• 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)

DJI merupakan merk yang sudah diakui kualitasnya. Drone produksinya sudah banyak digunakan orang. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam-macam. Ada drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro. Selain itu, ada drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3. Kira-kira, produk mana yang bagus untuk dipilih?

Untuk mengetahuinya, tetaplah membaca artikel ini dan temukan drone DJI terbaru dan terbaik. Ditambah lagi, Anda juga bisa membaca tips dari drone specialist, Yosua Surojo. Ikuti artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone profesional terbaik.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
  • Pembaharuan terakhir: 06 November 2021
  • 17.706 Views
Daftar isi

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo

Profil pakar: Drone specialist, Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih drone DJI

DJI sudah memiliki banyak tipe dan seri drone. Agar Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan, kami akan menjelaskan cara memilih drone DJI terbaik. Untuk itu, simaklah poin-poin berikut ini.

Sesuaikan jenis drone DJI dengan tujuan penggunaan

Sebagai peralatan dokumentasi yang berkembang cukup pesat, drone digemari oleh cukup banyak orang. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua drone memiliki tujuan penggunaan yang sama. Agar tidak salah pilih, pahamilah jenis drone DJI yang tersedia berikut ini.

Untuk hobi, pilih drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3

Untuk hobi, pilih drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3
Tidak semua drone dibuat untuk kalangan profesional. Bagi Anda yang ingin mulai belajar menerbangkannya, pilihlah tipe standar. Ada beberapa seri drone DJI standar dengan kualitas yang bagus. DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3 bisa menjadi pilihan pertama.

Seri drone di atas sudah dibekali kamera yang dapat merekam video dengan kualitas cukup baik. Beberapa drone tipe standar juga memiliki jangkauan terbang yang mumpuni untuk mengambil foto atau video aerial.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Walaupun Anda menggunakan drone sebagai hobi atau hiburan, Anda tetap perlu mempertimbangkan kemudahan pengoperasiannya. Makin mudah drone dioperasikan, makin nyaman pula drone tersebut digunakan untuk mengambil foto dan video dari udara. 


Kemudahan pengoperasian drone dapat dilihat dari fitur-fitur pengambilan video otomatis yang disediakan oleh produsen. Fitur-fitur otomatis tersebut akan membantu Anda yang ingin mendokumentasikan momen penting dari perspektif baru. 


Selain kemudahan pengoperasian, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kepraktisan membawa drone. Sebaiknya, Anda mengecek juga dimensi drone agar tidak terlalu besar dan bobotnya cukup ringan. Makin praktis bentuknya, Anda akan merasa makin nyaman membawa drone tersebut sebagai your everyday flycam.

Untuk pekerjaan, pilih drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro

Untuk pekerjaan, pilih drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro
Jika Anda sudah terbiasa menerbangkan drone atau memerlukannya untuk kebutuhan pekerjaan, pilihlah drone profesional. Tipe ini biasanya sudah dilengkapi beragam fitur yang akan bermanfaat untuk pengambilan gambar yang sulit. Kualitas gambarnya pun mumpuni untuk ditunjukkan pada klien.

Seorang profesional juga membutuhkan drone yang memiliki kemampuan dalam pemetaan, serta jarak terbang jauh. Secara umum, kegiatan pemetaan menggunakan drone terbagi menjadi dua yaitu dalam skala kecil dan skala luas. Seri drone DJI yang memiliki teknologi pemetaan antara lain adalah DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Penggunaan drone untuk kebutuhan profesional biasanya meliputi dokumentasi suatu area, pemetaan udara, atau pengambilan scene suatu film. Untuk kebutuhan profesional, pikirkanlah kemudahan penggantian kamera pada drone. Dengan kamera yang mudah diganti, Anda hanya membutuhkan satu drone saja untuk berbagai kebutuhan.  


Selain itu, kecanggihan mode terbang otomatis juga dapat menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Fitur ini sangat berguna untuk kebutuhan pemetaan dari udara. Saat melakukan pemetaan, Anda dituntut untuk membuat jalur terbang drone yang menghasilkan gambar peta sempurna. 


Makin canggih kemampuan terbangnya, makin mudah pula Anda merancang plan terbang. Otomatis, Anda juga dapat mengambil gambar peta udara dengan lebih baik. Faktor flight time yang ditawarkan baterai drone juga dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih produk terbaik. Penggunaan drone untuk kebutuhan profesional menuntut waktu standby di udara yang cukup lama.

Pilih berdasarkan kualitas video drone DJI

Tidak semua drone DJI dibekali kamera yang sama. Resolusi kamera produknya berbeda-beda dengan tujuan penggunaannya masing-masing. Jadi, pilihlah drone dengan kualitas video yang sesuai prioritas penggunaannya.

Kualitas video HD hingga 2K, untuk media sosial

Kualitas video HD hingga 2K, untuk media sosial
Media sosial sudah umum menjadi wadah untuk menunjukkan hasil foto dan video pemandangan aerial. Untuk kebutuhan posting di media sosial, Anda tidak perlu menggunakan drone dengan kamera dan fitur yang canggih. Gambar dari produk dengan resolusi HD hingga 2K sudah pas untuk diunggah di beragam media sosial.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Jika ingin mengunggah video hasil rekaman drone ke media sosial, pertimbangkanlah video requirements dari media sosial yang digunakan. Setiap media sosial memiliki video requirements-nya masing-masing, seperti resolusi, tipe file, dan ukuran file yang berbeda-beda. 


Pastikan Anda sudah mempelajari video requirements dari media sosial yang ingin digunakan. Dengan begitu, video yang didapat dari drone bisa langsung diunggah tanpa Anda perlu melakukan editing untuk menyesuaikan requirements.

Kualitas video 4K, untuk kepentingan komersial

Kualitas video 4K, untuk kepentingan komersial
Kamera dengan resolusi lebih tinggi biasanya terpasang pada drone profesional. Jika Anda merupakan seorang videografer yang kerap membuat video komersial, resolusi gambar adalah yang utama. Dengan kamera yang sensornya tinggi, format video yang dihasilkan pun akan lebih indah dan berkualitas. Untuk itu, gunakan drone yang dapat mengambil gambar pada resolusi 4K.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk kebutuhan komersial, Anda membutuhkan video yang beresolusi tinggi. Hal ini karena video tersebut harus bisa ditampilkan dalam berbagai media, seperti televisi, media digital, dan media sosial. Makin tinggi resolusi video yang dihasilkan drone, kualitas video komersial tersebut akan makin menarik.


Di sisi lain, video dengan resolusi tinggi menuntut tempat penyimpanan yang besar. Karena itu, supported storage yang ditawarkan oleh drone juga harus dipertimbangkan. Contohnya, produk DJI Inspire 2 mendukung penyimpanan microSD card hingga 128 GB atau dengan menggunakan DJI CINESSD. 


Format video juga dapat menjadi faktor yang wajib diperhitungkan para pembuat film. Anda harus memperhatikan apakah drone mendukung perekaman video dalam CinemaDNG, Apple ProRes, dan format umum lainnya. Hal ini akan sangat membantu proses post-production saat pembuatan film. 

Pahami fitur drone DJI

Makin profesional Anda dalam mengoperasikan drone, makin banyak pula fitur yang akan Anda butuhkan. Apa saja fitur utama pada drone yang perlu Anda cermati? Simak penjabarannya berikut ini!

Auto landing dan take-off, makin aman dalam pengoperasian

Auto landing dan take-off, makin aman dalam pengoperasian
Bagi pemula, pilihlah drone yang memiliki fitur autolanding dan auto take-off. Fitur ini sangat berguna ketika Anda merasa panik saat menerbangkan drone. Dengan menekan tombol autolanding, drone secara otomatis akan kembali menuju titik lepas landas. Pada drone DJI, fitur autolanding dapat Anda aktifkan melalui menu return to home. Untuk itu, pastikan drone yang Anda pilih sudah dibekali fitur ini.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur auto take-off dan autolanding aman untuk digunakan jika Anda menerbangkan drone di area terbuka yang cukup luas. Fitur ini sangat mengandalkan GPS. Selain itu, GPS drone sangat tergantung dari kondisi area di sekitar drone. Jika terdapat banyak gedung tinggi atau pohon yang lebat, tingkat presisi GPS drone akan terganggu.


Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus memperhatikan keamanan kondisi sekitar. Untuk mengetahui keamanan lapangan, perhatikanlah jumlah satelit yang dapat dideteksi drone lewat aplikasi DJI GO 4. Periksalah apakah jumlah minimum satelit yang terdeteksi sudah melewati standar DJI. Makin banyak jumlah satelit yang ditemukan, positioning drone Anda saat take-off dan landing akan makin tepat.


Meskipun di area terbuka, Anda harus tetap berhati-hati apabila lokasi dekat dengan air seperti danau atau sungai. Penggunaan fitur autolanding perlu diwaspadai untuk mengantisipasi kemungkinan GPS drone yang kurang presisi sehingga harus landing di air. 


Selain itu, kondisi permukaan untuk autolanding juga perlu diperhatikan. Pastikanlah agar permukaan landing cukup rata untuk mencegah risiko sensor drone yang salah menilai posisi. Fitur auto take-off dan autolanding memang praktis, tetapi hal itu sangat menuntut kewaspadaan pilot drone. Para pengguna harus mengamati kondisi cakupan satelit yang ditangkap dan lingkungan terbang drone.

Jarak terbang, menentukan jangkauan maksimal

Jarak terbang, menentukan jangkauan maksimal
Fitur selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh drone. Bila Anda masih belajar menerbangkan drone, Anda tidak perlu memilih drone dengan jarak terbang yang jauh. Namun, untuk Anda yang profesional, pilihlah drone yang dapat terbang melebihi jarak 1 km.

Kemampuan jarak terbang drone juga ditentukan oleh banyaknya menara pemancar sinyal di sekitar Anda. Makin banyak menara pemancar sinyal, jarak terbang drone akan makin pendek. Hal ini dikarenakan terganggunya sinyal Wi-Fi yang menghubungkan remote control dengan drone Anda. Untuk itu, pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan sinyal agar drone Anda dapat terbang jauh.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Sebelum menerbangkan drone ke suatu lokasi, sebaiknya pilot drone mengobservasi area tersebut dahulu. Perhatikanlah keberadaan menara pemancar sinyal atau objek tinggi yang dapat menghalangi sinyal antara drone dengan remote control


Hasil observasi tersebut dapat menjadi pertimbangan pilot untuk menentukan jalur terbang drone. Hal ini juga akan sangat membantu Anda memprediksi jarak jangkauan terbang yang akan ditempuh. 


Jangkauan terbang juga wajib ditentukan berdasarkan perkiraan daya baterai yang tersisa. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat aplikasi monitoring drone seperti DJI GO 4. Aplikasi tersebut akan mengalkulasi perkiraan waktu terbang drone yang masih tersisa.  


Pastikan kalkulasi waktu tempuh untuk pergi dan pulang drone masih dalam periode sisa waktu terbang yang tersisa. Hal ini penting untuk mencegah jatuhnya drone di tengah penerbangan karena kehabisan daya baterai.

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional

Stabilisasi gambar atau gimbal, agar video tampak profesional
Gimbal atau stabilisasi gambar pada kamera juga menjadi bagian penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli drone. Umumnya, drone DJI telah dibekali stabilisasi gambar 2-axis hingga 3-axis. Sistem stabilisasi gambar ini bertujuan untuk mencegah rekaman video Anda menjadi goyang dan blur

Makin tinggi angka pada gimbal, makin baik kemampuan drone dalam meredam guncangan saat merekam video. Karena itu, gimbal sangat penting untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Gimbal stabilizer dapat dibagi menjadi dua jenis menurut jumlah sumbu gerak yang dapat dikontrol. Ada 2-axis gimbal untuk mengontrol roll dan tilt dan ada juga 3-axis gimbal untuk gerakan roll, tilt, dan pan


Keuntungan dari 3-axis gimbal dibandingkan 2-axis gimbal adalah kemampuan gerakan yaw atau pan. Gerakan ini adalah gerakan rotasi berdasarkan sumbu vertikal. Gerakan yaw atau pan dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk lebih berkreasi dalam pengambilan video. Berkat fitur ini, Anda dapat merekam video dengan teknik panning yang dapat memperlihatkan keadaan sekitar drone.


Selain itu, dengan adanya gimbal, garis cakrawala pengambilan video suatu pemandangan akan terjaga tetap rata. Baik pada saat drone sedang hover maupun bergerak, gimbal akan menjaga posisi kamera agar tetap stabil. 


Hal ini bisa didapatkan karena motor gimbal terus menjaga pergerakan dan posisi drone untuk melakukan gerakan yang tepat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi gimbal drone di permukaan yang rata agar gimbal tetap stabil ketika drone terbang.

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu

Sediakan baterai cadangan agar lebih hemat waktu
Rata-rata drone DJI memiliki durasi terbang antara 15–25 menit. Sementara itu, waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai drone hingga penuh adalah 1–2 jam. Baterai drone yang cepat habis juga disebabkan oleh tingkat kesulitan medan yang Anda lalui. Oleh karena itu, memiliki lebih dari satu baterai sangat disarankan. Dengan demikian, Anda dapat merekam video secara maksimal dan hemat waktu.
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk menentukan jumlah baterai cadangan yang perlu disiapkan, Anda harus memikirkan tujuan penggunaan drone tersebut. Jika drone hanya digunakan untuk hobi, satu atau dua baterai saja sudah cukup. Hal ini sebenarnya juga tergantung dengan kesabaran Anda menunggu baterai drone tersebut terisi penuh ketika daya diisi ulang. 


Sebaliknya, drone untuk kebutuhan profesional mengharuskan Anda untuk menyiapkan baterai cadangan yang lebih banyak. Anda dapat menyiapkan baterai berdasarkan banyaknya penerbangan serta jangkauan terbang yang diinginkan. 


Pikirkanlah juga kemudahan mencari sumber listrik di lokasi untuk melakukan pengisian daya baterai drone. Saat menentukan jumlah baterai yang perlu disediakan, pertimbangkan juga kapasitas baterai yang dapat diangkut drone. Hal inilah yang nantinya akan menentukan durasi terbang drone tersebut.

10 Rekomendasi drone DJI terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk drone DJI terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10
Kamera12 MP
Resolusi video maksimalFHD (1920 × 1080) 30 fps
Durasi terbang16 menit
Jarak terbang0,1 km (WiFi) dan 2 km (remote control)
Fitur tambahanReturn to home, flight protection, intelligent flight battery
Stabilisasi gambar2-axis
9
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal2,7K (2704 x 1520) 24/25/30 fps
Durasi terbang25 menit
Jarak terbang1 km
Fitur tambahanAuto take-off, auto landing, flight assistant
Stabilisasi gambar3-axis
8
Kamera12,4 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 x 2160) 24/25 fps (3840 x 2160) 24/25/30 fps
Durasi terbang23 menit
Jarak terbang5 km
Fitur tambahanAuto take-off, auto landing, DJI lightbridge, vision positioning sensor, GPS sensor
Stabilisasi gambar3-axis
7
Kamera5 MP
Resolusi video maksimalHD 720p
Durasi terbang13 menit
Jarak terbang0,1 km
Fitur tambahanSmart interactive drone, take-off dan landing dari tangan, kompatibel dengan bluetooth controller
Stabilisasi gambarTidak tercantum
6
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30 fps
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanDraw, active track, tap fly, auto landing, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis
5
Kamera20 MP
Resolusi video maksimal4K (4096 × 2160) 24/25/30/48/50 fps
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanGesture mode, auto landing, tap fly, active track, draw
Stabilisasi gambar3-axis
4
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal2,7K (2720 × 1530) 24/25/30 fps
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang4 km
Fitur tambahanVision sensor, GPS precise hover, QuickShots, CineSmooth mode, DJI Fly app
Stabilisasi gambar3-axis
3
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD Video
Durasi terbang30 menit
Jarak terbang7 km
Fitur tambahanTap fly, auto landing, active track, gesture mode
Stabilisasi gambar3-axis
2
Kamera12 MP
Resolusi video maksimal4K (3840 × 2160) 24/25/30 fps
Durasi terbang31 menit
Jarak terbang18 km
Fitur tambahanZoom during flight, hyperlapse, flight safety, omnidirectional obstacle sensing
Stabilisasi gambar3-axis
1
Kamera12 MP dan 48 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD (3840 × 2160) 24/25/30/48/50/60 fps
Durasi terbang34 menit
Jarak terbang18,5 km
Fitur tambahanHDR video, SmartPhoto, HDR panorama, FocusTrack, 8K hyperlapse, QuickShots, OcuSync 2.0, APAS 3.0, DJI Fly app
Stabilisasi gambar3-axis

Tabel perbandingan produk drone DJI terbaik

Gambar produk
1
DJI Mavic Air 2 Fly More Combo 1

DJI

2
DJI Mavic 2 Zoom 1

DJI

3
DJI Mavic Pro Platinum 1

DJI

4
DJI Mavic Mini Fly More Combo 1

DJI

5
DJI Phantom 4 Pro Obsidian 1

DJI

6
DJI Phantom 4 Advanced 1

DJI

7
DJI Tello 1

DJI

8
DJI Phantom 3 Professional 1

DJI

9
DJI Phantom 3 Standard 1

DJI

10
DJI Spark Controller Combo 1

DJI

Nama produk

Mavic Air 2 Fly More Combo

Mavic 2 Zoom

Mavic Pro Platinum

Mavic Mini Fly More Combo

Phantom 4 Pro Obsidian

Phantom 4 Advanced

Tello

Phantom 3 Professional

Phantom 3 Standard

Spark Controller Combo

Keunggulan

Andal menghindari rintangan dengan fitur APAS 3.0

Kemampuan zoom pada kamera untuk subjek yang jauh

Terbang tanpa bising, desainnya pun mewah

Ringan dan bisa dilipat, cocok dibawa traveling

Mampu dengan praktis mengikuti subjek bergerak secara halus

Memudahkan kegiatan pemetaan dari udara

Cukup dilempar dari tangan, drone terbang seketika

Harganya ramah untuk kualitas video yang ditawarkan

Pengoperasian manual untuk lebih memahami drone

Bodi kecil, swafoto pun lebih praktis

Harga mulai dariRp 15.999.000,00Rp 17.999.000,00Rp 18.999.000,00Rp 6.999.000,00Rp 20.550.000,00Rp 16.500.000,00Rp 1.299.000,00Rp 8.990.000,00Rp 6.990.000,00Rp 5.375.000,00
Kamera12 MP dan 48 MP12 MP12 MP12 MP20 MP20 MP5 MP12,4 MP12 MP12 MP
Resolusi video maksimal4K Ultra HD (3840 × 2160) 24/25/30/48/50/60 fps4K (3840 × 2160) 24/25/30 fps4K Ultra HD Video2,7K (2720 × 1530) 24/25/30 fps4K (4096 × 2160) 24/25/30/48/50 fps4K (4096 × 2160) 24/25/30 fpsHD 720p4K (4096 x 2160) 24/25 fps (3840 x 2160) 24/25/30 fps2,7K (2704 x 1520) 24/25/30 fpsFHD (1920 × 1080) 30 fps
Durasi terbang34 menit31 menit30 menit30 menit30 menit30 menit13 menit23 menit25 menit16 menit
Jarak terbang18,5 km18 km7 km4 km7 km7 km0,1 km5 km1 km0,1 km (WiFi) dan 2 km (remote control)
Fitur tambahanHDR video, SmartPhoto, HDR panorama, FocusTrack, 8K hyperlapse, QuickShots, OcuSync 2.0, APAS 3.0, DJI Fly appZoom during flight, hyperlapse, flight safety, omnidirectional obstacle sensingTap fly, auto landing, active track, gesture modeVision sensor, GPS precise hover, QuickShots, CineSmooth mode, DJI Fly appGesture mode, auto landing, tap fly, active track, drawDraw, active track, tap fly, auto landing, gesture modeSmart interactive drone, take-off dan landing dari tangan, kompatibel dengan bluetooth controllerAuto take-off, auto landing, DJI lightbridge, vision positioning sensor, GPS sensorAuto take-off, auto landing, flight assistantReturn to home, flight protection, intelligent flight battery
Stabilisasi gambar3-axis3-axis3-axis3-axis3-axis3-axisTidak tercantum3-axis3-axis2-axis
Tautan produk

Perhatikan aturan menerbangkan drone

Perhatikan aturan menerbangkan drone
Sebelum menerbangkan drone, carilah informasi mengenai regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penerbangan drone. Di Indonesia, terdapat kawasan terlarang untuk menerbangkan drone. Anda tidak dapat menerbangkan drone di sekitar bandara, kawasan udara yang dilewati pesawat, dan lokasi-lokasi yang diamankan. Untuk itu, ingatlah selalu wilayah yang dilarang untuk dilalui drone.

Tips dari drone specialist kami, Yosua Surojo

Tips dari drone specialist kami, Yosua Surojo

Jika melihat tren development drone DJI, dapat dilihat bahwa ukuran drone yang dikeluarkannya makin lama makin kecil dan compact. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna agar dapat menerbangkan drone tanpa perlu mendaftarkan perizinan terbang ke otoritas setempat. Drone yang lebih kecil memiliki spesifikasi di bawah standar sehingga tidak membutuhkan izin terbang. 


Sebagai contoh, produk DJI Mavic Mini memiliki bobot hanya 249 gram saja. Berkat hal ini, DJI Mavic Mini dapat diterbangkan tanpa harus menggunakan izin ke Federal Aviation Administration (FAA). Hal ini memungkinkan karena bobot minimal drone yang perlu izin terbang adalah 250 gram. 


Sebagai pengguna drone, sebaiknya Anda memilih drone yang dimensinya minimalis dengan fitur yang mumpuni. Meski hanya digunakan untuk keperluan hobi atau hiburan, sebenarnya hal ini juga cukup penting. Dengan begitu, Anda dapat lebih nyaman membawa drone ke mana pun untuk mengabadikan momen penting dari perspektif baru.

Baca juga rekomendasi produk drone lainnya di sini

Bila Anda masih tertarik dengan drone lainnya, kami punya rekomendasinya. Tentunya, masih banyak produk selain drone DJI yang dapat Anda pertimbangkan. Anda ingin membacanya? Kunjungi link berikut ini guna memperluas referensi Anda.

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Anda justru ingin mengetahui informasi mengenai kamera 360, kamera waterproof, atau kamera lainnya? Tenang, kami memiliki beragam artikel menarik yang bisa Anda baca. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Sudahkan Anda menemukan drone DJI yang diinginkan? Pilihlah berdasarkan jenis drone DJI yang sesuai dengan kegunaannya nanti. Tiap-tiap produk telah dibekali kualitas video dan fitur berbeda untuk fungsi yang lebih spesifik.

Jika ingin mulai belajar, mulailah dari tipe drone standar. Sebaliknya, drone profesional lebih pas untuk Anda yang sudah mahir. Namun, pastikan untuk, tetap mengutamakan faktor keamanan saat menerbangkan drone, ya. Jadi, drone DJI terbaik pilihan Anda akan banyak manfaatnya!

Artikel terkait

  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dahulu drone tergolong barang mewah, sekarang sudah banyak drone dengan harga murah yang memiliki performa bagus. Berbagai drone dengan merk terbaik seperti DJI, Walkera, dan Cheerson memiliki kualitas yang unggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk drone yang bagus, bahkan untuk pemula. Baca juga tips tambahan untuk memilih drone terbaik dari drone specialist, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Drone & aksesori
    82.889 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    13.383 Views
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Quadcopter drone adalah drone dengan empat baling-baling yang berfungsi agar drone dapat terbang lebih stabil. Saat ini quadcopter drone yang bagus memiliki ukuran cukup kecil dan mudah dikendalikan bahkan oleh pemula. Ditambah harga yang murah yakni di bawah 1 jutaan rupiah, permintaan akan quadcopter drone pun meningkat.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi quadcopter drone untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca komentar dari drone specialist, Yosua Surojo. Temukan produk dari berbagai merk yang bagus, seperti JJRC, Syma, Cheersson, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
    22.147 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    13.266 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.624 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    31.114 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
    3.722 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    18.490 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    10.264 Views
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
    104 Views
  • Artikel populer

  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dahulu drone tergolong barang mewah, sekarang sudah banyak drone dengan harga murah yang memiliki performa bagus. Berbagai drone dengan merk terbaik seperti DJI, Walkera, dan Cheerson memiliki kualitas yang unggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk drone yang bagus, bahkan untuk pemula. Baca juga tips tambahan untuk memilih drone terbaik dari drone specialist, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Drone & aksesori
    82.889 Views
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Quadcopter drone adalah drone dengan empat baling-baling yang berfungsi agar drone dapat terbang lebih stabil. Saat ini quadcopter drone yang bagus memiliki ukuran cukup kecil dan mudah dikendalikan bahkan oleh pemula. Ditambah harga yang murah yakni di bawah 1 jutaan rupiah, permintaan akan quadcopter drone pun meningkat.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi quadcopter drone untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca komentar dari drone specialist, Yosua Surojo. Temukan produk dari berbagai merk yang bagus, seperti JJRC, Syma, Cheersson, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
    22.147 Views
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
    104 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
    106.686 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    13.383 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori