• 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pancaran sinar UV, polusi, dan kelelahan bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, kusam, dan beruntusan. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sleeping mask. Sleeping mask akan menutrisi saat kulit meregenerasi selnya pada malam hari.


Beragamnya produk sleeping mask mungkin akan membingungkan Anda saat memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih sleeping mask yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi sleeping mask terbaik dari berbagai merek, seperti Laneige, Azarine, dan Viva. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Galih Wisnu Brata
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2022
Daftar isi

Apa itu sleeping mask?

Apa itu sleeping mask?

Sleeping mask merupakan jenis masker yang khusus digunakan saat tidur malam hari. Skincare dengan nama lain overnight mask ini biasanya hadir dalam dua tekstur, yaitu gel dan krim. Sleeping mask dikatakan sebagai pengunci seluruh rangkaian skincare yang dilakukan sebelum tidur. Lantas, apa saja manfaat sleeping mask?


  1. Membantu proses regenerasi sel kulit.
  2. Memperlambat tanda penuaan.
  3. Menjadikan kulit lembap, kenyal, dan lebih cerah.
  4. Mengatasi permasalahan kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, dan beruntusan.

Untuk mendapatkan manfaat sleeping mask secara maksimal, gunakanlah secara teratur. Anda disarankan untuk menggunakan sleeping mask 1–2 kali dalam seminggu.

Cara memilih sleeping mask

Setelah Anda mengetahui manfaat sleeping mask, kami akan memberikan tips memilih sleeping mask sebagai panduan untuk Anda. Simak ulasan kami berikut, ya!

Ketahui kandungan yang dapat menutrisi kulit

Pada proses regenerasi kulit, sel baru akan terbentuk untuk memperbaiki sel yang rusak. Proses regenerasi ini berlangsung di antara jam 10 malam hingga jam 2 pagi. Sebagai rangkaian perawatan kulit terakhir, pilihlah sleeping mask yang mampu menutrisi kulit dengan baik.

Vitamin C, membantu mencerahkan kulit

Vitamin C, membantu mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C dikenal efektif menangkal radikal bebas. Keunggulan lain dari kandungan ini adalah mampu menghambat kinerja melanocytes yang memproduksi warna gelap pada kulit. Dengan demikian, kandungan vitamin C pada sleeping mask dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

 
Kandungan ini juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan jaringan kulit sehingga kulit terhindar dari penuaan dini. Anda bisa mencegah munculnya keriput di wajah yang membuat tidak percaya diri. Kandungan vitamin C juga membantu mengencangkan kulit yang mengendur.

Aloe vera, melembapkan dan membuat kulit menjadi kenyal

 Aloe vera, melembapkan dan membuat kulit menjadi kenyal

Aloe vera (lidah buaya) mengandung beberapa jenis vitamin, yakni vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B12. Karena itu, Aloe vera efektif untuk memenuhi nutrisi serta mempercepat proses regenerasi sel kulit. Kandungan ini juga telah terbukti mampu membantu proses penyembuhan luka.


Aloe vera cocok digunakan oleh segala jenis kulit, baik kulit kering, kulit berminyak, maupun kulit sensitif. Produksi collagen juga dapat meningkat jika Anda menggunakan sleeping mask dengan kandungan ini. Manfaat lainnya dari Aloe vera adalah mencegah infeksi saat berjerawat.

Collagen, membantu melawan tanda-tanda penuaan

Collagen, membantu melawan tanda-tanda penuaan

Manusia pada dasarnya memiliki collagen alami yang melekat pada berbagai jaringan ikat tubuh, seperti tulang dan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi collagen alami ikut menurun. Karena itulah, Anda akan banyak menjumpai collagen pada produk perawatan kulit untuk usia 30-an.


Kandungan collagen pada sleeping mask berfungsi untuk melancarkan proses regenerasi kulit selama Anda tidur. Dengan demikian, proses pertumbuhan sel kulit baru yang muda dan elastis dapat berjalan lancar. Kandungan asam amino dan protein dalam collagen dapat menjaga kehalusan, kekencangan, dan kesehatan kulit.

Niacinamide, mencerahkan dan mengatasi noda hitam bekas jerawat

Niacinamide, mencerahkan dan mengatasi noda hitam bekas jerawat

Niacinamide sering dianggap sebagai super ingredient yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kulitNiacinamide yang merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 ini disebut cocok untuk segala jenis kulit. Kandungan niacinamide juga dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit sensitif.


Selain itu, niacinamide dapat membantu membentuk molekul penting pada proses regenerasi sel. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi oleh niacinamide adalah noda dan flek hitam. Kandungan ini juga dapat menghilangkan bekas jerawat. 

Pilih berdasarkan masalah kulit wajah Anda

Setiap orang tentunya memiliki masalah kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda memilih sleeping mask yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan kulit yang sedang dihadapi. Simaklah pembahasannya di bawah ini.

Produk yang diperkaya pelembap, untuk kulit kering dan kulit sensitif

Produk yang diperkaya pelembap, untuk kulit kering dan kulit sensitif
Kulit kering biasanya disebabkan oleh kurangnya produksi sebum. Akibat teksturnya yang kering, jenis kulit ini cenderung sensitif dan rentan mengalami iritasi. Kulit pun menjadi mudah kemerahan, bahkan mengelupas. Apabila Anda memiliki jenis kulit seperti ini, pilih sleeping mask dengan kandungan pelembap.

Beberapa kandungan pelembap yang dapat Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

  • Hyaluronic acid atau sodium hyaluronate
  • Glycerin
  • Allantoin
  • Centella asiatica (ekstrak daun pegagan)
  • Chamomile
  • Aloe vera
  • Butylene glycol

Produk dengan formula anti-acne, untuk kulit berminyak dan berjerawat

Produk dengan formula anti-acne, untuk kulit berminyak dan berjerawat
Kulit berminyak umumnya memiliki produksi sebum yang berlebih. Masalah yang sering muncul pada jenis kulit ini adalah jerawat dan komedo. Apabila kulit wajah Anda tergolong jenis ini, sangat disarankan untuk memilih sleeping mask yang mengandung bahan anti-acne. Selain itu, pilihlah produk yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah.

Kandungan yang efektif untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat adalah sebagai berikut.

  • Green tea extract
  • Tea tree oil
  • Licorice

Produk dengan kandungan pencerah, untuk kulit kusam dan warna kulit tidak merata

Produk dengan kandungan pencerah, untuk kulit kusam dan warna kulit tidak merata

Cahaya matahari mengandung sinar UV yang dapat menimbulkan pigmentasi di kulit wajah. Akibatnya, kulit wajah akan menjadi gelap dan terlihat kusam, serta warna kulit tidak merata. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, pilihlah sleeping mask yang dapat mencegah pembentukan pigmentasi di kulit.


Bahan-bahan yang bekerja aktif untuk mencegah pigmentasi kulit sekaligus mencerahkan wajah adalah sebagai berikut.

  • Arbutin 
  • Vitamin C (ascorbic acid) dan vitamin E
  • AHA
  • Kojic acid
  • Ekstrak bengkuang

Di sisi lain, hindarilah kandungan whitening berupa hydroquinone dan merkuri. Keduanya dapat memicu alergi, iritasi, menurunkan kepekaan pada sinar matahari, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Produk yang mengandung anti-aging, untuk kulit aging dan mengatasi tanda penuaan

Produk yang mengandung anti-aging, untuk kulit aging dan mengatasi tanda penuaan

Tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering, kulit kusam, dan berkurangnya elastisitas kulit, umumnya muncul pada usia 30-an. Untuk memperlambat proses penuaan, gunakanlah sleeping mask yang mengandung bahan anti-aging. Anda yang berusia 20-an juga bisa menggunakannya untuk mencegah penuaan dini.


Beberapa kandungan anti-aging yang dapat Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

  • Retinol
  • Peptide
  • Collagen
  • Ekstrak spirulina

Pertimbangkan tekstur yang nyaman dan tidak lengket di kulit

Pertimbangkan tekstur yang nyaman dan tidak lengket di kulit
Saat memilih sleeping mask, penting juga untuk memikirkan segi kenyamanannya saat dipakai. Jangan sampai sleeping mask yang digunakan justru mengganggu tidur Anda. Karena itu, pilih sleeping mask yang teksturnya ringan dan tidak lengket. Anda juga dapat memilih produk dengan kandungan yang menenangkan dan memberikan efek relaksasi sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

10 Rekomendasi sleeping mask terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sleeping mask terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa GARNIER Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask Night Cream memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, LANEIGE Water Sleeping Mask EX yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
GARNIER Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask Night Cream 1

GARNIER

2
Viva Waterdrop Sleeping Mask 1

Viva

3
Saturday Looks Wake Wonderful Sleeping Mask 1

Saturday Looks

4
Emina Aqua Infused Sleeping Mask 1

Emina

5
Wardah C-Defense Sleeping Mask 1

Wardah

6
dörskin Matcha Glow Dream Mask 1

dörskin

7
Herborist Sleeping Mask Rose 1

Herborist

8
Amorepacific LANEIGE Water Sleeping Mask_EX 1

Amorepacific

9
Innisfree Brightening Pore Sleeping Mask 1

Innisfree

10
Azarine Cooling Water Sleeping Mask 1

Azarine

Nama produk

Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask Night Cream

Waterdrop Sleeping Mask

Wake Wonderful Sleeping Mask

Aqua Infused Sleeping Mask

C-Defense Sleeping Mask

Matcha Glow Dream Mask

Sleeping Mask Rose

LANEIGE Water Sleeping Mask_EX

Brightening Pore Sleeping Mask

Cooling Water Sleeping Mask

Keunggulan

Wajah cerah saat bangun tidur berkat kandungan yoghurt di dalamnya

Dengan teknologi waterdrop dan moisture lock, kelembapan kulit terjaga sampai pagi

Redakan jerawat yang meradang dan bantu proses penyembuhan

Rasakan pengalaman kulit wajah yang terlihat glowing dan segar

Kaya kandungan vitamin C, kulit jadi lebih cerah dan sehat

Terdapat kandungan green tea, tangkal radikal bebas yang sebabkan jerawat

Jaga elastisitas kulit, selamat tinggal tanda penuaan dini

Berikan efek relaksasi yang mampu tingkatkan kualitas tidur

Cerahkan, lembapkan, sekaligus kecilkan pori-pori berkat kandungan ekstra hallabong

Hanya tiga hari pemakaian, kulit wajah cerah secara instan!

Harga mulai dariRp 87.000,00Rp 27.500,00Rp 165.000,00Rp 47.000,00Rp 47.000,00Rp 149.000,00Rp 24.900,00Rp 470.000,00Rp 303.000,00Rp 65.000,00
Kandungan bahanVitamin C dari ekstrak lemon, yoghurt, tocopheryl acetate (vitamin E), niacinamide, ascorbyl glucoside, glycerin, butylene glycol, caprylyl glycol, hydrolyzed soy proteinGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract, spirulina maxima extract, citric acid, hydrolyzed collagen, propylene glycol, betaine, glycerin, Aloe barbadensis (Aloe vera) gelAHA/Glycolic Acid, BHA, hyaluronic acid, salicylic acidCanadian willowherb extract dan AHA, tocopheryl acetate (vitamin E), butylene glycol, beta-glucan, trehalose, allantoinButylene glycol, glycerin, trehalose, allantoin, ethylhexylglycerin, ascorbic acid, 2-O-ethyl ascorbic acidGrean tea, Aloe vera, Centelia Siatica, arbutin, glycerinEkstrak bunga mawar, hyaluronic acid, collagen dan ekstrak whiteningButylene glycol, glycerin, trehalose, sodium hyaluronate, caprylyl glycol, oenothera biennis (evening primrose) root extract, ascorbyl glucosideHallabong, niacinamide, panthenol, glycerin, trehalose, citrus reticulata (tangerine) peel extractSodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf extract, glycerin, panthenol, niacinamide
Cocok untuk mengatasiKulit kusamKulit aging dan tanda penuaanKulit kusam dan berjerawatKulit kusamKulit kusam dan keringKulit keringKulit kusam dan tanda penuaanKulit keringKulit kusam, warna tidak merata, dan tanda penuaanKulit kusam dan warna tidak merata
Isi20 ml, 50 ml80 g50 ml30 g30 g30 g100 ml70 ml100 ml25 g
Tautan produk
10
Kandungan bahanSodium hyaluronate, Aloe barbadensis leaf extract, glycerin, panthenol, niacinamide
Cocok untuk mengatasiKulit kusam dan warna tidak merata
Isi25 g
9

InnisfreeBrightening Pore Sleeping Mask

Mulai dari Rp 303.000,00

Kandungan bahanHallabong, niacinamide, panthenol, glycerin, trehalose, citrus reticulata (tangerine) peel extract
Cocok untuk mengatasiKulit kusam, warna tidak merata, dan tanda penuaan
Isi100 ml
8

AmorepacificLANEIGE Water Sleeping Mask_EX

Mulai dari Rp 470.000,00

Kandungan bahanButylene glycol, glycerin, trehalose, sodium hyaluronate, caprylyl glycol, oenothera biennis (evening primrose) root extract, ascorbyl glucoside
Cocok untuk mengatasiKulit kering
Isi70 ml
7
Kandungan bahanEkstrak bunga mawar, hyaluronic acid, collagen dan ekstrak whitening
Cocok untuk mengatasiKulit kusam dan tanda penuaan
Isi100 ml
6
Kandungan bahanGrean tea, Aloe vera, Centelia Siatica, arbutin, glycerin
Cocok untuk mengatasiKulit kering
Isi30 g
5
Kandungan bahanButylene glycol, glycerin, trehalose, allantoin, ethylhexylglycerin, ascorbic acid, 2-O-ethyl ascorbic acid
Cocok untuk mengatasiKulit kusam dan kering
Isi30 g
4
Kandungan bahanCanadian willowherb extract dan AHA, tocopheryl acetate (vitamin E), butylene glycol, beta-glucan, trehalose, allantoin
Cocok untuk mengatasiKulit kusam
Isi30 g
3

Saturday LooksWake Wonderful Sleeping Mask

Mulai dari Rp 165.000,00

Kandungan bahanAHA/Glycolic Acid, BHA, hyaluronic acid, salicylic acid
Cocok untuk mengatasiKulit kusam dan berjerawat
Isi50 ml
2
Kandungan bahanGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract, spirulina maxima extract, citric acid, hydrolyzed collagen, propylene glycol, betaine, glycerin, Aloe barbadensis (Aloe vera) gel
Cocok untuk mengatasiKulit aging dan tanda penuaan
Isi80 g
1

GARNIERBright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask Night Cream

Mulai dari Rp 87.000,00

Kandungan bahanVitamin C dari ekstrak lemon, yoghurt, tocopheryl acetate (vitamin E), niacinamide, ascorbyl glucoside, glycerin, butylene glycol, caprylyl glycol, hydrolyzed soy protein
Cocok untuk mengatasiKulit kusam
Isi20 ml, 50 ml

Cara menggunakan sleeping mask yang benar

Cara menggunakan sleeping mask yang benar

Sleeping mask adalah produk skincare yang diaplikasikan terakhir saat perawatan kulit malam hari. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, gunakanlah sleeping mask dengan cara yang tepat. Maka dari itu, cermatilah tips berikut.


  1. Bersihkan wajah Anda dengan mencucinya menggunakan sabun cuci muka, kemudian bersihkan menggunakan cleanser.
  2. Aplikasikan rangkaian produk perawatan kulit yang rutin Anda gunakan. Anda bisa menggunakan essence yang diikuti night cream. Tunggu beberapa menit sampai meresap.
  3. Gunakanlah sleeping mask sampai meresap. Tunggulah 20–30 menit, kemudian tidur.
  4. Ulangi treatment ini dua kali dalam seminggu.

Baca juga rekomendasi produk masker lainnya di sini

Sleeping mask merupakan produk skincare yang diaplikasikan pada wajah menjelang tidur. Selain untuk wajah, terdapat juga masker yang bisa diaplikasikan di bagian tubuh lainnya. Silakan cek produk masker lainnya melalui tautan berikut.

Kesimpulan

Apakah tips yang kami berikan membantu Anda dalam memilih sleeping mask? Setelah menemukan produk yang tepat, aplikasikanlah sleeping mask dengan benar. Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaatnya. Meski sudah rutin menggunakan sleeping mask, tetaplah memakai tabir surya pada pagi hari. Jangan lupa juga bersihkan wajah setiap hari! Selamat merawat wajah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bulu Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Bulu mata yang panjang dan lentik akan membuat mata Anda terlihat cantik. Namun, penggunaan penjepit bulu mata dan eyelash extension dapat membuat bulu mata rapuh dan rontok. Solusinya, Anda dapat menggunakan serum bulu mata. Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi serum bulu mata yang bagus untuk Anda.Berbagai merek eyelash serum terbaik, seperti Nutrilash, SOMETHINC, dan ERTO'S, akan kami review untuk Anda jadikan referensi. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori