10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2019)

Masa anak-anak menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah mereka mulai tumbuh. Kini sudah banyak pasta gigi untuk anak yang dijual di pasaran, seperti pasta gigi yang mengandung fluoride, xylitol, atau kombinasi keduanya. Pemilihan produk yang tepat akan menunjang kesehatan gigi anak Anda lebih baik dan maksimal.

Sebelum membeli pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak. Kali ini, kami akan memberikan penjelasan cara memilih pasta gigi untuk anak dan kami juga akan menyarankan beberapa rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.

Daftar isi

Cara memilih pasta gigi untuk anak

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi anak dalam poin-poin penting berikut ini. Pelajarilah dengan saksama agar Anda bisa memilih pasta gigi yang paling tepat untuk si buah hati.

Pilih yang sesuai dengan kondisi pertumbuhan gigi anak

Pertama, saat memilih pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang tepat mengenai gigi sulung atau disebut juga gigi susu.

Meskipun gigi susu hanya bersifat sementara, perawatannya harus tetap maksimal. Jika tidak dirawat, pertumbuhan gigi permanen anak Anda bisa terganggu atau mengalami gingivitis akut berkelanjutan sehingga membuat anak Anda lebih mudah mengalami masalah di mulutnya.

Pada gigi susu, kandungan enamel dan dentin yang mempengaruhi kekuatan gigi hanya setengahnya dari gigi permanen yang sudah tumbuh sempurna. Tingkat kekerasan enamel giginya pun kurang dari setengahnya jika dibandingkan dengan gigi dewasa.

Dengan kata lain, gigi susu merupakan gigi yang tipis, rapuh, dan kemampuan remineralisasinya juga masih lemah. Namun, bisa dibilang gigi susu adalah gigi yang sangat penting, jika Anda tidak merawatnya dengan baik, nantinya akan mempengaruhi kondisi lingkungan mulut setelah gigi permanen tumbuh.

Jumlah total gigi susu adalah 20 buah dan gigi tersebut memiliki lima jenis, yaitu gigi seri tengah, gigi seri samping, gigi taring, gigi geraham pertama, dan gigi geraham kedua. Gigi susu memang hanya dimiliki saat anak-anak masih kecil, lalu mulai berganti dan tumbuh menjadi gigi permanen pada usia sekitar 6 tahun, tetapi bisa dibilang gigi susu ini mempengaruhi kondisi lingkungan mulut seumur hidup.

Panduan memilih pasta gigi untuk bayi

Panduan memilih pasta gigi untuk bayi

Gigi bayi yang baru mulai tumbuh terlihat lunak dan mudah berubah menjadi karies sama cepatnya dengan asam yang terbentuk dari gula. Untuk bayi pada tahun-tahun pertama, sebaiknya Anda memilih pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa mencegah karies dan pasta gigi tipe gel yang tidak perlu berkumur setelah menyikat gigi.

Gigi pertama bayi tumbuh pada sekitar usia 8 hingga 9 bulan setelah lahir, sedangkan dua gigi di depan bagian atas dan bagian bawah tumbuh pada usia 1 tahun. Berhubung dua gigi depannya sudah tumbuh satu per satu, makanan bayi juga berkembang sehingga perlu diperhatikan dengan serius mengenai pencegahan karies secara perlahan.

Mengenai menyikat gigi, sebaiknya Anda membiasakan untuk meletakkan pasta gigi pada mulut anak Anda mulai dari usia 5 bulan saat gigi susunya mulai tumbuh. Secara perlahan-lahan, biarkan bayi Anda menjadi terbiasa dengan rasa pasta gigi gel yang tidak perlu dikumur lagi.

Panduan memilih pasta gigi untuk balita

Panduan memilih pasta gigi untuk balita

Saat anak Anda mencapai usia satu setengah tahun, gigi geraham pertama mulai tumbuh sehingga hampir semua makanan orang dewasa sudah bisa dimakan oleh anak Anda. Karena itu, menyikat gigi dengan teratur menjadi sangat penting. Untuk mencegah karies pada gigi anak Anda, pasta gigi bayi sudah tidak ampuh lagi digunakan pada fase ini.

Sebagai tambahan, pada usia 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, dan seterusnya, peluang anak Anda untuk mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi kian meningkat sehingga kemungkinan gigi anak berlubang juga semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih produk pasta gigi dan sikat gigi yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan cara menghilangkan noda warna di gigi dengan baik.

Pertimbangkan juga pasta gigi bayi dengan kandungan fluorine yang bisa mencegah gigi karies dan mengandung bahan yang bisa menghilangkan noda kotor di gigi.

Pilih pasta gigi berdasarkan kualitas gigi anak Anda

Selain bingung memilih pasta gigi dan sikat gigi yang cocok, sebagian orang tua juga tetap memiliki kekhawatiran bahwa meski gigi sudah disikat setiap hari, gigi anak tetap berlubang. Memang benar bahwa ada beberapa anak yang giginya mengalami kerusakan meskipun mereka sudah menyikat gigi dengan baik saat kecil. Faktanya bisa saja pasta gigi alami cenderung menyebabkan gigi anak membusuk.

Apalagi untuk anak yang mengalami masalah enamel dysplasia, meskipun mereka sudah menyikat gigi dengan baik, giginya bisa saja membusuk tanpa mereka ketahui atau proses pembusukan gigi terjadi lebih cepat. Berikut akan kami sebutkan ciri-ciri gigi anak yang mengalami enamel dysplasia, jika salah satu cirinya terdapat pada gigi anak Anda, kemungkinan anak Anda mengalami enamel dysplasia.

Ciri-ciri gigi yang mengalami enamel dysplasia

Ciri-ciri gigi yang mengalami enamel dysplasia

Berikut adalah ciri-ciri enamel dysplasia. Lakukan tindakan lebih lanjut bila Anda menemukan ciri berikut ini pada gigi anak Anda.

  • Gigi berwarna putih gelap
  • Gigi berwarna kekuningan
  • Gigi berwarna kecoklatan
  • Permukaan gigi tidak rata
  • Gigi keropos
  • Gigi berlubang

Penanganan jika anak diduga mengalami masalah pembentukan enamel gigi

Penanganan jika anak diduga mengalami masalah pembentukan enamel gigi

Bagi anak yang giginya rentan terhadap karies, misalnya mengalami enamel dysplasia, pasta gigi yang Anda pilih hanya berdasarkan rasa favorit si kecil tidak akan bisa menghindarkan giginya dari kerentanan terhadap pembusukan gigi.

Anak-anak yang rentan terhadap kerusakan gigi, sangat disarankan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride tinggi dan pasta gigi yang direkomendasikan dokter gigi.

Sebagai tambahan, jika anak Anda sudah diketahui mengalami enamel dysplasia, penting juga untuk memeriksa kemungkinan terjadinya karies berdasarkan pengujian air liur dan untuk mempersiapkan program peluruhan gigi yang cocok untuk anak Anda.

Pasta gigi bubuk yang digunakan setiap hari juga memiliki peran penting dalam program tersebut. Kunci pencegahan karies pada gigi si kecil adalah memilih pasta gigi yang cocok untuk anak Anda dengan berkonsultasi pada dokter gigi.

Pilih berdasarkan kandungan dalam pasta gigi

Pilih berdasarkan kandungan dalam pasta gigi

Gigi pada anak kebanyakan merupakan gigi susu yang karakteristiknya lebih lunak dibanding gigi permanen. Jika Anda menggunakan sikat yang terlalu kuat atau pasta gigi yang mengandung bahan abrasif, bisa jadi malah membuat gigi si anak tergores dan terkikis.

Karena itu, saat memilih pasta gigi untuk anak, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung banyak bahan abrasif.

Kemudian, pastikan juga kandungan pasta gigi tersebut aman bila sampai tertelan anak. Hal tersebut disebabkan anak bisa saja malah menelan pasta gigi saat Anda hendak menyikatkannya pada gigi sang anak.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membuat gigi sang anak terlindungi dari masalah kerusakan gigi dan pasta gigi dengan bahan xylitol tidak memproduksi asam yang dapat memicu terjadinya karies gigi. Bahan-bahan tersebut tetap aman untuk anak Anda jika tidak digunakan berlebihan.

Disarankan untuk para orang tua agar memilih pasta gigi yang mengandung sedikit fluoride dan tidak mengandung banyak bahan abrasif, meski anak Anda sudah berumur 5 atau 6 tahun dan bisa menyikat giginya sendiri.

Pilih berdasarkan rasa bila terdapat produk dengan manfaat sama

Pilih berdasarkan rasa bila terdapat produk dengan manfaat sama

Meski Anda sebagai orang tua sudah susah payah mencari pasta gigi berdasarkan kandungan dan efek yang baik untuk anak Anda, akan menjadi percuma jika anak Anda tidak menyikat giginya secara rutin. Anda harus mencari tahu alasan utama anak Anda mau menyikat gigi dengan rutin. Jawabannya adalah memilih pasta gigi dengan rasa yang disukai oleh anak Anda.

Pasta gigi anak bisa dibilang produk kesehatan pertama yang anak Anda temui dalam hidupnya. Mari pilih pasta gigi anak sebaik mungkin sehingga anak Anda akan menyukai kegiatan menggosok gigi seumur hidupnya. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa produknya harus bisa digunakan secara kontinu dan membuat anak Anda senang.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk anak

Di bawah ini adalah rekomendasi pasta gigi untuk anak Anda yang telah kami pilih dengan cermat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat!

10. Pigeon Toothpaste for Children

10. Pigeon Toothpaste for Children

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.000

Pasta gigi dengan DCPD yang ampuh mencegah gigi berlubang dan bau mulut

Jika Anda mencari pasta gigi tanpa fluoride dan tidak banyak berbusa saat digunakan, sebaiknya Anda memilih Pigeon Toothpaste for Children yang mengandung dicalcium phospate dihydrogen (DCPD) ini. Kandungan DCPD tidak kalah baiknya dengan fluoride dalam memberikan perlindungan untuk gigi anak Anda.

Kalsium alaminya dapat membuat produk ini membersihkan gigi dengan efektif, menghilangkan bau mulut, dan mencegah gigi berlubang. Rasa buah yang dihasilkan juga tidak terlalu manis dan busanya sedikit sehingga mengurangi risiko tertelan oleh anak Anda. Harganya juga cukup ekonomis untuk ukuran pasta gigi anak!

Kandungan utama Dicalcium phosphate dihydrate
Rasa Stroberi dan jeruk
Kemasan 45 gram

9. Hawley & Hazel Darlie Bunny Kids

9. Hawley & Hazel Darlie Bunny Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.500

Mengandung kalsium dan fluoride dalam kadar yang optimal

Darlie Bunny Kids kemasan 40 gram merupakan produk pasta gigi yang mengandung fluoride dalam kadar optimal sehingga bisa membantu remineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang. Untuk Anda yang ingin mencari produk pasta gigi dengan kandungan fluoride yang aman untuk gigi anak, pilih produk ini.

Selain itu, produk ini juga mengandung kalsium yang bisa membantu menguatkan gigi. Kemasan 40 gram cukup mungil dan memudahkan anak Anda untuk belajar mengeluarkan pasta gigi dari kemasannya. Pasta gigi gel ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa buah menyegarkan dan rasa kola yang cukup unik.

Kandungan utama Fluoride dan kalsium
Rasa Apel, stroberi, jeruk, dan kola
Kemasan 40 gram

8. Tempo Scan Pasific Total Care Junior Toothpaste

8. Tempo Scan Pasific Total Care Junior Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.500

Double fluoride dalam rasa cokelat yang pastinya akan disukai si kecil

Anak-anak yang berumur tiga tahun ke atas cenderung mulai mencari makanan-makanan manis. Produk ini akan disukai anak-anak karena memiliki rasa yang unik, yaitu rasa cokelat. Meskipun pasta gigi ini berasa cokelat, produk ini tetap dapat berfungsi efektif untuk mencegah gigi berlubang pada anak karena mengandung double fluoride.

Double fluoride juga berfungsi untuk memperkuat tekstur gigi sehingga gigi anak Anda tidak mudah bolong. Pasta gigi Total Care Junior diperuntukkan untuk anak usia 3 tahun ke atas yang menyukai rasa-rasa manis. Selain rasa chocolate chip, tersedia juga rasa juicy orange dan strawberry bubblegum yang tidak kalah disukai oleh anak-anak.

Kandungan utama Double fluoride
Rasa Chocolate chip, juicy orange, dan strawberry bubblegum
Kemasan 50 gram

7. Lion Wings Kodomo Kids Toothpaste Reguler

7. Lion Wings Kodomo Kids Toothpaste Reguler

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.500

Ampuh mengambil hati anak dengan desain menarik dan aroma yang unik

Kodomo merupakan produk pasta gigi yang sudah terkenal reputasinya dalam membangun costumer experience. Hal tersebut ditunjukkan melalui tagline produk ini sebagai “teman baik” anak saat menyikat gigi, jingle produk yang mudah ditiru anak-anak, kemasan bergambar hewan yang menarik, serta berbagai varian rasa buah.

Dengan segala pendekatan tersebut, Anda menjadi lebih mudah mengajak anak untuk rutin menyikat gigi dan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada anak. Aroma dari pasta gigi Kodomo juga khas, tidak seperti pasta gigi rasa buah merek lainnya. Cocok untuk anak Anda yang susah diajak menyikat gigi.

Kandungan utama Xylitol
Rasa Stroberi, jeruk, anggur, dan fruity mix
Kemasan 45 gram

6. Buds Oralcare Organics Children’s Toothpaste With Fluoride

6. Buds Oralcare Organics Children’s Toothpaste With Fluoride

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 139.000

Tekstur lembut di mulut dan mengandung natural cleanser

Pasta gigi ini bertekstur sangat lembut di mulut dan diperkaya dengan natural cleanser, seperti jus lidah buaya organik dan silica. Produk ini dapat mencegah kerusakan gigi karena mengandung fluoride dengan jumlah yang tepat. Tekstur yang lembut dan kandungan fluoride yang tidak berlebihan sangat cocok untuk anak usia 3-12 tahun.

Selain itu, kemasannya pun sangat menarik bagi anak kecil karena ada gambar kartun yang lucu dengan warna-warni cerah. Dengan menggunakan pasta gigi dari Buds ini, kesehatan mulut lebih terjaga dan gigi anak Anda juga tidak mudah berlubang.

Kandungan utama Fluoride, Aloe verasilica, dan xylitol
Rasa Apel hijau, stroberi, blackcurrant, dan peppermint
Kemasan 50 ml

5. Cussons Kids Fruity Berries Toothpaste

5. Cussons Kids Fruity Berries Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.500

Dirancang khusus oleh para ahli dan memberikan 3 perlindungan utama untuk gigi anak!

Pasta gigi ini memberikan 3 perlindungan utama pada kesehatan gigi si kecil, yakni memperkuat, menjaga kesehatan gigi, serta menjaga napas tetap segar. Pasta gigi ini sudah direkomendasikan oleh ahli kesehatan gigi dan mulut anak sehingga cocok untuk Anda yang ingin melindungi kesehatan gigi anak Anda dengan lebih terjamin.

Tiga perlindungan utama pada gigi tersebut didapatkan karena pasta gigi ini mengandung fluoride, kalsium, dan xylitol. Selain itu, pasta gigi ini bebas gula sehingga tidak mengakibatkan karies pada gigi anak. Rasa blueberry dan kemasan bergambar superhero yang menarik perhatian tentunya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak Anda.

Kandungan utama Fluoride, kalsium, dan xylitol
Rasa Strawberry smoothies, fresh apple, sparkling orange, dan fruity berries
Kemasan 45 gram

4. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste Orange

4. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste Orange

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.000

Pasta gigi dengan bahan organik dan kalsium alami untuk menguatkan gigi sejak kecil

Pasta gigi dari Little Tree ini mampu menjaga kesehatan gigi dan menguatkan dentin gigi bayi Anda karena mengandung xylitol dan kalsium alami. Xylitol-nya dapat mencegah karies gigi tanpa mengikis permukaannya, sedangkan kalsium alami menguatkan struktur gigi. Produk ini juga bebas fluoride sehingga aman untuk bayi Anda.

Pasta gigi ini cocok untuk Anda yang memiliki bayi berusia 12 bulan ke atas dan menginginkan gigi yang kuat sejak kecil. Selain bebas fluoride dan pemanis buatan, pasta gigi ini lebih dari 99% kandungannya adalah bahan alami seperti sari buah jeruk, lemon, ekstrak daun sage sehingga keamanannya sangat terjaga!

Kandungan utama Xylitol, Vaccinium myrtillus leaf extract, sage leaf extract, lemon fruit water, orange, dan lain-lain
Rasa Stroberi, anggur, jeruk, apel, dan melon
Kemasan 70 gram

3. Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste

3. Dr. Brown's Natural Baby Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 142.000

Rasa buah pir dan apel asli, tanpa perasa buatan!

Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste sangat aman digunakan oleh bayi karena tidak mengandung bahan pengawet dan perasa buatan. Pasta gigi ini memiliki varian rasa pir dan apel asli yang menyegarkan dan aman jika tidak sengaja tertelan. Dengan begitu, bayi Anda mendapatkan pengalaman menyikat gigi yang menyenangkan sejak kecil.

Pasta gigi yang diperuntukkan untuk bayi dari usia 0 sampai anak usia 3 tahun ini mengandung bahan-bahan alami dan bebas fluoride. Pasta gigi ini juga lembut untuk membersihkan gigi dan gusi, Anda tidak perlu khawatir menggunakannya pada bayi Anda. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasta gigi ini dua kali sehari.

Kandungan utama Xylitol dan xanthan gum
Rasa Apel dan pir
Kemasan 40 gram

2. Jack N’ Jill Natural Calendula Toothpaste Strawberry Flavor

2. Jack N' Jill Natural Calendula Toothpaste Strawberry Flavor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Terbuat dari bahan organik dengan berbagai varian rasa, tetap aman bila tertelan

Bagi Anda yang mencari pasta gigi pertama untuk bayi Anda yang baru tumbuh gigi, produk ini bisa Anda coba karena tidak mengandung pengawet dan aman jika tertelan. Pasta gigi yang terbuat dari bahan organik ini tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), bisphenol-A (BPA), fluoride, gluten, dan pewarna.

Pasta gigi ini kaya akan kandungan xylitol yang mampu membantu membersihkan gigi dengan baik dan kandungan calendula yang menyehatkan gusi. Keunikan lain dari produk ini adalah memiliki banyak varian rasa. Selain stroberi, Anda bisa memilih rasa lain, seperti blackcurrant, blueberry, pisang, dan raspberry yang disukai anak-anak.

Kandungan utama Xylitolxanthan gum, dan calendula
Rasa Stroberi, pisang, blackcurrant, blueberryraspberry, dan flavor free
Kemasan 50 gram

1. Splat Toothpaste for Kids 2-6

1. Splat Toothpaste for Kids 2-6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Terbukti efektif menjaga dan menguatkan gigi secara menyeluruh!

Untuk anak Anda yang berusia 2-6 tahun dan mulai gemar makanan manis, kami merekomendasikan produk ini karena bisa mencegah terjadinya kerusakan gigi dan menguatkan enamel gigi. Pasta gigi ini mengandung luctatol dan ekstrak biji anggur yang bisa mencegah karies, memiliki sifat antioksidan, dan antibakteri.

Selain itu, produk ini mengandung kalsium HAP yang bisa menguatkan enamel gigi dan juga mencegah hipersensitif pada gigi anak. Pasta gigi rasa stroberi ini juga memberikan sensasi menyenangkan kepada anak Anda saat menyikat gigi sehingga anak Anda bersemangat untuk menjaga kesehatan mulut dan melakukannya secara rutin.

Kandungan utama Luctatol,  Calcium hydroxyapatite, Aloe vera gel, dan L-Arginine, dan red grapeseed extract 
Rasa Strawberry-cherry dan es krim buah
Kemasan 55 ml

Kesimpulan

Sejauh ini kami sudah menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk anak Anda dan memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik, bagaimana menurut Anda? Memilih pasta gigi untuk anak harus dilihat berdasarkan beberapa poin, seperti kondisi gigi anak, masa pertumbuhan, bahan, serta rasanya.

Sebagai orang tua atau pengasuh, sebaiknya Anda menjadikan artikel ini referensi dalam memilih pasta gigi untuk anak Anda agar tidak bingung. Pastikan gigi anak Anda terjaga kesehatan dan keindahannya!