• 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.

Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 19.853 Views
Daftar isi

Cara memilih biola untuk pemula

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa poin cara memilih biola yang tepat. Anda bisa mempertimbangkan dari segi ukuran, harga, maupun cara produksinya.

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tubuh

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tubuh
Jika Anda memiliki tubuh setinggi 145 cm atau lebih, Anda bisa memilih biola dengan ukuran 4/4. Namun, jika Anda memiliki tinggi kurang dari 145 cm, pilihlah ukuran yang lebih kecil.
Ukuran biola ditulis dalam numerik, yaitu 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 1/2, 3/4, dan 4/4. Semakin besar angkanya berarti semakin besar pula ukurannya. Tinggi badan merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan ukuran biola yang sesuai. Untuk ukuran tubuh dengan tinggi 105 cm atau kurang, pilihlah biola dengan ukuran 1/16. Untuk pengguna yang memiliki tinggi 105–110 cm, ukuran 1/10 akan terasa lebih nyaman untuk dimainkan. Selain tinggi badan, panjang jangkauan lengan dan jari juga menentukan ukuran. Jadi, sebisa mungkin, cobalah biola secara langsung ketika memilih untuk mendapatkan ukuran yang paling tepat.

Pilihlah berdasarkan harga

Pilihlah berdasarkan harga
Biola memiliki rentang harga yang bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal. Saat hendak membeli biola untuk pertama kali, mungkin Anda akan berpikir berulang kali untuk membeli biola yang mahal. Namun, bila Anda ingin memiliki biola dengan suara yang baik, pilihlah biola dengan rentang harga Rp 600.000–Rp 1.500.000.
Untuk Anda para pemula, biola berharga Rp 1.500.000 ke atas mungkin akan terasa sedikit mahal. Terlebih jika Anda membelinya untuk anak, Anda perlu mengganti biola seiring dengan bertambahnya tinggi badan anak. Dalam keadaan seperti itu, Anda cukup membeli biola yang berharga kurang dari Rp 1.500.000.
Semakin mahal harga biola, akan semakin bagus pula suara yang dikeluarkan. Pemain biola profesional biasanya berpendapat bahwa biola yang memiliki suara yang indah setidaknya berharga puluhan juta. Memang terasa agak disayangkan bila Anda langsung membeli biola semahal itu saat baru belajar. Maka dari itu, sesuaikan harga dengan kondisi dan pilihlah produk terbaik menurut Anda.

Cobalah secara langsung di toko musik sebelum membeli

Cobalah secara langsung di toko musik sebelum membeli
Anda mungkin bisa membeli biola yang relatif murah dari toko online. Namun, untuk biola yang berharga agak mahal, kami sarankan agar Anda mencobanya terlebih dahulu secara langsung di toko musik. Terutama bagi pemula, Anda akan kesulitan dalam menentukan bagus atau tidaknya suara sebuah biola. Karena itu, Anda bisa meminta pegawai toko untuk mencobanya sehingga Anda bisa mendengarkannya dengan saksama.
Biola adalah alat musik dengan karakteristik suara yang beragam. Bahkan, biola yang diproduksi secara massal di pabrik bisa menghasilkan suara yang berbeda satu sama lainnya. Maka dari itu, cobalah mainkan secara langsung dan pilih biola dengan karakteristik suara yang membuat Anda jatuh hati.

Pilihlah produk buatan tangan jika ingin suara terbaik

Pilihlah produk buatan tangan jika ingin suara terbaik
Biola buatan tangan (handmade) dibuat oleh perajin dari bahan mentah hingga menjadi biola. Tidak banyak perajin yang menjual hasil karyanya dengan harga murah. Akan tetapi, bila Anda ingin membeli biola yang mahal, pastikan Anda membeli biola yang dibuat secara manual oleh perajin biola.
Biola yang dibuat secara handmade dapat menghasilkan suara yang lebih bagus dan merdu dibandingkan buatan pabrik. Namun, biola berharga puluhan juta yang diproduksi di pabrik bukan berarti memiliki suara yang buruk, lho! Hal yang terpenting adalah mencobanya secara langsung dengan tangan Anda, terutama jika produk incaran Anda berharga mahal.

Pastikan kelengkapan yang didapat dalam set pembelian

Pastikan kelengkapan yang didapat dalam set pembelian
Untuk mulai belajar biola, Anda tidak hanya butuh alat musik. Anda juga butuh beberapa hal seperti tas biola untuk penyimpanan dan rosin untuk bow. Proses mengenal dan mencari alat-alat yang pas bagi Anda mungkin adalah salah satu proses yang menyenangkan. Akan tetapi, untuk seorang pemula, ada baiknya Anda memilih produk dalam bentuk set yang lengkap.
Beberapa barang esensial biasanya sudah termasuk dalam set pembelian biola. Barang paling umum yang Anda dapatkan saat membeli biola adalah tas biola (hardcase) dan rosin. Namun, ada juga yang melengkapi produknya dengan mute, shoulder rest, senar cadangan, kain lap khusus, bow cadangan, bahkan buku panduan. Jadi periksa terlebih dahulu kelengkapan yang akan Anda dapatkan sebelum membeli.

10 Rekomendasi biola terbaik untuk pemula

Berikut ini kami paparkan sepuluh rekomendasi biola terbaik yang cocok bagi Anda para pemula. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan serta bujet Anda.
Ukuran 1/4, 1/2, 3/4, 4/4
BuatanTidak tercantum
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin
Ukuran1/2, 4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin
Ukuran1/2, 3/4, 4/4
BuatanTidak tercantum
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin, bridge
Ukuran1/4, 1/2, 3/4, 4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin
Ukuran1/8, 1/4, 1/2, 3/4, 4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin
Ukuran1/4, 1/2, 3/4, 4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin
Ukuran1/2, 3/4, 4/4
BuatanTidak tercantum
Kelengkapan dalam setHardcase, bow
Ukuran4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, resin
Ukuran1/16 , 1/10 , 1/8 , 1/4 , 1/2 , 3/4 , 4/4
BuatanHandmade
Kelengkapan dalam setHardcase, bow fiber, bridge dari Despiau (Perancis), senar For-Tune (Cina)
Ukuran1/2, 3/4, 4/4
BuatanPabrik
Kelengkapan dalam setHardcase, bow, rosin

Cara merawat biola

Cara merawat biola
Setelah memainkan biola, sisa debu dari rosin, keringat, dan minyak akan menempel pada biola. Bersihkan perlahan dengan kain lap yang kering dan lembut. Karena terbuat dari kayu, biola sama sekali tidak boleh terkena air. Jadi, jangan sampai Anda menggunakan air untuk membersihkannya.
Idealnya, biola dibersihkan menggunakan dua lap berbeda. Satu lap khusus untuk membersihkan sisa rosin, dan satu lagi khusus untuk membersihkan minyak yang menempel. Jangan lupa untuk mencuci lap-lap tersebut secara rutin supaya biola benar-benar bersih, ya.
Jika Anda sudah membersihkannya setiap hari dan masih ada kotoran yang menempel, gunakanlah cairan pembersih khusus biola. Ada berbagai jenis cairan pembersih yang tersedia di pasaran, tetapi berhati-hatilah dengan pembersih yang terlalu keras. Meski memiliki kemampuan membersihkan yang sangat baik, pembersih yang terlalu keras dapat merusak biola. Untuk pemula, gunakanlah cairan pembersih yang tidak mengandung bahan abrasif.

Apakah bisa belajar biola secara autodidak?

Apakah bisa belajar biola secara autodidak?
Cara terbaik untuk belajar biola tentu saja dengan mempelajarinya langsung dari guru yang kompeten. Jika belajar secara autodidak, ada kalanya Anda akan menemukan hal yang tidak dimengerti. Bisa saja Anda salah mempelajari tetapi tidak menyadari letak kesalahan Anda. Khususnya bagi pemula, belajar biola secara autodidak dari awal akan terasa sulit. Namun, tidak semua orang bisa mengikuti kelas biola dengan alasan waktu, keadaan ekonomi, dan lainnya.
Jika Anda ingin mempelajari biola secara autodidak, berlatihlah secara rutin. Anda bisa berlatih sambil melihat buku atau menonton video tutorial untuk mencegah kesalahan pembelajaran. Jika ingin lebih serius, cobalah memasuki kelas biola setelah mempelajari teknik dasarnya lewat buku dan video.

Baca juga rekomendasi metronom terbaik di sini!

Pada saat Anda berlatih biola, menguasai tempo sebuah lagu adalah hal yang sangat mendasar. Untuk mengenal dan menguasai tempo, Anda bisa menggunakan alat bantu bernama metronom pada saat berlatih biola. Berikut ini kami berikan rekomendasi metronom terbaik beserta cara memilihnya!

Kesimpulan

Jadi, sudah menentukan biola mana yang akan Anda pilih? Pilihlah biola yang memiliki ukuran sesuai dengan tubuh Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan harganya dengan bujet yang dimiliki. Akan lebih baik jika Anda mencobanya secara langsung di toko musik sebelum membeli.
Jika Anda ingin biola yang mahal, pilihlah produk buatan tangan. Terakhir, pastikan kelengkapan yang didapat dalam set pembelian. Nah, selamat memilih dan berlatih biola!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    23.133 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    18.280 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Instrumen musik bass atau gitar bass menghasilkan hentakan nada rendah yang berperan penting dalam band, grup musik, dan sebagainya. Anda akan menemukan berbagai produk bass dengan merek Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi satu sama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda kebingungan saat hendak membeli bass yang paling tepat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi bass terbaik. Anda akan menemukan berbagai bass berkualitas yang berbeda fitur dan spesifikasi satu sama lain dalam daftar rekomendasi ini. Pilihlah produk yang bagus untuk Anda dan paling Anda sukai, ya!
    Musik
    4.648 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    95.087 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Terbaik untuk Mendengarkan Musik Rock (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda penikmat musik rock? Musik yang sudah memiliki banyak jenis ini, seperti punk rock, post-rock, alternative rock, dan rock ballads, akan terdengar lebih baik jika Anda memakai speaker. Saat sedang mencari jenis speaker yang cocok, mungkin Anda bingung memilih karena ada banyak merek yang dijual, seperti JBL, Marshall, Pioneer, dan sebagainya. Untuk itu, kami akan memperkenalkan sepuluh produk speaker yang cocok untuk menyuarakan musik rock dengan dahsyat. Selain itu, kami juga akan menyampaikan tips dan trik untuk memilih speaker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetap disimak, ya!
    Musik
    854 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    9.251 Views
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Stick drum adalah kawan setia yang selalu ada dalam genggaman bagi para drummer. Pemilihan stick drum yang tepat Anda akan meningkatkan performa seorang drummer. Bagi Anda yang masih pemula di dunia drummer, belajarlah memilih stick drum yang tepat berdasarkan material pembuatannya, jenis tip dan tentu saja harganya. Pemilihan stick drum biasanya juga tergantung dari genre musik yang ingin Anda mainkan.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih stick drum dan mengenalkan beberapa pilihan stick drum yang direkomendasikan. Silakan Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membeli stick drum yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pilihan yang tepat akan meningkatkan performa drum lebih maksimal.
    Musik
    4.875 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori