1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Maple Syrup Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Maple syrup adalah sirop serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai resep masakan. Sirop yang mengandung beragam polifenol ini biasanya dipakai sebagai pelengkap pancake atau saus dasar demi-glace. Kandungan kalori di dalamnya lebih rendah daripada madu. Alhasil, maple syrup dikenal sebagai gula super yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Kali ini kami akan membahas manfaat maple syrup beserta cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Maple Joe, Valley Fields, hingga Pondan. Ada sirop import, ada pula yang berlabel halal. Harga jualnya juga bervariasi. Yuk, disimak!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat maple syrup

Maple syrup terbuat dari air rebusan getah pohon maple. Sebenarnya, apa itu syrup? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, syrup atau sirop adalah cairan bertekstur kental yang memiliki kandungan zat terlarut. 

Anda penasaran, seperti apa rasa maple? Getah pohon maple memiliki rasa yang manis. Jadi, tak heran bila rasa maple syrup tergolong manis. Akan tetapi, kadar kalorinya terbilang rendah sehingga sirop ini terkenal berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kami akan menjelaskan manfaat sirop maple yang luar biasa di bawah ini.

Kalori maple syrup lebih rendah daripada gula pasir dan madu, pas untuk diet

Kalori maple syrup lebih rendah daripada gula pasir dan madu, pas untuk diet

Maple syrup memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada gula pasir dan madu sehingga lebih aman dikonsumsi. Apabila Anda sedang diet atau ingin mengurangi konsumsi gula, tetapi ingin makan yang manis-manis, tambahkan saja maple syrup. Anda bisa langsung menuangkan maple syrup ke atas yoghurt atau pancake favorit.


Kadar gula dalam maple syrup juga mudah dicerna oleh tubuh. Karena itu, maple syrup dapat dikonsumsi sebagai suplemen ketika habis berolahraga. Selain itu, maple syrup mengandung polisakarida yang lebih sulit diubah menjadi energi. Hal tersebut akan membantu menekan naiknya kadar gula secara tajam di dalam tubuh.

Kaya akan kandungan mineral untuk merawat kecantikan kulit

Kaya akan kandungan mineral untuk merawat kecantikan kulit

Selain rendah kalori, maple syrup juga mengandung 54 macam polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Alhasil, dibandingkan anggur merah, sirop maple dipercaya lebih ampuh sebagai anti-aging. Di samping itu, polifenol juga menghambat kerja enzim yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi gula. Polifenol bahkan dapat mengurangi terjadinya proses glikasi pada kulit.


Maple syrup juga mengandung potasium yang dapat meredakan bengkak. Berbagai jenis mineral, seperti vitamin B, kalsium, magnesium, dan zinc juga terdapat di dalam maple syrup. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat memberi banyak manfaat bagi kecantikan kulit.

Cara memilih maple syrup

Setelah menjelaskan manfaat maple syrup, sekarang saatnya kami membagikan tiga poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih produk. Anda perlu mempertimbangkan negara asalnya, grade, dan bahan yang digunakan. Informasi selengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

① Pilih berdasarkan negara asalnya

Pilih berdasarkan negara asalnya
Maple syrup yang terkenal umumnya berasal dari Kanada yang mempunyai hutan maple sejak zaman dahulu. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan maple syrup yang berkualitas, pastikan produknya berasal dari Kanada. Maple syrup asal Kanada biasanya memiliki label yang tertulis sebagai berikut.

  • Dalam bahasa Inggris: Product of Canada.
  • Dalam bahasa Prancis: Produit Du Canada.

Selain di Ontario, Kanada, ada maple syrup yang diproduksi di wilayah Amerika dan negara lain. Meski demikian, sekitar 70% negara-negara di dunia yang memproduksi atau mengimpor maple syrup menerima produknya dari Quebec, Kanada.


Sayangnya, beberapa maple syrup kemudian dicampur dengan air untuk menghasilkan produk yang lebih murah. Anda harus lebih berhati-hati akan hal tersebut. Ingatlah untuk selalu memperhatikan negara asal maple syrup yang akan Anda beli.

② Perhatikan perbedaan grade-nya

Maple syrup dibagi menjadi empat grade yang mempunyai warna dan rasa yang berbeda. Meski diambil dari pohon maple yang sama, warna dan rasa maple syrup yang dihasilkan bisa bertolak belakang. Perbedaan tersebut disebabkan oleh waktu panen pohon maple yang tidak berbarengan.


Pada awal panen, pohon maple bisa menghasilkan maple syrup dengan warna yang terang dan rasa lembut. Namun, maple syrup akan berwarna lebih gelap dengan rasa pekat jika pohonnya dipanen pada akhir periode.

Golden: Warna keemasan dengan rasa lembut

Golden: Warna keemasan dengan rasa lembut

Maple syrup grade Golden mempunyai rasa yang paling lembut di antara grade lainnya. Warna siropnya juga jernih keemasan. Karena itu, rasa maple syrup jenis ini terkesan mewah. Kadar kemurnian sirop maple grade ini lebih dari 66%, tanpa campuran apa pun.


Berikut adalah karakteristik maple syrup jenis ini:

  • Light transmittance: 75% atau lebih.
  • Rasa: Lembut dan ringan.

Amber: Kaya rasa dengan warna kuning matang

Amber: Kaya rasa dengan warna kuning matang

Maple syrup dengan grade Amber memiliki rasa yang lembut, tetapi lebih matang. Getah maple-nya direbus dengan kadar kemurnian lebih dari 66%, tanpa campuran. Meski begitu, warna yang dihasilkan grade Amber sedikit lebih gelap daripada grade Golden.


Ciri dari maple syrup grade Amber adalah sebagai berikut:

  • Light transmittance: 50%–74,7%.
  • Rasa: Lembut dan matang.

Dark: Rasa manis seimbang dengan warna coklat gelap

Dark: Rasa manis seimbang dengan warna coklat gelap

Maple syrup grade Dark paling direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memiliki rasa manis yang seimbang. Tingkat kemurnian maple syrup grade ini lebih dari 66%, serta tanpa campuran. Maple syrup grade Dark mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan grade Amber.


Berikut karakteristik maple syrup grade Dark:

  • Light transmittance: 25%–49,9%.
  • Rasa: Manis seimbang.

Very Dark: Warna paling pekat dengan rasa yang kuat

Very Dark: Warna paling pekat dengan rasa yang kuat

Maple syrup grade Very Dark sering digunakan untuk memasak karena rasa dan warnanya paling pekat. Berkat kepekatan tersebut, tidak banyak orang yang menyukai tipe ini. Namun, tentu saja hal itu bergantung pada selera masing-masing. Sayangnya, grade ini sulit ditemukan di Indonesia.


Ciri khas maple syrup grade Very Dark adalah:

  • Light transmittance: Kurang dari 25%.
  • Rasa: Sangat pekat dan kuat.

③ Periksa kandungan bahan yang digunakan

Periksa kandungan bahan yang digunakan
Poin lain yang tidak kalah penting saat memilih maple syrup adalah memeriksa label bahan pada kemasan. Idealnya, produk maple syrup yang baik menggunaan bahan baku 100% maple syrup murni. Maple syrup murni biasanya mempunyai label yang bertuliskan “pure/pur” dalam bahasa Inggris atau Prancis. Pastikan Anda tidak melewatkan hal ini, ya.

10 Rekomendasi maple syrup terbaik

Kami telah menjelaskan mengenai manfaat dan cara memilih produk maple syrup. Sekarang saatnya kami memperkenalkan produk-produk maple syrup terbaik. Pilihlah yang paling sesuai selera Anda!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maple Joe

Maple Syrup Sirop d'Érable

Maple Joe Maple Syrup Sirop d'Érable 1枚目

Hadirkan rasa khas maple syrup asal Kanada

2

Radiant

Organic 100% Pure Maple Syrup

Radiant Organic 100% Pure Maple Syrup 1枚目

Dipanen dari pohon maple berkualitas tinggi

3

Great Northern

Pure Organic Maple Syrup

Great Northern Pure Organic Maple Syrup 1枚目

Hasilkan rasa manis alami, tetapi tetap sehat

4

Now Foods

Organic Maple Syrup

Now Foods Organic Maple Syrup 1枚目

Kualitas maple syrup lebih terjaga dengan botol yang tidak bening

5

Ferme Vifranc

Organic Maple Syrup

Ferme Vifranc Organic Maple Syrup 1枚目

Kadar antioksidan tinggi untuk meningkatkan imunitas

6

Shady Maple Farms

Canadian Pure Maple Syrup

Shady Maple Farms Canadian Pure Maple Syrup 1枚目

Kemasan paling praktis dan antitumpah

7

B&G Foods

MacDonald’s Pure Maple Syrup

B&G Foods MacDonald’s Pure Maple Syrup 1枚目

Tekstur lebih lembut, rasa lebih ringan

8

Kawashi

Valley Fields Maple Syrup Robust Taste

Kawashi Valley Fields Maple Syrup Robust Taste 1枚目

Jadikan rasa masakan rumahan lebih nikmat

9

M&S Food

Pure Canadian Maple Syrup

M&S Food Pure Canadian Maple Syrup 1枚目

Berikan rasa manis yang pas untuk beragam minuman

10

Pondan

Sirup Maple

Pondan Sirup Maple 1枚目

Syrup maple ekonomis yang telah mengantongi label halal

Perincian produk
Close
No.1

Maple JoeMaple Syrup Sirop d'Érable

Mulai dari Rp107.000,00

Hadirkan rasa khas maple syrup asal Kanada

Maple syrup Maple Joe memiliki rasa manis yang autentik khas Kanada, seperti perpaduan antara vanila dan karamel. Tak heran jika maple syrup ini menimbulkan kesan hangat dan akrab di lidah orang Indonesia. 

Jika Anda ingin merasakan nikmatnya maple syrup seperti di negara asalnya, produk ini adalah pilihan tepat. Anda dapat menggunakannya sebagai pemanis pancake, yoghurt, crepes, atau kopi kesukaan.

No.2

RadiantOrganic 100% Pure Maple Syrup

Mulai dari Rp180.000,00

Dipanen dari pohon maple berkualitas tinggi

Apabila Anda mengutamakan kualitas suatu produk, pastikan untuk tidak melewatkan maple syrup produksi Radiant ini. Maple syrup ini dibuat tanpa melalui proses penyadapan secara berlebihan. Dengan begitu, pohon maple tumbuh lebih sehat sehingga dapat menghasilkan getah berkualitas tinggi.


Proses penyimpanan getah maple-nya pun tidak sembarangan. Alhasil, kandungan gizi di dalam maple syrup bisa tetap terjaga setelah masa panen. Selain itu, produk ini murni tanpa tambahan bahan kimia apa pun.

No.3

Great NorthernPure Organic Maple Syrup

Mulai dari Rp200.000,00

Hasilkan rasa manis alami, tetapi tetap sehat

Great Northern Pure Organic Maple Syrup menawarkan rasa manis alami yang lembut. Rasanya terkesan sederhana, tetapi memiliki sensasi maple yang cukup kuat. Manfaat kesehatan maple syrup ini juga cukup banyak berkat kandungan mineral yang seimbang.

Produk ini juga termasuk ke dalam sirop yang Glucemic Index-nya (GI) rendah. Karena itu, produk ini bagus untuk Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis setiap hari.

No.4

Now FoodsOrganic Maple Syrup

Mulai dari Rp550.000,00

Kualitas maple syrup lebih terjaga dengan botol yang tidak bening

Keunikan dari Now Foods Organic Maple Syrup adalah penggunaan botol plastik putih sebagai kemasannya. Dengan begitu, isinya lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

Isi produk ini juga paling banyak sehingga sangat pas untuk Anda yang penggunaan maple syrup-nya tergolong tinggi. Meski memiliki warna dan rasa maple syrup yang pekat, produk ini sangat ampuh melancarkan pencernaan. Karena itu, maple syrup ini bisa digunakan sebagai detoks tubuh.

No.5

Ferme VifrancOrganic Maple Syrup

Mulai dari Rp145.000,00

Kadar antioksidan tinggi untuk meningkatkan imunitas

Maple syrup yang satu ini dihasilkan dari pohon maple yang dipanen pada awal dan pertengahan masa panen. Alhasil, rasa manis maple-nya masih terasa cukup kuat, tetapi tetap lembut di lidah. 


Kandungan antioksidan di maple syrup ini pun termasuk tinggi, sebanding dengan yang terkandung dalam tomat atau brokoli. Bagi Anda yang selalu sibuk berkegiatan setiap hari, konsumsilah sirop maple ini untuk meningkatkan imunitas.

No.6

Shady Maple FarmsCanadian Pure Maple Syrup

Mulai dari Rp73.500,00

Kemasan paling praktis dan antitumpah

Apabila Anda sering travelling, maple syrup produksi Shady Maple Farms sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Produk ini dikemas dalam kemasan plastik yang dilengkapi penutup sehingga lebih handy saat dibawa.

Berkat kemasan tersebut, Anda bisa menghemat tempat di tas tanpa khawatir maple syrup akan tumpah. Maple syrup ini juga memiliki warna jernih keemasan, serta rasa yang ringan. Rasa yang tepat untuk dinikmati selama dalam perjalanan.

No.7

B&G FoodsMacDonald’s Pure Maple Syrup

Mulai dari Rp230.000,00

Tekstur lebih lembut, rasa lebih ringan

Rasa maple syrup MacDonald's ini tergolong lebih lembut dibandingkan produk dengan grade Amber lainnya. Dengan demikian, produk ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang baru pertama kali akan mencoba maple syrup

Di samping itu, konsistensi siropnya tidak terlalu pekat sehingga sangat pas dijadikan pengganti gula saat baking. Anda bisa menghasilkan kue yang lebih lezat sekaligus sehat dengan produk ini.

No.8

KawashiValley Fields Maple Syrup Robust Taste

Mulai dari Rp227.500,00

Jadikan rasa masakan rumahan lebih nikmat

Anda tak perlu meragukan khasiat maple syrup Valley Fields karena memanfaatkan 100% maple organik. Maple syrup ini juga mempunyai rasa yang kuat dan warna cenderung gelap. 


Apabila Anda hendak memasak tanpa gula, tetapi mendambakan rasa masakan yang tetap kaya, maple syrup ini solusinya. Dijamin, sate, opor, hingga chicken teriyaki kreasi Anda akan terasa nikmat dan sehat.

No.9

M&S FoodPure Canadian Maple Syrup

Mulai dari Rp199.000,00

Berikan rasa manis yang pas untuk beragam minuman

M&S Food Pure Canadian Maple Syrup mempunyai rasa manis yang sempurna saat dipadukan dengan beragam jenis minuman. Bagi Anda yang ingin mengalihkan anak-anak dari konsumsi gula, tak ada salahnya mencoba maple syrup ini. 


Anda hanya perlu mencampurkan produk ini pada racikan minuman kesukaan anak-anak, seperti es krim, kolak, atau dawet. Anak-anak pasti tak akan menyadari perubahan rasanya.

No.10

Syrup maple ekonomis yang telah mengantongi label halal

Pondan Sirup Maple telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Keberadaan label halal ini tentu akan menambah kenyamanan umat muslim saat mengonsumsinya. Maple syrup ini juga dipasarkan dengan harga yang relatif murah dibandingkan produk lainnya. Jadi, Anda yang memiliki budget terbatas tetap bisa menikmati maple syrup dengan memilih produk ini.


Namun, perlu diketahui, Pondan Sirup Maple memiliki kandungan perisa di dalamnya. Sirop maple ini juga tidak mengandung 100% maple murni. Jadi, silakan pertimbangkan mengenai hal ini, ya.

Baca juga rekomendasi produk pemanis lainnya di sini

Meski produk pemanis cenderung kurang menyehatkan, bukan berarti Anda tak bisa menikmati rasa manis. Selain maple syrup, masih ada beragam produk pemanis lain yang tidak kalah menyehatkan. Gula rendah kalori, gula stevia, palm sugar, hingga madu Manuka merupakan beberapa contohnya. Jika Anda penasaran dengan produk-produk tersebut, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Rasa maple syrup yang semanis gula pasir atau madu menjadikannya digemari masyarakat. Selain itu, kadar kalori maple syrup yang rendah membuatnya aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Nutrisi yang dimiliki pun sangat banyak sehingga mampu memberi manfaat kesehatan dan kecantikan.


Namun, pastikan maple syrup yang Anda pilih sesuai dengan tips memilih yang baru saja kami sampaikan, ya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati sekaligus mendapatkan manfaat terbaiknya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer