10 Rekomendasi Alat Penghancur Bawang Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Alat Penghancur Bawang Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Alat penghancur bawang putih seringkali hadir di pasaran dengan nama garlic chopper, garlic crusher, garlic press, garlic mincer, dan sebagainya. Bagi Anda yang sering memasak menggunakan bawang putih, tentu akan diuntungkan dengan keberadaannya di dapur Anda.

Alat ini hadir dengan beragam model yang barangkali akan membuat Anda galau dalam memilih. Agar penggunaannya benar-benar efektif dan sesuai kebutuhan, yuk simak cara memilih alat penghancur bawang putih di bawah ini! Jangan lewatkan juga rekomendasi produk-produk terbaiknya, ya!

Daftar isi

Cara memilih alat penghancur bawang putih

Beragam produk alat penghancur bawang putih kini dapat dengan mudah Anda beli di online shop. Produk manakah yang pas dengan kebutuhan Anda? Mari simak poin-poin cara memilihnya terlebih dahulu sebelum membeli!

Pilih tipe yang paling mudah untuk Anda gunakan

Kali ini kami akan memperkenalkan kepada Anda tiga tipe alat penghancur bawang putih yang banyak beredar di pasaran. Di antaranya adalah tipe grip, press, dan twist. Selain ketiga tipe tersebut, sebenarnya masih banyak tipe lainnya yang tak kalah nyaman digunakan. Simak masing-masing keunggulannya di bawah ini!

Tipe grip untuk hasil akhir dalam bentuk pasta

Tipe grip untuk hasil akhir dalam bentuk pasta

Bicara tentang alat penghancur bawang putih, umumnya merujuk pada tipe ini. Tipe ini mampu menghancurkan bawang putih hingga menghasilkan potongan-potongan kecil. Bawang putih yang telah dihancurkan akan keluar dari mulut grater dalam wujud seperti pasta.

Seperti namanya, tipe ini bekerja dengan kekuatan genggaman pemakainya. Bila Anda memiliki kekuatan genggaman yang lemah, tipe ini kurang dianjurkan. Selain itu, lubang-lubang pada grater-nya juga mudah tersumbat sehingga memerlukan usaha ekstra saat mencucinya.

Tipe press yang tak memerlukan banyak tenaga dalam penggunaannya

Tipe press yang tak memerlukan banyak tenaga dalam penggunaannya

Tipe ini bekerja dengan cara menekan bawang putih dari atas untuk menghasilkan potongan-potongan seperti bawang putih cincang. Tipe ini tak memerlukan usaha ekstra saat membersihkannya. Kemudian yang terpenting, Anda bisa lebih hemat tenaga karena memberikan tekanan dari atas akan terasa lebih enteng.

Produk bertipe press umumnya ringkas, mudah disimpan, dan bisa digunakan di mana saja. Namun, hasilnya tidak sehalus tipe yang telah dibahas sebelumnya sehingga kurang tepat bagi Anda yang menginginkan tekstur hasil seperti pasta.

Tipe twist yang dapat diatur tekstur hasilnya

Tipe twist yang dapat diatur tekstur hasilnya

Bagi Anda yang tak ingin tangan menjadi kotor, tipe twist ini jawabannya. Anda hanya perlu memasukkan bawang putih ke dalam jar-nya, kemudian memutar tutup atau handelnya. Bawang putih akan terpotong lembut tanpa mengotori tangan Anda.

Terlebih lagi, tipe ini umumnya dapat diatur tekstur hasil potongannya. Berbeda masakan, maka berbeda pula tekstur potongan bawang putih yang dibutuhkan. Bila Anda juga berpikiran seperti itu, tipe inilah yang tepat untuk Anda. Perlu diperhatikan juga bahwa tipe ini memerlukan tenaga yang lumayan saat digunakan.

Pilih berdasarkan bahan pembuatnya

Stainless, aluminium, dan plastik adalah tiga bahan yang biasa digunakan untuk alat ini. Berbeda bahan pembuatnya, maka berbeda pula tampilan, bobot, harga, ketahanan, dan cara perawatannya. Untuk memilih yang tepat bagi Anda, simak paparan di bawah ini!

Bahan stainless yang kuat dan mudah perawatannya

Bahan stainless yang kuat dan mudah perawatannya

Bila Anda mengutamakan ketahanan, pilihlah produk yang terbuat dari stainless. Karena bahannya yang kuat, produk berbahan ini tidak akan mudah rusak. Selain itu, stainless juga tahan karat sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Meski begitu, bobotnya lebih berat bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Harganya lumayan mahal juga menjadi salah satu kekurangannya. Namun, hal tersebut tentu bukan masalah bila Anda ingin membeli alat penghancur bawang putih yang bisa digunakan dalam waktu lama.

Bahan aluminium yang ringan dan mudah digunakan

Bahan aluminium yang ringan dan mudah digunakan

Bila Anda tetap menginginkan produk berbahan logam, tetapi dengan harga lebih terjangkau, produk berbahan aluminium pilihannya. Karena terbuat dari bahan logam, tampilannya tetap trendi dan cantik. Selain itu, bahan aluminium juga memiliki bobot yang lebih ringan. Opsi tepat bagi Anda yang menyukai produk dengan harga bersahabat dan mudah digunakan.

Meski begitu, bila dibandingkan dengan stainless, aluminium memiliki ketahanan yang lebih rendah. Produk berbahan aluminium barangkali kurang tepat bila Anda mencari produk untuk digunakan dalam waktu lama.

Bahan plastik yang murah dan bertampilan menarik

Bahan plastik yang murah dan bertampilan menarik

Alat penghancur bawang putih berbahan plastik hadir dalam harga murah dan tampilan menarik. Produk berbahan ini cocok untuk Anda yang sudah bosan dengan alat penghancur bawang putih yang biasa-biasa saja. Pas juga bagi Anda yang sekadar menginginkan alat penghancur bawang putih dengan harga ramah di kantong.

Kelemahan dari produk berbahan plastik adalah ketahanannya yang rendah. Bila digunakan dengan tenaga berlebihan, alat bisa patah. Bila Anda hendak memilih produk berbahan plastik, janganlah lupa melihat review atau informasi detail yang tertera pada seller.

Lebih baik pilih produk yang tidak membuat tangan berbau

Lebih baik pilih produk yang tidak membuat tangan berbau

Dalam memilih alat penghancur bawang putih, pilihlah produk yang tidak meninggalkan bau di tangan Anda. Aroma bawang putih yang sudah menempel di tangan umumnya sulit dihilangkan meski telah dicuci. Untuk itu, pilihlah produk yang bisa bekerja tanpa membuat tangan Anda bersentuhan langsung dengan bawang putih tersebut. Sebisa mungkin, produk dapat mempermudah Anda dalam memasukkan bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam panci atau wajan.

Produk dengan kapasitas yang tepat lebih praktis

Produk dengan kapasitas yang tepat lebih praktis

Berapakah kapasitas alat penghancur bawang putih pilihan Anda? Meski terkesan sepele, hal tersebut penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang sering menggunakan bawang putih untuk memasak, pilihlah produk yang bisa menghancurkan lebih dari dua siung dalam sekali pakai.

Produk yang hanya bisa menghancurkan sesiung kecil bawang putih dalam sekali pakai hanya akan membuat Anda lelah. Agar tidak membuat Anda repot, pilihlah juga produk dengan mulut penghancur yang besar untuk kemudahan pemakaian.

Desain simpel agar lebih effortless dalam pembersihan

Desain simpel agar lebih effortless dalam pembersihan

Salah satu kendala yang dialami pengguna adalah terkumpulnya sisa-sisa bawang putih pada alat. Proses pembersihan dapat semakin merepotkan bila alat penghancur bawang putih berukuran kecil dan memiliki komponen yang kompleks. Memilih produk berdesain simpel akan mengurangi tumpukan sisa bawang putih dan memudahkan Anda dalam membersihkannya.

Sesuaikan pemilihan ukuran dengan tempat penyimpanan

Sesuaikan pemilihan ukuran dengan tempat penyimpanan

Alat penghancur bawang tentu akan sering Anda gunakan sehingga penting untuk menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Untuk itu, penting untuk memperhatikan ukuran produk sesuai dengan space yang Anda sediakan. Apalagi bila Anda hendak menyimpannya di dalam laci lemari dapur.

Tak punya tempat penyimpanan cukup besar bukan halangan untuk memiliki garlic crusher berukuran besar. Anda dapat menggantungnya di dinding dapur bila perlu, kok!

10 Rekomendasi alat penghancur bawang putih terbaik

Sudahkan Anda memiliki gambaran tentang alat penghancur bawang putih yang pas untuk dapur Anda? Agar lebih mudah, kami telah mempersiapkan ulasan sepuluh jajaran produk terbaik di bawah ini. Selamat memilih!

10. Professional Garlic Crusher

10. Professional Garlic Crusher

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.000

Tak lebih besar dari sendok garpu, lebih mudah disimpan

Bila Anda tak punya space lebih untuk menyimpan garlic crusher, produk ini bisa menjadi opsi. Bentuknya begitu ringkas dan sederhana sehingga dapat disimpan bersama cutlery set Anda. Karena hanya berupa selembar logam, Anda pun tak memerlukan usaha lebih untuk membersihkannya. Anda yang bergaya hidup minimalis pasti akan menyukainya!

Tipe Press
Bahan Stainless steel
Ukuran 18,8 x 4 x 2,7 cm

9. As Seen On TV Plastic Garlic Twist

9. As Seen On TV Plastic Garlic Twist

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.999

Harga terjangkau dan bisa muat banyak

Apakah Anda masih ragu untuk membeli alat penghancur bawang? Barangkali Anda bisa memulai dari produk ini. Dilihat dari segi harga, alat yang satu ini begitu ekonomis. Sementara itu, dipandang dari segi efisiensi, produk ini bisa muat hingga beberapa siung bawang putih dalam sekali kerja. Putarlah dengan mantap agar bawang putih tercincang merata!

Tipe Twist
Bahan Plastik ABS
Ukuran  ±7 cm (diameter)

8. Alat Penghancur Bawang Putih Multifungsi

8. Alat Penghancur Bawang Putih Multifungsi

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.500

Si dual fungsi yang tak diragukan lagi ketahanannya

Untuk memecah kacang-kacangan dan menghancurkan bawang, itulah dua fungsi yang dimiliki produk ini. Selain mencacah bawang putih, bila Anda sering memasak menggunakan rempah keras, seperti keluak, produk ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Kemampuannya sebagai pemecah kacang membuat Anda tak perlu ragu pada ketahanannya untuk menghancurkan bawang putih. Bawang putih pun dapat tercincang merata hanya dalam hitungan detik saja. Mempersiapkan bumbu masakan pun menjadi lebih cepat!

Tipe Grip
Bahan Stainless steel
Ukuran 17 x 3,7 x 4,5 cm

7. As Seen On TV Garlic Master

7. As Seen On TV Garlic Master

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 58.500

Bawang putih segar bisa langsung terjun ke dalam masakan Anda

Bila Anda menyukai sesuatu yang instan, tetapi tetap terjaga kualitasnya, produk ini bisa menjadi opsi. Ketika digunakan, bawang putih yang telah hancur akan langsung keluar dari mulut grater-nya. Anda bisa langsung menggunakan bawang putih cincang tersebut dalam keadaan yang lebih segar.

Kemudian, tak perlu lagi wadah tambahan karena proses penghancuran berlangsung pada tabung alat. Bawang putih pun dapat digunakan seperlunya karena Anda bisa menghentikan proses penghancurannya kapan saja. Inovatif dan praktis!

Tipe Twist
Bahan Plastik ABS dan stainless steel
Ukuran 14,5 x 9 x 6 cm

6. Oxone Alat Penghalus Bawang OX-31E

6. Oxone Alat Penghalus Bawang OX-31E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Tak hanya bawang putih, bumbu dapur lain pun bisa dihancurkan hingga tuntas

Merek Oxone sudah menjadi primadona di kalangan mereka yang doyan memasak. Dalam soal menghancurkan bawang putih pun, produk ini unjuk gigi dengan produk menariknya. Dengan cara kerja mirip blender tangan, pisau-pisaunya akan merata menghancurkan bawang putih Anda.

Tak hanya untuk urusan bawang putih! Bila Anda memiliki bumbu-bumbu dapur lain untuk dihancurkan, Anda bisa memasrahkan semua pada alat ini. Kemudahannya dalam digunakan akan membuat Anda betah berlama-lama di dapur untuk memasak.

Tipe Twist
Bahan Plastik dan stainless
Ukuran Tidak disebutkan

5. Pro Garlic and Onion Chopper

5. Pro Garlic and Onion Chopper

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 34.800

Lebih mudah mengupas dan mencincang hanya dengan satu alat

Sebelum dicincang, bawang putih tentu saja perlu dikupas terlebih dahulu. Memudahkan Anda dalam mengupas dan mencincang, itulah konsep dari produk ini. Karena memiliki dua fungsi, produk ini pilihan tepat agar “urusan” Anda dengan bawang putih berlangsung lebih singkat. Pilihan warnanya cerah, cocok agar acara memasak Anda lebih ceria.

Tipe Grip
Bahan Plastik ABS dan stainless steel
Ukuran 19 x 2,6 cm

4. Penghancur Bawang Putih Bentuk Kurva

4. Penghancur Bawang Putih Bentuk Kurva

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 111.400

Garlic crusher simpel yang menghemat tenaga dan tidak membuat tangan kotor

Satu lagi pilihan untuk Anda yang tak ingin tangan berbau bawang putih sekaligus tak ingin repot dalam membersihkan alat setelahnya. Bentuknya seperti gelang, dengan pisau penggerus di satu ujung dan handel di ujung satunya, Anda akan lebih effortless dalam menggerus bawang putih.

Adanya gap antara penggerus dan handel tentu saja akan menghindarkan tangan Anda menjadi berbau bawang putih. Setelah selesai menggunakannya, Anda tak akan kesulitan mencucinya karena produk ini hanya terdiri satu piece saja.

Tipe Press
Bahan Plastik ABS dan stainless steel
Ukuran 10,6 x 7,4 cm

3. Vista 2 in 1 Garlic Mincer and Slicer

3. Vista 2 in 1 Garlic Mincer and Slicer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 106.974

Slicing dan crushing dalam satu waktu! Mudah dan efisien

Tipe yang begitu ringkas ini memang punya penggemar tersendiri karena kepraktisan penggunaan dan perawatannya. Namun, yang satu ini lebih dari sekadar praktis! Memiliki dua mulut grater, produk ini bisa slicing dan crushing dalam waktu bersamaan. Tipenya memberi kemudahan, inovasinya memberikan efisiensi, sementara materialnya begitu ringan di tangan.

Tipe Grip
Bahan Aluminium
Ukuran 19 x 5 cm

2. Chef’n GarlicZoom® Garlic Chopper

2. Chef'n GarlicZoom® Garlic Chopper

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 104.900

Tinggal digulirkan, bawang putih pun tercincang dengan merata!

Produk yang satu ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang malas mengeluarkan tenaga untuk mencincang bawang putih. Anda tinggal membuka tutupnya, memasukkan bawang putih ke dalamnya, kemudian menggerakannya maju dan mundur untuk memutar pisau pencacahnya.

Setelah itu, Anda bisa melepas pisaunya dan langsung menuangkan isinya ke dalam wajan atau panci Anda. Selain mudah digunakan, produk juga akan mudah dibersihkan karena parts-nya dapat dilepas pasang. Tertarik untuk mencoba inovasi baru?

Tipe Lainnya
Bahan Plastik dan stainless steel
Ukuran 7,5 x 6 x 4,5 cm

1. Portable Mini Garlic Crusher

1. Portable Mini Garlic Crusher

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 65.000

Iris bisa, cincang bisa, tinggal dibalik saja!

Cara memotong bawang putih memang bermacam-macam, tetapi mengiris dan mencincanglah yang biasa dilakukan. Irisan bawang putih yang digoreng bisa menjadi topping hidangan Anda. Sementara cincangan bawang putih akan melezatkan setiap masakan Anda.

Bagi Anda yang menggunakan bawang putih dalam setiap masakan Anda, produk ini bisa menjadi andalan. Berbentuk kubus, produk ini punya ruang untuk menampung bawang putih setelah dipotong agar tidak berantakan. Untuk mengubah style potongannya, Anda hanya perlu membalik kubusnya saja!

Tipe Press
Bahan Plastik ABS dan stainless steel
Ukuran 6,5 x 5 x 7 cm

Baca juga rekomendasi pisau dan kitchen gadget serbaguna lainnya untuk dapur Anda!

Selain alat penghancur bawang putih, di pasaran juga telah hadir berbagai jenis pisau dan kitchen gadget untuk dapur Anda. Alat-alat tersebut akan menjadi asisten terbaik di dapur bila Anda memilihnya dengan cermat dan bijak. Yuk, simak tips selengkapnya di sini!

Kesimpulan

Berbeda tujuan penggunaan, maka berbeda pula alat penghancur bawang putih yang Anda perlukan. Setelah menyimak tips cara memilih dan produk-produk rekomendasi di atas, kami harap Anda telah menetapkan satu produk idaman Anda.

Di samping tipe dan material produk, Anda juga perlu mempertimbangkan efisiensi produk saat dan pasca penggunaan. Jangan salah pilih, ya!