• 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kunci pengaman merupakan benda penting yang harus digunakan ketika Anda memarkir motor. Dengan menggunakan kunci pengaman motor berkualitas, Anda bisa dengan tenang meninggalkan motor di tempat parkir. Xena, Kryptonite, Schone, dan berbagai produsen lainnya menyediakan beragam jenis kunci pengaman motor.

Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih kunci pengaman motor. Kami juga akan memberikan rekomendasi kunci pengaman motor terbaik yang sangat layak Anda miliki. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan cegah motor kesayangan Anda dicuri orang!
  • Pembaharuan terakhir: 12 Mei 2020
  • 16.061 Views
Daftar isi

Cara memilih kunci pengaman motor

Dengan menggunakan kunci pengaman motor yang tepat, risiko tercurinya motor Anda pun akan semakin kecil. Berikut poin-poin cara memilihnya.

Pilih produk berdasarkan tipenya

Secara umum ada empat jenis kunci pengaman motor yang biasa dipakai di Indonesia. Tiap jenis memiliki keunikan tersendiri. Berikut kami jelaskan lebih detail.

Tipe rantai/chain lock, mudah digunakan

Ketika berbicara soal kunci pengaman motor, biasanya produk tipe ini yang pertama terlintas dalam benak. Ini adalah tipe yang paling standar untuk mencegah motor dicuri. Produk tipe ini sendiri memiliki harga yang sangat bervariasi. Sayangnya, produk dengan harga terlalu murah cenderung kurang tebal sehingga bisa dirusak hanya dalam beberapa menit oleh pencuri profesional. Idealnya, pilihlah produk dengan diameter rantai sekitar 10 mm.


Saat memilih produk tipe chain lock, fokuslah pada diameter dan panjang rantai daripada harganya. Semakin panjang rantainya, semakin mudah pula Anda mengunci motor. Meski begitu, bobotnya pun semakin berat dan lebih memakan tempat.


Untuk mengunci motor saja, produk dengan panjang sekitar 1 meter sudah mencukupi. Lalu, bagaimana jika Anda berencana menggunakan teknik earth lock atau menguncinya ke benda lain? Untuk kebutuhan semacam ini, produk yang panjangnya sekitar 2 meter lebih disarankan. Sesuaikan dengan kondisi aktual penggunaan dan pilihlah produk dengan panjang yang tepat.

Tipe cakram/disc lock, mudah dibawa ke mana pun

Kunci pengaman motor tipe ini dapat dipasangkan ke cakram motor. Hal tersebut membuatnya hanya cocok digunakan pada sepeda motor yang memiliki rem cakram. Meski begitu, produk tipe ini berukuran relatif kecil, seukuran kepalan tangan saja sehingga mudah untuk dibawa. Tidak hanya itu, penguncinya pun sulit dirusak. Hal tersebut membuat tipe ini memiliki kemampuan mencegah pencurian yang sangat baik.

Namun, kunci tipe ini tidak efektif jika maling mencuri dengan cara mengangkat dan membawa motor menggunakan mobil bak terbuka. Poin ini penting untuk Anda perhatikan terutama bila motor Anda berbobot ringan semisal tipe scooter. Ada juga disc lock yang mampu mendeteksi getaran dan kemudian memicu alarm dengan suara keras. Produk seperti ini tepat dipilih untuk motor berbobot ringan.


Disc lock sendiri umumnya berukuran kecil sehingga orang bisa tidak sadar akan keberadaannya di cakram. Bila Anda tanpa sadar menjalankan motor tanpa melepas disc lock-nya, motor Anda bisa rusak. Untuk itu, Anda bisa menggunakan disc lock bersamaan dengan chain lock atau kabel pengunci.

Tipe alarm dan immobilizer, sangat efektif mencegah pencurian

Kunci pengaman tipe ini mampu mendeteksi getaran dan mengeluarkan suara nyaring untuk mencegah motor dicuri. Produk jenis ini berguna untuk mencegah pencurian yang menggunakan kunci dengan pola tertentu. Tidak hanya itu, tipe ini juga efektif mencegah pencurian oleh maling yang membawa mobil bak terbuka sekalipun.


Sementara itu, immobilizer akan mendeteksi jika mesin berusaha dinyalakan dengan cara yang tidak biasa/sewajarnya. Dalam kondisi tersebut, immobilizer akan mencegah mesin dinyalakan. Sangat efektif mencegah pencurian yang dilakukan dengan cara membobol paksa kunci motor.


Kedua jenis kunci pengaman ini tidak dapat dideteksi secara kasat mata. Anda bisa menganggapnya sebagai alat pendukung yang efektif dipadukan dengan kunci pengaman motor tipe lainnya yang kasat mata.

Metode earth lock, parkir di tempat tinggal Anda pun makin aman

Pencuri biasanya berkeliling di area permukiman untuk mengecek dahulu motor yang diincar dan baru mencurinya saat malam. Kunci pengaman berbentuk U dan disc lock kurang efektif untuk mencegah terjadinya pencurian tersebut. Hal ini karena kedua pengaman tersebut mudah dideteksi dan bisa dibobol saat gelap.


Nah, produk yang bisa digunakan untuk earth lock tepat dijadikan solusi. Metode penguncian motor ini disebut earth lock karena motor dikunci dan dihubungkan dengan objek lain yang tertanam ke tanah. Metode ini bisa dibilang sangat optimal mengamankan motor agar tidak bisa dicuri dengan cara diangkat atau dipotong penguncinya.


Meski umumnya metode ini dilakukan saat parkir di tempat tinggal Anda, ada juga orang yang menguncinya ke motorcycle anchor ground. Pemasangan anchor ground di rumah memang memakan waktu. Untuk itu, Anda bisa memilih anchor ground yang tidak terlalu berat. Dengan mengunci motor menggunakan metode earth lock ke objek yang berat, motor Anda pun akan makin aman. Sayangnya, anchor ground sendiri masih sangat langka ditemukan di Indonesia.

Pilih produk berdasarkan produsennya

Setelah menentukan tipe kunci pengaman motor yang sesuai, Anda bisa memilih produk keluaran produsen yang tepercaya. Pada tipe kunci yang sejenis, produk keluaran produsen tidak ternama cenderung lebih murah. Namun, produk-produk tersebut bisa jadi lebih mudah dibobol atau kurang aman digunakan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa sama sekali membeli produk dari produsen yang kurang ternama. Anda bisa mencari informasi tambahan, misalnya review pengguna untuk memastikan kualitas dari produk pilihan Anda.

Merek dari produsen ternama juga biasanya dicantumkan pada kunci pengaman motornya. Pencuri motor umumnya mengetahui jenis kunci yang sulit dibobol berdasarkan produsennya. Dengan melihat merek tersebut saja pencuri bisa jadi enggan mencuri. Pencurian pun bisa tercegah. Dalam artikel ini sendiri terdapat berbagai kunci pengaman motor merek ternama, misalnya Kryptonite, Xena, dan sebagainya. Dengan memasang kunci pengaman motor, risiko motor dicuri pun makin minim.

10 Rekomendasi kunci pengaman motor terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kunci pengaman motor. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10
Bobot0,336 kg
Ukuran8 cm x 7,3 cm x 3,3 cm
9
BobotTidak disebutkan
Ukuran13,4 cm x 15 cm
8
Bobot0,815 kg
UkuranTidak disebutkan
7

Four Digit Password Chain Lock

Rp 157.000,00

BobotTidak disebutkan
UkuranPanjang : 60 cm
6
Bobot0,515 kg
Ukuran26 cm x 120 cm
5

KryptoniteKeeper 5-S2 Disc Lock

000884

Rp 870.000,00

Bobot0,56 kg
Ukuran7,5 cm x 6,7 cm
4
Bobot0,483 kg
Ukuran5,8 cm x 6,9 cm
3
Bobot4,31 kg
UkuranPanjang : 90 cm dan diameter rantai : 15 mm
2
BobotTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
1
BobotTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk kunci pengaman motor terbaik

Gambar produk
1
MP GPS Tracker Alarm System 1

MP

2
Spy Two Way Motorcycle Alarm 5000M 1

Spy

3
Kryptonite New York Legend Chain 1590 1

Kryptonite

4
Xena Disc-Lock Alarm 1

Xena

5
Kryptonite Keeper 5-S2 Disc Lock 1

Kryptonite

6
BIKIGHT Motorcycle Heavy Duty Chain Lock 1

BIKIGHT

7
Four Digit Password Chain Lock 1

8
Master Lock Disc Lock 1

Master Lock

9
Schone Bicycle/Motorcycle Lock 1

Schone

10
Metal Alarm Disc Lock 1

Nama produk

GPS Tracker Alarm System

Two Way Motorcycle Alarm 5000M

New York Legend Chain 1590

Disc-Lock Alarm

Keeper 5-S2 Disc Lock

Motorcycle Heavy Duty Chain Lock

Four Digit Password Chain Lock

Disc Lock

Bicycle/Motorcycle Lock

Metal Alarm Disc Lock

KeunggulanPengawasan dan kontrol moto...Pantau keamanan motor Anda ...Rantai tebal plus gembok ku...Tahan korosi dan ice-spray,...Waterproof, optimal melindu...Chain lock ekonomis yang pa...Adanya password bikin tak p...Sudah sepaket dengan remind...Belenggu besar dan auto pop...Disc lock beralarm yang bob...
HargaRp 1.620.000,00Rp 1.122.100,00Rp 1.016.600,00Rp 983.000,00Rp 870.000,00Rp 200.790,00Rp 157.000,00Rp 403.200,00Rp 175.000,00Rp 130.900,00
BobotTidak disebutkanTidak disebutkan4,31 kg0,483 kg0,56 kg0,515 kgTidak disebutkan0,815 kgTidak disebutkan0,336 kg
UkuranTidak disebutkanTidak disebutkanPanjang : 90 cm dan diameter rantai : 15 mm5,8 cm x 6,9 cm7,5 cm x 6,7 cm26 cm x 120 cmPanjang : 60 cmTidak disebutkan13,4 cm x 15 cm8 cm x 7,3 cm x 3,3 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan untuk mengendarai motor di sini

Helm, jas hujan, dan tas bikers sangat bermanfaat untuk Anda miliki ketika berkendara. Selain itu, adanya box motor dan smartphone holder akan meningkatkan kenyamanan Anda mengendarai motor. Yuk, ketahui lebih jauh seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Apa Anda sudah menemukan kunci pengaman yang tepat? Banyaknya pencurian motor menandakan bahwa pemilihan kunci pengaman motor yang tepat bukanlah hal sepele. Anda harus mengambil keputusan yang tepat jika tidak mau motor Anda dicuri.

Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu tipe dan spesifikasi dari kunci pengaman motor pilihan Anda. Pilihlah produk sesuai preferensi Anda dan amankan motor Anda setiap saat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    51.719 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    45.515 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    36.197 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!
    Mobil & motor
    10.741 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Mobil & motor
    18.291 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    22.117 Views
  • 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Seat cushion adalah bantalan yang dipakai oleh pengemudi. Keberadaannya dapat meminimalkan sakit pinggang, leher atau bahu yang kaku selama mengemudi. Saat ini, telah banyak dijual beragam produk seat cushion, baik yang berfitur sarat teknologi maupun yang berdesain fashionable.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih seat cushion yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa merek seat cushion seperti Coccyx dan Longlife. Simaklah artikel kami sampai tuntas!
    Mobil & motor
    1.102 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori