1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Biola Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Biola adalah alat musik gesek yang bunyinya cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung kualitas kayunya.

Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk pemula. Sebelum membelinya, simak dahulu artikel ini. Kami akan berbagi tips memilih biola terbaik untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting lain yang harus Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satriyo Arwanto.
Diperbaharui 12-28-2022
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih biola untuk pemula

Apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli biola untuk pemula? Simak poin-poin berikut ini agar Anda dapat menemukan biola yang harga dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Sesuaikan ukuran biola dengan ukuran tubuh Anda

Sesuaikan ukuran biola dengan ukuran tubuh Anda

Terdapat berbagai pilihan ukuran biola, mulai dari 1/16, 1/10, 1/8, 1/4, 1/2, 3/4, dan 4/4. Makin besar angkanya, makin besar pula ukuran biola tersebut. Pemilihan ukuran biola dapat disesuaikan dengan usia dan tinggi tubuh Anda.


  • Ukuran 1/16–1/2 untuk anak berusia tiga sampai sembilan tahun
  • Ukuran 3/4 untuk anak remaja dan orang dewasa bertubuh mungil
  • Ukuran 4/4 untuk orang dewasa

② Pilihlah berdasarkan harga biola untuk pemula

Pilihlah berdasarkan harga biola untuk pemula

Biola memiliki rentang harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Makin tinggi harganya, kualitas kayu yang digunakan juga makin bagus. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kualitas suara biola tersebut.


Apabila Anda juga memperhitungkan soal harga biola untuk pemula, pilihlah biola dengan rentang harga Rp600.000 hingga Rp1.500.000. Kualitas suaranya sudah cukup untuk para pemula dan harganya cukup standar. Jika Anda sudah mahir, Anda dapat memilih biola yang lebih mahal dengan kualitas suara yang lebih baik.

③ Kenali kualitas kayu yang digunakan

Kenali kualitas kayu yang digunakan

Anda perlu mempertimbangkan soal harga biola, tetapi jangan mengesampingkan juga soal kualitas kayu yang digunakan. Ada dua jenis kayu yang dipakai untuk biola belajar, yaitu plywood dan solid wood. Plywood adalah serpihan-serpihan kayu yang kemudian dipres. Harga biola dari plywood memang tergolong murah, tetapi kualitas suara yang dihasilkan plywood tidak terlalu bagus.


Kami sarankan Anda memilih biola yang berbahan solid wood, seperti kayu spruce. Bahan solid wood sanggup menghasilkan kualitas suara yang jauh lebih baik dibandingkan plywoodBahan solid wood memiliki ciri khas motif kayu yang unik tergantung pada usia kayunya.


Kami juga menyarankan Anda untuk memilih biola dengan bahan kayu yang tidak terlalu tebal. Bahan kayu yang terlalu tebal tentu saja lebih berat dan membuat Anda pegal memainkannya dalam jangka waktu lama. Di samping itu, suara yang dihasilkan dengan kayu yang tebal tidak terlalu nyaring. Anda dapat mengetahui ketebalan kayu dengan cara mengetuk badan biola.

④ Perhatikan bagian purfling biola

Perhatikan bagian purfling biola

Purfling adalah bagian tepi dari body biola bagian depan. Jika melihat gambar di atas, purfling terlihat seperti gambar garis berwarna hitam di bagian tepi. Bagian ini memang sering dilupakan, tetapi fungsinya cukup penting. Purfling menjaga agar biola Anda tidak retak sampai bagian dalam. Di sisi lain, purfling ikut memberikan pengaruh terhadap kualitas suara biola.


Biola yang murah memiliki purfling yang digambar. Biola seperti ini tidak akan kokoh jika mengalami keretakan. Kami sarankan Anda memilih biola dengan purfling yang menggunakan kayu tanam. Biola dengan purfling ini akan lebih kokoh dan suaranya lebih baik.


Memang tidak banyak biola untuk pemula yang menggunakan purfling tanam. Meski begitu, Anda dapat memastikan gambar purfling-nya lebih rapi.

⑤ Cobalah langsung di toko musik sebelum membeli

Cobalah langsung di toko musik sebelum membeli

Untuk mendapatkan biola yang tepat untuk pemula, Anda sebaiknya langsung mencari ke toko musik. Biola yang baru tentu saja belum tersetel dengan baik, mulai dari senar sampai bagian bridge-nya. Membeli langsung ke toko musik akan membantu Anda mendapatkan setelan biola yang pas untuk langsung dimainkan.


Di samping itu, Anda dapat mencoba biola yang akan Anda pilih. Anda dapat mendengar kualitas suara serta mencoba kecocokan ukuran biola tersebut. Kami sarankan Anda membeli biola di toko musik resmi yang tepercaya agar Anda juga mendapatkan garansi.


Kini memang ada banyak biola baru yang dijual secara online. Tidak masalah jika Anda memutuskan untuk membeli biola secara online karena lebih praktis. Meski begitu, pastikan penjualnya dapat mengirimkan produk yang sudah diatur terlebih dahulu, ya.

⑥ Pastikan kelengkapan yang didapat dalam set pembelian

Pastikan kelengkapan yang didapat dalam set pembelian
Saat Anda membeli biola baru, Anda akan mendapatkan set standar, yaitu bow, rosin, dan hardcase (tas biola). Perlengkapan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah chin rest dan shoulder rest. Chin rest dan shoulder rest akan memudahkan para pemula memakai biola. Namun, shoulder rest biasanya dijual secara terpisah.

Perlengkapan lainnya yang tidak kalah penting adalah senar cadangan. Senar cadangan dapat Anda gunakan apabila tiba-tiba senar Anda putus. Beberapa merek biola menyertakan set senar tambahan saat Anda membeli biola.

10 Rekomendasi biola terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk biola terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Shifen 401

 Shifen 401 1枚目

Biola untuk pemula dengan build quality terbaik

2

Cremona

Cervini

Cremona  Cervini 1枚目

Buatan pabrik dengan kualitas terbaik mendekati handmade

3

Skylark

Biola

Skylark Biola 1枚目

Biola untuk pemula yang harganya bersahabat

4

Pearl River

Biola 182

Pearl River Biola 182 1枚目

Tersedia ukuran untuk anak-anak dengan harga terjangkau

5

Lespoir

Biola Akustik Elektrik Equalizer

Lespoir Biola Akustik Elektrik Equalizer  1枚目

Gabungan akustik elektrik yang cocok untuk pemula sampai expert

6

Scott & Guan

Biola 140

Scott & Guan Biola 140 1枚目

Suaranya lebih nyaring, pas dimainkan sampai jadi mahir

7

Höfner

Violin

Höfner Violin 1枚目

Kombinasi desain yang keren dengan suara yang bagus

8

Eastman Music

Samuel Eastman

Eastman Music Samuel Eastman 1枚目

Produk handmade dengan ukuran terlengkap!

9

Noble Heart

Biola 601

Noble Heart Biola 601 1枚目

Hasil karya pengrajin internasional yang telah diakui

10

Bach

Biola Klasik

Bach Biola Klasik 1枚目

Satu set biola yang sudah komplet dengan shoulder rest

Perincian produk
Close
No.1

Biola untuk pemula dengan build quality terbaik

Shifen 401 juga merupakan salah satu biola favorit untuk para pemula. Biola ini hanya memiliki dua pilihan ukuran saja. Namun, biola Shifen 401 sudah memiliki purfling model tanam. Intinya, Anda akan mendapatkan biola dengan build quality terbaik untuk pemula. Jadi, biola Anda lebih kokoh dan suaranya lebih mantap.

No.2

Cremona CerviniHV-100

Mulai dari Rp1.360.000,00

Buatan pabrik dengan kualitas terbaik mendekati handmade

Cervini dari Cremona ini menggunakan bahan solid wood dengan red finish yang sangat tradisional. Meski bagian purfling-nya masih digambar, detailnya lebih rapi. Bagian bridge-nya sudah menggunakan kayu maple yang sudah berumur. Bagian yang menarik dari biola ini adalah chin rest. Chin rest-nya sudah menggunakan hardwood dengan model ala merek biola terkenal, Stradivarius.

No.3

Biola untuk pemula yang harganya bersahabat

Skylark adalah salah satu merek biola yang paling banyak direkomendasikan untuk para pemula. Alasan Skylark banyak diminati adalah harganya yang lebih bersahabat. Jika budget Anda cukup terbatas, Anda dapat mempertimbangkan produk ini. Skylark juga menawarkan beberapa pilihan ukuran. Menariknya lagi, Anda dapat menemukan biola elektrik dari Skylark.

No.4

Pearl RiverBiola 182

Mulai dari Rp800.000,00

Tersedia ukuran untuk anak-anak dengan harga terjangkau

Anda mencari biola untuk pemula yang terjangkau dengan banyak pilihan ukuran? Kami merekomendasikan Pearl River Biola 182. Pearl River menawarkan biola yang ukurannya juga dapat dimainkan oleh anak-anak.


Untuk Anda yang sedang mencari biola terjangkau untuk anak-anak, pertimbangkan produk ini. Perlu Anda ketahui bahwa biola yang satu ini merupakan produk buatan Cina. Namun, kayu yang dipakai merupakan solid wood yang awet.

No.5

LespoirBiola Akustik Elektrik Equalizer

Mulai dari Rp1.409.000,00

Gabungan akustik elektrik yang cocok untuk pemula sampai expert

Tidak ada salahnya bagi pemula untuk membeli biola akustik elektrik. Anda tetap dapat mempelajari dasar-dasar teknik permainan biola dengan biola jenis ini. Apabila Anda sudah mahir dan ingin mengikuti pentas seni, Anda dapat menyambungkannya dengan sound system.


Biola akustik elektrik dari Lespoir ini pas dimainkan oleh para pemula dan juga expert. Biola ini terbuat dari jenis solid wood yang kuat dan awet. Di bagian samping biola sudah terdapat equalizer untuk mengatur tone dan volume suara.

No.6

Scott & GuanBiola 140

Mulai dari Rp1.800.000,00

Suaranya lebih nyaring, pas dimainkan sampai jadi mahir

Untuk Anda yang sudah menetapkan hati untuk bermain biola, kami merekomendasikan produk ini. Biola ini tetap cocok dimainkan setelah Anda menjadi lebih mahir. Kualitas suaranya lebih nyaring dengan bahan dan desain yang ditawarkan. Desainnya pun nyaman untuk digunakan oleh para pemula. Yuk, langsung saja dipesan!

No.7

Kombinasi desain yang keren dengan suara yang bagus

Apakah ada biola untuk pemula yang kualitas suaranya keren dengan harga yang tidak terlalu mahal? Anda dapat memilih biola untuk belajar dari Höfner. Merek asal Jerman ini memang memiliki berbagai range biola untuk para pemula.


Höfner memproduksi biola dengan cara tradisional sehingga kualitas suaranya tidak perlu Anda ragukan. Meski begitu, harga biola dari merek ini tergolong cukup terjangkau untuk kualitas suara yang ditawarkan.

No.8

Eastman MusicSamuel EastmanVL-80

Mulai dari Rp5.300.000,00

Produk handmade dengan ukuran terlengkap!

Apabila Anda ingin berinvestasi dengan biola premium, kami merekomendasikan Samuel Eastman VL-80. Biola yang satu ini merupakan biola buatan tangan yang dibuat sebagai biola untuk belajar. Produk ini diklaim mendapatkan pujian dari banyak guru musik.


Kualitas kayunya yang baik membuat biola ini sanggup menghasilkan suara yang warm dan mellow. Poin penting yang menarik dari produk ini adalah ukurannya yang sangat beragam. Jadi, Anda juga dapat memilihkan biola yang cocok untuk si kecil.

No.9

Noble HeartBiola 601

Mulai dari Rp3.880.000,00

Hasil karya pengrajin internasional yang telah diakui

Biola untuk pemula ini merupakan produk asal Cina. Meski produk asal Cina dikenal murah, produk yang satu ini tentu saja tidak murahan. Biola ini dibuat oleh Ming Jiang Zhu, seorang pengrajin biola yang telah diakui secara internasional. Apabila Anda menginginkan biola dari pengrajin internasional, pertimbangkan biola yang satu ini.

No.10

BachBiola KlasikSA-107

Mulai dari Rp3.098.000,00

Satu set biola yang sudah komplet dengan shoulder rest

Bagi Anda yang mencari biola dengan perlengkapan yang komplet untuk pemula, kami merekomendasikan biola dari Bach. Biola ini sudah dilengkapi dengan shoulder rest dan tuner. Jadi, Anda tidak perlu lagi membeli perlengkapan lainnya. Lalu, biola ini juga tergolong dalam biola premium sehingga Anda akan mendapatkan kualitas suara yang jernih.

Pertanyaan umum seputar biola untuk pemula

Pertanyaan umum seputar biola untuk pemula

Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar bermain biola untuk para pemula. Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak poin berikut ini.

Apakah bisa belajar biola secara autodidak?

Tentu saja Anda bisa mempelajari biola secara autodidak, contohnya melalui video. Berlatihlah sesering mungkin dan pelajari cara penggunaan biola yang tepat. Namun, berlatih biola secara autodidak pasti berbeda dengan mengikuti kelas khusus belajar biola.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa bermain biola?

Hal ini tergantung pada usia saat Anda berlatih dan minat Anda terhadap alat musik biola. Definisi mahir bermain biola pun berbeda-beda untuk setiap orang. Makin sering Anda berlatih, makin cepat pula Anda menjadi mahir. Biasanya kurang lebih dalam hitungan bulan.

Cara merawat biola yang benar

Cara merawat biola yang benar
Setelah memainkan biola, sisa debu, rosin, minyak, dan keringat akan menempel pada biola. Penumpukan debu dan rosin dapat merusak kualitas kayu biola Anda. Karena itu, Anda perlu membersihkannya setelah dimainkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan biola secara menyeluruh?

  • Untuk badan biola, gunakan kain microfiber kering. Bersihkan badan biola searah dengan alur kayunya. Jika ada noda membandel, Anda bisa menggunakan kain yang sedikit basah. Untuk menjaga kilau pernisnya, Anda dapat menggunakan sedikit olive oil dan tripoli powder.


  • Untuk bagian dalam biola, Anda dapat memasukkan beras melalui bagian f-holes. Goyangkan secara perlahan dan merata ke seluruh bagian dalam biola. Jika sudah, keluarkan beras melalui bagian f-holes dengan cara membalikan biola. Bagian dalam biola menjadi tempat menumpuknya resin serta debu. Beras akan membantu mengikat debu dan sisa resin.

  • Untuk bagian senar, pakailah kain kering yang lembut. Anda dapat mengetahui penumpukan resin jika senar berwarna putih. Penumpukan resin membuat resonansi senar kurang baik. Hindari penggunaan cairan pembersih yang bersifat keras karena dapat merusak senar.

  • Untuk bagian fingerboard, kendurkan senar terlebih dahulu dan lap dengan kain kering. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah saat mengendurkan senar. Kendurkan senar secara perlahan agar tetap pada tempatnya di bagian bridge.


  • Untuk bagian chin rest, lepaskan terlebih dahulu dan gunakan air hangat dan sabun. Keringkan dengan kain sampai benar-benar kering. Bagian ini sangat penting untuk dibersihkan karena langsung kontak dengan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya untuk pemula di sini

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih alat musik untuk pemula. Selain biola, kami memiliki artikel lainnya yang membahas alat musik untuk pemula. Yuk, langsung saja klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan biola terbaik untuk pemula? Pastikan Anda mempertimbangkan poin-poin yang sudah kami sebutkan, ya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pilihan biola dengan budget yang Anda miliki serta periksa kelengkapannya.


Agar makin mahir, pastikan Anda berlatih dengan giat. Anda dapat berlatih secara autodidak ataupun mengikuti kursus musik. Pilih tempat berlatih yang baik agar suara biola Anda tidak mengganggu tetangga. Selamat berlatih biola!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer