• 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat Anda mulai memberikan makanan pendamping ASI pada bayi, prosesnya tentu tidak mudah. Banyak makanan yang mungkin tercecer sehingga mengotori pakaian atau lantai. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memasangkan celemek bayi, atau yang juga dikenal dengan baby bib atau slabber.

Dalam memilih celemek bayi yang tepat, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, mulai dari bahan dasar yang nyaman digunakan, motif yang dapat memotivasi si kecil untuk makan, dan lainnya. Simak pembahasan lebih detail dari kami berikut ini beserta rekomendasi celemek bayi terbaik bagi buah hati Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 545 Views
Daftar isi

Cara memilih celemek bayi

Memilih celemek bayi yang sesuai adalah hal yang sangat penting karena tidak semua jenis celemek bayi cocok untuk semua anak. Di usia ketika bayi mulai belajar makan dan minum sendiri misalnya, tidak tertutup kemungkinan makanan tersebut dijadikan ajang kreativitasnya. Jadi, Anda perlu memperhatikan apakah suatu produk sesuai dengan kondisi bayi, nyaman ketika dikenakan, dan mudah dibersihkan.

Perhatikan karakteristik bahan dasarnya

Ada berbagai variasi material celemek bayi, seperti bahan kain, nilon, vinil, silikon, dan neoprena. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita simak pembahasan jenis celemek bayi berdasarkan karakteristik bahannya!

Bahan kain: lembut dan nyaman di kulit

Bahan kain: lembut dan nyaman di kulit
Celemek bayi berbahan kain lebih lembut dan nyaman di kulit. Jenis ini dianjurkan untuk bayi yang baru mulai belajar makan. Selain itu, celemek tipe ini mudah dibawa dan dilipat saat bepergian. Motifnya pun bervariasi dan lucu-lucu sehingga dapat memotivasi si kecil untuk makan.
Alas makan jenis ini dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Namun, kekurangannya adalah sulit untuk dibersihkan saat terkena noda makanan yang berwarna. Ketika minuman tumpah di atasnya, kemungkinan besar pakaian bayi akan ikut basar karena bahan ini tidak tahan air.

Bahan nilon: mudah dibersihkan

Bahan nilon: mudah dibersihkan
Celemek bayi berbahan nilon memiliki keunggulan lebih mudah dibersihkan. Saat makanan bayi Anda tumpah pada alas makan jenis ini, Anda bisa langsung membersihkannya dengan cara mengelapnya. Selain itu, celemek yang terbuat dari nilon bobotnya ringan dan ringkas untuk dibawa ke mana-mana. Ketika dicuci pun bahan ini lebih cepat kering.
Namun, seperti halnya celemek bahan kain, jenis ini juga rentan terhadap makanan cair atau minuman. Jadi, celemek berbahan nilon kurang praktis digunakan saat Anda menyuapkan sup atau jus pada bayi. Alas makan bahan nilon ini direkomendasikan ketika bayi Anda mengonsumsi makanan yang tidak terlalu cair atau untuk dibawa bepergian.

Bahan vinil dan silikon: lebih tahan air dan mudah dibersihkan

Bahan vinil dan silikon: lebih tahan air dan mudah dibersihkan
Celemek bayi berbahan plastik atau silikon lebih tahan terhadap air dan kotoran. Anda tidak perlu khawatir pakaian bayi akan ikut basah saat si kecil menumpahkan makanan atau minuman ke atas celemek. Kotoran yang menempel pun cukup dibersihkan dengan diseka menggunakan kain lap atau dicuci dengan air saja.
Namun, bahan vinil cenderung lebih kaku, sedangkan silikon sedikit lebih berat daripada bahan lainnya. Celemek yang agak kaku biasanya kurang disukai bayi. Jika Anda ingin menggunakan celemek berbahan vinil atau silikon, pilihlah yang bobotnya ringan dengan tekstur yang lembut agar si kecil tetap nyaman.

Bahan neoprena: mudah menyerap cairan

Bahan neoprena: mudah menyerap cairan
Celemek bayi berbahan neoprena lebih mudah menyerap cairan. Bahan jenis ini dikenal juga sebagai bahan scuba. Alas makan ini lembut dan adem sehingga membuat bayi lebih nyaman saat memakainya.
Celemek dengan bahan ini juga tidak mudah kendur walau digunakan berulang kali. Ketika makanan atau minuman tumpah langsung diserap sehingga tidak mengotori si kecil. Namun, harus langsung dibersihkan dan dikeringkan agar tidak mudah berjamur.

Pilih celemek yang sesuai dengan usia bayi

Penggunaan celemek yang tepat akan menyelamatkan pakaian si kecil dari noda membandel. Celemek yang digunakan bisa berbeda tergantung pada usia bayi, misalnya di periode awal pemberian MPASI atau ketika sudah hampir selesai masa MPASI.

Untuk bayi usia 5-6 bulan, pilih celemek berukuran kecil dan nyaman di kulit

Untuk bayi usia 5-6 bulan, pilih celemek berukuran kecil dan nyaman di kulit
Pada tahap ini, bayi baru mulai diberikan MPASI. Proses makannya pun masih dibantu atau disuapi sehingga tidak banyak yang tumpah. Oleh karena itu, celemek bayi berukuran kecil dapat menjadi pilihan saat memperkenalkan penggunaan alas makan pada bayi. Anda juga bisa menggunakan handuk sebagai alternatif.
Hal yang paling penting sebagai kesan pertama adalah kenyamanan saat menggunakan celemek tersebut. Pilihlah celemek yang ringan, lembut, dan tidak terlalu besar.

Untuk bayi usia 7-11 bulan, pilih celemek yang berlengan panjang

Untuk bayi usia 7-11 bulan, pilih celemek yang berlengan panjang
Pada rentang usia ini, biasanya bayi mulai mencoba menu yang bervariasi. Rasa keingintahuannya lebih besar untuk melakukan berbagai hal, termasuk mengacak-acak makanan. Jumlah makanan yang tumpah pun cenderung lebih banyak sehingga berisiko mengotori pakaian dan tangan bayi.
Untuk itu, pilihlah celemek berbahan plastik atau silikon yang mudah dibersihkan dan dicuci. Alas makan model lengan panjang dengan karet pada ujung tangannya akan terasa lebih pas dan tidak mengganggu saat makan. Selain itu, celemek model ini juga bisa melindungi pakaian dan lengan dari kotoran.

Untuk bayi usia 1-1,5 tahun, pilih celemek yang berkantong

Untuk bayi usia 1-1,5 tahun, pilih celemek yang berkantong
Menjelang tahap akhir masa MPASI, bayi mulai mengonsumsi makanan yang lebih padat seperti halnya makanan orang dewasa. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih celemek dengan model yang berkantong agar dapat menampung jika ada makanan yang terjatuh. Pilihlah celemek yang mudah dibersihkan, dicuci, dan dikeringkan.

Pilih celemek yang kuat dan tidak mudah lepas

Pilih celemek yang kuat dan tidak mudah lepas
Bayi memiliki kecenderungan mudah bosan terhadap suatu aktivitas. Salah satu hal yang akan dilakukannya adalah menarik celemek yang ia kenakan. Hal ini akan menyulitkan Anda jika makanan yang sudah masuk di celemek berkantong malah tercecer ke lantai. Sebaiknya gunakanlah celemek yang berkancing agar tidak mudah ditarik. Selain itu, pilihlah celemek yang dapat diatur panjangnya sesuai dengan pakaian dan pertumbuhan bayi.

Untuk bepergian, pilih celemek sekali pakai

Untuk bepergian, pilih celemek sekali pakai
Celemek bayi sekali pakai (disposable baby bib) sangat praktis digunakan saat jalan-jalan. Namun, sebagian besar celemek sekali pakai terbuat dari kertas. Jadi, produk semacam ini biasanya lebih rentan terhadap air. Saat ada makanan atau minuman yang tumpah, pakaian bayi mungkin akan ikut basah.
Tingkat kenyamanannya pun berbeda dari celemek lain sehingga cenderung tidak disukai oleh bayi. Ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu di rumah untuk melihat apakah bayi Anda tidak rewel saat menggunakan celemek tipe ini.

10 Rekomendasi celemek bayi terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan berbagai produk celemek bayi terbaik untuk memudahkan Anda memilih alas makan yang tepat. Silakan menyimak sampai akhir!
MaterialKertas
Usia6 bulan ke atas
KeunggulanPerekat di bagian leher
MaterialSilikon
Usia0-24 bulan
KeunggulanWaterproof, bisa digulung
MaterialSilikon
Usia6 bulan ke atas
KeunggulanWaterproof, bisa digulung
MaterialPlastik
Usia5 bulan ke atas
KeunggulanWaterproof
MaterialFood grade silicone
Usia6 bulan ke atas
KeunggulanWaterproof, tiga lubang pengait leher, bisa digulung
MaterialThermoplastic rubber
Usia6 bulan ke atas
KeunggulanPengait leher berbentuk button, bisa digulung
MaterialKatun
Usia0-48 bulan
KeunggulanAdjustable-sided buckle
MaterialPoliester
Usia1-3 tahun
KeunggulanWaterproof
MaterialBahan kaus dan handuk
Usia3-24 bulan
KeunggulanKancing snap pada leher
MaterialKatun organik
Usia3-24 bulan
KeunggulanWaterproof

Baca juga rekomendasi peralatan makan bayi lainnya di sini

Selain menyiapkan celemek untuk melindungi pakaian bayi atau lantai rumah agar tidak kotor saat Anda mulai memberikan MPASI pada si buah hati, simak juga pembahasan peralatan lainnya berikut ini untuk mendukung feeding time Anda agar lebih nyaman.

Kesimpulan

Celemek bayi menjadi kebutuhan sehari-hari saat bayi Anda mulai menyantap makanan pendamping ASI. Dengan banyaknya jenis produk yang tersedia di pasaran, Anda harus selektif dalam memilih celemek yang tepat untuk buah hati tercinta.
Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil. Selain itu, rekomendasi di atas juga bisa dijadikan referensi untuk memberikan hadiah eksklusif bagi orang-orang di sekitar Anda.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    55.464 Views
  • 10 Rekomendasi Training Cup dengan Sedotan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Training Cup dengan Sedotan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bayi mulai diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI), penggunaan training cup dengan sedotan akan sangat membantu dalam melatih bayi Anda terbiasa minum sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyediakan minuman bagi bayi ketika sedang bepergian.Berbagai macam produk training cup dengan sedotan telah banyak tersedia, mulai dari merek Pigeon, Nuby, dan Dr. Brown’s. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan menyajikan tips cara memilih training cup dengan sedotan. Tidak lupa, terdapat rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Tetap disimak, ya!
    Ibu & anak
    10.654 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baby Cup Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baby cup memiliki fungsi yang memudahkan si kecil untuk belajar minum sendiri. Namun, berbagai pilihan baby cup yang bervariasi bisa membuat beberapa orang tua bingung saat memilih baby cup yang tepat. Apakah Anda salah satunya?Mari ikuti artikel berikut yang akan membahas cara memilih baby cup untuk si kecil. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh baby cup terbaik yang telah kami pilih seperti Pigeon, Tommee Tippee, Richell, Dr. Brown’s dan sebagainya. Silakan baca hingga tuntas dan jadikan artikel ini sebagai referensi saat Anda memilih baby cup untuk buah hati Anda!
    Ibu & anak
    5.585 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal, pastinya Anda akan memilih makanan pendamping ASI berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya seperti pestisida. Bubur bayi organik di pasaran tersedia dalam bermacam jenis, misalnya dalam bentuk bubuk, freeze-dried, dikemas dalam retort atau botol, dan sebagainya.Banyaknya merek bubur bayi organik di pasaran, seperti Milna, Nayz, dan yang lainnya mungkin akan membuat Anda bingung. Kali ini, kami akan memberi informasi bagaimana memilih bubur bayi organik sekaligus merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan, dan yang lainnya.
    Ibu & anak
    9.338 Views
  • 10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2020)
    Kereta dorong untuk bayi kembar atau twin baby stroller membantu orang tua untuk membawa kedua bayi mereka secara bersamaan tanpa repot. Secara garis besar, produk ini terbagi dalam 2 tipe, yaitu side-by-side dan tandem. Produsen terkenal, seperti MacLaren, Cocolatte, Joie, dan lainnya bahkan menawarkan berbagai fitur di produk mereka.Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih kereta dorong untuk bayi kembar dari aspek ukuran, fungsi, dan keamanan. Tidak lupa, kami juga membahas rekomendasi kereta dorong untuk bayi kembar dengan berbagai tipe. Simak terus agar Anda tidak salah pilih, ya!
    Ibu & anak
    2.472 Views
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada saat seorang ibu hamil memasuki periode stabil dari kehamilannya, umumnya mereka mulai kembali beraktivitas dengan perut yang membuncit. Dalam menjalani aktivitasnya, banyak ibu hamil yang menggunakan korset hamil untuk membantu menopang perut yang mulai membesar. Korset hamil akan menjaga perut agar tetap hangat.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih korset hamil terbaik dan memberi rekomendasi produk terbaik. Terdapat beberapa merek antara lain Mooimom dan Belly Bandit. Beberapa korset hamil bahkan dapat digunakan untuk merawat bentuk tubuh usai melahirkan. Gunakanlah artikel ini sebagai bahan acuan dalam memilih korset hamil yang bagus dan paling sesuai!
    Ibu & anak
    3.258 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi dengan berbagai mainan yang tergantung di tiang penyangganya. Terdapat banyak mainan baby play gym, mulai dari yang dapat bergerak-gerak sampai yang mengeluarkan musik menarik. Selain menghibur, bayi pun jadi terangsang untuk bergerak aktif.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym berikut memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk bayi Anda. Baby play gym dari merek seperti IKEA dan Pumpee pun akan kami ulas untuk Anda. Silakan simak terus artikel ini.
    Ibu & anak
    3.747 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Boot Hujan Terbaik untuk Balita (Terbaru Tahun 2020)
    Rain boots akan melindungi kaki anak-anak saat bermain di luar rumah di hari hujan. Mulai dari desain yang unik, lucu, cute, hingga berwarna-warni, semua tersedia di pasaran. Namun, dari banyaknya variasi produk, rain boots manakah yang paling pas untuk si kecil?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepatu boot hujan terbaik untuk balita. Silakan simak terus artikel kami dan temukanlah produk yang paling pas baginya!
    Ibu & anak
    294 Views
  • 10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sunblock Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    Saat hamil, kulit lebih sering bermasalah karena perubahan hormon. Kulit juga akan lebih rentan terhadap sinar UV sehingga Anda membutuhkan sunblock sebagai pelindung. Ada berbagai jenis sunblock yang dijual di pasaran dan membuat Anda bingung ketika memilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi sunblock untuk ibu hamil dari brand seperti Shiseido, Innisfree, dan Kiehl’s. Tidak ketinggalan cara memilihnya pun akan kami jelaskan secara rinci supaya Anda tidak salah pilih. Temukan produk yang tepat bersama kami!
    Ibu & anak
    11.364 Views
  • 10 Rekomendasi Nose Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Nose Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika sedang pilek, bayi dan anak-anak biasanya kesulitan bernapas karena tidak bisa mengeluarkan ingus dari hidung. Di saat inilah Anda membutuhkan nose cleaner. Produk ini berfungsi mengeluarkan ingus dan melegakan hidung tersumbat. Ada beberapa jenis nose cleaner, misalnya jenis elektrik dan manual. Ingin tahu perbedaannya?Pada artikel ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih nose cleaner yang tepat. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti dari Pigeon, Mothercare, dan Babycomfy. Jangan sampai Anda melewatkan artikel ini, ya! 
    Ibu & anak
    376 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    177.474 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    93.436 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    74.809 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    55.464 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    55.038 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    50.036 Views
  • 10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Korset Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada saat seorang ibu hamil memasuki periode stabil dari kehamilannya, umumnya mereka mulai kembali beraktivitas dengan perut yang membuncit. Dalam menjalani aktivitasnya, banyak ibu hamil yang menggunakan korset hamil untuk membantu menopang perut yang mulai membesar. Korset hamil akan menjaga perut agar tetap hangat.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih korset hamil terbaik dan memberi rekomendasi produk terbaik. Terdapat beberapa merek antara lain Mooimom dan Belly Bandit. Beberapa korset hamil bahkan dapat digunakan untuk merawat bentuk tubuh usai melahirkan. Gunakanlah artikel ini sebagai bahan acuan dalam memilih korset hamil yang bagus dan paling sesuai!
    Ibu & anak
    3.258 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori