• 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Beban pikiran, stres, dan kerjaan menumpuk terkadang bisa mengakibatkan susah tidur atau merusak mood Anda. Banyak orang mengatasi masalah tersebut melalui terapi aroma dengan bantuan aroma diffuser. Alat ini akan mengeluarkan wewangian dari berbagai campuran essential oil yang dapat membuat Anda lebih relaks.

Aroma diffuser sendiri memiliki berbagai tipe, fitur, dan kegunaan yang berbeda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami akan membahas tentang aroma diffuser beserta cara memilihnya. Kami juga memberikan rekomendasi produk dari beberapa merek terbaik, seperti Innogear, Artnaturals, atau Stadler Form. Yuk, disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 20.490 Views
Daftar isi

Cara memilih aroma diffuser

Untuk Anda yang menyukai produk aromaterapi dan sering menggunakannya di kamar tidur, kami sarankan untuk menggunakan aroma diffuser. Namun, sebelum membeli Anda perlu mengetahui beberapa hal saat memilihnya. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Pilih berdasarkan metode penyebaran aromanya

Ada beragam aroma diffuser dengan metode penyebaran aroma yang juga berbeda. Belakangan ini, bahkan mulai banyak dijual aroma diffuser tipe ultrasonik. Apa pun metodenya, tentu setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah yang sekiranya paling sesuai untuk Anda.

Tipe heat diffuser: Menyebarkan aroma dari pemanasan dengan api atau listrik

Tipe heat diffuser: Menyebarkan aroma dari pemanasan dengan api atau listrik
Produk tipe heat diffuser ini bekerja dengan menghangatkan minyak aromaterapi dengan pemanasan yang lembut secara elektrik atau dari api lilin. Jenis heat diffuser ini biasanya disebut juga sebagai lampu aromaterapi atau tungku aromaterapi. Selain menyebarkan aroma ke seluruh ruangan, alat ini juga akan menghasilkan cahaya yang menenangkan. Jadi, produk ini cocok digunakan sebelum tidur agar Anda bisa lebih cepat terlelap.
Aroma diffuser dengan metode ini cocok digunakan di ruangan kecil karena penyebaran aromanya tidak terlalu kuat. Kemudahan dalam penggunaannya adalah hal yang menonjol dari tipe ini. Di sisi lain, kelemahannya adalah Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya, terutama jika pemanasan dilakukan dengan api.

Tipe ultrasonik: Mengeluarkan wangi dari essential oil dalam bentuk uap

Tipe ultrasonik: Mengeluarkan wangi dari essential oil dalam bentuk uap
Alat tipe ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk menyebarkan uap hasil perpaduan dari minyak aromaterapi yang diteteskan ke air. Karena dicampur dengan air, aroma essential oil-nya tidak terlalu kuat, tetapi akan segera menyebar dengan cepat. Aroma diffuser jenis ini juga harus rutin dibersihkan karena dengan penggunaan air, ada kemungkinan jamur bisa tumbuh.
Selain menyebarkan aroma, produk tipe ultrasonik juga bisa menjadi humidifier atau penjaga kelembapan udara. Perhatikanlah lebih jeli fungsi utama dari suatu produk, apakah untuk humidifier atau aromaterapi. Jika fungsi utamanya humidifier, kemungkinan aroma yang dihasilkan akan lebih lemah dan kurang cocok dipakai saat cuaca panas. Sebagai catatan, humidifier normal memerlukan sekitar 300 ml per jam untuk ruangan seluas sekitar 9 hingga 12 meter persegi. Setiap produk mungkin berbeda, tetapi Anda bisa menjadikan ini sebagai patokan.

Tipe nebulizer: Tidak memerlukan api atau tambahan air

Tipe nebulizer: Tidak memerlukan api atau tambahan air
Aroma diffuser tipe ini menggunakan metode penguapan atau difusi partikel halus (disebut juga nebulizer atau vaporizer). Umumnya nebulizer tidak memerlukan tambahan air atau panas, tetapi langsung menyebarkan wangi dari minyak aromaterapi saja. Berhubung tidak dicampur air, aroma yang dihasilkan biasanya lebih kuat dan menyebar luas dalam ruangan.
Namun, kelemahan produk ini adalah suara motornya yang cukup mengganggu. Mungkin produk ini kurang cocok digunakan di kamar tidur. Selain itu, penggunaan essential oil-nya juga lebih boros sehingga dana yang harus Anda keluarkan juga lebih banyak.

Pilih produk yang perawatannya mudah

Pilih produk yang perawatannya mudah
Aroma diffuser yang paling membutuhkan perawatan ekstra adalah tipe ultrasonik. Ada kemungkinan jamur dapat tumbuh pada alat dan kemungkinan memengaruhi wangi yang dihasilkan. Untuk Anda yang memiliki tipe ini, gantilah secara rutin airnya setiap kali pemakaian dan bersihkan dengan mengeringkannya minimal sebulan sekali. Jika Anda tidak ingin terlalu sering membersihkan aroma diffuser, pilihlah tipe yang tidak menggunakan air.
Selain tipe ultrasonik, aroma diffuser tipe lain tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, setiap produk bisa berbeda sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu. Jika Anda merasa terganggu dengan sisa-sisa minyak pada aroma diffuser, bersihkanlah menggunakan kapas yang dibasahi dengan etanol. Etanol banyak dijual di apotek sehingga Anda tidak perlu khawatir susah membelinya. Hal yang perlu Anda ingat adalah aroma diffuser tidak bisa dibersihkan dengan sabun biasa.

Periksa juga keberadaaan fungsi lainnya

Tidak hanya menyebarkan aroma saja, aroma diffuser terbaru biasanya memiliki berbagai fungsi lain yang menarik. Mari simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui fungsi tambahan lain yang cocok bagi Anda!

Fitur pengatur waktu yang berguna saat Anda tidur

Fitur pengatur waktu yang berguna saat Anda tidur
Kini sudah ada aroma diffuser yang dilengkapi dengan fitur pengatur waktu atau timer. Fitur ini memungkinkan aroma diffuser untuk menyala pada jam tertentu, dengan durasi tertentu, atau menyala terus-menerus. Anda tetap bisa menikmati wanginya seperti biasa dengan penggunaan essential oil yang lebih hemat. Aroma diffuser dengan fitur timer seperti ini cocok bagi Anda yang suka menggunakannya sebelum tidur.

Fitur musik yang membuat suasana lebih relaks

Fitur musik yang membuat suasana lebih relaks
Meskipun bukan poin yang sangat penting, fitur musik merupakan tambahan yang menyenangkan bagi momen relaksasi Anda. Ada juga produk aroma diffuser seperti ini yang bisa disambungkan ke peranti musik Anda. Meski harganya cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan sensasi relaksasi menggunakan aroma dan musik favorit Anda!

Pertimbangkan juga sisi desainnya

Pertimbangkan juga sisi desainnya
Fungsi utama aroma diffuser memang untuk membuat Anda merasa relaks dengan aromanya. Akan tetapi, Anda juga pasti menginginkan produk yang desainnya cantik, bukan? Desain aroma diffuser sendiri sangat beragam dan menarik. Ada yang stylish, natural, minimalis, bahkan ada yang disertai lampu LED dengan cahaya warna-warni. Pilihlah dengan mempertimbangkan selera dan tempat Anda ingin menaruhnya.

10 Rekomendasi aroma diffuser terbaik

Berikut kami berikan sepuluh rekomendasi aroma diffuser terbaik. Saat memilih, pertimbangkan poin-poin yang sudah dibahas sebelumnya. Semoga Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!
TipeUltrasonik
Fitur tambahanHumidifier, speaker, alarm
TipeUltrasonik
Fitur tambahanLampu LED, humidifier

8. InnoGear 150ml Aromatherapy Essential Oil Diffuser

Rp 450.000,00

TipeUltrasonik
Fitur tambahanLight mode, mist mode, auto shut off, humidifier
TipeNebulizer
Fitur tambahanUSB-powered
TipeUltrasonik
Fitur tambahanLampu LED, timer
TipeUltrasonik
Fitur tambahanUSB-powered, auto shut off
TipeNebulizer
Fitur tambahan×
TipeHeat diffuser
Fitur tambahan×
TipeUltrasonik
Fitur tambahanMusik, humidifier, volume control, lampu LED
TipeUltrasonik
Fitur tambahanLampu LED

Baca juga rekomendasi produk aromaterapi lainnya di sini

Aroma diffuser bekerja dengan mencampurkan essential oil. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis essential oil dan campuran terbaiknya. Selain itu, ada juga produk aromaterapi dalam bentuk lilin. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca seluruh artikel lainnya di sini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi aroma diffuser terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan yang cocok?
Aroma diffuser yang baik memadukan fungsi penyebar wewangian dan juga sisi keindahan. Dengan alat ini, ruangan Anda akan terasa segar udaranya dan juga enak dipandang mata. Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Aroma diffuser akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vitamin E memiliki efek antioksidan yang sama seperti vitamin C dan vitamin A yaitu efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Vitamin E yang terkandung dalam bahan alami seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh. Namun, juga mudah terbuang melalui urine dan keringat.Karena itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin E kepada Anda. Kami pun akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek Wellnes, Blackmores, dan Natures Plus. Simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    119.499 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika kesehatan tubuh dan kulit Anda sedang menurun, vitamin C dapat menjadi solusi yang tepat. Vitamin C adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur dan buah. Sayangnya, nutrisi tersebut mudah hilang dari tubuh karena kebiasaan merokok, pola makan yang kurang seimbang, dan akibat dari stres.Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan suplemen vitamin C. Anda dapat memilih salah satu di antara banyak merek, seperti Enervon-C, Blackmores, Holisticare EsterC, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu persis cara memilih suplemen vitamin C yang sesuai? Kami akan mengulasnya bagi Anda ditambah dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    133.315 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    229.257 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang sering digunakan ketika seseorang mengalami masalah kesehatan, beraktivitas di tempat yang berdebu, dan ketika berada di tempat yang dikelilingi zat-zat kimia berbahaya. Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.Di sini kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan Anda. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini juga dapat dibeli melalui online shop atau toko-toko di sekitar rumah Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    111.764 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    141.361 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    172.749 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik Asal Korea (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Terbaik Asal Korea (Terbaru Tahun 2020)
    Tren Korea yang makin merebak membuat orang-orang ingin memiliki kulit semulus artis Korea. Alhasil, produk skincare asal negeri ginseng ini makin banyak diminati, salah satunya adalah toner. Banyak merek asal Korea yang menjual toner, seperti Innisfree, Nature Republic, Some By Mi, dan lain-lain.Bagi Anda yang tertarik menggunakan toner dari Korea, simak terus artikel ini. Kami akan memberikan tips memilih toner asal Korea yang tepat untuk Anda. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk toner terbaik asal Korea. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    248 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori