendiri, Anda dapat menemukan cream foundation dengan berbagai coverage dan shade. Namun, produk seperti apa yang harus dipilih?


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih cream foundation yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cream foundation terbaik, seperti Wardah, MAKE OVER, LT Pro, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Selamat membaca!

Diperbaharui 15/01/2024
Dini Indriyani
Pakar
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013. Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Profil Dini Indriyani
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu cream foundation?

Apa itu cream foundation?

Cream foundation adalah jenis makeup base dengan formulasi krim untuk memberi coverage yang bagus pada wajah. Produk ini menawarkan hasil akhir makeup yang lebih merata, mulus, dan tampilan lebih flawless dibandingkan tekstur liquid atau powder. Dengan kemampuan coverage yang bagus, wajah Anda pun tampak flawless tanpa ada bintik hitam. 


Jika Anda memiliki masalah warna kulit tidak merata, noda gelap, keriput, dan bekas jerawat, cream foundation dapat dipilih. Produk ini mampu menyamarkan masalah kulit tersebut dengan baik hingga hasil riasan tampak lebih sempurna. Dengan tekstur krim, Anda dapat memulaskan foundation ke seluruh bagian wajah untuk menciptakan warna kulit lebih merata. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cream foundation

Berikut ini akan kami ulas beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih cream foundation. Mulai dari kemampuan coverage, penyesuaian warna produk dan warna kulit, tingkat SPF, dan hasil finishing. Dengan demikian, Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.
1

Ketahui kemampuan coverage cream foundation

Ketahui kemampuan coverage cream foundation

Memilih cream foundation yang bagus dan cocok untuk dipakai jangka panjang tidaklah mudah. Sementara itu, cream foundation yang tersedia di pasaran dijual dalam beragam coverage. Kali ini, kami akan menjelaskan kemampuan coverage produk cream foundation yang dapat dipilih sesuai keperluan.


  • Light coverage. Tipe light coverage mampu meratakan warna kulit secara halus tanpa menutupi seluruh wajah. Umumnya, tampilan coverage yang sheer ini hanya memerlukan sedikit foundation. Saat Anda mengaplikasikan cream foundation, bintik gelap pada wajah dapat tersamarkan secara tipis dan pori-pori pada wajah pun tidak tersumbat. Memilih cream foundation dengan kemampuan light coverage cocok untuk Anda yang tidak menyukai makeup tebal. Light coverage terlihat flawless jika kulit wajah tidak berpori pori besar.

  • Medium coverage. Cream foundation dengan medium coverage dapat menciptakan tampilan kulit wajah alami dan merata. Kemampuan coverage medium paling banyak dicari karena buildable. Jadi, tiap lapisan yang ditambahkan memengaruhi hasil finishing, baik finishing lebih sheer maupun full coverage. Anda dapat menambah selapis demi selapis cream foundation untuk mendapatkan coverage sesuai keinginan.

  • Full coverage. Untuk menciptakan kulit wajah benar-benar flawless. Untuk menyamarkan kekurangan wajah Anda membutuhkan produk semacam ini. Tak jarang, produk full coverage juga buildable sehingga Anda dapat mengatur coverage-nya untuk tampilan lebih natural.
2

Pilihlah produk yang tahan sepanjang hari

Pilihlah produk yang tahan sepanjang hari

Cream foundation umumnya memiliki kandungan air dan minyak. Dipercaya, dengan mengurangi kadar airnya, foundation akan lebih long lasting. Untuk itulah, banyak MUA membakar atau memanaskan foundation dalam sendok atau palette sebelum dipakai.


Kandungan minyak pada foundation juga dapat memberi tampilan wajah glossy dan cenderung tidak tahan lama. Selain karena kandungan minyak, kilau pada wajah juga dapat bergantung pada bagaimana Anda mengaplikasikan foundation. Bila Anda mengaplikasikan cream foundation tipis-tipis, hasil akhirnya pun lebih natural.


Untuk mendapatkan hasil riasan tahan lama, pilihlah produk dengan klaim long lasting coverage. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering melakukan touch-up. Selain itu, Anda dapat memilih produk dengan hasil finishing matte.


Namun, Anda tidak akan pernah tahu ketahanan suatu produk sampai Anda mencobanya sendiri. Jadi, bacalah review dari pemakai yang ada di internet. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk yang tepat untuk dipakai sehari-hari.

3

Gunakan warna yang sesuai dengan kulit Anda

Gunakan warna yang sesuai dengan kulit Anda

Memilih shade foundation sama pentingnya dengan memilih hasil akhir yang diinginkan. Jika warna foundation terlalu terang, hasil makeup tidak akan terlihat alami. Warna yang terlalu terang juga menimbulkan ilusi wajah yang tampak lebih besar. Sebaliknya, bila warna foundation lebih gelap dari tone wajah Anda, makeup akan tampak kusam.


Karena shade foundation sangat menentukan hasil makeup, kami menyarankan Anda untuk mencobanya terlebih dulu sebelum membeli. Cara menentukan warna yang tepat bukan pada punggung tangan atau lengan, tetapi di area leher dekat rahang. Jadi, aplikasikan beberapa warna dan pilihlah yang paling menyerupai warna kulit leher dan rahang.


Untuk pemakaian makeup dalam waktu yang lama, kami sarankan untuk memilih warna foundation dengan shade satu tingkat dari tone kulit Anda. Hal ini untuk menyiasati proses oksidasi pada foundation.

4

Pertimbangkan cream foundation yang mengandung SPF

Pertimbangkan cream foundation yang mengandung SPF

Ketika Anda memilih cream foundation, periksalah kandungan tabir surya di dalamnya. Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan noda gelap dan keriput pada wajah. Oleh karena itu, pilihlah foundation dengan tambahan Sun Protection Factor (SPF) dan Protection Grade of UVA (PA).


Besaran SPF dan PA yang diperlukan bergantung dengan aktivitas Anda. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, Anda tidak perlu kandungan SPF dan PA yang besar. Sebaliknya, bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan, pilihlah produk yang mengandung SPF dan PA tinggi.


Anda juga bisa menambahkan tabir surya secara terpisah sebelum mengaplikasikan cream foundationHal yang terpenting dalam menggunakan sunscreen ini adalah jangan lupa untuk sering reapply selama beraktivitas.


Sebagai alternatif, Anda dapat memakai base makeup yang juga mengandung SPF. Ingatlah bahwa perawatan kulit yang Anda lakukan saat ini akan memengaruhi kondisi kulit Anda di masa depan.

5

Tentukan hasil akhir yang diinginkan

Ada beberapa hasil akhir setelah Anda menggunakan cream foundation, yaitu dewy, glowy, dan matte. Anda dapat memilih finishing tersebut sesuai dengan jenis kulit dan tampilan yang ingin ditonjolkan pada riasan Anda. Untuk lebih jelasnya, kami akan paparkan satu per satu.

Dewy, mampu menampilkan kulit muda bercahaya

Dewy, mampu menampilkan kulit muda bercahaya

Cream foundation dengan finishing dewy dapat memantulkan kilau sehingga wajah tampak cemerlang. Tampilan dewy juga sering digambarkan sebagai wajah yang bercahaya dan bersinar.


Bila ingin mendapatkan riasan wajah segar dan sehat, Anda disarankan memilih cream foundation dengan finishing dewy. Dengan riasan dewy, kulit akan tampak bercahaya alami.

Glowy, wajah tampak lebih lembap dan bersinar

Glowy, wajah tampak lebih lembap dan bersinar

Pada dasarnya, hasil akhir glowy mirip dengan finishing dewy. Namun, hasil finishing glowy memberikan tampilan lebih bersinar, lembap, dan berkilau pada wajah. Jika Anda memiliki kulit oily, sebaiknya Anda menghindari tipe foundation ini.


Selain itu, cream foundation dengan finishing glowy mampu menciptakan kulit wajah yang kenyal. Hasil riasan ini pun cocok dipilih bila Anda akan pergi ke pesta. Namun, produk dengan hasil finishing glowy masih sulit ditemukan di marketplace di Indonesia.

Matte, menciptakan kulit wajah yang halus bebas minyak

Matte, menciptakan kulit wajah yang halus bebas minyak

Cream foundation dengan finishing matte mampu menciptakan kulit wajah halus dan bebas minyak. Selain itu, finishing matte juga nonreflektif dan sering kali bertekstur powder. Produk seperti ini tidak menggunakan minyak sehingga dapat menghasilkan tampilan bersih dan mulus. Jika kulir Anda tergolong berminyak, cream foundation dengan finishing matte cocok untuk Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Cream Foundation Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Cream Foundation terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 05 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Coverage
Varian warna
Varian isi
Hasil akhir
UV protection
Non-comedogenic
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology tested
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan pencerah
Kandungan anti-aging
Kandungan tambahan
Keunggulan lain
BPOM
Jenis kulit
Warna kulit
Seri
1

MAKE OVER

Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation

MAKE OVER Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 1

Rp155.000

Agak Mahal

Cream foundation praktis untuk makeup paripurna seharian

Cream

High

Rich Cocoa, Marble, Natural Beige, Tan, Warm Ivory, Honey Beige, Warm Sand, Warm Tan

12 g

Matte

Ya (SPF 30/ PA++++)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Phenyl trimethicone, propylene glycol dicaprylate/dicaprate, methyl methacrylate crosspolymer, ethyl macadamiate, jojoba esters, dll.

Macadamia ternifolia seed oil, soybean oil, avocado oil, linoleic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Memiliki pigmentasi yang intens, tetapi blendable

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

2

LT PRO

Smooth Corrector Cream Foundation

LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation 1

Rp150.000

Agak Mahal

Waterproof foundation dengan skincare yang menutrisi kulit

Cream

High

Yellow Orange, Orange, Chestnut, Pulm Rose, Natural, Warm Beige

15 g

Tidak diketahui

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Sunflower, squalane, vitamin C, vitamin E

Sunflower, squalane

Vitamin C

Vitamin E

Tidak diketahui

Dengan Soft Focus Effect Powder dan Coated Powder untuk hasil yang halus dan tahan lama

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

3

Wardah

Exclusive Creamy Foundation

Wardah  Exclusive Creamy Foundation 1

Rp100.000

Menengah

Harganya terjangkau, coverage-nya pun nampol!

Cream

High

Light Beige, Sheer Pink, Sandy Beige, Natural, Coffee Beige

12 g

Satin matte

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Dimethicone, caprylic/capric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate, hydrogenated polyisobutene, polymethyl methacrylate, dll.

Macadamia ternifolia seed oil, soybean oil, avocado oil, linoleic acid

Soybean oil

Tocopheryl acetate

Bisabolol, Calendula officinalis flower extract, wheat bran extract

Melindungi dari sinar UVA dan UVB

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Viva

Covering Cream

Viva Covering Cream 1

Rp11.600

Lebih Murah

Cream foundation waterproof yang harganya terjangkau

Cream

Tidak diketahui

Beige, Brown, Natural, Olive

22 g

Tidak diketahui

Tidak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Mineral oil, CI 77891, kaolin, carnauba wax, paraffin, dll.

Emollient

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Dimethicone, octyldodecanol, petrolatum, beeswax, silica, perfume, propylparaben, BHT

Mengandung emollient untuk melembutkan kulit dan tahan terhadap air

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

5

Luxcrime

Ultra Cover Foundation Balm

Luxcrime Ultra Cover Foundation Balm 1

Rp159.000

Agak Mahal

Tekstur selembut mentega yang meleleh sempurna dan lembut di kulit

Cream

Full

Pudding, Cheesecake, Banana Split, Pancake, Waffle, Biscotti, Croffle

10 g

Matte

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Chamomile extract, jojoba oil, vitamin E, rosehip oil

Jojoba oil

Rosehip oil

Chamomile extract, vitamin E, rosehip oil

Dimethicone, propylene glycol dibenzoate, dll.

Sudah dilengkapi dengan cermin

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

6

Revlon

Powdery Foundation SPF 15 PA++

Revlon  Powdery Foundation SPF 15 PA++ 1

Rp135.000

Menengah

Cream foundation dengan hasil akhir sehalus bedak

Cream

Medium to full

Ivory, Peach, Bisque, Ocher, Nude, Natural Beige, Medium Beige, Warm Gold, Toast

14 g

Matte

Ya (SPF 15/ PA++)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Dimethicone, trimethylsiloxysilicate, butylene glycol

Sodium hyaluronate, tocopheryl acetate, bisabolol

Tidak diketahui

Sodium hyaluronate, tocopheryl acetate

Madonna lily bulb extract, mallow extract

Membuat kulit terlihat lembap, halus sempurna, dan bercahaya

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

7

La Tulipe

Cover Foundation

La Tulipe Cover Foundation 1

Rp43.500

Agak Murah

Riasan lebih sempurna dengan foundation lokal yang waterproof

Cream

High

Rachel 1, Rachel 2, Natural, Suntan, Beige

12,5 g

Tidak diketahui

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Zinc oxide, mineral oil, talc, beeswax, ozokerite, dll.

Propylene glycol, diazolidinyl urea

Tidak ada

Tidak ada

Methylparaben, propylparaben

Mampu menutupi ketidaksempurnaan wajah seperti flek hitam atau bekas jerawat sehingga membuat wajah mulus sempurna

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Ultima II

Wonderwear Cream Make Up

Ultima II Wonderwear Cream Make Up 1

Rp325.000

Lebih Mahal

Foundation yang tahan lama hingga 18 jam!

Cream

Full

Sand, Linen, Natural, Ginger, Almond

50 ml

Matte

Ya (SPF 6)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Soluble collagen, mineral oil, coconut oil

Coconut oil

Tidak diketahui

Soluble collagen, vitamin E

Vitamin A

Tahan hingga 18 jam pemakaian

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Claresta

Foundation Cream

Claresta  Foundation Cream 1

Rp66.600

Menengah

Cream foundation yang tahan lama dan cocok untuk makeup pengantin

Cream

Full

Ivory, Natural

28 g

Matte

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Myristyl lactate, isopropyl myristate, lanolin, magnesium silicate, hydrated silica, dll.

Aloe barbadensis leaf extract, glycine soja oil

Tidak diketahui

Glycine soja oil, tocopheryl acetate

Carnauba wax, BHT

Dapat digunakan untuk makeup pengantin

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

10

Sariayu

Creamy Foundation

Sariayu Creamy Foundation 1

Rp35.900

Agak Murah

Mengandung minyak esensial cendana yang memiliki berbagai manfaat

Cream

High

Kuning Langsat, Kuning Pengantin, Kuning Gading, Sawo Matang

15 g

Tidak diketahui

Ya

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Titanium dioxide, kaolin, paraffinum liquidum, zinc oxide, isopropyl myristate

Shea butter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Cera alba, sandalwood oil

Dapat digunakan untuk contouring

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MAKE OVERPowerstay Total Cover Matte Cream Foundation

Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 1
Sumber: makeoverforall.com
Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 2
Sumber: shopee.co.id
Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 3
Sumber: shopee.co.id
Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 4
Sumber: shopee.co.id
Powerstay Total Cover Matte Cream Foundation 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp155.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp155.000
Agak Mahal

Cream foundation praktis untuk makeup paripurna seharian

Cream foundation ini dirancang untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit. Dengan coverage-nya yang tinggi, foundation ini akan menutupi noda hitam atau tekstur kulit yang tidak halus. Anda akan mendapatkan tampilan makeup yang halus tanpa rasa berat di kulit.


Selain itu, produk ini juga dilengkapi oil absorber untuk mengontrol minyak hingga 12 jam. Wajah Anda pun akan bebas kilap seharian. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan makeup yang halus dan bebas minyak setiap hari. 
JenisCream
CoverageHigh
Varian warnaRich Cocoa, Marble, Natural Beige, Tan, Warm Ivory, Honey Beige, Warm Sand, Warm Tan
Varian isi12 g
Hasil akhirMatte
UV protectionYa (SPF 30/ PA++++)
Non-comedogenic
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaPhenyl trimethicone, propylene glycol dicaprylate/dicaprate, methyl methacrylate crosspolymer, ethyl macadamiate, jojoba esters, dll.
Kandungan pelembapMacadamia ternifolia seed oil, soybean oil, avocado oil, linoleic acid
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan tambahanTidak diketahui
Keunggulan lainMemiliki pigmentasi yang intens, tetapi blendable
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LT PROSmooth Corrector Cream Foundation

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Waterproof foundation dengan skincare yang menutrisi kulit

LT Pro Smooth Corrector Cream Foundation adalah produk cream foundation yang banyak disukai MUA profesional sebagai campuran foundation. Sebab, cream foundation ini tahan air, high coverage, dan mengandung squalene. Bahan tersebut mampu menutupi masalah kulit wajah sekaligus menutrisi kulit.


Cream foundation ini juga bagus untuk menyembunyikan bekas luka, flek, pori-pori besar, atau dijadikan sebagai concealer alis. Dengan mengaplikasikannya, hasil makeup Anda akan tampak halus, sempurna, dan tahan lama.

JenisCream
CoverageHigh
Varian warnaYellow Orange, Orange, Chestnut, Pulm Rose, Natural, Warm Beige
Varian isi15 g
Hasil akhirTidak diketahui
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaSunflower, squalane, vitamin C, vitamin E
Kandungan pelembapSunflower, squalane
Kandungan pencerahVitamin C
Kandungan anti-agingVitamin E
Kandungan tambahanTidak diketahui
Keunggulan lainDengan Soft Focus Effect Powder dan Coated Powder untuk hasil yang halus dan tahan lama
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.3

Wardah Exclusive Creamy Foundation

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Harganya terjangkau, coverage-nya pun nampol!

Jika Anda mencari pilihan foundation untuk usia 40-an dengan harga terjangkau dan mudah dicari, Anda bisa mencoba Exclusive Creamy Foundation. Kualitas foundation Wardah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.


Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai makeup full dan butuh coverage yang tinggi. Teksturnya padat, tetapi mudah dibaurkan ke wajah. Anda bisa menggunakan puff yang sudah tersedia atau foundation brush untuk hasil yang lebih halus.

JenisCream
CoverageHigh
Varian warnaLight Beige, Sheer Pink, Sandy Beige, Natural, Coffee Beige
Varian isi12 g
Hasil akhirSatin matte
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaDimethicone, caprylic/capric triglyceride, ethylhexyl methoxycinnamate, hydrogenated polyisobutene, polymethyl methacrylate, dll.
Kandungan pelembapMacadamia ternifolia seed oil, soybean oil, avocado oil, linoleic acid
Kandungan pencerahSoybean oil
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Kandungan tambahanBisabolol, Calendula officinalis flower extract, wheat bran extract
Keunggulan lainMelindungi dari sinar UVA dan UVB
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all
No.4

VivaCovering Cream

Harga referensi
Rp11.600
Lebih Murah

Cream foundation waterproof yang harganya terjangkau

Ingin cream foundation yang harganya murah? Pilih produk ini saja! Cream foundation dari merek ternama Viva ini bisa didapatkan hanya dengan kurang dari 20 ribu rupiah! Tenang saja, Viva Covering Cream sudah mengandung emollient untuk melembutkan kulit sehingga wajah tidak tampak kering. Coverage-nya pun dapat diandalkan dengan kelebihan waterproof. Cantik tanpa mengeluarkan banyak uang? Tentu bisa!

JenisCream
CoverageTidak diketahui
Varian warnaBeige, Brown, Natural, Olive
Varian isi22 g
Hasil akhirTidak diketahui
UV protectionTidak
Non-comedogenicTidak diketahui
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaMineral oil, CI 77891, kaolin, carnauba wax, paraffin, dll.
Kandungan pelembapEmollient
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan tambahanDimethicone, octyldodecanol, petrolatum, beeswax, silica, perfume, propylparaben, BHT
Keunggulan lainMengandung emollient untuk melembutkan kulit dan tahan terhadap air
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.5

LuxcrimeUltra Cover Foundation Balm

Harga referensi
Rp159.000
Agak Mahal

Tekstur selembut mentega yang meleleh sempurna dan lembut di kulit

Pengaplikasian foundation pada kulit kadang menjadi tantangan tersendiri. Jika Anda sering mengalami kesulitan dalam pengaplikasian produk foundation, Anda akan menyukai produk yang satu ini. Luxcrime Ultra Cover Foundation Balm memiliki tekstur seperti mentega yang lembut dan bagai meluncur pada kulit saat diaplikasikan. Foundation ini memiliki tingkat coverage atau daya tutup yang tinggi sehingga dapat menyamarkan kemerahan dan noda bekas jerawat dengan baik.

JenisCream
CoverageFull
Varian warnaPudding, Cheesecake, Banana Split, Pancake, Waffle, Biscotti, Croffle
Varian isi10 g
Hasil akhirMatte
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaChamomile extract, jojoba oil, vitamin E, rosehip oil
Kandungan pelembapJojoba oil
Kandungan pencerahRosehip oil
Kandungan anti-agingChamomile extract, vitamin E, rosehip oil
Kandungan tambahanDimethicone, propylene glycol dibenzoate, dll.
Keunggulan lainSudah dilengkapi dengan cermin
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.6

Revlon Powdery Foundation SPF 15 PA++

Harga referensi
Rp135.000
Menengah

Cream foundation dengan hasil akhir sehalus bedak

Apakah Anda ingin mencoba cream foundation yang secara gradual dapat berubah menjadi powder? Jika iya, produk yang satu ini patut dipilih. Tekstur krimnya sangat ringan dan mudah diaplikasikan di kulit. Dilengkapi SPF 15 dengan PA++, kulit Anda pun akan terlindungi dari sinar UV.


Dengan kemampuan menutupi ketidaksempurnaan kulit yang baik, produk ini dapat memberikan efek finish kulit tampak halus sempurna. Apabila Anda ingin sedikit efek dewy, basahilah puff terlebih dahulu menggunakan face mist sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Wajah Anda pun akan terlihat lebih bersinar.

JenisCream
CoverageMedium to full
Varian warnaIvory, Peach, Bisque, Ocher, Nude, Natural Beige, Medium Beige, Warm Gold, Toast
Varian isi14 g
Hasil akhirMatte
UV protectionYa (SPF 15/ PA++)
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaDimethicone, trimethylsiloxysilicate, butylene glycol
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, tocopheryl acetate, bisabolol
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingSodium hyaluronate, tocopheryl acetate
Kandungan tambahanMadonna lily bulb extract, mallow extract
Keunggulan lainMembuat kulit terlihat lembap, halus sempurna, dan bercahaya
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.7

La TulipeCover Foundation

Harga referensi
Rp43.500
Agak Murah

Riasan lebih sempurna dengan foundation lokal yang waterproof

Foundation lokal untuk kulit kombinasi ini mampu menutupi ketidaksempurnaan pada wajah! Cover Foundation dari La Tulipe memiliki coverage tinggi untuk menutupi bekas jerawat, flek hitam, dan kekurangan pada wajah. Selain itu, formulanya waterproof sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berkeringat. Tentunya produk ini dapat diandalkan jika menginginkan riasan rapi, tahan lama, dan bebas kilap seharian.

JenisCream
CoverageHigh
Varian warnaRachel 1, Rachel 2, Natural, Suntan, Beige
Varian isi12,5 g
Hasil akhirTidak diketahui
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
Smudgeproof
Waterproof
Sweatproof
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaZinc oxide, mineral oil, talc, beeswax, ozokerite, dll.
Kandungan pelembapPropylene glycol, diazolidinyl urea
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan tambahanMethylparaben, propylparaben
Keunggulan lainMampu menutupi ketidaksempurnaan wajah seperti flek hitam atau bekas jerawat sehingga membuat wajah mulus sempurna
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all
No.8

Ultima IIWonderwear Cream Make Up

Harga referensi
Rp325.000
Lebih Mahal

Foundation yang tahan lama hingga 18 jam!

Jika Anda membutuhkan cream foundation yang tahan lama untuk dipakai hampir seharian, produk ini adalah pilihan tepat. Ultima II Wonderwear Cream Make Up juga mudah di-mix dengan foundation merek lain sehingga cocok dijadikan makeup pengantin.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan bekas jerawat atau noda hitam karena cream foundation ini mampu menutupi masalah tersebut dengan baik. Produk ini juga mengandung ekstrak tumbuhan, vitamin A, dan E. Dengan demikian, kulit Anda tetap akan ternutrisi dan lembap sepanjang hari meski memberikan efek matte.

JenisCream
CoverageFull
Varian warnaSand, Linen, Natural, Ginger, Almond
Varian isi50 ml
Hasil akhirMatte
UV protectionYa (SPF 6)
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaSoluble collagen, mineral oil, coconut oil
Kandungan pelembapCoconut oil
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingSoluble collagen, vitamin E
Kandungan tambahanVitamin A
Keunggulan lainTahan hingga 18 jam pemakaian
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all
No.9

Claresta Foundation Cream

Harga referensi
Rp66.600
Menengah

Cream foundation yang tahan lama dan cocok untuk makeup pengantin

Apabila Anda mencari cream foundation untuk makeup pengantin, produk dari Claresta dapat dipertimbangkan. Produk ini mampu membuat hasil riasan Anda tahan lama dan tampak halus. Dengan kandungan vitamin E, wajah Anda pun mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, UV filter dalam cream foundation ini juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Dengan demikian, masalah kulit keriput, noda gelap dan garis-garis halus pun dapat diminimalkan.

JenisCream
CoverageFull
Varian warnaIvory, Natural
Varian isi28 g
Hasil akhirMatte
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaMyristyl lactate, isopropyl myristate, lanolin, magnesium silicate, hydrated silica, dll.
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract, glycine soja oil
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingGlycine soja oil, tocopheryl acetate
Kandungan tambahanCarnauba wax, BHT
Keunggulan lainDapat digunakan untuk makeup pengantin
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Warna kulit
Seri
View all
No.10

SariayuCreamy Foundation

Harga referensi
Rp35.900
Agak Murah

Mengandung minyak esensial cendana yang memiliki berbagai manfaat

Produk ini mengandung minyak esensial cendana. Selain aromanya membangkitkan semangat, minyak cendana berfungsi sebagai antiseptik, astringent, dan dapat mendorong regenerasi sel kulit. Kandungan tersebut juga mampu merawat kulit berjerawat. Karena itu, Anda yang sedang berjerawat dapat mengandalkannya. Pilihan warna yang ditawarkan pun khas Indonesia, yaitu Kuning Langsat, Kuning Pengantin, Kuning Gading, dan Sawo Matang.

JenisCream
CoverageHigh
Varian warnaKuning Langsat, Kuning Pengantin, Kuning Gading, Sawo Matang
Varian isi15 g
Hasil akhirTidak diketahui
UV protectionYa
Non-comedogenicTidak diketahui
SmudgeproofTidak diketahui
WaterproofTidak diketahui
SweatproofTidak diketahui
Dermatology testedTidak diketahui
Kandungan utamaTitanium dioxide, kaolin, paraffinum liquidum, zinc oxide, isopropyl myristate
Kandungan pelembapShea butter
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan tambahanCera alba, sandalwood oil
Keunggulan lainDapat digunakan untuk contouring
BPOMTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
Warna kulit
Seri
View all

Tips menggunakan cream foundation yang efektif

Tips menggunakan cream foundation yang efektif

Setelah Anda mendapatkan produk yang cocok, selanjutnya Anda perlu tahu cara menggunakan cream foundation agar hasilnya efektif. Simaklah cara memakai cream foundation yang tepat agar hasilnya sempurna dan tahan lama.


  • Oleskan sedikit cream foundation pada dahi, pipi, hidung, dan dagu. Kemudian, ratakan secara perlahan dari bagian luar wajah ke arah dalam. Gunakan foundation sebanyak ujung jari. Pada tahap ini, pastikan Anda tidak mengaplikasikan cream foundation terlalu banyak karena dapat merusak hasil makeup. Jangan lupa juga untuk mengoleskannya pada pusat wajah, seperti pada pipi bawah mata dan hidung. Aplikasikan juga di area rahang untuk menegaskan kontur wajah.

  • Menyembunyikan pori-pori agar tidak mencolok. Untuk meminimalkan pori besar, pulaskan foundation menggunakan brush atau puff dengan gerakan memutar di daerah pori-pori yang terlihat. Namun, jangan menambahkan produk ketika sudah dibaurkan di wajah. Hal tersebut hanya akan membuat hasil menjadi tidak merata. Usahakan mengoleskan cream foundation dalam jumlah yang pas sejak awal.

  • Bila Anda menggunakan puff, kami sarankan Anda mengaplikasikan metode tepuk-padat secara bertahap agar foundation meng-cover dengan sempurna.

Baca juga rekomendasi produk foundation di sini!

Pada artikel ini, kami telah membahas cara memilih dan merekomendasikan cream foundation untuk Anda. Bila Anda membutuhkan produk foundation lain, kami juga memiliki artikel yang bagus untuk Anda. Untuk itu, silakan baca artikel foundation lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk cream foundation terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang akan dibeli?


Sebelum membeli, pastikan Anda mempertimbangkan jenis kulit, hasil finishing, dan kandungan SPF sesuai kebutuhan. Dengan demikian, tampilan wajah Anda akan tampak halus dan merata. Dengan menggunakan produk yang tepat, semua masalah kulit Anda pun dapat disamarkan.

5 Rekomendasi Cream Foundation terbaik

No. 1: MAKE OVERPowerstay Total Cover Matte Cream Foundation

No. 2: LT PROSmooth Corrector Cream Foundation

No. 3: Wardah Exclusive Creamy Foundation

No. 4: VivaCovering Cream

No. 5: LuxcrimeUltra Cover Foundation Balm

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Rekomendasi Cream Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Makeup Artist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.