• 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Merawat wajah merupakan ritual yang harus dilakukan oleh para wanita agar kulit tampak cantik, cerah, dan awet muda. Salah satu jenis masker yang banyak digemari adalah clay mask, masker berbahan dasar abu vulkanik atau sedimen yang kaya mineral. Ada banyak merek clay mask di pasaran, seperti Innisfree, Freeman, atau Garnier.

Jika Anda sedang mencari tahu tentang clay mask, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan memberikan informasi tentang clay mask, cara memilihnya, serta berbagai rekomendasi produk untuk Anda. Jangan sampai ketinggalan, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.227 Views
Daftar isi

Apa itu clay mask?

Apa itu clay mask?
Clay mask merupakan masker yang banyak digemari oleh banyak wanita. Masker ini berasal dari abu vulkanik maupun sedimen yang kaya akan mineral, seperti magnesium, kalsium, bersi, silika, dan potasium. Clay mask berbeda dengan mud mask atau masker lumpur. Secara umum, keduanya berfungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit Anda. Namun, mud mask lebih berfungsi untuk melembapkan kulit, sedangkan clay mask berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih.
Fungsi clay mask membuat masker ini lebih cocok digunakan untuk Anda dengan kulit normal sampai berminyak. Namun, ada beberapa produk yang diformulasikan untuk kulit sensitif dan kering. Tidak hanya untuk kulit wajah, clay mask juga dapat Anda gunakan untuk badan serta rambut Anda.

Cara memilih clay mask

Setelah mengetahui fungsi clay mask, kami akan menjelaskan tentang cara memilih produk yang tepat. Perhatikan beberapa poin berikut agar Anda mendapatkan produk yang sesuai.

Pilih jenis clay berdasarkan jenis kulit

Ada berbagai jenis clay sehingga Anda perlu memilihnya berdasarkan jenis kulit Anda. Berikut ini adalah berbagai jenis clay yang digunakan pada masker.

Bentonite clay untuk kulit normal sampai berminyak

Bentonite clay untuk kulit normal sampai berminyak
Bentonite merupakan clay yang berasal dari abu vulkanik. Namanya diambil dari nama Fort Benton, Wyoming, tempat bentonite banyak ditemukan. Jika Anda kurang yakin tentang tipe kulit Anda, pilihlah bentonite clay. Bentonite clay juga dapat mengurangi rasa gatal karena psoriasis dan eczema. Selain untuk masker, bentonite juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan ketika dikonsumsi.

Kaolin clay untuk kulit berjerawat

Kaolin clay untuk kulit berjerawat
Selain bentonite, kaolin juga merupakan jenis clay yang banyak digunakan pada masker. Kaolin atau dikenal dengan nama lain China clay pertama kali ditemukan di KaoLing, sebuah lembah di Cina. Ada beberapa jenis kaolin seperti putih, kuning, dan merah. Kaolin putih merupakan kaolin yang banyak digunakan sebagai masker. Teksturnya yang halus sangat cocok untuk kulit wajah. Kaolin dapat bersifat sebagai disinfektan yang berfungsi untuk mengurangi jerawat serta iritasi pada kulit.

Fuller’s earth clay untuk kulit yang sangat berminyak

Fuller’s earth clay untuk kulit yang sangat berminyak
Fuller’s earth dinamai berdasarkan para pekerja tekstil “Fuller”. Fuller’s earth clay berasal dari sedimen dengan kandungan mineral terbanyaknya aluminum magnesium silicate. Awalnya clay ini digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada kain. Oleh karena kemampuannya tersebut, clay ini mulai dijadikan bahan masker untuk menyerap minyak berlebih pada kulit. Namun, jenis clay ini cukup jarang ditemui di pasaran Indonesia.

French green clay untuk kulit sensitif

French green clay untuk kulit sensitif
Sesuai namanya, french green clay pertama kali ditemukan di selatan Perancis. Warna hijau pada clay ini berasal dari alga dan rumput laut cokelat atau kelp. Selain mineral, french green clay juga mengandung fitonutrien yang berasal dari alga dan kelp tersebut. Jenis clay ini bermanfaat untuk mengurangi inflamasi, seperti jerawat, reaksi alergi pada kulit, dan sunburn. Meskipun clay ini cocok untuk kulit sensitif, gunakan satu kali saja dalam seminggu agar kulit Anda tidak kering.

Rhassoul clay untuk mencegah penuaan kulit

Rhassoul clay untuk mencegah penuaan kulit
Jenis clay asal Maroko ini lebih kaya kandungan mineralnya, terutama silika, magnesium, dan potasium. Kandungan mineral rhassoul ini dapat mengembalikan elastisitas kulit, mengencangkan, dan merevitalisasi kulit. Teksturnya lebih lembut sehingga dapat digunakan dalam jumlah sedikit sebagai sabun. Rhassoul clay digunakan oleh wanita di daerah Afrika Selatan sebagai masker kulit dan rambut selama ratusan tahun.

Perhatikan bahan aktif lainnya

Perhatikan bahan aktif lainnya
Kebanyakan produk yang dijual tidak hanya mengandung clay, tetapi juga diformulasikan dengan bahan lainnya untuk mempercantik kulit Anda. Bahan-bahan aktif lainnya kebanyakan berasal dari tanaman, seperti teh hijau, tea tree oil, madu, serta buah-buahan lainnya. Bahan yang digunakan di dalam clay mask berguna untuk melembapkan kulit, menghilangkan jerawat, sampai membantu mengencangkan kulit.

10 Rekomendasi clay mask terbaik

Setelah mengetahui tips cara memilih clay mask, berikut ini adalah rekomendasi beberapa produk clay mask. Anda dapat memilihnya sesuai dengan jenis kulit Anda.
Jenis clayKaolin
Bahan aktifSerbuk kopi, roasted cocoa extract, coriander seed oil
Jenis clayBentonite dan kaolin
Bahan aktifRye seed extract, willow bark, Aloe vera, coconut oil, tea tree oil
Jenis clayFrench green clay
Bahan aktifTea tree oil, witch hazel extract, shea butter
Jenis clayKaolin
Bahan aktifTeh hijau

6. Freeman Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Rp 80.000,00

Jenis clayBentonite
Bahan aktifTeh, lemon
Jenis clayKaolin
Bahan aktifMadu bunga liar, minyak argan, kakadu plum
Jenis clayMoroccan lava (rhassoul)
Bahan aktifRosemary extract

3. Origins Original Skin Retexturizing Mask With Rose Clay

Rp 150.000,00

Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan aktifRosa centifolia flower extract, Epilobium angustifolium extract, chestnut seed extract, Albizia julibrissin bark extract, algae extract
Jenis clayKaolin dan bentonite
Bahan aktifAloe vera, Tasmanian pepper, cucumber fruit extract, chamomile flower extract, Vanilla planifolia fruit extract
Jenis clayBentonite dan kaolin
Bahan aktifWalnut shell powder

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan clay mask

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan clay mask
Sama seperti menggunakan masker lainnya, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan clay mask. Pastikan Anda mencuci wajah sampai bersih dan pastikan juga tidak ada bekas makeup yang tersisa di wajah Anda. Kulit yang bersih membuat clay mask lebih efektif digunakan. Anda dapat mengaplikasikan clay mask dengan kuas maupun tangan Anda. Jika Anda ingin mengaplikasikan dengan tangan, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih.
Oleskan clay mask pada wajah Anda dengan lapisan yang tidak terlalu tebal. Tunggu 10-15 menit sesuai saran penggunaan sambil menikmati musik atau film favorit Anda. Jangan sampai terlalu lama agar tidak over dry karena dapat membuat kulit Anda kering bahkan iritasi.
Selanjutnya, basahkan handuk wajah dengan air hangat dan bersihkan clay mask dengan gerakan memutar. Pastikan tidak ada clay mask yang tersisa pada bagian dekat rambut, alis, dan hidung Anda. Setelah wajah Anda bersih dari clay mask, ambil handuk kering dan tepuk-tepukan pada wajah Anda hingga tidak terlalu basah. Seperti perawatan wajah pada umumnya, gunakanlah pelembap setelah selesai menggunakan clay mask.

Baca juga rekomendasi masker wajah terbaik lainnya

Selain clay mask, ada berbagai jenis masker lainnya yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Berikut ini adalah rekomendasi masker lainnya agar wajah Anda tetap awet muda, mulus, dan memukai. Ada masker yang berbahan lumpur, lidah buaya, dan masker yang berbentuk sheet mask. Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah dapat menentukan clay mask yang sesuai? Perhatikan jenis kulit Anda dan jenis bahan-bahan di dalam clay mask. Jangan sampai Anda salah pilih karena dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering atau iritasi.
Perhatikan juga cara pemakaiannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian pembahasan tentang clay mask. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    61.733 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    74.019 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    59.401 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    60.845 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    40.479 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    49.436 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Arginine adalah salah satu jenis asam amino yang baik untuk kesehatan. Sebagai suplemen kesehatan, arginine bermanfaat untuk kecantikan maupun untuk menambah stamina tubuh. Arginine juga dikenal sebagai suplemen bagi atlet dan identik dikonsumsi oleh pria.Di pasaran sendiri, bisa Anda temukan berbagai merek suplemen arginine, seperti Puritan’s Pride, Now Food, dan Nature’s Plus. Setiap produk tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, baik dari segi kandungan maupun manfaatnya. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai arginine termasuk rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    1.337 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori