• 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)

Teropong binocular biasa digunakan pada berbagai kegiatan, seperti menonton konser atau pertandingan olahraga, serta pengamatan burung dan astronomi. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam memilih teropong yang sesuai dengan kegunaannya karena banyaknya tipe yang beredar di pasaran, baik dari segi bentuk, lensa maupun harga.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang tepat. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dan bisa dibeli secara online agar Anda dapat menikmati objek lebih jelas dan detail.
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 2.040 Views
Daftar isi

Cara memilih teropong binocular untuk menonton konser dan pertandingan

Sebelum merekomendasikan teropong binocular terbaik untuk Anda, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya.

Bandingkan spesifikasi yang dimiliki

Memilih teropong binocular sesuai dengan tujuan penggunaan merupakan hal yang sangat penting. Namun, melihat tabel spesifikasi berupa angka-angka saja mungkin akan membuat Anda kesulitan memahaminya. Untuk itu, kami akan menjelaskan secara singkat bagaimana menentukan perbesaran lensa, tingkat ketajaman, bidang pandang, dan penampilan teropong yang tepat. Temukan teropong yang cocok dengan kebutuhan Anda!

Makin tinggi perbesaran lensa, makin besar risiko guncangan

Makin tinggi perbesaran lensa, makin besar risiko guncangan
Perbesaran lensa menunjukkan seberapa besar benda dapat terlihat dibandingkan ketika dilihat dengan mata telanjang. Contohnya, jika Anda melihat objek dengan jarak 50 m menggunakan teropong 5×, artinya hampir sama jika Anda melihatnya dari jarak 10 m.
Ketika menggunakan teropong binocular untuk melihat objek pada jarak yang jauh seperti menonton konser atau mengamati burung, tentunya Anda akan memilih perbesaran lensa yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa makin tinggi perbesaran lensa, makin rentan terjadi guncangan dan makin sempit pula bidang pandangnya. Sebaiknya pilihlah perbesaran lensa sekitar 10× sebagai acuan.

Perhatikan diameter lensa objektif dan besar exit pupil

Perhatikan diameter lensa objektif dan besar exit pupil
Diameter efektif dari lensa objektif adalah diameter lensa yang berada di sisi luar teropong binocular. Ukurannya beragam, mulai dari 25 mm hingga 50 mm. Makin besar diameter lensa, makin besar kemampuannya menangkap cahaya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan resolusi yang makin tinggi.
Ketika mengarahkan teropong binocular pada titik putih, akan nampak lingkaran di tengah lensa yang disebut exit pupil. Angka ini dapat dijadikan patokan bagi tingkat ketajaman yang dihasilkan. Jika Anda menggunakan teropong di tempat terang, exit pupil berukuran 2-3 mm saja sudah cukup. Namun, jika ingin mengamati burung atau benda langit saat senja, pilihlah ukuran 4-7 mm.
Makin besar diameter lensa, makin besar ukuran teropong sehingga bobotnya pun makin berat. Jadi, pilihlah teropong binocular sesuai prioritas kebutuhan, apakah Anda lebih mementingkan portabilitas atau tingkat ketajaman.

Pilih field of view yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih field of view yang sesuai dengan kebutuhan
Lensa pada teropong binocular dapat dipilih berdasarkan field of view (FOV) yang dimilikinya. Poin ini terbagi menjadi real FOV dan apparent FOV.
Real FOV adalah lebar bidang pandang yang bisa dilihat tanpa menggerakkan teropong binocular. Produk dengan real FOV yang luas sangat cocok untuk mengamati burung yang memiliki pergerakan cepat dan jangkauan luas. Lensa dengan real FOV 5°- 8° adalah yang umum digunakan. Namun, jika Anda ingin menangkap target yang bergerak dengan lebih akurat, pilihlah real FOV sebesar 7° atau lebih.
Sementara itu, apparent FOV adalah bidang pandang di sisi luar real FOV. Ini dihitung berdasarkan rumus: apparent FOV = real FOV× perbesaran lensa. Makin besar apparent FOV, bidang pandang akan tetap terlihat luas meskipun perbesaran lensa dinaikkan. Jika Anda menginginkan bidang pandang yang lebih luas, seperti ketika menonton teater, pilihlah lensa dengan apparent FOV lebih luas. Misalnya, teropong dengan real FOV 7° dan perbesaran 8× yang akan menghasilkan apparent FOV 56°.

Perhatikan jenis prisma yang digunakan

Perhatikan jenis prisma yang digunakan
Teropong binocular dirancang dengan menggunakan prisma agar gambar tidak terlihat terbalik. Produk dengan prisma Porro menggunakan metode tradisional. Tipe ini akan merefleksikan semua cahaya yang masuk ke lensa dan menghasilkan tampilan yang bagus seperti melihat dengan mata telanjang.
Sedangkan tipe prisma Dach (Roof) menggunakan prisma yang diberi coating pada permukaannya untuk meningkatkan kemampuan merefleksikan cahaya. Dengan begitu, ukurannya bisa dibuat lebih kecil dan ringan sehingga ringkas dan mudah dibawa. Namun, refleksinya yang lebih rumit mengakibatkan resolusinya menjadi lebih rendah. Dibutuhkan bantuan teknologi tinggi agar hasilnya dapat setara dengan tipe Porro.
Teropong dengan tipe Porro mempunyai ukuran lebih besar dengan hasil lebih jernih, sedangkan tipe Dach bentuknya lebih ringkas dengan harga lebih mahal. Ingat saja dua perbedaan tersebut agar Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Pilih berdasarkan penggunaannya

Terdapat beberapa tipe teropong binocular berdasarkan kebutuhan pemakaiannya. Mari tentukan jenis teropong sesuai dengan penggunaannya.

Untuk menonton konser, pilih teropong dengan multi-coating

Untuk menonton konser, pilih teropong dengan multi-coating
Jika Anda akan menggunakan teropong binocular untuk menonton konser, pertunjukan live, atau teater, sebaiknya pilihlah teropong dengan perbesaran 5-8×. Produk yang dilengkapi dengan multi-coating akan memungkinkan Anda melihat objek dengan mudah meskipun dalam kondisi cahaya redup.
Sementara pada festival musik yang diadakan siang hari, para pemain biasanya tidak banyak melakukan gerak di atas panggung. Jadi, tidak masalah jika Anda menggunakan teropong dengan bidang pandang lebih sempit. Akan tetapi, untuk pertunjukan teater, para pemain sering melakukan gerakan di seluruh bagian panggung. Untuk itu, sebaiknya gunakan teropong binocular dengan apparent FOV lebih dari 50°.
Selain itu, Anda tentunya akan mudah lelah jika harus memegang teropong dengan ukuran terlalu besar. Jadi, pilihlah teropong binocular dengan caliber sekitar 25 mm.

Untuk kegiatan outdoor, pilih teropong yang ringan dan tahan air

Untuk kegiatan outdoor, pilih teropong yang ringan dan tahan air
Teropong dengan ukuran ringkas dan mudah dibawa cocok untuk kegiatan outdoor atau rekreasi. Selain dapat dimasukkan ke dalam saku, teropong semacam ini juga bisa digantungkan pada leher. Jika memungkinkan, lebih baik memilih teropong yang dapat dilipat ketika tidak digunakan.
Teropong binocular yang ideal untuk kegiatan outdoor adalah yang tidak terlalu berat. Sebagai acuan, pilihlah yang beratnya tidak melebihi 350 gram. Selain itu, pertimbangkan juga risiko perubahan cuaca. Sebaiknya Anda memilih teropong yang tahan air agar tetap dapat menggunakannya saat hujan turun.

Untuk menonton pertandingan olahraga, pilih teropong dengan bidang pandang luas

Untuk menonton pertandingan olahraga, pilih teropong dengan bidang pandang luas
Jika digunakan untuk menonton pertandingan olahraga, perbesaran lensa yang ideal adalah 6-8×. Angka ini pas untuk menghindari risiko buram akibat guncangan. Anda pun dapat menangkap pergerakan pemain dengan cepat. Selain itu, sebaiknya pilihlah teropong dengan real FOV sekitar 7°. Jika Anda khawatir tidak dapat menangkap pergerakan pemain dengan sempurna, pilihlah teropong dengan bidang pandang yang lebih lebar lagi.

Untuk pengamatan burung, pilih teropong dengan perbesaran tinggi dan diameter lensa besar

Untuk pengamatan burung, pilih teropong dengan perbesaran tinggi dan diameter lensa besar
Untuk mengamati burung yang berukuran kecil dan berada pada jarak yang jauh, dibutuhkan perbesaran lensa sekitar 8-12×. Secara umum, perbesaran 10× pun cukup memadai. Perbesaran 12× atau lebih akan sangat membantu ketika mengamati burung ukuran kecil. Akan tetapi, jika Anda baru pertama kali mengamati burung, pilihlah lensa dengan perbesaran sekitar 8×.
Selain itu, lensa dengan diameter 30 mm atau lebih sangat optimal untuk melihat bidang tampilan lebih tajam dan jernih. Pilihlah teropong dengan real FOV sekitar 7° agar dapat mengamati burung dengan bidang pandang lebih luas. Pertimbangkan juga teropong binocular yang tahan air untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

Untuk pengamatan bintang, pilih diameter lensa dan exit pupil yang besar

Untuk pengamatan bintang, pilih diameter lensa dan exit pupil yang besar
Ketika Anda mengamati bintang, pilihlah lensa dengan diameter 30 mm atau lebih untuk memastikan ketajaman dan bidang pandang yang lebih luas. Selain itu, exit pupil yang lebih besar akan memungkinkan Anda mengamati objek dengan lebih jelas lagi. Teropong yang dapat dipasangkan pada tripod juga akan memudahkan Anda saat melakukan pengamatan dalam waktu lama.
Namun, berhati-hatilah ketika memilih teropong binocular dengan perbesaran lensa yang terlalu tinggi. Pada pengamatan bintang, bintang-bintang akan terlihat dalam bentuk titik-titik saja. Hampir tidak ada perbedaan antara perbesaran 6× maupun 10×, sementara perbesaran yang tinggi dapat membuat mata lelah jika digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, pilihlah perbesaran lensa secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pengguna kacamata, pilih teropong dengan eye relief 14 mm atau lebih

Untuk pengguna kacamata, pilih teropong dengan eye relief  14 mm atau lebih
Eye relief adalah jarak dari eyepiece lens ke mata Anda. Angka ini menunjukkan seberapa jauh jarak antara eyepiece lens dengan mata yang masih memungkinkan untuk melihat objek melalui teropong. Jika Anda menggunakan kacamata, tentunya ada jarak antara mata dengan eyepiece lens. Untuk itu, pilihlah lensa dengan eye relief mulai dari 14 mm. Sedangkan bagi yang tidak berkacamata, Anda dapat menempelkan mata pada lensa eyepiece. Jadi, tidak akan masalah jika Anda memilih teropong dengan eye relief yang pendek.

Pertimbangkan juga teropong yang dilengkapi kamera digital

Pertimbangkan juga teropong yang dilengkapi kamera digital
Saat ini sudah muncul teropong dengan kamera digital yang dapat merekam objek yang sedang Anda lihat. Teropong jenis ini bermanfaat ketika digunakan pada saat berlibur atau kegiatan di luar ruangan. Anda dapat mengabadikan momen selama di perjalanan, kegiatan olahraga anak-anak, dan merekam satwa liar yang langka.
Namun, karena teropong jenis ini menggunakan baterai, bobotnya menjadi lebih berat. Selain itu, kualitas gambarnya akan turun saat Anda melakukan zoom in. Jadi, sesuaikanlah dengan kondisi dan kebutuhan pemakaian.

Periksa aksesori yang tersedia serta cek review pengguna

Periksa aksesori yang tersedia serta cek review pengguna
Teropong binocular memiliki banyak bagian yang dapat digerakkan, misalnya cincin untuk menyesuaikan fokus, jarak antara kedua eyepiece, cincin untuk penyesuaian dioptri, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus memastikan semua bagian berfungsi dengan baik.
Beberapa teropong tidak menampilkan spesifikasi produk dengan detail. Jadi, kami sarankan agar Anda melihat langsung produknya di toko. Anda juga bisa memeriksa spesifikasinya di Internet dan membaca review dari para pengguna dengan teliti. Selain itu, teropong yang dilengkapi dengan tali dan kantong penyimpanan akan lebih mudah digunakan.

10 Rekomendasi teropong binocular terbaik untuk menonton konser dan pertandingan

Setelah memahami poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih teropong binocular, berikut ini kami berikan rekomendasi sepuluh produk terbaik. Temukan teropong binocular yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
Perbesaran
Real FOV7,6°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/2,6 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye relief11 mm
AksesoriKain pembersih, tas, tali
Perbesaran
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianIndoor dan outdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil30 mm/7,5 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefTidak disebutkan
AksesoriTali
Perbesaran30×
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/-
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefBAK-4
AksesoriLap, tas jinjing
Perbesaran
Real FOVTidak disebutkan
Saran pemakaianIndoor
Digital camera×
Lensa objektif/exit pupil25 mm/8,3 mm
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye reliefTidak disebutkan
AksesoriRantai dan pegangan
Perbesaran20×
Real FOV8,2°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil50 mm/4,1 mm
Tipe prismaBAK-4
Eye relief Tidak disebutkan
AksesoriTali, penutup lensa, case
Perbesaran
Real FOV6,2°
Saran pemakaianIndoor dan outdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil21 mm/2,6 mm
Tipe prismaBAK-4 Porro
Eye relief13 mm
AksesoriTali, penutup lensa, case
Perbesaran10×
Real FOV4,9°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil28 mm/2,8 mm
Tipe prismaBAK-4
Eye relief3-11 mm
AksesoriTali, belt bag, pelindung lensa
Perbesaran10×
Real FOV5,7°
Saran pemakaianOutdoor, indoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil25 mm/2,5 mm
Tipe prismaRoof
Eye relief9 mm
AksesoriTali
Perbesaran16×
Real FOV4,2°
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera×
Lensa objektif/Exit pupil50 mm/3,1 mm
Tipe prismaBAK-4 Porro
Eye relief 12,6 mm
AksesoriTali, tripod adapter

1. Bushnell Equinox Z Digital Night Vision 2×40 mm

Rp 8.900.000,00

Perbesaran
Real FOV
Saran pemakaianOutdoor
Digital camera
Lensa objektif/Exit pupil40 mm/Bisa diatur
Tipe prismaTidak disebutkan
Eye relief Tidak disebutkan
AksesoriTali, case

Baca juga rekomendasi teropong terbaik lainnya di sini

Selain teropong binocular yang telah dibahas di atas, kami juga merekomendasikan teleskop yang dapat digunakan untuk melihat ruang angkasa. Simak pembahasannya lebih lanjut pada artikel berikut ini untuk menemukan teleskop yang mungkin sesuai dengan yang sedang Anda cari!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh teropong binocular yang dapat digunakan untuk menonton konser dan pertandingan. Apakah Anda sudah dapat menentukan teropong yang diinginkan?
Anda tidak akan salah pilih jika mengetahui dengan baik produk seperti apa yang dibutuhkan. Ingat dan perhatikan fitur penting dari cara memilih teropong yang sudah dijelaskan di atas sebelum menentukan pilihan teropong sesuai kebutuhan pemakaiannya.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat untuk Anda yang kurang puas dengan hasil bidikan kamera smartphone maupun compact digital camera saat Anda ingin mengunggahnya ke media sosial. Kali ini, kami akan mengulas produk kamera mirrorless yang harganya terjangkau, bentuknya kecil dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana pun.Produsen-produsen besar sepeti Sony, Canon, dan Nikon banyak menjual produk kamera jenis ini. Hal ini tentunya akan menyulitkan para pemula saat akan membandingkan fungsi maupun keunggulannya. Kali ini, kami akan mengulas 10 rekomendasi kamera mirrorless dan juga hal-hal yang harus di cek saat akan memilih dan membeli kamera tersebut.
    Komputer & kamera
    25.093 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Komputer & kamera
    11.191 Views
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2020)
    Selain tripod, akhir-akhir ini banyak juga yang menggunakan monopod, termasuk untuk selfie, karena monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Dibandingkan dengan tripod, monopod dapat membantu menahan goncangan dan lebih trendy digunakan oleh generasi masa kini.Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan monopod terbaik yang dapat Anda gunakan untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan pilihan monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentunya akan lebih menyenangkan.
    Komputer & kamera
    2.257 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    11.937 Views
  • 10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi HDD Internal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    HDD internal berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan jika data pada PC Anda penuh. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih HDD internal yang mungkin membuat bingung sebagian pengguna. Simak artikel berikut ini jika Anda masih ragu saat memilih HDD internal.Kami akan mengulas cara memilih HDD internal berdasarkan beberapa faktor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh HDD internal terbaik, seperti WD, Toshiba, Hitachi, Fujitsu, dan Seagate. Oleh karena itu, silakan baca artikel berikut ini sampai tuntas, ya!
    Komputer & kamera
    13.625 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop Dell merupakan salah satu merek laptop populer dengan harga yang cukup ekonomis. Namun, laptop Dell memiliki berbagai varian dengan spesifikasi, desain, dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang mengulas cara memilih laptop Dell. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop Dell terbaik dari seri Inspiron, XPS, dan Alienware. Jadi, silakan bookmark dan rekomendasikan juga artikel ini kepada kerabat Anda, ya!
    Komputer & kamera
    23.380 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Komputer & kamera
    7.947 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video (Terbaru Tahun 2020)
    Di era digital seperti sekarang, kebutuhan perangkat laptop dengan spesifikasi tinggi makin meningkat. Hal itu diperlukan oleh Anda yang berprofesi di bidang industri kreatif seperti editor video untuk menunjang pekerjaan. Dengan spesifikasi laptop yang mumpuni, pekerjaan editing video bisa lebih mudah, cepat, dan efisien. Berbagai merek seperti HP, Lenovo, dan Acer berusaha memenuhi spesifikasi tinggi tersebut dengan beragam tipe laptop. Untuk itu, kami akan memberikan Anda tips memilih laptop untuk editing video. Agar mendapatkan yang terbaik, kami juga akan merekomendasikan produk laptop dari berbagai merek. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    230 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari produsen elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang terbaik. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Komputer & kamera
    56 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Komputer & kamera
    31 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    124.044 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    98.220 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    78.246 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    65.244 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    57.357 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    86.484 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Komputer & kamera
    49.101 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori