10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Selain digunakan untuk meletakkan TV di rumah, meja TV juga dapat digunakan sebagai hiasan ruangan. Namun, agar ruangan terlihat lebih tertata dan menarik, pemilihan meja TV tidak boleh sembarangan. Meja TV ada yang terbuat dari kaca atau kayu, ukurannya minimalis atau besar, maupun desainnya simpel hingga artistik.

Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan berbagi tips tentang poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih meja TV. Kami juga sudah menyiapkan sepuluh rekomendasi meja TV terbaik dari berbagai merek, seperti IKEA, Funika, dan Olympic. Simak ulasan berikut ini dan segera dapatkan meja TV impian Anda!

Daftar isi

Cara memilih meja TV

Dalam memilih meja TV, Anda tidak cukup melihat dari sisi fungsionalnya. Namun, Anda juga harus melihat sisi artistiknya karena meja TV cukup mencolok di dalam ruangan. Secara garis besar, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan, yakni ukuran, model, dan bahan meja TV tersebut. Simak ulasan berikut ini!

Sesuaikan ukuran meja dengan TV yang Anda miliki

Sesuaikan ukuran meja dengan TV yang Anda miliki

Saat Anda ingin membeli meja TV, poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran TV yang Anda miliki. Pastikan ukuran meja TV Anda lebih besar dari TV yang Anda punya.

Selain ukuran panjangnya, perhatikan juga lebar meja TV yang ingin Anda miliki. Meski telah banyak pengguna TV dengan layar datar atau flat, tetapi ada beberapa yang masih menyimpan dan menggunakan TV tabung. Bagi Anda yang mempunyai TV tabung, pilihlah meja yang lebarnya melebihi TV tabung Anda.

Meja TV yang lebar dapat dimanfaatkan untuk meletakkan peralatan rumah tangga lain seperti home theater, pewangi ruangan, dan bingkai foto. Selain itu, pastikan juga meja TV kuat untuk menyangga seluruh barang Anda, ya!

Sesuaikan meja TV dengan ukuran ruangan

Sesuaikan meja TV dengan ukuran ruangan

Ukuran meja TV dan ruangan menjadi kesatuan yang harus diperhatikan saat Anda ingin membeli meja TV. Jangan sampai meja TV yang Anda beli justru mempersempit ruangan atau sebaliknya membuat ruangan tampak kosong. Sebelum membeli, sebaiknya Anda memperkirakan ukuran ruangan tempat Anda akan meletakkan meja TV tersebut.

Bila Anda memiliki ruangan yang luas, ukuran meja TV tidak menjadi persoalan yang berat. Anda pun dapat menempatkan TV beserta aksesori lainnya tanpa perlu khawatir menghabiskan ruang. Namun, bagi Anda yang memiliki ruang minimalis, Anda harus lebih selektif saat memilih meja TV. Untuk itu, pastikan Anda telah mengukurnya dengan cermat!

Sesuaikan dengan model yang Anda inginkan

Setelah Anda mengetahui ukuran dan luas ruangan, pertimbangkan juga model meja TV yang Anda inginkan. Berikut akan kami jelaskan model meja TV yang dapat Anda padukan dengan tema ruangan rumah Anda.

Meja TV dengan laci dan rak, bisa digunakan untuk menyimpan koleksi barang

Meja TV dengan laci dan rak, bisa digunakan untuk menyimpan koleksi barang

Meja TV ada yang memiliki desain dengan ruang penyimpanan terbuka dan ada yang tertutup. Meja TV yang terbuka artinya rak tidak dilengkapi pintu penutup. Sementara, meja TV tertutup artinya laci dan rak dilengkapi dengan pintu penutup. Jika Anda kerap menggunakan TV untuk kegiatan karaoke, menonton film, dan bermain games, sebaiknya pilih meja TV tipe tertutup. Anda bisa menyimpan perlengkapan tersebut ke rak meja yang tertutup.

Dengan bentuknya yang serbaguna, meja TV dengan laci dan rak dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan koleksi barang di rumah. Anda dapat meletakkan aksesori atau pajangan agar lebih nyaman dilihat, misalnya foto, vas bunga, atau pernak-pernik hiasan lainnya.

Meja TV minimalis membuat ruangan terasa lebih lega

Meja TV minimalis membuat ruangan terasa lebih lega

Meja TV minimalis memang menjadi dekorasi rumah yang banyak digemari orang. Selain tidak menggunakan ruang yang banyak, meja minimalis mudah untuk dipindahkan. Jika rumah Anda tergolong sebagai rumah minimalis atau tidak terlalu luas, Anda dapat menggunakan meja TV berukuran minimalis. Meja TV model ini biasanya memiliki desain yang sederhana, tetapi terlihat modern dan unik.

Pertimbangkan kualitas bahan meja TV

Saat Anda ingin membeli meja TV, hal yang akan menjadi pertimbangan berikutnya adalah masa pemakaian. Meja TV yang memiliki umur panjang ditentukan oleh kualitas bahan dasarnya. Semakin bagus kualitasnya, tentu semakin panjang usia pemakaiannya. Meskipun tentu saja harus dibarengi dengan perawatan yang rutin.

Meja TV berbahan kayu, ringan dan memberikan kesan klasik

Meja TV berbahan kayu, ringan dan memberikan kesan klasik

Umumnya, pembuatan meja TV menggunakan kualitas kayu yang berbeda-beda. Terdapat beberapa kelas yang membedakan kualitas kayu, di antaranya kayu keras dan lunak. Untuk jenis kayu keras biasanya memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding kayu lunak. Contoh kayu keras yang digunakan untuk produksi mebel adalah kayu mahoni, jati, dan ash. Sementara untuk kayu lunak adalah kayu pinus, randu, dan pule.

Selain kayu keras dan lunak, terdapat juga kayu lapis atau sering disebut tripleks. Kayu lapis memiliki sifat yang ringan, mudah dibentuk, dan murah. Namun, kayu ini tidak sekuat kayu utuh karena terbuat dari produk campuran partikel-partikel kayu. Salah satu contoh jenis kayu lapis yang sering digunakan untuk pembuatan meja TV adalah jenis fibreboard.

Meski kepadatannya berbeda, ketiga jenis meja TV kayu ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Agar tidak cepat keropos, menjamur, dan diserang rayap, Anda harus menjauhkan meja TV kayu dari tempat yang lembap.

Meja TV berbahan kombinasi kaca dan kayu, lebih berat dan elegan

Meja TV berbahan kombinasi kaca dan kayu, lebih berat dan elegan

Meja TV jenis kedua yaitu tipe kombinasi, yakni menggabungkan bahan kaca dan kayu ke dalam satu meja. Meja TV jenis ini memiliki kelebihan di bagian penampilan karena terlihat lebih elegan.

Selain itu, meja TV dengan dominasi bahan kaca dapat mempercantik interior ruangan pada rumah Anda. Namun, Anda harus berhati-hati saat ingin menggunakan meja TV ini karena mudah pecah jika terbentur benda keras. Untuk itu, jauhkan meja kaca dari perabotan rumah tangga yang keras.

10 Rekomendasi meja TV terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih meja TV terbaik, selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi meja TV terbaik untuk Anda. Jangan lupa untuk membaca kembali tips cara memilih meja TV terbaik yang sudah kami tuliskan di atas. Simak ulasan produk di bawah ini, ya!

10. Ikea Lisabo

10. Ikea Lisabo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.999.000

Tidak hanya mudah dilepas pasang, sentuhan warna alaminya memikat mata

Ingin memiliki meja TV yang berkualitas dan tidak menghabiskan space di rumah Anda? Meja TV ini dapat menjadi pilihan. Salah satu kelebihan dari meja TV ini adalah mudah dibongkar pasang sehingga memudahkan Anda saat ingin membersihkannya.

Warnanya juga terbilang cantik dengan sentuhan warna kayu alami yang melekat di dalamnya. Bahan yang digunakan dalam membuat meja ini adalah kayu ash yang memiliki warna putih dan sedikit cokelat muda. Warna permukaan meja ini diperkuat dengan lapisan lacquer yang berfungsi menjaga tekstur dan serat pada kayu.

Bahan Fibreboard dengan kaki berbahan kayu ashbirch solid
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 114 cm x 40 cm x 45 cm
Pilihan warna Cokelat muda
Bobot 11,38 kg

9. Fabelio Lenox Poly Stand

9. Fabelio Lenox Poly Stand

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.199.000

Hadirkan kesan minimalis dan indah pada ruangan

Berbentuk memanjang tanpa banyak sentuhan warna dan lekukan, meja ini menghadirkan kesan minimalis dan nyaman dilihat. Dilengkapi dengan dua rak tertutup, Anda dapat menyimpan banyak aksesori sehingga membuat rumah Anda menjadi lebih rapi. Untuk Anda yang suka interior simpel, tetapi cantik untuk dilihat, Anda bisa memilih produk ini.

Sentuhan warna cokelat muda pada meja TV ini juga sangat blend-in dengan tanaman hias. Supaya ruangan Anda tampak lebih segar dan indah, tempatkan juga beberapa vas bunga di atas meja TV Anda. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih bersih, rapi, dan indah.

Bahan Honeycomb board dengan finishing PVC lamination
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 143 cm x 39 cm x 44 cm
Pilihan warna Cokelat muda
Bobot 3 kg

8. Romaro RTV 0805 Meja TV

8. ROMARO RTV 0805 Meja TV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Terdapat jalur keluar kabel yang membuat game controller dan aksesori TV tertata rapi

Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi kepingan DVD games dan bingung untuk ditempatkan di mana, meja TV ini bisa menjadi pilihan. Meja TV kombinasi papan dan kaca ini dilengkapi dengan tiga rak penyimpanan yang berukuran lega. Anda pun dapat dengan bebas menyimpan aksesori TV seperti DVD, tape recorder, hingga play station di dalamnya.

Menariknya lagi, terdapat lubang kabel pada bagian belakangnya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah merapikan jalur kabel peralatan elektronik sehingga semakin nyaman untuk dilihat. Jika Anda berniat mencari meja TV terbaik untuk bermain games, produk ini adalah pilihan yang tepat.

Bahan Particle board
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 139 cm x 46 cm x 60 cm
Pilihan warna Hitam, abu-abu, dan cokelat
Bobot Tidak ada keterangan

7. Fabelio Melia Rattan Credenza

7. Fabelio Melia Rattan Credenza

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.799.900

Menunjukkan kesan klasik dengan rajutan kayu rotan alami

Meja TV yang satu ini memiliki kesan tradisional dengan balutan kayu rotan. Warnanya pun terbilang cantik dengan sentuhan alami yang melekat di dalamnya. Pemilik rumah klasik bergaya limasan, joglo, maupun rumah adat lainnya sangat direkomendasikan untuk menggunakan meja TV ini.

Menariknya lagi, meja TV ini dilengkapi empat pintu rak penyimpanan yang dapat menyimpan berbagai alat rumah tangga besar seperti amplifier dan sound system. Ukuran meja TV ini pun tergolong panjang dan dapat menopang TV LED berukuran 40 inci.

Bahan Kayu solid sungkai dan rotan alami
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 114 cm x 40 cm x 60 cm
Pilihan warna Cokelat muda
Bobot Tidak ada keterangan

6. Funika CLTV 1000c

6. Funika CLTV 1000c

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 708.000

Meja TV untuk seperangkat home theater dengan 5 roda

Kelebihan meja TV ini adalah adanya roda yang sudah terpasang di bagian bawahnya. Setiap kali Anda ingin membersihkan lantai maupun memindahkan meja TV, Anda dapat lebih mudah dan cepat dengan mendorongnya.

Meja TV ini juga dilengkapi dengan tujuh rak terbuka. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan perangkat home theater seperti DVD player, speaker, dan aksesori lainnya. Bagi Anda yang ingin lebih santai dengan menikmati sinema hiburan di kamar tidur, meja TV ini adalah pilihan yang tepat.

Bahan Particle board
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 100 cm x 39 cm x 50,5 cm
Pilihan warna Hitam dan putih
Bobot 12,4 kg

5. Funika Mercy

5. Funika Mercy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 448.000

Minimalis dan hemat tempat!

Memiliki ruangan yang sempit bukan berarti tidak bisa memiliki meja TV. Selain dapat mengakalinya dengan meletakkan di bagian sudut, memilih meja TV Funika Mercy ini adalah pilihan yang tepat. Meja TV ini akan lebih serasi jika ditempatkan pada rumah minimalis dengan ukuran ruangan yang sempit.

Dengan ukuran meja yang hanya 120 cm saja, Anda bisa bebas menempatkan meja TV ini tanpa khawatir menghabiskan banyak ruang. Meja berbahan laminasi papan ini juga dilengkapi tiga rak kosong di bagian bawahnya. Anda bisa memanfaatkanya sebagai tempat penyimpanan buku maupun majalah selain meja untuk TV.

Bahan Papan
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 120 cm x 39,6 cm x 45,5 cm
Pilihan warna Cokelat muda dan cokelat tua
Bobot 9 kg

4. Livien Coco Heim Dresser

4. Livien Coco Heim Dresser

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.990.000

Mengusung tema vintage dengan konsep mewah dan elegan

Biarpun terkesan kuno, tema vintage malah semakin digemari banyak orang. Seperti halnya meja TV Livien ini, desain vintage-nya dipadukan dengan sentuhan modern dan mewah. Dilengkapi dengan rak kaca, Anda dapat memamerkan koleksi barang kuno seperti gelas, guci, dan perabotan rumah tangga lainnya.

Bagi Anda yang mencari meja TV dengan ruang penyimpanan yang banyak, meja TV Livien ini dapat menjadi pilihan. Untuk tampilannya sendiri, meja TV ini memiliki dua varian warna, yakni putih dan biru langit. Berkat sentuhan warna tersebut, meja TV ini tampak lebih elegan saat ditempatkan di ruang tamu rumah Anda.

Bahan Kayu mahoni, MDF, premium fibreboard
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 150 cm x 36 cm x 50 cm
Pilihan warna Putih dan biru langit
Bobot 5 kg

3. Ikea Hemnes

3. Ikea Hemnes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.848.900

Meja TV yang kokoh dengan sentuhan warna kayu alami

Ikea Hemnes merupakan produk meja TV dengan bahan dasar kayu pinus. Berkat bahan tersebut, meja TV ini memiliki kualitas yang kokoh dan mampu menahan berat barang-barang di atasnya. Pilihan variasi warnanya juga tidak menghilangkan tekstur asli kayu pinus yang digunakan.

Dari segi bentuk, meja ini berbentuk memanjang dilengkapi dengan tiga laci dan rak. Untuk rak terbuka, dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan koleksi buku dan majalah. Sementara untuk lacinya dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai barang. Ingin mempercantik dekorasi ruang keluarga? Meja TV ini adalah pilihan yang tepat.

Bahan Kayu pinus solid dan fibreboard
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 148 cm x 47 cm x 57 cm
Pilihan warna Putih-cokelat, putih, hitam, dan cokelat
Bobot 9,96 kg

2. Olympic AVR Viano

2. Olympic AVR Viano

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.225.000

Mebel lokal dengan desain yang tampak mewah

Olympic merupakan produk mebel lokal yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Dengan warna cokelat kayu yang natural berpadu dengan lis putih, meja TV ini tampak memberi kesan yang mewah. Bentuknya yang memanjang juga serasi untuk TV berukuran besar.

Bagi Anda yang ingin memperindah ruang tamu maupun ruang keluarga, meja TV ini adalah pilihan yang tepat. Dilengkapi dengan rak pintu kaca di bawah TV, Anda dapat menggunakannya sebagai ruang penyimpanan peralatan elektronik semacam DVD player.

Bahan Particle board dengan pintu kaca
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 140 cm x 43,5 cm x 69,3 cm
Pilihan warna Cokelat
Bobot 52 kg

1. Fabelio Oolong Credenza (Tall)

1. Fabelio Oolong Credenza (Tall)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 5.999.000

Perpaduan kayu jati dengan rangka besi, jaminan kuat tahan lama!

Siapapun pasti menginginkan meja TV yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Produk ini adalah salah satu meja TV yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Terbuat dari bahan kayu jati asli yang dipadukan dengan rangka besi, meja ini sangat kokoh.

Sentuhan warna cokelat pada meja ini juga memberikan kesan yang mewah dan natural. Dalam proses finishing open pore, pori-pori kayu jati produk ini dibiarkan terbuka. Saat Anda meraba meja TV ini, tekstur kayunya masih dapat terasa sehingga memberikan kesan alami. Untuk Anda yang mengutamakan kualitas dan ketahanan meja TV, produk ini pilihannya.

Bahan Kayu jati dan besi
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 150 cm x 50 cm x 65 cm
Pilihan warna Cokelat
Bobot Tidak ada keterangan

Baca juga rekomendasi meja untuk ruangan di sini

Dalam memilih meja yang diperuntukkan bagi rumah Anda, sangat disarankan untuk tidak hanya terpaku pada meja TV saja. Untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga Anda, kami telah menyiapkan beberapa produk meja yang dapat Anda gunakan. Silakan cek artikel di bawah ini dan pilihlah beberapa produk yang menurut Anda dapat ditempatkan di ruangan rumah Anda.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Selain tidak melubangi tembok rumah, menggunakan meja TV adalah salah satu cara untuk mempercantik dekorasi rumah. Sebisa mungkin perhatikan desain interior rumah Anda saat memilih meja TV.

Untuk mendapatkan meja TV yang berkualitas, Anda harus memilih produk dengan material yang kuat, dan sesuai dengan ukuran ruangan maupun TV yang dimiliki. Jadi, jangan asal pilih produk meja TV, ya!