10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2018)

Gigi pada masa anak-anak belum tumbuh dengan sempurna, karena mereka masih dalam proses pertumbuhan. Gigi yang tumbuh pun masih jenis gigi susu. Anak-anak juga gemar memakan permen dan cokelat yang dapat merusak gigi, sehingga perlu pasta gigi khusus yang dapat melindungi gigi mereka.

Sebelum membeli pasta gigi untuk si kecil, Anda perlu tahu bagaimana cara memilihnya. Untuk itulah, kami akan memberikan tips cara memilih pasta gigi anak-anak. Di akhir artikel ini, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi anak yang sesuai dengan kebutuhan dan umur si kecil.

Daftar isi

Cara memilih pasta gigi untuk anak

Sebelum Anda membeli pasta gigi untuk anak Anda, Anda perlu tahu pasta gigi mana yang sesuai dengan umur dan pertumbuhan gigi anak Anda. Berikut ini adalah cara memilih pasta gigi untuk anak.

1. Pilih yang sesuai dengan kondisi pertumbuhan gigi anak

Masa pertumbuhan pada saat anak-anak merupakan masa pertumbuhan yang tercepat dan memiliki fase-fase tertentu. Pada saat awal munculnya gigi baru, yaitu pada saat bayi, sudah jelas harus ditangani yang berbeda dengan ketika anak sudah mulai tumbuh menjadi balita. Namun, gigi mereka masih bersifat sementara atau yang biasa disebut dengan gigi susu. Namun, Anda tetap harus merawatnya karena jika tidak dirawat, gigi anak Anda bisa saja mengalami gangguan radang gingivitis.

Jika dibandingkan dengan gigi permanen, kekuatan gigi susu hanya setengahnya. Enamel giginya pun biasanya memiliki kekuatan kurang dari setengahnya apabila dibandingkan dengan gigi dewasa.

Dengan kata lain, gigi susu merupakan gigi yang masih sangat lemah. Jadi, jika gigi susu tidak dirawat dengan baik, bisa jadi kondisi mulut dapat bermasalah atau justru mengganggu pertumbuhan gigi itu sendiri.

Jumlah total gigi susu adalah 20 buah dan gigi tersebut memiliki lima jenis: gigi insisivus tengah, gigi seri lateral, gigi taring, gigi molar pertama, dan gigi molar kedua. Gigi permanen anak mulai tumbuh saat anak berumur sekitar usia 6 tahun.

Pasta gigi untuk bayi

Pasta gigi untuk bayi

Untuk pasta gigi bayi, sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami, karena bayi masih sangat rentan dan lemah. Lebih baik gunakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Bayi masih dalam tahap berlatih menyikat gigi, sehingga pasta gigi bisa saja tertelan olehnya. Pasta gigi bayi yang mengandung fluoride akan kurang aman jika tertelan. Selain itu, makanan bayi masih belum sevariatif balita, sehingga kemungkinan timbulnya karies juga lebih kecil. Karena itulah, kandungan fluoride sebenarnya belum dibutuhkan untuk perawatan giginya.

Gigi pertama bayi tumbuh pada sekitar umur 8 hingga 9 bulan setelah lahir. Sedangkan dua gigi di depan bagian atas dan bagian bawah tumbuh pada usia 1 tahun. Dikarenakan gigi sudah tumbuh, bayi mulai mencoba makanan-makanan pertamanya. Untuk itu, sikat gigi merupakan hal yang penting untuk bayi untuk pencegahan karies.

Sebaiknya, Anda melatih bayi Anda menyikat gigi sejak umur 5 bulan. Pada saat umur 5 bulan, gigi bayi sudah mulai muncul ke permukaan sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, pacu pertumbuhan gigi anak Anda dengan cara memasukkan sikat gigi disertai pasta gigi ke mulut bayi. Biarkan bayi Anda mencoba mengunyah sikat tersebut untuk melatih bayi Anda menyikat gigi.

Pasta gigi untuk balita

Pasta gigi untuk balita

Saat anak berumur satu setengah tahun, gigi molar pertama mulai tumbuh. Sehingga,hampir semua makanan dapat dimakan oleh mereka. Untuk mencegah karies, anak-anak perlu menyikat giginya dengan teratur. Di usia ini, sikat gigi bayi sudah tidak lagi ampuh untuk mencegah karies karena gigi balita sudah lebih kuat.

Pada usia 3 sampai 5 tahun, anak-anak suka sekali mengonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti permen dan cokelat. Makanan manis tersebut bisa tertinggal di sela-sela gigi. Hasilnya, banyak anak-anak di usia ini yang mengalami gigi berlubang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih pasta gigi dengan kandungan yang lebih kuat dan diperuntukkan untuk balita.

Pasta gigi yang mengandung fluoride sangat ampuh untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi si anak. Kandungan fluoride pada pasta gigi dapat mencegah karies pada gigi anak. Gunakan juga pasta gigi berjenis gel yang mengandung sedikit busa.

2. Pilih yang sesuai dengan kualitas gigi anak

Beberapa orang tua khawatir jika pasta gigi yang dipilih justru akan merubah bentuk alami gigi. Bahkan, beberapa juga berpikiran bahwa menyikat gigi setiap hari dapat membuat gigi berlubang karena kandungan dalam pasta gigi dianggap dapat mengikis enamel gigi anak. Apalagi untuk anak yang mengalami masalah enamel dysplasia, gigi dapat lebih cepat membusuk. Meskipun anak sudah menyikat gigi dengan baik, mereka tidak tahu bahwa gigi tetap rentan oleh resiko kerusakan gigi. Untuk itu, orang tua perlu waspada dan mengecek gigi anak.

Periksa enamel gigi anak

Periksa enamel gigi anak

Berikut adalah ciri-ciri enamel dysplasia. Lakukan tindakan lebih lanjut bila Anda menemukan ciri berikut ini pada gigi anak Anda.

  • Gigi berwarna putih gelap
  • Gigi berwarna kekuningan
  • Gigi berwarna kecoklatan
  • Permukaan gigi tidak rata
  • Gigi keropos
  • Gigi berlubang

Periksa keadaan enamel gigi anak

Periksa keadaan enamel gigi anak

Bagi anak-anak yang memiliki gigi rentan terhadap karies, karena keadaan enamel dysplasia, anak Anda butuh pasta gigi khusus. Tidak cukup jika hanya memilih pasta gigi karena rasanya yang disukai anak Anda. Anak Anda butuh perlindungan gigi lebih dari itu untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada gigi.

Anak-anak yang rentan terhadap kerusakan gigi, sangat penting untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride dan yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

Jika anak Anda memiliki masalah enamel dysplasia, penting juga untuk memeriksa air liur sang anak untuk mendeteksi adanya karies maupun pembusukkan gigi.

Jika Anda curiga bahwa anak Anda memiliki masalah tersebut, lebih baik gunakan pasta gigi yang disarankan oleh dokter. Sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk mengetahui lebih lanjut permasalahan gigi anak Anda dan pasta gigi yang tepat untuk masalah tersebut.

3. Perhatikan kandungan pasta gigi

3. Perhatikan kandungan pasta gigi

Seperti yang telah disebutkan di atas, gigi anak masih sangat rapuh dan lemah dibandingkan dengan gigi permanen orang dewasa. Jika anak menggunakan pasta gigi dengan bahan yang abrasif, justru akan membuat gigi si anak terkikis. Jadi, sebaiknya Anda tidak perlu memilih pasta gigi yang mengandung banyak bahan abrasif.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membuat gigi sang anak terlindungi dari masalah karies. Bahan xylitol tidak memproduksi asam yang dapat memicu terjadinya karies gigi. Bahan-bahan tersebut tetap aman untuk anak Anda jika tidak digunakan berlebihan.

Disarankan untuk para orang tua agar memilih pasta gigi yang mengandung sedikit fluoride agar tidak mengikis gigi. Hal tersebut juga berlaku untuk anak usia 5 sampai 6 tahun yang sudah dapat menyikat gigi sendiri.

4. Pilih pasta gigi dengan rasa yang disukai anak

Terkadang, masih sulit untuk membiasakan si kecil rutin menggosok giginya. Padahal, mereka sangat suka mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan gula yang dapat merusak gigi. Padalah, pada masa anak-anak, pertumbuhan gigi harus diperhatikan agar gigi baru yang tumbuh selalu kuat dan terawat. Memang sangat baik jika Anda memperhatikan kandungan-kandungan pasta gigi tersebut, tapi tidak akan berarti jika anak Anda tidak rutin menyikat gigi. Untuk membiasakan anak menyikat gigi, pilihlah pasta gigi yang memiliki rasa yang disukai anak-anak, seperti rasa buah. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih semangat untuk menyikat gigi.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk anak

Di bawah ini adalah rekomendasi pasta gigi untuk anak Anda yang telah kami pilih dengan cermat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat ya!

10. OT Formula Junior VitaMint

10. OT Formula Junior VitaMint

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Diperkaya vitamin yang menjaga gusi dan gigi tetap sehat

Pasta gigi ini membantu mengatasi permasalahan gigi dan mulut si kecil yang rentan berlubang dan keropos. Vitamin yang terkandung di dalamnya dapat menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Tidak hanya itu, pasta gigi ini juga membantu memperkuat gigi.

Produk ini dapat digunakan oleh anak berusia 3 tahun ke atas. Pasta gigi gel berwarna cerah yang disukai anak-anak ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa buah yang menyegarkan. Selain itu, produk ini juga mudah ditemukan di toko terdekat dengan harga yang bersahabat!

9. Total Care Junior Toothpaste

9. Total Care Junior Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.000

Rasa cokelat yang disukai si kecil

Pasta gigi ini memiliki rasa unik yang pasti akan disukai anak Anda, yaitu rasa cokelat. Uniknya, meskipun pasta gigi ini berasa cokelat, produk ini tetap dapat berfungsi efektif untuk mencegah gigi berlubang pada anak. Ini karena kandungan double fluoride-nya yang dapat memperkuat tekstur gigi.

Pasta gigi Total Care Junior diperuntukkan untuk anak usia 3 tahun ke atas. Selain rasa chocolate chip, tersedia juga dengan rasa orange juice dan strawberry bubblegum. Produk ini juga mudah ditemukan di toko-toko terdekat dan ramah di kantong.

8. Lion Wings Kodomo Kids Toothpaste

8. Lion Wings Kodomo Kids Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 19.191

Memotivasi si kecil untuk gosok gigi dengan hadiah menariknya

Inilah pasta gigi dengan aroma buah yang disukai anak-anak. Pasta gigi khusus anak ini tersedia dalam varian rasa strawberry, orange, grape, dan fruity mix.  Rasa dan aromanya yang segar tentunya akan memudahkan Anda dalam membujuk si kecil agar mau menggosok gigi.

Produk ini juga mengandung xylitol yang dapat membersihkan gigi. Dengan hadiah menarik di dalam kemasannya, anak-anak pun jadi lebih bersemangat dalam menyikat gigi. Kodomo Toothpaste ini aman untuk digunakan oleh anak usia 3 tahun ke atas.

7. Pigeon Toothpaste for Children

7. Pigeon Toothpaste for Children 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.000

Dengan bahan alami dan bebas pewarna buatan

Pigeon Children Toothpaste ini tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), yaitu zat pembuat busa sehingga busa yang dihasilkan sedikit dan tetap terkontrol. Pasta gigi ini dapat membantu melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Selain itu, pasta gigi ini juga tanpa fluoride dan membantu membersihkan gigi dengan baik dan efektif.

Selain untuk anak-anak, pasta gigi ini aman digunakan oleh bayi karena terbuat dari bahan-bahan alami. Pasta gigi ini juga bebas pewarna buatan dan aman jika tertelan. Produk ini tersedia dalam varian rasa jeruk dan stroberi yang disukai anak-anak.

6. Buds for Kids Children’s Toothpaste with Fluoride

6. Buds for Kids Children’s Toothpaste with Xylitol

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.900

Kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga

Pasta gigi ini bertekstur sangat ringan dan diperkaya dengan natural cleanser, seperti jus lidah buaya organik dan silica. Produk ini mengandung fluoride dengan jumlah yang tepat sehingga dapat mencegah kerusakan gigi. Dengan xylitol alami, produk ini bebas pengawet, sehingga dijamin aman untuk anak Anda.

Pasta gigi ini juga memberi pertahanan kuat pada gigi anak, sehingga giginya tidak mudah berlubang dan kesehatan mulut tetap terjaga. Gunakanlah pasta gigi ini pada anak usia 3 hingga 12 tahun. Pasta gigi ini aman jika tertelan oleh anak. Buds tersedia dalam 4 varian rasa, yaitu apel hijau, stroberi, blackcurrant, dan peppermint.

5. Cussons Kids Toothpaste

5. Cussons Kids Toothpaste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Perlindungan 3 kali lebih efektif pada gigi anak

Pasta gigi yang tersedia dalam beberapa varian rasa buah ini memberikan perlindungan 3 kali lebih efektif pada gigi anak jika digunakan dengan teratur. Produk ini juga dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi, serta menjaga napas agar tetap segar.

Pasta gigi ini sudah mengandung fluoride, kalsium, dan xylitol. Selain itu, produk ini juga sugar free. Aman digunakan oleh anak berumur 3 tahun ke atas. Kemasannya pun menarik dengan karakter pahlawan kecil yang disukai anak-anak.

4. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

4. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 133.500

Dibuat dari bahan alami dan tanpa pengawet

Pasta gigi ini aman karena bebas pengawet dan diperkaya dengan bahan-bahan alami yang dapat melindungi gigi dan menyegarkan napas. Produk ini juga diformulasikan dengan xylitol yang dapat mencegah karies gigi namun tidak mengikisnya. Produk ini juga bebas fluoride sehingga aman jika tertelan oleh bayi Anda.

Produk dari Little Tree ini mengandung ekstrak kalsium yang dapat membantu pertumbuhan gigi. Pasta gigi ini khusus diformulasikan untuk bayi usia 6 sampai 12 bulan. Produknya minim busa sehingga aman digunakan oleh bayi. Selain itu, pasta gigi ini juga sudah pasti aman dari bahan pengawet.

3. Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste

3. Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 129.000

Rasa buah pir dan apel sungguhan yang segar

Pasta gigi yang diperuntukkan untuk bayi dari usia 0 sampai anak usia 3 tahun ini mengandung bahan-bahan alami dan bebas fluoride, sehingga aman untuk digunakan pada anak. Dengan varian rasa pir dan apel sungguhan yang disukai anak-anak dan aman jika tidak sengaja tertelan.

Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste juga melatih anak agar dapat menyikat gigi dengan baik. Produknya bebas dari pengawet dan perasa buatan sehingga aman digunakan untuk bayi. Pasta gigi ini juga lembut menyikat gigi dan gusi, Anda tidak perlu khawatir menggunakannya pada bayi Anda.

2. Jack N’ Jill Natural Toothpaste

2. Jack N' Jill Natural Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.000

Pasta gigi yang terbuat dari bahan organik

Pasta gigi ini kaya akan kandungan xylitol yang mampu membantu membersihkan gigi dengan sempurna. Terdiri dari berbagai varian rasa, seperti strawberry, blackcurrant, blueberry, raspberry, dan banana yang disukai anak-anak. Bahkan, tersedia juga dengan varian tanpa rasa.

Pasta gigi yang terbuat dari bahan organik ini bebas sodium lauryl sulfate (SLS), bebas bisphenol-A (BPA), bebas fluoride, gluten free, dan bebas pewarna. Produk ini aman digunakan oleh bayi karena tidak mengandung pengawet dan aman jika tertelan. Kemasannya pun didesain agar dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

1. SPLAT Kids Natural Toothpaste

1. SPLAT Kids Natural Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 70.400

Efektif menjaga gigi, gusi, dan memperlancar sirkulasi darah dalam mulut

Pasta gigi ini mengandung luctatol yang baik untuk pencegahan gigi berlubang dan plak yang dapat menempel pada gigi. Produk ini diperkaya juga dengan kalsium hidroksiapatit yang dapat memperkuat enamel gigi. Kandungan aloe vera gel-nya mencegah inflamasi dan ekstrak biji anggur merahnya membantu menjaga gusi tetap sehat.

Pasta gigi ini dibuat dengan 98% bahan alami tanpa paraben, sodium lauryl sulfate (SLS), petrochemicals, mint, dan allergen. Produk ini juga mendorong sirkulasi darah di dalam mulut dalam keadaan normal berkat kandungan L-arginine-nya. Produk ini khusus untuk anak usia 2 sampai dengan 3 tahun dan aman jika tertelan.

Kesimpulan

Anak-anak perlu pasta gigi khusus agar giginya tumbuh dengan baik dan sempurna. Pasta gigi untuk bayi dan balita juga tidak dapat disamakan. Bayi masih dalam tahap belajar menyikat gigi dan masih rentan dengan bahan-bahan kimia. Sedangkan balita sering memiliki masalah gigi berlubang dan plak pada gigi akibat makanan yang dikonsumsinya.

Untuk itu, perhatikan kondisi gigi anak Anda sebelum memilih pasta gigi untuknya. Kami telah merekomendasikan beberapa produk pasta gigi terbaik pilihan kami. Semoga Anda dapat menemukan pasta gigi yang sesuai dengan anak Anda setelah membaca artikel ini.