• 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)

Masa anak-anak menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah mereka mulai tumbuh. Kini sudah banyak pasta gigi untuk anak yang dijual di pasaran, seperti pasta gigi yang mengandung fluoride, xylitol, atau kombinasi keduanya. Pemilihan produk yang tepat akan menunjang kesehatan gigi anak Anda lebih baik dan maksimal.

Sebelum membeli pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak. Kali ini, kami akan memberikan penjelasan cara memilih pasta gigi untuk anak dan kami juga akan menyarankan beberapa rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.893 Views
Daftar isi

Cara memilih pasta gigi untuk anak

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi anak dalam poin-poin penting berikut ini. Pelajarilah dengan saksama agar Anda bisa memilih pasta gigi yang paling tepat untuk si buah hati.

Pilih yang sesuai dengan kondisi pertumbuhan gigi anak

Pertama, saat memilih pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang tepat mengenai gigi sulung atau disebut juga gigi susu.
Meskipun gigi susu hanya bersifat sementara, perawatannya harus tetap maksimal. Jika tidak dirawat, pertumbuhan gigi permanen anak Anda bisa terganggu atau mengalami gingivitis akut berkelanjutan sehingga membuat anak Anda lebih mudah mengalami masalah di mulutnya.
Pada gigi susu, kandungan enamel dan dentin yang mempengaruhi kekuatan gigi hanya setengahnya dari gigi permanen yang sudah tumbuh sempurna. Tingkat kekerasan enamel giginya pun kurang dari setengahnya jika dibandingkan dengan gigi dewasa.
Dengan kata lain, gigi susu merupakan gigi yang tipis, rapuh, dan kemampuan remineralisasinya juga masih lemah. Namun, bisa dibilang gigi susu adalah gigi yang sangat penting, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, nantinya akan mempengaruhi kondisi lingkungan mulut setelah gigi permanen tumbuh.
Jumlah total gigi susu adalah 20 buah dan gigi tersebut memiliki lima jenis, yaitu gigi seri tengah, gigi seri samping, gigi taring, gigi geraham pertama, dan gigi geraham kedua. Gigi susu memang hanya dimiliki saat anak-anak masih kecil, lalu mulai berganti dan tumbuh menjadi gigi permanen pada usia sekitar 6 tahun, tetapi bisa dibilang gigi susu ini mempengaruhi kondisi lingkungan mulut seumur hidup.

Panduan memilih pasta gigi untuk bayi

Panduan memilih pasta gigi untuk bayi
Gigi bayi yang baru mulai tumbuh terlihat lunak dan mudah berubah menjadi karies sama cepatnya dengan asam yang terbentuk dari gula. Untuk bayi pada tahun-tahun pertama, sebaiknya Anda memilih pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa mencegah karies dan pasta gigi tipe gel yang tidak perlu berkumur setelah menyikat gigi.
Gigi pertama bayi tumbuh pada sekitar usia 8 hingga 9 bulan setelah lahir, sedangkan dua gigi di depan bagian atas dan bagian bawah tumbuh pada usia 1 tahun. Berhubung dua gigi depannya sudah tumbuh satu per satu, makanan bayi juga berkembang sehingga perlu diperhatikan dengan serius mengenai pencegahan karies secara perlahan.
Mengenai menyikat gigi, sebaiknya Anda membiasakan untuk meletakkan pasta gigi pada mulut anak Anda mulai dari usia 5 bulan saat gigi susunya mulai tumbuh. Secara perlahan-lahan, biarkan bayi Anda menjadi terbiasa dengan rasa pasta gigi gel yang tidak perlu dikumur lagi.

Panduan memilih pasta gigi untuk balita

Panduan memilih pasta gigi untuk balita
Saat anak Anda mencapai usia satu setengah tahun, gigi geraham pertama mulai tumbuh sehingga hampir semua makanan orang dewasa sudah bisa dimakan oleh anak Anda. Karena itu, menyikat gigi dengan teratur menjadi sangat penting. Untuk mencegah karies pada gigi anak Anda, pasta gigi bayi sudah tidak ampuh lagi digunakan pada fase ini.
Sebagai tambahan, pada usia 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, dan seterusnya, peluang anak Anda untuk mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi kian meningkat sehingga kemungkinan gigi anak berlubang juga semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih produk pasta gigi dan sikat gigi yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan cara menghilangkan noda warna di gigi dengan baik.
Pertimbangkan juga pasta gigi bayi dengan kandungan fluorine yang bisa mencegah gigi karies dan mengandung bahan yang bisa menghilangkan noda kotor di gigi.

Pilih pasta gigi berdasarkan kualitas gigi anak Anda

Selain bingung memilih pasta gigi dan sikat gigi yang cocok, sebagian orang tua juga tetap memiliki kekhawatiran bahwa meski gigi sudah disikat setiap hari, gigi anak tetap berlubang. Memang benar bahwa ada beberapa anak yang giginya mengalami kerusakan meskipun mereka sudah menyikat gigi dengan baik saat kecil. Faktanya bisa saja pasta gigi alami cenderung menyebabkan gigi anak membusuk.
Apalagi untuk anak yang mengalami masalah enamel dysplasia, meskipun mereka sudah menyikat gigi dengan baik, giginya bisa saja membusuk tanpa mereka ketahui atau proses pembusukan gigi terjadi lebih cepat. Berikut akan kami sebutkan ciri-ciri gigi anak yang mengalami enamel dysplasia, jika salah satu cirinya terdapat pada gigi anak Anda, kemungkinan anak Anda mengalami enamel dysplasia.

Ciri-ciri gigi yang mengalami enamel dysplasia

Ciri-ciri gigi yang mengalami enamel dysplasia
Berikut adalah ciri-ciri enamel dysplasia. Lakukan tindakan lebih lanjut bila Anda menemukan ciri berikut ini pada gigi anak Anda.

  • Gigi berwarna putih gelap

  • Gigi berwarna kekuningan

  • Gigi berwarna kecoklatan

  • Permukaan gigi tidak rata

  • Gigi keropos

  • Gigi berlubang

Penanganan jika anak diduga mengalami masalah pembentukan enamel gigi

Penanganan jika anak diduga mengalami masalah pembentukan enamel gigi
Bagi anak yang giginya rentan terhadap karies, misalnya mengalami enamel dysplasia, pasta gigi yang Anda pilih hanya berdasarkan rasa favorit si kecil tidak akan bisa menghindarkan giginya dari kerentanan terhadap pembusukan gigi.
Anak-anak yang rentan terhadap kerusakan gigi, sangat disarankan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride tinggi dan pasta gigi yang direkomendasikan dokter gigi.
Sebagai tambahan, jika anak Anda sudah diketahui mengalami enamel dysplasia, penting juga untuk memeriksa kemungkinan terjadinya karies berdasarkan pengujian air liur dan untuk mempersiapkan program peluruhan gigi yang cocok untuk anak Anda.
Pasta gigi bubuk yang digunakan setiap hari juga memiliki peran penting dalam program tersebut. Kunci pencegahan karies pada gigi si kecil adalah memilih pasta gigi yang cocok untuk anak Anda dengan berkonsultasi pada dokter gigi.

Pilih berdasarkan kandungan dalam pasta gigi

Pilih berdasarkan kandungan dalam pasta gigi
Gigi pada anak kebanyakan merupakan gigi susu yang karakteristiknya lebih lunak dibanding gigi permanen. Jika Anda menggunakan sikat yang terlalu kuat atau pasta gigi yang mengandung bahan abrasif, bisa jadi malah membuat gigi si anak tergores dan terkikis.
Karena itu, saat memilih pasta gigi untuk anak, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung banyak bahan abrasif.
Kemudian, pastikan juga kandungan pasta gigi tersebut aman bila sampai tertelan anak. Hal tersebut disebabkan anak bisa saja malah menelan pasta gigi saat Anda hendak menyikatkannya pada gigi sang anak.
Selain itu, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membuat gigi sang anak terlindungi dari masalah kerusakan gigi dan pasta gigi dengan bahan xylitol tidak memproduksi asam yang dapat memicu terjadinya karies gigi. Bahan-bahan tersebut tetap aman untuk anak Anda jika tidak digunakan berlebihan.
Disarankan untuk para orang tua agar memilih pasta gigi yang mengandung sedikit fluoride dan tidak mengandung banyak bahan abrasif, meski anak Anda sudah berumur 5 atau 6 tahun dan bisa menyikat giginya sendiri.

Pilih berdasarkan rasa bila terdapat produk dengan manfaat sama

Pilih berdasarkan rasa bila terdapat produk dengan manfaat sama
Meski Anda sebagai orang tua sudah susah payah mencari pasta gigi berdasarkan kandungan dan efek yang baik untuk anak Anda, akan menjadi percuma jika anak Anda tidak menyikat giginya secara rutin. Anda harus mencari tahu alasan utama anak Anda mau menyikat gigi dengan rutin. Jawabannya adalah memilih pasta gigi dengan rasa yang disukai oleh anak Anda.
Pasta gigi anak bisa dibilang produk kesehatan pertama yang anak Anda temui dalam hidupnya. Mari pilih pasta gigi anak sebaik mungkin sehingga anak Anda akan menyukai kegiatan menggosok gigi seumur hidupnya. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa produknya harus bisa digunakan secara kontinu dan membuat anak Anda senang.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk anak

Di bawah ini adalah rekomendasi pasta gigi untuk anak Anda yang telah kami pilih dengan cermat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat!
Kandungan utamaDicalcium phosphate dihydrate
RasaStroberi dan jeruk
Kemasan45 gram
Kandungan utamaFluoride dan kalsium
RasaApel, stroberi, jeruk, dan kola
Kemasan40 gram
Kandungan utamaDouble fluoride
RasaChocolate chip, juicy orange, dan strawberry bubblegum
Kemasan50 gram
Kandungan utamaXylitol
RasaStroberi, jeruk, anggur, dan fruity mix
Kemasan45 gram

6. Buds Oralcare Organics Children’s Toothpaste With Fluoride

Rp 139.000,00

Kandungan utamaFluoride, Aloe vera, silica, dan xylitol
RasaApel hijau, stroberi, blackcurrant, dan peppermint
Kemasan50 ml
Kandungan utamaFluoride, kalsium, dan xylitol
RasaStrawberry smoothies, fresh apple, sparkling orange, dan fruity berries
Kemasan45 gram
Kandungan utamaXylitol, Vaccinium myrtillus leaf extract, sage leaf extract, lemon fruit water, orange, dan lain-lain
RasaStroberi, anggur, jeruk, apel, dan melon
Kemasan70 gram
Kandungan utamaXylitol dan xanthan gum
RasaApel dan pir
Kemasan40 gram

2. Jack N’ Jill Natural Calendula Toothpaste Strawberry Flavor

Rp 60.000,00

Kandungan utamaXylitol, xanthan gum, dan calendula
RasaStroberi, pisang, blackcurrant, blueberry, raspberry, dan flavor free
Kemasan50 gram

1. Splat Toothpaste for Kids 2-6

Rp 75.000,00

Kandungan utamaLuctatol, Calcium hydroxyapatite, Aloe vera gel, dan L-Arginine, dan red grapeseed extract
RasaStrawberry-cherry dan es krim buah
Kemasan55 ml

Kesimpulan

Sejauh ini kami sudah menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk anak Anda dan memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik, bagaimana menurut Anda? Memilih pasta gigi untuk anak harus dilihat berdasarkan beberapa poin, seperti kondisi gigi anak, masa pertumbuhan, bahan, serta rasanya.
Sebagai orang tua atau pengasuh, sebaiknya Anda menjadikan artikel ini referensi dalam memilih pasta gigi untuk anak Anda agar tidak bingung. Pastikan gigi anak Anda terjaga kesehatan dan keindahannya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    69.842 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    32.186 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    27.820 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    21.626 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    22.333 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    20.943 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal, pastinya Anda akan memilih makanan pendamping ASI berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya seperti pestisida. Bubur bayi organik di pasaran tersedia dalam bermacam jenis, misalnya dalam bentuk bubuk, freeze-dried, dikemas dalam retort atau botol, dan sebagainya.Banyaknya merek bubur bayi organik di pasaran, seperti Milna, Nayz, dan yang lainnya mungkin akan membuat Anda bingung. Kali ini, kami akan memberi informasi bagaimana memilih bubur bayi organik sekaligus merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan, dan yang lainnya.
    Ibu & anak
    4.116 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori