• 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)

Teropong binocular biasa digunakan pada berbagai kegiatan, seperti menonton konser atau pertandingan olahraga, serta pengamatan burung dan astronomi. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam memilih teropong yang sesuai dengan kegunaannya karena banyaknya tipe yang beredar di pasaran, baik dari segi bentuk, lensa maupun harga.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang tepat. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dan bisa dibeli secara online agar Anda dapat menikmati objek lebih jelas dan detail.
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 552 Views
Daftar isi

Cara memilih teropong binocular untuk menonton konser dan pertandingan

Sebelum merekomendasikan teropong binocular terbaik untuk Anda, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

Bandingkan spesifikasi yang dimiliki

Memilih teropong binocular sesuai dengan tujuan penggunaan merupakan hal yang sangat penting. Namun, melihat tabel spesifikasi berupa angka-angka saja mungkin akan membuat Anda kesulitan memahaminya. Untuk itu, kami akan menjelaskan secara singkat bagaimana menentukan perbesaran lensa, tingkat ketajaman, bidang pandang, dan penampilan teropong yang tepat. Temukan teropong yang cocok dengan kebutuhan Anda!

Makin tinggi perbesaran lensa, makin besar risiko guncangan

Makin tinggi perbesaran lensa, makin besar risiko guncangan
Perbesaran lensa menunjukkan seberapa besar benda dapat terlihat dibandingkan ketika dilihat dengan mata telanjang. Contohnya, jika Anda melihat objek dengan jarak 50 m menggunakan teropong 5×, artinya hampir sama jika Anda melihatnya dari jarak 10 m.
Ketika menggunakan teropong binocular untuk melihat objek pada jarak yang jauh seperti menonton konser atau mengamati burung, tentunya Anda akan memilih perbesaran lensa yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa makin tinggi perbesaran lensa, makin rentan terjadi guncangan dan makin sempit pula bidang pandangnya. Sebaiknya pilihlah perbesaran lensa sekitar 10× sebagai acuan.

Perhatikan diameter lensa objektif dan besar exit pupil

Perhatikan diameter lensa objektif dan besar exit pupil
Diameter efektif dari lensa objektif adalah diameter lensa yang berada di sisi luar teropong binocular. Ukurannya beragam, mulai dari 25 mm hingga 50 mm. Makin besar diameter lensa, makin besar kemampuannya menangkap cahaya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan resolusi yang makin tinggi.
Ketika mengarahkan teropong binocular pada titik putih, akan nampak lingkaran di tengah lensa yang disebut exit pupil. Angka ini dapat dijadikan patokan bagi tingkat ketajaman yang dihasilkan. Jika Anda menggunakan teropong di tempat terang, exit pupil berukuran 2-3 mm saja sudah cukup. Namun, jika ingin mengamati burung atau benda langit saat senja, pilihlah ukuran 4-7 mm.
Makin besar diameter lensa, makin besar ukuran teropong sehingga bobotnya pun makin berat. Jadi, pilihlah teropong binocular sesuai prioritas kebutuhan, apakah Anda lebih mementingkan portabilitas atau tingkat ketajaman.

Pilih field of view yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih field of view yang sesuai dengan kebutuhan
Lensa pada teropong binocular dapat dipilih berdasarkan field of view (FOV) yang dimilikinya. Poin ini terbagi menjadi real FOV dan apparent FOV.
Real FOV adalah lebar bidang pandang yang bisa dilihat tanpa menggerakkan teropong binocular. Produk dengan real FOV yang luas sangat cocok untuk mengamati burung yang memiliki pergerakan cepat dan jangkauan luas. Lensa dengan real FOV 5°- 8° adalah yang umum digunakan. Namun, jika Anda ingin menangkap target yang bergerak dengan lebih akurat, pilihlah real FOV sebesar 7° atau lebih.
Sementara itu, apparent FOV adalah bidang pandang di sisi luar real FOV. Ini dihitung berdasarkan rumus: apparent FOV = real FOV× perbesaran lensa. Makin besar apparent FOV, bidang pandang akan tetap terlihat luas meskipun perbesaran lensa dinaikkan. Jika Anda menginginkan bidang pandang yang lebih luas, seperti ketika menonton teater, pilihlah lensa dengan apparent FOV lebih luas. Misalnya, teropong dengan real FOV 7° dan perbesaran 8× yang akan menghasilkan apparent FOV 56°.

Perhatikan jenis prisma yang digunakan

Perhatikan jenis prisma yang digunakan
Teropong binocular dirancang dengan menggunakan prisma agar gambar tidak terlihat terbalik. Produk dengan prisma Porro menggunakan metode tradisional. Tipe ini akan merefleksikan semua cahaya yang masuk ke lensa dan menghasilkan tampilan yang bagus seperti melihat dengan mata telanjang.
Sedangkan tipe prisma Dach (Roof) menggunakan prisma yang diberi coating pada permukaannya untuk meningkatkan kemampuan merefleksikan cahaya. Dengan begitu, ukurannya bisa dibuat lebih kecil dan ringan sehingga ringkas dan mudah dibawa. Namun, refleksinya yang lebih rumit mengakibatkan resolusinya menjadi lebih rendah. Dibutuhkan bantuan teknologi tinggi agar hasilnya dapat setara dengan tipe Porro.
Teropong dengan tipe Porro mempunyai ukuran lebih besar dengan hasil lebih jernih, sedangkan tipe Dach bentuknya lebih ringkas dengan harga lebih mahal. Ingat saja dua perbedaan tersebut agar Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Pilih berdasarkan penggunaannya

Terdapat beberapa tipe teropong binocular berdasarkan kebutuhan pemakaiannya. Mari tentukan jenis teropong sesuai dengan penggunaannya.

Untuk menonton konser, pilih teropong dengan multi-coating

Untuk menonton konser, pilih teropong dengan multi-coating
Jika Anda akan menggunakan teropong binocular untuk menonton konser, pertunjukan live, atau teater, sebaiknya pilihlah teropong dengan perbesaran 5-8×. Produk yang dilengkapi dengan multi-coating akan memungkinkan Anda melihat objek dengan mudah meskipun dalam kondisi cahaya redup.
Sementara pada festival musik yang diadakan siang hari, para pemain biasanya tidak banyak melakukan gerak di atas panggung. Jadi, tidak masalah jika Anda menggunakan teropong dengan bidang pandang lebih sempit. Akan tetapi, untuk pertunjukan teater, para pemain sering melakukan gerakan di seluruh bagian panggung. Untuk itu, sebaiknya gunakan teropong binocular dengan apparent FOV lebih dari 50°.
Selain itu, Anda tentunya akan mudah lelah jika harus memegang teropong dengan ukuran terlalu besar. Jadi, pilihlah teropong binocular dengan caliber sekitar 25 mm.

Untuk kegiatan outdoor, pilih teropong yang ringan dan tahan air

Untuk kegiatan outdoor, pilih teropong yang ringan dan tahan air
Teropong dengan ukuran ringkas dan mudah dibawa cocok untuk kegiatan outdoor atau rekreasi. Selain dapat dimasukkan ke dalam saku, teropong semacam ini juga bisa digantungkan pada leher. Jika memungkinkan, lebih baik memilih teropong yang dapat dilipat ketika tidak digunakan.
Teropong binocular yang ideal untuk kegiatan outdoor adalah yang tidak terlalu berat. Sebagai acuan, pilihlah yang beratnya tidak melebihi 350 gram. Selain itu, pertimbangkan juga risiko perubahan cuaca. Sebaiknya Anda memilih teropong yang tahan air agar tetap dapat menggunakannya saat hujan turun.

Untuk menonton pertandingan olahraga, pilih teropong dengan bidang pandang luas

Untuk menonton pertandingan olahraga, pilih teropong dengan bidang pandang luas
Jika digunakan untuk menonton pertandingan olahraga, perbesaran lensa yang ideal adalah 6-8×. Angka ini pas untuk menghindari risiko buram akibat guncangan. Anda pun dapat menangkap pergerakan pemain dengan cepat. Selain itu, sebaiknya pilihlah teropong dengan real FOV sekitar 7°. Jika Anda khawatir tidak dapat menangkap pergerakan pemain dengan sempurna, pilihlah teropong dengan bidang pandang yang lebih lebar lagi.

Untuk pengamatan burung, pilih teropong dengan perbesaran tinggi dan diameter lensa besar

Untuk pengamatan burung, pilih teropong dengan perbesaran tinggi dan diameter lensa besar
Untuk mengamati burung yang berukuran kecil dan berada pada jarak yang jauh, dibutuhkan perbesaran lensa sekitar 8-12×. Secara umum, perbesaran 10× pun cukup memadai. Perbesaran 12× atau lebih akan sangat membantu ketika mengamati burung ukuran kecil. Akan tetapi, jika Anda baru pertama kali mengamati burung, pilihlah lensa dengan perbesaran sekitar 8×.
Selain itu, lensa dengan diameter 30 mm atau lebih sangat optimal untuk melihat bidang tampilan lebih tajam dan jernih. Pilihlah teropong dengan real FOV sekitar 7° agar dapat mengamati burung dengan bidang pandang lebih luas. Pertimbangkan juga teropong binocular yang tahan air untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

Untuk pengamatan bintang, pilih diameter lensa dan exit pupil yang besar

Untuk pengamatan bintang, pilih diameter lensa dan exit pupil yang besar
Ketika Anda mengamati bintang, pilihlah lensa dengan diameter 30 mm atau lebih untuk memastikan ketajaman dan bidang pandang yang lebih luas. Selain itu, exit pupil yang lebih besar akan memungkinkan Anda mengamati objek dengan lebih jelas lagi. Teropong yang dapat dipasangkan pada tripod juga akan memudahkan Anda saat melakukan pengamatan dalam waktu lama.
Namun, berhati-hatilah ketika memilih teropong binocular dengan perbesaran lensa yang terlalu tinggi. Pada pengamatan bintang, bintang-bintang akan terlihat dalam bentuk titik-titik saja. Hampir tidak ada perbedaan antara perbesaran 6× maupun 10×, sementara perbesaran yang tinggi dapat membuat mata lelah jika digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, pilihlah perbesaran lensa secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pengguna kacamata, pilih teropong dengan eye relief 14 mm atau lebih

Untuk pengguna kacamata, pilih teropong dengan eye relief  14 mm atau lebih
Eye relief adalah jarak dari eyepiece lens ke mata Anda. Angka ini menunjukkan seberapa jauh jarak antara eyepiece lens dengan mata yang masih memungkinkan untuk melihat objek melalui teropong. Jika Anda menggunakan kacamata, tentunya ada jarak antara mata dengan eyepiece lens. Untuk itu, pilihlah lensa dengan eye relief mulai dari 14 mm. Sedangkan bagi yang tidak berkacamata, Anda dapat menempelkan mata pada lensa eyepiece. Jadi, tidak akan masalah jika Anda memilih teropong dengan eye relief yang pendek.

Pertimbangkan juga teropong yang dilengkapi kamera digital

Pertimbangkan juga teropong yang dilengkapi kamera digital
Saat ini sudah muncul teropong dengan kamera digital yang dapat merekam objek yang sedang Anda lihat. Teropong jenis ini bermanfaat ketika digunakan pada saat berlibur atau kegiatan di luar ruangan. Anda dapat mengabadikan momen selama di perjalanan, kegiatan olahraga anak-anak, dan merekam satwa liar yang langka.
Namun, karena teropong jenis ini menggunakan baterai, bobotnya menjadi lebih berat. Selain itu, kualitas gambarnya akan turun saat Anda melakukan zoom in. Jadi, sesuaikanlah dengan kondisi dan kebutuhan pemakaian.

Periksa aksesori yang tersedia serta cek review pengguna

Periksa aksesori yang tersedia serta cek review pengguna
Teropong binocular memiliki banyak bagian yang dapat digerakkan, misalnya cincin untuk menyesuaikan fokus, jarak antara kedua eyepiece, cincin untuk penyesuaian dioptri, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus memastikan semua bagian berfungsi dengan baik.
Beberapa teropong tidak menampilkan spesifikasi produk dengan detail. Jadi, kami sarankan agar Anda melihat langsung produknya di toko. Anda juga bisa memeriksa spesifikasinya di Internet dan membaca review dari para pengguna dengan teliti. Selain itu, teropong yang dilengkapi dengan tali dan kantong penyimpanan akan lebih mudah digunakan.

10 Rekomendasi teropong binocular terbaik untuk menonton konser dan pertandingan

Setelah memahami poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih teropong binocular, berikut ini kami berikan rekomendasi sepuluh produk terbaik. Temukan teropong binocular yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
Perbesaran
Real FOV7,6°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/2,6 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye relief11 mm
AksesoriKain pembersih, tas, tali
Perbesaran
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianIndoor dan outdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil30 mm/7,5 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefTidak disebutkan
AksesoriTali
Perbesaran30×
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/-
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefBAK-4
AksesoriLap, tas jinjing
Perbesaran
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianIndoor
Digital camera×
Lensa objektif/exit pupil25 mm/8,3 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefTidak disebutkan
AksesoriRantai dan pegangan
Perbesaran20×
Real FOV8,2°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil50 mm/4,1 mm
Tipe prismaBAK-4
Eye relief Tidak disebutkan
AksesoriTali, penutup lensa, case
Perbesaran
Real FOV6,2°
Saran pemakaianIndoor dan outdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/2,6 mm
Tipe prismaBAK-4 Porro
Eye relief13 mm
AksesoriTali, penutup lensa, case
Perbesaran10×
Real FOV4,9°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil28 mm/2,8 mm
Tipe prismaBAK-4
Eye relief3-11 mm
AksesoriTali, belt bag, pelindung lensa
Perbesaran10×
Real FOV5,7°
Saran pemakaianOutdoor, indoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil25 mm/2,5 mm
Tipe prismaRoof
Eye relief9 mm
AksesoriTali
Perbesaran16×
Real FOV4,2°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil50 mm/3,1 mm
Tipe prismaBAK-4 Porro
Eye relief 12,6 mm
AksesoriTali, tripod adapter

1. Bushnell Equinox Z Digital Night Vision 2×40 mm

Rp 8.900.000,00

Perbesaran
Real FOV
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera
Lensa objektif/Exit pupil40 mm/Bisa diatur
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye relief Tidak disebutkan
AksesoriTali, case

Baca juga rekomendasi teropong terbaik lainnya di sini

Selain teropong binocular yang telah dibahas di atas, kami juga merekomendasikan teleskop yang dapat digunakan untuk melihat ruang angkasa. Simak pembahasannya lebih lanjut pada artikel berikut ini untuk menemukan teleskop yang mungkin sesuai dengan yang sedang Anda cari!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh teropong binocular yang dapat digunakan untuk menonton konser dan pertandingan. Apakah Anda sudah dapat menentukan teropong yang diinginkan?
Anda tidak akan salah pilih jika mengetahui dengan baik produk seperti apa yang dibutuhkan. Ingat dan perhatikan fitur penting dari cara memilih teropong yang sudah dijelaskan di atas sebelum menentukan pilihan teropong sesuai kebutuhan pemakaiannya.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Wireless mouse merupakan produk yang sangat praktis karena kita akan merasa lebih nyaman dalam bekerja tanpa adanya kabel yang mengganggu. Namun, terkadang kita bingung saat akan membelinya. Lebih baik menggunakan koneksi bluetooth atau USB receiver, yang menggunakan baterai kering ataukah baterai yang dapat di-charge?Kali ini, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse serta memberikan rekomendasi produk wireless mouse yang bagus berdasarkan harga, fungsi, serta kualitasnya. Bukan hanya merek terkenal seperti Microsoft, Logitech, dan HP, kami juga akan mengenalkan beberapa produk lainnya yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    8.002 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut yang mempesona? atau ingin mengabadikan momen berenang anak untuk pertama kalinya? Untuk melakukan hal tersebut, Anda memerlukan waterproof camera yang mumpuni. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran mulai dari Canon, Nikon, Olympus, maupun merek lainnya. Tipe waterproof camera pun mulai beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih yang memiliki beragam fungsi.Dalam artikel ini kami akan memperkenalkan 10 peringkat waterproof camera terbaik yang paling banyak diminati dan bisa dibeli secara online. Kami juga akan memberikan informasi penting yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli waterproof camera. Hal-hal tersebut meliputi performa, harga, hingga ulasan singkat masing-masing kamera. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    1.696 Views
  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Komputer & kamera
    5.121 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    Microphone awalnya merupakan alat yang secara profesional digunakan oleh DJ, penyiar, pengisi suara, dan semacamnya. Namun, belakangan ini alat tersebut juga banyak digunakan oleh pengguna umum. Alasannya dipicu oleh maraknya video yang beredar di internet atau rapat-rapat online menggunakan aplikasi Skype dan sebagainya.Ada banyak jenis microphone, tetapi yang akan kami bahas saat ini adalah microphone untuk laptop. Kami akan jelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi microphone terbaik untuk laptop. Anda akan menemukan beragam microphone berkualitas dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    2.057 Views
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang cukup terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini mungkin sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan flash kamera eksternal yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk yang populer seperti keluaran Canon dan Sony. Dapatkan pencahayaan maksimal dalam tiap sesi pemotretan!
    Komputer & kamera
    2.525 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Agar tidak rusak, kamera tidak boleh terkena air kecuali bila kamera Anda dilengkapi dengan fitur waterproof. Akan tetapi, bagaimana bila kamera Anda yang tidak berfitur waterproof tiba-tiba terguyur hujan atau terjatuh ke tempat berair? Bagaimana bila Anda harus mengambil foto di tengah laut atau sungai dengan risiko kamera menjadi basah?Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi waterproof camera cases terbaik. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    207 Views
  • 10 Rekomendasi Air Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mouse adalah pengendali pointer yang ada di layar komputer atau smart TV tanpa harus diletakkan pada sebuah alas. Selain memudahkan Anda dalam menampilkan slide ketika presentasi, air mouse juga dapat berfungsi sebagai remote yang praktis. Hal tersebut membuat air mouse semakin dicari oleh banyak orang.Air mouse juga memiliki berbagai variasi sehingga mungkin Anda akan kebingungan saat hendak membelinya. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi air mouse terbaik. Anda akan menemukan air mouse berkualitas keluaran WeChip, Measy, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat memilih!
    Komputer & kamera
    596 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    4.074 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    HP dikenal sebagai salah satu produsen laptop terkenal di Indonesia. Berbagai laptop HP sudah dirilis mulai dari seri untuk pemula sampai seri profesional dengan spesifikasi yang bervariasi. Hal ini dapat membuat sebagian pengguna laptop HP bingung sehingga salah memilih laptop.Mari simak artikel berikut ini apabila Anda membutuhkan panduan cara memilih laptop merek HP. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh laptop HP terbaik dari seri OMEN, Envy, HP, Spectre dan Pavilion. Jadi, jangan lupa bookmark artikel ini dan bagikan juga ke kerabat ya!
    Komputer & kamera
    6.772 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bermain games akan terasa lebih menyenangkan jika didukung dengan audio yang berkualitas. Salah satu perangkat untuk mendapatkan suara terbaik adalah dengan menggunakan gaming headset. Merek headset seperti ASUS ROG, HyperX, maupun Astro adalah beberapa produk yang paling sering digunakan para gamers. Banyaknya gaming headset yang beredar di pasaran tentu membuat Anda kesulitan dalam memilihnya. Untuk itu, kami akan membantu Anda dalam memberikan tips cara memilih gaming headset terbaik. Kami juga telah menyiapkan sepuluh produk gaming headset dari merek-merek terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Simak sampai tuntas, ya!
    Komputer & kamera
    154 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    30.077 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    25.318 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    19.380 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    14.794 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang game, baru-baru ini jumlah produsen game yang merilis game khusus untuk laptop telah meningkat pesat dibandingkan produsen yang merilis game untuk konsol rumahan. Namun, ukuran game yang terlalu besar menjadi kendala sehingga Anda diharuskan untuk memilih laptop yang memadai.Kali ini kami akan memperkenalkan laptop gaming terbaik. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan kini Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan cara memilih laptop yang tepat. Mulai dari segi grafis, memori, kenyamanan saat pemakaian, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang juga sedang berpikir untuk mengganti laptop, selamat membaca artikel dari kami!
    Komputer & kamera
    14.981 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    17.111 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bila Anda seorang gamer. Terdapat banyak merek gaming keyboard terkenal seperti Logitech, Corsair, Digital Alliance, dan sebagainya, yang dijual di pasaran. Namun, terdapat banyak istilah-istilah dan fitur-fitur dalam gaming keyboard yang dapat membingungkan pemula, terutama saat memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan gaming keyboard terbaik. Pilih gaming keyboard yang sesuai dan tingkatkan skill bermain game Anda dengan gaming keyboard yang tepat!
    Komputer & kamera
    4.254 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori