• 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Drone DJI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan drone untuk mendokumentasikan perjalanan atau menampilkan pemandangan udara belakangan ini semakin meningkat. Tidak hanya untuk kebutuhan syuting profesional, drone juga digunakan untuk sekadar hobi atau penanda eksistensi di media sosial. Salah satu merek drone yang sering digunakan untuk perekaman video aerial adalah DJI.

Beberapa drone seperti DJI Spark, DJI Phantom 3, DJI Mavic Air juga dapat digunakan untuk menunjang hobi Anda, lho! Melalui artikel ini, kami akan mengulas fungsi dan spesifikasi drone yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Silakan disimak, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.427 Views
Daftar isi

Cara memilih drone DJI

Terdapat cukup banyak tipe dan seri drone yang diproduksi oleh perusahaan DJI. Supaya Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan pemilihan drone DJI terbaik sesuai dengan tujuan penggunaannya. Untuk itu, simaklah beberapa poin berikut ini, ya!

Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Sebagai peralatan dokumentasi yang cukup berkembang dengan pesat, banyak orang yang kemudian ingin membeli drone. Supaya tidak merasa kecewa saat menggunakan drone, sebaiknya Anda menyesuaikan fungsi drone dengan kebutuhan.

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar

Untuk sekadar hobi atau hiburan, pilih drone tipe standar
Tidak semua drone dijual dengan harga yang tinggi. Bagi Anda yang ingin membeli drone dengan harga terjangkau, Anda dapat menggunakan drone DJI tipe standar. Ada beberapa seri drone DJI standar yang kualitasnya cukup bagus, seperti DJI Spark dan DJI Phantom 3 Standard.
Seri drone di atas sudah dibekali kamera yang dapat merekam video dengan kualitas HD yang cukup baik. Beberapa drone tipe standar juga memiliki jangkauan terbang yang cukup jauh untuk mengambil foto maupun video aerial.

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni

Untuk kebutuhan profesional, pilih yang kemampuan terbang dan kualitas kameranya mumpuni
Jika Anda sudah terbiasa menerbangkan drone dan mulai mempertimbangkan untuk mengomersialkannya, membeli drone profesional dapat menjadi pilihan. Drone profesional biasanya memiliki kualitas kamera yang dapat merekam video dengan format 4K. Format video ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan klien Anda. Biasanya, harga video dan foto aerial dengan format 4K akan jauh lebih mahal dibanding format HD.
Selain kualitas kamera, seorang profesional juga membutuhkan drone yang memiliki jarak terbang jauh dan kemampuan dalam pemetaan. Secara umum, kegiatan pemetaan menggunakan drone terbagi menjadi dua, yaitu dalam skala kecil dan skala luas. Untuk seri drone DJI yang memiliki teknologi pemetaan misalnya adalah DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro.

Pilih berdasarkan kualitas video

Tidak semua drone memiliki kualitas yang sama. Baik kemampuan maupun fungsinya, setiap drone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing–masing.

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K

Untuk media sosial, gunakan drone dengan kualitas video HD dan 2K
Media sosial telah menjadi tempat banyak orang untuk memamerkan hasil foto maupun video. Kini mulai banyak yang tertarik untuk menampilkan foto dan video pemandangan aerial di media sosial. Untuk dapat menampilkannya di media sosial, Anda tidak perlu menggunakan drone dengan kamera dan fitur yang canggih. Kualitas video HD dan 2K sudah sangat cukup untuk dapat diunggah di media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K

Untuk video komersil, gunakan drone kualitas video 4K
Kamera dengan kualitas lebih tinggi akan dipasang pada drone profesional. Jika Anda seorang videografer atau film maker yang kerap membuat video komersil, kualitas video adalah yang utama. Dengan kamera bersensor tinggi, format video yang dihasilkan pun akan lebih indah dan berkualitas. Untuk itu, gunakan drone yang dapat melakukan perekaman pada resolusi video 4K, seperti seri DJI Phantom 4 Pro, DJI Mavic Pro, atau DJI Inspire 2.

Pilih berdasarkan fiturnya

Semakin profesional Anda dalam mengoperasikan drone, semakin banyak pula fitur yang akan Anda butuhkan. Apa saja fitur utama pada drone yang Anda butuhkan? Berikut penjelasannya!

Auto landing dan take-off, semakin aman dalam pengoperasian

Auto landing dan take-off, semakin aman dalam pengoperasian
Bagi pilot drone pemula, pilihlah drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take-off . Kedua fitur ini sangat berguna ketika Anda merasa panik saat menerbangkan drone. Dengan menekan tombol auto landing pada remote control maupun layar kendali, drone secara otomatis akan kembali menuju titik lepas landas. Pada drone DJI, fitur auto landing dapat Anda aktifkan melalui menu return to home. Untuk itu, pastikan drone yang Anda pilih sudah dibekali fitur ini.

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone

Perhatikan jarak dan jangkauan terbang drone
Fitur kedua yang wajib Anda ketahui adalah seberapa jauh jarak drone bisa terbang. Bagi Anda yang masih belajar menerbangkan drone, Anda tidak perlu memilih drone dengan jarak terbang yang jauh. Namun, untuk Anda yang profesional, pilihlah drone yang dapat terbang melebihi jarak 1 km.
Kemampuan jarak terbang drone juga ditentukan oleh banyaknya tower pemancar sinyal di sekitar Anda. Semakin banyak tower pemancar sinyal, jarak terbang drone akan semakin pendek. Hal ini dikarenakan terganggunya sinyal Wi-Fi yang menghubungkan remote control dengan drone Anda. Untuk itu, pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan sinyal agar drone Anda dapat terbang jauh.

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional
Gimbal atau stabilisasi gambar pada kamera juga menjadi bagian penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli drone. Umumnya, drone DJI telah dibekali stabilisasi gambar 2-axis hingga 3-axis. Sistem stabilisasi gambar ini bertujuan untuk mencegah rekaman video Anda menjadi goyang dan blur. Semakin tinggi angka pada gimbal, semakin baik drone dalam meredam guncangan saat merekam video. Untuk itu, gimbal sangat penting untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu
Rata-rata drone DJI memiliki durasi terbang antara 15 hingga 25 menit. Sementara waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai drone hingga penuh adalah 1-2 jam. Baterai drone yang cepat habis juga disebabkan oleh tingkat kesulitan medan yang Anda lalui. Oleh karena itu, memiliki lebih dari satu baterai sangat disarankan supaya Anda dapat merekam video secara maksimal dan hemat waktu.

10 Rekomendasi drone DJI terbaik

Setelah mengetahui cara memilih drone terbaik yang sesuai kebutuhan, saatnya Anda menentukan drone DJI yang akan digunakan. Selamat memilih!
Kamera12 MP
Resolusi video maksimalFHD (1920×1080) 30p
Durasi terbang16 menit
Jarak terbang100 m (Wi-Fi) dan 2 km (remote control)
Fitur tambahanReturn to home, flight protection, intelligent flight battery
Stabilisasi gambar2-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal2.7K (2704 x 1520) 24/25/30 p
Durasi terbang25 menit
Jarak terbang1 km
Fitur tambahanAuto take-off danAuto Landing
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K (3840 x 2160) 24/25/30p
Durasi terbang25 menit
Jarak terbang4 km
Fitur tambahanAuto take-off, auto landing, DJI lightbridge, sensor vision positioning & sensor GPS
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera5 MP
Resolusi video maksimalHD 720 p
Durasi terbang13 menit
Jarak terbang100 meter
Fitur tambahanSmart interactive drone, take-off dan landing dari tangan, kompatibel dengan bluetooth controller
Stabilisasi gambarTidak disebutkan
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanDraw, active track, tap fly, auto landing, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30/48/50p
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanGesture mode, auto landing, tap fly, active track, draw
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera20,8 MP
Resolusi video maksimal5,2 K
Durasi terbang27 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanEfficient workflow, sense and avoid, spotlight pro, tap fly, active track, auto landing, video transmission system, master and slave controllers
Stabilisasi gambar2-axis stabilized FPV camera dan gimbal 360 derajat yang dapat berotasi
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang21 menit
Jarak terbang10 km
Fitur tambahanSmart capture, slow-motion video, HDR photos, active track, quick shots, tap fly, flight safety
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K (3840 × 2160) 24/25/30p
Durasi terbang31 menit
Jarak terbang18 km
Fitur tambahanZoom during flight, hyperlapse, flight safety, omnidirectional obstacle sensing
Stabilisasi gambar3-axis
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD Video
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanTap fly, auto landing, active track, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Perhatikan aturan menerbangkan drone
Sebelum Anda menerbangkan drone, carilah informasi mengenai regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penerbangan drone.
Di Indonesia, terdapat kawasan terlarang menerbangkan drone. Di antaranya adalah wilayah sekitar bandar udara, kawasan udara yang dilewati pesawat udara, maupun lokasi-lokasi tertentu yang dijaga keamanannya. Untuk itu, pahamilah daerah-daerah tertentu yang dilarang untuk dilalui drone.

Baca juga rekomendasi drone lainnya di sini

Selain merek DJI, terdapat beberapa merek drone lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk menunjang profesi dan hobi Anda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Meski Anda sudah menggunakan drone yang cukup canggih, menerbangkan drone tidaklah mudah. Selain harus sering berlatih, pengetahuan dalam menerbangkan drone haruslah dimiliki oleh setiap pilot drone.
Jika sampai salah, bukan saja risiko jatuh yang Anda dapatkan. Melainkan juga kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa. Semuanya kembali ke Anda. Jika ingin membeli drone untuk belajar, mulailah dari tipe drone standar. Sementara jika Anda sudah cukup mahir, drone profesional dapat menjadi pilihan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    104.244 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    82.490 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    75.430 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    65.976 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    46.177 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    56.485 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Mahasiswa Rumpun Sains (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop merupakan perangkat penting bagi mahasiswa, khususnya untuk rumpun sains. Namun, software yang digunakan untuk perkuliahan sering kali membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus. Anda mungkin saja belum memiliki gambaran jelas mengenai cara menentukan laptop yang tepat.Jika Anda seorang mahasiswa rumpun sains, artikel ini ditujukan untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih laptop untuk kebutuhan perkuliahan di program studi sains. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi laptop terbaik dari ASUS, Acer, HP, dan lainnya. Jangan lewatkan informasinya dan dapatkan laptop yang Anda butuhkan di sini!
    Komputer & kamera
    7.524 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori