• 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan drone untuk mendokumentasikan perjalanan atau menampilkan pemandangan udara belakangan ini semakin meningkat. Tidak hanya untuk kebutuhan syuting profesional, drone juga digunakan untuk sekadar hobi atau penanda eksistensi di media sosial. Salah satu merek drone yang sering digunakan untuk perekaman video aerial adalah DJI.

Beberapa drone seperti DJI Spark, DJI Phantom 3, DJI Mavic Air juga dapat digunakan untuk menunjang hobi Anda, lho! Melalui artikel ini, kami akan mengulas fungsi dan spesifikasi drone yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Silakan disimak, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 764 Views
Daftar isi

Cara memilih drone DJI

Terdapat cukup banyak tipe dan seri drone yang diproduksi oleh perusahaan DJI. Supaya Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan pemilihan drone DJI terbaik sesuai dengan tujuan penggunaannya. Untuk itu, simaklah beberapa poin berikut ini, ya!

Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Sebagai peralatan dokumentasi yang cukup berkembang dengan pesat, banyak orang yang kemudian ingin membeli drone. Supaya tidak merasa kecewa saat menggunakan drone, sebaiknya Anda menyesuaikan fungsi drone dengan kebutuhan.

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar
Tidak semua drone dijual dengan harga yang tinggi. Bagi Anda yang ingin membeli drone dengan harga terjangkau, Anda dapat menggunakan drone DJI tipe standar. Ada beberapa seri drone DJI standar yang kualitasnya cukup bagus, seperti DJI Spark dan DJI Phantom 3 Standard.
Seri drone di atas sudah dibekali kamera yang dapat merekam video dengan kualitas HD yang cukup baik. Beberapa drone tipe standar juga memiliki jangkauan terbang yang cukup jauh untuk mengambil foto maupun video aerial.

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni
Jika Anda sudah terbiasa menerbangkan drone dan mulai mempertimbangkan untuk mengomersialkannya, membeli drone profesional dapat menjadi pilihan. Drone profesional biasanya memiliki kualitas kamera yang dapat merekam video dengan format 4K. Format video ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan klien Anda. Biasanya, harga video dan foto aerial dengan format 4K akan jauh lebih mahal dibanding format HD.
Selain kualitas kamera, seorang profesional juga membutuhkan drone yang memiliki jarak terbang jauh dan kemampuan dalam pemetaan. Secara umum, kegiatan pemetaan menggunakan drone terbagi menjadi dua, yaitu dalam skala kecil dan skala luas. Untuk seri drone DJI yang memiliki teknologi pemetaan misalnya adalah DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro.

Pilih berdasarkan kualitas video

Tidak semua drone memiliki kualitas yang sama. Baik kemampuan maupun fungsinya, setiap drone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing–masing.

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K
Media sosial telah menjadi tempat banyak orang untuk memamerkan hasil foto maupun video. Kini mulai banyak yang tertarik untuk menampilkan foto dan video pemandangan aerial di media sosial. Untuk dapat menampilkannya di media sosial, Anda tidak perlu menggunakan drone dengan kamera dan fitur yang canggih. Kualitas video HD dan 2K sudah sangat cukup untuk dapat diunggah di media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K
Kamera dengan kualitas lebih tinggi akan dipasang pada drone profesional. Jika Anda seorang videografer atau film maker yang kerap membuat video komersil, kualitas video adalah yang utama. Dengan kamera bersensor tinggi, format video yang dihasilkan pun akan lebih indah dan berkualitas. Untuk itu, gunakan drone yang dapat melakukan perekaman pada resolusi video 4K, seperti seri DJI Phantom 4 Pro, DJI Mavic Pro, atau DJI Inspire 2.

Pilih berdasarkan fiturnya

Semakin profesional Anda dalam mengoperasikan drone, semakin banyak pula fitur yang akan Anda butuhkan. Apa saja fitur utama pada drone yang Anda butuhkan? Berikut penjelasannya!

Auto landing dan take-off, semakin aman dalam pengoperasian

Auto landing dan take-off, semakin aman dalam pengoperasian
Bagi pilot drone pemula, pilihlah drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take-off . Kedua fitur ini sangat berguna ketika Anda merasa panik saat menerbangkan drone. Dengan menekan tombol auto landing pada remote control maupun layar kendali, drone secara otomatis akan kembali menuju titik lepas landas. Pada drone DJI, fitur auto landing dapat Anda aktifkan melalui menu return to home. Untuk itu, pastikan drone yang Anda pilih sudah dibekali fitur ini.

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone
Fitur kedua yang wajib Anda ketahui adalah seberapa jauh jarak drone bisa terbang. Bagi Anda yang masih belajar menerbangkan drone, Anda tidak perlu memilih drone dengan jarak terbang yang jauh. Namun, untuk Anda yang profesional, pilihlah drone yang dapat terbang melebihi jarak 1 km.
Kemampuan jarak terbang drone juga ditentukan oleh banyaknya tower pemancar sinyal di sekitar Anda. Semakin banyak tower pemancar sinyal, jarak terbang drone akan semakin pendek. Hal ini dikarenakan terganggunya sinyal Wi-Fi yang menghubungkan remote control dengan drone Anda. Untuk itu, pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan sinyal agar drone Anda dapat terbang jauh.

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional
Gimbal atau stabilisasi gambar pada kamera juga menjadi bagian penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli drone. Umumnya, drone DJI telah dibekali stabilisasi gambar 2-axis hingga 3-axis. Sistem stabilisasi gambar ini bertujuan untuk mencegah rekaman video Anda menjadi goyang dan blur. Semakin tinggi angka pada gimbal, semakin baik drone dalam meredam guncangan saat merekam video. Untuk itu, gimbal sangat penting untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu
Rata-rata drone DJI memiliki durasi terbang antara 15 hingga 25 menit. Sementara waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai drone hingga penuh adalah 1-2 jam. Baterai drone yang cepat habis juga disebabkan oleh tingkat kesulitan medan yang Anda lalui. Oleh karena itu, memiliki lebih dari satu baterai sangat disarankan supaya Anda dapat merekam video secara maksimal dan hemat waktu.

10 Rekomendasi drone DJI terbaik

Setelah mengetahui cara memilih drone terbaik yang sesuai kebutuhan, saatnya Anda menentukan drone DJI yang akan digunakan. Selamat memilih!
Kamera12 MP
Resolusi video maksimalFHD (1920×1080) 30p
Durasi terbang16 menit
Jarak terbang100 m (Wi-Fi) dan 2 km (remote control)
Fitur tambahanReturn to home, flight protection, intelligent flight battery
Stabilisasi gambar2-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal2.7K (2704 x 1520) 24/25/30 p
Durasi terbang25 menit
Jarak terbang1 km
Fitur tambahanAuto take-off danAuto Landing
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K (3840 x 2160) 24/25/30p
Durasi terbang25 menit
Jarak terbang4 km
Fitur tambahanAuto take-off, auto landing, DJI lightbridge, sensor vision positioning & sensor GPS
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera5 MP
Resolusi video maksimalHD 720 p
Durasi terbang13 menit
Jarak terbang100 meter
Fitur tambahanSmart interactive drone, take-off dan landing dari tangan, kompatibel dengan bluetooth controller
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanDraw, active track, tap fly, auto landing, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30/48/50p
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanGesture mode, auto landing, tap fly, active track, draw
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera20,8 MP
Resolusi video maksimal5,2 K
Durasi terbang27 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanEfficient workflow, sense and avoid, spotlight pro, tap fly, active track, auto landing, video transmission system, master and slave controllers
Stabilisasi gambar2-axis stabilized FPV camera dan gimbal 360 derajat yang dapat berotasi
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang21 menit
Jarak terbang10 km
Fitur tambahanSmart capture, slow-motion video, HDR photos, active track, quick shots, tap fly, flight safety
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang31 menit
Jarak terbang18 km
Fitur tambahanZoom during flight, hyperlapse, flight safety, omnidirectional obstacle sensing
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD Video
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanTap fly, auto landing, active track, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Perhatikan aturan menerbangkan drone
Sebelum Anda menerbangkan drone, carilah informasi mengenai regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penerbangan drone.
Di Indonesia, terdapat kawasan terlarang menerbangkan drone. Di antaranya adalah wilayah sekitar bandar udara, kawasan udara yang dilewati pesawat udara, maupun lokasi-lokasi tertentu yang dijaga keamanannya. Untuk itu, pahamilah daerah-daerah tertentu yang dilarang untuk dilalui drone.

Baca juga rekomendasi drone lainnya di sini

Selain merek DJI, terdapat beberapa merek drone lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk menunjang profesi dan hobi Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Meski Anda sudah menggunakan drone yang cukup canggih, menerbangkan drone tidaklah mudah. Selain harus sering berlatih, pengetahuan dalam menerbangkan drone haruslah dimiliki oleh setiap pilot drone.
Jika sampai salah, bukan saja risiko jatuh yang Anda dapatkan. Melainkan juga kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa. Semuanya kembali ke Anda. Jika ingin membeli drone untuk belajar, mulailah dari tipe drone standar. Sementara jika Anda sudah cukup mahir, drone profesional dapat menjadi pilihan.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat untuk Anda yang kurang puas dengan hasil bidikan kamera smartphone maupun compact digital camera saat Anda ingin mengunggahnya ke media sosial. Kali ini, kami akan mengulas produk kamera mirrorless yang harganya terjangkau, bentuknya kecil dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana pun.Produsen-produsen besar sepeti Sony, Canon, dan Nikon banyak menjual produk kamera jenis ini. Hal ini tentunya akan menyulitkan para pemula saat akan membandingkan fungsi maupun keunggulannya. Kali ini, kami akan mengulas 10 rekomendasi kamera mirrorless dan juga hal-hal yang harus di cek saat akan memilih dan membeli kamera tersebut.
    Komputer & kamera
    3.054 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Full Frame Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Full Frame Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR full frame sangat dipuja oleh para pecinta kamera. Berbagai produsen kamera seperti Canon, Nikon, Pentax, Sony, dan sebagainya telah mengeluarkan berbagai jenis dan variasi kamera DSLR. Hal ini tentunya cukup menyulitkan Anda dalam menemukan kamera DSLR yang sesuai untuk Anda.Kali ini kami ingin memperkenalkan kamera DSLR full frame terbaik, baik dari segi pengambilan gambar maupun kenyamanan pemakaiannya. Di sini kami juga memasukkan kamera entry level dan high end dalam daftar. Temukanlah kamera terbaik Anda untuk menghasilkan foto-foto menawan!
    Komputer & kamera
    4.254 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bagi Anda yang gemar bermain game. Tidak hanya untuk bermain game, gaming keyboard juga memiliki kelebihan dalam pemakaian PC sehari-hari, misalnya shortcut key yang dapat di-customize, atau tombol yang lebih ringan saat dipakai mengetik.Gaming keyboard memiliki banyak tipe, misalnya tipe membrane, tipe pantograph, blue axis, brown axis, dan lain-lain. Dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam memilih gaming keyboard yang baik. Periksalah dengan baik kelebihan dan kekurangan gaming keyboard sebelum Anda membelinya.
    Komputer & kamera
    2.547 Views
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Komputer & kamera
    3.287 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang game, baru-baru ini jumlah produsen game yang merilis game khusus untuk laptop telah meningkat pesat dibandingkan produsen yang merilis game untuk konsol rumahan. Namun, ukuran game yang terlalu besar menjadi kendala sehingga Anda diharuskan untuk memilih laptop yang memadai.Kali ini kami akan memperkenalkan laptop gaming terbaik. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan kini Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang tepat. Mulai dari segi grafis, memori, kenyamanan saat pemakaian, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang juga sedang berpikir untuk mengganti laptop, selamat membaca artikel dari kami!
    Komputer & kamera
    8.322 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    11.803 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Jadi, bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan maupun traveling ke berbagai destinasi.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini.
    Komputer & kamera
    273 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kipas laptop berguna untuk menurunkan temperatur ketika laptop terlalu panas dan tidak mampu menurunkan temperaturnya sendiri. Sebelum membeli kipas laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal apa sajakah itu? Apakah Anda penasaran?Mari ikuti artikel berikut ini yang membahas tentang cara memilih kipas laptop. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik, seperti Orico, Havit, Titan, Deep Cool, dan Cooler Master. Silakan membaca ulasan kami dengan tuntas guna memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca ya!
    Komputer & kamera
    2.634 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    8.097 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong binocular biasa digunakan pada berbagai kegiatan, seperti menonton konser atau pertandingan olahraga, serta pengamatan burung dan astronomi. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam memilih teropong yang sesuai dengan kegunaannya karena banyaknya tipe yang beredar di pasaran, baik dari segi bentuk, lensa maupun harga.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang tepat. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dan bisa dibeli secara online agar Anda dapat menikmati objek lebih jelas dan detail.
    Komputer & kamera
    310 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    17.465 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    16.138 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    11.803 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang game, baru-baru ini jumlah produsen game yang merilis game khusus untuk laptop telah meningkat pesat dibandingkan produsen yang merilis game untuk konsol rumahan. Namun, ukuran game yang terlalu besar menjadi kendala sehingga Anda diharuskan untuk memilih laptop yang memadai.Kali ini kami akan memperkenalkan laptop gaming terbaik. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan kini Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang tepat. Mulai dari segi grafis, memori, kenyamanan saat pemakaian, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang juga sedang berpikir untuk mengganti laptop, selamat membaca artikel dari kami!
    Komputer & kamera
    8.322 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    8.097 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    11.475 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang menggunakan Mac tentu memerlukan keyboard sebagai perangkat eksternal untuk menunjang pekerjaan Anda. Namun, di pasaran Anda akan menemukan beragam keyboard yang berbeda spesifikasi, desain, dan harga satu lama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi keyboard terbaik untuk Mac. Anda akan menemukan beragam keyboard berkualitas keluaran Logitech, Apple, atau merek lainnya dalam artikel ini. Pilihlah yang paling Anda suka dan buatlah kegiatan mengetik jadi terasa lebih nyaman dan mudah!
    Komputer & kamera
    231 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori