• 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.

Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Citta Farenty
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya.


Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makeup primer

Ada banyak primer make up buatan lokal dan brand terkenal di dunia yang bagus untuk menyempurnakan riasan Anda. Untuk menemukan primer makeup terbaik, simak tips memilih yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan kulit Anda berikut. 

Sesuaikan makeup primer berdasarkan kondisi kulit Anda

Setiap kondisi kulit tentunya membutuhkan makeup primer yang berbeda. Makeup primer yang dibutuhkan kulit berminyak akan berbeda dengan kulit kering. Sebab itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui jenis kulit Anda agar dapat menemukan produk yang sesuai kondisi kulit.

Kulit berminyak: produk dengan long lasting effect lebih baik

Kulit berminyak: produk dengan long lasting effect lebih baik
Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, cobalah untuk memilih makeup primer yang memberi efek matte. Dengan begitu, produksi minyak akan lebih terkontrol. Akibatnya, makeup Anda menjadi tidak mudah luntur dan malah tampak lebih halus. 
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berminyak, pilihlah primer yang memiliki efek long lasting ataupun oil control. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil makeup yang lebih tahan lama.

Kulit kering: dilengkapi glowing effect agar kulit tampak sehat

Kulit kering: dilengkapi glowing effect agar kulit tampak sehat
Masalah yang sering dihadapi kulit kering adalah makeup yang sulit menempel. Sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup primer yang dilengkapi bahan pelembap. Kandungan bahan pelembap dalam suatu makeup primer akan meninggalkan sedikit kesan basah dan rasa lengket. 

Hal itu yang akan membantu menempelkan makeup di atasnya. Anda juga dapat memilih primer dengan efek glowing karena dapat membuat wajah tampak lebih segar dan tidak kusam.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit kering, pilih primer yang dapat melembapkan wajah. Dengan begitu, kulit bisa menjadi lebih terhidrasi dan makeup dapat menempel serta lebih tahan lama.

Kulit berjerawat: formula non-comedogenic untuk menghindari iritasi

Kulit berjerawat: formula non-comedogenic untuk menghindari iritasi
Salah satu faktor penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Karena itu, ada baiknya Anda memilih primer dengan formula non-comedogenic. Di samping itu, produk yang mengandung hanya sedikit bahan-bahan aditif juga pas untuk Anda karena tidak memicu peradangan pada kulit
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berjerawat, Anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih primer. Pastikan primer yang digunakan tidak menyumbat pori atau non-comedogenic. Detail ini bisa Anda temukan pada kemasan produk. Selain itu, perhatikan juga detail kandungan bahan aktif yang ada dalam produk tersebut. Pastikan bahwa produk yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang dapat memicu jerawat pada kulit.

Pilih makeup primer berdasarkan kandungan utamanya

Umumnya, primer ditemui di pasaran terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kandungan terbesarnya, yaitu water-based dan silicone-based. Nah, apa saja perbedaan di antara keduanya? Yuk, kita bahas bersama!

Silicone-based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone-based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar
Silicone-based makeup primer berfungsi untuk mengisi pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Dengan demikian, produk ini akan sesuai bagi Anda yang bermasalah dengan tekstur kulit atau yang kulitnya berlubang akibat bekas jerawat


Primer ini akan mengisi bagian kosong dan membentuk lapisan baru agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Dikatakan silicone-based karena proporsi terbesar jenis primer ini adalah turunan silikon, seperti dimethicone, trimethicone, cyclopentasiloxane, atau trisiloxane.


Setelah menggunakan primer ini, Anda akan merasakan kulit yang lebih halus. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya. Mengapa? Karena silicone-based primer ini sedikit meninggalkan rasa berat sehingga akan membuat Anda tidak nyaman jika digunakan secara berlebihan.

Selain itu, silicone-based makeup primer juga mengandung hanya sedikit pelembap. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan bahan dasar silikon atau sillicone-based memiliki kemampuan untuk mengisi pori-pori wajah. Karena itu, tekstur wajah terlihat lebih halus dan pori-pori lebih tersamarkan. Biasanya, primer dengan bahan dasar silikon ini dapat membuat kulit kering. Selain itu, karena primer ini berfungsi mengisi pori-pori, pastikan Anda untuk membersihkan wajah dengan benar setelah menggunakannya.

Water-based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

Water-based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage
Jika proporsi terbesar silicone-based primer adalah kandungan silikon, kandungan terbesar yang ada di water-based makeup primer adalah air. Namun, bukan berarti tekstur water-based primer ini akan cair. Anda justru akan banyak menemukan water-based makeup primer dalam tekstur krim. 

Biasanya, primer jenis ini memiliki warna, tidak seperti silicone-based makeup primer yang transparan. Karena itu, primer ini sering dijadikan pilihan untuk menyamakan warna kulit sebelum menggunakan foundation atau BB cream.


Selain itu, water-based primer juga terasa lebih ringan. Pengaplikasiannya pun lebih mudah, seakan Anda sedang mengaplikasikan pelembap saja. Namun, primer jenis ini kurang pas digunakan pemilik kulit berminyak karena oil control-nya tidak terlalu baik.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan bahan dasar air dapat meningkatkan coverage pada riasan. Selain itu, tipe ini juga dapat membuat riasan lebih menempel. Hal ini karena saat kulit lembap dan terhidrasi, complexion akan lebih mudah menempel pada kulit. Namun, primer seperti ini sebaiknya tidak digunakan pada jenis kulit berminyak karena tidak memiliki efek oil control.

Utamakan produk yang mampu menyamarkan pori-pori

Utamakan produk yang mampu menyamarkan pori-pori
Untuk mendapatkan makeup yang flawless, pilih primer yang mampu menyamarkan pori-pori. Primer jenis ini efektif dalam mengatasi tekstur seperti pori-pori besar atau kerutan. Produk dengan formula yang dapat mengisi pori-pori sehingga kulit tampak lebih mulus adalah pilihan terbaik untuk pori-pori besar.

Selain itu, setelah menggunakan primer ini, Anda akan lebih mudah mengaplikasikan makeup di atasnya. Hasilnya pun akan terlihat lebih menyatu. Jadi, untuk Anda yang mengharapkan hasil makeup yang sempurna, terlebih untuk acara penting, gunakanlah pore-minimizing primer.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Ada banyak sekali pilihan primer yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit serta budget. Sebelum memilih primer, pastikan Anda mengetahui jenis kulit Anda. Hal ini penting agar Anda dapat memilih primer dengan tepat. 


Untuk kulit kering, gunakanlah primer yang memang diperuntukkan untuk kulit kering. Hal ini juga berlaku untuk kulit berminyak. Kemudian, untuk tipe kulit kombinasi, Anda dapat menggunakan dua primer bersamaan sesuai dengan kondisi kulit. Contohnya, Anda bisa menggunakan primer oil control di area T-zone dan primer untuk melembapkan di area lainnya.

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection
Dampak buruk dari paparan sinar matahari, radiasi, dan polusi dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kulit kusam, kulit terbakar, hingga kulit kering menjadi sangat mungkin untuk Anda alami. Sebab itu, Anda sebaiknya melindungi kulit dengan menggunakan primer yang mengandung UV protection.

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan sunblock, Anda dapat memilih primer ber-SPF rendah. Namun, jika Anda tidak menggunakan sunblock, pilihlah primer dengan kandungan SPF yang lebih tinggi. Di samping itu, perhatikan pula berapa lama Anda akan berada di luar ruangan, serta kondisi cuaca pada hari tersebut.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan kandungan UV protection bisa menjadi pilihan praktis. Dengan produk seperti ini, Anda hanya perlu menggunakan satu produk saja untuk primer dan pelindung dari sinar UV. Namun, apabila Anda menginginkan proteksi lebih terhadap sinar UV, gunakanlah sunscreen terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan primer dengan UV protection.

10 Rekomendasi makeup primer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer makeup terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Citta Farenty.

10
Tipe kulitSemua tipe kulit
JenisWater-based
UV protectionSPF 50+ PA+++
Isi40 ml
9

Embryolisse Lait-Crème Concentré Cult product

Mulai dari Rp 149.000,00

Tipe kulitKering
JenisWater-based
UV protectionTidak disebutkan
Isi30 ml, 75 ml
8
Tipe kulitSemua tipe kulit
JenisSilicone-based
UV protectionTidak disebutkan
Isi7,5 ml, 22 ml, 44 ml
7
Tipe kulitTidak disebutkan
JenisTidak disebutkan
UV protectionTidak disebutkan
Isi20 gr
6

Mineral BotanicaDura-Wear Pore Refining Primer

Mulai dari Rp 80.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisTidak disebutkan
UV protectionTidak disebutkan
Isi20 gr
5
Tipe kulitNormal dan berminyak
JenisSilicone-based
UV protectionSPF 20
Isi30 ml
4

Luxcrime Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer

Mulai dari Rp 99.000,00

Tipe kulitNormal, berminyak, dan kombinasi
JenisSilicone-based gel
UV protectionTidak disebutkan
Isi30 gr
3

Paragon Technology and InnovationWardah Instaperfect POREFECTION Skin Primer

Mulai dari Rp 79.000,00

Tipe kulitBerminyak dan sensitif
JenisSilicone-based
UV protectionTidak disebutkan
Isi20 ml
2
Tipe kulitBerminyak dan berjerawat
JenisTidak disebutkan
UV protectionTidak disebutkan
Isi15 ml
1
Tipe kulitNormal dan kering
JenisWater-based
UV protectionSPF 35/PA++
Isi25 ml

Tabel perbandingan produk makeup primer terbaik

Gambar produk
1
Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer 1

Pixy

2
Madame Gie Face Primer Gel Base 1

Madame Gie

3
Paragon Technology and Innovation Wardah Instaperfect POREFECTION Skin Primer 1

Paragon Technology and Innovation

4
Luxcrime  Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer 1

Luxcrime

5
Maybelline Fit Me Matte + Poreless Primer 1

Maybelline

6
Mineral Botanica Dura-Wear Pore Refining Primer 1

Mineral Botanica

7
Mustika Ratu Gorgeous Glow Poreless Primer 1

Mustika Ratu

8
Benefit The POREfessional Face Primer 1

Benefit

9
Embryolisse  Lait-Crème Concentré Cult product 1

Embryolisse

10
Heimish Artless Glow Base 1

Heimish

Nama produk

Make It Glow Beauty Skin Primer

Face Primer Gel Base

Wardah Instaperfect POREFECTION Skin Primer

Perfect Canvas - Mattifying Poreless Primer

Fit Me Matte + Poreless Primer

Dura-Wear Pore Refining Primer

Gorgeous Glow Poreless Primer

The POREfessional Face Primer

Lait-Crème Concentré Cult product

Artless Glow Base

Keunggulan

Efek glowing natural yang tidak berlebihan

Primer non-comedogenic dengan harga yang ramah untuk remaja

Formula ringannya efektif untuk pore blurring

Brand lokal yang mengerti kebutuhan kulit di iklim tropis

Hasil matte yang tahan lama lengkap dengan formula oil control

Jadikan kulit tampak lebih sehat, cerah, dan lembap!

Mengandung bahan alami yang membuat kulit tampak bersinar

Memiliki beragam keunggulan yang membuatnya banyak dipilih oleh makeup artist

Formulanya mampu menutrisi kulit dengan baik

Kulit terlihat lebih sehat dan cerah meski tanpa foundation

Harga mulai dariRp 42.500,00Rp 45.000,00Rp 79.000,00Rp 99.000,00Rp 110.000,00Rp 80.000,00Rp 45.000,00Rp 138.000,00Rp 149.000,00Rp 350.000,00
Tipe kulitNormal dan keringBerminyak dan berjerawatBerminyak dan sensitifNormal, berminyak, dan kombinasiNormal dan berminyakTidak disebutkanTidak disebutkanSemua tipe kulitKeringSemua tipe kulit
JenisWater-basedTidak disebutkanSilicone-basedSilicone-based gelSilicone-basedTidak disebutkanTidak disebutkanSilicone-basedWater-basedWater-based
UV protectionSPF 35/PA++Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSPF 20Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSPF 50+ PA+++
Isi25 ml15 ml20 ml30 gr30 ml20 gr20 gr7,5 ml, 22 ml, 44 ml30 ml, 75 ml40 ml
Tautan produk

Tips dari beauty content creator kami, Citta Farenty

Tips dari beauty content creator kami, Citta Farenty

Untuk penggunaan primer, sebaiknya Anda menggunakan secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan. Primer dengan kandungan silikon sebaiknya diaplikasikan dengan cara ditekan ke wajah agar dapat lebih mengisi pori-pori. Selain itu, untuk primer dengan bahan dasar air, Anda dapat mengaplikasikan dengan cara mengusapkannya lembut ke wajah.

Pertanyaan umum seputar makeup primer

Pertanyaan umum seputar makeup primer

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar makeup primer. Jika Anda masih penasaran dengan makeup primer, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah perbedaan primer dan pelembap?

Serupa tapi tak sama, makeup primer dan pelembap pada dasarnya memiliki perbedaan fungsi dan cara pengaplikasian. Pelembap berfungsi menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit sehingga digunakan pertama kali saat Anda ingin menggunakan makeup. Sementara itu, aplikasikan primer sebelum menggunakan foundation sehingga makeup tampak lebih flawless dan dapat bertahan lama.

Apakah fungsi primer untuk makeup?

Primer merupakan dasar riasan yang berfungsi sebagai pelindung wajah. Dengan mengaplikasikan primer, Anda juga dapat menyamarkan pori-pori yang besar, garis halus, dan warna kulit yang tidak merata. Dengan begitu, hasil riasan akan terlihat lebih smooth dan dapat bertahan lama.

Baca juga rekomendasi base makeup terbaik lainnya di sini

Tentu di pasaran Anda akan menemukan berbagai macam primer selain sepuluh produk yang sudah kami ulas di atas. Jadi, untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai primer atau base makeup yang berkualitas, kami telah menyiapkan beberapa link artikel terkait. Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Penggunaan makeup primer adalah satu hal yang cukup penting dalam rangkaian makeup Anda. Primer tidak hanya membuat makeup di atasnya lebih awet, tetapi juga dapat membuat tampilan kulit lebih halus dan menyamarkan imperfections yang ada.

Nah, semoga setelah membaca artikel ini, Anda telah menemukan makeup primer yang tepat, serta sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Selamat memilih dan sampai jumpa!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk dalam memilih bedak. Memilih bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan bruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak? Benarkah penggunaan bedak tabur lebih disarankan?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami tidak hanya memaparkan cara memilih bedak yang tepat. Namun, kami juga memberikan rekomendasi bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merk terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini sampai akhir!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi DD Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi DD Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    DD Cream dapat disebut sebagai krim multifungsi yang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu DD Cream dan manfaatnya bagi kulit dan wajah. Padahal, banyak merek DD Cream yang bagus dan dapat membuat kulit serta wajah Anda terlihat lebih cantik.Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang DD Cream. Agar Anda dapat mencobanya, kami juga akan merekomendasikan produk-produk ternama seperti Skintalk, LT Pro, dan Wardah. Jadi, untuk Anda yang penasaran, pastikan baca artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori