1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Snack bars adalah camilan berbentuk bar yang umumnya terbuat dari sereal multigrain. Snack bars banyak diminati karena praktis dan cocok dikonsumsi untuk diet sebagai pengganti snack berkalori tinggi. Beberapa merek snack bars sehat terbaik adalah Soyjoy, Fitbar, Heavenly Blush, Milo Sereal Bar, dan Flimty Flimbar.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih snack bars yang sehat sekaligus enak? Informasi seputar snack bars akan kami berikan di artikel ini. Kami juga merekomendasikan snack bars dalam berbagai varian rasa yang ada di Indonesia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
Diperbaharui 11-21-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Snack bars, camilan praktis dan sehat

Snack bars, camilan praktis dan sehat
Snack bars pertama kali beredar di Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Snack batangan ini terbuat dari oats, kacang-kacangan, serta buah-buahan. Kandungan gizinya terdiri dari karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein yang tergolong lengkap

Selain kelengkapan kandungan gizi, ukurannya yang kecil membuat snack bars menjadi pilihan makanan pengganjal perut yang praktis. Pada zaman yang serbacepat ini, snack bars dapat menjadi alternatif camilan saat Anda sedang sibuk.


Selain itu, kandungan gizi snack bars membuat snack ini termasuk dalam golongan makanan darurat. Snack bars juga digemari orang yang sedang diet dan menjaga pola hidup sehat. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan Anda dan kalorinya pun tergolong rendah sebagai camilan.


Perlu Anda perhatikan bahwa snack bars adalah camilan dan bukan pengganti makanan utama Anda, ya. Jangan mengonsumsi snack bars secara berlebihan karena Anda akan kelebihan kalori.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih snack bars

Sudah paham tentang snack bars? Berikut kami jelaskan tetang cara memilih snack bars yang sehat sekaligus enak sebagai camilan diet Anda.

① Periksa kandungan zat gizinya

Meski snack bars tergolong camilan sehat dan baik untuk diet, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan zat gizinya. Kemudian, sesuaikan dengan kegiatan Anda. Beberapa snack bars mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi. Jadi, jangan sampai camilan Anda nilainya melebihi jumlah zat gizi yang seharusnya Anda konsumsi.

Jumlah kalori snack bars: Disesuaikan dengan kebutuhan harian

Jumlah kalori snack bars: Disesuaikan dengan kebutuhan harian
Sumber: soyjoy.id
Snack bars bukanlah pengganti makanan utama sehingga Anda harus memperhatikan jumlah kalori per batangnya. 

  • Pilihlah snack bars dengan jumlah kalori antara 90–160 kkal atau sekitar 600 kJ.
  • Jika Anda ingin mengonsumsi snack bars setelah berolahraga berat, pilihlah snack bars dengan jumlah kalori yang lebih tinggi. Snack bars dengan kalori yang lebih tinggi akan membantu mengembalikan stamina Anda setelah berolahraga.
  • Apabila Anda mengonsumsi snack bars dengan tujuan memenuhi energi saat berolahraga, pilih produk dengan kandungan protein tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan protein dan membantu dalam pembentukan massa otot.

Kandungan karbohidrat, gula, dan serat: Perlu diperhatikan agar tidak berlebihan

Kandungan karbohidrat, gula, dan serat: Perlu diperhatikan agar tidak berlebihan
Snack bars memang memiliki rasa yang cenderung manis. Selain itu, Anda perlu memperhatikan kandungan karbohidrat di dalamnya. Kandungan karbohidrat terbagi menjadi dua, yakni gula dan serat pangan. Jadi, perhatikan juga kandungan gula dan serat pangannya. Kelebihan jumlah gula di dalam tubuh tentu sangat tidak baik untuk kesehatan Anda.

Dianjurkan untuk memilih snack bars dengan:

  • Kandungan total karbohidrat maksimal 20 g.
  • Kandungan gula kurang dari 10 g.
  • Kandungan serat pangan 1–4 g atau lebih.

Kandungan protein dan lemaknya: Direkomendasikan yang tinggi protein dan rendah lemak

Kandungan protein dan lemaknya: Direkomendasikan yang tinggi protein dan rendah lemak
Protein sangat penting untuk pembentukan otot serta membuat Anda lebih kenyang. Kandungan protein yang lebih tinggi membuat kalorinya juga lebih tinggi.
  • Jika Anda menjalankan aktivitas biasa, pilihlah snack bars dengan kandungan protein yang rendah sampai 4 g. 
  • Jika Anda termasuk sering berolahraga berat, pilihlah kandungan protein yang lebih tinggi untuk menjaga massa otot. 

Selain protein, Anda juga harus memperhatikan kandungan lemaknya. Tentu saja Anda harus memilih snack bars dengan kandungan lemak yang lebih rendah, antara 3–11 g.

② Periksa bahan dasar snack bars

Periksa bahan dasar snack bars
Snack bars memiliki berbagai jenis bahan dasar, seperti oat, granola, dan kacang-kacangan. Bahan dasar snack bars membuatnya memiliki tekstur dan cita rasa yang berbeda. 

Bahan dasar kacang-kacangan biasanya diolah terlebih dahulu menjadi tepung kemudian dijadikan sebagai snack bars. Tepung kacang-kacangan membuat tekstur snack bars menjadi lebih padat. Sementara itu, snack bars dengan bahan dasar oat atau granola biasanya memiliki tekstur yang lebih crunchy.


Snack bars juga ada yang dilengkapi dengan buah-buahan kering, kacang, cokelat, kismis, yoghurt, ataupun rempah-rempah. Anda dapat memilih varian rasa snack bars berdasarkan kesukaan Anda. Tentu pilihan rasa kesukaan Anda akan membuat Anda senang menyantapnya di sela kesibukan.

③ Pertimbangkan ukuran snack bars yang sesuai

Pertimbangkan ukuran snack bars yang sesuai
Bobot snack bars sangat beragam, mulai dari 20–70 g. Makin berat massanya akan membuat Anda lebih kenyang, tetapi kalorinya pun akan lebih banyak. Anda dapat menyesuaikan ukuran snack bars dengan kebutuhan Anda.

Kebanyakan snack bars yang banyak beredar di pasar Indonesia memiliki bobot sekitar 20–25 g. Namun, ada beberapa produk snack bars yang memiliki ukuran lebih besar. Jika aktivitas Anda tergolong cukup padat dan membutuhkan banyak kalori, Anda dapat memilih ukuran yang lebih besar.

10 Rekomendasi snack bars terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk snack bars terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kalbe

Fitbar

Kalbe Fitbar 1枚目

Snack bars sehat dengan harga yang bersahabat, mudah didapat di mana saja

2

Otsuka

Soyjoy

Otsuka Soyjoy 1枚目

Soyjoy yang full kedelai, kaya isoflavon, dan low GI! Varian rasanya banyak

3

Flimty

Flimbar

Flimty Flimbar 1枚目

Snack bars untuk diet yang viral, kaya nutrisi dan rendah kalori

4

Heavenly Blush

Tummy Yogurt Bar

Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar 1枚目

Ingin BAB lancar? Yogurt bars saja!

5

Nutrifood

L-Men Bar

Nutrifood L-Men Bar 1枚目

Kaya asam amino, otot terjaga!

6

Nestle

Milo Sereal Bar

Nestle Milo Sereal Bar 1枚目

Baik untuk tulang dan mendukung aktivitas si kecil!

7

Granova

Granola Bar

Granova Granola Bar 1枚目

Granola bar yang sehat untuk camilan anak!

8

Strive

Energy Bar

Strive Energy Bar 1枚目

Kembalikan stamina Anda setelah berolahraga, varian rasanya unik-unik!

9

Hundred Seeds

Granobar

Hundred Seeds Granobar 1枚目

Snack bars dengan bahan alami dari petani lokal Bali

10

Mia Chia

Oat Bar Mix

Mia Chia Oat Bar Mix 1枚目

Yuk, nikmati snack bars selagi hangat!

Perincian produk
Close
No.1

Snack bars sehat dengan harga yang bersahabat, mudah didapat di mana saja

Hasrat mengonsumsi camilan sering datang tiba-tiba? Konsumsi saja snack bars ini. Fitbar mengandung oats, quinoa, dan gandum utuhnya sangat baik untuk kesehatan Anda. Kandungan kalorinya juga hanya 90 kkal sehingga pas untuk mengganjal lapar tanpa membuat kekenyangan. 

Rasa Choco Delight adalah varian yang best seller. Nuts Delight pasti disukai oleh para pencinta kacang, sedangkan Tiramisu Delight akan memanjakan lidah para pencinta tiramisu cake. Untuk penyuka buah-buahan, Anda dapat memilih Fruits Delight. Selain di toko online, Fitbar sangat mudah dijumpai di swalayan! Harga snack bars Fitbar juga tergolong sangat bersahabat untuk kantong para pelajar.

No.2

Soyjoy yang full kedelai, kaya isoflavon, dan low GI! Varian rasanya banyak

Soyjoy adalah snack bars yang menggunakan bahan kedelai pilihan. Apabila Anda tidak bisa mengonsumsi gandum, Anda bisa beralih mengonsumsi Soyjoy. Karena terbuat dari kedelai, Soyjoy kaya isoflavon dan memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Di samping itu, Soyjoy memiliki tekstur yang lebih padat sehingga bisa mengganjal perut lebih lama. 


Soyjoy kini punya enam varian rasa. Almond & Chocolate adalah varian paling best seller. Apabila Anda ingin tekstur yang lebih crispy, pilih Crispy White Macadamia yang superenak. Untuk pencinta keju, Anda akan menyukai Danish Cheese. Nah, baru-baru ini Soyjoy mengeluarkan varian terbaru, Mochachoco Cashew! Dari berbagai varian rasa yang ditawarkan Soyjoy, mana rasa yang ingin Anda coba?

No.3

Snack bars untuk diet yang viral, kaya nutrisi dan rendah kalori

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Flimty, minuman fiber yang populer di kalangan dieter. Flimty ternyata juga merilis snack bars, lho! Snack bars-nya cocok dijadikan pengganjal lapar untuk Anda yang diet turun berat badan atau sedang kalori defisit. Per takaran saji hanya 90 kkal dengan lebih tinggi protein dan serat.

Flimbar mengandung sebanyak 11,10% oat, biji chia yang tinggi asam lemak omega-3, kedelai, dan kismis. Snack bars-nya bersalut cokelat lezat sehingga Anda masih bisa merasakan lezatnya camilan kala diet. Snack bars yang viral ini juga tentunya bebas kolesterol dan rendah gula sehingga aman untuk diabetesi dan penderita kolesterol.

No.4

Heavenly BlushTummy Yogurt Bar

Mulai dari Rp5.400,00

Ingin BAB lancar? Yogurt bars saja!

Masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Sungguh tidak menyenangkan ketika sulit BAB, bukan? Salah satu minuman yang telah diteliti dapat memperlancar BAB adalah yoghurt. Namun, bagaimana jika yoghurt dijadikan sebagai snack barsHeavenly Blush hadir dengan inovasi snack bars yang dibalut dengan yoghurt.

Perpaduan multigrain yang kaya serat dan yoghurt akan membantu melancarkan pencernaan. Perpaduan rasa asam yoghurt dan manisnya buah-buahan tentu tidak dapat Anda tolak. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

No.5

Kaya asam amino, otot terjaga!

Anda yang gemar bodybuilding akan membutuhkan snack bars tinggi protein dari L-Men. Berbagai asam amino esensial yang terkandung di dalam protein snack bars ini sangat baik untuk pembentukan otot. Tidak hanya untuk pembentukan otot, asam amino juga dapat menjaga massa otot Anda.

Salah satu asam amino yang terdapat di dalam L-Men Bar adalah L-carnitine. Asam amino ini dapat membantu pembakaran energi di dalam tubuh. Di samping itu, kandungan protein snack bars L-Men tergolong cukup tinggi hingga 7 g per takaran saji. Karena itu, snack ini paling cocok dikonsumsi setelah Anda berolahraga.
No.6

Baik untuk tulang dan mendukung aktivitas si kecil!

Siapa tidak suka Milo? Salah satu varian produk yang dikeluarkan Milo adalah cereal bar yang terbuat dari tepung gandum utuh. Camilan ini sangat pas dikonsumsi oleh si kecil yang sangat aktif untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Milo Sereal Bar menggunakan teknologi Activ-Go yang melepaskan energi secara perlahan. Pelepasan energi yang perlahan ini membuat si kecil bertenaga lebih lama sebelum waktu makan berikutnya. Milo Sereal Bar juga mengandung kalsium, vitamin B, dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang.
No.7

Granola bar yang sehat untuk camilan anak!

Snack bars Granova dapat menjadi pilihan snack sehat untuk anak yang kaya gizi. Granova Granola Bar mengandung hingga dua belas jenis biji-bijian dan buah asli, seperti puffed rice, kacang almon, walnut, madu, dan sebagainya. Produknya dibuat tanpa pewarna dan pengawet buatan yang lebih menyehatkan. Teksturnya yang chewy dan kaya topping pastinya akan disukai anak-anak.

No.8

Kembalikan stamina Anda setelah berolahraga, varian rasanya unik-unik!

Setelah berolahraga berat, tentunya Anda akan merasa lapar dan butuh energi lebih. Agar stamina Anda kembali setelah berolahraga, Anda dapat mengonsumsi snack bars Strive. Seri Fullbar memiliki kalori yang cukup tinggi untuk membantu mengembalikan stamina dengan cepat. Namun, perhatikan asupan gulanya supaya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Varian rasanya cukup beragam. Penggemar kopi tentu akan menyukai rasa Peanut Butter Coffee. Aroma kopi robustanya pasti membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Varian Salted Caramel juga akan meningkatkan mood Anda. Selain varian manis, Anda bisa mencicipi rasa unik lainnya dari Strive, seperti Jahe, Kunyit, Coco Pandan, bahkan Nasi Uduk!
No.9

Snack bars dengan bahan alami dari petani lokal Bali

Apakah Anda menyukai camilan dengan rasa manis alami yang pas? Kami merekomendasikan snack bars dari Hundreds Seeds. Hundreds Seeds adalah produsen camilan sehat asal Bali yang menggunakan pemanis alami. Rasa manis di dalam snack bars ini berasal dari madu liar dan cassava syrup. Bahan-bahan yang digunakan pun berasal dari petani lokal di Bali.


Snack bars ini dilengkapi serat, vitamin, dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut berasal dari bahan dasarnya, yaitu oat, kacang almon, kacang mete, beras merah, dan biji bunga matahari. Produk ini juga tidak mengandung bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan sehingga aman dikonsumsi.

No.10

Yuk, nikmati snack bars selagi hangat!

Snack bars Mia Chia adalah camilan yang spesial. Isinya memang tidak bisa langsung Anda santap. Anda hanya perlu menambahkan mentega cair, kemudian memanggangnya selama 12 menit. Setelahnya, snack bars siap disantap selagi hangat.


Oat Bar Mia Chia terbuat dari rolled oats, flax seeds, sunflower seeds, pumpkin seeds, dan coconut sugar. Satu bungkusnya berisi sepuluh porsi. Oat snack bars ini cocok juga dikonsumsi sebagai sarapan instan yang mengenyangkan. Namun, karena kadar gulanya sudah tinggi, jangan ditambahkan pemanis atau gula lagi, ya. Perhatikan juga jumlah konsumsi gula harian jika Anda sedang diet sehat.

Baca juga rekomendasi camilan sehat lainnya di sini

Camilan sehat memang sedang banyak diminati sebagai alternatif camilan yang tinggi kalori. Camilan sehat lebih kaya nutrisi sekaligus bisa menjadi pilihan camilan saat diet. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai camilan sehat yang cocok untuk diet. Anda juga bisa menemukan camilan sehat yang rendah kalori.

Kesimpulan

Memilih camilan yang sehat sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit. Snack bars bisa menjadi pilihan camilan sehat praktis. Camilan ini umumnya juga mengandung sereal dan cukup serat sehingga cocok untuk diet.


Sudah ada banyak snack bars enak di Indonesia. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan nutrisi dan kalorinya. Sekali lagi kami ingatkan bahwa snack bars bukanlah pengganti makanan utama, ya. Anda tetap harus mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer