1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan gigi & mulut
  6. >
  7. 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2023)

Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. 

Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.

Diperbaharui 07-04-2022
Pakar
Dentist
drg. Endah Nur Aini

drg. Endah Nur Aini Endra Rukmana adalah seorang dokter gigi umum lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Beliau telah menyelesaikan studinya di tahun 2018. Wanita yang kerap disapa dokter Endah ini saat ini bekerja di sebuah klinik gigi swasta di daerah Yogyakarta. Anda bisa menyapa beliau di akun Instagram-nya.

Profil drg. Endah Nur Aini
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Pahami karakter gigi susu pada anak-anak

Sebelum mulai memilih pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang tepat mengenai gigi sulung atau disebut juga gigi susu. Berikut penjelasan singkatnya.

Struktur gigi susu dalam mulut anak

Struktur gigi susu dalam mulut anak

Jumlah total gigi susu adalah dua puluh buah. Jumlah dua puluh gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri, dua gigi taring, dan empat gigi geraham pada masing-masing rahang. Seiring bertambah usia, gigi susu akan tanggal secara alami dan digantikan dengan gigi permanen.


Proses pembentukan benih gigi dimulai sejak janin dalam kandungan. Tumbuhnya gigi susu rata-rata terjadi ketika bayi berusia 6–9 bulan. Gigi susu akan tumbuh bertahap hingga usia 2–2,5 tahun.


Lapisan pada gigi susu lebih tipis dibandingkan gigi permanen. Oleh karena itu, risiko gigi berlubang menjadi lebih tinggi jika gigi tidak dibersihkan dengan tepat. Penyikatan gigi dimulai saat bayi sudah mulai tumbuh giginya.

Gigi sementara yang menentukan kondisi lingkungan mulut si kecil ke depannya

Gigi sementara yang menentukan kondisi lingkungan mulut si kecil ke depannya

Meskipun gigi susu hanya bersifat sementara, perawatannya harus tetap maksimal. Jika tidak dirawat, pertumbuhan gigi permanen anak Anda bisa terganggu, bahkan mengalami gingivitis atau peradangan gusi akut. Bila berkelanjutan, hal tersebut akan membuat anak Anda lebih mudah mengalami masalah di mulutnya.


Gigi susu hanya memiliki kandungan enamel dan dentin sebanyak setengah dari gigi permanen yang sudah tumbuh sempurna. Tingkat kekerasan enamel giginya pun kurang dari setengahnya jika dibandingkan gigi dewasa. Padahal, kedua kandungan tersebut sangat berpengaruh pada kekuatan gigi.


Dengan kata lain, gigi susu merupakan gigi yang tipis, rapuh, dan kemampuan remineralisasinya juga masih lemah. Namun, bisa dibilang gigi susu adalah gigi yang sangat penting. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik, nantinya akan memengaruhi kondisi lingkungan mulut setelah gigi permanen tumbuh.


Gigi susu akan perlahan-lahan digantikan oleh gigi permanen atau gigi dewasa mulai usia 6–13 tahun. Walaupun gigi susu hanya sementara, tetapi gigi susu akan mengganggu pertumbuhan gigi penggantinya jika terdapat kerusakan dan tidak ditangani.


Salah satu risiko yang dapat terjadi adalah gigi permanen menjadi tidak teratur posisinya. Selain itu, gigi susu yang rusak tidak mau lepas sehingga gigi penggantinya terpendam dalam tulang rahang. Gigi susu yang berlubang hingga gusi bengkak juga dapat memengaruhi asupan nutrisi pada anak sehingga pertumbuhannya dapat terhambat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi untuk anak

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi anak dalam poin-poin penting berikut ini. Pelajarilah dengan saksama agar Anda bisa memilih pasta gigi yang paling tepat untuk si buah hati.

① Pilih berdasarkan bahan kandungannya

Saat memilih pasta gigi anak, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah bahan kandungannya. Bahan kandungan yang dibutuhkan oleh si kecil berbeda-beda tergantung pada usia. Selengkapnya, mari simak penjelasan di bawah ini. 

Tanpa kandungan fluoride, aman saat tak sengaja tertelan

Tanpa kandungan fluoride, aman saat tak sengaja tertelan

Umumnya, gigi pertama bayi tumbuh pada usia 8–9 bulan. Sementara itu, gigi depan bagian atas dan bawah biasanya tumbuh pada usia satu tahun. Pada masa tersebut, Anda perlu mulai menyikat gigi si kecil.


Kendala yang timbul ketika menyikat gigi bayi adalah mereka belum bisa meludah untuk mengeluarkan pasta gigi. Jadi, risiko pasta gigi tertelan besar sekali. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda memilih pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Tujuannya agar bayi tidak terlalu banyak menelan bahan tersebut.


Meskipun fluoride terkenal dengan kemampuannya mencegah gigi berlubang, kelebihan bahan tersebut di dalam tubuh berisiko memicu fluorosis. Fluorosis merupakan kecacatan pada struktur email gigi akibat asupan fluor atau fosfor berlebihan pada masa awal pembentukan gigi. Gigi anak bisa terlihat putih seperti kapur serta terdapat garis atau bercak-bercak putih.


Kebutuhan fluoride pada bayi dan balita hanya sedikit dan dapat diperoleh dari asupan makanan dan minumannya. Oleh karena itu, memilih pasta gigi tanpa kandungan fluoride di dalamnya sangat dianjurkan.

Terdapat bahan proteksi gigi, beri perlindungan ekstra pada gigi anak-anak

Terdapat bahan proteksi gigi, beri perlindungan ekstra pada gigi anak-anak
Saat memasuki masa anak-anak usia 6–12 tahun, gigi susu perlahan digantikan dengan gigi permanen. Seiring dengan bertambah usia anak, makanan yang dikonsumsinya makin bervariasi.

Peluang anak mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi pun meningkat sehingga potensi terjadinya gigi berlubang juga bertambah. Karena itu, Anda perlu memilih produk pasta gigi dan sikat gigi dengan bahan yang bisa memproteksi gigi.


Gigi permanen muda atau yang baru tumbuh memerlukan fluor untuk memperkuat lapisan gigi. Dengan demikian, anak akan terhindar dari karies atau gigi berlubang. Karena anak-anak biasanya sudah bisa meludah dan berkumur, kini Anda bisa memberikan pasta gigi anak yang mengandung fluoride.


Seperti yang telah diketahui, fluoride memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi. Misalnya, mencegah gigi berlubang, mencegah hilangnya mineral dari enamel gigi, serta mencegah pertumbuhan bakteri di gigi.


Namun, ada bahan kandungan selain fluoride yang bisa memproteksi gigi. Salah satu yang banyak terkandung dalam pasta gigi anak atau bayi adalah xylitol yang berasal dari tumbuhan. Bahan alami ini membantu mencegah kerusakan gigi dengan melawan bakteri penyebab plaque yang ada di gigi. Xylitol juga pilihan aman jika Anda mencari pasta gigi bayi 1 tahun atau balita.

② Hindari bahan yang abrasif bagi gigi

Hindari bahan yang abrasif bagi gigi

Gigi anak merupakan gigi susu yang karakteristiknya lebih lunak dibandingkan gigi permanen. Sikat yang kuat atau pasta gigi yang mengandung bahan abrasif malah membuat gigi anak tergores dan terkikis. Karena itu, saat memilih pasta gigi untuk anak, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung banyak bahan abrasif.


Bahan abrasif berguna untuk membersihkan atau memoles gigi sehingga lebih terasa bersih. Kandungan bahan abrasif pada sikat gigi anak sebisa mungkin minimal agar tidak mengikis permukaan giginya. Hal ini tentunya diimbangi dengan pemilihan bulu sikat gigi yang halus.


Meskipun bahan abrasif mampu membersihkan gigi dengan baik, zat tersebut juga mengikis enamel gigi. Adapun bahan yang perlu Anda hindari antara lain calcium carbonate, magnesium carbonate, serta hydrated aluminum oxides. Selain itu, pasta gigi yang mengandung silicate atau dehydrated silica gel juga sebaiknya tidak menjadi pilihan.

③ Temukan rasa yang disukai anak Anda

Temukan rasa yang disukai anak Anda

Mengajak anak untuk rutin menyikat gigi tidak semudah yang terpampang dalam iklan di televisi. Tidak jarang kegiatan ini dirasa sangat menantang oleh orang tua karena anak selalu menolak. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan proses menyikat gigi terasa menyenangkan bagi anak. 


Trik yang dapat ayah dan bunda lakukan salah satunya menyediakan pasta gigi dengan rasa yang disukai anak. Di pasaran tersedia pasta gigi dengan rasa stroberi, jeruk, ataupun anggur. Biarkan si kecil memilih sendiri rasa pasta gigi supaya ia lebih bersemangat dan teratur menyikat gigi setiap hari. 

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasta gigi terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lion Wings

Kodomo Reguler Toothpaste Gel

Lion Wings Kodomo Reguler Toothpaste Gel 1枚目

Si kecil suka makanan manis? Tak perlu khawatir lagi!

2

Unilever

Pepsodent Pasta Gigi Anak

Unilever  Pepsodent Pasta Gigi Anak 1枚目

Formula khusus untuk menjaga gigi susu tetap sehat dan kuat

3

Jordan

Toothpaste Step 1

Jordan Toothpaste Step 1 1枚目

Isi lebih banyak untuk si kecil yang rajin menggosok gigi

4

Wellbeing Island

Jack N' Jill Natural Toothpaste

Wellbeing Island Jack N' Jill Natural Toothpaste 1枚目

Redakan peradangan pada gusi anak

5

Pigeon

Toothpaste

Pigeon Toothpaste 1枚目

Tanpa fluoride dan tidak banyak busa, tetapi ampuh rawat gigi anak

6

PZ Cussons

Cussons Kids Toothpaste Unicorn

PZ Cussons Cussons Kids Toothpaste Unicorn 1枚目

Berikan tiga perlindungan pada gigi anak dengan harga terjangkau

7

Pure Premium Care

PUREKIDS Tooth Paste

Pure Premium Care PUREKIDS Tooth Paste 1枚目

Ajarkan kebiasaan sikat gigi tanpa rasa khawatir

8

Hawley & Hazel

Darlie Bunny Kids Pasta Gigi

Hawley & Hazel Darlie Bunny Kids Pasta Gigi 1枚目

Mengandung kalsium dan fluoride dalam kadar yang optimal

9

Bud Cosmetics Singapore

Buds Children Toothpaste With Fluoride

Bud Cosmetics Singapore Buds Children Toothpaste With Fluoride 1枚目

Kombinasi bahan alami dan fluoride untuk anak usia 2 tahun ke atas

10

Dr. Brown’s

Natural Baby Toothpaste

Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste 1枚目

Pasta gigi untuk anak 6 bulan, aman tertelan dan varian rasanya enak!

Perincian produk
Close
No.1

Lion WingsKodomo Reguler Toothpaste Gel

Mulai dari Rp6.200,00

Si kecil suka makanan manis? Tak perlu khawatir lagi!

Jika si kecil berusia di bawah enam tahun dan mulai gemar makanan manis, pasta gigi Kodomo bisa menjadi pilihan. Perpaduan antara xylitol dan fluoride dalam kandungan pasta gigi Kodomo menjadikan produk ini mampu mencegah gigi berlubang. 

Selain itu, pasta gigi anak ini diperkaya dengan aroma buah-buahan segar. Jadi, Anda bisa lebih mudah mengajak si kecil melakukan kebiasaan menyikat gigi setelah makan.

No.2

Unilever Pepsodent Pasta Gigi Anak

Mulai dari Rp6.950,00

Formula khusus untuk menjaga gigi susu tetap sehat dan kuat

Bagi Anda yang mencari pasta gigi untuk merawat gigi susu si kecil, produk ini patut dipertimbangkan. Pasta gigi Pepsodent ini diformulasikan secara khusus untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi susu.


Salah satu caranya, produk ini menggunakan kalsium dan fluoride sebagai bahan kandungan utama. Selain itu, produk ini menghasilkan sedikit busa saat digunakan sehingga dapat memberi sensasi lebih bersih setelah menyikat gigi.

No.3

JordanToothpaste Step 1

Mulai dari Rp23.499,00

Isi lebih banyak untuk si kecil yang rajin menggosok gigi

Pasta gigi Jordan mempunyai isi yang lebih banyak dibandingkan produk lainnya. Karena itu, pasta gigi Jordan Step 1 ini sangat pas untuk anak Anda yang telah memiliki kebiasaan menggosok gigi. Kandungan fluoride dalam produk ini juga masih dalam batas aman untuk anak mulai dari usia 0–5 tahun. Jadi, Anda tak perlu khawatir!

No.4

Wellbeing IslandJack N' Jill Natural Toothpaste

Mulai dari Rp75.000,00

Redakan peradangan pada gusi anak

Bila gusi si kecil menunjukkan tanda-tanda peradangan, jangan sampai Anda salah memilih pasta gigi anak, ya! Jatuhkanlah pilihan pada pasta gigi anak Jack N' Jill. 


Dengan adanya kandungan organik calendula, odol anak ini bisa menenangkan peradangan gusi. Terlebih, rasa buah stroberi organik yang ditawarkan merek pasta gigi anak ini juga enak. Anak-anak pasti menyukainya!

No.5

Tanpa fluoride dan tidak banyak busa, tetapi ampuh rawat gigi anak

Jika Anda mencari pasta gigi anak tanpa fluoride dan tidak banyak busa saat digunakan, pilihlah produk ini. Kandungan pasta gigi Pigeon ini adalah dicalcium phospate dihydrate (DCPD) yang tidak kalah baiknya dengan fluoride


Kalsium alaminya membuat pasta gigi anak ini dapat membersihkan gigi dengan efektif, menghilangkan bau mulut, dan mencegah gigi berlubang. Rasa buahnya juga tidak terlalu manis sehingga mengurangi risiko tertelan oleh anak Anda.

No.6

PZ CussonsCussons Kids Toothpaste Unicorn

Mulai dari Rp6.200,00

Berikan tiga perlindungan pada gigi anak dengan harga terjangkau

Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang menginginkan pasta gigi anak dengan fungsi lengkap. Produk ini memberikan tiga perlindungan sekaligus, yaitu memperkuat gigi, menjaga kesehatan gigi, serta menjaga napas tetap segar. 


Bukan hanya itu, pasta gigi anak Cussons ini juga dipasarkan dengan harga paling terjangkau. Jadi, tidak ada alasan untuk tak merawat gigi anak meski memiliki budget terbatas!

No.7

Pure Premium CarePUREKIDS Tooth Paste

Mulai dari Rp33.906,00

Ajarkan kebiasaan sikat gigi tanpa rasa khawatir

Anda baru pertama kali akan mengajarkan kebiasaan menyikat gigi pada anak? Bisa jadi Anda sedikit khawatir dengan pasta gigi anak yang beredar di pasaran. Jika hal tersebut menjadi kekhawatiran Anda, jatuhkanlah pilihan pada PUREKIDS Tooth Paste.


Pasta gigi yang bagus untuk anak ini sama sekali tidak memiliki kandungan detergen, juga tidak berbusa. Dengan begitu, produk ini tidak akan merangsang munculnya iritasi pada gigi, gusi, dan area mulut. Sensitivitas rasa pada mulut si kecil pun tak akan terganggu.

No.8

Hawley & HazelDarlie Bunny Kids Pasta Gigi

Mulai dari Rp17.000,00

Mengandung kalsium dan fluoride dalam kadar yang optimal

Keunikan dari pasta gigi Darlie anak ini terletak pada keberadaan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu menguatkan gigi. Di samping itu, pasta gigi anak ini juga mengandung fluoride dalam kadar optimal. Kandungan tersebut bisa membantu remineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang. Bila gigi anak Anda terlihat kurang kuat, tak ada salahnya mencoba Darlie pasta gigi anak ini.

No.9

Bud Cosmetics SingaporeBuds Children Toothpaste With Fluoride

Mulai dari Rp149.900,00

Kombinasi bahan alami dan fluoride untuk anak usia 2 tahun ke atas

Keunikan dari pasta gigi Buds ini terletak pada teksturnya yang lembut di mulut. Itu semua berkat keberadaan natural cleanser yaitu jus lidah buaya. Ditambah dengan fluoride dalam kadar yang tepat, produk ini dapat mencegah kerusakan gigi. Jika Anda membutuhkan pasta gigi untuk anak 2 tahun ke atas dengan tekstur yang tak biasa, pilihlah produk ini.

No.10

Dr. Brown’sNatural Baby Toothpaste

Mulai dari Rp160.000,00

Pasta gigi untuk anak 6 bulan, aman tertelan dan varian rasanya enak!

Apakah Anda ingin mengajarkan kegiatan menyikat gigi sejak si kecil masih bayi? Jika iya, Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste merupakan produk yang tepat untuk dipilih. Pasta gigi anak ini aman digunakan oleh bayi karena tidak mengandung bahan pengawet dan perasa buatan.


Produk ini juga memiliki varian rasa yang enak sehingga dapat meningkatkan kecintaan si kecil pada kegiatan menyikat gigi. Tak usah khawatir, pasta gigi bayi 6 bulan ini aman jika tidak sengaja tertelan, kok. Tidak hanya untuk bayi, produk ini juga bisa digunakan oleh anak-anak hingga umur 3 tahun.

Ketahui terlebih dahulu kondisi gigi anak Anda

Ketahui terlebih dahulu kondisi gigi anak Anda

Memang benar Anda perlu membiasakan anak menyikat gigi sejak dini dan memilihkan pasta gigi yang tepat. Namun, dalam kondisi tertentu Anda perlu menyerahkan perawatan gigi anak kepada dokter gigi. Contohnya bila si kecil mengalami masalah enamel dysplasia


Berikut ini ciri-ciri umum dari gigi anak yang mengalami enamel dysplasia. Jika salah satu cirinya terdapat pada gigi anak Anda, segera bawa buah hati berkonsultasi dengan dokter gigi.


  • Gigi berwarna putih gelap
  • Gigi berwarna kekuningan
  • Gigi berwarna kecokelatan
  • Permukaan gigi tidak rata
  • Gigi keropos
  • Gigi berlubang

Anda perlu merawat gigi berkondisi tersebut dengan pasta gigi yang direkomendasikan oleh dokter. Selain itu, pastikan Anda rutin mengajak anak berkunjung ke dokter gigi untuk memantau keadaannya. 

Gigi sehat adalah gigi yang berwarna putih kekuningan dengan lapisan luar yang keras. Jika terdapat perubahan warna pada gigi, seperti kecokelatan, artinya terdapat kelainan pada gigi anak. Keberadaan bercak-bercak putih dengan lapisan luar yang lunak pada gigi juga menunjukkan adanya kelainan pada gigi.


Segera konsultasikan ke dokter gigi agar dapat ditangani dengan tepat. Dokter gigi juga akan memberikan rekomendasi pasta gigi serta cara perawatan gigi di rumah.

Tips melatih anak agar tidak menelan pasta gigi

Tips melatih anak agar tidak menelan pasta gigi

Idealnya, pasta gigi sama sekali tidak boleh tertelan oleh anak. Akan tetapi, dalam praktiknya hal tersebut memang tidak mudah. Anak bisa tidak sengaja menelannya, bahkan ada pula yang memang suka menelan pasta gigi. Karena alasan itu, Anda perlu mengajarkan cara penggunaan pasta gigi yang benar kepada anak. 


Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan dalam melatih anak:

  1. Dampingi dan beri tahu anak bahwa pasta gigi tidak boleh ditelan. 
  2. Pastikan Anda yang mengoleskan pasta gigi di atas sikat gigi anak agar jumlahnya dapat disesuaikan. 
  3. Gunakan air matang atau air minum untuk anak berkumur. 
  4. Ajarkan cara berkumur pada anak dengan mengajaknya sikat gigi bersama. Ajarkan anak untuk berkumur-kumur dengan benar dan meludahkannya. Setelah itu, bilas kembali dengan air putih agar tidak ada pasta gigi yang tersisa.

Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan pemberian pasta gigi dengan usia anak. Pada anak usia kurang dari 3 tahun, pemberian pasta gigi hanya sebesar bulir beras atau setipis permukaan bulu sikat. Karena mereka belum dapat berkumur, pemberian pasta gigi tersebut minimalkan fluor yang tertelan. 


Saat anak menginjak usia 3–6 tahun, pemberian pasta gigi dapat ditingkatkan sebesar biji jagung. Dalam usia ini, sebagian besar anak sudah dapat berkumur dengan baik.


Bagaimana bila pasta gigi anak tetap tertelan? National Capitol Potion Center Amerika Serikat merekomendasikan untuk memberi susu, yoghurt, atau makanan berkalsium lainnya kepada anak. Di dalam tubuh, kalsium akan mengikat fluoride sehingga memperkecil risiko timbulnya efek yang tidak diinginkan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi anak lainnya di sini

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak, tak terkecuali area gigi dan gusi. Tak hanya memilih pasta gigi anak yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan pembelian sikat gigi dan dental floss. Jika Anda memerlukan referensi lebih lanjut mengenai produk perawatan gigi anak yang perlu dimiliki, klik saja tautan berikut ini.

Kesimpulan

Nah, kami sudah menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk anak dan memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik. Bagaimana menurut Anda? Pertimbangkan pasta gigi anak berdasarkan poin-poin tersebut, seperti bahan kandungan utama, ada atau tidaknya bahan abrasif, serta rasanya.


Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam memilih pasta gigi untuk anak. Selamat memilih pasta gigi untuk anak! Pastikan gigi anak Anda terjaga kesehatan dan keindahannya, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer