1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2023)

Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat riasan lebih tahan lama. Selain itu, primer juga bisa membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.

Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahas cara memilihnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator kami, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Wardah, Y.O.U, PIXY, dan Maybelline. Yuk, langsung disimak!
Diperbaharui 12-13-2022
Pakar
Beauty content creator
Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya. Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Profil Citta Farenty
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makeup primer

Ada banyak primer make up buatan lokal dan brand terkenal di dunia yang bagus untuk menyempurnakan riasan Anda. Untuk menemukan primer makeup terbaik, simak tips memilih yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

① Sesuaikan makeup primer berdasarkan kondisi kulit Anda

Setiap kondisi kulit tentunya membutuhkan makeup primer yang berbeda. Primer yang dibutuhkan kulit berminyak akan berbeda dengan kulit kering. Sebab itu, sebaiknya ketahuilah jenis kulit Anda terlebih dahulu agar dapat menemukan produk yang sesuai kondisi kulit.

Kulit berminyak: Primer matte dengan efek long lasting dapat mengontrol produksi minyak

Kulit berminyak: Primer matte dengan efek long lasting dapat mengontrol produksi minyak
Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, cobalah untuk memilih makeup primer yang memberi efek matte. Hal ini bertujuan agar produksi minyak jadi lebih terkontrol. Dengan primer matte, makeup Anda menjadi tidak mudah luntur dan justru tampak lebih halus
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berminyak, pilihlah primer yang memiliki efek long lasting ataupun oil control. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil makeup yang lebih tahan lama.

Wajah kering: Primer dengan pelembap membuat wajah segar dan tidak kusam

Wajah kering: Primer dengan pelembap membuat wajah segar dan tidak kusam
Masalah yang sering dihadapi kulit kering adalah makeup yang sulit menempel. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih makeup primer yang dilengkapi bahan pelembap. Kandungan bahan pelembap di dalam primer akan meninggalkan sedikit kesan basah dan rasa lengket

Hal itu yang akan membantu menempelkan makeup di atasnya. Anda juga dapat memilih primer dengan efek glowing karena dapat membuat wajah tampak lebih segar dan tidak kusam.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit kering, pilih primer yang dapat melembapkan wajah. Dengan begitu, kulit bisa menjadi lebih terhidrasi dan makeup dapat menempel serta lebih tahan lama.

Kulit berjerawat: Formula non-comedogenic untuk menghindari iritasi

Kulit berjerawat: Formula non-comedogenic untuk menghindari iritasi
Salah satu faktor penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Karena itu, ada baiknya Anda memilih primer dengan formula non-comedogenic. Produk yang minim kandungan bahan-bahan aditif juga pas untuk Anda karena tidak akan memicu peradangan pada kulit.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk kulit berjerawat, Anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih primer. Pastikan primer yang digunakan tidak menyumbat pori atau non-comedogenic. Detail ini bisa Anda temukan pada kemasan produk. Selain itu, perhatikan juga detail kandungan bahan aktif yang ada dalam produk tersebut. Pastikan bahwa produk yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang dapat memicu jerawat pada kulit.

② Pilih makeup primer berdasarkan kandungan utamanya

Berdasarkan kandungan utamanya, primer terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer water-based dan silicone-based. Nah, apa saja perbedaan di antara keduanya? Yuk, kita bahas bersama!

Silicone-based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone-based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar
Makeup primer silicone-based berfungsi untuk mengisi pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Primer berbahan dasar silikon akan mengisi bagian kosong dan membentuk lapisan baru agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Produk ini sesuai bagi Anda yang bermasalah dengan tekstur kulit atau luka bekas jerawat.

Kandungan utama jenis primer ini adalah turunan silikon, seperti dimethicone, trimethicone, cyclopentasiloxane, atau trisiloxane. Setelah diaplikasikan, Anda akan merasakan kulit yang lebih halus. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya. 


Apabila diaplikasikan secara berlebihan, silicone-based primer dapat meninggalkan rasa berat dan tidak nyaman di kulit. Selain itu, primer silicone-based juga mengandung hanya sedikit pelembap. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan bahan dasar silikon atau sillicone-based memiliki kemampuan untuk mengisi pori-pori wajah. Karena itu, tekstur wajah terlihat lebih halus dan pori-pori lebih tersamarkan. Biasanya, primer dengan bahan dasar silikon ini dapat membuat kulit kering. Selain itu, karena primer ini berfungsi mengisi pori-pori, pastikan Anda untuk membersihkan wajah dengan benar setelah menggunakannya.

Water-based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

Water-based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage
Kandungan utama yang ada pada primer water-based adalah air. Namun, bukan berarti tekstur water-based primer ini akan cair. Anda justru akan banyak menemukan water-based makeup primer dalam tekstur cream.

Berbeda dengan primer silicone-based yang transparan, primer water-based biasanya memiliki warna tertentu. Karena itu, primer ini sering dijadikan pilihan untuk meratakan warna kulit sebelum menggunakan foundation atau BB cream.


Selain itu, water-based primer juga terasa lebih ringan. Pengaplikasiannya pun lebih mudah, layaknya Anda sedang mengaplikasikan pelembap. Namun, primer jenis ini kurang pas digunakan pemilik kulit berminyak karena oil control-nya tidak terlalu baik.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan bahan dasar air dapat meningkatkan coverage pada riasan. Selain itu, tipe ini juga dapat membuat riasan lebih menempel. Hal ini karena saat kulit lembap dan terhidrasi, complexion akan lebih mudah menempel pada kulit. Namun, primer seperti ini sebaiknya tidak digunakan pada jenis kulit berminyak karena tidak memiliki efek oil control.

③ Utamakan produk yang mampu menyamarkan pori-pori

Utamakan produk yang mampu menyamarkan pori-pori
Untuk mendapatkan makeup yang flawless, pilih primer yang mampu menyamarkan pori-pori atau pore minimizing primer. Jenis primer ini efektif dalam mengatasi tekstur, seperti pori-pori besar atau kerutan. Formula primer ini dapat mengisi pori-pori sehingga kulit tampak lebih mulus.

Setelah menggunakan primer ini, Anda akan lebih mudah mengaplikasikan makeup di atasnya. Hasilnya pun jadi terlihat lebih menyatu. Pemakaian primer makeup ini akan menciptakan hasil makeup yang sempurna, terlebih untuk acara penting.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Ada banyak sekali pilihan primer yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit serta budget. Sebelum memilih primer, pastikan Anda mengetahui jenis kulit Anda. Hal ini penting agar Anda dapat memilih primer dengan tepat. 


Untuk kulit kering, gunakanlah primer yang memang diperuntukkan untuk kulit kering. Hal ini juga berlaku untuk kulit berminyak. Kemudian, untuk tipe kulit kombinasi, Anda dapat menggunakan dua primer bersamaan sesuai dengan kondisi kulit. Contohnya, Anda bisa menggunakan primer oil control di area T-zone dan primer untuk melembapkan di area lainnya.

④ Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection
Paparan sinar matahari, radiasi, dan polusi dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kulit kusam, kulit terbakar, hingga kulit kering menjadi sangat mungkin untuk Anda alami. Oleh karena itu, lindungilah kulit Anda dengan menggunakan primer yang mengandung UV protection.

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan sunblock, Anda dapat memilih primer ber-SPF rendah. Namun, apabila Anda tidak menggunakan sunblock, pilihlah primer dengan kandungan SPF yang lebih tinggi. Perhatikan pula berapa lama Anda akan berada di luar ruangan, serta kondisi cuaca pada hari tersebut.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Primer dengan kandungan UV protection bisa menjadi pilihan praktis. Dengan produk seperti ini, Anda hanya perlu menggunakan satu produk saja untuk primer dan pelindung dari sinar UV. Namun, apabila Anda menginginkan proteksi lebih terhadap sinar UV, gunakanlah sunscreen terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan primer dengan UV protection.

10 Rekomendasi makeup primer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer makeup terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Citta Farenty.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

PIXY

Make It Glow Beauty Skin Primer

PIXY Make It Glow Beauty Skin Primer 1枚目

Ciptakan efek glowing natural yang tidak berlebihan

2

Make Over

Velvet Mattifying Primer

Make Over Velvet Mattifying Primer  1枚目

Primer non-comedogenic yang dapat menyerap minyak berlebih

3

Paragon Technology and Innovation

Emina Pore Ranger

Paragon Technology and Innovation Emina Pore Ranger 1枚目

Finish natural yang pas untuk remaja dan pemula

4

Maybelline

Fit Me Matte + Poreless Primer

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Primer 1枚目

Hasil matte yang tahan lama lengkap dengan formula oil control

5

Focallure

GLOWMAX Hydrating Primer

Focallure GLOWMAX Hydrating Primer 1枚目

Melembapkan kulit secara instan untuk makeup bebas crack

6

Paragon Technology and Innovation

Wardah Instaperfect Blur Mattifying Primer

Paragon Technology and Innovation Wardah Instaperfect Blur Mattifying Primer 1枚目

Ciptakan efek pore blurring sekaligus melindungi kulit dari sinar UV

7

Luxcrime

Perfect Canvas - Hydro Blur Finish Primer

Luxcrime Perfect Canvas - Hydro Blur Finish Primer 1枚目

Mengunci makeup dengan sempurna agar tidak mudah luntur

8

O.TWO.O

Zero Pores Primer

O.TWO.O Zero Pores Primer 1枚目

Mengatasi masalah kulit penyebab makeup cakey

9

L'Oréal Paris

Infallible Lasting Primer

L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer 1枚目

Memberikan efek matte dan bebas kilap

10

Y.O.U

Makeup Prep Bright & Moist Primer

Y.O.U Makeup Prep Bright & Moist Primer 1枚目

Kulit lebih cerah merata berkat ekstrak bunga magnolia

Perincian produk
Close
No.1

PIXYMake It Glow Beauty Skin Primer

Mulai dari Rp58.000,00

Ciptakan efek glowing natural yang tidak berlebihan

Kelebihan:
  • Teksturnya tidak menggumpal dan mudah diratakan
  • Melembapkan kulit dan memberikan efek dewy atau glowing finish
  • Kandungan SPF-nya cukup tinggi


Kekurangan:

  • Kulit jadi terlihat berminyak setelah beberapa jam pemakaian
  • Mengandung methylparaben dan fragrance


Primer dari Pixy ini diperkaya dengan botanical extract yang memberi kelembapan sehingga kulit siap untuk menggunakan makeup. Sementara itu, glowing finish-nya membuat kulit Anda tampak lebih segar dan bercahaya.


Produk ini memberikan medium coverage yang berperan membantu menyamarkan noda dan meratakan warna kulit. Anda yang ingin menyamarkan masalah kulit sekaligus mendapatkan makeup natural dan glowing, pilih produk ini.
No.2

Make OverVelvet Mattifying Primer

Mulai dari Rp102.000,00

Primer non-comedogenic yang dapat menyerap minyak berlebih

Kelebihan:

  • Formula non-comedogenic yang tidak menyumbat pori
  • Mengandung oil absorber yang dapat mengontrol minyak
  • Samarkan tampilan pori-pori dengan hasil natural

Kekurangan:

  • Pada kulit yang sangat berminyak, wajah akan terkesan oily setelah beberapa jam pemakaian, terutama di T-zone

Bagi Anda yang pori-porinya mudah tersumbat, kami merekomendasikan makeup primer Make Over ini. Produk ini dibuat dengan formula non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori. Anda tak perlu mengkhawatirkan masalah komedo meski sering memakai makeup.


Primer ini juga dilengkapi oil absorber yang akan menyerap produksi minyak berlebih pada kulit wajah Anda. Baiknya lagi, base makeup ini mampu samarkan tampilan pori dan kerutan, membuat wajah Anda tampak lebih smooth.

No.3

Paragon Technology and InnovationEmina Pore Ranger

Mulai dari Rp66.000,00

Finish natural yang pas untuk remaja dan pemula

Kelebihan:

  • Formulanya ringan, seperti tidak memakai apa pun
  • Diperkaya film forming agent yang membuat riasan lebih tahan lama
  • Tidak beraroma dan aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Kemampuan menahan minyaknya hanya bertahan sekitar 3 jam

Emina adalah salah satu merek lokal yang populer di kalangan remaja. Emina juga memproduksi makeup primer yang cocok untuk remaja atau pemula. Produk ini mampu menyamarkan tampilan pori dan garis halus dengan formula yang ringan.


Wajah Anda akan terlihat mulus natural, seperti tidak memakai apa pun. Jadi, primer ini tidak akan terlihat berlebihan saat dipakai ke sekolah. Base makeup dari Emina ini juga dibekali film forming agent yang bisa membuat riasan Anda lebih tahan lama.

No.4

MaybellineFit Me Matte + Poreless Primer

Mulai dari Rp110.000,00

Hasil matte yang tahan lama lengkap dengan formula oil control

Kelebihan:

  • Mengandung mattifying mineral clay yang mampu samarkan pori dengan sempurna
  • Formula oil control yang tahan hingga 16 jam
  • Ciptakan look yang fresh dan tidak kering


Kekurangan:

  • Mengandung parfum dengan aroma mild yang mungkin tidak disukai beberapa orang

Fit Me Matte + Poreless Primer diperkaya mineral clay yang dapat menyamarkan tampilan pori sekaligus memberi efek mattifying. Meski hasilnya matte, produk ini tidak akan membuat kulit Anda terkesan kering. Baiknya lagi, primer Maybelline ini diracik dengan formula oil control yang mampu menahan minyak hingga 16 jam.


Dengan kemampuan tersebut, primer ini akan bagus dipakai oleh pengantin untuk memperoleh makeup yang awet seharian. Agar hasil riasan tampak lebih paripurna, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan Fit Me 24hr Oil Control Powder Foundation.

No.5

FocallureGLOWMAX Hydrating Primer

Mulai dari Rp168.000,00

Melembapkan kulit secara instan untuk makeup bebas crack

Kelebihan:

  • Diperkaya tiga bahan alami untuk melembapkan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit
  • Dapat melembapkan dan menghidrasi kulit dengan cepat
  • Memberikan efek glowing tanpa rasa lengket

Kekurangan:

  • Mengandung beeswax, alkohol, dan parfum yang tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif

GLOWMAX Hydrating Primer dari Focallure mampu menghidrasi dan melembapkan kulit secara instan setelah diaplikasikan. Kulit Anda akan terasa lembap sepanjang hari sehingga makeup pun jadi lebih awet. Primer makeup ini ideal untuk pemilik kulit kering yang sering memiliki masalah riasan yang crack atau bersisik.


Produk ini mengandung 3 bahan alami, yakni madu untuk melembapkan, kiwi untuk mengencangkan, dan vitamin E untuk mencerahkan kulit. Teksturnya pun sangat ringan dan mudah di-blend, serta memberikan glow look tanpa terasa lengket dan basah.

No.6

Paragon Technology and InnovationWardah Instaperfect Blur Mattifying Primer

Mulai dari Rp85.000,00

Ciptakan efek pore blurring sekaligus melindungi kulit dari sinar UV

Kelebihan:

  • Teksturnya creamy, nyaman dipakai sebagai base makeup seharian
  • Memberi efek pore blurring agar wajah terlihat lebih flawless
  • Diformulasikan dengan ectoin yang berfungsi sebagai pelindung dari efek buruk sinar UV-A dan UV-B

Kekurangan:

  • Mengandung fragrance dan aromanya cenderung menyengat

Blur Mattifying Primer adalah primer dari Instaperfect dengan nama dan kemasan yang diperbaharui. Berbeda dengan primer silicone-based lain, makeup primer  ini memiliki tekstur yang creamy. Ditambah formulanya yang ringan dan breathable, produk ini nyaman dipakai sebagai base makeup seharian. Produk ini juga mampu memberikan efek blurring untuk menciptakan flawless look.


Makeup primer Wardah ini diformulasikan dengan ectoin yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV serta dapat memperkuat skin barrier. Blur Mattifying Primer ini sangat pas digunakan oleh Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

No.7

LuxcrimePerfect Canvas - Hydro Blur Finish PrimerLXC-000016

Mulai dari Rp99.000,00

Mengunci makeup dengan sempurna agar tidak mudah luntur

Kelebihan:

  • Efek makeup-gripping yang mengunci riasan dan membuatnya lebih awet
  • Melembapkan dan membuat kulit terasa kenyal
  • Mengandung panthenol yang bagus untuk kulit kering dan berjerawat


Kekurangan:

  • Kurang direkomendasikan untuk kulit sensitif karena mengandung parfum dan alkohol

Hydro Blur Finish Primer akan mempersiapkan kulit Anda menjadi layaknya sebuah kanvas yang siap dilukis. Produk ini mengandung glycerin, panthenol, vitamin E, dan shea butter yang dapat melembapkan dan membuat kulit terasa kenyal.


Face primer water-based dengan tekstur gel ini memiliki kemampuan makeup-gripping. Riasan Anda jadi lebih menempel ke kulit dan tidak mudah luntur. Saat sedang tidak memakai makeup pun, kulit Anda akan terlihat bersinar secara natural dengan mengaplikasikan primer ini.

No.8

O.TWO.OZero Pores Primer

Mulai dari Rp65.000,00

Mengatasi masalah kulit penyebab makeup cakey

Kelebihan:

  • Mencegah makeup cakey dengan melembapkan dan menutrisinya
  • Dapat meratakan dan mencerahkan kulit tanpa terkesan berlebihan
  • Memberi efek pore blurring untuk menyamarkan pori-pori besar


Kekurangan:

  • Mengandung fragrance, tidak disarankan untuk kulit yang sensitif terhadap wewangian

Ada banyak hal yang menyebabkan riasan menjadi cakey. Nah, primer lokal dari O.TWO.O ini bisa Anda gunakan untuk mencegahnya. Produk ini akan melembapkan dan menutrisi kulit, serta memperbaiki kulit yang kering dan berkerut. Dengan kulit yang sehat, riasan Anda tidak akan cakey maupun bergeser. Produk ini juga dilengkapi ekstrak daun teh yang mampu menahan minyak dan melindungi kulit dari sinar matahari, lho!

No.9

L'Oréal ParisInfallible Lasting Primer

Mulai dari Rp159.000,00

Memberikan efek matte dan bebas kilap

Kelebihan:

  • Kulit tetap lembap meski hasil akhirnya matte dan bebas kilap
  • Dapat meratakan tekstur kulit dan menyamarkan pori

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk kulit yang sensitif terhadap parfum

L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer adalah primer yang sempurna untuk kulit kombinasi. Produk ini memiliki formula serum-based yang memberikan efek mattifying dan membuat kulit Anda bebas dari kilap. Anda juga tak perlu khawatir kulit terasa kering, sebab primer ini membuat kulit Anda lembap dan fresh. Kandungannya juga mampu meratakan tekstur kulit dan menyamarkan pori, membuat makeup Anda selalu on-point.

No.10

Y.O.UMakeup Prep Bright & Moist Primer

Mulai dari Rp81.500,00

Kulit lebih cerah merata berkat ekstrak bunga magnolia

Kelebihan:

  • Mengandung sunscreen physical untuk perlindungan dari sinar UV
  • Diformulasikan dengan ekstrak bunga magnolia yang bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit
  • Teknologi Hymagic-4D yang dapat melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum memakai makeup

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi box sehingga ada kemungkinan bocor saat pengiriman
  • Mengandung fragrance

Mengusung ekstrak bunga magnolia sebagai salah satu formulanya, produk ini memiliki manfaat brightening. Makeup primer Y.O.U diklaim mampu mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. 


Anda yang memiliki masalah kulit kusam layak menjadikannya sebagai pilihan. Produk ini juga dibekali teknologi Hymagic-4D untuk mempersiapkan kulit sebelum memakai makeup agar hasilnya lebih bagus dan tahan lama.

Tips dari beauty content creator kami, Citta Farenty

Tips dari beauty content creator kami, Citta Farenty

Untuk penggunaan primer, sebaiknya Anda menggunakan secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan. Primer dengan kandungan silikon sebaiknya diaplikasikan dengan cara ditekan ke wajah agar dapat lebih mengisi pori-pori. Selain itu, untuk primer dengan bahan dasar air, dapat Anda aplikasikan dengan cara mengusap lembut ke wajah.

Pertanyaan umum seputar makeup primer

Pertanyaan umum seputar makeup primer

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar makeup primer. Jika Anda masih penasaran dengan makeup primer, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah perbedaan primer dan pelembap?

Serupa tapi tak sama, makeup primer dan pelembap pada dasarnya memiliki perbedaan fungsi dan cara pengaplikasian. Pelembap berfungsi menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit sehingga diaplikasikan pertama kali saat Anda ingin menggunakan makeup. Sementara itu, aplikasikan primer sebelum menggunakan foundation sehingga makeup tampak lebih flawless dan dapat bertahan lama.

Apakah fungsi primer untuk makeup?

Primer merupakan base makeup yang berfungsi sebagai pelindung wajah. Dengan mengaplikasikan primer, Anda juga dapat menyamarkan pori-pori yang besar, garis halus, serta warna kulit yang tidak merata. Hasil riasan juga akan terlihat lebih smooth dan tahan lama.

Baca juga rekomendasi produk primer makeup terbaik lainnya di sini

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, pemilihan primer dapat dilakukan dengan mempertimbangkan jenis kulit. Jika Anda ingin mencari primer yang lebih spesifik untuk tipe kulit tertentu, silakan baca ulasannya pada link berikut.

Kesimpulan

Penggunaan makeup primer adalah satu hal yang cukup penting dalam rangkaian makeup Anda. Primer tidak hanya membuat makeup di atasnya lebih awet, tetapi juga dapat membuat tampilan kulit lebih halus dan menyamarkan imperfections yang ada.

Nah, semoga setelah membaca artikel ini, Anda telah menemukan makeup primer yang tepat, serta sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer