10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. 

Namun, tidak semua binder nyaman digunakan. Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara memilih loose leaf binder yang tepat dan memperkenalkan 10 rekomendasi produk terbaik dalam format peringkat. Pilihlah loose leaf binder dengan cermat sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih loose leaf binder

Loose leaf binder merupakan alat tulis yang sangat praktis dan mudah dibawa-bawa. Bentuknya yang beragam membuat Anda bisa memilih binder sesuai dengan yang paling Anda butuhkan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih binder.

Pilih sesuai kebutuhan

Pilih sesuai kebutuhan

Seringkali pelajar atau pekerja kantoran salah membeli binder yang mereka butuhkan, beberapa di antaranya memilih binder dengan ukuran yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. Anda harus memperhatikan ukurannya dan pastikan binder Anda sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berat dan isi kertas yang sesuai

Pilih berat dan isi kertas yang sesuai

Kapasitas loose leaf binder sangat bervariasi tergantung dari diameter ringnya. Binder dengan diameter ring yang kecil tentunya memiliki kapasitas kertas yang lebih sedikit. Akan tetapi, binder dengan tipe seperti ini biasanya lebih ringan dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Sedangkan binder dengan diameter ring yang lebih besar akan memiliki kapasitas kertas lebih banyak, tapi tentu saja lebih berat.

Anda bisa memilih tipe binder dengan diameter ring yang kecil untuk dibawa ke mana-mana. Sedangkan binder yang memiliki ring berukuran besar, lebih cocok untuk digunakan di rumah untuk mengumpulkan file yang lebih banyak.

Pilih ring binder yang tidak mengganggu saat digunakan

Pilih ring binder yang tidak mengganggu saat digunakan

Saat Anda menggunakan binder sebagai catatan, mungkin tidak jarang Anda merasa terganggu oleh ring binder yang menyentuh tangan saat sedang mencatat. Padahal Anda harus mencatat banyak hal dengan cepat dan tetap nyaman.

Akhir-akhir ini, beberapa loose leaf binder telah didesain sedemikian rupa sehingga bagian ringnya yang tidak menghalangi tangan Anda saat menulis.

Pilih ring yang mudah dilepas

Pilih cincin yang mudah dilepas

Pernahkah Anda menjatuhkan binder karena ring yang sulit dilepas? Keunggulan utama dari loose leaf binder adalah kertasnya yang bisa diisi ulang. Namun, Anda pasti akan merasa tidak nyaman jika ring binder sulit dilepas.

Jika ring binder sulit dilepas, jari Anda bisa saja terjepit saat ingin mengambil atau mengisi ulang kertas loose leaf. Oleh karena itu, ring binder sangat penting demi kenyamanan penggunaan. Jadi, pastikan untuk mengecek bagian ring binder sebelum Anda membelinya.

Pilih ring binder yang tahan lama

Pilih cincin binder yang tahan lama

Ring binder yang mudah dilepas tentu akan lebih nyaman digunakan. Akan tetapi, terkadang ring binder yang mudah dilepas tidak tahan lama, terutama jika Anda sering membuka dan menutup ringnya.

Saat ini, sudah ada ring binder yang terbuat dari plastik dengan daya tahan yang baik. Namun, tetap saja ring yang terbuat dari logam lebih unggul dan lebih tahan lama. Bahannya yang kuat tidak akan membuat Anda khawatir kertas akan terlepas dengan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa binder dengan ring logam biasanya lebih berat dan berukuran lebih besar. Jadi, jika Anda menginginkan binder dengan daya tahan yang lama, pilihlah binder dengan ring logam. Jika Anda lebih memprioritaskan portabilitas, pilihlah ring plastik sesuai dengan kegunaannya.

10 Rekomendasi loose leaf binder terbaik

Berdasarkan poin-poin cara memilih binder di atas, selanjutnya kami akan mengenalkan 10 rekomendasi loose leaf binder terbaik berdasarkan urutan ranking. Kami juga akan memberikan penjelasan tentang jenis ring binder dan binder mana yang sesuai dengan Anda, jadi pilihlah yang paling Anda butuhkan!

10. Joyko Binder Note Culture

9. Joyko Binder Note Culture

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.160

Binder minimalis dan ekonomis

Joyko merupakan salah satu merek alat tulis yang juga populer di kalangan pelajar maupun karyawan kantor karena harganya yang terjangkau dan kualitas yang cukup baik. Ring binder yang satu ini terbuat dari bahan metal yang kuat. Bagian depan cover-nya terbuat dari plastik yang gambarnya bisa diganti sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain itu, binder ini memiliki 5 pembatas yang akan membuat catatan Anda lebih rapi. Harga binder ini cukup terjangkau dan sangat ekonomis untuk pemakaian sehari-hari. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati menggunakannya karena bagian ujung binder terkadang mudah sobek terutama pada bagian di dekat ring.

9. Bantex Multiring Binder

8. Bantex Multiring Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 41.910

Loose leaf binder dengan desain yang lucu

Meskipun memiliki 20 ring seperti loose leaf binder pada umumnya, yang berbeda dari binder ini adalah cover-nya yang terbuat dari karton keras yang dilapisi plastik. Binder ini didesain dengan gambar kartun yang lucu, cocok bagi Anda yang menyukai gambar kartun untuk memberikan warna pada koleksi alat tulis Anda.

Binder ini juga dilengkapi 5 pembatas kertas yang dapat Anda gunakan untuk memisahkan catatan berdasarkan kategorinya. Ringnya terbuat dari metal yang mudah dibuka dan ditutup. Hanya saja, binder yang terbuat dari karton seperti ini bentuknya tidak fleksibel dan cukup tebal. Jadi, pertimbangkanlah sesuai kebutuhan Anda.

8. Nava Binder

7. Nava Binder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Binder ringan dengan kapasitas memadai

Pernahkah Anda memiliki binder yang saat belum diisi dengan kertas loose leaf pun sudah cukup berat bobotnya? Mungkin tidak sedikit di antara kita yang lebih menyukai binder yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Nah, binder ringan yang satu ini dapat menjadi solusi untuk Anda!

Cover-nya terbuat dari bahan board yang dilapisi plastik sehingga tahan air, sedangnkan ringnya terbuat dari logam yang tahan lama. Di bagian dalam cover binder ini terdapat tempat untuk menyisipkan catatan atau kartu penting. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati saat menaruh binder ini di dalam tas karena bagian ujungnya terkadang mudah tertekuk.

7. Kokuyo Campus Slide Binder

7.Kokuyo Campus Slide Binder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Ring binder yang mudah dibuka dan ditutup

Binder yang sulit dilepas dapat menghambat Anda saat mencatat atau menarik kertas loose leaf. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Kokuyo Campus Slide Binder ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Produk ini memiliki ring yang mudah dibuka dan ditutup, cukup dengan menggeser tab bagian bawah ringnya!

Selain itu, binder ini dapat menampung sampai 150 lembar kertas loose leaf. Jadi, Anda dapat mencatat lebih maksimal tanpa takut kehabisan kertas isi binder. Binder ini didesain transparan dengan warna biru langit di bagian cover bagian belakangnya untuk memberikan kesan menyejukkan.

6. Retro Binder

6. Retro Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 178.000

Desain retro yang classic

Jika Anda menyukai tampilan binder yang unik dan berbeda dari biasanya, Retro Binder ini dapat menjadi pilihan bagi Anda. Dengan bahan cover yang terbuat dari kulit serta bagian tali sebagai penutup yang juga dihias dengan daun, binder ini memberikan kesan retro classic yang gaya.

Bagian ring binder terbuat dari logam yang kuat sehingga Binder ini dapat bertahan lama. Binder ini juga sudah dilengkapi oleh kertas loose leaf tanpa garis berwarna krem yang senada dengan cover-nya. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan binder ini agar tidak terkena air karena bisa menjadikan bahan kulitnya mudah rusak dan lembap.

5. Maruman Inspear F017

5. Maruman Inspear F017

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 102.600

Ring yang dibuka ke samping

Binder dari Maruman yang satu ini memiliki keunggulan yang berbeda dengan binder pada umumnya. Bagian ringnya dapat dibuka ke samping sehingga akan memudahkan Anda saat mengambil atau mengisi ulang kertas loose leaf. Selain itu, binder ini juga tersedia dalam beragam warna yang trendi yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Loose leaf binder ini juga tipis dan ringan sehingga sangat praktis untuk dibawa-bawa. Meskipun tipis, binder ini tetap dapat terisi sampai 60 lembar kertas, lho! Jadi, Anda dapat tetap mencatat banyak dan tidak perlu khawatir kehabisan kertas.

4. Matte Loose Leaf Binder

4. Matte Loose Leaf Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Binder yang tahan air dan anti-debu

Loose leaf binder yang satu ini terbuat dari plastik polypropene yang menjadikannya tahan air dan anti-debu, sangat cocok untuk melindungi kertas catatan Anda dari tumpahan air atau kotoran. Cover-nya yang transparan juga tahan terhadap kelembapan dan mudah dibersihkan.

Binder ini menggunakan 6 buah ring berbahan metal dengan kapasitas kertas maksimal hingga 100 lembar. Tersedia juga tali elastis untuk di bagian luarnya agar binder bisa tertutup rapi. Selain untuk menyimpan catatan, binder ini juga bisa digunakan juga sebagai scrapbook ataupun album foto.

3. Bantex Multiring Binder

3. Bantex Multiring Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.160

Kapasitas maksimal dengan harga terjangkau

Jika Anda sering mencatat banyak dan membutuhkan binder dengan kapasitas maksimal, binder dari Bantex yang satu ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Binder ini memiliki kapasitas maksimal hingga ketebalan 25 mm kertas loose leaf, sekitar 250 lembar kertas atau lebih!

Produk ini juga dilengkapi 5 buah pembatas yang akan memudahkan Anda untuk merapikan catatan berdasarkan kategorinya. Selain itu, binder ini juga dilengkapi dengan pocket plastic pada bagian depan dan belakang cover untuk menyisipkan kartu pelajar atau dokumen-dokumen kecil penting lainnya.

2. Kokuyo Smart Ring Campus Binder

2. Kokuyo Smart Ring Campus Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 112.800

Cover yang fleksibel yang memudahkan saat mencatat

Salah satu poin penting dalam memilih binder adalah memperhatikan apakah ringnya tidak mengganggu Anda saat mencatat. Nah, Kokuyo Smart Ring Campus Binder ini adalah salah satu produk yang memenuhi kriteria itu! Binder ini memiliki ring yang berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan binder pada umumnya sehingga tidak akan mengganggu Anda saat mencatat.

Selain itu, bagian cover binder dapat hinga dibalik 360 derajat seperti membalik kalender. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda saat mencatat ataupun misalnya membuat sketsa. Ring bindernya sendiri terbuat dari plastik yang kuat, tetapi tetap ringan dan praktis dibawa-bawa.

1. Bambi Binder

1. Bambi Binder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 57.000

Praktis dan mudah dibawa

Loose leaf binder yang satu ini sangat praktis karena Anda dapat membawa semua benda penting dalam satu binder saja. Selain berfungsi untuk menyimpan catatan, binder ini juga menyediakan banyak slot untuk menyimpan kartu, seperti KTP maupun kartu identitas penting lainnya, serta tempat untuk meletakkan pensil atau pulpen.

Cover binder ini terbuat dari kulit sintetis yang menjadikannya tahan air dan bisa digunakan untuk jangka waktu lebih lama. Terdapat pengait di bagian luarnya untuk memastikan semua benda yang Anda bawa tetap tersimpan dengan baik. Produk ini tersedia dalam banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini kami telah memperkenalkan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan binder mana yang paling Anda butuhkan?

Ring binder yang terbuat dari logam atau plastik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah produk yang nyaman digunakan dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda!