• 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Clay mask adalah salah satu jenis masker yang banyak digemari oleh para wanita masa kini. Masker berbahan dasar abu vulkanik atau sedimen kaya mineral ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk wajah. Ada clay mask untuk kulit kombinasi, komedo, berjerawat, dan lain-lain yang populer di pasaran.

Kali ini kami akan mengulas tips memilih clay mask yang bagus untuk Anda. Selanjutnya, tersedia pula sepuluh rekomendasi clay mask dari berbagai merk, seperti Innisfree, Emina, dan L'Oréal Paris. Temukan juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Namira Adzani
Leyla Imtichanah
Anastasia Adelline
  • Pembaharuan terakhir: 16 Juni 2021
  • 182.825 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Berkolaborasi dengan certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Apa itu clay mask?

Apa itu clay mask?
Clay atau tanah liat telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu sebagai masker untuk perawatan wajah. Kabarnya, clay mask juga digunakan oleh ratu Mesir, Kleopatra, sebagai salah satu ritual kecantikannya. Masker ini biasanya berasal dari abu vulkanik atau sedimen yang kaya akan mineral. Beberapa mineral yang terkandung di dalam clay mask adalah magnesium, kalsium, besi, silika, dan potasium.

Banyak orang sering salah mengira bahwa clay mask sama dengan mud mask. Secara umum, keduanya sama-sama berfungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah. Namun, mud mask lebih berfungsi untuk melembapkan kulit, sedangkan clay mask untuk mengangkat minyak berlebih.


Berdasarkan fungsinya, clay mask bisa digunakan oleh pemilik kulit normal dan berminyak. Namun, ada pula beberapa produk yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan sensitif. Tidak hanya untuk kulit wajah, clay mask juga dapat digunakan untuk badan serta rambut Anda.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Clay mask adalah masker wajah yang dibuat dari tanah liat tertentu. Tanah liat yang digunakan biasanya mengandung kaolin dan bentonite. Nah, masker ini bekerja untuk:


  1. Purifying agent yang dapat menyerap minyak berlebih di wajah penyebab masalah kulit seperti komedo dan jerawat. 
  2. Dapat membuka pori-pori yang tersumbat oleh komedo sehingga pemilik tipe kulit berminyak banyak menggemari jenis masker ini.

Setelah menggunakan clay mask, biasanya kulit terasa lebih kencang dan lebih bersih karena semua kotoran di wajah terasa terangkat. Karena itu, clay mask dikenal dengan istilah masker untuk detoksifikasi karena sifatnya yang terbukti efektif untuk mengangkat kotoran di wajah.

Cara memilih clay mask

Setelah mengetahui fungsi clay mask, kami akan menjelaskan tentang cara memilih produk yang tepat. Perhatikan beberapa poin berikut agar Anda mendapatkan produk yang sesuai.

Sesuaikan jenis clay dengan tipe kulit Anda

Clay pada clay mask ada banyak jenisnya. Adapun jenis clay mask yang populer di Indonesia adalah bentonite, kaolin, dan Moroccan lava atau rhassoul clay. Untuk memilihnya, sesuaikanlah jenis clay tersebut dengan tipe kulit Anda.

Bentonite clay, untuk kulit normal sampai berminyak

Bentonite clay, untuk kulit normal sampai berminyak
Bentonite merupakan jenis clay yang berasal dari abu vulkanik dan paling sering dipakai pada produk clay mask. Namanya diambil dari nama Fort Benton, Wyoming, tempat bentonite banyak ditemukan. Bentonite clay memiliki daya serap yang tinggi sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit normal sampai berminyak. Clay ini juga berguna untuk mengencangkan kulit dan mengurangi rasa gatal akibat psoriasis dan eczema.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Clay mask memang berasal dari tanah liat, tetapi tidak semua tanah liat bisa dijadikan clay mask. Bentonite clay memang salah satu yang populer dalam ingredient list clay mask. Bahan ini berasal dari abu vulkanik dan mengandung ion-ion bermuatan negatif sehingga bisa menyerap racun-racun yang memiliki ion-ion positif


Selain mampu membersihkan wajah dari minyak berlebih pada kulit berminyak, produk ini juga bisa digunakan pemilik tipe kulit normal. Anda yang bermasalah dengan iritasi atau dermatitis bakteri juga dapat menggunakan produk ini. Hal ini karena bentonite memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri.

Kaolin clay, untuk kulit berjerawat

Kaolin clay, untuk kulit berjerawat
Selain bentonite, jenis clay lain yang banyak digunakan pada masker adalah kaolin clay. Kaolin dikenal juga dengan sebutan China clay karena pertama kali ditemukan di KaoLing, yakni sebuah lembah di Cina. Pada dasarnya, ada beberapa jenis kaolin, seperti kaoilin putih, kuning, dan merah.

Namun, kaolin yang paling banyak dipakai pada clay mask adalah jenis kaolin putih. Ia memiliki tekstur yang halus sehingga pas digunakan sebagai masker untuk kulit wajah. Kaolin clay dapat digunakan sebagai disinfektan untuk mengurangi jerawat dan iritasi pada kulit.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sama dengan bentonite clay, kaolin clay juga berfungsi sebagai purifying agent. Beberapa manfaat kaolin clay bisa dilihat di bawah ini:


  1. Dapat membersihkan kotoran di wajah seperti sebum dan komedo.
  2. Dapat menenangkan peradangan yang terjadi pada kulit berjerawat.
  3. Dapat mengatasi kulit kemerahan akibat iritasi. 

Namun, harap diingat bahwa kaolin memiliki kekuatan yang lebih mild bila dibandingkan dengan bentonite. Karena itu, kandungan ini lebih bisa diterima acne-prone skin atau berjerawat. Jika kulit Anda berjerawat dan mengalami peradangan yang agak berat, cobalah clay mask dengan bahan kaolin. Hal ini penting agar Anda terhindar dari iritasi.

Moroccan lava atau rhassoul clay, untuk semua jenis kulit

Moroccan lava atau rhassoul clay, untuk semua jenis kulit
Moroccan lava atau rhassoul clay adalah jenis clay yang cocok untuk semua jenis kulit. Clay asal Maroko ini lebih kaya kandungan mineralnya, terutama silika, magnesium, dan potasium. Kandungan mineral yang terdapat pada clay ini dapat mengembalikan elastisitas kulit, mengencangkan, dan merevitalisasi kulit. Clay ini memiliki harga yang relatif tinggi dan sering digunakan untuk perawatan spa mewah.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Moroccan lava atau yang dikenal dengan nama tanah liat rhassoul adalah tanah liat berwarna cokelat. Jenis tanah liat ini hanya ditemukan di lembah pegunungan Atlas, Maroko. Istilah rhassoul berasal dari bahasa Arab yang artinya mencuci. Tanah liat ini sudah lama digunakan di bidang kosmetik dan perawatan badan. 


Hal ini karena tanah liat ini kaya akan magnesium dan potasium yang bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan ini juga mampu membersihkan kotoran di pori-pori wajah dan menjaga elastisitas kulit. Karena tanah liat ini hanya terdapat di lembah Atlas, Maroko, harganya pun cenderung tinggi.

Periksa kandungan bahan aktif di dalamnya

Tak hanya mengandung clay, produk clay mask juga diformulasikan dengan bahan aktif lainnya untuk mempercantik kulit Anda. Bahan tersebut biasanya berguna untuk melembapkan, menghilangkan jerawat, sampai membantu mengencangkan kulit wajah. Simak selengkapnya berikut ini.

Titanium dioksida, berfungsi sebagai tabir surya

Titanium dioksida, berfungsi sebagai tabir surya

Titanium dioksida atau titanium dioxide banyak digunakan dalam produk makanan dan kecantikan. Pasalnya, zat yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan warna dan mengawetkan makanan. Di dunia kecantikan, titanium dioxide memiliki manfaat yang tidak kalah penting.


Bahan aktif ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan saat siang hari, pilihlah clay mask yang mengandung titanium dioksida.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sunscreen atau tabir surya berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Paparan sinar UV dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan efek photo-damaged atau kerusakan kulit akibat sinar UV. Hal ini ditandai antara lain dengan timbulnya flek di wajah, keriput, atau garis halus. Kulit juga bisa berubah warna menjadi gelap akibat terbakar. 


Terdapat berbagai macam kandungan UV filter pada sunscreen untuk melindungi kulit dengan mekanisme yang berbeda-beda. Salah satu UV filter tersebut adalah titanium dioxide (TiO2). Tabir surya yang mengandung titanium dioxide tergolong physical sunscreen. Titanium telah disetujui oleh FDA untuk dipergunakan pada tabir surya dan termasuk aman untuk digunakan pada anak usia di atas enam bulan (Gustavsson, n.d.).

Silikon, gliserin, dan trehalose bermanfaat untuk wajah kering dan kusam

Silikon, gliserin, dan trehalose bermanfaat untuk wajah kering dan kusam

Silikon adalah zat yang diperoleh dengan cara mengolah pasir atau silika menjadi bentuk cair. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, clay mask yang mengandung silika sangatlah dianjurkan. Sebab, zat silika akan menghidrasi kulit Anda dan membuatnya tampak glowing dan bebas kerutan. Namun, karena dibuat melalui proses kimiawi, bahan aktif ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.


Selanjutnya, gliserin memiliki fungsi yang hampir sama dengan silika, tetapi sedikit lebih baik darinya. Selain melembapkan, glycerin juga berfungsi untuk menenangkan kulit dan mempertahankan keseimbangan air sehingga kulit lembap lebih lama. 


Bahan aktif ini juga bermanfaat sebagai anti-aging untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit tetap awet muda. Sementara itu, trehalose berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan memiliki manfaat yang sama dengan silikon dan gliserin.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Penyebab kulit tampak kusam adalah tanda kondisi kulit yang sedang kering. Kekeringan pada kulit bisa terjadi karena Anda memang memiliki tipe kulit kering atau kulit Anda sedang dehidrasi. Keduanya dapat diatasi jika Anda menggunakan pelembap atau moisturizer.


Silikon dan gliserin adalah kandungan yang sering terdapat pada moisturizer. Namun, ketahuilah bahwa keduanya memiliki mekanisme kerja yang berbeda. Silikon termasuk pelembab yang oklusif dan bekerja seolah-olah membuat satu layer ekstra di atas permukaan kulit. 


Lapisan tersebut berfungsi untuk menahan air dari dalam sel kulit supaya tidak menguap. Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan moisturizer dengan kandungan silikon, kulit biasanya akan terasa sangat lengket. Kandungan ini sangat efektif untuk Anda yang memiliki masalah kulit dry dan very dry


Di lain sisi, gliserin adalah salah satu kandungan pelembap golongan humektan yang bekerja dengan cara menarik air dari udara untuk masuk ke dalam sel kulit. Humektan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering, tetapi tidak terlalu parah.

Kandungan asam untuk mencerahkan kulit, mengurangi minyak berlebih, dan membersihkan pori

Kandungan asam untuk mencerahkan kulit, mengurangi minyak berlebih, dan membersihkan pori

Kandungan asam atau acid juga banyak digunakan sebagai campuran clay mask. Adapun contoh asam yang sering dipakai yaitu stearic acid, lactic acid, citric acid, dan hyaluronic acid. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini.


  • Stearic acid adalah jenis asam yang terbuat dari lemak nabati. Asam ini berfungsi untuk melembutkan tekstur kulit, mengunci kelembapan, hingga membuat kosmetik lebih menempel di wajah.
  • Lactic acid atau asam laktat dipercaya efektif untuk mencerahkan wajah Anda. Kandungan asam ini bekerja dengan cara mengatasi hiperpigmentasi, menyamarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit.
  • Citric acid memiliki fungsi yang mirip dengan lactic acid, yakni mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik hitam. Baiknya lagi, asam ini juga efektif untuk menyamarkan garis-garis halus di wajah Anda.
  • Hyaluronic acid atau asam hialuronat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Jenis asam ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan sekaligus melindungi kulit dari gejala penuaan dini.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Skincare dengan kandungan acid sangat beragam jenisnya. Acid atau asam yang berfungsi sebagai eksfoliator tergolong menjadi AHA, BHA, dan TCA. Kandungan AHA sangat efektif untuk lapisan atas kulit karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Karena itu, kandungan ini dapat mencerahkan kulit. Contoh kandungan yang termasuk AHA antara lain adalah glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid.


Di satu sisi, BHA adalah ingredients yang efektif untuk membersihkan minyak atau komedo di wajah. Karena itu, BHA dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan membersihkan pori, contohnya salicylic acid


Selain AHA dan BHA, TCA adalah zat asam yang harus digunakan dalam pengawasan dokter saja. Hal ini karena zat ini mampu menembus lapisan kulit dermis atau lapisan yang dalam. Karena hal ini, zat ini bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar atau bahkan mematikan jaringan kulit.

Niacinamide, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat

Niacinamide, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat

Niacinamide adalah turunan vitamin B yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Zat ini sangat sering dipakai pada pembuatan skincare, termasuk masker. Bila digunakan secara rutin, niacinamide sangatlah efektif untuk mengobati jerawat serta menyamarkan bintik hitam dan bekas jerawat. Bahan aktif ini juga mampu mengecilkan pori serta mengurangi kerutan dan garis halus.

Pilih berdasarkan jenis masker dan kemasannya

Pilih berdasarkan jenis masker dan kemasannya

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih clay mask adalah jenis masker dan kemasannya. Beberapa jenis clay mask yang sering ditemui di pasaran ialah yang berbentuk bubuk, peel-off, scrub, dan clay mask biasa atau krim. Clay mask berbentuk bubuk perlu dicairkan terlebih dahulu menggunakan cairan, baik itu air biasa, air mawar, hingga cuka apel. Sementara itu, clay mask peel-off, scrub, dan krim jauh lebih praktis karena bisa langsung diaplikasikan di wajah Anda.


Terakhir, kemasan clay mask terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu kemasan tube, jar atau stoples, dan sachet. Jika untuk digunakan di rumah, Anda bisa memilih clay mask dalam kemasan jar dan tube. Kemasan tube juga lebih higienis karena bagian clay mask tidak terpapar seluruhnya. Sementara itu, kemasan sachet cocok untuk Anda yang ingin mencoba masker varian baru atau ingin membawanya bepergian.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask

Mulai dari Rp 116.000,00

Spesialis
mybest

SOME BY MISuper Matcha Pore Clean Clay Mask

Mulai dari Rp 130.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi clay mask terbaik

Setelah mengetahui tips memilih clay mask, berikut ini kami akan merekomendasi beberapa produk clay mask terbaik. Anda dapat memilihnya sesuai dengan jenis kulit Anda.
10
Jenis clayTidak disebutkan
Isi100 g
Jenis maskerBubuk
Bahan aktifTidak disebutkan
9
Jenis clayKaolin, bentonite, dan morrocan lava
Isi8 g
Jenis maskerKrim
Bahan aktifTitanium dioxide, glycerin, dan niacinamide
8
Jenis clayBentonite
Isi454 g
Jenis maskerBubuk
Bahan aktifTidak disebutkan
7
Jenis clayKaolin dan bentonite
Isi60 ml
Jenis maskerKrim (Shoothe and Smooth dan Sebum Control) dan scrub (Brightening)
Bahan aktifTitanium dioxide, glycerin, serta hydrate silica dan niacinamide (hanya di varian Brightening)
6

FreemanClearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Mulai dari Rp 98.600,00

Jenis clayBentonite
Isi175 ml
Jenis maskerPeel-off
Bahan aktifGlycerin, silica, dan titanium dioxide
5

The Body ShopSeaweed Oil Balancing Clay Mask

Mulai dari Rp 259.000,00

Jenis clayKaolin, bentonite, dan heilmoor clay
Isi100 ml
Jenis maskerKrim
Bahan aktifGlycerin dan citric acid
4
Jenis clayKaolin dan bentonite
Isi30 g
Jenis maskerKrim
Bahan aktifGlycerin, titanium dioxide, dan trehalose
3
Jenis clayKaolin dan Moroccan lava
Isi50 ml
Jenis maskerKrim
Bahan aktifGlycerin
2
Jenis clayKaolin dan bentonite
Isi100 ml
Jenis maskerKrim
Bahan aktifStearic acid, glycerin, dan citric acid
1

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis clayBentonite dan kaolin
Isi100 ml
Jenis maskerKrim
Bahan aktifTitanium dioxide, glycerin, silica, trehalose, stearic acid, dan lactic acid

Tabel perbandingan produk clay mask terbaik

Gambar produk
1
Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1

Innisfree

2
Sukin Pink Clay Facial Masque 1

Sukin

3
L'Oréal Paris Pure Clay Mask Pore Refining 1

L'Oréal Paris

4
Wardah C-Defense Waterclay Mask 1

Wardah

5
The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask 1

The Body Shop

6
Freeman Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask 1

Freeman

7
Emina Cosmetics Clay Mask 1

Emina Cosmetics

8
Aztec Secret Indian Healing Clay 1

Aztec Secret

9
Unilever POND'S Mineral Clay Mask 1

Unilever

10
Ms Glow Green Tea Pore Clay Mask 1

Ms Glow

Nama produk

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Pink Clay Facial Masque

Pure Clay Mask Pore Refining

C-Defense Waterclay Mask

Seaweed Oil Balancing Clay Mask

Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Clay Mask

Indian Healing Clay

POND'S Mineral Clay Mask

Green Tea Pore Clay Mask

Keunggulan

Sepuluh manfaat dalam satu produk!

Formulas bahan alami yang dirancang khusus untuk kulit sensitif

Saatnya ucapkan selamat tinggal pada pori-pori besar!

Skincare halal dengan tekstur yang ringan dan watery

Efektif mengontrol minyak, membersihkan, dan menyegarkan kulit

Mudah dibersihkan, antiribet!

Tersedia dalam tiga varian masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit

Terbuat dari bentonite clay asal California, ampuh menghilangkan komedo

Kemasan ekonomis yang praktis dibawa bepergian

Masker teh hijau untuk mengobati dan mencegah jerawat timbul kembali

Harga mulai dariRp 190.000,00Rp 229.000,00Rp 159.000,00Rp 42.000,00Rp 259.000,00Rp 98.600,00Rp 39.500,00Rp 174.000,00Rp 12.000,00Rp 125.000,00
Jenis clayBentonite dan kaolinKaolin dan bentoniteKaolin dan Moroccan lavaKaolin dan bentoniteKaolin, bentonite, dan heilmoor clayBentoniteKaolin dan bentoniteBentoniteKaolin, bentonite, dan morrocan lavaTidak disebutkan
Isi100 ml100 ml50 ml30 g100 ml175 ml60 ml454 g8 g100 g
Jenis maskerKrimKrimKrimKrimKrimPeel-offKrim (Shoothe and Smooth dan Sebum Control) dan scrub (Brightening)BubukKrimBubuk
Bahan aktifTitanium dioxide, glycerin, silica, trehalose, stearic acid, dan lactic acidStearic acid, glycerin, dan citric acidGlycerinGlycerin, titanium dioxide, dan trehaloseGlycerin dan citric acidGlycerin, silica, dan titanium dioxideTitanium dioxide, glycerin, serta hydrate silica dan niacinamide (hanya di varian Brightening)Tidak disebutkanTitanium dioxide, glycerin, dan niacinamideTidak disebutkan
Tautan produk

Tips menggunakan clay mask

Tips menggunakan clay mask
Sama seperti menggunakan masker lainnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan clay mask. Mari disimak di bawah ini.

  1. Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan clay mask. Pastikan Anda mencuci wajah sampai bersih dan pastikan juga tidak ada bekas makeup yang tersisa di wajah Anda. Kulit yang bersih akan membuat clay mask lebih efektif digunakan.
  2. Setelah itu, oleskan clay mask pada wajah Anda dengan lapisan yang tidak terlalu tebal. Tunggu 10–15 menit sesuai saran penggunaan sambil menikmati musik atau film favorit Anda. 
  3. Saat sudah kering, basahi handuk wajah dengan air hangat dan bersihkan clay mask dengan gerakan memutar. Pastikan tidak ada clay mask yang tersisa pada bagian dekat rambut, alis, dan hidung Anda. 
  4. Setelah wajah Anda bersih dari clay mask, ambil handuk kering dan tepuk-tepukan pada wajah Anda hingga tidak terlalu basah. Jika diperlukan, gunakanlah pelembap setelah menggunakan clay mask.

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini

Selain clay mask, ada berbagai jenis masker yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Berikut ini adalah rekomendasi aneka jenis masker supaya wajah Anda tetap awet muda, mulus, dan memukau. Ada masker yang berbahan lumpur, lidah buaya, dan masker yang berbentuk sheet mask. Anda bisa membaca ulasan lengkapnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan clay mask yang sesuai? Cara mudah memilih clay mask yang tepat adalah dengan memperhatikan jenis kulit Anda dan sesuaikan kandungan bahannya. Jangan sampai Anda salah pilih karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering atau iritasi.

Tak lupa, perhatikan juga cara pemakaiannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian pembahasan tentang clay mask dari kami, sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Have a nice day!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    891.788 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    685.313 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    611.009 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    493.498 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!
    Perawatan wajah
    613.303 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    141.739 Views
  • 10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Facial Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap wanita tentu mendambakan kulit wajah yang sehat dan indah. Salah satu musuh terbesar bagi kulit adalah kurang kelembapan atau kering. Hal ini dapat menyebabkan keriput, jerawat, dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, facial steamer hadir untuk menjadi penyelamat bagi kulit Anda.Facial steamer akan meningkatkan kesehatan kulit Anda dengan uap atau ion yang dihasilkannya. Anda akan menemukan beragam produk keluaran Panasonic, MINISO, JACO, dan sebagainya. Jadi, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi facial steamer terbaik agar Anda makin mudah memilih.
    Perawatan wajah
    3.263 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori