mybest
Drone

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Drone & aksesori
  4. 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 1
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 2
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 3
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 4
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist] 5

10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]

DJI merupakan merek drone yang bagus untuk pemetaan ataupun dokumentasi. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam. Untuk traveling, ada DJI Mini 2 SE dan DJI Mini 3 Pro. Sementara itu, FPV Combo dan DJI Mavic 3 cocok untuk profesional.

Tetaplah membaca artikel ini agar Anda mendapatkan tips memilih drone DJI terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh drone specialist kami, Yosua Surojo. Ikutilah ulasannya sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone DJI tipe terbaru. Selamat membaca!

Diperbaharui 22/01/2024
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih drone DJI

DJI sudah memiliki banyak tipe dan seri drone. Agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan menjelaskan cara memilih drone DJI terbaik. Untuk itu, simaklah poin-poin berikut.
1

Sesuaikan jenis drone DJI dengan tujuan penggunaan

Perlu diketahui bahwa tidak semua drone memiliki tujuan penggunaan yang sama. Agar tidak salah pilih, pahamilah jenis drone DJI yang tersedia berikut.

Untuk hobi: DJI Mini 2, DJI Mini SE, dan DJI Tello

Untuk hobi: DJI Mini 2, DJI Mini SE, dan DJI Tello
Tidak semua drone dibuat untuk kalangan profesional. Bagi Anda yang ingin mulai belajar menerbangkannya, pilihlah tipe ini. Ada beberapa seri drone DJI standar dengan kualitas yang bagus. DJI Mini 2, DJI Mini SE, dan DJI Tello bisa menjadi pilihan.

Seri drone di atas sudah dibekali kamera yang dapat merekam video dengan kualitas cukup baik. Beberapa drone tipe standar juga memiliki jangkauan terbang yang mumpuni untuk mengambil foto atau video aerial.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Walaupun Anda menggunakan drone sebagai hobi atau hiburan, Anda tetap perlu mempertimbangkan kemudahan pengoperasiannya. Makin mudah dioperasikan, makin nyaman pula drone digunakan untuk mengambil foto dan video dari udara.


Kemudahan pengoperasian drone dapat dilihat dari fitur-fitur pengambilan video otomatis yang disediakan oleh produsen. Fitur-fitur otomatis tersebut akan membantu Anda yang ingin mendokumentasikan momen penting dari perspektif baru.


Selain kemudahan pengoperasian, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kepraktisan membawa drone. Sebaiknya, Anda mengecek juga dimensi drone agar tidak terlalu besar dan bobotnya cukup ringan. Makin praktis bentuknya, Anda akan merasa makin nyaman membawa drone sebagai your everyday flycam.

Untuk pekerjaan: DJI Mini 3 Pro, DJI Mavic 3, dan DJI Phantom 4 Pro

Untuk pekerjaan: DJI Mini 3 Pro, DJI Mavic 3, dan DJI Phantom 4 Pro
Jika Anda sudah terbiasa menerbangkan drone atau memerlukannya untuk kebutuhan pekerjaan, pilih drone profesional. Tipe ini biasanya sudah dilengkapi beragam fitur yang akan bermanfaat untuk pengambilan gambar yang sulit. Kualitas gambarnya pun mumpuni untuk ditunjukkan pada klien, contohnya DJI Mini 3 Pro.

Seorang profesional juga membutuhkan drone yang memiliki kemampuan dalam pemetaan serta jarak terbang jauh. Secara umum kegiatan pemetaan dengan drone terbagi menjadi dua, yaitu dalam skala kecil dan skala luas. Seri drone DJI yang diberi teknologi pemetaan antara lain adalah DJI Phantom 4 Pro dan DJI Mavic 3.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Penggunaan drone untuk kebutuhan profesional biasanya meliputi dokumentasi suatu area, pemetaan udara, atau pengambilan scene suatu film. Untuk kebutuhan profesional, pikirkanlah kemudahan penggantian kamera pada drone. Dengan kamera yang mudah diganti, Anda hanya perlu satu drone untuk berbagai kebutuhan.


Selain itu, kecanggihan mode terbang otomatis dapat menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Fitur ini sangat berguna untuk kebutuhan pemetaan dari udara. Saat melakukan pemetaan, Anda dituntut untuk membuat jalur terbang drone yang menghasilkan gambar peta sempurna.


Makin canggih kemampuan terbangnya, makin mudah pula Anda merancang plan terbang. Otomatis Anda juga dapat mengambil gambar peta udara dengan lebih baik. Faktor flight time yang ditawarkan baterai drone pun bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih produk terbaik. Penggunaan drone untuk kebutuhan profesional menuntut waktu standby di udara yang cukup lama.

2

Pilih berdasarkan kualitas video drone DJI

Tidak semua drone DJI dibekali kamera yang sama. Resolusi kamera produknya berbeda-beda dengan tujuan penggunaannya masing-masing. Jadi, pilihlah drone dengan kualitas video yang sesuai dengan prioritas penggunaannya.

HD hingga 2K, untuk media sosial

HD hingga 2K, untuk media sosial
Media sosial sudah umum menjadi wadah untuk menunjukkan hasil foto dan video pemandangan aerial. Untuk kebutuhan posting di media sosial, Anda tidak perlu menggunakan drone dengan kamera dan fitur yang canggih. Gambar dari produk dengan resolusi HD hingga 2K sudah pas untuk diunggah di beragam media sosial.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Jika ingin mengunggah video hasil rekaman drone ke media sosial, pertimbangkanlah video requirements dari media sosial yang digunakan. Setiap media sosial memiliki video requirements yang berbeda, seperti resolusi, tipe file, dan ukuran file.


Pastikan Anda sudah mempelajari video requirements dari media sosial yang ingin digunakan. Dengan begitu, video yang didapat dari drone bisa langsung diunggah tanpa Anda perlu melakukan editing untuk menyesuaikan requirements.

4K, untuk kepentingan komersial

4K, untuk kepentingan komersial
Kamera dengan resolusi lebih tinggi biasanya terpasang pada drone profesional. Jika Anda merupakan seorang videografer yang kerap membuat video komersial, resolusi gambar adalah yang utama. Dengan kamera yang sensornya tinggi, format video yang dihasilkan akan lebih indah dan berkualitas. Untuk itu, gunakanlah drone yang dapat mengambil gambar pada resolusi 4K.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk kebutuhan komersial, Anda membutuhkan video yang beresolusi tinggi. Hal ini karena video tersebut harus bisa ditampilkan dalam berbagai media, seperti televisi, media digital, dan media sosial. Makin tinggi resolusi video yang dihasilkan drone, kualitas video komersial tersebut akan makin menarik.


Di sisi lain, video dengan resolusi tinggi menuntut tempat penyimpanan yang besar. Karena itu, supported storage yang ditawarkan oleh drone juga harus dipertimbangkan. Contohnya, produk DJI Inspire 2 mendukung penyimpanan microSD card hingga 128 GB atau dengan menggunakan DJI CINESSD.


Format video pun dapat menjadi faktor yang wajib diperhitungkan para pembuat film. Anda harus memperhatikan apakah drone mendukung perekaman video dalam CinemaDNG, Apple ProRes, dan format umum lainnya. Hal ini akan sangat membantu proses post-production saat pembuatan film.

3

Pahami fitur-fitur yang ada di drone DJI

Makin profesional Anda dalam mengoperasikan drone, makin banyak pula fitur yang akan dibutuhkan. Apa saja fitur utama pada drone yang perlu Anda cermati? Simak penjabarannya berikut!

Auto landing dan take-off, makin aman dalam pengoperasian

Auto landing dan take-off, makin aman dalam pengoperasian
Bagi pemula, pilihlah drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take-off. Fitur ini berguna ketika Anda merasa panik saat menerbangkan drone. Dengan menekan tombol auto landing, drone secara otomatis akan kembali menuju titik lepas landas. Pada drone DJI, fitur auto landing bisa diaktifkan melalui menu return to home.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur auto take-off dan auto landing aman digunakan jika Anda menerbangkan drone di area terbuka yang cukup luas. Fitur ini sangat mengandalkan GPS. Selain itu, GPS drone sangat tergantung dari kondisi area di sekitar drone. Jika terdapat banyak gedung tinggi atau pohon yang lebat, tingkat presisi GPS drone akan terganggu.


Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus memperhatikan keamanan kondisi sekitar. Untuk mengetahui keamanan lapangan, perhatikanlah jumlah satelit yang dapat dideteksi drone lewat aplikasi DJI GO 4. Periksalah apakah jumlah minimum satelit yang terdeteksi sudah melewati standar DJI. Makin banyak jumlah satelit yang ditemukan, positioning drone Anda saat take-off dan landing akan makin tepat.


Meski di area terbuka, tetaplah berhati-hati bila lokasi Anda dekat dengan danau atau sungai. Penggunaan fitur auto landing perlu diwaspadai untuk mengantisipasi kemungkinan GPS drone yang kurang presisi sehingga harus landing di air.


Kondisi permukaan untuk auto landing juga perlu diperhatikan. Pastikanlah agar permukaan landing cukup rata untuk mencegah risiko sensor drone yang salah menilai posisi. Fitur auto take-off dan auto landing memang praktis, tetapi hal itu sangat menuntut kewaspadaan pilot drone. Para pengguna harus mengamati kondisi cakupan satelit yang ditangkap dan lingkungan terbang drone.

Jarak terbang, menentukan jangkauan terbang maksimum

Jarak terbang, menentukan jangkauan terbang maksimum
Bila masih belajar menerbangkan drone, Anda tidak perlu memilih drone dengan jarak terbang yang jauh. Sementara itu, drone yang dapat terbang melebihi jarak 1 km direkomendasikan untuk para profesional.

Kemampuan jarak terbang drone juga ditentukan oleh banyaknya menara pemancar sinyal di sekitar Anda. Makin banyak menara pemancar sinyal, jarak terbang drone akan makin pendek. Hal ini karena terganggunya sinyal Wi-Fi yang menghubungkan remote control dengan drone. Untuk itu, pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan sinyal agar drone dapat terbang jauh.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Sebelum menerbangkan drone ke suatu lokasi, sebaiknya pilot drone mengobservasi area tersebut. Perhatikanlah keberadaan menara pemancar sinyal atau objek tinggi yang bisa menghalangi sinyal antara drone dengan remote control


Hasil observasi tersebut dapat menjadi pertimbangan pilot untuk menentukan jalur terbang drone. Hal ini juga akan sangat membantu Anda memprediksi jarak jangkauan terbang yang akan ditempuh. 


Jangkauan terbang pun wajib ditentukan berdasarkan perkiraan daya baterai yang tersisa. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat aplikasi monitoring drone seperti DJI GO 4. Aplikasi tersebut akan mengalkulasi perkiraan waktu terbang drone yang masih tersisa.  


Pastikan kalkulasi waktu tempuh untuk pergi dan pulang drone masih dalam periode sisa waktu terbang yang tersisa. Hal ini penting untuk mencegah jatuhnya drone di tengah penerbangan karena kehabisan daya baterai.

Gimbal stabilizer, hasil rekaman video lebih halus

Gimbal stabilizer, hasil rekaman video lebih halus
Pada umumnya, drone DJI telah dibekali stabilisasi gambar 2-axis hingga 3-axis. Sistem stabilisasi gambar bertujuan untuk mencegah rekaman video Anda menjadi goyang dan blur.

Makin tinggi angka pada gimbal, makin baik kemampuan drone dalam meredam guncangan saat merekam video. Karena itu, gimbal sangat penting untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Gimbal stabilizer bisa dibagi menjadi dua jenis menurut jumlah sumbu gerak yang dapat dikontrol. Ada 2-axis gimbal untuk mengontrol roll dan tilt dan ada juga 3-axis gimbal untuk gerakan roll, tilt, dan pan.


Keuntungan dari 3-axis gimbal dibandingkan 2-axis gimbal adalah kemampuan gerakan yaw atau pan. Gerakan rotasi berdasarkan sumbu vertikal ini bisa menambah kesempatan Anda untuk lebih berkreasi dalam pengambilan video. Berkat fitur ini, Anda bisa merekam video dengan teknik panning untuk menampilkan keadaan sekitar drone.


Dengan adanya gimbal, garis cakrawala pengambilan video suatu pemandangan juga akan terjaga tetap rata. Baik pada saat drone sedang hover maupun bergerak, gimbal akan menjaga posisi kamera agar tetap stabil.


Hal ini bisa didapatkan karena motor gimbal terus menjaga pergerakan dan posisi drone untuk melakukan gerakan yang tepat. Karena itu, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi di permukaan yang rata agar gimbal tetap stabil ketika drone terbang.

4

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu
Rata-rata drone DJI memiliki durasi terbang antara 15–25 menit. Sementara itu, waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai drone hingga penuh adalah 1–2 jam. Baterai drone yang cepat habis juga disebabkan oleh tingkat kesulitan medan yang Anda lalui. Karena itu, memiliki lebih dari satu baterai disarankan agar Anda dapat merekam video secara maksimal dan hemat waktu.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk menentukan jumlah baterai cadangan yang perlu disiapkan, Anda harus memikirkan tujuan penggunaan drone tersebut. Jika drone hanya digunakan untuk hobi, satu atau dua baterai saja sudah cukup. Hal ini sebenarnya juga tergantung dengan kesabaran Anda menunggu baterai drone ketika dayanya diisi ulang. 


Sebaliknya, drone untuk kebutuhan profesional mengharuskan Anda untuk menyiapkan baterai cadangan yang lebih banyak. Anda dapat menyiapkan baterai berdasarkan banyaknya penerbangan serta jangkauan terbang yang diinginkan. 


Pikirkanlah juga kemudahan mencari sumber listrik di lokasi untuk melakukan pengisian daya baterai drone. Saat menentukan jumlah baterai yang perlu disediakan, pertimbangkan pula kapasitas baterai yang dapat diangkut drone. Hal inilah yang nantinya akan menentukan durasi terbang drone.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Drone DJI Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Drone DJI terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 19 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bobot
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Dimensi tinggi
Foldable
Panjang saat dilipat
Lebar saat dilipat
Tinggi saat dilipat
Tinggi terbang
Lama terbang
Jarak kontrol
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view
Mode terbang
LCD screen
Obstacle avoidance
Resolusi foto
Resolusi video
Gimbal/stabilisasi gambar
Lensa kamera
Dual camera
Port microSD
1

DJI

Mini 3DJI RC-N1

DJI  Mini 3 1

Rp6.480.000

Agak Murah

Dilengkapi dengan baterai Plus yang tahan lama hingga 51 menit

248 gram

25,1 cm

36,2 cm

7,2 cm

14,8 cm

9 cm

6,2 cm

4.000 meter

38 menit (baterai reguler, 51 menit (baterai Plus)

10.000 meter

(Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots)

(1 arah: bawah)

48 MP

4K (3840 x 2160 pixel)

3-axis

Kamera wide

2

DJI

Tello

DJI  Tello 1

Rp1.599.000

Lebih Murah

Budget-friendly untuk drone pertama Anda

80 gram

9,8 cm

9,25 cm

4,1 cm

5,3 cm

20,2 cm

19,5 cm

30 meter

13 menit

100 meter

(melalui smartphone)

Normal, Freestyle, Throw & Go, Bounce Mode

5 MP

HD (1.280 x 720)

2-axis

Kamera wide

3

DJI

FPV Combo

DJI  FPV Combo 1

Rp20.199.000

Agak Mahal

Buat sensasi menerbangkan drone yang lebih seru

795 gram

25,5 cm

31,2 cm

12,7 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4.000 meter

20 menit

16.800 meter

(melalui goggles DJI FPV V2)

Normal, cinematic, sport, freestyle, quickShots

(3,5 inci)

(depan dan bawah)

12 MP

4K (3.840 x 2.160)

3-axis

Kamera wide

4

DJI

Mini 3 Pro

DJI  Mini 3 Pro 1

Rp10.670.000

Menengah

Drone multifungsi yang bisa dokumentasi dan atraksi

249 gram

17,1 cm

24,5 cm

6,2 cm

14,5 cm

9 cm

6,2 cm

4.000 meter

47 menit

12.000 meter

(Goggles DJI FPV V2)

Normal, cinematic, sport, freestyle, quickShots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0

(1,3 inci)

(4 arah: depan, belakang, bawah, atas)

48 MP

4K

3-axis

Kamera wide

5

DJI

Mini 2 SE

DJI  Mini 2 SE 1

Rp5.922.000

Agak Murah

Drone kelas menengah dengan kemampuan yang mumpuni

246 gram

24,5 cm

28,9 cm

5,6 cm

13,8 cm

8,1 cm

5,8 cm

4.000 meter

31 menit

1.500 meter-3.000 meter

(melalui smartphone)

Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack

(3 arah: depan, belakang, bawah)

12 MP

2.7K (2.720 x 1.530)

3-axis

Kamera wide

6

DJI

Mini 4 Pro

DJI  Mini 4 Pro 1

Rp12.170.000

Menengah

Compact dan ringan untuk para pencinta petualangan

249 gram

29,8 cm

37,3 cm

10,1 cm

14,8 cm

9,4 cm

6,4 cm

4.000 meter

34 menit, 45 menit (battery plus)

20.000 meter

(melalui goggles DJI FPV V2)

Normal, cinematic, sport, freestyle, quickshots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0

(1,3 inci)

(4 arah: depan, belakang, bawah, atas)

48 MP

4K

3-axis

Kamera wide

7

DJI

Air 3

DJI  Air 3 1

Rp17.500.000

Menengah

Jarak terbang jauh untuk rekam lanskap alam

720 gram

25,88 cm

32,6 cm

10,58 cm

20,7 cm

10,05 cm

9,11 cm

6.000 meter

46 menit

32.000 meter

(melalui goggles DJI FPV V2)

Normal, cinematic, sport, freestyle, quickshots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0

(3,6 inci)

(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)

48 MP

4K

3-axis

Kamera wide, kamera tele

8

DJI

Avata Pro View Combo

DJI Avata Pro View Combo 1

Rp20.700.000

Agak Mahal

FPV drone yang tangguh dengan durasi terbang yang lama

410 gram

18 cm

18 cm

8 cm

6.000 meter

110 menit

11.600 meter

(melalui goggles DJI Avata Goggle 2)

Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0

(3,5 inci)

(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)

48 MP

4K (3.840 x 2.160)

3-axis

Kamera wide, kamera tele

9

DJI

Mavic 3

DJI Mavic 3 1

Rp34.059.000

Lebih Mahal

Perekaman video tinggi 5K untuk kebutuhan profesional

895 gram

34,75 cm

28,3 cm

10,77 cm

22,1 cm

9,63 cm

9,03 cm

6.000 meter

46 menit

30.000 meter

(melalui goggles DJI FPV V2)

Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0

(3,6 inci)

(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)

20 MP

5.1K (5.120 x 2.700)

3-axis

Kamera wide, kamera tele

10

DJI

Mavic 3 Classic

DJI  Mavic 3 Classic 1

Rp26.350.000

Agak Mahal

Gambar tetap jelas meski merekam untuk lanskap yang luas

895 gram

34,75 cm

28,3 cm

10,77 cm

22,1 cm

9,63 cm

9,03 cm

6.000 meter

46 menit

30.000 meter

(melalui goggles DJI FPV V2)

Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0

(3,6 inci)

(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)

20 MP

5.1K (5.120 x 2.700)

3-axis

Kamera wide

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DJI Mini 3DJI RC-N1

Mini 3 1
Sumber: store.dji.com
Harga referensi
Rp6.480.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp6.480.000
Agak Murah

Dilengkapi dengan baterai Plus yang tahan lama hingga 51 menit

DJI Mini 3 menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan drone dengan daya tahan baterai yang awet. Drone ini dilengkapi dengan dua jenis baterai, yakni baterai biasa dan baterai Plus. Baterai biasanya memiliki waktu terbang 38 menit. Sementara itu, waktu terbang baterai Plus-nya lebih lama, yakni mencapai 51 menit.


Tidak hanya daya tahan baterainya yang lama, daerah jangkauan drone-nya juga jauh. Anda dapat menerbangkan drone ini di ketinggian 4.000 meter dengan jarak kontrol maksimal 10.000 meter. Area yang mampu ditangkap oleh drone DJI Mini 3 pun lebih luas untuk mendapatkan footage yang menarik dari ketinggian.

Bobot248 gram
Dimensi panjang25,1 cm
Dimensi lebar36,2 cm
Dimensi tinggi7,2 cm
Foldable
Panjang saat dilipat14,8 cm
Lebar saat dilipat9 cm
Tinggi saat dilipat6,2 cm
Tinggi terbang4.000 meter
Lama terbang38 menit (baterai reguler, 51 menit (baterai Plus)
Jarak kontrol10.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view
Mode terbang(Normal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots)
LCD screen
Obstacle avoidance(1 arah: bawah)
Resolusi foto48 MP
Resolusi video4K (3840 x 2160 pixel)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

DJI Tello

Harga referensi
Rp1.599.000
Lebih Murah

Budget-friendly untuk drone pertama Anda

Jika Anda mencari rekomendasi drone DJI untuk pemula yang ingin belajar, kami menyarankan produk ini. DJI Tello memiliki harga yang terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan bujet yang besar. Drone ini sudah memiliki fitur auto take-off/landing yang memudahkan Anda mengoperasikan drone.


Pada baling-baling drone-nya dilengkapi dengan pelindung agar drone tetap aman saat menabrak sesuatu. Selain itu, kualitas gambar dari produk ini terbilang cukup baik dengan resolusi 720p. Selain dapat belajar membuat footage menarik dari drone, Anda bisa membagikan hasil tangkapan Anda saat menerbangkan drone.

Bobot80 gram
Dimensi panjang9,8 cm
Dimensi lebar9,25 cm
Dimensi tinggi4,1 cm
Foldable
Panjang saat dilipat5,3 cm
Lebar saat dilipat20,2 cm
Tinggi saat dilipat19,5 cm
Tinggi terbang30 meter
Lama terbang13 menit
Jarak kontrol100 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui smartphone)
Mode terbangNormal, Freestyle, Throw & Go, Bounce Mode
LCD screen
Obstacle avoidance
Resolusi foto5 MP
Resolusi videoHD (1.280 x 720)
Gimbal/stabilisasi gambar2-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
No.3

DJI FPV Combo

Harga referensi
Rp20.199.000
Agak Mahal

Buat sensasi menerbangkan drone yang lebih seru

Drone FPV (first person view) memang menawarkan pengalaman yang berbeda. DJI FPV memberikan sensasi seakan-akan Anda ada di dalam drone. Namun, jenis drone ini umumnya perlu dirakit lebih dahulu. Nah, pilih saja produk ini jika Anda tidak ingin repot-repot merakit drone FPV.


Produk ini didesain lebih cepat dan lebih lincah sehingga Anda bisa melakukan manuver-manuver yang mengesankan. Oleh karena itu, produk ini pas bagi Anda yang gemar melakukan atraksi saat menerbangkan drone. Perlu diingat bahwa tipe drone DJI ini harus diterbangkan oleh orang-orang yang sudah punya kemampuan mumpuni.

Bobot 795 gram
Dimensi panjang25,5 cm
Dimensi lebar31,2 cm
Dimensi tinggi12,7 cm
Foldable
Panjang saat dilipatTidak diketahui
Lebar saat dilipatTidak diketahui
Tinggi saat dilipatTidak diketahui
Tinggi terbang4.000 meter
Lama terbang20 menit
Jarak kontrol16.800 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, cinematic, sport, freestyle, quickShots
LCD screen(3,5 inci)
Obstacle avoidance(depan dan bawah)
Resolusi foto12 MP
Resolusi video4K (3.840 x 2.160)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
No.4

DJI Mini 3 Pro

Harga referensi
Rp10.670.000
Menengah

Drone multifungsi yang bisa dokumentasi dan atraksi

Untuk Anda yang mencari drone multiguna untuk dokumentasi dan atraksi, kami menyarankan untuk memilih produk ini. Pertama, drone ini sudah mampu merekam video beresolusi 4K di 60 fps. Kemudian kameranya juga dilengkapi stabilizer 3-axis. Hasil tangkapan kameranya pun bisa halus, detail, dan jelas.


Drone ini juga dapat dipasangi DJI RC Motion dan DJI googles. Artinya, Anda bisa menjadikannya sebagai FPV drone yang memungkinkan Anda seolah-olah berada di dalam drone. Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan dari atas secara real time dan sesekali melakukan manuver. Produk yang menarik, bukan?

Bobot249 gram
Dimensi panjang17,1 cm
Dimensi lebar24,5 cm
Dimensi tinggi6,2 cm
Foldable
Panjang saat dilipat14,5 cm
Lebar saat dilipat9 cm
Tinggi saat dilipat6,2 cm
Tinggi terbang4.000 meter
Lama terbang47 menit
Jarak kontrol12.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(Goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, cinematic, sport, freestyle, quickShots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0
LCD screen(1,3 inci)
Obstacle avoidance(4 arah: depan, belakang, bawah, atas)
Resolusi foto48 MP
Resolusi video4K
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
No.5

DJI Mini 2 SE

Harga referensi
Rp5.922.000
Agak Murah

Drone kelas menengah dengan kemampuan yang mumpuni

DJI Mini 2 SE bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari drone DJI kelas mid-end yang harganya masih affordable. Ini merupakan drone 5 jutaan yang punya kemampuan luar biasa. Kameranya mampu merekam di resolusi 2.7K dengan frame rate 60 fps. Kemudian, ada pula stabilizer 3-axis yang membuat pergerakan drone tetap halus. Kemampuan terbangnya pun cukup mumpuni, Anda bisa menerbangkannya hingga ketinggian 4.000 meter di jarak 1.500-3.000 meter.

Bobot246 gram
Dimensi panjang24,5 cm
Dimensi lebar 28,9 cm
Dimensi tinggi5,6 cm
Foldable
Panjang saat dilipat13,8 cm
Lebar saat dilipat8,1 cm
Tinggi saat dilipat5,8 cm
Tinggi terbang4.000 meter
Lama terbang31 menit
Jarak kontrol1.500 meter-3.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui smartphone)
Mode terbangNormal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack
LCD screen
Obstacle avoidance(3 arah: depan, belakang, bawah)
Resolusi foto12 MP
Resolusi video2.7K (2.720 x 1.530)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
No.6

DJI Mini 4 Pro

Harga referensi
Rp12.170.000
Menengah

Compact dan ringan untuk para pencinta petualangan

Drone dari DJI yang satu ini cocok untuk Anda yang suka mendokumentasikan momen travelling. Ukurannya yang compact, kecil, dan ringan, menjadikan drone ini sebagai teman perjalanan yang tidak merepotkan. Soalnya Anda tidak butuh tempat yang besar untuk menyimpan drone-nya.


Meskipun ukurannya kecil, kemampuannya untuk merekam dan memotret tergolong mumpuni. Kamera drone ini mampu memberikan hasil berkualitas tinggi dengan detail yang tajam. Drone yang mudah dibawa dan hasil kamera yang mengagumkan membuat Anda ingin menjelajahi banyak tempat yang indah.

Bobot249 gram
Dimensi panjang29,8 cm
Dimensi lebar37,3 cm
Dimensi tinggi10,1 cm
Foldable
Panjang saat dilipat14,8 cm
Lebar saat dilipat9,4 cm
Tinggi saat dilipat6,4 cm
Tinggi terbang4.000 meter
Lama terbang34 menit, 45 menit (battery plus)
Jarak kontrol20.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, cinematic, sport, freestyle, quickshots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0
LCD screen(1,3 inci)
Obstacle avoidance(4 arah: depan, belakang, bawah, atas)
Resolusi foto48 MP
Resolusi video4K
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all
No.7

DJI Air 3

Harga referensi
Rp17.500.000
Menengah

Jarak terbang jauh untuk rekam lanskap alam

DJI Air 3 hadir dengan kemampuan terbangnya yang mengagumkan. Bagaimana tidak, drone ini memiliki daya jangkau yang jauh yakni hingga 32 km di ketinggian 6.000 meter. Dibekali dengan kamera 48 MP, Anda bisa merekam video 4K di 100 fps sehingga mendapatkan hasil yang detail dan jernih.


Dengan kemampuannya tersebut, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang gemar merekam lanskap alam yang luas. Anda bisa mendapatkan footage yang bagus saat merekam hutan yang penuh pepohonan, lautan, perbukitan, dan lembah. Tunggu apa lagi? Saatnya membuat video dengan lanskap yang apik dengan DJI Air 3!

Bobot720 gram
Dimensi panjang25,88 cm
Dimensi lebar32,6 cm
Dimensi tinggi10,58 cm
Foldable
Panjang saat dilipat20,7 cm
Lebar saat dilipat10,05 cm
Tinggi saat dilipat9,11 cm
Tinggi terbang6.000 meter
Lama terbang46 menit
Jarak kontrol32.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, cinematic, sport, freestyle, quickshots, focustrack, mastershots, spotlight 2.0
LCD screen(3,6 inci)
Obstacle avoidance(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)
Resolusi foto48 MP
Resolusi video4K
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide, kamera tele
Dual camera
Port microSD
View all
No.8

DJIAvata Pro View Combo

Harga referensi
Rp20.700.000
Agak Mahal

FPV drone yang tangguh dengan durasi terbang yang lama

Untuk kebutuhan mendokumentasikan aktivitas-aktivitas ekstrem, kami merekomendasikan DJI Avata Pro View Combo. Ini merupakan drone FPV dengan hasil video 4K. Tidak hanya itu, dipadukan dengan bobotnya yang ringan, Anda bisa melakukan manuver-manuver saat melewati medan ekstrem. 


Drone ini juga dilengkapi dengan pelindung bawaan, tombol rem darurat, dan sensor ketinggian. Hal ini agar drone tetap aman saat harus terbang dan bermanuver dengan kecepatan tinggi. Meski demikian, Anda harus memiliki kemampuan tingkat lanjut untuk menerbangkan drone ini.

Bobot410 gram
Dimensi panjang18 cm
Dimensi lebar18 cm
Dimensi tinggi8 cm
Foldable
Panjang saat dilipat
Lebar saat dilipat
Tinggi saat dilipat
Tinggi terbang6.000 meter
Lama terbang110 menit
Jarak kontrol11.600 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI Avata Goggle 2)
Mode terbangNormal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0
LCD screen(3,5 inci)
Obstacle avoidance(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)
Resolusi foto48 MP
Resolusi video4K (3.840 x 2.160)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide, kamera tele
Dual camera
Port microSD
View all
No.9

DJIMavic 3

Harga referensi
Rp34.059.000
Lebih Mahal

Perekaman video tinggi 5K untuk kebutuhan profesional

Apakah Anda seorang videografer profesional? Drone dengan kemampuan rekam di resolusi 5.1K ini bisa menjadi pilihan tepat. Ada sensor canggih di drone DJI ini untuk menghasilkan video yang jernih saat merekam di malam hari. Anda bisa mendapatkan footage video yang bagus meski dalam kondisi minim cahaya.


Drone ini dilengkapi dengan lensa tele agar zooming objek yang jauh hasil videonya tidak pecah-pecah. Ada pula berbagai mode rekam yang bisa dijajal untuk membuat video sinematik. Anda bisa mencoba mode ActiveTrack 5.0, MasterShots, panorama, hyperlapse, dan QuickShots. Menarik, bukan?

Bobot895 gram
Dimensi panjang34,75 cm
Dimensi lebar28,3 cm
Dimensi tinggi 10,77 cm
Foldable
Panjang saat dilipat22,1 cm
Lebar saat dilipat9,63 cm
Tinggi saat dilipat 9,03 cm
Tinggi terbang6.000 meter
Lama terbang46 menit
Jarak kontrol30.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0
LCD screen(3,6 inci)
Obstacle avoidance(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)
Resolusi foto20 MP
Resolusi video5.1K (5.120 x 2.700)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide, kamera tele
Dual camera
Port microSD
View all
No.10

DJI Mavic 3 Classic

Harga referensi
Rp26.350.000
Agak Mahal

Gambar tetap jelas meski merekam untuk lanskap yang luas

Untuk Anda yang sering menjelajah dan melakukan eksplorasi di alam yang luas, pertimbangkan drone DJI Mavic 3 Classic. Produk ini punya jarak terbang hingga 30 km dengan batas ketinggian maksimal 6.000 m. Dengan begitu, lanskap yang bisa direkam kamera drone ini jadi lebih luas.


Tidak hanya itu, dipadukan dengan resolusi kameranya yang tinggi, Anda bisa mendapatkan video yang jernih dan detail. Kamera drone-nya pun diketahui mampu merekam di resolusi 5.1K/50 fps dan 4K/120 fps. Hasil video yang mampu direkam pun terlihat lebih jelas dan detail dengan pergerakan yang halus. 

Bobot895 gram
Dimensi panjang34,75 cm
Dimensi lebar 28,3 cm
Dimensi tinggi10,77 cm
Foldable
Panjang saat dilipat22,1 cm
Lebar saat dilipat9,63 cm
Tinggi saat dilipat9,03 cm
Tinggi terbang6.000 meter
Lama terbang46 menit
Jarak kontrol30.000 meter
Pelindung baling-baling
Auto-return
First-person view(melalui goggles DJI FPV V2)
Mode terbangNormal, Cinematic, Sport, Freestyle, QuickShots, FocusTrack, MasterShots, Spotlight 2.0
LCD screen(3,6 inci)
Obstacle avoidance(6 arah: depan, belakang, bawah, atas, kiri, kanan)
Resolusi foto20 MP
Resolusi video5.1K (5.120 x 2.700)
Gimbal/stabilisasi gambar3-axis
Lensa kameraKamera wide
Dual camera
Port microSD
View all

Aturan dan tips dalam menerbangkan drone

Setelah membaca rekomendasi kami, kami juga akan membahas sedikit mengenai aturan penggunaan drone di Indonesia. Kemudian, pakar kami akan memberikan sedikit tips. Simak di bawah ini, ya.

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Perhatikan aturan menerbangkan drone
Sebelum menerbangkan drone, carilah informasi mengenai regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penerbangan drone. Di Indonesia, terdapat kawasan terlarang untuk menerbangkannya. Anda tidak bisa menerbangkan drone di sekitar bandara, kawasan udara yang dilewati pesawat, dan lokasi-lokasi yang diamankan. Untuk itu, ingatlah selalu wilayah yang dilarang untuk dilalui drone.

Tips dari drone specialist kami, Yosua Surojo

Tips dari drone specialist kami, Yosua Surojo

Jika melihat tren development, ukuran drone yang dikeluarkan DJI makin lama makin kecil dan compact. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna agar dapat menerbangkan drone tanpa perlu mendaftarkan perizinan terbang ke otoritas setempat. Drone yang lebih kecil memiliki spesifikasi di bawah standar sehingga tidak membutuhkan izin terbang.


Sebagai contoh, produk DJI Mavic Mini memiliki bobot 249 gram saja. Berkat hal ini, DJI Mavic Mini dapat diterbangkan tanpa harus menggunakan izin ke Federal Aviation Administration (FAA). Hal ini memungkinkan karena bobot minimal drone yang perlu izin terbang adalah 250 gram.


Sebagai pengguna drone, sebaiknya Anda memilih drone yang dimensinya minimalis dengan fitur yang mumpuni. Meski hanya digunakan untuk keperluan hobi atau hiburan, sebenarnya hal ini cukup penting. Anda bisa lebih nyaman membawa drone ke mana pun untuk mengabadikan momen penting dari perspektif baru.

5 Rekomendasi Drone DJI terbaik

No. 1: DJI Mini 3DJI RC-N1

No. 2: DJI Tello

No. 3: DJI FPV Combo

No. 4: DJI Mini 3 Pro

No. 5: DJI Mini 2 SE

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Drone & aksesori
  4. 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Drone Specialist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.