1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.


Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.

Diperbaharui 06-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengapa memilih deterjen bubuk?

Mengapa memilih deterjen bubuk?

Detergen bubuk memiliki bentuk berupa serbuk halus yang mudah larut ke dalam air. Dari segi kemampuan, detergen bubuk sudah sejak lama terbukti ampuh dapat membersihkan pakaian secara optimal. Noda bekas keringat atau noda makanan sekalipun dapat teratasi.


Selain detergen bubuk, Anda juga bisa menemukan detergen cair di pasaran. Lalu, manakah yang lebih bagus, detergen bubuk atau detergen cair? Berikut ini akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan kedua jenis detergen ini. 


  • Harga

Detergen bubuk lebih banyak dipilih karena harganya yang lebih ekonomis. Selain itu, untuk menakarnya pun lebih mudah.


  • Kemampuan membersihkan noda

Detergen bubuk ampuh untuk membersihkan noda membandel, seperti noda lumpur atau tanah. Di sisi lain, detergen cair juga ampuh untuk menghilangkan noda dari minyak, sisa makanan, bahkan oli.


  • Residu

Detergen bubuk lebih mudah meninggalkan residu dibandingkan detergen cair. Untuk mengurangi residu, detergen bubuk bisa dilarutkan terlebih dahulu dengan air hangat.  


Demikian perbedaan detergen bubuk dengan detergen cair dilihat dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, di artikel ini kami akan secara khusus membahas tentang detergen bubuk. Silakan disimak, ya!

Cara memilih deterjen bubuk

Ada banyak produk detergen bubuk yang dijual di pasaran dengan keunggulannya masing-masing. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara tepat memilihnya. Cermati ulasan berikut dengan baik, ya!

① Sesuaikan dengan warna pakaian

Mencuci dengan detergen bubuk tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, pilih detergen bubuk dengan mempertimbangkan warna pakaian yang akan Anda cuci.

Pakaian putih: Deterjen yang mengandung pemutih

Pakaian putih: Deterjen yang mengandung pemutih
Pakaian berwarna putih memang sangat rentan terkena noda. Noda yang melekat pada pakaian berwarna putih biasanya akan lebih terlihat. Tidak hanya itu, pakaian berwarna putih lama-kelamaan juga dapat berubah menjadi kekuningan. Tentunya hal tersebut tidak sedap dipandang mata.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan detergen bubuk yang diformulasikan khusus untuk pakaian berwarna putih. Detergen jenis ini biasanya mengandung bahan pemutih pakaian. Bahan pemutih tersebut berfungsi untuk menghilangkan noda sekaligus mempertahankan warna putih pakaian dengan lebih optimal.

Pakaian berwarna: Deterjen yang memiliki kandungan antikusam

Pakaian berwarna: Deterjen yang memiliki kandungan antikusam

Masalah utama yang sering dihadapi pada pakaian berwarna adalah masalah warna pudar. Pakaian berwarna, seperti merah, biru, atau jingga biasanya akan cepat kusam jika dicuci terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya cuci pakaian berwarna Anda menggunakan detergen bubuk yang memiliki kandungan antikusam.


Detergen bubuk yang berfungsi menjaga warna pakaian biasanya mengandung bahan pencerah warna pakaian. Bahan ini dapat membuat warna pakaian menjadi lebih awet dan tidak mudah kusam akibat dicuci. Perlu Anda ingat, untuk pakaian berwarna jangan menggunakan detergen bubuk dengan bahan pemutih karena bersifat memudarkan warna.

② Pilih berdasarkan fungsi tambahannya

Seiring berkembangnya kebutuhan, detergen bubuk tidak semata-mata berfungsi membersihkan pakaian saja. Saat ini, ada banyak detergen bubuk yang memiliki fungsi tambahan, seperti antibakteri dan pewangi.

Kandungan antibakteri yang mencegah bau tidak sedap

Kandungan antibakteri yang mencegah bau tidak sedap

Anda mungkin sering menjumpai bau tidak sedap pada pakaian yang Anda cuci. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kuman dan bakteri yang menempel dan berkembang di pakaian Anda. Terlebih lagi, jika pakaian tersebut tidak kering sempurna saat dijemur atau disimpan di tempat lembap.


Detergen dengan kandungan antibakteri dapat menjadi pilihan tepat jika Anda sering mengalami hal tersebut. Kandungan antibakteri ini secara aktif dapat melindungi pakaian Anda dari kuman dan bakteri penyebab bau tidak sedap. Apabila Anda tinggal di daerah lembap atau memiliki tempat menjemur yang kurang cahaya matahari, sebaiknya pilih detergen jenis ini.

Kandungan pelembut yang membuat pakaian mudah disetrika

Kandungan pelembut yang membuat pakaian mudah disetrika

Pakaian yang dicuci dan dijemur tentunya akan menjadi kusut. Hal tersebut terkadang membuat pakaian sulit untuk disetrika. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, hal tersebut tentu akan cukup merepotkan. Apabila Anda menginginkan pakaian mudah disetrika, sebaiknya pilih detergen bubuk dengan kandungan pelembut.


Kandungan pelembut ini juga dapat menjaga serat kain sehingga pakaian akan terasa lebih halus. Detergen dengan kandungan pelembut juga akan menghemat waktu, tenaga, dan uang Anda karena tidak perlu menambahkan pelembut pakaian lagi.

Kandungan pewangi yang membuat pakaian wangi lebih lama

Kandungan pewangi yang membuat pakaian wangi lebih lama

Pakaian yang dijemur di bawah terik matahari biasanya akan berbau matahari. Selain itu, udara lembap di dalam lemari juga dapat membuat aroma pakaian menjadi kurang sedap. Apabila Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, sebaiknya memilih detergen yang mengandung pewangi.


Berbeda dengan detergen biasa, detergen dengan kandungan pewangi dapat membuat pakaian menjadi wangi lebih lama. Ada juga yang wanginya tetap bertahan meskipun dijemur, disetrika, dan disimpan di lemari dalam waktu lama.

③ Pertimbangkan yang berbahan aman untuk mencuci pakaian bayi

Pertimbangkan yang berbahan aman untuk mencuci pakaian bayi

Bayi memiliki kulit sensitif yang rentan terhadap zat kimia. Oleh karena itu, mencuci pakaian bayi tidak boleh menggunakan detergen secara sembarangan. Untuk mencuci pakaian bayi, sebaiknya pilih detergen dengan kandungan pH yang rendah


Kandungan pH yang rendah dapat mengurangi risiko iritasi yang diakibatkan dari bahan kimia pada detergen yang tertinggal di pakaian. Kandungan pewangi atau parfum terkadang juga dapat menimbulkan iritasi di kulit bayi. Sebaiknya, hindari detergen yang mengandung pewangi atau parfum yang kuat.

④ Perhatikan takaran deterjen bubuk untuk mesin cuci

Perhatikan takaran deterjen bubuk untuk mesin cuci

Mesin cuci yang banyak dipakai, yaitu mesin cuci top loading (bukaan atas) dan mesin cuci front loading (bukaan depan). Mesin cuci bukaan depan memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe bukaan atas. Jadi, takaran deterjen bubuk yang dibutuhkan tentunya lebih sedikit. Sebagai contoh, untuk cucian sebanyak 5 kg dengan tingkat kotoran sedang, Anda bisa mulai dengan 1 sendok takar deterjen bubuk.


Jika cucian tidak terlalu kotor, Anda bisa kurangi takaran deterjen bubuknya. Sebaliknya, jika cucian sangat kotor, Anda bisa berikan 1,5 sendok takar deterjen bubuk. Alangkah baiknya, jika Anda menguceknya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke mesin cuci agar takaran deterjen tidak terlalu banyak.

10 Rekomendasi deterjen bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deterjen bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Bubuk

Unilever Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Bubuk 1枚目

Tiga kali lebih efektif mengangkat noda tanpa dikucek

2

Wings

Daia Violet Passion

Wings Daia Violet Passion 1枚目

Teknologi Perfume Capsule, wangi pakaian makin tahan lama

3

Kao

Attack Plus Softener

Kao Attack Plus Softener 1枚目

Pakaian menjadi lembut dan mudah disetrika

4

Unilever

Sahaja Powder Detergent

Unilever Sahaja Powder Detergent 1枚目

Pakaian bersih, sedekah pun berjalan lancar

5

Unilever

Rinso Matic Bukaan Atas Detergen Bubuk

Unilever Rinso Matic Bukaan Atas Detergen Bubuk 1枚目

Harumnya tahan lama, sampai 21 hari, lho!

6

WINGS

SoKlin Smart Detergent Color

WINGS SoKlin Smart Detergent Color  1枚目

Color safe, lindungi warna pakaian Anda secara optimal

7

Kao

Attack Easy

Kao Attack Easy 1枚目

Mencuci lebih mudah berkat formula sekali kucek dan sekali bilas

8

Wings

Deterjen Bubuk Boom

Wings Deterjen Bubuk Boom  1枚目

Tidak panas di tangan, harganya pun ekonomis

9

WINGS

SoKlin Antisep Powder Detergent

WINGS SoKlin Antisep Powder Detergent 1枚目

Lindungi keluarga dengan teknologi O2 Active Power

10

Unilever

Rinso Gentle Deterjen Bubuk

Unilever Rinso Gentle Deterjen Bubuk 1枚目

Deterjen bubuk untuk kulit sensitif dengan formulasi pH rendah

Perincian produk
Close
No.1

UnileverRinso Matic Bukaan Depan Detergen Bubuk

Mulai dari Rp50.900,00

Tiga kali lebih efektif mengangkat noda tanpa dikucek

Detergen dari Rinso ini diformulasikan khusus untuk mesin cuci bukaan depan. Kandungannya lebih tinggi dibandingkan detergen biasa sehingga bisa mengangkat noda tiga kali lebih efektif dan tanpa dikucek. Selain itu, detergen ini juga tidak berpotensi merusak mesin cuci karena kadar busanya rendah.


Jika Anda ingin mengirit penggunaan detergen saat mencuci, gunakan saja produk ini. Cukup dengan satu sendok takar saja untuk level air mesin cuci yang tinggi, produk ini sudah bisa menghilangkan noda membandel.

No.2

WingsDaia Violet Passion

Mulai dari Rp21.600,00

Teknologi Perfume Capsule, wangi pakaian makin tahan lama

Dengan aroma bunga, produk dari Daia ini dapat membuat pakaian Anda memiliki wangi yang segar. Terlebih lagi, adanya teknologi Perfume Capsule membuat wangi yang dihasilkan dapat bertahan lebih lama. Berkat wanginya, risiko pakaian Anda berbau tidak sedap akan menjadi berkurang.

Busa yang melimpah pada produk ini membuat pakaian Anda menjadi bersih secara maksimal. Bagi Anda yang mencuci dengan tangan tidak perlu khawatir karena busa yang dihasilkan lembut di tangan. Produk ini juga memiliki formula yang dapat menjaga warna pakaian Anda tidak cepat kusam.
No.3

Pakaian menjadi lembut dan mudah disetrika

Apabila Anda sering merasa kesal dengan pakaian yang sulit disetrika, mungkin ini saatnya Anda menggunakan produk ini. Kandungan pelembut pada produk Attack dapat membuat pakaian lebih halus dan tidak mudah kusut sehingga mudah disetrika. Tidak hanya itu, permukaan pakaian juga akan terasa lebih lembut.

Produk ini juga diperkaya dengan kandungan antibau dan antikuman yang mencegah pakaian berbau tidak sedap. Agar pakaian bersih sempurna, produk ini juga diperkuat dengan formula maxpower yang ampuh melawan noda yang membandel sekalipun.
No.4

UnileverSahaja Powder Detergent

Mulai dari Rp15.300,00

Pakaian bersih, sedekah pun berjalan lancar

Apabila Anda senang berbagi dengan sesama atau membantu yang berkekurangan, produk Sahaja hadir sebagai solusi. Dengan produk ini, Anda bisa memastikan pakaian bersih sekaligus bersedekah. 

Sahaja berkomitmen untuk menyisihkan 2,5% dari penjualan untuk kesejahteraan umat Muslim di sekitar. Ditambah lagi, detergen ini diproduksi secara halal dan menggunakan bahan aktif ramah lingkungan sehingga terasa lembut di tangan.

No.5

UnileverRinso Matic Bukaan Atas Detergen Bubuk

Mulai dari Rp45.000,00

Harumnya tahan lama, sampai 21 hari, lho!

Jika Anda sedang mencari detergen bubuk untuk mesin cuci tipe bukaan atas, produk ini bisa Anda jadikan pertimbangan. Produk Rinso Matic ini cocok dipilih karena khusus ditujukan untuk mesin cuci top load. Hal ini bertujuan agar mesin cuci Anda lebih awet. Hebatnya lagi, duet Rinso dengan Molto menghasilkan keharuman yang dapat bertahan sampai 21 hari, lho!

No.6

WINGSSoKlin Smart Detergent Color

Mulai dari Rp24.800,00

Color safe, lindungi warna pakaian Anda secara optimal

Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir lagi pakaian berwarna akan cepat kusam setelah dicuci. Kandungan Active Color Booster dari SoKlin efektif menjaga warna pakaian Anda. Apabila Anda menginginkan warna pakaian tetap awet meskipun dicuci berkali-kali, pilihlah produk ini.

Selain itu, detergen ini juga memberikan keharuman bunga yang fresh. Jadi, tidak hanya warnanya saja yang cemerlang, aroma pakaian Anda pun akan wangi tahan lama.  
No.7

Mencuci lebih mudah berkat formula sekali kucek dan sekali bilas

Kemampuan detergen merek Attack dalam membersihkan pakaian sudah tidak diragukan lagi. Memiliki daya pembersih yang setara dengan sepuluh kekuatan tangan, noda dan kotoran dijamin hilang berkat detergen ini. Hanya dengan sekali kucek saja, pakaian Anda sudah dapat menjadi bersih!

Produk ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membilas cucian berulang-ulang. Pasalnya, hanya dengan membilas sekali saja, kotoran dan sisa detergen dapat hilang. Kemampuan yang ditawarkan produk ini tentunya membuat mencuci pakaian jadi lebih mudah.
No.8

WingsDeterjen Bubuk Boom

Mulai dari Rp4.700,00

Tidak panas di tangan, harganya pun ekonomis

Apakah Anda sering merasakan kulit tangan terasa panas setelah mencuci baju? Jika iya, detergen Boom bisa menjadi solusi untuk Anda. Dengan menggunakan detergen ini, tangan terasa lembut dan tidak panas sehabis mencuci pakaian. Menariknya lagi, detergen ini ditawarkan dengan harga yang ramah di kantong. Jadi, Anda pun dapat menghemat bujet sekaligus menjaga tangan tetap nyaman setelah mencuci.

No.9

WINGSSoKlin Antisep Powder Detergent

Mulai dari Rp22.000,00

Lindungi keluarga dengan teknologi O2 Active Power

Detergen bubuk SoKlin Antisep hadir untuk memberikan perlindungan seluruh anggota keluarga Anda dari bakteri dan virus. Hal ini karena di dalamnya terdapat teknologi O2 Active Power yang siap melindungi selama 48 jam. 


SoKlin mengeklaim bahwa produk ini merupakan detergen pertama di Indonesia yang mengombinasikan detergen dengan disinfektan. Jadi, saatnya memberikan yang terbaik untuk keluarga Anda dengan memilih produk ini.

No.10

UnileverRinso Gentle Deterjen Bubuk

Mulai dari Rp21.400,00

Deterjen bubuk untuk kulit sensitif dengan formulasi pH rendah

Bahan kimia yang terkandung pada detergen bisa saja tertinggal di pakaian meskipun telah dibilas. Hal ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif, terutama kulit anak-anak atau bayi. Dengan memilih Rinso Gentle, iritasi kulit sensitif akibat sisa detergen di pakaian tidak akan terjadi!

Mengandung bahan-bahan yang ringan dan teruji klinis, produk ini aman untuk kulit sensitif bahkan untuk kulit bayi sekalipun. Terlebih lagi, kandungan pH yang rendah pada produk ini dapat mengurangi risiko timbulnya iritasi di kulit. Meski kandungannya ringan, produk ini tetap dapat membersihkan pakaian dengan optimal berkat formula antinoda yang dimilikinya.

Baca juga rekomendasi produk deterjen lainnya di sini

Saat ini banyak perusahaan detergen ternama yang berlomba-lomba memasarkan berbagai jenis detergen. Mulai dari detergen bubuk, detergen cair, hingga detergen dengan fungsi tambahan, seperti pelembut dan pewangi pakaian. Ada juga produk yang khusus diformulasikan untuk mencuci pakaian bayi. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya bacalah artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Itu tadi cara memilih dan rekomendasi detergen bubuk terbaik yang telah kami seleksi. Semoga Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ingat, selain memilih detergen yang tepat, perhatikan pula cara mencuci pakaian Anda. 


Sebaiknya jangan terlalu lama merendam pakaian Anda karena dapat membuat pakaian menjadi berbau tidak sedap. Ada baiknya juga memisahkan pakaian putih agar tidak terkena warna pakaian lain yang luntur.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer