10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kunci pengaman merupakan hal penting yang harus dibawa ketika Anda berkendaraan menggunakan motor. Xena, Kryptonite, Masterlock dan Griplock menyediakan berbagai jenis kunci pengaman motor agar Anda tenang ketika meninggalkan motor di tempat parkir.

Kali ini kami akan mengulas kunci pengaman motor yang akan membuat pencuri mengurungkan niat jahatnya untuk mencuri motor Anda. Amankan motor Anda dengan memakai kunci pengaman motor yang tepat sebelum Anda menyesal ! Mari ikuti ulasan berikut ini.

Daftar isi

Cara memilih kunci pengaman motor

Walaupun Anda sudah mengunci motor Anda, pencuri bisa membuka dan mencuri motor hanya karena Anda salah dalam memilih kunci pengaman motor. Dengan melakukan pengecekan terhadap jenis dan karakteristik kunci pengaman motor, Anda dapat memilih kunci pengaman motor yang tepat bagi Anda.

Lima jenis kunci pengaman motor

Secara umum ada lima jenis kunci pengaman motor yang biasa dipakai di Indonesia. Tiap jenis memiliki keunikan tersendiri. Memilih kunci motor yang tepat akan lebih mudah dengan mengetahui fitur yang ada untuk motor yang tepat.

Kunci pengaman motor jenis rantai

 Kunci pengaman motor jenis rantai

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kunci pengaman motor dengan tipe rantai adalah dari ketebalan rantai. Rantai yang bagus memiliki ketebalan minimal 10 mm. Lebih baik Anda memilih kunci pengaman motor dengan diameter rantai yang tebal daripada harga yang mahal namun memiliki diameter ketebalan di bawah 10 mm.

Lebih berat dan lebih panjang rantai, akan membuat motor lebih aman dari pencurian. Namun rantai yang berat dan panjang lebih sulit disimpan. Jika Anda ingin mengunci satu motor saja, rantai dengan panjang 1 meter sudah cukup. Jika Anda mengunci untuk 2 motor atau menautkan rantai ke tiang dibutuhkan rantai dengan panjang kurang lebih sekitar 2 meter.

Kunci pengaman motor jenis cakram

Kunci pengaman motor jenis cakram

Kunci pengaman motor tipe ini hanya cocok digunakan pada sepeda motor yang memiliki rem cakram. Namun cocok digunakan di Indonesia karena kebanyakan motor keluaran terbaru di Indonesia menggunakan rem cakram. Kunci pengaman motor ini berukuran relatif kecil seukuran kepalan tangan sehingga mudah untuk dibawa.

Kunci pengaman ini tidak berguna jika maling menggunakan metode pencurian dengan cara mengangkat motor lalu dibawa dengan mobil bak terbuka, sehingga hal ini perlu diperhatikan jika motor Anda ringan. Kunci pengaman motor jenis cakram ada yang dilengkapi dengan dengan alat pendeteksi getaran dan kemudian memicu alarm dengan suara yang cukup keras sehingga peluang motor untuk dicuri lebih kecil.

Kunci pengaman motor jenis alarm dan immobilizer

Kunci pengaman motor jenis alarm dan immobilizer

Kunci pengaman motor tipe alarm akan mencegah pencurian motor dengan cara mengeluarkan suara yang nyaring ketika motor akan dicuri. Kunci pengaman motor jenis ini berguna untuk mencegah pencurian yang menggunakan kunci dengan pola tertentu. Kunci pengaman dengan jenis immobilizer bekerja dengan mencegah motor untuk dinyalakan ketika terjadi pencurian. Kedua jenis kunci pengaman ini akan memberikan kesan bahwa motor tidak dikunci. Untuk keamanan, akan lebih baik jika menggabungkan kedua tipe kunci pengaman motor ini.

Kunci pengaman motor jenis penambat

Kunci pengaman motor jenis penambat

 

Kunci jenis penambat sangat efektif digunakan sebagai kunci pengaman motor ketika motor berada di rumah. Kunci pengaman tipe ini mengunci motor dengan cara menambatkan ke tanah sehingga disebut juga kunci bumi atau kunci tanah. Kunci pengaman tipe ini memiliki fungsi seperti jangkar yang ditanamkan ke dalam tanah yang membuat motor sulit diangkat dan menghindarkan pencurian motor dengan cara diangkut.

Kunci pengaman motor dengan mengunci setang

Kunci pengaman motor dengan mengunci setang

Kunci pengaman jenis ini mengunci gas atau rem pada setang, sehingga motor tidak bisa dibawa kabur. Posisi kunci pengaman motor yang berada di atas setang membuat kunci pengaman ini mudah dilihat oleh pencuri dan mereka akan berpikir berkali-kali untuk mencuri motor karena mereka membuka kunci pengaman di atas dengan posisi yang mudah dilihat oleh orang lain. Hal ini berbeda dengan tipe kunci lain yang berada di bagian bawah motor pada posisi ban kendaraan. Pencuri bisa melakukan aksinya dengan jongkok untuk menghindari perhatian.

Pilih produsen yang dapat dipercaya

Pilih produsen yang dapat dipercaya

Selain Anda menentukan tipe kunci pengaman motor yang sesuai bagi Anda, Anda bisa memilih kunci motor berdasarkan produsen pembuatnya. Jenis kunci motor yang sama walaupun lebih murah akan memiliki kualitas yang belum tentu lebih baik daripada produsen yang sudah berpengalaman dan ternama. Produsen ternama telah teruji di lapangan dan mereka perlu menjaga reputasi mereka dengan menghasilkan produk yang terbaik.

Produsen kunci pengaman motor seperti Xena, Kryptonite atau Masterlock adalah beberapa produsen yang telah teruji secara internasional. Harga produk ini mungkin lebih mahal dibandingkan produk dari produsen lain. Namun Anda tidak akan merasa khawatir ketika meninggalkan motor Anda di tempat parkir.

10 Rekomendasi kunci pengaman motor terbaik

Sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi kunci pengaman motor untuk menjaga motor Anda agar tetap aman dari pencurian. Pilihlah kunci motor yang paling sesuai dengan yang Anda butuhkan!

10. Masterlock Gembok Motor

10. Masterlock Gembok Motor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 298.900

Memudahkan Anda mengingat saat membuka kunci motor

Produk ini adalah kunci pengaman motor tipe cakram yang bisa mencegah motor dicuri dengan membawa motor dalam keadaan mati. Produk ini dibuat dengan bahan baja seng untuk mencegah terbentuknya karat sehingga kunci pengaman motor ini lebih awet. Salah satu kekurangan kunci pengaman motor cakram adalah Anda bisa lupa kalau telah memasang kunci pengaman.

Ketika Anda lupa membuka kunci pengaman motor yang masih terikat pada cakram, hal ini dapat menyebabkan Anda terjatuh dari motor atau cakram motor Anda rusak. Produk ini dibuat berwarna oranye mencolok dengan tali yang bisa Anda kaitkan di setang supaya Anda ingat untuk membuka kunci motor sebelum dinyalakan. Produk ini cocok bagi Anda yang sering terburu-buru sehingga lupa membuka kunci pengaman motor.

9. Schone SC 210

9. Schone SC 210

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 269.000

Tidak masalah mengunci motor dengan atau tanpa rem cakram

Produk ini bisa digunakan sebagai kunci pengaman motor saat Anda memasang kunci ini pada rem cakram motor. Produk ini terbuat dari baja yang dikeraskan untuk memberikan proteksi terhadap pencurian dengan cara dipotong atau digergaji. Produk ini berbentuk besar dengan warna mencolok sehingga membuat Anda tidak lupa untuk membuka kunci pengaman saat  motor dinyalakan.

Produk ini juga bisa dipasang di roda bagian belakang atau depan pada motor dengan ukuran ban standar sehingga produk ini cocok juga untuk Anda pemakai motor tanpa rem cakram. Bagian baja melengkung pada produk ini dilapisi dengan pelindung sejenis karet sehingga tidak akan menggores velg saat produk ini dipasang di ban. Dengan atau tanpa rem cakram, produk ini cocok untuk motor Anda!

8. Heavy Duty Ground Anchor Lock

8. Heavy Duty Ground Anchor Lock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 846.000

Motor Anda ringan? Amankan dengan produk ini !

Produk ini adalah pengaman motor dengan tipe yang menambatkan motor ke tiang atau ke jangkar buatan. Produk ini ditutup oleh kain di bagian luar yang berfungsi melindungi ban dan velg yang bersentuhan langsung dengan baja. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki motor dengan berat ringan yang rawan dipindahkan atau dicuri menggunakan mobil pengangkut.

Tipe ini juga cocok bagi Anda yang meninggalkan motor Anda dalam waktu lama karena motor terhubung dengan sesuatu yang sulit dipindahkan seperti jangkar buatan yang dijual terpisah. Kekurangan produk ini adalah jika Anda tidak bisa menemukan benda kokoh yang bisa menambatkan motor Anda, maka Anda harus membuat jangkar khusus sendiri yang biasanya cukup rumit untuk dikerjakan.

7. OnGuard Doberman 8031L

7. OnGuard Doberman 8031L

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.216.000

Mengunci 2 motor sekaligus dengan kunci kombinasi 4 digit sebagai proteksi tambahan

Produk ini merupakan kunci pengaman motor berbentuk kabel dengan fungsi seperti rantai. Produk ini menggunakan kunci kombinasi 4 digit untuk keamanan ekstra yang bisa menghindarkan pencurian dengan menggunakan kunci duplikat. Produk ini cocok untuk Anda yang sering ceroboh saat menyimpan kunci karena kuncinya terletak di kepala Anda dalam bentuk angka kombinasi.

Produk ini memiliki panjang hingga 2,4 meter sehingga cocok digunakan untuk mengunci dua motor yang berdempetan. 2 Motor yang saling terhubung dengan kabel pengunci motor ini akan menyulitkan pencuri dalam menjalankan aksinya. Anda mencari pengunci motor yang efisien dan aman untuk 2 motor sekaligus? Produk ini menjawab kebutuhan Anda.

6. MP GPS Tracker Alarm Motor

6. MP GPS Tracker Alarm Motor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.600.000

Pengawasan dan kontrol motor ada di genggaman tangan

Produk ini adalah alarm dan immobilizer yang bisa mengetahui keadaan motor Anda melalui aplikasi smartphone. Produk ini juga dilengkapi dengan pelacak GPS yang bisa memantau posisi motor Anda dari jauh. Anda tidak perlu was-was dan mengontrol keadaan motor Anda setiap saat. Anda juga akan mendapatkan SMS apabila motor Anda dibobol pencuri.

Fitur silent mode bisa Anda matikan jika dikhawatirkan menggangu lingkungan sekitar. Jika suatu saat Anda dibegal, demi keselamatan Anda bisa memberikan motor Anda. Setelah itu pantaulah posisi motor Anda dengan GPS, lalu matikan motor Anda. Produk ini cocok bagi Anda yang sering melewati area rawan begal. Jauhkan rasa khawatir dengan melengkapi motor Anda dengan pengaman yang satu ini!

5. Grip-Lock Kunci Pengaman Setang

5. Grip-Lock Kunci Pengaman Setang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 509.000

Mengunci motor Anda dengan aman di ruang parkir terbatas

Grip-Lock mengunci motor pada bagian setang yang bisa digunakan untuk mengunci setang bagian gas ataupun bagian rem. Anda bisa mengunci setang rem sehingga motor tidak bisa dipindahkan dalam kondisi mesin motor mati. Kunci setang gas berguna untuk menghindari pencurian dengan cara menyalakan mesin motor. Produk ini cocok bagi Anda pengguna motor tanpa rem cakram.

Produk ini juga cocok bagi Anda yang parkir motor di tempat yang sempit. Posisi kunci pengaman motor yang berada di bagian atas motor akan memudahkan Anda ketika membuka kunci motor saat jarak motor Anda terlalu berdekatan dengan motor lain di tempat parkir. Ingin praktis saat membuka kunci motor saat parkir Anda berdempetan? Pakai kunci motor ini!

4. Kinbar Gembok Alarm

4. Kinbar Gembok Alarm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 54.000

Gembok serbaguna dengan alarm

Kinbar Gembok Alarm adalah kunci pengaman motor tipe cakram. Selain itu Anda juga bisa menggabungkan kunci pengaman ini sebagai gembok cadangan pada kunci pengaman tipe rantai jika Anda kehilangan gembok utama. Tidak hanya itu kunci gembok ini bisa dipakai juga untuk keperluan lain seperti menggembok pagar rumah Anda.

Ketika Anda menggunakan produk ini sebagai kunci pengaman tipe cakram Anda akan mendapat keamanan 2 lapis yaitu pengunci cakram dan alarm. Produk ini tidak dilengkapi tali untuk dikaitkan pada setang sehingga lebih cocok untuk digunakan ketika Anda parkir sebentar. Anda seharusnya tidak berpikir 2 kali untuk memiliki produk ini karena serbaguna dan harganya relatif murah.

3. Spy 5000m

3. Spy 5000m

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.595.000

Pantau keamanan motor Anda dari jauh

Produk ini merupakan pengaman motor yang bertipe immobilizer dan memiliki alarm. Produk ini bisa digunakan hingga jarak 5.000 meter. Keunggulan produk ini adalah bisa memantau lewat remote sehingga Anda bisa memantau jika ada maling yang sedang mencuri motor Anda. Jika ada yang menyalakan motor tanpa izin atau ada yang mendorong, maka akan timbul pemberitahuan berupa gambar di remote.

Produk ini cocok bagi Anda yang tidak mau repot buka pasang kunci pengaman motor. Keunggulan lain produk ini adalah Anda bisa memanaskan motor secara otomatis melalui remote. Fitur lainnya adalah alarm penanda motor ketika Anda lupa menaruh motor di parkiran gedung yang penuh. Produk ini cocok bagi Anda yang sering lupa tempat memarkirkan motor.

2. Kryptonite New York Fahgettaboudit 1415

2. Kryptonite New York Fahgettaboudit 1415

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.520.000

Tidak was-was saat motor off-road Anda diparkir

Produk ini adalah kunci pengaman motor jenis rantai yang cocok untuk mengamankan motor off-road ATV Anda. Produk ini terdiri dari rantai yang dilengkapi dengan U-Lock (kunci U). Desain dan bahan U-Lock pada produk ini telah dipatenkan untuk memberikan keamanan ekstra. Rantai pada produk ini memiliki ketebalan diameter  15 mm yang membuat produk ini sulit dirusak.

Anda akan diberikan 3 kunci dalam paket  penjualan yang salah satunya memiliki lampu led untuk memudahkan Anda membuka atau menutup kunci dalam keadaan gelap. Selain motor off-road, produk ini bisa dipakai untuk mengamankan motor atau sepeda Anda. Jika Anda senang melakukan kegiatan off-road menggunakan motor ATV maka jangan lupakan kunci pengaman yang satu ini.

1. Xena Gembok Alarm XZZ6L

1. Xena Gembok Alarm XZZ6L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Gembok cakram dengan alarm yang anti cairan korosif

Produk ini adalah kunci pengaman motor tipe cakram yang terbuat dari bahan stainless steel 304. Beberapa pencuri menggunakan cairan korosif seperti merkuri untuk merusak gembok alarm. Bahan dari gembok ini tahan terhadap cairan korosif seperti merkuri. Kunci gembok memiliki keunikan tersendiri yang hanya bisa dibuat oleh pabrik sehingga motor sulit dicuri dengan kunci duplikat.

Produk ini dilengkapi dengan alarm yang dilengkapi dengan 2 jenis sensor yaitu sensor gerak dan sensor inframerah. Jika ada maling yang tertangkap melalui sensor ini, alarm akan mengeluarkan suara nyaring. Produk ini cocok bagi Anda yang memiliki motor dengan rem cakram dengan bobot motor yang berat. Gunakan produk ini agar hati tenang dan motor aman!

Kesimpulan

Apa Anda sudah menemukan kunci pengaman yang tepat untuk motor Anda? Banyaknya pencurian motor menandakan bahwa pemilihan kunci pengaman motor yang tepat bukanlah hal sepele. Anda harus mengambil keputusan yang tepat jika tidak mau motor Anda dicuri.

Untuk menemukan kunci yang tepat silakan ambil keputusan sekarang juga berdasarkan ulasan kami di atas!