1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Minuman instan
  6. >
  7. 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Minuman Coklat Instan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Minuman coklat instan populer dinikmati berbagai kalangan. Berbagai merek hot chocolate, seperti Cadbury, Pipiltin, Delfi, hingga Chocolatos berlomba meracik minuman coklat terenak. Anda pun bisa menyajikannya dalam keadaan dingin, lho! Nah, untuk Anda yang sedang dalam program diet, beberapa produsen juga menawarkan minuman coklat rendah kalori.

Untuk itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek coklat instan terbaik beserta tips cara memilihnya. Ada coklat seduh dalam kemasan saset ataupun pouch berukuran besar. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Simak ulasannya untuk membantu Anda memilih coklat instan yang enak!
Diperbaharui 12-27-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman coklat instan

Lezat, melancarkan buang air besar, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi efek baik lainnya dari mengonsumsi kakao. Berikut kami bagikan tips memilih minuman cokelat instan.

① Ketahui jenis minuman coklat berdasarkan bahan baku kakaonya

Minuman cokelat instan memiliki kadar bahan baku kakao yang berbeda-beda. Hal ini dapat memengaruhi intensitas rasa cokelat dan aftertaste pada minuman. Alhasil, cokelat seduh yang Anda nikmati ada yang berasa lebih pahit, manis, milky, dan lainnya.

Dark chocolate: Mengandung 35–90% kakao dan rasa lebih pahit

Dark chocolate: Mengandung 35–90% kakao dan rasa lebih pahit

Minuman cokelat instan dengan tulisan dark chocolate memiliki kandungan kakao murni mencapai 35–90%. Dengan begitu, rasa pahit pada minuman cokelat terasa dominan. Kandungan gula pada dark chocolate juga lebih sedikit dari tipe cokelat lainnya. Untuk Anda yang sedang mengurangi gula, dark chocolate bisa jadi pilihan.


Selain itu, dark chocolate memiliki kandungan flavonoid dan polifenol (berupa katekin dan antosianin) lebih banyak daripada milk chocolate. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, otot, dan jaringan kulit.

Milk chocolate: Terdapat campuran susu dan gula dengan kadar kakao sekitar 10–12%

Milk chocolate: Terdapat campuran susu dan gula dengan kadar kakao sekitar 10–12%

Milk chocolate memiliki campuran susu kental atau susu bubuk, gula, lemak nabati, dan lemak kakao dengan kakao murni sebesar 10–12%. Sebab itu, rasa milk chocolate lebih creamy dan manis dari dark chocolate. Selain itu, intensitas rasa cokelatnya lebih ringan.


Karena persentase kandungan kakao murninya lebih rendah dari dark chocolate, kandungan antioksidan bawaannya pun lebih rendah. Kandungan kakao murni yang lebih sedikit juga membuat milk chocolate memiliki kadar kafein cukup rendah. Cokelat tipe ini lebih banyak digunakan pada minuman cokelat instan.

② Pertimbangkan minuman coklat rendah kalori untuk diet

Pertimbangkan minuman coklat rendah kalori untuk diet
Apabila Anda minum cokelat untuk kesehatan, kandungan kalori pada kemasan perlu diperhatikan. Kalori pada produk cokelat yang dijual dipasaran berpotensi menambah berat badan dan mengakibatkan obesitas.

Cokelat instan dengan campuran susu memiliki kandungan kalori lebih tinggi daripada cokelat murni. Ada sekitar 80–150 kalori dalam setiap cangkir cokelat instan campuran. Jika Anda terlalu sering meminumnya, akan terjadi over calories.


Sementara itu, minuman cokelat murni atau disebut juga kakao murni tidak mengandung gula atau susu. Hal tersebut membuatnya memiliki kalori lebih rendah, sekitar 50 kalori per cangkir. Jadi, Anda dapat menikmati minuman cokelat instan dark chocolate saat menjalankan program penurunan berat badan. Namun, kekurangannya adalah rasa yang lebih pahit.

③ Perhatikan kandungan gula pada label kemasan

Perhatikan kandungan gula pada label kemasan

Sebelum memilih minuman cokelat, cek kandungan gula yang tertera pada label kemasan atau review produk. Hal ini akan membantu Anda mengontrol gula yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengetahui kandungan gula pada minuman cokelat, Anda bisa membatasi konsumsi berlebihan.


Sebagai tambahan informasi, batasan konsumsi gula total dalam satu hari adalah tidak lebih dari 50 gram. Jumlah ini sudah termasuk gula yang ada dalam setiap masakan, makanan kemasan, hingga gula dalam minuman ataupun snack.


Asupan gula yang tinggi dapat memicu diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan kerusakan gigi. Tenang saja karena Anda juga bisa menemukan minuman cokelat tanpa gula. Dengan memilih produk tersebut, Anda dapat mengatur sendiri jumlah gula yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan produk pemanis atau pengganti gula pasir yang memiliki 0 kalori.

④ Pilih berdasarkan kemasan dan kemudahan pembuatannya

Bila Anda menginginkan minuman cokelat yang mudah larut, pilih cokelat instan yang sudah dicampur bahan lainnya. Biasanya Anda akan menemukan produk tersebut dalam kemasan saset. Hal ini pun cukup mudah dan praktis dilakukan. Anda tidak perlu mengukur jumlah takaran untuk mendapatkan rasa yang pas. Selain itu, kemasan saset mudah dibawa ke mana-mana.

Produk yang dikemas dalam kemasan besar juga memiliki keunggulan, seperti harga yang ekonomis. Produk dalam kemasan besar adalah pilihan tepat bila Anda ingin meminum banyak cokelat tanpa mengkhawatirkan biaya. Toh, Anda tetap bisa mencampurkannya dengan bahan lain agar rasanya sesuai dengan selera.


Bagi Anda yang memilih produk dalam kemasan besar, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kemasannya agar tetap tertutup rapat. Letakkanlah juga sesuai dengan saran penyimpanan yang tertera pada label kemasan. Hal ini demi mencegah kerusakan produk dan mengantisipasi hilangnya kandungan antioksidan di dalam cokelat.

10 Rekomendasi minuman coklat instan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman coklat instan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wings Group

ChocoDrink

Wings Group ChocoDrink 1枚目

Jadi mood booster dengan kenikmatan rasa cokelat Belgia

2

Garudafood

Chocolatos Chocolate Drink

Garudafood  Chocolatos Chocolate Drink 1枚目

Hadirkan kenikmatan cokelat Italia di setiap tetesnya

3

Mondelez

Cadbury Chocolate Drink

Mondelez Cadbury Chocolate Drink 1枚目

Nikmati rasa coklat Cadbury yang lezat dalam wujud cair

4

Homelab

100% Dark Chocolate Powder

Homelab 100% Dark Chocolate Powder 1枚目

Minuman coklat tanpa gula dengan kualitas premium!

5

Pipiltin Cocoa

Choco Drink Single Portion

Pipiltin Cocoa Choco Drink Single Portion 1枚目

Temukan perbedaan rasa kakao dari daerah-daerah di Indonesia

6

Mayora

Drink Beng Beng

Mayora Drink Beng Beng 1枚目

Makin kaya rasa dengan malt dan cream

7

INDRACO

BROCHOCO Original

INDRACO BROCHOCO Original 1枚目

Temukan sensasi rasa coklat spesial dengan krim lembut

8

Nestlé

Alegria Dark Cocoa

Nestlé Alegria Dark Cocoa 1枚目

Nikmati dark chocolate yang kaya rasa dan lembut di lidah

9

Delfi

Hot Cocoa Indulgence

Delfi Hot Cocoa Indulgence 1枚目

Manjakan lidah dengan secangkir coklat panas yang rasanya rich

10

Otten

Chocolate Powder

Otten Chocolate Powder 1枚目

Dikemas dalam ukuran 1 kg, pas untuk dijadikan stok

Perincian produk
Close
No.1

Jadi mood booster dengan kenikmatan rasa cokelat Belgia

Jika Anda mencari rekomendasi cokelat bubuk untuk minuman yang dapat meningkatkan mood, produk ini bisa jadi jawabannya. Rasa manis terbukti dapat mengaktifkan pusat kesenangan di otak dan meningkatkan hormon dopamin. Manisnya cokelat Belgia dari ChocoDrink ini bisa menjadi mood booster dan membuat Anda lebih bersemangat.

Anda juga dapat menambahkan susu cair dan es batu agar rasanya lebih nikmat. Namun, perhatikan takaran gula tambahan harian Anda agar tidak berlebihan. Asupan gula berlebih menyebabkan munculnya penyakit, seperti diabetes dan obesitas.

No.2

Garudafood Chocolatos Chocolate Drink

Mulai dari Rp17.200,00

Hadirkan kenikmatan cokelat Italia di setiap tetesnya

Produk ini layak dicoba oleh Anda yang gemar atau ingin mencoba rasa cokelat Italia yang khas. Meski menggunakan slogan “Italian chocolate taste”, Chocolatos Chocolate Drink adalah minuman cokelat premium asli Indonesia.

Minuman Chocolatos memiliki rasa manis dengan dominan pahit khas dark chocolate Italia yang lezat. Teksturnya pun tergolong kental dengan rasa cokelat yang pekat. Disajikan dalam keadaan panas atau dingin terasa lezat, dijadikan es krim dan pop ice pun nikmat!
No.3

MondelezCadbury Chocolate Drink

Mulai dari Rp81.700,00

Nikmati rasa coklat Cadbury yang lezat dalam wujud cair

Produk asal Malaysia ini cukup laris manis di Indonesia. Cokelat instan ini mengandung campuran susu dan gula sehingga bisa langsung dinikmati tanpa tambahan pemanis. Campurkan isinya ke dalam air panas dan aduk merata, minuman cokelat lezat pun siap dinikmati.

Produk ini cocok bagi penikmat minuman cokelat panas, terutama bagi Anda yang menyukai rasa cokelat khas merek Cadbury. Dikemas dalam bentuk saset, produk ini makin mudah dibawa untuk menemani Anda dalam perjalanan atau saat di kantor.
No.4

Homelab100% Dark Chocolate Powder

Mulai dari Rp60.000,00

Minuman coklat tanpa gula dengan kualitas premium!

Kabar baik untuk Anda yang mencari minuman cokelat tanpa gula dengan cita rasa premium. Produk dari Homelab ini bisa dijadikan stok wajib Anda di rumah. Kandungan 100% dark chocolate dapat membantu Anda menurunkan kolesterol, meredakan stres, dan bersifat sebagai antioksidan.

Selain itu, dark chocolate juga bermanfaat untuk mempertajam otak dan memelihara kesehatan kulit. Amat menarik, bukan? Nah, Anda juga bisa menambahkan minuman cokelat ini dengan susu cair favorit agar lebih nikmat. Segera rasakan manfaat dan kelezatan cokelat bubuk premium dari Homelab!

No.5

Pipiltin CocoaChoco Drink Single Portion

Mulai dari Rp30.000,00

Temukan perbedaan rasa kakao dari daerah-daerah di Indonesia

Produsen cokelat satu ini menghadirkan berbagai cokelat dengan rasa yang menarik. Biji kakao yang digunakan juga berasal dari daerah-daerah di Indonesia, contohnya dari Bali dan Aceh. Jika Anda baru pertama kali ingin coba minuman cokelat khas Pipiltin Cocoa, pilih saja Choco Drink Single Portion.

Kemasan ini terdiri tiga pack cokelat seduh dengan kadar kakao berbeda-beda. Bali terdiri dari 60% kakao, Aceh 73% kakao, dan House Blend merupakan gabungan dari beberapa varian biji kakao. Dengan begitu, setiap bungkus memiliki rasa yang berbeda. Segera dicoba, yuk!

No.6

Makin kaya rasa dengan malt dan cream

Saatnya menikmati minuman saset cokelat tanpa repot menambahkan berbagai bahan lainnya dengan memilih produk ini! Minuman cokelat ini sudah dicampur dengan susu, malt, dan cream. Dengan begitu, Anda bisa langsung menikmatinya tanpa perlu menambahkan apa pun.


Adanya berbagai bahan tersebut juga membuat produk ini begitu kaya rasa saat diminum dalam kondisi panas ataupun dingin. Setiap teguknya terasa kental, manis pekat, dan tidak ada rasa pahit. Anak-anak ataupun orang dewasa akan menyukai cita rasanya yang nikmat!

No.7

INDRACOBROCHOCO Original

Mulai dari Rp15.000,00

Temukan sensasi rasa coklat spesial dengan krim lembut

Minuman cokelat bubuk saset ini memiliki kombinasi rasa manis dan pahit khas cokelat yang pas. Campuran krimer, bubuk kakao, dan kopinya menghadirkan sensasi manis cokelat yang spesial. Berpadu dengan krim lembut, Anda pasti jadi ingin meneguknya lagi dan lagi. Anda yang menyukai minuman cokelat instan dengan rasa seimbang wajib mencoba produk satu ini.

No.8

NestléAlegria Dark Cocoa

Mulai dari Rp88.400,00

Nikmati dark chocolate yang kaya rasa dan lembut di lidah

Siapa tidak mengenal merek Nestlé? Nestlé telah mengeluarkan ribuan produk makanan yang sudah terjamin kualitas dan rasanya. Salah satunya produk minuman dark chocolate ini. Saat diminum, Anda dapat merasakan teksturnya yang lembut dan rasa cokelat yang penuh. Produk ini pas dipilih bila Anda menyukai minuman dengan cita rasa yang bold.
No.9

DelfiHot Cocoa Indulgence

Mulai dari Rp18.100,00

Manjakan lidah dengan secangkir coklat panas yang rasanya rich

Salah satu merek hot chocolate yang dapat Anda nikmati saat bersantai adalah Delfi Hot Cocoa Indulgence. Produk ini cocok diminum saat Anda membutuhkan minuman panas atau hangat dengan rasa cokelat yang rich. Minuman cokelat saset ini telah dicampur dengan krimer dan gula yang pas untuk memanjakan lidah Anda.
No.10

OttenChocolate Powder

Mulai dari Rp145.000,00

Dikemas dalam ukuran 1 kg, pas untuk dijadikan stok

Apabila Anda memiliki bisnis kafe dan ingin menyediakan minuman cokelat, Anda harus menstok bubuk cokelat dalam jumlah besar. Nah, produk ini akan pas dipilih untuk melengkapi sajian di kafe Anda. Isi kemasannya mencapai 1 kg, tentu cukup banyak untuk dijadikan sebagai persediaan. Anda juga bisa menjadikannya sebagai stok di rumah dan dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

Pertanyaan umum seputar minuman coklat

Pertanyaan umum seputar minuman coklat

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar minuman cokelat. Jika Anda masih penasaran dengan minuman cokelat, simak jawabannya di bawah ini!

Apa kelemahan dari minuman coklat?

Minuman cokelat bisa memberi efek negatif bila terdapat kandungan tinggi gula di dalamnya. Cita rasa cokelat yang pahit kadang membuat gula ditambahkan dalam jumlah banyak untuk menetralisir rasanya. Anda disarankan untuk melihat kandungan gula pada kemasan produk cokelat sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.


Selain itu, cokelat secara alami mengandung kafein sehingga bisa memberikan stimulus untuk tetap terjaga meski jumlahnya kecil. Dalam 30 gram cokelat murni terdapat sekitar 20 mg kafein. Sementara itu, pada satu gelas minuman cokelat terdapat setidaknya 5 mg kafein.


Bagi Anda yang sensitif terhadap kafein atau memiliki gangguan tidur, disarankan untuk tidak mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak. Konsumsi coklat juga tidak disarankan bagi penderita beberapa penyakit tertentu, misalkan GERD.

Mulanya dijadikan sebagai obat! Inilah berbagai khasiat kakao

Kakao yang merupakan bahan utama minuman cokelat memiliki berbagai khasiat yang pada awalnya populer untuk pengobatan. Tentu saja dalam secangkir cokelat pun ada banyak khasiat. Simak poin-poin berikut untuk mengetahui berbagai manfaat kakao yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi minuman cokelat.

Mengandung antioksidan dari cocoa polyphenol

Mengandung antioksidan dari cocoa polyphenol
Ada berbagai jenis polifenol antioksidan, salah satunya akan Anda temukan pada kakao. Kakao mengandung senyawa polifenol melimpah yang disebut flavonoid atau cocoa polyphenol. Polifenol berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menekan oksidasi kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mencegah arteriosklerosis.

Polifenol pun bisa menghilangkan stres oksidatif yang menyebabkan penuaan, alergi, kelelahan dan sebagainya. Senyawa ini juga dapat meningkatkan kerja otak. Selain itu, polifenol punya khasiat terkait kecantikan meski tidak untuk jangka panjang.


Dalam hal ini, polifenol memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari efek buruk polusi dan radikal bebas. Rutinlah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung polifenol untuk mendapatkan manfaat polifenol secara optimal, misalnya dark chocolate.

Melancarkan sirkulasi darah! Aman diminum bahkan saat dicampur es

Melancarkan sirkulasi darah! Aman diminum bahkan saat dicampur es
Senyawa polifenol yang terkandung dalam kakao berkhasiat melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar, suhu tubuh akan cenderung normal. Maka dari itu, minuman cokelat sangat cocok diminum oleh Anda yang merasa kedinginan.

Selain itu, secangkir kakao murni tetap berkhasiat meski diminum dalam kondisi dingin. Dalam cuaca panas, minuman dingin menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Namun, tubuh Anda justru akan kedinginan secara berlebihan bila Anda meminum es barley tea untuk mendinginkan tubuh. Di sisi lain, es kakao tidak menimbulkan dingin berlebih pada tubuh. Anda malah tak perlu khawatir demam atau flu, deh!

Menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan usus

Menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan usus

Selain polifenol, kakao mengandung zat lainnya yang juga menyehatkan tubuh. Contohnya, terdapat zat lignin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan metabolisme.


Kakao juga mengandung protein yang bermanfaat dalam meningkatkan gerak peristaltik usus, melancarkan buang air besar, dan menyehatkan usus. Selain itu, lignin adalah jenis serat makanan yang tidak mudah larut. Protein cokelat bersama lignin akan mendukung pergerakan usus besar sehingga konstipasi pun bisa diatasi.


Kakao yang menurunkan kadar kolesterol dan menghilangkan konstipasi sangat pas untuk mendukung program diet Anda. Namun, berhati-hatilah karena beberapa produk mengandung susu, gula, dan berkalori tinggi. Bila Anda sedang dalam masa diet, nikmatilah secangkir cokelat murni tanpa gula yang dicampur dengan air panas.

Cara menikmati coklat instan

Cara menikmati coklat instan
Salah satu cara menikmati minuman cokelat adalah dengan mengaduk serbuk cokelatnya secara konstan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mencegah bubuk cokelatnya menumpuk di bagian bawah. Mengaduknya secara konstan juga akan mengeluarkan cita rasa asli kakao nan lembut melalui pati yang terdapat di dalamnya.

Di negara seperti Amerika Serikat, minuman cokelat biasa dinikmati dengan potongan marshmallow di atasnya. Bukan hanya kaya rasa dan manis, melainkan juga terdapat antioksidan standar pada marshmallow. Jadi, tubuh kian terlindung dari radikal bebas. Bentuk marshmallow yang imut-imut pun akan membuat minuman cokelat Anda terlihat makin menarik.


Cara lain untuk menikmati minuman coklat adalah menyajikannya dengan kacang panggang dan muesli (sereal biji-bijian). Hal ini bukan hanya karena cita rasanya yang cocok bila dikombinasikan bersama cokelat. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung kaya zat gizi yang tidak merusak kandungan aktif dalam coklat.

Baca juga rekomendasi minuman instan lainnya di sini

Anda bisa meminum cokelat panas sambil menikmati waktu santai ataupun kala tengah beraktivitas. Selain minuman cokelat instan, Anda juga bisa menikmati produk minuman instan lainnya pada artikel kami berikut. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Kesimpulan

Minuman cokelat instan tidak hanya memiliki rasa dan aroma lezat, tetapi bermanfaat baik bagi kesehatan. Namun, perhatikan juga jumlah kalori untuk setiap cangkirnya, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Pilihlah cokelat instan yang sesuai dengan selera, campurkan dengan air panas atau dingin, lalu aduk merata! Secangkir cokelat lezat bisa Anda nikmati kapan pun untuk menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer