• 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Lantai rumah yang bersih dan selalu kinclong adalah dambaan banyak orang. Guna mendapatkan lantai yang bersih, maka Anda harus mengepelnya secara rutin. Sayangnya, mengepel menggunakan air saja tidak cukup. Anda harus memakai cairan pembersih lantai supaya kuman dan bakteri pergi.

Ada banyak merek pembersih lantai yang dijual di pasaran, seperti Wipol, Super Pell, atau So Klin Lantai. Pembersih mana yang cocok untuk lantai rumah Anda? Jika Anda sedang bingung mencari pembersih lantai, silakan baca artikel ini hingga tuntas. Kami akan menjelaskan mengenai cara memilih pembersih lantai sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik.
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juli 2020
  • 20.940 Views
Daftar isi

Cara memilih pembersih lantai

Mungkin banyak orang berpikir bahwa semua pembersih lantai itu sama, nyatanya tidak. Meski sama-sama berfungsi membersihkan lantai, masing-masing produk memiliki keunggulan serta tujuan pemakaian yang berbeda. Ada produk yang bertujuan sebagai pengharum, ada yang untuk menghilangkan noda membandel, hingga ada yang bertujuan menghilangkan kuman dan bakteri.
Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan tips mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli pembersih lantai. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda ingat dan terapkan.

Sesuaikan cairan pembersih dengan jenis lantai yang hendak dibersihkan

Jenis lantai rumah sangatlah beragam. Ada lantai keramik, porselen, marmer, tegel, beton hingga kayu. Tiap jenis lantai memiliki cara perawatan yang berbeda. Guna mendapatkan lantai yang bersih terawat dan berkilau, sebaiknya Anda menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis lantainya. Selain itu, lakukan perawatan yang benar terhadap lantai tersebut.

Lantai keramik dan porselen, hindari cairan pembersih dengan kandungan asam

Lantai keramik dan porselen, hindari cairan pembersih dengan kandungan asam
Keramik merupakan material yang paling banyak digunakan sebagai lantai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan perawatannya mudah dan menampilkan kesan rumah yang bersih. Cara membersihkan lantai keramik cukup dengan menyapu dan mengepelnya secara rutin. Hindari menggunakan pembersih lantai dengan kandungan asam (acid) yang tinggi karena bisa mengikis lapisan glazur. Setelah dipel, sebaiknya lantai langsung dikeringkan supaya kotoran tidak menempel lagi.

Lantai kayu, gunakan pembersih khusus kayu supaya tidak kusam

Lantai kayu, gunakan pembersih khusus kayu supaya tidak kusam
Lantai kayu atau yang dikenal dengan nama parquet menciptakan kesan rumah yang hangat dan menyenangkan. Sayangnya, lantai kayu mudah tergores sehingga Anda harus melakukan perawatan khusus. Sebaiknya Anda membersihkan lantai kayu dengan vacuum cleaner. Sesudahnya pel dengan kain yang tidak terlalu basah. Jangan lupa gunakan cairan pembersih khusus untuk kayu. Hindari membersihkan parquet dengan bahan yang mengandung wax karena semakin lama parquet akan terlihat kusam.

Lantai tegel, bisa dibersihkan dengan produk untuk lantai keramik

Lantai tegel, bisa dibersihkan dengan produk untuk lantai keramik
Seiring dengan tren lantai keramik, lantai tegel makin jarang dijumpai. Biasanya yang masih menggunakan tegel adalah rumah-rumah lawas atau mereka yang menyukai hal-hal vintage. Cara merawat lantai tegel cukup gampang, yakni dibersihkan dengan sapu dan kain pel. Cairan pembersihnya bisa menggunakan produk untuk keramik. Satu hal yang harus diingat, jangan sampai lantai tegel terkena cairan asam cuka karena nodanya akan sulit dihilangkan.

Lantai marmer, gunakan pembersih khusus dengan pH netral

Lantai marmer, gunakan pembersih khusus dengan pH netral
Lantai marmer yang berkilauan akan memunculkan kesan mewah dan berkelas. Lantai jenis ini memiliki pori-pori yang bisa menyerap cairan dan noda dengan cepat sehingga Anda harus rajin membersihkannya. Gunakan cairan pembersih dengan pH netral. Setelah itu, keringkan dengan lap atau microfiber kering. Selain mengepel, perawatan khusus lainnya adalah dengan mengoleskan krim khusus untuk lantai marmer.

Lantai beton, tidak harus dipel setiap hari

Lantai beton, tidak harus dipel setiap hari
Seiring dengan maraknya tren desain kontemporer dan industrial, lantai beton dan semen makin populer khususnya dipakai pada bangunan coffee shop. Cara merawatnya pun sangat mudah. Anda cukup menyapunya setiap hari atau membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Setelahnya, pel lantai menggunakan air hangat yang dicampur dengan pembersih lantai dengan kadar pH yang rendah. Pastikan juga kain pel yang Anda gunakan tidak terlalu basah. Mengepel lantai beton tidak harus dilakukan setiap hari.

Untuk lantai kamar mandi dan dapur, gunakan produk dengan daya pembersih yang kuat

Untuk lantai kamar mandi dan dapur, gunakan produk dengan daya pembersih yang kuat
Dibandingkan lantai ruang tamu, kamar, atau ruang-ruang lainnya, lantai dapur dan lantai kamar mandi biasanya jauh lebih kotor. Jika lantai dapur seringnya kotor akibat minyak dan sisa-sisa hasil masakan, beda halnya dengan kamar mandi. Ruangan yang lembap ini biasanya kotor karena lumut atau sisa-sisa busa sabun yang menempel kemudian berkerak.
Untuk membersihkan lantai dapur dan kamar mandi, sebaiknya Anda menggunakan produk dengan daya pembersih yang kuat. Hal ini bertujuan supaya noda-noda yang ada bisa terangkat sempurna dan lantai kembali bersih. Bahkan Anda juga bisa menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan guna membuat bakteri dan jamur pergi.

Pilih pembersih dengan aroma yang disukai

Pilih pembersih dengan aroma yang disukai
Produsen cairan pembersih lantai mengeluarkan produk dengan aroma yang beragam. Ada yang menghadirkan aroma alami hutan pinus, aroma buah yang segar, aroma bunga yang wangi, hingga aroma khas disinfektan. Sebaiknya sebelum membeli, Anda sudah punya pilihan aroma untuk lantai rumah Anda.
Bagi beberapa orang, aroma khas disinfektan dianggap sebagai aroma rumah sakit. Mereka tidak menyukainya sebab itu mengingatkan pada kenangan buruh. Di sisi lain, bagi banyak orang lainnya, aroma tersebut justru dianggap menyegarkan. Untuk itu, pastikan memilih cairan pembersih lantai dengan aroma yang disukai supaya rumah terasa lebih nyaman.

Pilih pembersih yang mengandung antibakteri atau disinfektan

Pilih pembersih yang mengandung antibakteri atau disinfektan
Anak-anak biasanya suka bermain di lantai, apalagi mereka yang masih berusia balita. Lantai menjadi tempat favorit untuk belajar merangkak, belajar berjalan, berguling-guling, atau sekadar duduk dan asyik dengan mainannya. Bayangkan jika lantai rumah Anda kotor dan penuh kuman, tentu saja hal itu akan menjadi sumber penyakit bagi buah hati.
Guna menghindari hal buruk terjadi, sebaiknya Anda memilih pembersih yang mengandung antikuman dan antibakteri. Pembersih lantai yang mengandung disinfektan akan membuat lantai rumah Anda bersih dan higienis. Jika lantai sudah bebas kuman, Anda tak perlu khawatir lagi saat si kecil bermain di lantai

10 Rekomendasi pembersih lantai terbaik

Kami telah membuat daftar sepuluh cairan pembersih lantai yang bisa Anda gunakan untuk mengepel. Selain memberikan informasi dasar, kami juga mengulas mengenai keunggulan masing-masing produk. Temukanlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Kemasan dan isiBotol 800 ml
AromaTidak ada keterangan
AntibakteriTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiKeramik dan porselen (khusus kamar mandi dan dapur yang berkerak)
9
Kemasan dan isiPouch 800 ml
AromaTea tree
AntibakteriTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiKeramik, marmer, tegel, beton
8
Kemasan dan isiPouch 630 ml
AromaBunga lavender
AntibakteriAda
Untuk jenis lantaiSemua jenis lantai
7
Kemasan dan isiPouch 400 ml
AromaTidak ada keterangan
AntibakteriTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiKayu
6
Kemasan dan isiPouch 800 ml
AromaTidak ada keterangan
AntibakteriTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiMarmer dan granit
5
Kemasan dan isiPouch 770 ml
AromaCherry Rose
AntibakteriTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiKeramik, marmer, tegel, beton
4
Kemasan dan isiPouch 700 ml
AromaApel
AntibakteriAda
Untuk jenis lantaiKeramik, marmer, tegel, beton
3
Kemasan dan isiPouch 750 ml
AromaSereh (Citronella)
AntibakteriAda
Untuk jenis lantaiKeramik, marmer, tegel, beton
2
Kemasan dan isiPouch 800 ml
AromaBunga lavender
AntibakteriAda
Untuk jenis lantaiKeramik, tegel, beton, marmer
1
Kemasan dan isiPouch 800 ml
AromaClassic pine
Anti bakteriAda
Untuk jenis lantaiTegel, keramik, marmer, beton

Tabel perbandingan produk pembersih lantai terbaik

Gambar produk
1
Wipol  Karbol Wangi Classic Pine 5in1 1

Wipol

2
So Klin  Lantai Aromatic Spa Floral Lavender 1

So Klin

3
SOS  Pembersih Lantai – Sereh 1

SOS

4
Dettol Multi Action Floor Cleaner 1

Dettol

5
Super Pell  Pembersih Lantai Cherry Rose 1

Super Pell

6
Mr. Muscle  Axi Marmer 1

Mr. Muscle

7
Pledge Wood Floor Cleaner 1

8
Yuri  Aganol Antibacterial Floor Cleaner Lavender 1

Yuri

9
Mr. Muscle Pembersih Lantai Kamar Bayi Dan Anak 1

Mr. Muscle

10
Vixal  Pembersih Porselen Kuat Harum 1

Vixal

Nama produk

Karbol Wangi Classic Pine 5in1

Lantai Aromatic Spa Floral Lavender

Pembersih Lantai – Sereh

Multi Action Floor Cleaner

Pembersih Lantai Cherry Rose

Axi Marmer

Pledge Wood Floor Cleaner

Aganol Antibacterial Floor Cleaner Lavender

Pembersih Lantai Kamar Bayi Dan Anak

Pembersih Porselen Kuat Harum

KeunggulanKarbol dengan aroma segar c...Aromatic spa yang menenangk...Mengusir serangga dan membu...Rekomendasi tenaga medis pr...Dengan formula Cif Advanced...Lantai marmer rumah Anda ak...Mempertahankan kilau indah ...Lantai kayu, marmer, dan la...Terbuat dari ekstrak tumbuh...Hadirkan lantai kamar mandi...
HargaRp 15.000,00Rp 9.000,00Rp 11.000,00Rp 10.800,00Rp 11.200,00Rp 24.400,00Rp 15.500,00Rp 9.900,00Rp 9.600,00Rp 20.000,00
Kemasan dan isiPouch 800 mlPouch 800 mlPouch 750 mlPouch 700 mlPouch 770 mlPouch 800 mlPouch 400 mlPouch 630 mlPouch 800 mlBotol 800 ml
AromaClassic pineBunga lavenderSereh (Citronella)ApelCherry RoseTidak ada keteranganTidak ada keteranganBunga lavenderTea treeTidak ada keterangan
AntibakteriAdaAdaAdaAdaTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganAdaTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Untuk jenis lantaiTegel, keramik, marmer, betonKeramik, tegel, beton, marmerKeramik, marmer, tegel, betonKeramik, marmer, tegel, betonKeramik, marmer, tegel, betonMarmer dan granitKayuSemua jenis lantaiKeramik, marmer, tegel, betonKeramik dan porselen (khusus kamar mandi dan dapur yang berkerak)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat pel di sini!

Mengepel lantai bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan, apalagi jika Anda masih mengepel secara manual alias menggunakan kain. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini ada banyak produsen menciptakan alat pel yang mudah dan praktis digunakan. Kami sudah mengulasnya pada artikel-artikel di bawah ini.

Baca juga rekomendasi sabun pembersih toilet di sini!

Supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam membersihkan lantai kamar mandi dan toilet, sebaiknya Anda menggunakan pembersih khusus yang disesuaikan dengan karakter toilet. Jika Anda ingin mengetahuinya, kami telah menulis tentang rekomendasi sabun pembersih toilet terbaik. Silakan Anda cek di link ini!

Kesimpulan

Di bagian atas, kami telah menjelaskan cara memilih pembersih lantai, serta merekomendasikan pembersih terbaik. Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda sudah menemukan pembersih yang cocok untuk lantai rumah Anda?
Sebelum membeli, pastikan Anda tahu jenis lantai di rumah Anda sehingga tidak salah pilih. Jangan lupa pula untuk mencari pembersih yang mampu mengusir kuman sehingga lantai bersih higienis. Selamat membersihkan rumah, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    185.460 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    210.065 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    55.767 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    39.777 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pisau dapur merupakan salah satu peralatan penting yang harus ada di dapur. Selain pisau koki yang biasa digunakan, ada juga pisau daging, pisau paring, dan lain-lain. Setiap pisau memiliki harga, kualitas, dan bahan bilah yang berbeda-beda.Kali ini, kami akan merekomendasikan pisau dapur terbaik yang tersedia di pasaran, seperti Oxone, IKEA, Victorinox, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menginformasikan bagaimana cara memilih pisau dapur supaya Anda tidak salah membeli. Temukan pisau dapur yang cocok untuk Anda dan nikmatilah waktu memasak.
    Kebutuhan rumah tangga
    28.966 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    43.469 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keistimewaan dari pulpen gel adalah tidak mudah luntur. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek dan tipe pulpen gel, termasuk juga pulpen frixion. Ditambah lagi, Anda juga harus memilih tingkat ketebalan ujung pena dan warna tinta yang sesuai dengan kebutuhan. Anda mungkin akan bingung dalam memilih yang terbaik.Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih pulpen gel terbaik. Setelahnya, kami juga memberi rekomendasi pulpen gel yang dapat Anda beli di toko online Indonesia. Terdapat beberapa merek yang dapat Anda pilih, antara lain Pilot, Kenko, Zebra, dan Pentel. Semoga Anda dapat menemukan produk yang memenuhi kebutuhan dan selera Anda. Mari kita mulai!
    Kebutuhan rumah tangga
    16.294 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori