• 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Makeup remover adalah produk pembersih wajah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang tersedia di pasaran.


Agar Anda dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips memilih makeup remover. Sepuluh makeup remover terbaik juga telah kami siapkan sebagai rekomendasi produk. Anda dapat menemukan makeup remover yang bagus dari Garnier, Safi, Wardah, dan Nivea di dalam artikel ini. Yuk, simak informasinya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Safira Nisa
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih makeup remover

Untuk mempermudah Anda menemukan produk yang tepat, ketahui dahulu hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih makeup remover. Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pilih berdasarkan jenis kulit

Sama seperti memilih skincare, Anda juga harus mengetahui jenis kulit Anda sebelum memilih makeup remover. Dengan begitu, Anda dapat menemukan formula makeup remover yang pas dan nyaman untuk kulit Anda.

Bagi pemilik kulit sensitif, pilih bahan yang ramah di kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, pilih bahan yang ramah di kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya periksalah komposisi makeup remover yang sedang Anda incar. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, seperti pewarna, pewangi, paraben, dan alkohol. Selain itu, sebaiknya pilih makeup remover untuk kulit sensitif dengan kandungan bahan yang dapat menenangkan kulit.


Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa keadaan kulit setiap orang berbeda-beda. Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda iritasi, gatal, atau memerah setelah membersihkan wajah, hentikan pemakaian makeup remover tersebut.

Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Seperti yang Anda sudah ketahui, kulit kering membutuhkan pelembap dengan porsi lebih banyak dibandingkan jenis kulit lainnya. Karena itu, Anda dapat mencari makeup remover dengan kandungan seperti glycerin, jojoba oil, hyaluronic acid, atau castor oil. Bahan-bahan tersebut memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi sehingga dapat menjaga kelembapan kulit Anda.


Selain itu, bahan pelembap juga akan meminimalkan rasa kering dan kesat yang muncul setelah membersihkan makeup. Namun, jika Anda tidak begitu paham dengan kandungannya, Anda dapat langsung memilih makeup remover yang mengandung minyak.

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Sama halnya dengan skincare untuk kulit berminyak, sebaiknya Anda juga mencari makeup remover dengan formula yang ringan. Umumnya, kulit berminyak diikuti dengan masalah jerawat. Untuk itu, lebih baik pilih makeup remover yang mengandung salicylic acid atau allantoin. Kedua bahan ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkannya, dan mempercepat proses penyembuhan.


Makeup remover untuk kulit berminyak dengan kandungan Aloe vera, Camellia sinensis, dan cucumber extract juga dapat dijadikan pilihan. Bahan-bahan tersebut berperan sebagai soothing agent yang akan menenangkan kulit dan meredam kemerahan akibat jerawat aktif.

Sesuaikan jenis makeup remover dengan kebutuhan

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makeup remover dengan tekstur yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik dari setiap tekstur agar Anda dapat memilih yang paling nyaman untuk pemakaian rutin.

Cleansing water: Populer dan dapat digunakan semua jenis kulit

Makeup remover tipe cair adalah yang paling populer dibandingkan jenis lainnya. Dengan bahan dasar air, produk ini memiliki formula yang ringan sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Cleansing water juga tidak meninggalkan rasa lengket sehingga kulit Anda terasa segar setelah pengaplikasian. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyiapkan kapas sebagai aplikator.

Cleansing oil: Tepat untuk jenis kulit kering

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, makeup remover tipe minyak ini pas untuk Anda. Karena berbahan dasar minyak, kulit Anda akan terasa lembap dan kenyal sehingga jauh dari kekeringan. Produk ini juga efektif membantu Anda membersihkan makeup yang memiliki formula waterproof.

Cleansing balm: Melunturkan makeup di wajah dan memberikan kelembapan

Cleansing balm umumnya dijual dalam kemasan jar. Saat pertama kali diaplikasikan, makeup remover ini bertekstur seperti balsam. Namun, setelah Anda memijat kulit wajah, teksturnya akan berubah menjadi minyak.


Nah, saat itulah makeup di wajah Anda akan ikut luntur. Makeup yang telah luntur tersebut dapat diangkat dengan menggunakan tisu atau kapas. Untuk memastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal, Anda dapat melanjutkan membersihkan wajah dengan facial wash.

Cleansing cream: Nyaman digunakan untuk kulit sensitif

Makeup remover bertekstur krim ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda juga dapat menggunakannya saat kondisi kulit terasa kurang baik akibat hormon yang tidak seimbang. Selain itu, apabila Anda kerap menggunakan daily makeup yang ringan, makeup remover ini tepat untuk dijadikan pilihan.

Cleansing milk: Tekstur creamy-nya lembut menyentuh kulit wajah

Cleansing milk memiliki tekstur creamy sehingga terasa lembut saat menyentuh kulit wajah Anda. Makeup remover ini dapat membersihkan makeup tanpa mengangkat minyak alami yang berperan sebagai pelembap bagi kulit. 


Jika makeup remover yang mengandung minyak akan meninggalkan rasa licin di wajah, tidak demikian dengan produk ini. Namun, tidak perlu khawatir karena cleansing milk tetap dilengkapi bahan pelembap. Hanya saja, kelembapannya tidak seekstrem saat Anda menggunakan cleansing oil atau cleansing balm.

Cleansing wipes: Praktis dan mudah dibawa bepergian

Untuk Anda yang sering bepergian atau memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya Anda membawa produk ini di dalam tas. Cleansing wipes mirip dengan tisu basah, tetapi dilengkapi dengan kandungan pembersih sehingga bisa digunakan untuk membersihkan makeup. Jenis ini tepat untuk Anda yang mencari makeup remover praktis dan tidak memakan banyak tempat penyimpanan.

Sebaiknya pilih produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Sebaiknya pilih produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin merasa malas dan terlalu lelah untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Terlebih saat Anda menggunakan makeup waterproof. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu hingga semua makeup tersebut dapat dibersihkan.


Karena itu, kami merekomendasikan Anda memilih makeup remover dengan formula yang mampu mengangkat makeup waterproof. Selain menghemat waktu, kulit wajah Anda juga akan terhindar dari iritasi akibat terlalu lama digosok. Produk seperti ini cocok untuk membersihkan maskara waterproof karena kulit di area mata lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

KaoBiore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

Mulai dari Rp 88.300,00

10 Rekomendasi makeup remover terbaik

Setelah mengetahui tips memilih makeup remover, di bawah ini telah kami siapkan sepuluh produk makeup remover terbaik untuk berbagai jenis dan permasalahan kulit. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10

The Body ShopVitamin E Gentle Cleansing Face Wipes

Mulai dari Rp 50.000,00

Tipe kulitKulit kering dan dehidrasi
JenisCleansing wipes
Mampu membersihkan makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifVitamin E, organic olive oil, wheatgerm oil
Isi25 lembar (21 cm x 16 cm)
9
Tipe kulitSensitif di area mata dan bibir
JenisCleansing oil
Mampu membersihkan makeup waterproofYa
Bahan aktifNatural honey, tocopheryl acetate, dan mineral oil
Isi60 ml
8
Tipe kulitSemua jenis kulit
JenisCleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproofYa
Bahan aktifAloe vera extract, cucumber extract, ginseng root extract, Camellia sinensis leaf extract, glycerin, dan allantoin
Isi177 ml
7

BeiersdorfNivea Make Up Clear Cleansing Milk

866840480001

Mulai dari Rp 35.200,00

Tipe kulitNormal dan kombinasi
JenisCleansing milk
Mampu membersihkan makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifGrape seed oil, glycerin, Nelumbium speciosum
Isi200 ml
6

Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm 80ml

Mulai dari Rp 210.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing balm
Mampu membersihkan makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifMinyak biji apel
Isi80 ml
5
Tipe kulitSemua jenis kulit
JenisCleansing cream
Mampu membersihkan makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifRice water, soapworth, moringa oil
Isi400 ml
4

VitapharmViva Perfect Cleanse Make Up Remover

Mulai dari Rp 22.500,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing water and oil
Mampu membersihkan makeup waterproofYa
Bahan aktifIsohexadecane, caprlyl methicone, decylglucoside, Cucumis sativus
Isi65 ml
3

Wardah Eye and Lip Makeup Remover

Mulai dari Rp 41.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifCyclomethicone, isohexadecane, sodium chloride
Isi100 ml
2

Unza VitalisSafi White Expert Makeup Remover

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
JenisCleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproofYa
Bahan aktifHabbatus sauda, oxywhite, dan bio hyaluronic
Isi100 ml
1

GarnierMicellar Oil-Infused Cleansing Water

125 ml

Mulai dari Rp 44.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing water
Mampu membersihkan makeup waterproofYa
Bahan aktifArgania spinosa oil, butyl methoxydibenzoylmethane, decyl glucoside, diotassium phosphate
Isi50 ml, 125 ml, 400 ml

Tabel perbandingan produk makeup remover terbaik

Gambar produk
1
Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water 1

Garnier

2
Unza Vitalis Safi White Expert Makeup Remover  1

Unza Vitalis

3
Wardah  Eye and Lip Makeup Remover 1

Wardah

4
Vitapharm Viva Perfect Cleanse Make Up Remover 1

Vitapharm

5
THE FACE SHOP Rice Water Bright Cleansing Cream 1

THE FACE SHOP

6
Innisfree  Apple Seed Cleansing Oil Balm 80ml 1

Innisfree

7
Beiersdorf Nivea Make Up Clear Cleansing Milk 1

Beiersdorf

8
Cetaphil  Gentle Makeup Remover 1

Cetaphil

9
PIXY Eye & Lip Makeup Remover 1

PIXY

10
The Body Shop Vitamin E Gentle Cleansing Face Wipes 1

The Body Shop

Nama produk

Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Safi White Expert Makeup Remover

Eye and Lip Makeup Remover

Viva Perfect Cleanse Make Up Remover

Rice Water Bright Cleansing Cream

Apple Seed Cleansing Oil Balm 80ml

Nivea Make Up Clear Cleansing Milk

Gentle Makeup Remover

Eye & Lip Makeup Remover

Vitamin E Gentle Cleansing Face Wipes

Keunggulan

Teknologi Micellar-nya dapat mengangkat sisa makeup layaknya magnet

Kandungan Bio Hyaluronic yang menjaga kulit tetap elastis

Sekali usap saja, sisa makeup terangkat berkat teknologi One Wipe Cleansing Power

Bisa untuk membersihkan seluruh wajah, harganya ekonomis pula!

Kulit wajah yang cerah dan mulus kini dapat Anda miliki!

Membersihkan sisa makeup hingga ke pori-pori terdalam

Bersihkan makeup dengan lembut dan tanpa residu

Formulanya efektif membersihkan makeup tanpa menyumbat pori-pori

Harganya tidak menguras isi dompet, mata dan bibir pun bersih seketika

Praktis dan antitumpah, mampu membersihkan makeup di mana pun

Harga mulai dariRp 44.000,00Rp 45.000,00Rp 41.000,00Rp 22.500,00Rp 295.000,00Rp 210.000,00Rp 35.200,00Rp 200.000,00Rp 28.000,00Rp 50.000,00
Tipe kulitTidak disebutkanSemua jenis kulitTidak disebutkanTidak disebutkanSemua jenis kulitTidak disebutkanNormal dan kombinasiSemua jenis kulitSensitif di area mata dan bibirKulit kering dan dehidrasi
JenisCleansing waterCleansing waterCleansing waterCleansing water and oilCleansing creamCleansing balmCleansing milkCleansing waterCleansing oilCleansing wipes
Mampu membersihkan makeup waterproofYaYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaTidak disebutkan
Bahan aktifArgania spinosa oil, butyl methoxydibenzoylmethane, decyl glucoside, diotassium phosphateHabbatus sauda, oxywhite, dan bio hyaluronicCyclomethicone, isohexadecane, sodium chlorideIsohexadecane, caprlyl methicone, decylglucoside, Cucumis sativusRice water, soapworth, moringa oilMinyak biji apelGrape seed oil, glycerin, Nelumbium speciosumAloe vera extract, cucumber extract, ginseng root extract, Camellia sinensis leaf extract, glycerin, dan allantoinNatural honey, tocopheryl acetate, dan mineral oilVitamin E, organic olive oil, wheatgerm oil
Isi50 ml, 125 ml, 400 ml100 ml100 ml65 ml400 ml80 ml200 ml177 ml60 ml25 lembar (21 cm x 16 cm)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya di sini

Di artikel ini, Anda telah mendapat informasi mengenai makeup remover dari berbagai jenis. Namun, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel terkait lainnya. Di artikel-artikel tersebut, Anda akan memperoleh informasi yang lebih spesifik mengenai cleansing water, cleansing milk, atau jenis lainnya. Yuk, baca ulasannya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih makeup remover yang tepat tentu akan berdampak kepada kesehatan kulit. Karena itu, temukan produk dengan formula yang sesuai dengan kondisi kulit agar kulit terasa nyaman setelah menggunakannya.


Semoga poin-poin yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menemukan makeup remover terbaik versi Anda, ya. Silakan bookmark artikel ini agar mudah dibaca ulang dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Dengan metode double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Double cleansing perlu dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit sensitif. Pria dan wanita sama-sama dapat melakukan double cleansing sejak remaja agar kulit tampak glowing. Nah, artikel ini berisi poin-poin yang dapat membantu Anda memilih produk double cleansing yang bagus. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk terbaik, di antaranya double cleansing merk Viva, Wardah, dan Nivea. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merk Bioré, DHC, Hada Labo, dan lainnya. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil, sampai yang non-comedogenic.Kali ini, mybest original review akan membahas tuntas cleansing oil yang sedang populer. Seluruh kegiatan review dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan mempertimbangkan dua hal berikut.1. Kemampuan membersihkan makeup2. Kandungan bahanSetelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cleansing oil terbaik untuk berbagai jenis kulit. Mari temukan produk terbaik bagi Anda dengan kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Produk ini memungkinkan Anda membersihkan wajah lebih cepat karena diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran. Itulah sebabnya micellar water menjadi makin populer belakangan ini. Garnier, Nivea, Wardah, dan Bioderma adalah sebagian merk yang memproduksi micellar water berkualitas.Banyaknya produk ini di pasaran mungkin membuat Anda jadi bingung memilih. Namun, tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips praktis dalam memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi micellar water terbaik yang bagus dan berkualitas. Simak, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang bagus. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merk terkenal, seperti The Body Shop, Pond's, dan Clinique juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Saat ini dunia skincare diramaikan dengan pembersih wajah yang mampu menutrisi kulit, salah satunya cleansing balm. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Kendati demikian, cleansing balm akan meleleh pada suhu tubuh. Anda pun bisa menemukan cleansing balm merek lokal terbaik dengan mudah.Di artikel ini, kami menyiapkan tips dan memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek cleansing balm lokal seperti Somethinc, Lumier, dan Fanbo ada dalam rekomendasi kami. Selamat menyimak!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik untuk Makeup yang Waterproof (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik untuk Makeup yang Waterproof (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah seharian menggunakan makeup, sebelum beristirahat Anda pasti ingin membersihkan wajah sebersih-bersihnya. Ada berbagai macam jenis pembersih wajah, tetapi kali ini kami akan membahas pembersih makeup jenis cleansing water yang dapat dengan mudah menghapus makeup jenis waterproof sekalipun.Pembersih makeup jenis ini sangat pas digunakan oleh Anda yang sibuk. Merek seperti Wardah, Garnier, Bioderma, dan L’oreal tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Selain menjelaskan tentang cara memilih cleansing water untuk makeup yang waterproof, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori