• 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.

Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
  • Pembaharuan terakhir: 11 Mei 2020
  • 13.989 Views
Daftar isi

Cara memilih loose leaf binder

Banyaknya jenis loose leaf binder yang ada di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Pilih berdasarkan tujuan penggunaan
Penggunaan loose leaf binder sebenarnya bersifat personal. Loose leaf binder terbaik akan berubah sesuai tujuan penggunaan, jumlah kertas yang hendak digunakan, lokasi dan tempat penggunaan, serta sering dibawa atau tidak.
Secara umum loose leaf binder terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe home dan carry. Tipe carry lebih menitikberatkan pada kemudahan saat dibawa dan dipakai menulis. Sementara itu, tipe home lebih fokus pada kemudahan penyimpanannya. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan bobot binder dan jumlah kertas

Pilih berdasarkan bobot binder dan jumlah kertas
Kapasitas loose leaf binder sangat bervariasi tergantung dari diameter ringnya. Binder dengan diameter ring yang kecil tentunya memiliki kapasitas kertas lebih sedikit. Akan tetapi, binder dengan tipe seperti ini akan lebih ringan dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Di sisi lain, binder dengan diameter ring yang lebih besar akan memiliki kapasitas kertas lebih banyak, tapi tentu saja lebih berat.
Anda bisa memilih binder tipe carry dengan diameter ring yang kecil untuk dibawa ke mana-mana. Dengan begitu, bobotnya juga akan lebih ringan dan tidak terlalu membebani Anda saat membawanya setiap hari. Sementara itu, bila Anda lebih sering memakai loose leaf binder di rumah, pilihlah binder yang memiliki ring berukuran besar agar bisa menampung file lebih banyak.

Pilih yang ring bindernya tidak terasa mengganggu

Pilih yang ring bindernya tidak terasa mengganggu
Anda bisa menggunakan binder dengan dua cara, yakni melepas kertasnya dari binder atau menulisnya langsung pada binder. Bila Anda menggunakan binder tanpa melepas kertasnya, mungkin tidak jarang Anda merasa terganggu oleh ring binder yang terasa mengganjal tangan saat Anda sedang mencatat.
Akhir-akhir ini, terdapat loose leaf binder yang telah didesain sedemikian rupa sehingga bagian ringnya tidak menghalangi tangan Anda saat menulis. Bagian ring pada binder seperti ini hanya terdapat di sisi atas dan bawah binder tersebut. Pastikan Anda mengecek poin ini juga saat memilih loose leaf binder, ya!

Pilih berdasarkan kemudahan membuka dan menutup ringnya

Pilih berdasarkan kemudahan membuka dan menutup ringnya
Pernahkah Anda menjatuhkan binder karena ring yang sulit dibuka? Keunggulan utama dari loose leaf binder adalah kertasnya yang bisa diisi ulang. Jadi bila ringnya sulit dibuka, keunggulan utamanya tadi justru malah jadi tidak terasa.
Apalagi, Anda pun akan sering membuka-tutup ringnya untuk menata catatan Anda sehingga poin ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, bila ring binder sulit dibuka-tutup, jari Anda bisa saja terjepit saat Anda sedang terburu-buru. Ring binder merupakan bagian penting yang akan mempengaruhi kemudahan pemakaian binder tersebut. Jadi, pastikan untuk mengecek bagian ring binder sebelum Anda membelinya.

Pilih berdasarkan daya tahan ringnya

Pilih berdasarkan daya tahan ringnya
Loose leaf binder bukanlah jenis barang yang sering Anda gonta-ganti. Terutama bila Anda menggunakannya sebagai buku catatan, tentu sayang bila tak menggunakannya untuk jangka panjang.
Saat ini, sudah ada ring binder terbuat dari bahan plastik dengan daya tahan yang baik. Namun, tetap saja ring yang terbuat dari logam lebih kuat dan tahan lama. Bahannya yang kuat tidak akan membuat Anda khawatir kertas mudah terlepas dari binder.
Namun, perlu diperhatikan bahwa binder dengan ring logam biasanya lebih berat dan berukuran lebih besar. Jadi, jika Anda menginginkan binder dengan daya tahan lama, pilihlah binder dengan ring logam. Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan saat membawanya, binder dengan ring berbahan plastik akan lebih cocok untuk Anda pilih. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi loose leaf binder terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Anda bisa memilih produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.
10
TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
9

BantexMultiring Binder A5 Friendship

Rp 49.846,00

TipeHome
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
8

NavaLIMITED Binder Plastik Nava B5 26 Lubang

Rp 56.000,00

TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertas360 gr / Tidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
7

KokuyoCampus Slide Binder Adapt Middle Aqua Stream A4 30 Rings Blue

Rp 182.000,00

TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan / 100 lembar
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringPlastik
6
TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
5

MarumanBinder Inspear B5 Plastic Binder F 017

Rp 95.600,00

TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan / 60 lembar
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringPlastik
4
TipeHome
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
3

Matte Loose Leaf Binder

Rp 179.000,00

TipeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal
2
TipeCarry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan / 25 lembar
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringPlastik
1
TipeCarry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYa
Bahan ringMetal

Tabel perbandingan produk loose leaf binder terbaik

Gambar produk
1
Binder Note with Calculator 1

2
Kokuyo Campus Smart Ring Binder Notebooks 1

Kokuyo

3
Matte Loose Leaf Binder 1

4
Bambi File Note 2520 A5 Cream Wood 1

Bambi

5
Maruman Binder Inspear B5 Plastic Binder F 017 1

Maruman

6
Retro Binder 1

7
Kokuyo Campus Slide Binder Adapt Middle Aqua Stream A4 30 Rings Blue 1

Kokuyo

8
Nava LIMITED Binder Plastik Nava B5 26 Lubang 1

Nava

9
Bantex Multiring Binder A5 Friendship 1

Bantex

10
Joyko Binder Note Culture 1

Joyko

Nama produk

Binder Note with Calculator

Campus Smart Ring Binder Notebooks

Matte Loose Leaf Binder

File Note 2520 A5 Cream Wood

Binder Inspear B5 Plastic Binder F 017

Retro Binder

Campus Slide Binder Adapt Middle Aqua Stream A4 30 Rings Blue

LIMITED Binder Plastik Nava B5 26 Lubang

Multiring Binder A5 Friendship

Binder Note Culture

KeunggulanDilengkapi slot tambahan da...Makin gampang mencatat deng...Ring dan cover-nya bikin pr...Semakin eksklusif dengan co...Cari yang slim dan mudah di...Tampil menarik dengan desai...Mekanisme pull-tab memudahk...Bobotnya ringan, mudah diba...Desainnya yang lucu akan me...Binder minimalis dan ekonomis
HargaRp 52.000,00Rp 127.000,00Rp 179.000,00Rp 64.000,00Rp 95.600,00Rp 22.900,00Rp 182.000,00Rp 56.000,00Rp 49.846,00Rp 20.100,00
TipeCarryCarryHome dan carryHomeHome dan carryHome dan carryHome dan carryHome dan carryHomeHome dan carry
Bobot binder/ kapasitas kertasTidak disebutkanTidak disebutkan / 25 lembarTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan / 60 lembarTidak disebutkanTidak disebutkan / 100 lembar360 gr / Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Ring mudah dibuka-tutupYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Bahan ringMetalPlastikMetalMetalPlastikMetalPlastikMetalMetalMetal
Tautan produk

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami telah memperkenalkan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan binder yang paling Anda butuhkan?
Anda bisa memilih produk dengan bobot dan kapasitas kertas sesuai keinginan Anda. Anda juga perlu mengecek kemudahan membuka, menutup, serta daya tahan ringnya. Ring binder yang terbuat dari logam atau plastik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah produk yang nyaman digunakan dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    123.387 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    21.024 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Beberapa produsen buku catatan seperti Kikki dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif cover yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    15.402 Views
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kalkulator ilmiah, atau yang juga dikenal dengan scientific calculator, adalah alat hitung yang biasa dipakai untuk kebutuhan berbagai bidang ilmu, seperti sipil, elektronika, arsitektur, dan lainnya, serta bagi para pelajar jurusan sains. Beberapa produsen kalkulator ilmiah terkenal, seperti Sharp, Casio, dan Joyko, banyak mengeluarkan kalkulator yang berguna untuk menghitung beragam perhitungan matematika ini.Kalkulator ilmiah tersedia dalam berbagai tipe, ada yang memungkinkan Anda memprogram fungsi-fungsi di dalamnya, ada juga yang mampu melakukan perhitungan statistik. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kalkulator ilmiah beserta rekomendasi produk yang diambil dari berbagai situs belanja online. Yuk, mari kita simak!
    Buku & alat tulis
    13.344 Views
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun piranti elektronik semacam handphone dan komputer sudah dilengkapi dengan aplikasi perhitungan, kalkulator konvensional masih dibutuhkan untuk aktivitas yang berhubungan dengan berhitung seperti pada pembukuan, perakuntanan, maupun jual beli.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk kalkulator yang cocok digunakan untuk pembukuan dan akuntansi kepada Anda. Kami juga akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih alat bantuan hitung tersebut. Simak artikel berikut sampai habis.
    Buku & alat tulis
    7.885 Views
  • 10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Isi Pensil Mekanik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan teknologi yang semakin maju, penggunaan komputer, tablet, dan smartphone mulai menggantikan fungsi alat tulis. Meski begitu, masih banyak orang yang tetap menyukai menggunakan alat tulis, misalnya pensil mekanik, untuk bekerja atau mencatat.Pensil mekanik tentu membutuhkan isi pensil mekanik. Agar Anda dapat memilih isi pensil mekanik yang tepat, kami akan mengulas cara memilih isi pensil mekanik. Tidak lupa, kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda seperti Faber Castell dan Pentel. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    3.066 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori