• 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Makeup Remover Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Makeup remover adalah produk pembersih wajah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang tersedia di pasaran.


Agar Anda dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips memilih makeup remover yang bagus. Sepuluh makeup remover terbaik telah kami siapkan sebagai rekomendasi produk. Ada makeup remover lokal yang bagus, ada juga prouk merek Garnier, Pond's, dan Pixy di dalam artikel ini. Yuk, simak informasinya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2022
Daftar isi

Apa fungsi dan manfaat makeup remover?

Apa fungsi dan manfaat makeup remover?

Secara umum, makeup remover adalah produk perawatan wajah yang berfungsi untuk menghapus dan membersihkan makeup di wajah. Mengapa harus menggunakan makeup remover


  • Makeup remover dapat membantu mengangkat kotoran secara maksimal. Setelah seharian beraktivitas, makeup yang Anda gunakan akan bercampur dengan minyak, bakteri, dan kotoran. Bila hanya menggunakan facial wash, sisa makeup serta kotoran bisa menyumbat pori dan menyebabkan berbagai masalah kulit. 


  • Makeup remover membantu mengurangi risiko timbulnya komedo dan jerawat akibat tersumbatnya pori-pori


  • Makeup remover juga mencegah penuaan dini dan terjadinya iritasi akibat kandungan tertentu dari produk makeup.

Makeup remover memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada yang berupa micellar water, cleansing oil, cleansing balm, dan lain sebagainya. Anda dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Cara memilih makeup remover

Untuk mempermudah Anda menemukan produk yang tepat, ketahui dahulu hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih makeup remover. Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pilih berdasarkan jenis kulit

Sama seperti memilih skincare, Anda juga harus mengetahui jenis kulit Anda sebelum memilih makeup remover. Dengan begitu, Anda dapat menemukan formula makeup remover yang pas dan nyaman untuk kulit Anda.

Produk dengan bahan ramah kulit, untuk kulit sensitif

Produk dengan bahan ramah kulit, untuk kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, periksalah komposisi makeup remover yang sedang Anda incar. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, seperti pewarna, pewangi, paraben, dan alkohol. Selain itu, sebaiknya pilih makeup remover untuk kulit sensitif dengan kandungan bahan yang dapat menenangkan kulit.


Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa keadaan kulit setiap orang berbeda-beda. Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda iritasi, gatal, atau memerah setelah membersihkan wajah, hentikan pemakaian makeup remover tersebut. Bahkan, akan lebih baik lagi bila melakukan uji coba dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan produk tertentu.

Produk dengan kandungan pelembap, untuk kulit kering

Produk dengan kandungan pelembap, untuk kulit kering

Seperti yang Anda sudah ketahui, kulit kering membutuhkan pelembap dengan porsi lebih banyak dibandingkan jenis kulit lainnya. Karena itu, Anda dapat mencari makeup remover dengan kandungan seperti glycerin, jojoba oil, hyaluronic acid, atau castor oil. Bahan-bahan tersebut memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi sehingga dapat menjaga kelembapan kulit Anda.


Selain itu, bahan pelembap juga akan meminimalkan rasa kering dan kesat yang muncul setelah membersihkan makeup. Namun, jika Anda tidak begitu paham dengan kandungannya, Anda dapat langsung memilih makeup remover yang mengandung minyak. Kandungan minyak dapat memberi kelembapan dengan baik untuk kulit yang kering.

Produk dengan formula ringan dan tidak lengket, untuk kulit berminyak

Produk dengan formula ringan dan tidak lengket, untuk kulit berminyak

Sama halnya dengan skincare untuk kulit berminyak, sebaiknya Anda juga mencari makeup remover dengan formula yang ringan. Umumnya, kulit berminyak diikuti dengan masalah jerawat. Untuk itu, lebih baik pilih makeup remover yang mengandung salicylic acid atau allantoin. Kedua bahan ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkannya, dan mempercepat proses penyembuhan.


Makeup remover untuk kulit berminyak dengan kandungan Aloe vera, Camellia sinensis, dan cucumber extract juga dapat dijadikan pilihan. Bahan-bahan tersebut berperan sebagai soothing agent yang akan menenangkan kulit dan meredam kemerahan akibat jerawat aktif.

Sesuaikan jenis makeup remover dengan kebutuhan

Sesuaikan jenis makeup remover dengan kebutuhan

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makeup remover dengan tekstur yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik dari setiap tekstur agar Anda dapat memilih yang paling nyaman untuk pemakaian rutin.


  • Cleansing water: Makeup remover berbahan dasar air yang formulanya ringan sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Kulit akan terasa segar setelah pengaplikasian karena tidak meninggalkan rasa lengket. Tipe ini merupakan makeup remover yang paling populer.

  • Cleansing oil:  Karena berbahan dasar minyak, makeup remover tipe ini pas untuk untuk Anda yang berkulit kering. Kulit akan terasa lembap dan kenyal sehingga jauh dari kekeringan. Produk ini juga efektif membantu Anda membersihkan makeup yang memiliki formula waterproof.

  • Cleansing balm: Bertekstur seperti balsam dan umumnya dijual dalam kemasan jar. Direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan deep cleansing dan kelembapan ekstra. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikannya ke wajah, lalu pijat sampai tekstur berubah menjadi minyak dan kotoran luntur.

  • Cleansing cream: Makeup remover bertekstur krim ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda juga dapat menggunakannya saat kondisi kulit terasa kurang baik akibat hormon yang tidak seimbang. Selain itu, apabila Anda kerap menggunakan daily makeup yang ringan, makeup remover ini tepat untuk dijadikan pilihan.

  • Cleansing milk: Memiliki tekstur creamy sehingga terasa lembut saat menyentuh kulit wajah Anda. Makeup remover ini dapat membersihkan makeup tanpa mengangkat minyak alami yang berperan sebagai pelembap bagi kulit.

  • Cleansing wipes: Untuk Anda yang sering bepergian atau memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya Anda membawa produk ini di dalam tas. Cleansing wipes mirip dengan tisu basah, tetapi dilengkapi dengan kandungan pembersih sehingga bisa digunakan untuk membersihkan makeup. Jenis ini tepat untuk Anda yang mencari makeup remover praktis dan tidak memakan banyak tempat penyimpanan.

Cek produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Cek produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin merasa malas dan terlalu lelah untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Terlebih saat Anda menggunakan makeup waterproof. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu dan usaha hingga semua makeup waterproof dibersihkan.


Karena itu, kami merekomendasikan Anda memilih makeup remover dengan formula yang mampu mengangkat makeup waterproof. Selain menghemat waktu, kulit wajah Anda juga akan terhindar dari iritasi akibat terlalu lama digosok. Produk seperti ini cocok untuk membersihkan waterproof eye makeup karena kulit di area mata lebih tipis dibandingkan lainnya.

10 Rekomendasi makeup remover terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makeup remover terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 18 September 2022: 

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa POND's Brightening Micellar Water memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
POND's Bright Beauty Brightening Micellar Water 1

POND's

2
Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water 1

Garnier

3
Maybelline Eye + Lip Make Up Remover 1

Maybelline

4
Kao Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 150ml 1

Kao

5
Unza Vitalis Safi Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer 1

Unza Vitalis

6
Unza Vitalis Safi White Expert Makeup Remover 100 ml 1

Unza Vitalis

7
SOMETHINC Omega Butter Deep Cleansing Balm 1

SOMETHINC

8
PIXY Eye & Lip Makeup Remover 1

PIXY

9
Wardah Lightening Cleansing Milk 1

Wardah

10
Mitu Shikada Facial Cleansing Wipes 1

Mitu

Nama produk

Bright Beauty Brightening Micellar Water

Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Eye + Lip Make Up Remover

Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 150ml

Safi Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer

Safi White Expert Makeup Remover 100 ml

Omega Butter Deep Cleansing Balm

Eye & Lip Makeup Remover

Lightening Cleansing Milk

Shikada Facial Cleansing Wipes

Keunggulan

Satu juta micelles-nya bersihkan wajah hanya dalam sekali usap

Teknologi Micellar-nya dapat mengangkat sisa makeup layaknya magnet

Hapus makeup waterfproof dengan minimal effort!

Formulanya efektif membersihkan makeup tanpa menyumbat pori-pori

Lawan tanda-tanda penuaan dini dengan keajaiban gold extract

Kandungan Bio Hyaluronic menjaga kulit tetap elastis

Membersihkan kotoran hingga ke pori-pori terdalam dalam dua puluh detik!

Harganya tidak menguras isi dompet, mata dan bibir pun bersih seketika

2 in 1 formula, bersihkan sekaligus cerahkan wajah Anda

Praktis dan antitumpah, mampu membersihkan makeup di mana pun

Harga mulai dariRp 9.500,00Rp 50.000,00Rp 80.000,00Rp 102.300,00Rp 69.900,00Rp 45.000,00Rp 45.000,00Rp 29.500,00Rp 20.500,00Rp 19.500,00
Tipe kulitSemua jenis kulitTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSemua jenis kulitSensitifSensitif di area mata dan bibirTidak disebutkanTidak disebutkan
JenisCleansing waterCleansing waterCleansing waterCleansing oilCleaning creamCleansing waterCleansing balmCleansing oilCleansing milkCleansing wipes
Untuk makeup waterproofTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan aktifGlycerin, niacinamide, Rosa gallica flower extract, Rosa damascena flower oil,  Paeonia lactiflora root extract, castor oilArgania spinosa oil, butyl methoxydibenzoylmethane, decyl glucoside, diotassium phosphatePanthenol, sodium chloride, cyclopentasiloxane, isopropyl palmitateParaffinum liquidum, decyl glucoside, glyceryl oleate, alcohol, tocopherolGlycerin,gold extract, silk protein, vitamin cHabbatus sauda, oxywhite, dan bio hyaluronicSynthetic wax, Helianthus annuus seed oil, sea buckthorn oil, apple seed oil, bergamot fruit oil, cica ekstract, calendula extractNatural honey, tocopheryl acetate, dan mineral oil Glycerin, niacinamide, olive oil, titanium dioxideGlycerin, Aloe barbadensis leaf extract, Cucumis sativus fruit extract, Chamomilla, recutita, flower extract
Isi55 ml, 100 ml, 235 ml50 ml, 125 ml, 400 ml40 ml, 70 ml, 150 ml150 ml150 ml100 ml5 gram, 40 gram60 ml100 ml10 lembar, 30 lembar
Tautan produk
10

MituShikada Facial Cleansing Wipes

Mulai dari Rp 19.500,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing wipes
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifGlycerin, Aloe barbadensis leaf extract, Cucumis sativus fruit extract, Chamomilla, recutita, flower extract
Isi10 lembar, 30 lembar
9
Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing milk
Untuk makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktif Glycerin, niacinamide, olive oil, titanium dioxide
Isi100 ml
8
Tipe kulitSensitif di area mata dan bibir
JenisCleansing oil
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifNatural honey, tocopheryl acetate, dan mineral oil
Isi60 ml
7

SOMETHINCOmega Butter Deep Cleansing Balm

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe kulitSensitif
JenisCleansing balm
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifSynthetic wax, Helianthus annuus seed oil, sea buckthorn oil, apple seed oil, bergamot fruit oil, cica ekstract, calendula extract
Isi5 gram, 40 gram
6

Unza VitalisSafi White Expert Makeup Remover 100 ml

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
JenisCleansing water
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifHabbatus sauda, oxywhite, dan bio hyaluronic
Isi100 ml
5

Unza VitalisSafi Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer

Mulai dari Rp 69.900,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleaning cream
Untuk makeup waterproofTidak disebutkan
Bahan aktifGlycerin,gold extract, silk protein, vitamin c
Isi150 ml
4

KaoBiore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil 150ml

Mulai dari Rp 102.300,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing oil
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifParaffinum liquidum, decyl glucoside, glyceryl oleate, alcohol, tocopherol
Isi150 ml
3

MaybellineEye + Lip Make Up Remover

Mulai dari Rp 80.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing water
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifPanthenol, sodium chloride, cyclopentasiloxane, isopropyl palmitate
Isi40 ml, 70 ml, 150 ml
2

GarnierMicellar Oil-Infused Cleansing Water

Mulai dari Rp 50.000,00

Tipe kulitTidak disebutkan
JenisCleansing water
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifArgania spinosa oil, butyl methoxydibenzoylmethane, decyl glucoside, diotassium phosphate
Isi50 ml, 125 ml, 400 ml
1

POND'sBright Beauty Brightening Micellar Water

Mulai dari Rp 9.500,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
JenisCleansing water
Untuk makeup waterproof
Bahan aktifGlycerin, niacinamide, Rosa gallica flower extract, Rosa damascena flower oil,  Paeonia lactiflora root extract, castor oil
Isi55 ml, 100 ml, 235 ml

Tips membersihkan makeup dengan tepat

Tips membersihkan makeup dengan tepat

Seringnya menggunakan makeup dianggap sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Padahal, selain faktor kandungan makeup, masalah kulit bisa terjadi karena cara membersihkan makeup yang kurang tepat. Maka dari itu, simak tips membersihkan makeup yang tepat dari kami berikut ini.


  • Pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih agar tidak terjadi kontaminasi yang memicu masalah.

  • Bersihkan bagian mata terlebih dahulu dengan eye makeup remover. Anda bisa merendam kapas dengan eye makeup remover lalu letakkan kapas yang sudah direndam pada mata. Diamkan selama 1520 detik, kemudian usap ke arah bawah mata dengan lembut. Balik kapas dan gunakan bagian yang bersih untuk membersihkan kelopak mata dengan mengusap ke arah atas.

  • Bersihkan seluruh area wajah dengan cara dipijat bila menggunakan cleansing oil, balm, milk. Gunakan kapas bila Anda menggunakan cleansing water. Lakukan gerakan memutar perlahan dan secara lembut sampai kotoran bersih dengan tuntas.

  • Bersihkan area mulut menggunakan cleansing oil atau cleansing balm dengan gerakan memutar. Bila dirasa kurang bersih, Anda juga bisa lanjut menggunakan lip scrub untuk membuang sisa kulit mati.

  • Cuci wajah dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah itu, lanjutkan dengan step skincare rutin Anda agar kulit wajah tetap terjaga dan terawat.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Di artikel ini, Anda telah mendapat informasi mengenai makeup remover dari berbagai jenis. Namun, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel terkait lainnya. Di artikel-artikel tersebut, Anda akan memperoleh informasi yang lebih spesifik mengenai cleansing balm, cleansing cream, atau jenis lainnya. Yuk, baca ulasannya melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih makeup remover yang tepat tentu akan berdampak kepada kesehatan kulit. Karena itu, temukan produk dengan formula yang sesuai dengan kondisi kulit agar kulit terasa nyaman setelah menggunakannya.


Semoga poin-poin yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menemukan makeup remover terbaik versi Anda, ya. Silakan bookmark artikel ini agar mudah dibaca ulang dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Makeup Remover Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita yang memfokuskan riasan pada area mata, seperti menggunakan alis, eyeliner, eyeshadow, dan maskara. Nah, untuk mengangkat semua riasan hingga bersih, Anda membutuhkan eye remover atau eye makeup remover. Terlebih, jika Anda menggunakan riasan yang bersifat waterproof, Anda akan membutuhkan makeup remover waterproof.Kali ini kami akan membagikan tips memilih eye makeup remover yang bagus. Kami juga bakal mengulas produk terbaik dari berbagai merek, seperti Nivea, Wardah, dan Maybelline. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori