10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Di masa kini, udara di sekeliling lingkungan kita sudah banyak terkena polusi. Namun, kita bisa mengembalikan kesegaran udara di sekitar kita, bahkan dengan menambahkan wewangian yang kita sukai. Hal ini dikenal sebagai aromaterapi, dengan menggunakan alat aroma diffuser.

Aroma diffuser dapat menyebarkan aroma tertentu, yang membuat udara sekitar kita menjadi lebih baik, dengan metode difusi. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih aroma diffuser berdasarkan metode difusi, fungsi dan lainnya. Ayo disimak!

Daftar isi

Cara memilih aroma diffuser

Ruangan di rumah atau tempat kerja Anda berbau apek? Membuat sesak atau terasa berat? Mungkin Anda memerlukan sebuah aroma diffuser untuk membantu menyegarkan kembali udara. Alat ini dapat membantu Anda merasa segar dan siap melakukan kegiatan kembali dengan semangat baru.

Sekarang, mari kita bahas bagaimana cara memilih aroma diffuser dan Anda bisa memutuskan diffuser seperti apa yang sesuai dengan Anda.

Metode penyebaran aroma

Ada bermacam-macam aroma diffuser dengan metode penyebaran aroma yang berbeda-beda. Mulai dari metode pemanasan dengan api kecil atau listrik, hingga metode terbaru, yaitu metode gelombang ultrasonik. Silahkan pilih metode aroma diffuser yang sesuai dengan preferensi Anda.

Pemanasan dengan api kecil/ listrik

Pemanasandengan api kecil/listrik

Aroma diffuser dengan metode ini bekerja dengan menghangatkan minyak aromaterapi dengan pemanasan api kecil atau listrik. Jenis ini biasanya disebut lampu aromaterapi atau tungku aromaterapi. Alat ini cocok untuk digunakan di malam hari, karena selain menyebarkan aroma, juga menghasilkan cahaya yang menenangkan.

Aroma diffuser dengan metode ini cocok digunakan di ruangan kecil karena aroma yang disebarkannya tidak terlalu kuat. Kelebihan alat ini adalah mudah untuk digunakan, sementara kelemahannya adalah perlu ekstra hati-hati saat penggunaannya, terutama jika pemanasan dilakukan dengan api.

Gelombang ultrasonik

Gelombang ultrasonik

Alat ini menyebarkan uap wangi yang dihasilkan dari minyak aromaterapi yang diteteskan pada air dan digetarkan dengan gelombang ultrasonik. Getaran itu menyebabkan pecahnya molekul aroma menjadi mikro molekul, dan disebarkan di udara sebagai ion negatif pada air. Hasilnya adalah kabut uap dingin yang wangi dan lembut. Aroma diffuser tipe ini menggunakan air, maka dibutuhkan perawatan ekstra untuk menghindari tumbuhnya jamur pada alat.

Selain berfungsi untuk menyebarkan aroma, aroma diffuser tipe ini juga bisa menjadi humidifier atau penjaga kelembapan udara pada ruangan. Apabila alat ini memiliki fungsi humidifier dan fungsi tersebut lebih besar, kemungkinan aroma yang disebarkan akan lemah, dan alat ini juga tidak bisa digunakan pada musim panas. Namun, tidak semua alat dengan metode gelombang ultrasonik memiliki fungsi humidifier.

Tanpa panas dan air

Tanpa panas atau air

Aroma diffuser tipe ini menggunakan metode difusi partikel halus lainnya (seperti nebulizer, vaporizer). Alat dengan metode ini biasanya tidak menggunakan air maupun panas, hanya menyebarkan wangi dari minyak aromaterapi saja. Aroma diffuser tipe ini ada yang menggunakan mesin dan ada yang tidak. Tergantung dari minyak aromaterapi, aroma yang dihasilkan biasanya kuat dan menyebar luas.

Kelemahan dari aroma diffuser yang bermesin adalah penggunaan mesin yang cukup berisik, sehingga tidak cocok untuk digunakan di kamar tidur dan penggunaan minyak aromaterapi yang boros. Sementara itu, pada aroma diffuser yang tidak menggunakan mesin, aroma yang dihasilkan tidak terlalu kuat.

Perawatan yang diperlukan

Perawatan yang diperlukan

Aroma diffuser yang paling membutuhkan perawatan ekstra adalah tipe dengan gelombang ultrasonik. Ada kemungkinan jamur dapat tumbuh pada alat. Tentunya hal ini tidak Anda inginkan, bukan? Saat melakukan perawatan dan saat membersihkan alat, Anda tak boleh lupa untuk berhati-hati. Perawatan yang kurang tepat akan mempengaruhi penyebaran aroma. Aroma diffuser tipe gelombang ultrasonik sebaiknya dibersihkan sebulan sekali. Jika Anda bukan tipe orang yang telaten, kami sarankan pemakaian aroma diffuser tipe lain yang tidak menggunakan air.

Meskipun tipe lain tidak membutuhkan perawatan ekstra, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu manual dan  keterangan tentang cara perawatannya. Jika Anda merasa terganggu dengan sisa-sisa minyak pada aroma diffuser, Anda bisa menggunakan kapas dan pembersih (etanol disinfektan) yang dijual di apotek. Ingat, aroma diffuser tidak bisa dibersihkan dengan deterjen!

Fungsi-fungsi lainnya

Aroma diffuser masa kini biasanya memiliki fungsi-fungsi lain yang menarik, tidak hanya menyebarkan aroma saja. Yuk, pilih yang sesuai dengan keinginan Anda!

Pengatur waktu

Pengatur waktu

Aroma diffuser dengan pengatur waktu atau timer akan memudahkan Anda yang suka menggunakan alat ini sebelum tidur atau dalam waktu lama. Pengaturan waktu memungkinkan aroma diffuser untuk menyala pada jam yang sudah ditentukan, selama waktu yang ditentukan secara berulang atau terus-menerus.

Carilah aroma diffuser dengan fitur pengatur waktu yang juga hemat listrik. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga aroma udara ruangan Anda, menghemat listrik, dan juga sekaligus menghemat minyak aromaterapi.

Musik yang menenangkan

Musik yang menenangkan

Meskipun bukan fitur yang sangat penting, fitur musik merupakan tambahan yang menyenangkan bagi pengalaman relaksasi Anda. Aroma diffuser ini memiliki fitur pengeras suara yang biasanya bisa disambungkan dengan smartphone Anda melalui koneksi Bluetooth.

Biasanya tipe ini disertai dengan musik-musik relaksasi pilihan, namun jika Anda memiliki pilihan musik sendiri maka alat ini bisa melakukannya juga. Bayangkan betapa menyenangkannya pengalaman relaksasi Anda, dengan aroma kesukaan dan musik pilihan Anda!

Desain yang menarik

Desain yang menarik

Desain aroma diffuser sangat beragam dan menarik. Anda dapat memilihnya sesuai dengan preferensi selera Anda. Ada yang gaya, berkesan natural, minimalis, bahkan disertai lampu-lampu LED yang memancarkan warna-warna hangat yang menenangkan.

Silahkan pilih aroma diffuser yang sesuai dengan selera dan enak untuk dipandang di mana saja di ruangan Anda.

10 Rekomendasi aroma diffuser terbaik

Berikut kami berikan 10 rekomendasi aroma diffuser terbaik. Selamat menyimak dan pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda!

10. Nature Talk Reeds Aroma Diffuser

10. Nature Talk Reeds Aroma Diffuser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 70.300

Tidak pakai ribet, langsung taruh dan nikmati aromanya!

Aroma diffuser dari Nature Talk in menyebarkan wewangian dengan alami, tidak menggunakan panas maupun air. Minyak aromaterapi yang sudah terkandung dalam alat ini disebarkan melalui media diffuser ke udara secara perlahan. Penggunaannya pun mudah, Anda cukup menaruhnya di tempat yang Anda suka, bisa juga menjadi hiasan cantik di ruang tamu Anda.

Perlu diperhatikan, produk ini dibuat dengan wangi tertentu dalam setiap alatnya. Jika Anda menginginkan wangi yang berbeda, maka Anda harus membeli beberapa aroma diffuser ini. Kelemahan diffuser tipe ini adalah aroma yang disebarkan akan mudah hilang dan tertutupi aroma kuat lain di sekitar Anda.

9. Organiks Essential Oil Aroma Diffuser

9. Organiks Essential Oil Aroma Diffuser

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 330.000

Relaks dengan warna pelangi yang memperindah ruangan Anda

Produk ini tidak hanya berfungsi sebagai aroma diffuser, tetapi juga bisa digunakan sebagai pembersih udara (air purifier), penjaga kelembapan ruangan (humidifier), pengion (ionizer), dan lampu malam dengan berbagai warna. Menggunakan air sebagai media diffuser dan metode gelombang ultrasonik, alat ini memiliki kapasitas tanki air sebesar 100 mL, berbentuk stylish. Cocok untuk malam hari atau di ruang kerja, karena tidak berisik.

Aroma diffuser dari Organiks ini cukup mudah digunakan. Meskipun bukan tipe portabel dan harus dihubungkan dengan stopkontak listrik saat pengoperasiannya, dengan minyak aromaterapi tertentu bisa digunakan juga untuk meringankan gejala-gejala penyakit tenggorokan dan flu.

8. Originals Essential Oil Aroma Diffuser Humidifier

8. Originals Essential Oil Aroma Diffuser Humidifier

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 442.500

Uap dingin yang menenangkan

Aroma diffuser dari Originals menggunakan metode gelombang ultrasonik. Ketika tidak digunakan dengan minyak aromaterapi, dapat berfungsi sebagai penjaga kelembapan ruangan. Alat ini memiliki kapasitas tanki air cukup besar (500 mL), sehingga bisa digunakan di ruangan yang cukup besar. Dengan 7 warna yang menenangkan, Anda bisa memilih warna dan intensitas cahaya yang dikeluarkan saat menggunakannya sehingga membuat Anda nyaman.

Alat ini memiliki fitur Auto Shut-Off sehingga saat air di dalam alat habis, ia akan otomatis mati. Fitur ini tentu membantu Anda menggunakan aroma diffuser dengan efisien. Anda akan merasa tenang menggunakannya bahkan di malam hari saat Anda tidur.

7. Ripple Aroma Essential Oil Ultrasonic Air Humidifier USB

7. Ripple Aroma Essential Oil Ultrasonic Air Humidifier USB

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 205.000

Si mini yang menyebarkan wangi

Penyebar wewangian merek Ripple ini memiliki desain halus dan minimalis. Ukurannya mini, dengan tanki air 50 mL, bisa menyebarkan wewangian selama 3 jam. Produk ini memiliki fitur pengatur waktu yang bisa Anda atur untuk selang waktu pemakaian selama 30, 60, dan 120 menit. Ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana sesuai dengan kegiatan Anda.

Aroma diffuser ini menggunakan teknologi gelombang ultrasonik dan kabel USB untuk sumber listriknya, dan juga bisa diisi dengan power bank. Anda juga bisa menggunakannya dengan menyambungkan ke laptop, dan menggunakannya di kendaraan. Alat ini juga hanya bisa menggunakan minyak aromaterapi yang 100% alami.

6. Angel Ultrasonic Aroma Diffuser & Air Humidifier MA82

6. Angel Ultrasonic Aroma Diffuser & Air Humidifier MA82

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 289.999

Wangi hingga seluruh penjuru ruangan

Produk aroma diffuser ini sangat cocok untuk ruangan yang besar karena uap wanginya bisa mencakup ruangan sebesar 100 m². Tersedia dalam dua warna: ungu dan hijau, alat ini juga memiliki desain kontemporer yang membuatnya cocok diletakkan di mana saja. Aroma diffuser dari Angel ini juga memiliki lampu LED yang bisa berganti-ganti warna dan pengatur waktu.

Angel MA82 selain menjadi aroma diffuser juga bisa sekaligus menjadi air humidifier yang menjaga kelembapan ruangan Anda. Tidak hanya di rumah dan kantor Anda, aroma diffuser ini dengan mudah bisa Anda gunakan di mobil. Perjalanan Anda akan jadi lebih nyaman dengan wangi yang menyegarkan.

5. Akana’s Egg Air Humidifier Aroma Diffuser

5. Akana's Egg Air Humidifier Aroma Diffuser

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 260.000

Telur yang harum, yang dapat menenangkan Anda

Produk ini fungsi utamanya adalah air humidifier, namun juga bisa digunakan sebagai aroma diffuser. Bentuknya lucu dan unik seperti telur, membuatnya menarik untuk dijadikan dekorasi. Terbuat dari bahan polypropylene yang anti karat dan bersifat aman untuk makanan, alat ini tahan lama dan mudah dibersihkan. Alat ini akan cocok digunakan bagi seluruh anggota keluarga Anda.

Egg Air Humidifier Aroma Diffuser ini bisa digunakan pada ruangan seluas 15-25 m². Pemakaian alat ini cukup mudah dan saat air habis ia akan otomatis mati. Minyak aromaterapi tidak disertakan dalam penjualan produk. Jika Anda menyukai aroma diffuser ini, harap ingat untuk menggunakan minyak aromaterapi yang larut dalam air karena produk ini menggunakan metode gelombang ultrasonik.

4. Elegiant Bluetooth Stereo Speaker  Aromatherapy

4. Elegiant Bluetooth Stereo Speaker  Aromatherapy

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 539.000

Musik saat relaksasi? Ya, tentu saja!

Jika Anda termasuk orang yang senang relaksasi atau meditasi sambil mendengarkan musik lembut, maka aroma diffuser ini mungkin sesuai dengan Anda. Produk Elegiant ini mengedepankan fitur multifungsi seperti aroma diffuser, air humidifier, lampu LED, dan juga pengeras suara yang beroperasi melalui koneksi Bluetooth.

Memiliki kapasitas tanki air 450 mL, aroma diffuser ini cukup memuaskan untuk digunakan di rumah maupun ruang kerja. Mengeluarkan suara yang jernih, alat ini juga bisa dihubungkan dengan smartphone Anda. Bisa digunakan selama 12 jam, alat ini tidak memiliki pengatur waktu, sehingga Anda harus mematikannya saat air sudah habis.

3. Lampe Berger Coff Essentielle Carree

3. Lampe Berger Coff Essentielle Carree

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 999.000

Lampu aromaterapi, wangi dan elegan

Jika kebanyakan aroma diffuser masa kini menggunakan teknologi gelombang ultrasonik, produk Lampe Berger menggunakan metode pemanasan dengan api kecil. Perusahaan ini telah memproduksi lampu dan minyak aromaterapi sejak tahun 1898. Lampu aromaterapi ini memiliki 3 fungsi: menyegarkan udara sekitar Anda, menyebarkan wewangian yang elegan, dan hiasan keren rancangan desainer untuk rumah Anda.

Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan memasukkan minyak aromaterapi ke dalam lampu dan menyalakan sumbunya (minyak, sumbu, dan corong disertakan dalam paket ini, bisa dijual terpisah). Aroma yang disebarkan cukup kuat karena tidak bercampur dengan apapun. Namun setelah minyak aroma habis meskipun api otomatis mati, Anda masih harus memeriksanya agar aman.

2. Akana’s Wooden Essential Oil Diffuser

2. Akana's Wooden Essential Oil Diffuser

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 345.000

Desain stylish yang cocok untuk memperindah ruangan

Wooden Essential Oil Diffuser dari Akana’s yang tampil cantik ini dengan warna kayu akan terlihat elegan dalam ruangan Anda. Dengan bentuk bulat yang halus, Wooden Essential Oil Diffuser ini bisa digunakan dengan disimpan di atas meja (tabletop) atau dibawa kemana saja (portabel). Memiliki kapasitas tanki air 300 mL, alat penyebar wewangian ini dapat mengeluarkan kabut molekul air selama 10 jam.

Tidak berisik saat menyala (30-35 dB), sangat cocok untuk digunakan di rumah, juga di kantor, salon, spa, studio yoga, dan juga hotel. Produk ini memiliki fitur 7 lampu LED yang menyala bergantian, pengatur kabut, pengatur waktu, dan mati otomatis jika airnya habis. Sungguh produk yang memuaskan!

1. Stadler Form Mia Aroma Diffuser

1. Stadler Form Mia Aroma Diffuser

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 890.000

Berikan suasana relaks di ruangan Anda, secara terus-menerus

Berasal dari Swiss, Mia Aroma Diffuser memiliki desain elegan dan terlihat sangat modern. Tersedia dalam warna elegan: hitam, putih, tembaga, dan limau, Mia akan tampak keren diletakkan di mana saja dia ruangan Anda. Dengan teknologi gelombang ultrasonik dan kapasitas tanki air 100 mL, alat ini menghasilkan kabut wewangian yang ekstra halus maksimal hingga 10 jam secara terus menerus.

Nyaris tidak mengeluarkan suara (<26 dB) dan lampu LED yang lembut di bagian depan membuat produk Stadler Form ini cocok digunakan terutama di ruang tidur, ruang tidur anak, dan ruang kerja. Alat ini juga otomatis mati saat airnya habis. Jika Anda menyukai ketenangan dan ingin berelaksasi dengan nyaman, maka produk ini akan sesuai dengan Anda!

Gunakan wewangian favorit Anda!

Relaksasi dengan aroma diffuser akan membutuhkan minyak aromaterapi. Anda tinggal memilih wewangian kesukaan Anda atau bahkan menyesuaikan wewangian tersebut dengan suasana hati dan kondisi fisik Anda. Ada wewangian yang berefek menenangkan seperti lavendel, tea tree, dan sereh; dan ada wewangian yang berefek menyembuhkan seperti peppermint, kayu cendana, dan lemon. Jangan lupa, pilih wewangian yang larut dalam air bila aroma diffuser pilihan Anda menggunakan gelombang ultrasonik.

Kesimpulan

Kami telah memberikan 10 rekomendasi aroma diffuser terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan yang cocok? Aroma diffuser yang baik memiliki fungsi penyebar wewangian dan juga fungsi keindahan. Dengan alat ini, ruangan Anda akan terasa segar udaranya dan juga enak dipandang mata.

Pilihlah alat yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, aroma diffuser akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda!