10 Rekomendasi Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik (Terbaru tahun 2019)

10 Rekomendasi Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik (Terbaru tahun 2019)

Makeup sponge dan beauty blender adalah bagian dari peralatan makeup yang biasanya dipakai untuk mengaplikasikan foundation, bedak, concealer, dan sebagainya. Untuk setiap keperluan tersebut, spons yang digunakan bisa berbeda-beda dan disesuaikan dengan bentuk hingga bahan dasarnya.

Brand ternama Beauty Blender, Shu Uemura, Real Techniques dan lainnya telah mengeluarkan bermacam jenis spons untuk berbagai keperluan. Kali ini, kami akan membahas bagaimana cara memilih spons yang tepat untuk keperluan makeup. Setelah itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Daftar isi

Cara memilih makeup sponge/beauty blender

Biasanya, hal pertama yang diperhatikan ketika membeli spons makeup adalah harganya. Mungkin Anda cenderung membeli produk yang harganya terbilang murah. Memang, tidak selamanya produk dengan harga murah berkualitas jelek. Namun, ada baiknya Anda mengetahui fungsi dan pemakaian yang tepat dari spons yang akan dibeli tersebut.

Berikut ini akan kami bahas beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat Anda akan memilih spons makeup agar dapat memberikan hasil maksimal.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pilih berdasarkan bentuknya

Spons makeup memiliki bentuk dan ketebalan yang beragam. Ada yang ukurannya tebal karena bentuknya gembung, ada juga yang memiliki beberapa sisi, berbentuk pipih, dan sebagainya. Spons yang tebal biasanya lebih cocok jika Anda gunakan di rumah. Namun, akan lebih praktis jika Anda menggunakan spons yang tipis dan kecil untuk bepergian.

Dari segi bentuk, terdapat jenis spons beauty blender yang memiliki sudut berbentuk pipih. Bentuk pipih tersebut dapat menjangkau bagian yang sulit seperti di sisi lubang hidung. Mungkin sebagian orang akan memilih untuk memotong ujung sponsnya sendiri. Jenis spons berbentuk tear drop seperti gambar di atas adalah bentuk spons makeup yang banyak dipilih. Bentuk tear drop ini terasa nyaman digunakan, cocok untuk menjangkau banyak titik di wajah dan dapat diaplikasikan untuk berbagai bentuk wajah. Namun, masih terdapat berbagai bentuk lainnya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pilih bahan spons yang nyaman digunakan

Pilih bahan spons yang nyaman digunakan

Selain bentuk, bahan dasar spons juga menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan. Cukup banyak spons makeup yang terbuat dari bahan uretan atau lateks. Namun, karena lateks merupakan bahan yang bisa menimbulkan alergi, produk dengan bahan dasar ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Akan tetapi, akhir-akhir ini sudah tersedia spons makeup yang bebas lateks yang bisa menjadi pilihan untuk kulit sensitif.

Satu lagi yang sedang marak di kalangan masyarakat adalah spons silikon. Spons jenis silikon ini banyak menarik perhatian para beauty influencer atau mereka yang menekuni dunia makeup. Ini juga bisa jadi pilihan untuk Anda pertimbangkan.

Selain itu, perhatikan juga tekstur dan kelembutan dari spons itu sendiri. Hal ini penting karena spons yang permukaannya kasar akan membuat Anda sulit membaurkan foundation dan membuat makeup Anda menjadi tidak rata.

Anda juga dapat memilih spons yang dapat digunakan secara basah

Anda juga dapat memilih spons yang dapat digunakan secara basah

Terkadang ada beberapa orang yang membasahkan spons dengan air sebelum digunakan. Terutama saat cuaca panas, spons yang dalam keadaan basah akan memberi kenyamanan di kulit Anda. Namun, beberapa spons makeup tidak dianjurkan untuk digunakan dalam keadaan basah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meneliti terlebih dahulu apakah spons makeup dapat digunakan secara basah dan foundation yang Anda gunakan tahan terhadap penggunaan air. Pilihlah sesuai kebutuhan makeup Anda.

10 Rekomendasi makeup sponges/beauty blender terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh makeup sponges terbaik yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Kami akan membahas dari segi harga, bentuk, dan fungsi dari spons itu sendiri. Semoga bisa membantu Anda menentukan pilihan!

10. Miniso Adorable Makeup Blender

10. Miniso Adorable Makeup Blender

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 55.000

Produknya dijual dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan

Baru-baru ini, produk kecantikan dari Miniso mulai digunakan oleh para beauty influencer. Salah satunya adalah Miniso Adorable Makeup Blender ini. Beauty blender ini terbuat dari bahan hydrophilic polyurethane yang lembut dengan tekstur elastis.

Anda dapat menggunakan sponge ini dalam keadaan basah atau kering. Produk ini tersedia dalam dua warna soft dengan harga yang relatif terjangkau. Gerai Miniso juga sudah tersebar di berbagai pusat berbelanjaan sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Bentuk Egg
Bahan Hydrophilic polyurethane
Digunakan secara basah Bisa
Isi per kemasan Dua buah

9. Shu Uemura Pentagon Sponge

9. Shu Uemura Pentagon Sponge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 100.000

Jadi lebih mudah mengaplikasikan contour produk!

Sponge merek Shu Uemura yang berasal dari Jepang ini tepat digunakan untuk mengaplikasikan foundation dalam rangkaian makeup. Produk ini bisa digunakan baik dalam kondisi kering maupun lembap dan cukup tahan lama walaupun sering digunakan.

Selain untuk mengaplikasikan foundation, sponge ini juga dapat meratakan moisturizer dan blush on pada pipi Anda. Tidak hanya itu, karena berbentuk pentagon dengan sisi yang pipih, sponge ini dianggap sempurna untuk meratakan produk di area contour pada wajah Anda. Bagi Anda yang mengharapkan makeup tool untuk meratakan contour secara lebih cepat, cobalah makeup sponge ini!

Bentuk Pentagon
Bahan Tidak disebutkan
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Empat buah

8. Shany Makeup Blender Puff Sponge

8. Shany Makeup Blender Puff Sponge

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 839.000

Satu set sponge dengan berbagai ukuran dan bentuk

Apakah Anda terbiasa menggunakan dua atau lebih jenis sponge saat makeup? Jika iya, sponge dari Shany ini bisa jadi pilihan Anda karena produk ini menawarkan satu set makeup blender yang terdiri dari sepuluh sponge dengan berbagai ukuran dan bentuk. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan penggunaan sponge sesuai dengan kebutuhan.

Sponge ini juga terbuat dari bahan bebas lateks sehingga dapat mengurangi risiko alergi. Anda dapat menggunakan produk ini untuk foundation, powder, concealer, primer, blush on, dan lainnya. Sponge ini akan membantu Anda dalam meratakan makeup agar lebih mudah dan menghasilkan finish yang smooth dan long-lasting. Jika Anda berprofesi sebagai makeup artist, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda.

Bentuk Multiple shapes
Bahan Spons bebas lateks
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Sepuluh buah

7. Tarte Powder Foundation Brush Removable Blending Sponge

7. Tarte Powder Foundation Brush Removable Blending Sponge

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 290.000

Dua fungsi dalam satu produk membuatnya tepat dibawa travelling

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan terdiri dari brush dan sponge yang sangat berguna bagi Anda yang selalu menerapkan foundation dengan bedak. Tarte Powder Foundation Brush Removable Blending Sponge tentunya akan membuat barang bawaan Anda menjadi lebih praktis saat travelling.

Bagian sponsnya yang bulat datar dianggap cocok digunakan untuk meratakan makeup yang bertektur cream. Bahan sponge ini tidak mengandung paraben, mineral oil, phthalates, sodium lauryl sulfates, dan gluten. Oleh sebab itu, produk ini ramah bagi para vegan. Desainnya juga terlihat elegan dengan gagang berwarna keemasan.

Bentuk Round
Bahan Spons bebas parabens, mineral oil, phthalates, sodium lauryl sulfates, gluten
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

6. Molly Cosmetics Silisponge

6. Molly Cosmetics Silisponge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 90.000

Mudah dibersihkan dan tahan lama!

Sponge berbahan silikon ini sedang marak di-review oleh para beauty influencer beberapa waktu lalu. Salah satu keunggulan dari sponge silikon ini adalah teksturnya yang tidak berpori sehingga tidak menyerap produk makeup Anda. Selain itu, risiko menempelnya bakteri pada sponge pun berkurang.

Bahan silikon pada sponge ini tidak menyerap produk liquid atau cream sehingga pemakaian alas bedak dan kosmetik lainnya menjadi lebih hemat. Sponge ini juga awet digunakan dan mudah untuk dibersihkan. Cukup bersihkan dengan sedikit sabun dan air hangat atau bisa juga dengan makeup remover dan sanitizing spray. Produk ini cocok untuk Anda yang suka malas mencuci sponge.

Bentuk Oval
Bahan Silicon
Penggunaan secara basah Tidak bisa
Isi per kemasan Satu buah

5. Ecotools Total Perfecting Blender

5. Ecotools Total Perfecting Blender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 126.000

Bentuk yang unik untuk menjangkau area lipatan di wajah

Apakah Anda sedang mencari produk yang ramah pada kulit dan juga lingkungan? Makeup sponge dari Ecotools ini bisa jadi pilihan Anda. Didesain dengan teknologi EcoFoam yang 100% materialnya berasal dari tanaman, produk ini juga bebas lateks sehingga dapat mengurangi risiko alergi pada kulit sensitif.

Anda bisa menggunakan sponge ini dalam keadaan basah atau kering. Dengan ujung yang datar dan pipih, Anda bisa menjangkau sudut-sudut seperti di bawah mata dan lipatan hidung. Cara perawatannya pun mudah, Anda cukup menyimpannya di tempat yang tertutup agar terhindar dari bakteri yang mungkin menempel.

Bentuk Round dengan sisi datar
Bahan Spons bebas lateks
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

4. Maybelline Dream Blender

4. Maybelline Dream Blender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 120.000

Inovasi makeup sponge dengan gagang yang cantik

Dream Blender dari Maybelline ini diklaim sebagai foundation sponge generasi terbaru yang dapat memberikan hasil makeup merata, halus, dan tidak pecah-pecah. Sponge ini terbuat dari bahan bebas lateks dan dapat digunakan berulang kali.

Produk ini dilengkapi dengan gagang sehingga memudahkan Anda saat mengaplikasikan foundation atau produk makeup lainnya pada wajah. Bentuk yang meruncing di ujungnya juga memungkinkan Anda menjangkau setiap sudut di wajah. Jika Anda menyukai sesuatu yang unik dan inovatif, tidak ada salahnya mencoba sponge yang satu ini.

Bentuk Mini tear drop dengan gagang
Bahan Spons bebas lateks
Penggunaan basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

3. Mad For Makeup Naturally Better Blender

3. Mad For Makeup Naturally Better Blender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 63.000

Dapat digunakan untuk body blender

Sponge ini terbuat dari bahan bebas lateks yang 30% lebih menyerap. Makeup Anda akan mudah menyatu dengan hasil akhir yang lebih halus. Bentuk sponge yang berlekuk di tengah memudahkan Anda saat menggenggamnya. Sisi sponge yang runcing bisa digunakan untuk menjangkau sudut di bawah mata dan tengah-tengah alis.

Selain itu, sponge ini juga dapat digunakan sebagai body blender. Basahi sponge ini jika Anda ingin menggunakannya sebagai body blender. Tidak hanya bebas lateks, sponge yang satu ini juga diklaim hypoallergenic sehingga aman digunakan pemilik kulit sensitif. Bagi Anda yang mengharapkan hasil makeup yang natural, sponge ini dapat menjadi pilihan.

Bentuk Egg
Bahan Spons bebas lateks
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

2. BeautyBlender The Original BeautyBlender

2. BeautyBlender The Original BeautyBlender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 275.000

Beauty blender dengan bahan aqua-activated yang tidak menyerap produk secara berlebihan

Beauty blender ini terbuat dari material aqua-activated. Bahan tersebut memastikan bahwa makeup Anda tidak akan terserap oleh sponge, melainkan menempel dengan baik di permukaan kulit. Bagian runcing pada salah satu sisinya berfungsi untuk menjangkau sudut di hidung atau mata. Bagian tersebut dianggap presisi digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur untuk menge-set foundation atau concealer.

Produk ini terkenal dengan desainnya yang ergonomis dan diproduksi dengan washable, reusable, recyclable yang memudahkan perawatan sponge. Namun, tetap pastikan Anda menggantinya secara berkala minimal tiga bulan sekali untuk alasan kesehatan dan kenyamanan.

Bentuk Tear drop
Bahan Aqua-activated material
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

1. Real Techniques Miracle Complexion Sponge

1. Real Techniques Miracle Complexion Sponge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 159.900

Finish matte atau dewy dapat Anda atur sesuai kebutuhan!

Sponge ini didesain dengan tiga sisi berbeda untuk memudahkan Anda dalam mengaplikasikan makeup secara merata. Sisi sponge yang runcing digunakan untuk menjangkau sudut hidung dan mata. Untuk membaurkan makeup ke seluruh area wajah, Anda dapat menggunakan sisi yang bulat. Lalu, sisi sponge yang datar cocok untuk mengaplikasikan contour di tulang pipi.

Produk ini dibuat dengan material bebas lateks. Anda bisa menggunakan sponge ini dalam keadaan basah dan kering. Gunakan sponge dengan keadaan basah untuk hasil dewy, sedangkan untuk hasil yang matte Anda dapat menggunakan sponge dalam keadaan kering. Finish complexion yang smooth akan Anda dapatkan saat menggunakan sponge yang satu ini.

Bentuk Tear drop dengan sisi datar
Bahan Spons bebas lateks
Penggunaan secara basah Bisa
Isi per kemasan Satu buah

Kesimpulan

Masih banyak orang yang tidak menggunakan sponge saat mengaplikasikan makeup, padahal, penggunaan spons makeup dapat mengubah hasil riasan Anda. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan complexion yang flawless, kami menyarankan Anda untuk membeli dan menggunakan makeup sponges atau beauty blender.

Mungkin salah satu dari produk terbaik yang telah kami rekomendasikan dalam artikel ini telah membuat Anda yakin untuk membelinya. Selamat mencoba!