• 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli meja TV. Meja TV yang bagus haruslah sesuai dengan ukuran TV. Di pasaran terdapat meja dengan panjang 1 meter, meja untuk TV 40 inci, 43 inci, hingga 65 inci. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis TV Anda, baik TV tabung maupun TV LED.

Desain meja TV pun bervariasi, ada yang simpel, minimalis, dan modern. Material kayu atau kaca juga perlu dipertimbangkan. Karena itu, kami akan berbagi tips memilih serta mengulas merek meja TV terbaik, seperti IKEA, Olympic, dan LIVIEN Furniture. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih meja TV

Ada banyak jenis dan bentuk meja TV yang bisa Anda temukan di pasaran. Pilihlah meja TV yang fungsional dan cocok dengan interior ruangan. Agar Anda tidak kebingungan, bacalah pembahasan kami di bawah ini.

Perhatikan ukuran panjang dan lebar meja TV agar sesuai dengan kebutuhan

Perhatikan ukuran panjang dan lebar meja TV agar sesuai dengan kebutuhan

Saat memilih meja TV, Anda perlu memperhatikan ukuran panjang dan lebarnya. Jika meja terlalu kecil, dikhawatirkan meja tidak cukup kuat untuk menopang TV. Penampakan meja dan TV pun terasa janggal. Di sisi lain, ukuran meja yang terlalu besar akan membuat ruangan Anda makin sempit. 


Kami menyarankan Anda memilih meja yang masih mempunyai space di kiri dan kanannya. Dengan begitu, baik TV maupun mejanya terlihat lebih seimbang. Jika diperlukan, Anda dapat meletakkan speaker di area yang kosong dari meja tersebut.

Pastikan ketinggian meja TV sesuai dengan jarak pandang Anda

Pastikan ketinggian meja TV sesuai dengan jarak pandang Anda

Anda juga perlu memastikan jarak pandang TV nyaman untuk Anda. Jadi, mata Anda tidak cepat lelah saat menonton TV. Tinggi meja TV menjadi hal yang perlu diperhatikan agar Anda memiliki jarak pandang yang sesuai. 


Tidak ada perhitungan khusus untuk mengatur ketinggian meja TV. Meskipun demikian, tinggi layar TV idealnya sejajar dengan kondisi mata Anda ketika menonton TV. Menonton TV sambil mendongak akan menyebabkan leher menjadi pegal dan otot mata cepat lelah.


Perhitungkanlah apakah Anda menggunakan sofa atau tidak. Hal ini akan memengaruhi ketinggian posisi mata Anda saat melihat TV. Jika tidak menggunakan sofa, sebaiknya pilihlah meja yang lebih pendek. Sebaliknya, untuk ruangan yang memiliki tempat duduk atau sofa, sebaiknya gunakan meja yang lebih tinggi.

Ketahui jenis meja TV yang Anda perlukan

Berdasarkan bentuknya, ada dua jenis meja TV, yaitu meja dengan rak dan tanpa rak. Tiap-tiap jenis meja ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Meja tanpa rak, ruangan akan terasa lebih lega

 Meja tanpa rak, ruangan akan terasa lebih lega

Apakah Anda menggemari desain minimalis? Meja TV tanpa rak bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Karena tidak memiliki rak penyimpanan, ukuran meja TV ini lebih kecil dan tampak ringkas


Tidak hanya itu, meja TV tanpa rak menawarkan desain yang minimalis. Anda tidak perlu meletakkan banyak barang di meja tersebut. Meja TV ini pun terlihat modern dan elegan. Tidak sedikit orang yang menyukai meja TV dengan desain minimalis seperti ini.

Meja dengan rak, bisa digunakan menyimpan koleksi barang

Meja dengan rak, bisa digunakan menyimpan koleksi barang

Ada tiga jenis meja TV yang menggunakan rak, yakni rak terbuka, tertutup, dan kombinasi dari keduanya. Mari simak karakteristik dari ketiganya.


  • Meja TV dengan rak terbuka

Meja ini disarankan untuk Anda yang sering menggunakan TV untuk karaoke atau bermain game. Karena raknya terbuka, Anda dapat mengambil berbagai perlengkapan tersebut dengan mudah. Anda juga dapat meletakkan aksesori, seperti foto, vas bunga, atau hiasan lainnya di rak yang terbuka. 


  • Meja TV dengan rak tertutup

Meja ini cocok untuk Anda yang jarang menggunakan perangkat tambahan. Anda juga bisa menjadikan raknya sebagai tempat penyimpanan buku atau majalah.


  • Meja TV dengan rak terbuka dan tertutup

Meja ini lebih fleksibel. Anda dapat meletakkan pajangan dan barang-barang yang sering digunakan di rak terbuka. Sementara itu, rak penutupnya digunakan untuk menyimpan barang lainnya.

Periksa juga material pembuat meja TV

Selanjutnya, kami akan memaparkan material yang biasa digunakan untuk membuat meja TV. Disimak, ya.

Meja kayu: Memberikan nuansa hangat yang natural

Meja kayu: Memberikan nuansa hangat yang natural

Ada dua jenis kayu solid yang dibedakan berdasarkan kualitas kayunya, yakni kayu keras dan kayu lunak. Kayu keras mempunyai kepadatan yang lebih tinggi daripada kayu lunak. Jenis kayu yang masuk dalam kayu keras antara lain kayu mahoni, jati, dan ash. Sementara itu, kayu pinus, randu, dan pule termasuk sebagai kayu lunak.


Selain itu, beberapa meja TV juga menggunakan kayu olahan, seperti fiberboardparticle board, dan high pressure laminate. Berikut penjelasan singkat mengenai tiga jenis kayu olahan tersebut:

  • Fiberboard: Kayu ini memiliki kepadatan sedang sehingga tidak mudah bengkok. Permukaan meja yang terbuat dari fiberboard juga lebih halus.
  • Particle board: Kayu ini sudah biasa dijadikan material pembuat meja dan furniture lainnya. Keunggulan particle board adalah kayunya ringan, ramah lingkungan, dan mudah dibersihkan. Meja TV yang terbuat dari particle board juga memiliki harga terjangkau.
  • High pressure laminate: Kayu laminasi dengan tekanan tinggi atau HPL (high pressure laminate) mempunyai corak dan warna yang beragam. Beberapa kelebihan HPL di antaranya antigores, antiair, serta tahan terhadap panas dan zat kimia. Namun, HPL memiliki kekurangan, yaitu kurang fleksibel dan lemnya mudah lepas sehingga lapisannya sering terkelupas. 

Meja kaca: Tampil elegan dan mudah dibersihkan

Meja kaca: Tampil elegan dan mudah dibersihkan

Jika Anda tipe orang yang praktis dan simpel, meja yang terbuat dari kaca merupakan pilihan tepat. Karena terbuat dari kaca, meja TV ini mudah dibersihkan. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lap basah. 


Perlu diingat, Anda harus membersihkannya secara berkala agar tidak ada jamur yang menempel di kaca meja. Anda pun perlu berhati-hati karena meja kaca tidak sekuat kayu dan lebih berisiko mudah pecah.


Ada juga meja TV yang terbuat dari kombinasi kayu dan kaca. Jenis meja ini biasanya memiliki tampilan yang modern dan stylish. Salah satu keunggulan meja kombinasi adalah desainnya tampak berkelas sehingga dapat mempercantik interior ruangan bergaya modern. Karena terbuat dari kayu dan besi, Anda perlu memakai lap kering untuk bagian kayu dan lap basah untuk bagian kacanya.

Meja logam: Lebih awet dan anti-mainstream

Meja logam: Lebih awet dan anti-mainstream

Bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan berbeda pada ruangan, cobalah gunakan meja logam. Banyak yang menganggap meja logam terkesan kaku dan kurang alami. Padahal, meja logam bisa membuat ruangan lebih dekoratif dengan proporsi yang tepat. Untuk mempercantik ruang keluarga, meja TV berbahan logam bisa dipadukan dengan warna-warna netral agar terkesan elegan.


Meja logam memiliki banyak kelebihan, di antaranya tidak mudah kotor dan punya daya tahan yang baik. Untuk merawatnya pun Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus. Cukup gunakan kain lembap dan detergen saat membersihkannya agar meja tetap mengilap.

Pilihlah desain dan warna meja TV yang pas

Pilihlah desain dan warna meja TV yang pas

Ketika memilih meja, sebaiknya Anda menyesuaikan model dan desain meja dengan interior rumah. Perpaduan antara desain meja dengan interior rumah akan membuat suasana menonton menjadi lebih nyaman. Jadi, berkumpul bersama keluarga dan kerabat pun terasa makin hangat.


Jika Anda mengusung konsep rumah minimalis dan modern, Anda bisa memilih meja yang minimalis. Meja TV minimalis memiliki desain simpel, tetapi tetap terlihat elegan. Untuk ruangan dengan interior klasik atau vintage, Anda bisa memilih meja TV dari kayu yang berukir. Jenis ruangan vintage juga cocok menggunakan meja yang terbuat dari kayu jati dengan corak unik.


Selain itu, meja TV yang Anda beli sebaiknya senada dengan warna interior ruangan rumah. Sebagai contoh, ruangan bergaya minimalis cocok dengan meja TV berwarna natural atau warna yang lembut. Jika Anda tidak ingin memusingkan hal itu, Anda dapat memilih warna netral. Jenis warna netral, seperti hitam atau putih, akan membuat ruangan Anda menjadi lebih padu.

Pertimbangkan meja TV yang memiliki tempat kabel agar lebih rapi

Pertimbangkan meja TV yang memiliki tempat kabel agar lebih rapi

Meja TV dengan tempat kabel mempunyai kelebihan dari segi kerapian. Jika Anda menempatkan banyak alat elektronik di meja TV, keberadaan tempat kabel bisa menghindari meja terlihat berantakan. 


Tempat kabel pada meja TV biasanya berada di bagian yang tidak terlalu mencolok agar tak mengganggu pemandangan saat menonton. Selain itu, tempat kabel ini dapat berupa lubang ataupun lengkungan pada beberapa sisi meja TV. 


Anda tentunya perlu memperhatikan jumlah alat elektronik yang disimpan di atas meja TV agar tempat kabel tidak terlalu penuh. Pemakaian meja TV yang tepat guna akan membuat tampilan ruangan TV Anda lebih indah dan tak kehilangan nilai estetikanya.

10 Rekomendasi meja TV terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja TV terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Anya-Living Lucas TV Stand White-Beech memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, LIVIEN Furniture Coco Heim Dresser yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10
MaterialGrade A hardwood particle board
Jumlah laciTidak ada
WarnaBlack
Ukuran60 cm x 40 cm x 55 cm
Rak✔ (Terbuka)
9
MaterialKayu mahoni, MDF
Jumlah laci2
WarnaIvory kombinasi brown
Ukuran120 cm x 34 cm x 30 cm
Rak✔ (Tertutup)
8

Olympic Meja TV Series Audio Visual Rack / AVR NAVARO

Mulai dari Rp 1.882.000,00

MaterialParticle board
Jumlah laci6
WarnaKrem
Ukuran140 cm x 43,5 cm x 70 cm
Rak✔ (Tertutup)
7
MaterialPlywood, blockboard, HPL
Jumlah laci3
WarnaTidak disebutkan
Ukuran180 cm x 42 cm x 40 cm
Rak✔ (Tertutup)
6

LIVIEN FurnitureCoco Heim Dresser

Mulai dari Rp 4.085.000,00

MaterialMahoni, MDF
Jumlah laci7
WarnaPutih, biru langit
Ukuran150 cm x 36 cm x 50 cm
Rak✔ (Terbuka dan tertutup)
5

Anya LivingWenghe Rak/Meja TV

VR-7265

Mulai dari Rp 549.000,00

MaterialKombinasi kayu dan kaca
Jumlah laciTidak ada
WarnaHitam dan kayu walnut
Ukuran139 cm x 35 cm x 41,5 cm
Rak✔ (Terbuka)
4
MaterialBaja dilapisi serbuk epoksi/poliester
Jumlah laciTidak ada
WarnaPutih
Ukuran90 cm x 35 cm x 40 cm
Rak✔ (Terbuka)
3

LIVIEN FurnitureLuna TV Dresser

Mulai dari Rp 2.990.000,00

MaterialParticle board, MDF
Jumlah laci3
WarnaPutih-mapple
Ukuran180 cm × 38 cm × 40 cm
Rak✔ (Terbuka)
2
MaterialPlywood, PVC
Jumlah lacix
WarnaHitam, cokelat tua, cokelat muda, putih, biru, abu-abu, pink, merah
Ukuran100 cm x 15 cm x 3,5 cm
Rakx
1

Anya-LivingLucas TV Stand White-Beech

Mulai dari Rp 750.000,00

MaterialMDF, PB with paper lamination, cco-friendly PVC, E1
Jumlah laci3
WarnaPutih, coklat kayu muda
Ukuran120 cm x 39,6 cm x 37,9 cm
Rak✔ (Terbuka)

Tabel perbandingan produk meja TV terbaik

Gambar produk
1
Anya-Living Lucas TV Stand White-Beech 1

Anya-Living

3
LIVIEN Furniture Luna TV Dresser 1

LIVIEN Furniture

4
IKEA BAGGEBO 1

IKEA

5
Anya Living Wenghe Rak/Meja TV 1

Anya Living

6
LIVIEN Furniture Coco Heim Dresser 1

LIVIEN Furniture

7
Xionco GLIZA TV Cabinet 1

Xionco

8
Olympic  Meja TV Series Audio Visual Rack / AVR NAVARO 1

Olympic

9
iFurnholic Deacon Low TV Cabinet 120 1

iFurnholic

10
Unihome Rak TV AV 111 1

Unihome

Nama produk

Lucas TV Stand White-Beech

Luna TV Dresser

BAGGEBO

Wenghe Rak/Meja TV

Coco Heim Dresser

GLIZA TV Cabinet

Meja TV Series Audio Visual Rack / AVR NAVARO

Deacon Low TV Cabinet 120

Rak TV AV 111

Keunggulan

Produk yang ringkas dengan gaya modern

Sangat bergaya! Tampil beda saat siang dan malam

Harga ekonomis, kualitas keren abis!

Desain simpelnya bikin ruangan makin terasa lapang

Meja TV dengan banyak ruang penyimpanan

Mejanya bisa diatur panjang pendeknya sesuai kebutuhan

Series audio! Tawarkan menonton TV dengan sensasi lebih nyata

Meja TV kayu yang didesain khusus untuk Anda yang suka lesehan

Meja TV minimalis dengan desain kekinian

Harga mulai dariRp 750.000,00Rp 2.990.000,00Rp 299.000,00Rp 549.000,00Rp 4.085.000,00Rp 2.700.000,00Rp 1.882.000,00Rp 1.900.000,00Rp 248.000,00
MaterialMDF, PB with paper lamination, cco-friendly PVC, E1Particle board, MDFBaja dilapisi serbuk epoksi/poliesterKombinasi kayu dan kacaMahoni, MDFPlywood, blockboard, HPLParticle boardKayu mahoni, MDFGrade A hardwood particle board
Jumlah laci33Tidak adaTidak ada7362Tidak ada
WarnaPutih, coklat kayu mudaPutih-mapplePutihHitam dan kayu walnutPutih, biru langitTidak disebutkanKremIvory kombinasi brownBlack
Ukuran120 cm x 39,6 cm x 37,9 cm180 cm × 38 cm × 40 cm90 cm x 35 cm x 40 cm139 cm x 35 cm x 41,5 cm150 cm x 36 cm x 50 cm180 cm x 42 cm x 40 cm140 cm x 43,5 cm x 70 cm120 cm x 34 cm x 30 cm60 cm x 40 cm x 55 cm
Rak✔ (Terbuka)✔ (Terbuka)✔ (Terbuka)✔ (Terbuka)✔ (Terbuka dan tertutup)✔ (Tertutup)✔ (Tertutup)✔ (Tertutup)✔ (Terbuka)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis meja lainnya di sini

Tidak hanya meja TV, kami juga telah mengulas berbagai jenis meja lainnya, seperti meja konsol, meja belajar, dan lainnya. Jika Anda memerlukan ulasannya, Anda bisa membaca artikelnya di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan meja, Anda tidak perlu melubangi tembok rumah untuk meletakkan TV. Anda juga bisa mempercantik rumah Anda dengan memberikan hiasan pada meja TV. Karena itu, pilihlah meja yang fungsional dengan tampilan menarik.


Kami telah mengulas hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli meja TV. Apakah Anda menemukan meja yang cocok di antara produk rekomendasi kami? Semoga Anda menemukan meja yang sesuai dengan keinginan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Taplak Meja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Taplak meja adalah salah satu item penting di ruangan yang memiliki meja. Fungsi dari taplak meja adalah melindungi meja dari goresan, debu, dan kotoran. Pemilihan taplak meja yang tepat dapat mempercantik interior dan membuat suasana ruangan Anda jadi lebih istimewa.Kali ini kami akan mengulas cara memilih taplak meja yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Setelahnya, ada sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti IKEA, Informa, dan Brewsuniq. Anda dapat memilih yang simpel, yang awet digunakan, atau yang memiliki lapisan antiair. Selamat membaca!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperindah ruangan dan membuat tamu yang datang lebih nyaman, Anda bisa meletakkan lampu di ruang tamu. Ada berbagai jenis dan gaya lampu ruang tamu yang harus Anda ketahui. Misalnya saja, lampu plafon dengan desain minimalis atau lampu gantung bergaya klasik. Bingung memilih lampu ruang tamu yang cocok untuk rumah Anda? Tenang, kami akan memperkenalkan cara memilih lampu ruang tamu yang bagus beserta produk rekomendasi terbaiknya. Ada merek IKEA, Philips, dan MT. EDMA, lho! Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Jadikan artikel ini sebagai referensi, ya!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seperti namanya, sofa bed merupakan sofa yang dapat digunakan sebagai tempat tidur. Untuk Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, sofa bed  yang dapat dilipat akan sangat berguna. Anda dapat menghemat ruangan dan menaruh barang lainnya.Kami akan memberikan tips cara memilih sofa bed yang berguna dan terbaik untuk Anda. Selain itu, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan sofa bed model terbaru dari berbagai merek seperti IKEA dan Informa. Semoga Anda mendapatkan sofa bed yang bagus dengan harga yang cocok.
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Bean Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bean Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bean bag adalah sofa yang mampu membuat orang-orang bersantai dengan leluasa. Saat Anda mendudukinya, butiran-butiran isinya akan menyebar menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Kenyamanan yang ditawarkan membuat bean bag menjadi item yang cukup populer. Namun, ada berbagai bean bag di pasaran dengan ukuran, bentuk, dan jumlah isi yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan memberikan berbagai tips memilih bean bag terbaik. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai merek seperti IKEA, Informa, dan Isiruma. Simak baik-baik artikel ini dan temukan bean bag yang bagus untuk Anda.
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Sofa Kulit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sofa Kulit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sofa berbahan kulit akan membuat ruangan Anda tampak makin menawan. Ada beragam sofa kulit yang tersedia di pasaran, mulai dari kapasitas satu orang hingga enam orang. Model dan warnanya pun bermacam-macam sehingga Anda mungkin sedikit kesulitan saat hendak memilih.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Informa atau Atria. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah menemukan sofa kulit yang bagus dan paling sesuai untuk ruangan. Simak informasinya dan nikmati waktu santai Anda bersama dengan sofa kulit favorit!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Meja IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sedang mencari meja minimalis dengan kualitas yang bagus, IKEA bisa menjadi pilihan tepat. Sebagai furniture retail company, IKEA menyediakan berbagai jenis meja, seperti meja kantor, meja makan, dan meja tamu. Ukuran dan model meja IKEA juga bervariasi, ada meja bulat, meja lipat, hingga meja dengan laci.Kali ini kami akan mengulas hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih meja IKEA. Ada juga berbagai rekomendasi meja IKEA yang kami berikan, seperti ADILS / LINNMON, GLADOM, dan BAGGEBO. Silakan baca dan pahami setiap poinnya agar Anda menemukan meja IKEA yang tepat.
    Ruang tamu & keluarga
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori