10 Rekomendasi Snack Bars Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Snack bars adalah camilan berbentuk batang dan terbuat dari multigrain yang semakin digemari belakangan ini. Snack praktis yang satu ini hadir dalam berbagai varian rasa yang menarik. Beberapa merek snack bars dapat Anda temui di minimarket maupun supermarket terdekat, seperti Fitbar, Soyjoy, Zee, dan lain-lain.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih snack bars? Informasi seputar snack bars akan kami berikan untuk Anda di dalam artikel kali ini. Tidak ketinggalan juga kami akan memberikan berbagai rekomendasi snack bars dalam berbagai varian rasa. Selamat membaca!

Daftar isi

Snack bars yang sedang populer

Snack bars yang sedang populer

Snack bars pertama kali beredar di Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Snack batangan ini terbuat dari oats, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Kandungan gizinya, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein, juga tergolong lengkap. Selain kelengkapan kandungan gizi, ukurannya yang kecil membuat snack bars menjadi pilihan makanan pengganjal perut yang praktis. Di zaman yang serba cepat ini, snack bars dapat menjadi alternatif camilan saat Anda sedang sibuk.

Selain itu, kandungan gizi snack bars membuat snack ini masuk dalam golongan makanan darurat. Snack bars juga digemari orang yang sedang menjaga pola hidup sehat. Kandungan seratnya sangat baik untuk pencernaan Anda dan kalorinya pun tergolong rendah sebagai camilan.

Perlu Anda perhatikan bahwa snack bars adalah camilan dan bukan pengganti makanan utama Anda. Jangan mengonsumsi snack bars secara berlebihan karena Anda akan kelebihan kalori.

Cara memilih snack bars

Sudah paham tentang snack bars? Berikut kami jelaskan tetang cara memilih snack bars yang sehat sebagai camilan Anda.

Periksa kandungan nutrisinya

Meskipun snack bars tergolong dalam camilan sehat, Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisinya serta kegiatan Anda. Beberapa snack bars mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi. Jangan sampai camilan Anda nilainya melebihi jumlah nutrisi yang seharusnya Anda konsumsi.

Perhatikan jumlah kalori dalam snack bars

Perhatikan jumlah kalori dalam snack bars

Snack bars bukanlah pengganti makanan utama sehingga Anda harus memperhatikan jumlah kalori per batangnya. Pilihlah snack bars dengan jumlah kalori antara 100-150 kkal atau sekitar 600 kJ. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi snack bars setelah berolahraga berat, pilihlah snack bars dengan jumlah kalori yang lebih tinggi. Snack bars dengan kalori yang lebih tinggi akan membantu mengembalikan stamina Anda setelah berolahraga.

Perhatikan kandungan karbohidrat, gula, dan serat

Perhatikan kandungan karbohidrat, gula, dan serat

Snack bars memang memiliki rasa yang cenderung manis. Anda perlu memperhatikan kandungan karbohidrat di dalamnya. Kandungan karbohidrat terbagi menjadi dua, yakni gula dan serat pangan. Pilihlah snack bars dengan kandungan karbohidrat total maksimal 20 gram.

Perhatikan juga kandungan gula dan serat pangannya. Pilihlah kandungan gula kurang dari 10 gram dan kandungan serat pangan 1-4 gram atau lebih. Kelebihan jumlah gula di dalam tubuh tentu sangat tidak baik untuk kesehatan Anda.

Perhatikan kandungan protein dan lemak

Perhatikan kandungan protein dan lemak

Protein sangat penting untuk pembentukan otot serta membuat Anda lebih kenyang. Jika Anda menjalankan aktivitas biasa, pilihlah snack bars dengan kandungan protein yang rendah sampai 4 gram. Namun, jika Anda termasuk sering berolahraga berat, pilihlah kandungan protein yang lebih tinggi untuk menjaga massa otot Anda. Kandungan protein yang lebih tinggi membuat kalorinya juga lebih tinggi.

Selain protein, Anda juga harus memperhatikan kandungan lemaknya. Tentu saja Anda harus memilih snack bars dengan kandungan lemak yang lebih rendah, antara 3-11 gram.

Pilih bahan dasar dan varian rasa yang Anda sukai

Pilih bahan dasar dan varian rasa yang Anda sukai

Snack bars memiliki berbagai jenis bahan dasar, seperti oatgranola, dan kacang-kacangan. Beberapa produk juga mengeluarkan snack bars dengan bahan dasar sereal. Bahan dasar snack bars membuatnya memiliki tekstur dan cita rasa yang berbeda. Bahan dasar kacang-kacangan biasanya diolah terlebih dahulu menjadi tepung kemudian dijadikan sebagai snack bars. Tepung kacang-kacangan membuat tekstur snack bars menjadi lebih padat. Sementara itu, snack bars dengan bahan dasar oat maupun granola biasanya memiliki tekstur yang lebih crunchy.

Selain bahan dasar tersebut, snack bars juga dilengkapi dengan buah-buahan kering, kacang, cokelat, kismis, yoghurt maupun tambahan rempah. Anda dapat memilih varian rasa snack bars berdasarkan kesukaan Anda. Tentu pilihan rasa kesukaan Anda akan membuat Anda senang menyantapnya disela kesibukan.

Pilih ukuran snack bars yang sesuai

Pilih ukuran snack bars yang sesuai

Bobot snack bars sangat beragam, mulai dari 20 sampai 70 gram. Semakin berat massanya akan membuat Anda lebih kenyang, tetapi kalorinya pun akan lebih banyak. Anda dapat menyesuaikan ukuran snack bars dengan kebutuhan Anda.

Kebanyakan snack bars yang banyak beredar di pasar Indonesia memiliki bobot sekitar 20 sampai 25 gram. Namun, ada beberapa produk snack bars yang memiliki ukuran lebih besar. Jika aktivitas Anda tergolong cukup padat dan membutuhkan banyak kalori, Anda dapat memilih ukuran yang lebih besar.

10 Rekomendasi snack bars terbaik

Berikut ini rekomendasi berbagai snack bars untuk Anda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda, ya.

10. Kalbe Fitbar

10. Kalbe Fitbar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.200

Camilan sehat dengan harga yang bersahabat

Hasrat untuk mengonsumsi camilan datang tiba-tiba? Konsumsi saja snack bars yang satu ini. Kandungan oats, quinoa, dan gandum utuhnya sangat baik untuk kesehatan Anda. Harga snack bars ini juga sangat bersahabat untuk kantong Anda para pelajar. Kandungan kalorinya juga tidak terlalu tinggi sehingga pas untuk mengganjal lapar tanpa membuat Anda kekenyangan.

Kalori 90 kkal
Karbohidrat 15 gram (gula : 4 gram, serat : 1 gram)
Lemak 4 gram
Protein 3 gram
Varian rasa Fruits, chocolate, nuts

9. Nestle Milo Cereal Bar

9. Nestle Milo Cereal Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.500

Baik untuk tulang dan mendukung aktivitas si kecil!

Siapa tidak suka Milo? Produk Nestle yang satu ini berawal dari susu cokelat, kemudian Milo mengeluarkan berbagai varian produk lainnya. Salah satu varian produk yang dikeluarkan adalah cereal bar yang terbuat dari tepung gandum utuh. Tentu cereal bar ini dapat menjadi camilan favorit si kecil yang sangat aktif.

Cereal bar ini menggunakan teknologi ActiveGo yang melepaskan energi secara perlahan. Pelepasan energi yang perlahan ini membuat si kecil bertenaga lebih lama sebelum waktu makan berikutnya. Cereal bar ini juga mengandung kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang anak.

Kalori 86 kkal
Karbohidrat 14 gram (gula : 7 gram, serat : 1 gram)
Lemak 2,7 gram
Protein 1 gram
Varian rasa Cokelat susu

8. Kalbe Zee Bar Multigrain

8. Kalbe Zee Bar Multigrain

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.482

Varian rasanya enak, khasiatnya mencerdaskan anak!

Saat anak berusia 3 tahun, mungkin Anda mulai memasukkan anak Anda ke playgroup. Meskipun playgroup hanya sebentar, aktivitasnya yang intens membuat si kecil lebih cepat lapar. Bekali saja dengan camilan sehat yang satu ini agar si kecil tetap fit selama bermain dan belajar.

Snack bars dari Zee dapat dikonsumsi dari anak-anak berusia 3 tahun. Kandungan kolin di dalamnya membantu perkembangan kecerdasan si kecil. Di samping itu, varian rasa vanila dan cokelat pasti akan disukai oleh si kecil. Yuk, lengkapi nutrisi sehat si kecil dengan snack sehat!

Kalori 90 kkal
Karbohidrat 14 gram (gula : 6 gram, serat : 1 gram)
Lemak 3 gram
Protein 2 gram
Varian rasa Vanila, cokelat

7. Hundred Seeds Granobar

7. Hundred Seeds Granobar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.450

Kebaikan alam Bali di dalam snack bars

Kesibukan pekerjaan menuntut waktu yang lebih banyak dari Anda. Terkadang Anda terlalu sibuk untuk membuat sarapan yang sehat. Namun, tenang saja karena kini Anda dapat mengonsumsi snack bars yang satu ini. Kalorinya dapat membantu Anda lebih kenyang sampai jam makan siang datang.

Rasa manis pada snack bars ini berasal dari madu liar dan cassava syrup tanpa pemanis buatan. Bahan-bahan yang digunakan untuk snack bars ini berasal dari petani lokal di Bali. Kemasannya pun sangat menarik jika dijadikan sebagai hadiah kecil untuk rekan Anda.

Kalori 160 kkal
Karbohidrat 24 gram (gula : 7 gram, serat : 4 gram)
Lemak 6 gram
Protein 3 gram
Varian rasa Dates, almonds, & chia seeds; honey, cranberries, & nuts; chocolate, almonds, & cashews

6. WRP Fruit Bar Apricot & Raisin

6. WRP Fruit Bar Apricot & Raisin

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 3.500

Tambahan vitaminnya melengkapi nutrisi diet

Membatasi kalori makanan terkadang membuat Anda kekurangan asupan vitamin dan mineral. Salah satu brand yang identik dengan diet ini kini mengeluarkan snack bars yang tentunya sehat. Snack bars dari WRP ini dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E, asam folat, magnesium, serta zat besi.

Kandungannya sangat pas untuk Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Berat badan ideal, nutrisi tetap terpenuhi. Lengkapi nutrisi diet Anda dengan rangkaian WRP serta snack bars yang satu ini!

Kalori 80 kkal
Karbohidrat 14 gram (gula : 7 gram, serat : 2 gram)
Lemak 3,5 gram
Protein 1 gram
Varian rasa Apricot & raisin

5. Soyjoy Crispy Vanilla

5. Soyjoy Crispy Vanilla

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Renyah dan bebas gandum!

Sudah pernah mencoba varian Soyjoy yang biasanya? Jika Anda kurang menyukai varian Soyjoy biasanya karena teksturnya yang berat, cobalah varian satu ini. Sesuai dengan namanya, varian ini memiliki tekstur yang lebih ringan serta crispy saat digigit.

Rahasia tekstur renyahnya terletak pada penggunaan SoyPuff yang terkandung di dalam snack bars yang satu ini. Jika Anda memiliki alergi terhadap gandum, Soyjoy dapat menjadi alternatif snack bars andalan harian Anda. Menggunakan bahan dasar kedelai seluruhnya tanpa gandum, tentu sangat ramah untuk Anda.

Kalori 120 kkal
Karbohidrat 10 gram (gula : 5 gram, serat : 3 gram)
Lemak 6 gram
Protein 6 gram
Varian rasa Vanila

4. Strive Peanut Butter Coffee

4. Strive Peanut Butter Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.500

Kembalikan stamina Anda setelah berolahraga

Setelah berolahraga berat tentunya Anda akan merasa lapar dan butuh energi lebih. Agar stamina Anda kembali setelah berolahraga, Anda dapat mengonsumsi snack bars yang satu ini. Kalorinya yang tinggi akan membantu mengembalikan stamina Anda dengan cepat.

Penggemar kopi tentu akan menyukai snack bars yang satu ini. Aroma kopi robusta yang digunakan dalam snack bars ini tentu akan membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Selain itu, aromanya juga membuat Anda lebih segar setelah berolahraga.

Kalori 190 kkal
Karbohidrat 23 gram (gula : 15 gram, serat : 4 gram)
Lemak 10 gram
Protein 6 gram
Varian rasa Peanut butter coffee

3. L-men Protein Bar

3. L-men Protein Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.400

Kaya asam amino, otot terjaga!

Bagi Anda yang gemar bodybuilding pasti membutuhkan snack bars yang satu ini. Berbagai asam amino esensial yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk pembentukan otot. Tidak hanya untuk pembentukan otot, asam amino tersebut juga dapat menjaga massa otot Anda.

Salah satu asam amino yang terdapat di dalamnya adalah L-carnitine. Asam amino ini dapat membantu pembakaran energi di dalam tubuh. Di samping itu, kandungan lemak snack bars L-men tergolong rendah, hanya 2,5 gram per takaran saji.

Kalori 100 kkal
Karbohidrat 17 gram (gula : 7 gram, serat : 2 gram)
Lemak 2,5 gram
Protein 3 gram
Varian rasa Cokelat

2. Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar

2. Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.500

Ingin BAB lancar? Yogurt bars saja!

Masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Sungguh tidak menyenangkan ketika sulit BAB, bukan? Salah satu minuman yang telah diteliti dapat memperlanjar BAB adalah yoghurt. Namun, bagaimana jika yoghurt dijadikan sebagai snack bars?

Heavenly Blush hadir dengan inovasi baru, snack bars yang dibalut dengan yoghurt. Perpaduan multigrain yang kaya serat dan yoghurt akan membantu memperlancar pencernaan Anda. Perpaduan rasa asam yoghurt dan manisnya buah-buahan tentu tidak dapat Anda tolak.

Kalori 90 kkal
Karbohidrat 15 gram (gula : 5 gram, serat : 4 gram)
Lemak 2,5 gram
Protein 2 gram
Varian rasa Berries, lime

1. Kalbe Diabetasol Bar

1. Kalbe Diabetasol Bar

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 9.100

Rendah gula, sahabat penderita diabetes

Snack bars yang satu ini memang dirancang untuk para penderita diabetes. Kandungan gula dan lemaknya cukup rendah untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Tidak hanya untuk diabetes, snack bars ini sangat mendukung Anda yang sedang mengurangi konsumsi gula dan lemak. Meskipun kandungan gulanya rendah, rasanya tetap nikmat lho!

Kalori 105 kkal
Karbohidrat 15 gram (gula : 2 gram, serat : 1 gram)
Lemak 2 gram
Protein 4 gram
Varian rasa Cokelat, apel kismis kayu manis

Baca juga rekomendasi camilan bars lainnya

Snack bars juga hadir dalam bentuk protein bar. Camilan tersebut kaya protein dan lebih ditujukan kepada orang-orang yang aktif berolahraga atau sedang menurunkan berat badan. Informasi selengkapnya tentang protein bars dapat Anda baca pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Snack bars merupakan camilan sehat untuk mendukung gaya hidup yang lebih baik. Snack bars juga dapat dijadikan sebagai camilan bagi Anda yang sangat sibuk. Pilihlah snack bars dengan nutrisi yang seimbang serta rasa yang Anda sukai. Tidak lupa pilihlah ukuran snack bars yang sesuai dengan aktivitas Anda.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel ini? Semoga Anda dapat menemukan snack bars yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat ngemil sehat!