10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Menjaga kesehatan kulit bisa dimulai dengan memilih makeup remover yang tepat. Jika Anda tidak membersihkan kulit secara benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan masalah kulit pada kemudian hari. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang dibedakan dari teksturnya.

Supaya Anda dapat memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips cara memilih makeup remover. Sepuluh makeup remover terbaik juga telah kami siapkan sebagai rekomendasi produk. Anda dapat menemukan makeup remover dari Cetaphil, Innisfree, The Body Shop, dan Klairs di dalam artikel ini.

Daftar isi

Cara memilih makeup remover

Supaya bisa menemukan produk yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih makeup remover.

Pilih berdasarkan jenis kulit

Sama seperti memilih skincare, Anda juga harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum memilih makeup remover. Tujuannya agar Anda dapat menemukan formula makeup remover yang pas sehingga terasa nyaman di kulit.

Bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah bahan kandungan yang ramah untuk kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah bahan kandungan yang ramah untuk kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya periksalah komposisi dari sebuah produk makeup remover terlebih dahulu. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, seperti pewarna, pewangi, paraben, dan alkohol. Selain itu, akan lebih baik jika di dalamnya terdapat kandungan yang berfungsi untuk menenangkan kulit.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa keadaan kulit setiap orang berbeda-beda. Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda iritasi, gatal, atau memerah setelah membersihkan wajah, hentikan pemakaian makeup remover tersebut.

Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Seperti yang Anda sudah ketahui, kulit kering membutuhkan pelembap dengan proporsi yang lebih besar dibandingkan jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat mencari makeup remover dengan kandungan glycerin, tocopheryl acetate, olive oil, jojoba oil, hyaluronic acid, dan castor oil yang memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi.

Kandungan-kandungan tersebut juga akan meminimalkan rasa kering dan kesat yang mungkin muncul pada kulit setelah membersihkan makeup. Namun, jika Anda tidak sempat memeriksa komposisinya secara mendalam, Anda dapat langsung memilih makeup remover yang mengandung minyak.

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Sama halnya dengan skincare untuk kulit berminyak, sebaiknya Anda juga mencari makeup remover dengan formula yang ringan. Umumnya, kulit berminyak juga akan diikuti dengan masalah jerawat. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup remover yang mengandung salicylic acid atau allantoin karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan mempercepat proses penyembuhan.

Di samping itu, produk dengan kandungan aloe vera extract, camellia sinensis leaf extract, dan cucumber extract juga dapat dijadikan pilihan. Mengapa? Karena bahan-bahan tersebut berperan sebagai soothing agent yang akan menenangkan kulit dan meredam kemerahan akibat jerawat aktif.

Pilih makeup remover berdasarkan kebutuhan

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makeup remover dengan tekstur yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik dari setiap tekstur agar Anda dapat memilih yang paling nyaman untuk Anda gunakan secara rutin.

Cleansing water: populer dan dapat digunakan semua jenis kulit

Cleansing water: populer dan dapat digunakan semua jenis kulit

Makeup remover bertekstur cair adalah yang paling populer dibandingkan jenis lainnya. Dibuat dengan bahan dasar air, produk ini memiliki formula yang ringan sehingga dapat digunakan semua jenis kulit. Cleansing water juga tidak meninggalkan rasa lengket, melainkan membuat kulit Anda terasa segar setelah mengaplikasikannya. Untuk menggunakannya, Anda perlu menyiapkan kapas sebagai aplikator.

Cleansing oil: tepat untuk pemilik jenis kulit kering

Cleansing oil: tepat untuk pemilik jenis kulit kering

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, makeup remover bertekstur minyak ini pas untuk Anda. Oleh karena berbahan dasar minyak, kulit Anda akan terasa lembap dan kenyal sehingga jauh dari kekeringan. Produk ini juga efektif membantu Anda membersihkan makeup yang memiliki formula waterproof.

Cleansing balm: melunturkan makeup di wajah dan memberikan kelembapan

Cleansing balm: melunturkan makeup di wajah dan memberikan kelembapan

Cleansing balm umumnya dijual dalam kemasan jar. Saat pertama kali diaplikasikan, makeup remover ini bertekstur seperti balsam. Namun, setelah Anda memijatnya pada wajah, teksturnya akan berubah menjadi oil. Nah, saat itulah makeup di wajah Anda akan ikut luntur. Makeup yang telah luntur tersebut dapat diangkat dengan menggunakan tisu atau kapas. Untuk memastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal, Anda dapat melanjutkan membersihkan wajah dengan facial wash.

Cleansing cream: nyaman digunakan pada kulit sensitif

Cleansing cream: nyaman digunakan pada kulit sensitif

Makeup remover bertekstur cream ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda juga dapat menggunakannya saat merasa kulit Anda sedang ada pada kondisi kurang baik akibat hormon yang tidak seimbang. Selain itu, apabila Anda termasuk tipe orang yang kerap menggunakan daily makeup yang ringan, makeup remover ini tepat untuk dijadikan pilihan.

Cleansing milk: tekstur creamy-nya lembut menyentuh kulit wajah

Cleansing milk: tekstur creamy-nya lembut menyentuh kulit wajah

Cleansing milk memiliki tekstur creamy sehingga terasa lembut saat menyentuh kulit wajah Anda. Makeup remover ini dapat membersihkan makeup tanpa mengangkat minyak alami yang berperan sebagai pelembap bagi kulit. Jika makeup remover yang diperkaya kandungan minyak akan meninggalkan rasa licin pada wajah, tidak demikian dengan produk ini. Namun, tidak perlu khawatir karena cleansing milk tetap dilengkapi bahan pelembap. Hanya saja, kelembapannya tidak se-ekstrem saat Anda menggunakan cleansing oil atau cleansing balm.

Cleansing wipes: praktis dan mudah dibawa bepergian

Cleansing wipes: praktis dan mudah dibawa bepergian

Untuk Anda yang sering bepergian atau memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya Anda selalu membawa produk ini di dalam tas. Cleansing wipes hampir mirip dengan tisu basah, tetapi dilengkapi dengan kandungan pembersih sehingga bisa digunakan untuk membersihkan makeup. Jenis ini akan tepat untuk Anda yang mencari makeup remover yang praktis dan tidak memakan banyak tempat penyimpanan.

Sebaiknya pilihlah produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Sebaiknya pilihlah produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin merasa malas dan terlalu lelah untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Terlebih saat Anda menggunakan makeup waterproof. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu hingga semua makeup tersebut dapat dibersihkan.

Karena alasan itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup remover dengan formula yang mampu mengangkat makeup waterproof. Selain mempercepat waktu, kulit wajah Anda juga akan terhindar dari iritasi dan penipisan akibat terlalu lama menggosoknya. Produk seperti ini sangat tepat Anda gunakan untuk membersihkan maskara waterproof karena kulit di area mata lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya.

10 Rekomendasi makeup remover terbaik

Setelah mengetahui tips memilih makeup remover, di bawah ini telah kami siapkan sepuluh produk makeup remover terbaik untuk berbagai jenis dan permasalahan kulit. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Safi White Expert Make Up Remover 

10. Safi White Expert Make Up Remover 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalpak

Harga : Rp 45.000

Dengan teknologi micellar yang membuat proses pembersihan makeup menjadi lebih mudah

Safi White Expert Make Up Remover dilengkapi teknologi micellar sehingga dapat membersihkan makeup dengan lebih maksimal. Bukan itu saja, di dalam produk ini juga terdapat kandungan yang dapat menjaga elastisitas kulit Anda. Bagi Anda yang ingin agar kulitnya tetap elastis dan lembap, kami merekomendasikan makeup remover ini.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit
Jenis Cleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproof Ya
Bahan aktif Habbatus sauda, oxywhite, dan bio hialuronik
Isi 100 ml dan 200 ml

9. Pixy Eye & Lip Makeup Remover

9. Pixy Eye & Lip Makeup Remover

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Harganya tidak akan menguras isi dompet!

Apakah Anda sering menggunakan maskara waterproof, tetapi memiliki kulit yang sensitif pada area mata dan bibir? Jika ya, mungkin Anda harus menggunakan lebih dari satu makeup remover agar aman bagi seluruh bagian wajah. Akibatnya, budget yang dibutuhkan pun lebih besar.

Agar lebih ekonomis, Anda dapat memilih Pixy Eye & Lip Makeup Remover karena harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan produk sejenis lainnya. Selain itu, kandungannya juga bebas alkohol sehingga pas untuk kulit yang sensitif di bagian mata dan bibir.

Untuk tipe kulit Sensitif pada area mata dan bibir
Jenis Cleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproof Ya
Bahan aktif Honey, tocopheryl acetate, dan mineral oil
Isi 60 ml

8. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Cleansing Wipes

8. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Cleansing Wipes

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Perlu membawa makeup remover, tetapi takut tumpah? Cleansing wipes ini dapat mengatasinya!

Bagi Anda yang sibuk dan mengharapkan makeup remover yang mudah digunakan, produk ini dapat menjadi pilihan. Berjenis cleansing wipes, produk dari Body Shop ini tentu lebih aman saat Anda bawa bepergian karena tidak akan tumpah atau bocor.

Dengan produk ini, otomatis Anda juga tidak membutuhkan kapas atau tisu untuk mengangkat makeup dari kulit wajah. Ditambah, di dalamnya terdapat kandungan olive oil yang tidak hanya menghindarkan kulit Anda dari kekeringan, tetapi juga membuatnya lebih mulus.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit
Jenis Cleansing wipes
Mampu membersihkan makeup waterproof Tidak disebutkan
Bahan aktif Glycerin, tocopheryl acetate, olive oil, triticum vulgare germ oil, vitamin Edan ethylhexylglycerin
Isi 25 lembar

7. Avène Gentle Milk Cleanser

7. Avène Gentle Milk Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 298.877

Kemampuan membersihkan makeup secara lembut tanpa memicu iritasi

Diformulasikan untuk pemilik kulit kering, kandungan makeup remover ini diperkaya dengan hyaluronic acid. Setelah menggunakan produk ini, kulit Anda juga akan terasa tenang dan lebih lembut. Dengan formulanya yang ringan, Anda dapat menggunakan produk ini setiap hari tanpa takut memicu iritasi.

Untuk tipe kulit Kering dan sensitif
Jenis Cleansing milk
Mampu membersihkan makeup waterproof Tidak disebutkan
Bahan aktif Avène thermal spring water, hyaluronic acid, vitamin Edan mineral oil
Isi 200 ml

6. Cetaphil Gentle Makeup Remover

6. Cetaphil Gentle Makeup Remover

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Formulanya efektif membersihkan makeup dan kotoran tanpa menyumbat pori-pori

Jika Anda mencari cleansing water yang tidak mengandung minyak dan bersifat non-comedogenic, produk ini pas untuk Anda. Dengan begitu, tidak akan ada residu yang tertinggal dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Formulanya juga sudah dinyatakan lulus uji dermatologi dan ophthalmology sehingga aman digunakan pada kulit yang sensitif. Karena itu, makeup remover ini dapat Anda gunakan saat keadaan kulit sedang tidak stabil.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit
Jenis Cleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproof Tidak disebutkan
Bahan aktif Aloe vera extract, cucumber extract, ginseng root extract, camellia sinensis leaf extract, glycerin, dan allantoin
Isi 117 ml

5. The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil 200ml

5. The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil 200ml

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 209.000

Ingin mencoba cleansing oil, tetapi punya tipe kulit berminyak? Produk yang satu ini dijamin beda!

Tidak hanya membersihkan, makeup remover berikut ini juga akan melembutkan kulit Anda berkat kandungan camomile extract. Tekstur produk ini tidak se-oily cleansing oil pada umumnya sehingga masih dapat digunakan pemilik kulit berminyak.

Oleh karena tekstur tersebut, produk ini dikatakan memiliki format oil-to-milk yang menciptakan silky tekstur. Anda yang memakai lensa kontak juga tidak perlu khawatir karena cleansing oil ini diklaim aman bagi pengguna lensa kontak.

Untuk tipe kulit Sensitif
Jenis Cleansing oil
Mampu membersihkan makeup waterproof Ya
Bahan aktif Glycine soja oil, prunus amygdalus dulcis oil, helianthus annuus seed oil, sesamum indicum seed oil, dan tocopherol
Isi 200 ml

4. Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk

4. Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Anda rentan berjerawat? Coba produk berikut ini!

Hampir sama dengan kulit sensitif, kulit berjerawat juga tidak bisa sembarangan dalam memakai makeup remover. Akan tetapi, Anda dapat memilih produk yang dikhususkan untuk kulit berjerawat, seperti makeup remover dari Mineral Botanica ini. Selain membersihkan makeup, produk ini juga mampu mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah Anda.

Untuk tipe kulit Berjerawat atau berminyak
Jenis Cleansing milk
Mampu membersihkan makeup waterproof Tidak disebutkan
Bahan aktif Pear juice ferment fitrate, allantoin, ethylhexylglycerin, houttuynia cordata extract, melia azadirachta leaf extract, rehmannia chinensis root extract, salicylic acid, scutellaria baicalensis root extract, dan tocopheryl acetate
Isi 90 ml

3. The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream 200ml

3. The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream 200ml

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Kulit wajah yang cerah dan mulus kini dapat Anda miliki!

Anda yang memiliki masalah dengan kulit kusam mungkin akan cocok dengan produk ini. Makeup remover yang satu ini diklaim dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah, halus, dan bersih. Tekstur krimnya yang padat akan mengangkat seluruh makeup dan kotoran tanpa menyebabkan iritasi.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit
Jenis Cleansing cream
Mampu membersihkan makeup waterproof Tidak disebutkan
Bahan aktif Oryza sativa extract, oryza sativa bran oil, saponaria officinalis leaf extract, dan PEG-40 hydrogenated castor oil
Isi 200 ml

2. Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm 80ml

2. Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm 80ml

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.000

Rasakan dan buktikan berbagai manfaat apel pada kulit wajah Anda

Apel dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk bagi kulit Anda. Kandungan vitamin dan asam organik di dalam apel berfungsi sebagai cleansing agent yang secara efektif mampu membersihkan kotoran membandel di kulit. Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda sering terpapar debu dan polusi.

Sementara itu, kandungan asam lemak tak jenuhnya efektif untuk mempertahankan elastisitas kulit. Dengan demikian, kulit Anda akan mendapat perlindungan menyeluruh dari manfaat buah yang satu ini, baik dari dalam maupun luar.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit
Jenis Cleansing balm
Mampu membersihkan makeup waterproof Ya
Bahan aktif Orbignya oleifera seed oil, apple seed oil, apple fruit extract, camellia sinensis leaf extract, camellia japonica leaf extract, citrus extract, opuntia coccinellifera fruit extract, orchid extract, glycerin, dan tocopheryl acetate
Isi 80 ml

1. Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil

1. Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 335.000

Dengan berbagai kandungan natural oil yang cepat melunturkan makeup

Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil diperkaya kandungan natural oil yang kaya antioksidan, mineral, dan vitamin. Dengan kandungan tersebut, kulit Anda tidak akan terasa kesat dan kaku setelah menggunakan makeup remover ini.

Seluruh bahan yang ada di dalam komposisinya adalah formula hypoallergenic yang ringan dan tidak memicu iritasi. Oleh sebab itu, cleansing oil ini kami rekomendasikan untuk Anda pemilik kulit sensitif. Anda juga tidak akan kesulitan untuk membersihkannya walaupun produk ini memiliki tekstur berminyak.

Untuk tipe kulit Semua jenis kulit, termasuk sensitif
Jenis Cleansing oil
Mampu membersihkan makeup waterproof Ya
Bahan aktif Capric triglyceride, jojoba seed oil, soybean oil, sesame seed oil, black currant seed oil, tocopheryl acetate, shea butter, carapa guaianensis seed oil, dan cranberry seed oil
Isi 150 ml

Baca juga rekomendasi pembersih wajah terbaik lainnya di sini!

Pada artikel ini, Anda telah mendapat informasi mengenai makeup remover dari berbagai jenis. Namun, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel terkait lainnya. Pada artikel-artikel tersebut, Anda akan memperoleh informasi yang lebih spesifik mengenai cleansing water, cleansing milk, atau jenis lainnya. Yuk, baca ulasannya pada link di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih makeup remover yang tepat tentu akan berdampak pada kesehatan kulit. Oleh sebab itu, Anda harus menemukan produk yang formulanya sesuai dengan kondisi kulit Anda agar kulit terasa nyaman setelah menggunakannya.

Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda dalam menemukan makeup remover terbaik versi Anda. Selamat berbelanja dan sampai jumpa di artikel lainnya!