10 Rekomendasi Minuman Cokelat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Minuman Cokelat Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cokelat instan atau yang dalam kondisi panas sering disebut sebagai hot chocolate, populer dinikmati anak-anak hingga orang dewasa. Produsen makanan dan minuman seperti Starbucks, Van Houten, Cadbury, Nestle, Swiss Miss, hingga merek lokal seperti Chocolatos berlomba meracik minuman cokelat terlezat.

Dalam artikel ini, kami merekomendasi sepuluh merek cokelat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Tak hanya dinikmati karena rasa dan aroma, minuman cokelat juga bermanfaat menyehatkan badan. Mari nikmati secangkir lezat cokelat panas atau dingin pilihan Anda!

Daftar isi

Cara memilih minuman cokelat instan

Lezat, melancarkan buang air besar, menurunkan kadar kolesterol, banyak efek baik dari mengonsumsi kakao! Namun, manfaat tersebut hanya diperoleh dari biji kakao tertentu. Di bawah ini kami membagi tips memilih cokelat instan yang tepat.

Pilih berdasarkan campuran kakaonya

Pilih berdasarkan campuran kakaonya

Umumnya cokelat instan berbentuk bubuk yang mudah larut dalam air. Di antaranya terdapat cokelat instan dengan tambahan gula dan susu, serta cokelat instan berbahan kakao murni tanpa campuran apa pun.

Cokelat instan dengan campuran susu terasa lezat saat dilarutkan dengan air panas, tetapi cenderung tinggi kalori. Ada sekitar 80 kalori dalam setiap cangkirnya. Jika Anda terlalu sering meminumnya, akan terjadi over calories. Berhati-hatilah untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Minuman cokelat murni atau disebut juga kakao murni, tidak mengandung gula atau susu. Karena itu, kakao murni memiliki kalori yang lebih rendah, yaitu sekitar 50 kalori per cangkir dibanding cokelat instan bercampur susu. Namun, kekurangannya adalah rasa yang pahit. Bila Anda tidak terbiasa meminum cokelat pahit, mungkin Anda tidak akan bisa meminumnya tanpa menambahkan pemanis lagi. Untuk itu, Anda bisa mengatur rasa sesuai selera dengan menambah madu, susu, gula, dan pemanis lainnya.

Pilih cokelat instan dengan campuran sesuai selera Anda. Cokelat instan tanpa tambahan gula dan rendah kalori disarankan untuk Anda yang sedang dalam program diet.

Pilih berdasarkan kandungan polifenol atau kalorinya

Pilih berdasarkan kandungan polifenol atau kalorinya

Apabila Anda minum cokelat untuk kesehatan, kandungan polifenol berperan sangat penting. Dewasa ini banyak produk cokelat instan dengan kandungan polifenol dua kali lebih banyak. Jika Anda mencari manfaat kesehatannya, periksa terlebih dahulu kandungan polifenolnya.

Tidak hanya kandungan polifenol saja, perhatikan juga jumlah kalori per cangkirnya. Dengan begitu, Anda bisa minum secangkir cokelat lezat tanpa khawatir berat badan Anda akan naik.

Pilih berdasarkan kemasan dan kemudahan pembuatannya

Pilih berdasarkan kemasan dan kemudahan pembuatannya

Rendahnya kandungan kalori pada kakao murni memang menjadi nilai tambah tersendiri. Meski begitu, kakao murni cenderung lebih sulit larut. Bila Anda menginginkan minuman cokelat yang mudah larut, pilihlah cokelat instan yang sudah dicampur gula, susu, atau bahan lainnya. Tidak hanya itu, bila Anda membeli minuman cokelat seperti ini yang dikemas dalam kemasan saset, Anda bisa dengan mudah membuatnya di kantor atau tempat lainnya. Bila Anda membawa termos air panas, Anda pun bisa dengan mudah menyeduhnya di tempat piknik atau lokasi outdoor lainnya. Produk ini seperti ini juga sangat cocok dipilih untuk digunakan di kafe. Kemudahan penyajian adalah hal nomor satu yang patut Anda pertimbangkan.

Meski begitu, produk yang dikemas dalam kemasan besar juga memiliki keunggulan, yaitu harga yang murah. Bila Anda ingin meminum banyak cokelat tanpa mengkhawatirkan biaya, produk yang dikemas dalam kemasan besar adalah pilihan tepat. Toh, Anda tetap bisa mencampurkannya dengan bahan lain agar rasanya sesuai dengan selera Anda. Kedua jenis kemasan memiliki kelebihan masing-masing sehingga akan sangat baik bila Anda memiliki keduanya.

10 Rekomendasi minuman cokelat instan terbaik

Dipilih dari rasa, aroma, kandungan yang menyehatkan, serta popularitas, sepuluh rekomendasi minuman cokelat instan di bawah ini adalah yang terbaik!

10. Fastana Fine Choco Choco Milk

10. Fastana Fine Choco Choco Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.600

Perpaduan cokelat dan susunya bikin lidah bergoyang!

Dengan harga yang sangat bersahabat, Anda sudah bisa memperoleh 1 pack cokelat susu nikmat. Setiap pack berisi 10 saset minuman cokelat instan, Anda bisa dengan mudah membawa beberapa saset dan membuat minuman cokelat lezat di kantor atau di berbagai lokasi kegiatan outdoor.

Saat Anda campurkan dengan air, minuman cokelat ini akan mudah larut dan menghasilkan rasa cokelat susu yang manis, kental, dan membuat lidah bergoyang. Bila Anda mencari minuman cokelat instan dengan rasa coklat susu yang manis dan nikmat bahkan tanpa ditambahkan bahan apa pun, produk ini layak dipertimbangkan.

9. Chek Hup 3 in 1 KoKoo Hot Chocolate

9. Chek Hup 3 in 1 KoKoo Hot Chocolate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 64.500

Manjakan lidah Anda dengan rasa lembut cokelat khas Borneo

KoKoo Hot Chocolate menggunakan bahan kakao bermutu tinggi yang ditanam di wilayah pulau Borneo. Selain itu, produk yang tidak diberi tambahan perisa artifisial cokelat lagi ini memiliki rasa yang lembut dan tentunya akan memanjakan lidah Anda. Aromanya juga sedap saat dihirup.

Cokelat instan dari KoKoo mengandung campuran creamer non-susu dan gula tebu premium untuk menghasilkan rasa cokelat yang kaya dan memuaskan. Untuk Anda yang menyukai sensasi cokelat dengan rasa buah kakao tropis yang khas, produk ini adalah pilihan yang tepat!

8. Cadbury 3 in 1 Hot Chocolate Drink

8. Cadbury 3 in 1 Hot Chocolate Drink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Nikmati rasa cokelat ala Cadburry dalam wujud cair

Produk asal Malaysia ini cukup laris manis di Indonesia. Cokelat instan ini mengandung campuran susu dan gula sehingga bisa langsung dinikmati tanpa tambahan pemanis. Campurkan tiga sendok teh bubuk cokelat ke dalam air panas dan aduk merata, minuman cokelat lezat pun siap dinikmati.

Cadbury 3 in 1 Hot Chocolate Drink cocok bagi penikmat minuman cokelat panas, terutama bagi Anda yang menyukai rasa cokelat khas merek Cadbury. Kemasannya dalam bentuk saset, mudah dibawa oleh Anda saat dalam perjalanan atau senang membuat cokelat panas saat bekerja di kantor.

7. Nestlé Hot Cocoa Fat Free

7. Nestlé Hot Cocoa Fat Free

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 230.000

Fat free! Minuman cokelat rendah kalori!

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, tidak perlu khawatir! Minuman cokelat instan keluaran Nestlé ini memiliki kandungan gula sangat rendah, hanya sebanyak 4 gram saja per cangkir. Tidak hanya itu, sesuai namanya poduk ini juga bebas lemak sehingga semakin cocok Anda minum saat diet.

Setelah Anda campurkan dengan air, Anda akan memperoleh minuman cokelat bertekstur kental yang lembut, manis, dan memiliki rasa susu plus dark chocolate yang sangat khas. Selain itu, produk ini juga sudah diperkaya dengan kalsium untuk memperkuat dan menutrisi tulang Anda.

6. Van Houten Cocoa Powder

6. Van Houten Cocoa Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.000

Cita rasa cokelat premium dengan harga ramah di kantong

Siapa tidak mengenal merek cokelat Van Houten? Produsen cokelat asal Amsterdam yang sudah beroperasi sejak tahun 1800-an ini memiliki produk cokelat instan dengan kandungan kakao premium berkualitas tinggi. Bubuk kakao murninya memiliki aroma khas dan mudah larut dalam air panas.

Selain untuk dinikmati dalam secangkir cokelat panas lezat, Van Houten Cocoa Powder bisa digunakan untuk campuran resep kue cokelat atau pencuci mulut favorit Anda. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin menikmati minuman cokelat berkualitas premium, ini jawabannya!

5. GarudaFood Chocolatos Chocolate Drink

5. GarudaFood Chocolatos Chocolate Drink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 54.000

Hadirkan kenikmatan cokelat Italia dalam setiap tetesnya

Bagi Anda yang menggemari atau ingin mencoba rasa cokelat Italia yang khas dari cokelat Chocolatos, minuman cokelat ini sangat layak untuk Anda coba! Meski menggunakan slogan “Italian chocolate taste”, Chocolatos Chocolate Drink adalah minuman cokelat premium asli Indonesia.

Minuman Chocolatos memiliki rasa manis dengan dominan pahit, khas dark chocolate Italia yang lezat. Teksturnya pun tergolong kental dengan rasa cokelat yang pekat. Tidak hanya bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin, produk ini juga cocok Anda campurkan dengan es krim dan pop ice.

4. Mayora Beng Beng Drink

4. Mayora Beng Beng Drink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Semakin kaya rasa dengan malt dan cream

Bila Anda ingin menikmati minuman cokelat kaya rasa tanpa perlu repot menambahkan berbagai bahan lainnya, minuman cokelat instan keluaran Mayora ini adalah jawaban tepat. Minuman cokelat ini sudah dicampur dengan susu, malt, dan cream, Anda bisa langsung menikmatinya tanpa perlu menambahkan apa pun.

Tidak hanya itu, adanya berbagai bahan tersebut membuat produk ini terasa begitu kaya rasa saat Anda minum dalam kondisi panas dan dingin. Setiap teguknya terasa kental, manis pekat, dan tidak ada rasa pahit sedikit pun, baik anak-anak maupun orang dewasa akan menyukai cita rasanya yang nikmat.

3. Starbucks Hot Cocoa Salted Caramel

3. Starbucks Hot Cocoa Salted Caramel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Rasa karamelnya bikin nagih!

Starbucks tidak hanya terkenal dengan kopi saja, tetapi juga memiliki produk hot chocolate yang dijamin membuat orang yang mencobanya bakal ketagihan. Ada bermacam-macam produk Starbucks Hot Cocoa yang bisa Anda pilih, salah satu yang sangat layak dicoba adalah rasa salted caramel.

Ketika Anda seduh, Anda akan merasakan kombinasi rasa manis dan pahit khas cokelat yang pas. Karamelnya menghadirkan sensasi manis yang unik dan spesial, membuat Anda ingin meneguknya lagi dan lagi. Bila Anda menyukai karamel atau memang pencinta Starbucks, produk ini tentu tak boleh dilewatkan.

2. Swiss Miss Milk Chocolate with Marshmallows

2. Swiss Miss Milk Chocolate with Marshmallows

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Sudah termasuk marshmallow, tinggal seduh dan minum!

Meski terasa manis, minuman cokelat instan ini tetap sehat diminum karena tidak mengandung pemanis buatan. Apalagi, produk ini hanya memiliki 90 kalori dan juga bebas kafein! Dipadukan dengan susu sapi asli yang berasal dari peternakan sapi di Wisconsin, Amerika Serikat, Anda tidak perlu meragukan kenikmatan rasanya.

Selain itu, dalam setiap sasetnya Anda juga akan mendapati marshmallow empuk yang siap dikonsumsi. Sangat cocok untuk Anda yang senang minum cokelat dengan potongan marshmellow. Rasakan sensasi marshmellow lezat kenyal yang meleleh di mulut Anda saat bercampur dalam secangkir cokelat panas.

1. Ghirardelli Premium Hot Cocoa

1. Ghirardelli Premium Hot Cocoa

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 198.000

Kenikmatan eksklusif double chocolate plus vanilla

Terbuat dari kakao berkualitas tinggi, minuman cokelat ini memberikan cita rasa cokelat yang autentik dan murni. Dipadukan dengan vanilla, produk ini akan menghasilkan kenikmatan rasa yang balance, sangat cocok dipilih oleh Anda yang ingin menikmati rasa cokelat berkualitas tinggi tanpa terganggu oleh rasa manis berlebih.

Anda juga tidak perlu repot menakar dan menambahkan gula karena produk ini sudah dicampur gula. Memiliki tekstur yang lembut, creamy, dan kental, Anda akan merasa semakin rileks ketika meminum produk ini. Bila Anda mau, Anda juga bisa mencampurkannya dengan susu untuk merasakan cita rasa yang lebih soft.

Mulanya dijadikan sebagai obat! Inilah berbagai khasiat kakao

Kakao, bahan utama minuman cokelat memiliki berbagai khasiat yang pada awalnya populer untuk pengobatan. Tentu saja, dalam secangkir cokelat pun ada banyak khasiat. Simak poin-poin di bawah ini untuk mengetahui berbagai manfaat kakao yang bisa Anda dapatkan saat meminum minuman cokelat.

Mengandung antioksidan dari cocoa polyphenol

Mengandung antioksidan dari cocoa polyphenol

Terdapat berbagai jenis polifenol antioksidan, salah satunya akan Anda temukan pada kakao. Kakao mengandung senyawa polifenol melimpah yang disebut flavonoid atau cocoa polyphenol. Polifenol memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahun tubuh, menurunkan tekanan darah, menekan oksidasi kolesterol, dan mencegah arteriosklerosis.

Polifenol pun dapat menghilangkan oksigen aktif yang menyebabkan penuaan, kelelahan, alergi, dan sebagainya. Senyawa ini juga dapat meningkatkan kerja otak. Selain itu, polifonel memiliki khasiat terkait kecantikan meski tidak untuk jangka panjang. Untuk bisa mendapatkan manfaat polifenol secara optimal, rutinlah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung polifenol, misalnya dark chocolate.

Melancarkan sirkulasi darah! Aman diminum bahkan saat dicampur es

Melancarkan sirkulasi darah! Aman diminum bahkan saat dicampur es

Senyawa polifenol yang terkandung dalam kakao berkhasiat melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar, tubuh akan semakin hangat dan bengkak pun bisa berkurang. Sangat cocok diminum oleh Anda yang khawatir dengan pembengkakan atau merasa kedinginan.

Selain itu, secangkir kakao murni tetap berkhasiat meski diminum dalam kondisi dingin. Dalam cuaca panas, minuman dingin menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Namun, bila Anda meminum misalnya es barley tea untuk mendinginkan tubuh, tubuh Anda justru akan kedinginan secara berlebihan. Di sisi lain, es kakao tidak menimbulkan dingin berlebih pada tubuh sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko terjadinya demam atau flu.

Menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan usus

Menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan usus

Selain polifenol, kakao mengandung zat lainnya yang juga menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah lignin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme.

Kakao juga mengandung protein kakao yang bermanfaat dalam meningkatkan gerak peristaltik usus, membantu melancarkan buang air besar, dan menyehatkan usus. Selain itu, lignin adalah jenis serat makanan yang tidak mudah larut. Protein cokelat bersama lignin akan mendukung pergerakan usus besar sehingga konstipasi pun bisa diatasi.

Kakao yang menurunkan kadar kolesterol dan menghilangkan konstipasi sangat cocok untuk mendukung program diet Anda. Akan tetapi, berhati-hatilah karena beberapa produk mengandung susu, gula, dan berkalori tinggi. Bila Anda sedang dalam masa diet, nikmatilah secangkir cokelat murni tanpa gula yang dicampur dengan air panas.

Cara menikmati cokelat instan

Cara menikmati cokelat instan

Tentu semakin menyenangkan bila Anda bisa meminum cokelat instan dengan lebih nikmat, bukan? Salah satu cara menikmati minuman cokelat adalah dengan mengaduk serbuk cokelatnya secara konstan terlebih dahulu. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya mencegah bubuk cokelatnya menumpuk di bagian bawah, tetapi juga mengeluarkan cita rasa asli kakao nan lembut melalui pati yang terdapat di dalamnya. Dengan demikian, Anda akan bisa memperoleh cita rasa yang terbaik.

Lalu, di negara seperti Amerika Serikat minuman cokelat biasa dinikmati dengan potongan marshmallow di atasnya. Bukan hanya kaya rasa dan manis saja, tetapi juga terdapat kolagen dari gelatin pada marshmallow, cocok dicoba bila Anda juga ingin melakukan perawatan kecantikan. Bentuk marshmallow yang imut-imut juga akan membuat minuman cokelat Anda terlihat semakin menarik.

Minuman cokelat juga cocok dicampur dengan buah-buahan citrus, misalnya liqueur jeruk atau selai favorit Anda untuk cita rasa yang berbeda. Apabila selai sulit dilelehkan, Anda tinggal mengaduknya terus-menerus hingga larut.

Baca juga rekomendasi marshmallow di sini

Anda bisa meminum cokelat panas sambil menikmati marshmallow yang lembut dan empuk. Tidak hanya terasa manis dan enak, marshmallow juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Karena itu, Anda perlu memilih marshmallow yang tepat. Ingin tahu lebih lanjut? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Minuman cokelat instan tidak hanya memiliki rasa dan aroma lezat, tetapi bermanfaat baik bagi kesehatan. Namun, perhatikan jumlah kalori untuk setiap cangkirnya, terutama bagi Anda yang menjalani program diet.

Pilih cokelat instan sesuai selera, campurkan dengan air panas atau dingin, aduk merata! Secangkir cokelat lezat bisa Anda nikmati kapan pun untuk menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh Anda.