10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Penggunaan drone untuk mendokumentasikan perjalanan atau menampilkan pemandangan udara belakangan ini semakin meningkat. Tidak hanya untuk kebutuhan syuting profesional, drone juga digunakan untuk sekadar hobi atau penanda eksistensi di media sosial. Salah satu merek drone yang sering digunakan untuk perekaman video aerial adalah DJI.

Beberapa drone seperti DJI Spark, DJI Phantom 3, DJI Mavic Air juga dapat digunakan untuk menunjang hobi Anda, lho! Melalui artikel ini, kami akan mengulas fungsi dan spesifikasi drone yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Silakan disimak, ya!

Daftar isi

Cara memilih drone DJI

Terdapat cukup banyak tipe dan seri drone yang diproduksi oleh perusahaan DJI. Supaya Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan pemilihan drone DJI terbaik sesuai dengan tujuan penggunaannya. Untuk itu, simaklah beberapa poin berikut ini, ya!

Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Sebagai peralatan dokumentasi yang cukup berkembang dengan pesat, banyak orang yang kemudian ingin membeli drone. Supaya tidak merasa kecewa saat menggunakan drone, sebaiknya Anda menyesuaikan fungsi drone dengan kebutuhan.

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar

Tidak semua drone dijual dengan harga yang tinggi. Bagi Anda yang ingin membeli drone dengan harga terjangkau, Anda dapat menggunakan drone DJI tipe standar. Ada beberapa seri drone DJI standar yang kualitasnya cukup bagus, seperti DJI Spark dan DJI Phantom 3 Standard.

Seri drone di atas sudah dibekali kamera yang dapat merekam video dengan kualitas HD yang cukup baik. Beberapa drone tipe standar juga memiliki jangkauan terbang yang cukup jauh untuk mengambil foto maupun video aerial.

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni

Jika Anda sudah terbiasa menerbangkan drone dan mulai mempertimbangkan untuk mengomersialkannya, membeli drone profesional dapat menjadi pilihan. Drone profesional biasanya memiliki kualitas kamera yang dapat merekam video dengan format 4K. Format video ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan klien Anda. Biasanya, harga video dan foto aerial dengan format 4K akan jauh lebih mahal dibanding format HD.

Selain kualitas kamera, seorang profesional juga membutuhkan drone yang memiliki jarak terbang jauh dan kemampuan dalam pemetaan. Secara umum, kegiatan pemetaan menggunakan drone terbagi menjadi dua, yaitu dalam skala kecil dan skala luas. Untuk seri drone DJI yang memiliki teknologi pemetaan misalnya adalah DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro.

Pilih berdasarkan kualitas video

Tidak semua drone memiliki kualitas yang sama. Baik kemampuan maupun fungsinya, setiap drone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing–masing.

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K

Media sosial telah menjadi tempat banyak orang untuk memamerkan hasil foto maupun video. Kini mulai banyak yang tertarik untuk menampilkan foto dan video pemandangan aerial di media sosial. Untuk dapat menampilkannya di media sosial, Anda tidak perlu menggunakan drone dengan kamera dan fitur yang canggih. Kualitas video HD dan 2K sudah sangat cukup untuk dapat diunggah di media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K

Kamera dengan kualitas lebih tinggi akan dipasang pada drone profesional. Jika Anda seorang videografer atau film maker yang kerap membuat video komersil, kualitas video adalah yang utama. Dengan kamera bersensor tinggi, format video yang dihasilkan pun akan lebih indah dan berkualitas. Untuk itu, gunakan drone yang dapat melakukan perekaman pada resolusi video 4K, seperti seri DJI Phantom 4 Pro, DJI Mavic Pro, atau DJI Inspire 2.

Pilih berdasarkan fiturnya

Semakin profesional Anda dalam mengoperasikan drone, semakin banyak pula fitur yang akan Anda butuhkan. Apa saja fitur utama pada drone yang Anda butuhkan? Berikut penjelasannya!

Auto landing dan take-off, semakin aman dalam pengoperasian

Auto landing dan take-off, memudahkan dalam pengoperasian

Bagi pilot drone pemula, pilihlah drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take-off . Kedua fitur ini sangat berguna ketika Anda merasa panik saat menerbangkan drone. Dengan menekan tombol auto landing pada remote control maupun layar kendali, drone secara otomatis akan kembali menuju titik lepas landas. Pada drone DJI, fitur auto landing dapat Anda aktifkan melalui menu return to home. Untuk itu, pastikan drone yang Anda pilih sudah dibekali fitur ini.

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone

Fitur kedua yang wajib Anda ketahui adalah seberapa jauh jarak drone bisa terbang. Bagi Anda yang masih belajar menerbangkan drone, Anda tidak perlu memilih drone dengan jarak terbang yang jauh. Namun, untuk Anda yang profesional, pilihlah drone yang dapat terbang melebihi jarak 1 km.

Kemampuan jarak terbang drone juga ditentukan oleh banyaknya tower pemancar sinyal di sekitar Anda. Semakin banyak tower pemancar sinyal, jarak terbang drone akan semakin pendek. Hal ini dikarenakan terganggunya sinyal Wi-Fi yang menghubungkan remote control dengan drone Anda. Untuk itu, pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan sinyal agar drone Anda dapat terbang jauh.

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional

Gimbal atau stabilisasi gambar pada kamera juga menjadi bagian penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli drone. Umumnya, drone DJI telah dibekali stabilisasi gambar 2-axis hingga 3-axis. Sistem stabilisasi gambar ini bertujuan untuk mencegah rekaman video Anda menjadi goyang dan blur. Semakin tinggi angka pada gimbal, semakin baik drone dalam meredam guncangan saat merekam video. Untuk itu, gimbal sangat penting untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Rata-rata drone DJI memiliki durasi terbang antara 15 hingga 25 menit. Sementara waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai drone hingga penuh adalah 1-2 jam. Baterai drone yang cepat habis juga disebabkan oleh tingkat kesulitan medan yang Anda lalui. Oleh karena itu, memiliki lebih dari satu baterai sangat disarankan supaya Anda dapat merekam video secara maksimal dan hemat waktu.

10 Rekomendasi drone DJI terbaik

Setelah mengetahui cara memilih drone terbaik yang sesuai kebutuhan, saatnya Anda menentukan drone DJI yang akan digunakan. Selamat memilih!

10. DJI Spark

10. DJI Spark

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.000.000

Bodi kecil, swafoto pun lebih praktis

Memiliki panjang 17 cm, DJI Spark merupakan salah satu drone DJI yang bodinya mungil. Dengan ukurannya yang kecil tersebut, drone ini dapat take-off lebih mudah di telapak tangan. DJI Spark juga dapat dioperasikan langsung dengan smartphone Anda melalui koneksi Wi-Fi dengan jarak 100 meter.

Salah satu kelebihan drone mungil ini adalah kemampuan membaca gestur tangan penggunanya. Cukup dengan melambaikan tangan ke depan kamera, DJI Spark akan memotret Anda. Bagi Anda yang ingin mengoleksi banyak foto swafoto dengan konsep aerial dengan jarak yang dekat, drone ini bisa menjadi pilihan.

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal FHD (1920×1080) 30p
Durasi terbang 16 menit
Jarak terbang 100 m (Wi-Fi) dan 2 km (remote control)
Fitur tambahan Return to home, flight protection, intelligent flight battery
Stabilisasi gambar 2-axis

9. DJI Phantom 3 Standard

9. DJI Phantom 3 Standard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.750.000

Harga ramah dengan pengoperasian yang serba manual

Bagi Anda yang baru pertama kali mengenal dan ingin belajar penggunaan drone, DJI Phantom 3 Standard adalah pilihan yang tepat. Kestabilan drone ini juga dapat Anda kendalikan dengan baik. Dengan fitur flight assistant, drone akan kembali menuju titik lepas landas ketika sinyal terputus maupun daya baterai tersisa 10%.

Dengan harganya yang lebih murah dibanding seri drone DJI lainnya, drone ini banyak digemari oleh videografer aerial pemula. Dengan sistem pengoperasian yang serba manual, Anda dapat belajar lebih banyak teknis menerbangkan drone dari DJI Phantom 3 Standard.

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal 2.7K (2704 x 1520) 24/25/30 p
Durasi terbang 25 menit
Jarak terbang 1 km
Fitur tambahan Auto take-off danAuto Landing
Stabilisasi gambar 3-axis

8. DJI Phantom 3 SE

8. DJI Phantom 3 SE

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.900.000

Dapatkan hasil video 4K dengan harga yang ramah!

Drone ini dibekali dengan kamera yang sanggup merekam video beresolusi 4K. Kualitas videonya tentu tidak lagi diragukan. Dibekali kamera berosolusi 12 MP dan gimbal 3-axis, video aerial akan terlihat lebih halus tanpa guncangan.

Bagi kalangan videografer yang menginginkan video aerial berkualitas tinggi tetapi terbatas dana, drone ini dapat menjadi pilihan. Meski tidak dilengkapi fitur sebaik generasi di atasnya, drone ini dilengkapi sistem vision positioning. Dengan sistem ini, drone dapat terbang dengan stabil meskipun sinyal GPS pada remote control mendapat gangguan.

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal 4K (3840 x 2160) 24/25/30p
Durasi terbang 25 menit
Jarak terbang 4 km
Fitur tambahan Auto take-off, auto landing, DJI lightbridge, sensor vision positioning & sensor GPS
Stabilisasi gambar 3-axis

7. DJI Tello

7. DJI Tello

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.549.000

Cukup melemparnya dari tangan, seketika drone akan terbang

DJI Tello merupakan drone terkecil di antara semua seri DJI. Dengan panjang 10 cm, drone kecil ini merupakan jenis drone mainan yang dioperasikan melalui kontrol smartphone. Dengan teknologi flight stabilization, DJI Tello juga dapat terbang dengan aman di dalam ruangan.

Uniknya, drone kecil ini dapat melakukan akrobatik di udara layaknya drone racing. Cukup melemparnya dari tangan, drone akan terbang seketika. Bagi Anda yang hobi dalam memodif program pola terbang drone, DJI Tello dapat menjadi pilihan. Dengan aplikasi Scratch, nikmati keseruan dalam memprogram drone!

Kamera 5 MP
Resolusi video maksimal HD 720 p
Durasi terbang 13 menit
Jarak terbang 100 meter
Fitur tambahan Smart interactive drone, take-off dan landing dari tangan, kompatibel dengan bluetooth controller
Stabilisasi gambar Tidak disebutkan

6. DJI Phantom 4 Advanced

6. DJI Phantom 4 Advanced

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 18.250.000

Pemetaan udara menjadi lebih mudah

Salah satu perangkat drone yang cukup mumpuni dan dapat Anda gunakan untuk kegiatan pemetaan adalah DJI Phantom 4 Advanced. Dibekali dengan kamera yang lebih canggih dan stabil dibanding seri pendahulunya, hasil gambar yang dihasilkan sangat detail dan informatif.

Selain itu, terdapat beberapa fitur unggulan seperti draw yang dapat membantu Anda dalam merekam subjek gambar. Cukup menggambar rute pada layar, drone akan bergerak mengikuti arah pada layar. Menariknya lagi, drone ini telah dilengkapi sensor antitabrak pada kamera bagian depan, belakang, dan bawah.

Kamera 20 MP
Resolusi video maksimal 4K (4096 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang 30 menit
Jarak terbang 7 km
Fitur tambahan Draw, active track, tap fly, auto landing, gesture mode
Stabilisasi gambar 3-axis

5. DJI Phantom 4 Pro

5. DJI Phantom 4 Pro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 22.000.000

Mengikuti subjek bergerak secara halus dengan praktis

Salah satu kesulitan dalam mengoperasikan drone adalah mengikuti subjek gambar yang bergerak. Misalnya ketika Anda ingin merekam kegiatan olahraga lari, balap motor, maupun road trip. Dengan adanya fitur active track pada DJI Phantom 4 Pro, drone dapat secara otomatis merekam dan bergerak mengikuti subjek gambar.

Drone ini juga dilengkapi dengan kamera sensor CMOS 1 inci dengan shutter mekanik yang dapat meminimalkan distorsi gambar. Dengan kualitas kameranya, drone ini biasanya digunakan oleh para videografer profesional yang mengerjakan video komersil. Drone ini tersedia dalam tiga seri di antaranya DJI Phantom 4 Pro, Pro V2, dan Obsidian.

Kamera 20 MP
Resolusi video maksimal 4K (4096 × 2160) 24/25/30/48/50p
Durasi terbang 30 menit
Jarak terbang 7 km
Fitur tambahan Gesture mode, auto landing, tap fly, active track, draw
Stabilisasi gambar 3-axis

4. DJI Inspire 2

4. DJI Inspire 2

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 41.000.000

Sangat lincah dan mampu merekam video berosolusi 6K

Untuk urusan kecepatan, drone ini dapat terbang dan melesat hingga 58 mph atau setara dengan 90 km/jam. Meskipun bentuknya yang besar, drone ini memiliki suara baling-baling yang benar-benar halus. Dengan kemampuan terbang ini, Anda dapat merekam adegan-adegan pembuatan film yang dengan gerakan yang cepat.

Sementara untuk urusan kamera, drone ini menggunakan perangkat lunak CineCore 2.0 yang dapat menghasilkan video beresolusi 6K. Gimbal pada kameranya pun dapat berotasi hingga 360 derajat. Mulai dari hardware, bodi, dan kameranya, DJI Inspire 2 adalah drone terbaik yang direkomendasikan untuk pembuatan film.

Kamera 20,8 MP
Resolusi video maksimal 5,2 K
Durasi terbang 27 menit
Jarak terbang 7 km
Fitur tambahan Efficient workflow, sense and avoid, spotlight pro, tap fly, active track, auto landing, video transmission system, master and slave controllers
Stabilisasi gambar 2-axis stabilized FPV camera dan gimbal 360 derajat yang dapat berotasi

3. DJI Mavic Air

3. DJI Mavic Air

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.700.000

Sensor anti-obstacle dan fitur APAS yang andal menghindari rintangan

Menerbangkan drone di area yang memiliki banyak bangunan tinggi, pepohonan, maupun kabel listrik, tentunya akan menyulitkan. Belum lagi jika Anda mengoperasikan drone melalui jarak jauh sehingga Anda sulit melihat posisi drone saat kondisi terbang. Dengan drone ini, Anda dapat mengurangi risiko drone menabrak objek bangunan.

Dibekali fitur advanced pilot awareness system (APAS) dan sensor anti-obstacle, drone ini dapat mendeteksi rintangan di sekitar area terbang. Saat melihat rintangan, drone secara otomatis akan mengubah arah. Bagi Anda yang ingin lebih aman saat menerbangkan drone, DJI Mavic Air dapat menjadi pilihan.

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal 4K Ultra HD (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang 21 menit
Jarak terbang 10 km
Fitur tambahan Smart capture, slow-motion video, HDR photos, active track, quick shots, tap fly, flight safety
Stabilisasi gambar 3-axis

2. DJI Mavic 2 Zoom

2. DJI Mavic 2 Zoom

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 16.800.000

Kemampuan zoom pada kamera untuk subjek gambar yang berada jauh

Pemotongan gambar supaya menjadi lebih besar saat proses pengeditan memiliki risiko buruk, salah satunya penurunan kualitas gambar. Agar mendapatkan gambar yang jelas, Anda disarankan untuk mendekatkan drone pada subjek gambar. DJI Mavic 2 Zoom merupakan seri drone DJI yang memiliki kemampuan 4x zoom pada subjek gambar.

Dengan teknologi kamera 4x zoom ini, Anda dapat merekam subjek gambar yang jauh. Untuk Anda yang ingin membuat dokumentasi video perjalanan maupun wedding, drone ini adalah pilihan yang tepat. Dengan DJI Mavic 2 Zoom, gunakan fitur hyperlapse untuk menciptakan efek dramatis pada video traveling Anda!

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal 4K (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang 31 menit
Jarak terbang 18 km
Fitur tambahan Zoom during flight, hyperlapse, flight safety, omnidirectional obstacle sensing
Stabilisasi gambar 3-axis

1. DJI Mavic Pro Platinum

1. DJI Mavic Pro Platinum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.990.000

Terbang tanpa bising, desainnya pun mewah

Sesuai dengan nama produknya, tipe DJI Mavic ini hadir dengan sentuhan warna platinum dan garis keemasan yang menunjukkan kesan mewah. Salah satu keunggulan dari drone DJI ini adalah adanya teknologi FOC (Field Oriented Control) dan propeller 8331 yang dapat meredam suara bising saat terbang.

Drone ini juga dapat terbang selama 30 menit. Dengan durasi terbang yang cukup lama ini, Anda dapat lebih banyak memiliki kesempatan dalam merekam dan memotret subjek gambar. Bagi Anda yang hobi membuat video dokumentasi perjalanan, DJI Mavic Pro Platinum wajib Anda bawa!

Kamera 12 MP
Resolusi video maksimal 4K Ultra HD Video
Durasi terbang 30 menit
Jarak terbang 7 km
Fitur tambahan Tap fly, auto landing, active track, gesture mode
Stabilisasi gambar 3-axis

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Sebelum Anda menerbangkan drone, carilah informasi mengenai regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penerbangan drone.

Di Indonesia, terdapat kawasan terlarang menerbangkan drone. Di antaranya adalah wilayah sekitar bandar udara, kawasan udara yang dilewati pesawat udara, maupun lokasi-lokasi tertentu yang dijaga keamanannya. Untuk itu, pahamilah daerah-daerah tertentu yang dilarang untuk dilalui drone.

Baca juga rekomendasi drone lainnya di sini

Selain merek DJI, terdapat beberapa merek drone lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk menunjang profesi dan hobi Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Meski Anda sudah menggunakan drone yang cukup canggih, menerbangkan drone tidaklah mudah. Selain harus sering berlatih, pengetahuan dalam menerbangkan drone haruslah dimiliki oleh setiap pilot drone.

Jika sampai salah, bukan saja risiko jatuh yang Anda dapatkan. Melainkan juga kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa. Semuanya kembali ke Anda. Jika ingin membeli drone untuk belajar, mulailah dari tipe drone standar. Sementara jika Anda sudah cukup mahir, drone profesional dapat menjadi pilihan.