10 Rekomendasi Makeup Primer Terbaik (Terbaik Tahun 2019)

10 Rekomendasi Primer Makeup Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Selain efektif dalam menjaga makeup agar tahan lama, primer juga dapat membuat kulit Anda lebih halus sehingga makeup di atasnya akan terlihat lebih menyatu.

Supaya Anda lebih mengetahui perbedaan makeup primer yang ada saat ini, kami akan membahasnya secara detail. Anda bisa membaca mulai dari berbagai karakteristik makeup primer hingga rekomendasi produk terbaik. Beberapa brand yang menawarkan makeup primer berkualitas seperti Benefit, Make Over, dan Tarte juga dapat Anda temukan di sini. Langsung saja, ya!

Daftar isi

Cara memilih makeup primer

Sebelum menentukan pilihan, pahamilah terlebih dahulu mengenai cara memilih makeup primer yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

Sesuaikan makeup primer berdasarkan kondisi kulit Anda

Setiap kondisi kulit tentunya membutuhkan makeup primer yang berbeda. Makeup primer yang dibutuhkan kulit berminyak akan berbeda dengan kulit kering. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui jenis kulit Anda agar dapat menemukan produk yang sesuai kondisi kulit.

Kulit berminyak: pilih yang menawarkan long lasting effect

Kulit berminyak: pilih yang menawarkan long lasting effect

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, cobalah untuk memilih makeup primer yang memberi efek matte. Dengan begitu, produksi minyak akan lebih terkontrol. Akibatnya, makeup Anda menjadi tidak mudah luntur dan malah tampak lebih halus.

Kulit kering: pilih yang memunculkan glowing effect

Kulit kering: pilih yang memunculkan glowing effect

Masalah yang sering dihadapi kulit kering adalah makeup yang sulit menempel. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup primer yang dilengkapi bahan pelembap. Kandungan bahan pelembap dalam suatu makeup primer akan meninggalkan sedikit kesan basah dan rasa lengket. Hal itu yang akan membantu menempelkan makeup di atasnya. Anda juga dapat memilih primer dengan efek glowing karena dapat membuat wajah tampak lebih segar dan tidak kusam.

Kulit berjerawat: pilih yang mengandung formula non-comedogenic

Kulit berjerawat: pilih yang mengandung formula non-comedogenic

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Oleh karenanya, ada baiknya Anda memilih primer dengan formula non-comedogenic. Di samping itu, produk yang mengandung hanya sedikit bahan-bahan aditif juga pas untuk Anda karena tidak memicu peradangan pada kulit.

Pilih makeup primer berdasarkan kandungan utamanya

Umumnya, primer yang Anda temui di pasaran terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kandungan terbesarnya, yaitu water based dan silicone based. Nah, apa saja perbedaan di antara keduanya? Yuk, kita bahas bersama!

Silicone based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone based makeup primer berfungsi untuk mengisi pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Dengan demikian, produk ini akan sesuai bagi Anda yang bermasalah dengan tekstur kulit atau yang kulitnya berlubang akibat bekas jerawat. Primer ini akan mengisi bagian kosong dan membentuk lapisan baru agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Dikatakan silicone based karena proporsi terbesar jenis primer ini adalah turunan silikon, seperti dimethicone, trimethicone, cyclopentasiloxane, atau trisiloxane.

Setelah menggunakan primer ini, Anda akan merasakan kulit yang lebih halus. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya. Mengapa? Karena primer ini sedikit meninggalkan rasa berat sehingga akan membuat Anda tidak nyaman jika digunakan secara berlebihan. Selain itu, silicone based makeup primer juga mengandung hanya sedikit pelembap. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu.

Water based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

Water based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

 

Jika proporsi terbesar silicone based primer adalah kandungan silikon, maka kandungan terbesar yang ada di water based makeup primer adalah air. Namun, bukan berarti tekstur primer ini akan cair. Anda justru akan banyak menemukan water based makeup primer dalam tekstur krim. Biasanya, primer jenis ini memiliki warna, tidak seperti silicone based makeup primer yang transparan. Oleh karenanya, primer ini sering dijadikan pilihan untuk menyamakan warna kulit sebelum menggunakan foundation atau BB cream.

Selain itu, water based primer juga terasa lebih ringan. Pengaplikasiannya pun lebih mudah, seakan Anda sedang mengaplikasikan pelembap saja. Namun, primer jenis ini kurang pas digunakan pemilik kulit berminyak karena oil control-nya tidak terlalu baik.

Produk yang mampu menyamarkan pori-pori akan membuat makeup lebih flawless

Produk yang mampu menyamarkan pori-pori akan membuat makeup lebih flawless

Untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless, pilihlah primer yang mampu menyamarkan pori-pori. Primer jenis ini efektif dalam mengatasi tekstur seperti pori-pori besar atau kerutan. Dengan formulanya yang dapat mengisi pori-pori, kulit Anda akan tampak lebih mulus. Selain itu, setelah menggunakan primer ini, Anda akan lebih mudah dalam mengaplikasikan makeup di atasnya. Hasilnya pun akan terlihat lebih menyatu. Jadi, untuk Anda yang mengharapkan hasil makeup yang sempurna, terlebih untuk acara penting, gunakanlah pore-minimizing primer.

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection

Dampak buruk dari paparan sinar matahari, radiasi, dan polusi dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kulit kusam, kulit terbakar, hingga kulit kering menjadi sangat mungkin untuk Anda alami. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya melindungi kulit dengan menggunakan primer yang mengandung UV protection.

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan sunblock, Anda dapat memilih primer ber-SPF rendah. Namun, jika Anda tidak menggunakan sunblock, pilihlah primer dengan kandungan SPF yang lebih tinggi. Di samping itu, perhatikan pula berapa lama Anda akan berada di luar ruangan, serta kondisi cuaca pada hari tersebut.

10 Rekomendasi makeup primer terbaik

Setelah Anda mengetahui tips memilih makeup primer, di bawah ini telah kami siapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Semoga list di bawah ini akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan!

10. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

10. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 42.500

Efek glowing natural yang tidak berlebihan

Primer dari Pixy ini diperkaya dengan botanical extract yang memberi kelembapan sehingga kulit siap untuk menggunakan makeup. Finish-nya yang glowing membuat kulit Anda tampak lebih segar dan bercahaya.

Di samping itu, karena tidak transparan, produk ini akan memberi sedikit daya cover yang berperan dalam menyamarkan noda dan meratakan warna kulit. Jadi, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mendapatkan makeup natural dan glowing, tetapi mampu menyamarkan masalah kulit.

Untuk tipe kulit Normal dan kering
Jenis Water based
UV protection SPF 35/PA++
Isi 25 ml

9. Emina Pore Ranger Primer

9. Emina Pore Ranger Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 49.800

Tidak nyaman dengan primer yang meninggalkan beban pada kulit? Coba produk ini!

Anda mencari primer yang ringan di kulit? Jika iya, produk ini cocok untuk Anda. Formulanya ringan dan membuat Anda merasa seperti tidak sedang menggunakan sesuatu. Walau begitu, primer ini mampu menyamarkan garis halus dan pori-pori agar makeup Anda semakin memesona.

Untuk tipe kulit Semua tipe kulit
Jenis Silicone based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 20 ml

8. Maybelline Baby Skin Pore Eraser

8. Maybelline Baby Skin Pore Eraser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.500

Menghindarkan Anda dari jerawat dengan formula non-comedogenic

Maybelline Baby Skin Pore Eraser dibuat dengan formula non-comedogenic sehingga cocok untuk Anda yang mudah berjerawat. Primer ini diklaim mampu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit Anda tampak mulus seperti kulit bayi. Selain itu, terdapat kandungan cherry extract yang akan menjaga kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Untuk tipe kulit Kombinasi cenderung berjerawat
Jenis Silicone based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 20 ml

7. Make Over Powerstay Color Correcting Primer

7. Make Over Powerstay Color Correcting Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 62.000

Warna kulit wajah tidak merata? Makeup primer ini akan mengatasinya!

Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit yang kemerahan, mungkin Anda akan menyukai produk yang satu ini. Karena berwarna hijau, primer dari Make Over ini efektif untuk meredam kemerahan yang ada pada kulit Anda. Tidak hanya itu, soft focus effect juga akan Anda dapatkan saat menggunakan primer ini.

Untuk tipe kulit Semua tipe kulit
Jenis Water based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 25 ml

6. The Body Shop Instamatte Tube 10ml

6. The Body Shop Instamatte Tube 10ml

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 249.000

Dapatkan makeup yang segar dan bebas kilap seharian!

Dikenal sebagai brand yang unggul karena penggunaan bahan-bahan alami, The Body Shop juga memiliki beberapa macam makeup primer. Salah satunya adalah produk berikut ini, kami rekomendasikan untuk Anda yang dituntut selalu tampil menarik sehari-hari.

Primer ini efektif dalam mengontrol sebum di wajah sehingga dapat mencegah produksi minyak berlebih. Hasil matte-nya juga efektif menghindarkan kulit Anda dari kilap. Dengan demikian, kulit akan selalu tampak segar dan tidak kusam sepanjang hari.

Untuk tipe kulit Berminyak dan kombinasi
Jenis Silicone based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 10 ml

5. NYX Born To Glow Illuminating Primer

5. NYX Born To Glow Illuminating Primer

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Untuk hasil radiant finish dan bebas kering!

NYX Born To Glow Illuminating Primer hadir untuk Anda yang mengharapkan radiant finish makeup look. Primer ini dilengkapi kandungan glycerin yang akan menjaga kelembapan kulit Anda. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki jenis kulit normal cenderung kering akan menyukai produk ini.

Untuk tipe kulit Normal dan kering
Jenis Water based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 30 ml

4. Make Up For Ever UV Prime SPF 50/PA +++ Daily Protective Make Up Primer

4. Make Up For Ever UV Prime SPF 50/PA +++ Daily Protective Make Up Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 650.000

Dilengkapi UV protection yang tinggi. Anda tak perlu khawatir dengan paparan sinar matahari!

Penggunaan skincare berlapis mungkin akan membuat kulit wajah terasa lebih berat. Kulit pun menjadi lebih cepat berminyak. Oleh sebab itu, Anda dapat melewatkan penggunaan sunblock jika memilih produk ini. UV protection-nya yang tinggi memang menjadi keistimewaan produk ini.

Kami rekomendasikan primer ini untuk Anda gunakan saat berada di luar ruangan dengan durasi waktu yang lama, termasuk saat pergi berlibur ke alam terbuka seperti pantai atau gunung. Beberapa seller juga menjual produk berukuran 5 ml jika Anda membutuhkan yang lebih compact.

Untuk tipe kulit Semua tipe kulit
Jenis Water based
UV protection SPF 50/PA +++
Isi 30 ml

3. BECCA First Light Priming Filter Instant Complexion Refresh

3. BECCA First Light Priming Filter Instant Complexion Refresh

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 222.000

Mencari primer yang mampu menghasilkan complexion yang fresh? Pilih produk ini!

Menawarkan primer dengan hint ungu, produk yang satu ini mampu memberikan efek wajah yang lebih cerah dan mengatasi kulit kusam. Adanya shimmer di dalamnya tentu akan membuat wajah Anda terlihat glowing. Dengan begitu, produk ini tepat Anda pilih saat ingin membuat makeup look yang terlihat freshglowing, dan basah.

Untuk tipe kulit Normal dan kering
Jenis Water based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 15 ml dan 30 ml

2. Tarte Poreless Mattifying Primer

2. Tarte Poreless Mattifying Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 480.000

Hasil matte yang tahan hingga dua belas jam!

Primer dari Tarte berikut ini menawarkan matte finish yang didukung oleh optical matte-blur technology. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, primer ini adalah produk yang tepat karena dapat bertahan hingga dua belas jam. Hebatnya lagi, formula waterproof juga melengkapi primer ini sehingga tidak luntur walau terkena air dan keringat.

Untuk tipe kulit Berminyak dan kombinasi
Jenis Silicone based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 30 ml

1. Benefit The POREfessional Face Primer

1. Benefit The POREfessional Face Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 560.000

Memiliki beragam keunggulan yang membuatnya banyak dipilih oleh makeup artist

Benefit The POREfessional Face Primer banyak digunakan beauty influencer atau makeup artist karena dapat membuat kulit Anda tampak lebih mulus secara signifikan. Primer ini juga mampu meratakan warna kulit, serta menyamarkan pori-pori, dan kerutan.

Dilengkapi translucent formula, primer ini dapat menyatu pada berbagai tone dan warna kulit. Selain itu, dengan kandungannya yang bebas minyak, makeup Anda pun akan lebih tahan lama. Oleh karenanya, primer ini pas untuk Anda gunakan saat ingin membuat makeup look yang flawless dan tahan lama.

Untuk tipe kulit Semua tipe kulit
Jenis Silicone based
UV protection Tidak disebutkan
Isi 7,5 ml dan 22 ml

Baca juga rekomendasi base makeup terbaik lainnya di sini!

Tentu di pasaran Anda akan menemukan berbagai macam primer selain sepuluh produk yang sudah kami ulas di atas. Jadi, untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai primer atau base makeup yang berkualitas, kami telah menyiapkan beberapa link artikel terkait. Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Penggunaan makeup primer adalah satu hal yang cukup penting dalam rangkaian makeup Anda. Primer tidak hanya membuat makeup di atasnya lebih awet, tetapi juga dapat membuat tampilan kulit lebih halus dan menyamarkan imperfections yang ada.

Nah, semoga setelah membaca artikel ini, Anda telah menemukan makeup primer yang tepat, serta sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Selamat mencoba dan sampai jumpa!