10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Saat Anda mulai memberikan makanan pendamping ASI pada bayi, prosesnya tentu tidak mudah. Banyak makanan yang mungkin tercecer sehingga mengotori pakaian atau lantai. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memasangkan celemek bayi, atau yang juga dikenal dengan baby bib atau slabber.

Dalam memilih celemek bayi yang tepat, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, mulai dari bahan dasar yang nyaman digunakan, motif yang dapat memotivasi si kecil untuk makan, dan lainnya. Simak pembahasan lebih detail dari kami berikut ini beserta rekomendasi celemek bayi terbaik bagi buah hati Anda!

Daftar isi

Cara memilih celemek bayi

Memilih celemek bayi yang sesuai adalah hal yang sangat penting karena tidak semua jenis celemek bayi cocok untuk semua anak. Di usia ketika bayi mulai belajar makan dan minum sendiri misalnya, tidak tertutup kemungkinan makanan tersebut dijadikan ajang kreativitasnya. Jadi, Anda perlu memperhatikan apakah suatu produk sesuai dengan kondisi bayi, nyaman ketika dikenakan, dan mudah dibersihkan.

Perhatikan karakteristik bahan dasarnya

Ada berbagai variasi material celemek bayi, seperti bahan kain, nilon, vinil, silikon, dan neoprena. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita simak pembahasan jenis celemek bayi berdasarkan karakteristik bahannya!

Bahan kain: lembut dan nyaman di kulit

Bahan kain: lembut dan nyaman di kulit

Celemek bayi berbahan kain lebih lembut dan nyaman di kulit. Jenis ini dianjurkan untuk bayi yang baru mulai belajar makan. Selain itu, celemek tipe ini mudah dibawa dan dilipat saat bepergian. Motifnya pun bervariasi dan lucu-lucu sehingga dapat memotivasi si kecil untuk makan.

Alas makan jenis ini dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Namun, kekurangannya adalah sulit untuk dibersihkan saat terkena noda makanan yang berwarna. Ketika minuman tumpah di atasnya, kemungkinan besar pakaian bayi akan ikut basar karena bahan ini tidak tahan air.

Bahan nilon: mudah dibersihkan

Bahan nilon: mudah dibersihkan

Celemek bayi berbahan nilon memiliki keunggulan lebih mudah dibersihkan. Saat makanan bayi Anda tumpah pada alas makan jenis ini, Anda bisa langsung membersihkannya dengan cara mengelapnya. Selain itu, celemek yang terbuat dari nilon bobotnya ringan dan ringkas untuk dibawa ke mana-mana. Ketika dicuci pun bahan ini lebih cepat kering.

Namun, seperti halnya celemek bahan kain, jenis ini juga rentan terhadap makanan cair atau minuman. Jadi, celemek berbahan nilon kurang praktis digunakan saat Anda menyuapkan sup atau jus pada bayi. Alas makan bahan nilon ini direkomendasikan ketika bayi Anda mengonsumsi makanan yang tidak terlalu cair atau untuk dibawa bepergian.

Bahan vinil dan silikon: lebih tahan air dan mudah dibersihkan

Bahan vinil dan silikon: lebih tahan air dan mudah dibersihkan

Celemek bayi berbahan plastik atau silikon lebih tahan terhadap air dan kotoran. Anda tidak perlu khawatir pakaian bayi akan ikut basah saat si kecil menumpahkan makanan atau minuman ke atas celemek. Kotoran yang menempel pun cukup dibersihkan dengan diseka menggunakan kain lap atau dicuci dengan air saja.

Namun, bahan vinil cenderung lebih kaku, sedangkan silikon sedikit lebih berat daripada bahan lainnya. Celemek yang agak kaku biasanya kurang disukai bayi. Jika Anda ingin menggunakan celemek berbahan vinil atau silikon, pilihlah yang bobotnya ringan dengan tekstur yang lembut agar si kecil tetap nyaman.

Bahan neoprena: mudah menyerap cairan

Bahan neoprena: mudah menyerap cairan

Celemek bayi berbahan neoprena lebih mudah menyerap cairan. Bahan jenis ini dikenal juga sebagai bahan scuba. Alas makan ini lembut dan adem sehingga membuat bayi lebih nyaman saat memakainya.

Celemek dengan bahan ini juga tidak mudah kendur walau digunakan berulang kali. Ketika makanan atau minuman tumpah langsung diserap sehingga tidak mengotori si kecil. Namun, harus langsung dibersihkan dan dikeringkan agar tidak mudah berjamur.

Pilih celemek yang sesuai dengan usia bayi

Penggunaan celemek yang tepat akan menyelamatkan pakaian si kecil dari noda membandel. Celemek yang digunakan bisa berbeda tergantung pada usia bayi, misalnya di periode awal pemberian MPASI atau ketika sudah hampir selesai masa MPASI.

Untuk bayi usia 5-6 bulan, pilih celemek berukuran kecil dan nyaman di kulit

Untuk bayi usia 5-6 bulan, pilih celemek berukuran kecil dan nyaman di kulit

Pada tahap ini, bayi baru mulai diberikan MPASI. Proses makannya pun masih dibantu atau disuapi sehingga tidak banyak yang tumpah. Oleh karena itu, celemek bayi berukuran kecil dapat menjadi pilihan saat memperkenalkan penggunaan alas makan pada bayi. Anda juga bisa menggunakan handuk sebagai alternatif.

Hal yang paling penting sebagai kesan pertama adalah kenyamanan saat menggunakan celemek tersebut. Pilihlah celemek yang ringan, lembut, dan tidak terlalu besar.

Untuk bayi usia 7-11 bulan, pilih celemek yang berlengan panjang

Untuk bayi usia 7-11 bulan, pilih celemek yang berlengan panjang

Pada rentang usia ini, biasanya bayi mulai mencoba menu yang bervariasi. Rasa keingintahuannya lebih besar untuk melakukan berbagai hal, termasuk mengacak-acak makanan. Jumlah makanan yang tumpah pun cenderung lebih banyak sehingga berisiko mengotori pakaian dan tangan bayi.

Untuk itu, pilihlah celemek berbahan plastik atau silikon yang mudah dibersihkan dan dicuci. Alas makan model lengan panjang dengan karet pada ujung tangannya akan terasa lebih pas dan tidak mengganggu saat makan. Selain itu, celemek model ini juga bisa melindungi pakaian dan lengan dari kotoran.

Untuk bayi usia 1-1,5 tahun, pilih celemek yang berkantong

Untuk bayi usia 1-1,5 tahun, pilih celemek yang berkantong

Menjelang tahap akhir masa MPASI, bayi mulai mengonsumsi makanan yang lebih padat seperti halnya makanan orang dewasa. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih celemek dengan model yang berkantong agar dapat menampung jika ada makanan yang terjatuh. Pilihlah celemek yang mudah dibersihkan, dicuci, dan dikeringkan.

Pilih celemek yang kuat dan tidak mudah lepas

Pilih celemek yang kuat dan tidak mudah lepas

Bayi memiliki kecenderungan mudah bosan terhadap suatu aktivitas. Salah satu hal yang akan dilakukannya adalah menarik celemek yang ia kenakan. Hal ini akan menyulitkan Anda jika makanan yang sudah masuk di celemek berkantong malah tercecer ke lantai. Sebaiknya gunakanlah celemek yang berkancing agar tidak mudah ditarik. Selain itu, pilihlah celemek yang dapat diatur panjangnya sesuai dengan pakaian dan pertumbuhan bayi.

Untuk bepergian, pilih celemek sekali pakai

Untuk bepergian, pilih celemek sekali pakai

Celemek bayi sekali pakai (disposable baby bib) sangat praktis digunakan saat jalan-jalan. Namun, sebagian besar celemek sekali pakai terbuat dari kertas. Jadi, produk semacam ini biasanya lebih rentan terhadap air. Saat ada makanan atau minuman yang tumpah, pakaian bayi mungkin akan ikut basah.

Tingkat kenyamanannya pun berbeda dari celemek lain sehingga cenderung tidak disukai oleh bayi. Ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu di rumah untuk melihat apakah bayi Anda tidak rewel saat menggunakan celemek tipe ini.

10 Rekomendasi celemek bayi terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan berbagai produk celemek bayi terbaik untuk memudahkan Anda memilih alas makan yang tepat. Silakan menyimak sampai akhir!

10. Pigeon Disposable Baby Bibs

10. Pigeon Disposable Baby Bibs

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Praktis dengan celemek bayi sekali pakai

Bagi Anda yang senang bepergian bersama bayi, celemek bayi sekali pakai ini cukup praktis untuk digunakan. Alas makan jenis ini tidak perlu dicuci atau dibersihkan. Jika sudah kotor, bisa langsung dibuang. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan kemampuannya melindungi pakaian bayi karena celemek ini terbuat dari bahan ultra absorbent yang dilapisi material antibocor.

Produk ini memiliki daya serap yang tinggi dengan bagian bawahnya berbentuk kantong untuk menampung tumpahan makanan. Bagian belakangnya menggunakan perekat agar mudah dipasang dan dilepaskan tanpa berisiko melukai leher bayi. Celemek ini tersedia dalam kemasan yang berisi 20 lembar per paketnya. Jadi, harganya pun cukup ekonomis!

Material Kertas
Usia 6 bulan ke atas
Keunggulan Perekat di bagian leher

9. Baby Bib with Pocket

9. Baby Bib with Pocket

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.900

Motif lucu untuk membangkitkan selera makan si kecil

Celemek bayi dengan motif kartun di seluruh bagiannya ini dilengkapi kantong sebagai penampung makanan yang terjatuh. Kantongnya yang berbahan silikon ini pun dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sesuai kebutuhan pemakaian. Bahannya juga waterproof sehingga aman untuk digunakan bahkan saat bayi menikmati MPASI cair atau minum jus.

Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan motif yang lucu dan penuh warna, cocok untuk Anda yang ingin memotivasi bayi agar makan dengan lebih berselera. Selain itu, ukuran bagian lehernya pun dapat disesuaikan agar bayi tetap merasa nyaman saat mengenakannya.

Material Silikon
Usia 0-24 bulan
Keunggulan Waterproof, bisa digulung

8. Silicone Baby Bib

8. Silicone Baby Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Mudah dibersihkan, feeding time jadi lebih menyenangkan!

Celemek bayi berbahan silikon ini mudah dibersihkan tanpa harus ada drama yang berarti. Pilihan tepat bagi para ibu yang tentunya harus mengurusi banyak keperluan lainnya untuk si kecil. Adanya sabuk leher yang dapat disesuaikan dengan lingkar leher bayi menjadikan celemek jenis ini cukup simple untuk digunakan.

Anda pun akan merasa lebih santai saat feeding time karena bagian melengkung pada bagian bawah celemek dapat mencegah makanan tercecer di lantai. Selain itu, celemek ini juga dapat digulung dan lebih tahan air sehingga cocok dibawa bepergian, atau ketika akan makan di restoran.

Material Silikon
Usia 6 bulan ke atas
Keunggulan Waterproof, bisa digulung

7. Waterproof Baby Bib

7. Waterproof Baby Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.499

Bukan “antibadai”, tetapi dijamin anti-air!

Celemek yang waterproof ini dijamin akan melindungi pakaian bayi secara maksimal bahkan saat menikmati makanan cair sekalipun. Ukurannya yang cukup besar sangat tepat untuk menutup bagian depan tubuh bayi dengan baik. Selain itu, motifnya yang menarik dan lucu juga membuat si kecil lebih bersemangat saat makan. Badai drama saat feeding time akan terhempas!

Material Plastik
Usia 5 bulan ke atas
Keunggulan Waterproof

6. Silicone Baby Animal Bib

6. Silicone Baby Animal Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Karakter hewan yang unik dengan material food grade yang aman bagi bayi

Celemek bayi ini terbuat dari bahan yang BPA-free dan sangat aman untuk bayi. Bahannya ringan dan elastis sehingga mudah dipakaikan dan nyaman bagi bayi. Selain itu, bayi Anda yang kadang sulit untuk makan, akan terhibur dengan motif karakter hewan uniknya. Alas makan ini juga dilengkapi tali pengikat berbentuk kait dengan tiga lubang yang menyesuaikan lingkar leher bayi.

Material Food grade silicone
Usia 6 bulan ke atas
Keunggulan Waterproof, tiga lubang pengait leher, bisa digulung

5. Baby Safe Foldable Bib

5. Baby Safe Foldable Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.900

Fleksibel dan tidak mudah lepas

Bayi yang bosan saat feeding time kadang suka menarik celemek yang sedang digunakan. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih celemek yang pengikatnya tidak mudah lepas. Baby bib yang satu bisa menjadi pilihan! Dengan dilengkapi pengait leher yang fleksibel berbentuk seperti kancing, celemek ini dijamin akan terpasang dengan kokoh.

Produk ini terbuat dari bahan thermoplastic rubber yang aman dan mudah dibersihkan. Bahannya yang lembut dan elastis juga akan membuat bayi merasa nyaman saat mengenakannya. Praktis untuk dipakai di rumah, sekaligus bepergian.

Material Thermoplastic rubber
Usia 6 bulan ke atas
Keunggulan Pengait leher berbentuk button, bisa digulung

4. Kidzone Triangle Baby Bib

4. Kidzone Triangle Baby Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.900

Multifungsi dengan motif yang lucu, cocok di segala suasana

Celemek bayi berbentuk segitiga ini dapat digunakan untuk bermacam kebutuhan, bisa sebagai slabber, scarf, maupun bandana. Produk ini tersedia dalam banyak pilihan motif yang lucu sehingga cocok digunakan di berbagai acara. Modelnya pun lebih stylish dan eye-catching.

Bagi Anda yang ingin tampil fashionable bersama si kecil kapan saja dan di mana saja, model ini dapat menjadi pilihan. Selain itu, dengan bahan katun yang terkenal adem dan halus, celemek ini tidak akan menyebabkan risiko iritasi pada kulit bayi Anda.

Material Katun
Usia 0-48 bulan
Keunggulan Adjustable-sided buckle

3. Waterproof Long Hand Baby Bib

3. Waterproof Long Hand Baby Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.200

Bernapas lega dengan yang tertutup sempurna

Ada masa di mana bayi ingin mencoba banyak hal, salah satunya mengacak-acak makanan. Namun tak perlu khawatir, celemek bayi lengan panjang yang antiair ini akan melindungi pakaian dan lengannya secara sempurna! Anda pun dapat bernapas lega karena tidak perlu repot membersihkan noda membandel yang menempel.

Celemek ini berukuran besar dengan lengan panjang yang berujung karet pada bagian tangannya. Hal ini akan memastikan pakaian bayi terlindungi seutuhnya. Selain itu, motif-motifnya yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Berbahan dasar poliester, produk ini cukup nyaman dan praktis untuk dibawa-bawa.

Material Poliester
Usia 1-3 tahun
Keunggulan Waterproof

2. Miabelle Baby Bandana Bib Set

2. Miabelle Baby Bandana Bib Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.085

Celemek dua lapis yang nyaman

Alas makan yang satu ini terdiri atas dua lapisan, yaitu bahan kaus di bagian depan dan bahan handuk yang cepat menyerap di bagian dalamnya. Sangat cocok untuk kulit bayi yang masih lembut dan sensitif. Selain itu, modelnya juga cukup trendi dan bahannya nyaman digunakan sehingga bayi bisa lebih betah mengenakannya.

Bagian belakang leher celemek ini dilengkapi kancing snap untuk memudahkan menyesuaikan ukurannya dengan lingkar leher bayi. Produk ini dijual empat buah per setnya, dengan warna yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa mudah menggonta-ganti celemek bayi untuk variasi.

Material Bahan kaus dan handuk
Usia 3-24 bulan
Keunggulan Kancing snap pada leher

1. 3D Triangle Baby Bib

1. 3D Triangle Baby Bib

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Semakin trendi dengan motif 3D

Bosan dengan celemek bayi model old school? Kini hadir celemek yang tidak hanya berfungsi sebagai alas makan, tetapi juga membuat bayi Anda tampil lebih fashionable dengan motif tiga dimensi. Anda pasti langsung ingin berfoto dengan si kecil yang menggemaskan. Terbuat dari 100% katun, produk ini tentunya aman bagi kulit bayi yang lembut dan sensitif.

Material Katun organik
Usia 3-24 bulan
Keunggulan Waterproof

Baca juga rekomendasi peralatan makan bayi lainnya di sini

Selain menyiapkan celemek untuk melindungi pakaian bayi atau lantai rumah agar tidak kotor saat Anda mulai memberikan MPASI pada si buah hati, simak juga pembahasan peralatan lainnya berikut ini untuk mendukung feeding time Anda agar lebih nyaman.

Kesimpulan

Celemek bayi menjadi kebutuhan sehari-hari saat bayi Anda mulai menyantap makanan pendamping ASI. Dengan banyaknya jenis produk yang tersedia di pasaran, Anda harus selektif dalam memilih celemek yang tepat untuk buah hati tercinta.

Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil. Selain itu, rekomendasi di atas juga bisa dijadikan referensi untuk memberikan hadiah eksklusif bagi orang-orang di sekitar Anda.